Save Page
Konteks
Siapa yang diselamatkan
13:22 Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. 13:23 Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?" 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. 13:25 Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. 13:26 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. 13:27 Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! 13:28 Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. 13:29 Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. 13:30 Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir."


Penjelasan:
* Meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem
22. Meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dengan ungkapan ini Lukas kembali kepada tema 9:31. Dia menyusun bagian ini berdasarkan perjalanan terakhir Sang Juruselamat.

* Sedikit sajakah orang yang diselamatkan?
23. Sedikit sajakah orang yang diselamatkan? Ajaran moral oleh Tuhan Yesus demikian keras sehingga para pendengar-Nya yakin bahwa hanya sedikit orang yang bisa diselamatkan.

* Pintu yang sesak // sesak
24. Pintu yang sesak. Yang dimaksudkan dengan sesak adalah sempit.

* Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu
25. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu. Pintu dari rumah di Timur dikunci pada malam hari untuk mencegah masuknya pencuri, dan tidak akan dibuka hingga pagi hari. Apabila seorang mengetuk pintu pada malam hari, orang tersebut akan dicurigai, dan pada umumnya akan diusir.

* Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu
26. Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu. Di Timur, makan dan minum dengan seseorang merupakan tanda persahabatan yang tetap,

* Aku tidak tahu dari mana kamu datang
27. Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Keselamatan tergantung pada pengenalan pribadi akan Dia, bukan pada pengetahuan tentang reputasi-Nya.

* Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Di sana
28. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Di sana artinya "di tempat itu."

* Orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu
30. Orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu. Yang dimaksudkan ialah bahwa pada saat penghakiman akan terjadi banyak kejutan.


Sumber SGDK:
MINGGU XIX SESUDAH PENTAKOSTA
MINGGU, 4 OKTOBER 2015
BERSAMA-NYA
Lukas 13:22-30

I. LATAR BELAKANG
lnjil Lukas ini ditujukan kepada orang-orang bukan Yahudi. Tujuan tulisan ini untuk menyampaikan tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, sampai pada hari la terangkat". Lukas menulis lnjil ini dengan ilham Roh Kudus, agar Teofilus dan orang-orang yang belum mengenal Yesus dapat mengetahui dengan pasti kebenaran yang tepat yang telah diajarkan kepada mereka secara lisan. Dalam kitab Lukas, Yesus dengan jelas terlihat sebagai Juruselamat yang menjadi jawaban Allah bagi kebutuhan segenap keturunan Adam akan keselamatan.

ll. PENJELASAN NAS
Dalam Perjalanan menuju Yerusalem, Yesus berkeliling menuju kota dan desa. Kegiatan mengajar selalu Yesus lakukan sebagai kesempatan dalam pertemuan dan perjumpaan dengan orang-orang banyak yang ditemuinya dalam perjalanan tersebut.

Dalam kegiatan belajar mengajar, sebuah pertanyaan adalah hal yang wajar disampaikan oleh nara didik.
Pada saat itu, ada orang yang bertanya. "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?" Pertanyaan
orang ini dilatarbelakangi 0leh- pandangan orang Yahudi pada jaman itu bahwa orang Yahudi akan selamat secara otomatis, sedangkan bangsa-bangsa lain tidak akan bisa selamat. Yesus tidak menjawab pertanyaan "sedikit" atau "banyak". Namun Yesus memberikan dorongan kepada orang yang bertanya untuk berjuang memperoleh keselamatan itu karena "pintu yang sesak" itu.

Apa arti pintu yang sesak? Yesus ingin menyampaikan bahwa dirinya adalah pintu itu artinya orang yang menerima keselamatan, jalan yang dilalui tidak akan mudah. Untuk masuk ke dalam pintu keselamatan yang sudah dianugerahkan itu diperlukan kesungguhan hati, sehingga jangan menganggap murah atau remeh. Kata 'berjuanglah' diterjemahkan dari kata bahasa Yunani yaitu AGONI-ZESTHE. lstilah ini diambil dari gelanggang gulat dalam Grecian Games (= pesta olah raga Yunani), sehingga jelas bahwa kata itu mencakup arti 'bergumull bergulat' kemudian dituangkan ke dalam kata bahasa lnggris yaitu agony (= penderitaan yang hebat) atau to agonize (= menderita sekali). Secara implisit ini mengandung arti bahwa dalam perjuangan yang diwajibkan Yesus itu, kita akan menghadapi banyak penderitaan, bahkan penderitaan yang sangat hebat.2)

Ayat 25. Pada waktu yang telah ditetapkan pintu keselamatan akan ditutup oleh sang tuan rumah. Dan tidak ada kesempatan lagi, meskipun ada banyak orang yang akan berteriak memohon agar mereka dapat masuk ke dalam untuk tinggal bersama-Nya namun mereka akan ditolak dan diusir.

Ayat 26. Pernyataan "Kami telah makan dan minum di hadapanMu". Di Timur, makan dan minum dengan seseorang merupakan tanda persahabatan yang tetap, sekalipun pernyataan ini disampaikan kepada tuan rumah namun pintu tetap tidak akan dibukakan.

Ayat 27  Bahkan tuan rumah menjawab "Aku tidak tahu dari mana kamu datang". Hal ini berarti kita menerima keselamatan oleh karena pengenalan pribadi antara sang tuan rumah dengan mereka yang telah berjuang untuk masuk ke pintu yang sesak dengan segala daya dan upaya dalam hidup bergantung dan mengandalkan-Nya di dalam berbagai kesesakan dan tantangan hidup. Orang-orang yang akan tinggal bersama-Nya adalah mereka yang secara pribadi mengenal Dia.

Ayat 28  Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Di sana artinya "di tempat itu." Ketika pintu telah ditutup. Sudah tidak ada lagi tempat yang tersedia bagi orang-orang yang seiama ini mengabaikan kesempatan untuk mengenal Yesus. Ratap dan kertak gigi menunjukkan sakit yang luar biasa yang harus dialami oleh semua orang yang masuk ke neraka! Dan ini harus mereka alami seiama-lamanya! Sebagian manusia akan dicampak- kan ke luar dimana akan terdapat ratap dan kertak gigi (ay 28).

Ayat 29. Orang-orang dari Timur, Barat, Utara, Selatan' (ay 29). Perkataan ini menunjuk bahwa pintu kerajaan surga juga terbuka bagi orang-orang non Yahudi. Mereka juga akan duduk makan bersama dalam pesta/perjamuan besar dalam Kerajaan surga. Perkataan ini juga tidak berarti bahwa semua orang Yahudi akan masuk neraka (perhatikan kata-kata 'ada orang' dalam ay. 30 yang jelas tidak berarti 'se-mua'). Tetapi bagaimana pun perkataan Yesus ini merupakan suatu kejutan, khususnya bagi orang-orang Yahudi yang beranggapan bahwa semua orang Yahudi akan masuk surga secara otomatis, dan bahwa semua orang non Yahudi akan masuk neraka.

Ayat 30.  Orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu. Yang dimaksudkan ialah bahwa pada saat penghakiman akan terjadi banyak kejutan. Orang-orang Yahudi yang berpandangan bahwa keselamatan secara otomatis akan mereka dapatkan namun karena mereka telah menolak kehadiran Yesus bahkan menolak dan menyalibkan-Nya maka pintu keselamatan itu akan diberikan kepada orang-orang yang kemudian akhirnya percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. lman yang benar pasti akan menyebabkan orang berjuang untuk tetap mempertahankan iman percaya-Nya

GAGASAN UTAMA
1. Keselamatan telah Yesus berikan, namun hanya orang-orang yang tetap setia dan selalu berjuang untuk selalu ingin bersama Yesus yang pada akhirnya akan masuk bersama-Nya di dalam Kerajaan Surga. Kita harus terus berjuang/agonizesthei - "berjerih payah : berjerih payah seperti orang yang berlari untuk mendapatkan hadiah; mengerahkan segala daya dan upaya kita. Artinya orang yang mau diselamatkan harus mengikuti Tuhan Yesus dengan sungguh-sungguh/all the way. Jangan menganggap remeh sebuah keselamatan yang telah Tuhan nyatakan. Dengan iman percaya pada Yesus, kita harus tetap berjuang masuk ke pintu yang sesak dalam menghadapi tantangan dan pergumulan hidup yang kita alami. Jangan mundur dan menyerah tetap terus bersama Yesus berjuang dalam mempertahankan
keselamatan yang telah Dia berikan kepada kita. Kita tetap bertekun dalam doa tetap terus bersama-Nya
dalam menjalani kehidupan di dunia ini. 3)

2. Akan tiba saatnya hari penentuan yaitu tiba masanya bahwa tuan rumah akan bangkit dan menutup pintu rumah dan hanya sedikit yang diselamatkan. Lalu akan terjadi pemisahan. Yang diselamatkan akan tinggal bersama-Nya. Sedangkan orang-orang yang masih tinggal di luar akan berteriak memanggil tuan rumah agar pintu dibukakan sambil berkata : bahwa mereka selama ini telah ikut makan dan minum di hadapan Tuhan, bahkan Tuhan pun mengajarkan mereka. Namun Yesus menolak mereka bahkan mengusir serta mengatakan tidak mengenal mereka. Yang menjadi koreksi bagi diri kita adalah selama ini kita mengaku sebagai pengikut Tuhan Yesus. Selalu hadir dalam Perjamuan Kudus bahkan mungkin kita adalah seorang pelayan yang selama ini sibuk mengajar, melayani namun yang kita Iakukan tidak dengan segenap hati.

Kita melayani demi ambisi, demi nama baik, demi keuangan, demi kehormatan. Bukan melayani demi
nama Tuhan dengan kesungguhan. Kita tidak berjuang demi lnjil tapi demi pemenuhan kebutuhan hidup kita. Kita tidak memiliki motivasi yang benar untuk melayani dan mengikuti Tuhan. Sehingga meskipun ada banyak orang yang mengikuti Tuhan dan bersedia melayani Tuhan namun la sungguh melihat siapa yang sungguh-sungguh layak untuk tinggal bersama-Nya.

Apa yang akan terjadi dengan orang-orang yang telah ditolak dan diusir'? Ke tempat yang mengerikan yaitu sebuah tempat yang membuat mereka menderita sampai terdengar ratap dan kertak gigi dan mereka akan melihat Abraham, lshak dan Yakub berada di dalam Kerajaan Allah sedangkan mereka akan dicampakkan keluar. Pintu belas kasihan dan anugerah telah tertutup. Dan justru orang-orang yang ada di dalam Kerajaan Allah adalah mereka yang berasal dari Timur, Barat, Utara dan Selatan. Orang-orang ini telah datang dari berbagai tempat. Mereka telah berjuang, mereka semula orang-orang yang terakhir mengenal Tuhan namun dengan perjuangan dan kesungguhan mereka berusaha untuk tetap setia mengikut Tuhan akhirnya mereka kini tinggal bersama dengan-Nya.

TUJUAN KHOT BAH
Kerajaan Allah terbuka bagi semua orang, melintasi batas-batas buatan manusia. Namun hanya orang-orang yang tetap set|a, lmannya selalu terarah pada Allah yang layak untuk masuk tlnggal bersama-Nya di dalam kerajaan-Nya.

Mengikuti Perjamuan Kudus pada hari ini adalah salah satu tanda hubungan keakraban kita, persahabatan kita pada Yesus yang telah menjadi Juruselamat kita. Namun tidak semua orang yang akan diterima untuk tinggal di dalam Kerajaan Allah. Melalui Perjamuan Kudus ini, kita merenung apakah nanti pada saat pintu anugerah dan belas kasihan-Nya tertutup kita akan duduk bersama-Nya di dalam kerajaan Allah. Seberapa jauh keyakinan kita untuk masuk ke dalam kerajaan Allah? Apakah keadaan kita sungguh baik dan tidak pernah meragukan akan ditolak? Tujuan khotbah ini mengajak kita untuk
memperhatikan dan mengoreksi keberadaan diri kita. Beberapa pertimbangan yang menjadi keyakinan kita adalah; mereka begitu yakin dan memiliki pengharapan untuk masuk dalam kerajaan Allah karena selama ini mereka memanggilnya tuan, tuan dan sudah ikut bersama duduk makan dan minum namun pada akhirnya mereka ditolak dan dibinasakan. Mereka berdiri dan mengetok-ngetok dan berkata : "Tuan, bukakanlah kami pintu". Sebab mereka yakin berhak untuk masuk. Bawalah kami masuk bersama orang-orang yang diselamatkan, agar kami bisa menggabungkan diri bersama mereka.
Beberapa alasan mereka yakin untuk masuk ke dalam kerajaan Allah adalah dari teriakan mereka di depan pintu; kita mengetahui bahwa :

1. Selama ini mereka telah menjadi tamu Kristus, telah bergaul akrab dengan-Nya. Mereka telah bersama makan dan minum dengan-Nya. Telah menerima perjamuan dari Tuhan.
2. Mereka telah menjadi pendengar ajaran Kristus, mengenal hukum-hukum-Nya, perintah-perintah-Nya. (Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami).

Ketiga hal ini merupakan suatu hak istimewa, mereka telah diberikan kesempatan, diberi kehormatan bahwa keyakinan akan menerima keselamatan. Namun harapan mereka ini ternyata tidak diperoleh karena mereka kadang tidak dengan segenap hati, mereka makan dan minum tetapi merendahkan arti pengorbanan-Nya bahkan mereka memang menjadi pendengar firman Tuhan namun ternyata tidak menjadi pelaku Firman Tuhan.

Jawab Yesus kepada orang yang tidak mengikut Dia dengan sungguh: 1)Aku tidak mengenalmu 2) Aku tidak tahu dari mana kamu datang 3) la mencampakkan mereka : "Enyahlah dari hadapanku. Lalu Yesus menyebutkan alasan menolak mereka dengan mengatakan : "hai kamu sekalian yang melakukan
kejahatan". lnilah yang menjadi perhatian dan kewaspadaan kita. Secara lahiriah kita boleh menipu manusia dengan segala sesuatu ketaatan dan melaksanakan berbagai kewajiban agamawi, namun.

Yesus melihat hati. Ada orang yang memakai pakaian Kristus namun pekerjaan lblis-lah yang dilakukan. Kita bisa terkecoh namun Dia tidak akan pernah tertipu. Hukuman Tuhan adalah ratap dan kertak gigi. Penderitaan dan kemarahan akan ditimpakan kepada mereka. Dan mereka hanya bisa melihat kebahagiaan orang-orang yang diselamatkan yaitu Abraham, lshak, Yakub dan sem u'a nabi yang lainnya. Lalu siapakah orang yang akan diselamatkan? Orang-orang yang akan bersama-Nya adalah mereka yang telah bersusah payah untuk sampai di pintu yang sesak. Mereka datang dari jauh - dari Timur dan dari barat, dari utara dan dari selatan. Mereka telah berhasil melalui berbagai iklim kehidupan
dan tetap setia pada Tuhan dalam berbagai kesusahan dan kemalangan yang menimpa hidup mereka.
Pemenuhan syarat untuk masuk ke dalam kerajaan Allah justru dapat dilakukan oleh mereka yang tampaknya jauh tertinggal dan tersingkirkan namun mereka lah yang ada akhirnya diterima untuk masuk tinggal dalam kerajaan-Nya. Untuk selamat kita harus berjuang. Artinya sebagai orang beriman, justru
menyebabkan kita akan menjadi orang yang berjuang. Orang percaya yang tidak mau berjuang, jelas mereka bukanlah orang percaya. (bdk. Fil 2:12). Kita ingat sebagai contoh perjuangan Abraham, ketika dimasa tuanya ia memiliki anak lalu Tuhan menyuruh anaknya itu lsakh untuk dikorbankan. la berjuang
dalam ketaatan untuk melakukan perintah Tuhan. Yakub yang dikenal sebagai penipu, lalu bergumul bersama Tuhan dan men- jadi Israel.

Maka, kita pun juga yang percaya pada Yesus, harus terus berjuang dalam hidup ini

BENTUK ll : CONTOH NASKAH KHOTBAH

I. NAS DALAM KHOTBAH
Saudara terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus,
Ada banyak orang yang mengira bahwa dengan mengikuti
Yesus, melakukan berbagai kegiatan kerohanian, mendengar-
kan Firman Tuhan sudah menjadi jaminan bahwa mereka akan
diselamatkan. Melalui Firman Tuhan hari ini, kita mendapatkan
sebuah jawaban. Sebuah pintu yang sesak harus dilewati dengan
perjuangan. Dan perjuangan masuk ke pintu yang sesak itu tidak
bisa hanya sekali, namun sepanjang kehidupan ini kita harus
terus berjuang.?

Pertanyaan yang diajukan oleh orang yang sedang mende-
ngarkan pengajaran Yesus, ketika la sedang berjalan menuju
Yerusalem diberikan jawaban oleh Yesus dengan panjang lebar
dan sangat dalam. Bukan soal jumlah sedikit atau banyak, yang
akan masuk ke dalam kerajaan Allah, karena itu adalah urusan
Allah. Yang perlu diketahui adalah akan ada orang-orang yang
pada akhirnya ditolak, diusir dan dikirim ke tempat yang penuh
dengan ratap dan kertak gigi. Orang-orang itu adalah mereka
yang merasa yakin punya hubungan kedekatan dengan sang tuan
pemilik kerajaan Allah, orang-orang yang merasa telah bersama-
sama ikut melayani dan bersahabat serta makan dan minum
duduk bersama dengan Dia, bahkan menganggap diri telah
menerima pengajaran yang disampaikan, mengikuti perintah dan
hukum-hukum-Nya. Namun Allah melihat hati. la tidak menyukai
perbuatan-perbuatan lahiriah. Semua kegiatan religius ini apabila
tidak disertai dengan kesungguhan yang terus menerus untuk
mengikuti-Nya maka dengan perubahan total dalam hidup kita
melakukan kehendak Tuhan. Maka pada saat pintu anugerah
dan kesempatan untuk bertobat telah ditutup, maka yang terjadi
adalah kita justru akan ditolak dan diusir. Kita tidak akan dlterima
untuk masuk ke dalam kerajaan Allah. lni menjadi peringatan
bagi kita. Apabila sekarang kita ingin bersama dengan dia, maka
jangan pandang keselamatan sebagal sebuah pemberian yang
kita pandang remeh. Tanpa hikmat dari Allah, tanpa kesungguhan
dalam hidup bersama Tuhan, maka kita akan mengalami ke-
kosongan dan ketimpangan. Secara religious kita melaksanakan
ketaatan dalam menjalankan hidup keagamaan namun secara
batiniah, kita menyangkal dan tidak mengakui kuasa-Nya, kasih-
Nya, kebesaran kuasa-Nya, sehingga di satu hari kita melakukan
kegiatan keagamaan seperti mengikuti perjamuan kudus pada
hari ini, namun dilain waktu; kejahatan, ketidak pedulian, ketidak
adilan, kecurangan, kasih yang pura-pura justru akan kita
perlihatkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperoleh
keselamatan. "Berjuanglah masuk melalui pintu yang sempit itu!"
Apa relevansi nas ini bagi kita? pintu keselamatan akan kita
masuki melalui pintu iman akan Yesus serta kesetiaan kita untuk
mempertahankan iman dalam Yesus itu terus menerus. Masuk
ke dalam Kerajaan Allah dan tinggal bersama-Nya tidak otomatis
akan kita peroleh tetapi harus terus diperjuangkan. Pintu
perjuangan itu ialah Yesus. Yesus-lahjalan kebenaran dan hidup,
tidak ada seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak
melalui Aku. Untuk masuk menuju pintu iman ini kita harus terus
mempraktekkan apa yang telah la ajarkan agar jangan pada
akhirnya kita ditolak bahwa la tidak mengenal kita.

ll. RELEVANSI DAN APLIKASI
1. Janganlah kita memiliki pandangan bahwa menerima
perjamuan kudus sudah berarti menerima anugerah
keselamatan. Banyak orang yang menyalahgunakan
kebebasan atas anugerah keselamatan sehingga
menyalahgunakan kebebasan anugerah keselamatan itu
dengan hidup bebas merdeka melakukan berbagai
kejahatan. Hidup kekristenan menjadi sia-sia bila tidak
diisi dengan berusaha dan berjuang terus menerus hidup
berkenan pada-Nya. Kata 'berjuang' menunjuk pada
kegiatan yang secara terus menerus harus diusahakan
dan dilakukan tanpa mengenal lelah, tanpa sungut-
sungut, yaitu berusaha untuk mencapai tujuan. Seperti
seorang olahragawan yang sedang bertanding untuk
mendapatkan hadiah yaitu mahkota kemenangan yang
baka. Yaitu anugerah keselamatan tinggal bersama-Nya
selamanya di dalam Kerajaan Allah.

2. Yesus terus menerus mengundang kita dan semua orang
untuk datang kepada-Nya menerima pengampunan dan
keselamatan. Namun undangan itu ada batas waktunya.
Kita tidak akan lagi mendengar undangan melainkan
sebuah kalimat penolakan dan mengusir kita. Selama
undangan untuk datang bersama-Nya masih ada
kesempatan maka janganlah menolak undangan untuk
datang kepada-Nya. Jangan merasa aman karena sudah
dibaptis, pergi ke gereja, melayani Tuhan dan menerima
Perjamuan Kudus. Hidup kita secara pribadi harus benar~
benar mempunyai hubungan yang terus menerus diper-
tahankan dan dijalin bersama dengan-Nya.

3. Janganlah heran jika ada banyak orang yang rajin ke
gereja, melayani Tuhan namun hidup mereka justru
dikatakan Yesus sebagai orang-orang yang berbuat
kejahatan. Apa artinya ini? Janganlah secara lahiriah kita
mengikuti berbagai kegiatan kerohanian namun
semuanya itu dilakukan hanya sesekali saja tidak terus
menerus. Bahkan kita jatuh dalam cobaan dan godaan
lalu tidak bangkit berjuang untuk kembali kepada-Nya.
Akibatnya pintu kerajaan Allah tertutup bagi kita.

4. "Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dan
Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan dl
dalam Kerajaan Allah." Setiap orang dari latar belakang
berbagai tem pat akan berkumpul bersama untuk tinggal
bersama-Nya. Bagi GPIB ini menjadi renungan penting
bagi kita. Pintu Kerajaan Allah terbuka bagi semua orang.
Anugerah keselamatannya akan ditanggapi banyak orang
yang bersedia datang dari berbagai tempat untuk
berkumpul bersama dengan-Nya. Akankah kita adalah
orang yang akan ikut berdatangan untuk tinggal bersama-
Nya. Pikirkanlah sekarang kita yang menganggap diri
sebagai seorang pejabat gereja. Sebagai pendeta,
diaken, penatua atau pun tergabung dalam unit-unit
missioner yang ada akankah kita yang sekarang berada
di depan dalam memim pin, melayani justru akan ditolak-
Nya karena hanya melayani demi sesuatu atau pun
bahkan jatuh di tengah jalan. Sedangkan orang-orang
yang datang kemudian justru yang akan diterima untuk
tinggal bersama-Nya.

5. Sebaliknya mereka yang dahulunya tidak percaya pada
Yesus bahkan perbuatan mereka jahat namun dalam
perjalanan kehidupan mereka bertobat dan mau datang
serta dengan kesungguhan datang kepada Yesus dengan
segenap hati di dalam pertobatan-Nya, justru masuk dan
tinggal bersama-Nya di dalam kerajaan Allah menerima
anugerah keselamatan itu. Jadi jangan heran, kalau nanti
ada banyak orang yang aktif ke gereja melayani Tuhan,
bahkan seorang pejabat gereja yang akan ditolak dan
masuk neraka sebaliknya para penjahat, pelacur, dsb
merekalah yang akan masuk kerajaan Allah karena
mereka bertobat dan betul-betul percaya pada Yesus.

Ill. PENUTUP
Dari sejak kecil sampai Ianjut usia, kita terus berjuang
menghadapi berbagai hal. Berjuang dalam pendidikan, berjuang
melawan penyakit, berjuang melawan godaan dan cobaan.
Jangan pernah berhenti untuk berjuang, Yesus mengenal kita
semua, la adalah pintu satu-satunya untuk kita sampai ke tempat
perhentian terakhir yang dipenuhi dengan damai sejahtera baka.

Sumber Bacaan :
(1) B.J. Boland, lnjil Tafsiran Alkitab lnjil Lukas (Jakarta: BPK Gunung Mulia) 1999, 342-350 dibandingkan juga dengan Alkitab Sabda: Lukas 13 : Yayasan Lembaga Sabda (YLSA) [4] "Tafsiran Lukas 13," A|kitab.sabda.0rg; diakes 25 Mei 2015 tersedia dihttp://alkitab.sabda.orglcommentary. (2) Eka Darmaputera: Jalan Kematian, Jalan Kehidupan: BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2004, hlm. 102-106 (3)Alkitab Edisi Studi: Lembaga Alkitab Indonesia, 2012, hlm.1696


Label:   Lukas 13:22-30 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah RABU, 7 OKTOBER 2015 MINGGU XIX SESUDAH PENTAKOSTA ALLAH TIDAK PILIH KASIH Zefanya 2:4-15

PREV:
Khotbah Ibadah Rabu, 30 September 2015 IMAN ADALAH DASAR UTAMA DAUD 1 Samuel 17:45-54

Garis Besar Lukas





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Oktober - Matius 23-25


23 Oktober - Yohanes 7:1-13, 1 Petrus 4:12-19, Kidung 7, Ratapan 2

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan zefanya 3:9-20,   renungan zefanya 3:9-20,   renungan zefanya 3:9-20,   tata ibadah hkbp 13 oktober 2019,   lagu persembahan,   Lagu Rohani GitaBakti,   Lagu Rohani GitaBakti,   lagu kristen persembahan,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   lagu KJ penutup,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   kunci gitar yesus nampi nu dosa,   pujian Pkj 35 Suci.suci.suci,   kalender liturgi,   kalender liturgi,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   ayat untuk persembahan,   Rngn 1 kor 4:6-21,   Rngn 1 kor 4:6-21,   kalender.katolik bln oktober .2019,   free mp3 pujiam kristen,   free mp3 pujiam kristen,   renungan yoel 2 28,   download sound of praise - janjiMu Ya dan Amin,   khotbah : Tdk Ada Yg Mustahil Bagi Orang Percaya,   eksposisi zefanya 3:9-20 stemi,   ayat persembahan,   tak usah ku takut renna,   bahan diskusi zefanya 3:9-20,   contoh renungan kejadian 2:21-24 dan ilustrasinya,   epistel minggu 27 oktober 2019,   tampilan nats Amsal 22:8-12,   renungan wahyu 7 13-17,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lagu gms,   renungan yosua 2:1-7,   lirik lagu di tengah kesukaran,   partitur satb kidung jemaat,   kunci gitar bila ku ingat cinta Tuhanku,   khotbah dalam matius 10¦1-4,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   kj 384,   kj 384,   gita bakti 47 note,   CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,