Save Page
Rabu, 18 Nopember 2015
MINGGU XXV SESUDAH PENTAKOSTA
MENJAGA KE KUDUSAN
Daniel 5:1-9
Konteks
Tulisan di dinding
5:1 Raja Belsyazar mengadakan perjamuan yang besar untuk para pembesarnya, seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur. 5:2 Dalam kemabukan anggur, Belsyazar menitahkan orang membawa perkakas dari emas dan perak yang telah diambil oleh Nebukadnezar, ayahnya, dari dalam Bait Suci di Yerusalem, supaya raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu. 5:3 Kemudian dibawalah perkakas dari emas dan perak itu, yang diambil dari dalam Bait Suci, Rumah Allah di Yerusalem, lalu raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu; 5:4 mereka minum anggur dan memuji-muji dewa-dewa dari emas dan perak, tembaga, besi, kayu dan batu. 5:5 Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, dan raja melihat punggung tangan yang sedang menulis itu. 5:6 Lalu raja menjadi pucat, dan pikiran-pikirannya menggelisahkan dia; sendi-sendi pangkal pahanya menjadi lemas dan lututnya berantukan. 5:7 Kemudian berserulah raja dengan keras, supaya para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum dibawa menghadap. Berkatalah raja kepada para orang bijaksana di Babel itu: "Setiap orang yang dapat membaca tulisan ini dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, kepadanya akan dikenakan pakaian dari kain ungu, dan lehernya akan dikalungkan rantai emas, dan di dalam kerajaanku ia akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga." 5:8 Tetapi semua orang bijaksana dari raja, yang telah datang menghadap, tidak sanggup membaca tulisan itu dan tidak sanggup memberitahukan maknanya kepada raja. 5:9 Sesudah itu sangatlah cemas hati raja Belsyazar dan ia menjadi pucat; juga para pembesarnya terperanjat.


Penjelasan:
* Belsyazar // Perjamuan yang besar // Di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur
1. Belsyazar. Sebelumnya tidak dikenal kecuali melalui pasal ini, sekarang raja itu sangat banyak didukung oleh dokumen-dokumen kuno (R. P. Dougherty, Nabonidus and Belshazzar). Perjamuan yang besar. Suatu acara yang melibatkan seks, sebagaimana ditunjukkan oleh kehadiran wanita di antara laki-laki, yang tidak lazim di Timur (bdg. Est. 1:9). Di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur. Bahkan dalam jamuan-jamuan umum, raja-raja dari Timur (setidaknya pada zaman Persia) disembunyikan dari pandangan publik. Ini adalah kebebasan yang tidak dibatasi oleh peraturan.

* Menitahkan orang membawa perkakas
2. Menitahkan orang membawa perkakas. Perbuatan Nebukadnezar mengambil perkakas-perkakas ini keluar dari Bait Suci Yerusalem (1:1-3) adalah praktik yang bisa diterima dalam keadaan perang. Memindahkannya dari penyimpanan nasional untuk sebuah pesta mabuk-mabukan berarti pencemaran. Nebukadnezar, sang raja agung, melakukan tindakan militer yang benar-benar luar biasa bagi kehormatannya, dan sampai tingkat tertentu Nabonidus, ayah Belsyazar melakukan tindakan luar biasa dalam usaha-usaha perdamaian bagi kehormatannya. Raja Belsyazar yang lemah itu hanya bisa melakukan tindakan-tindakan cemar yang bodoh untuk memperoleh kehinaan, bukan nama baik. 4. Perilaku Belsyazar adalah sensual, tidak terkendali, liar, dan bersifat menghujat. Juga bodoh. Pasukan Gobryas sudah berada di dalam kota.

* Pada waktu itu juga // Jari-jari tangan manusia // Pada kapur dinding // Raja melihat
5. Pada waktu itu juga. Allah tiba-tiba berbicara. Waktu telah berakhir. Jari-jari tangan manusia. Tanda itu misterius. Sesuatu yang adikodrati sedang terjadi. Pada kapur dinding. Di dinding di mana peringatan-peringatan kebangsaan biasanya ditulis. Tindakan yang kejam! Allah tidak peduli dengan bualan-bualan patriotik kita. Raja melihat. Tanda itu jelas terlihat.

* Para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum // Kain ungu // Rantai emas // Orang ketiga // orang ketiga
7. Para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum. Sekali lagi (bdg. 2:2-14; 3:8; 4:6,7) pembohong-pembohong besar ini muncul. Mereka bukan hanya "tidak mengenal Allah" (I Kor. 1:21) dalam "hikmat" mereka, tetapi mereka hanya tahu sedikit hal saja (bdg. Dan. 5:8). Kain ungu (AV. Scarlet). Ungu adalah warna untuk raja di antara beberapa bangsa-bangsa kuno dan mungkin bagi orang-orang Babel juga. Rantai emas. Bandingkan Kejadian 41:42. Orang ketiga. Maknanya tidak jelas. Beberapa ahli mengenalinya sebagai sebuah kata yang bermakna "pembantu" atau "pegawai." Namun, kata talti hampir pasti berasal dari kata Aram tlat (bdg. BDB), dan mungkin berarti ketiga (penguasa atau bagian). Biasanya, hanya ayah Belsyazar, Nabonidus yang terkepung, yang memiliki kuasa untuk menetapkan orang ketiga. Tetapi selama satu atau dua jam Belsyazar merupakan penguasa tertinggi secara de facto, bukan de jure, dan merasa bahwa dia bisa menganugerahkan kehormatan ini. Dengan demikian tidak ada orang Yahudi di Palestina pada zaman Makabe (abad kedua SM) yang bisa dengan tepat merekonstruksi situasi historis itu, sebagaimana dinyatakan oleh para kritikus tertentu bahwa penulis Kitab Daniel melakukan hal tersebut.


* Sumber SGDK:
MINGGU XXV SEBELUM PENTAKOSTA
RABU, 18 NOVEMBER 2015
MENJAGA KE KUDUSAN
Daniel 5:1-9

LATAR BELAKANG HAS
Raja Belsyazar adalah raja terakhir Babel. Raja Belsyazar
adalah putra raia Nabonidus (cucu dari raja Nebukadnezar).
Tujuan dari pasal ini adalah memberikan petunjuk moral dan
bukan sekedar informasi historis. Raja Nebukadnezar telah
membawa perkakas dari emas dan perak dari dalam Bait Suci.
Perkakas itu disimpan namun Raja Belsyazar telah menyalah-
gunakan penggunaan perkakas tersebut. Dengan mengundang
para raja dan pembesar beserta para islri dan gundik mereka
minum anggur sambil rnemuja dawa-dewa. Manggunakan per-
kakas bait suci untuk minum angguradalah kejahatan besar yang
menghujal Allah. Sehingga pasal ini memberikan pelalaran
tentang dusa dan hukumannya. Perbuatan Nebukadnezar me-
ngambil parkakas-perkakas ini keiuar dari Bait Suci Yerusalem
(111-3) adalah praktik yang bisa diterima dalam keadaan perang.
Namun memindahkannya dari penyimpanan nasional untuk se-
buah pasta mabuk-mabukan berarti pencemaran. Raja Belsya-
zar yang lemah itu melakukan tindakan-tindakan cemar yang
bodoh untuk memperoleh kehinaan, bukan nama baik. Perilaku
Belsyazar adalah sensual, tidak terkendali, liar, dan berslfat
menghujat. Juga bodoh. (1)

PENJELASAN HAS
Dalam pasal ini kita membaca tentang perjamuan yang besar
yang diadakan Belsyazar dan yang kepadanya dia mengundang
seribu tamu. Tetapi bukan kemakmuran atau pemborosan per-
jamuan itu yang menarik hati penulis kitab Daniel tetapi bagai-
mana cara Belsyazar menyalahgunakan perkakas dari emas,
perak yang diambil Nebukadnezar dari Bait Suci di Yerusalem.
Dengan mempergunakan perkakas tersebul sebagai cawan un-
tuk minum. Belsyazar memperlihatkan bahwa dia menghinaAllah
Orang Israel dan menganggap Dia yang tidak berkuasa lagi.
bahkan sebagai hampa dan sia-sia. Tetapi lebih dari pada itu
anggur dltuangkan dari perkakas-perkakas itu sebagai per-
sembahan kepada dewa-dewa kafir, yang patungnya dibuat dari
emas dan perak, tembaga, besi, kayu dan batu. Sulit mem-
bayangkan kenistaan terhadap Allah orang Israel. Karena kenis-
taan yang telah dilakukan oleh Belsyazar itu, acla tangan mis-
terius yang menulis pada kapur dinding. Hanya reaksl Belsyazar
yang digambarkan. Belsyazar sangat ketakutan, dia memanggil
para ahli jampi, dll, clan berjanji rnemberikan kepada mereka
hadtah-hadiah yang sangat besar jika mereka dapal membaca
tulisan itu dan memberltahukan maknanya kepadanya. Tetapi
para jampi tidak marnpu melaksanakan tugas itu. Lalu Belsyazar
pun menjadi lebih takut dan gelisah.

GAGASAN UTAM A
Dalam pasal ini Belsyazar mencemarkan perkakas yang kudus
dari Bail Suci di Yerusalem dengan memakainya untuk minum
anggur clan memuji berhala-berhala. ltu berarti Belsyazar me-
makai apa yang sesungguhnya dimiliki Allah unluk kesukaannya
Sendlri, bahkan untuk memuliakan dewa-dawa yang sifatnya
berbeda sekali dari sifat Allah. Pencemaran perkakas itu meru-
pakan unsur khusus dari pasal ini, sebab meskipun Nebu-
kadnezar dalam pfl$al terdahulu bersifat som bong dan congkak
tetapi dia tldak menyalahgunakan perkakas itu. Pastllah jika
seorang penguasa dengan seenaknya memakai cawan perja-
muan kudus (atau perkakas dari agama lain), maka dia
merupakan Kekecualian yang Iuar biasa. Dan orang biasa yang
memakainya dianggap sebagai yang tidak bertanggungjawab,
yang kasar dan jahat. bahkfln yang harus dihukum l-(eras. Seo-
rang Kristen tidak bersaksi secara baik tentang agamanya sendiri
jika dia tidak mencemari perkakas suci dari agama lain, clan orang
yang beragama laln tidak memperlihatkan l-cakuatan keyal-cinan
keagamaannya dengan rnencemari cawan Perjamuan Kudus.
Telapi ada cara-cara bagaimana penguasa-penguasa dan orang-
orang biasa sekarang memal-cal apa yang sesungguhnya dlmiliki
Allah unluk melayani berhala-berhala mereka, misalnya kuasa,
kekayaan serla keamanan.1)

TUJ UAN KHOTBAH
1. Kite harus belajar dari sejarah
Hukuman yang Allah berikan kepada raja Nebukadnesar sebagal
'ayahinenek moyang" raja Belsyazar tidak dijadikan pelajaran
be-rharga bagi Belsyazar. Raja Nebukadnezar karena sombong
akhirnya dihul-(um Tuhan sehingga bemerilaku seperti binatang
dan tinggal beberapa waktu lamanya di hutan. Kini raja Belsyazar
pun bertlndak semena-mena terhadap perkakas milik Allah.
Kekuasaan yang dia miliki membuat ia tidak memiliki rasa takut
pada siapa pun, termasuk pada Allah Israel yang telah memberi
1}. Pdt.D|". S.M. Siahaan flan Pdi. Dr. Robert M. Paterson, Tafsimn Aiklab Kflab
Daniel: Lararbefalra-rag, rarsiran dan pesarr [BPK GM: Jakarta]. 1116-113.

palajaran pada raja Nebukadnezar. Llntuk pasta yang dia
selenggarakan. dia mengarnbil perkakas Bait Allah dan me-
rnakalnya untuk minum anggur. Bahkan ia juga memuja dewa-
dewa yang terbuat dari emas, perak, tembaga, besi, kayu dan
batu (ayat 3-4). Tuhan rnarah, melalui tulisan cll dinding me-
ngakibatkan raja ketakutan kelika melihat lari-jari yang menu-
liskan kalimat yang tidak dimangerli. lnilah akibat yang lerjadi
Karena kesombongan dan akibat yang harus diderila bila urang
tidak belajardari sejarah. Sebab itu kita perlu belajar kisah hidup
sesama orang beriman maupun kisah tokoh-tokoh Alkilab. Kita
perlu belajar, baik dari setiap teladan maupun dari setiap Kasa-
lahan yang telah dibuat orang lain. Jangan sampal kitajatuh ke
dalam kesalahan yang sama. Karena itu panting bagi kila untuk
bukan hanya sekaclar membaca Alkitab. Kila juga perlu meneliti
dengan metode baca gall Alkitab agar bisa memahaml teladan
apa yang kita dapalkan darl tiap tokoh yang kita pelajarl dan
peringatan apa yang harus kita carnkan bails-baik dan kemudian
clihir1dari.Dengan demikian hidup kila akan ierus diasah menjadi
hidup yang semakin berpadanan dengan kebenaran Allah.

2. Jangan mencemari perkakas Allah yang kudus.
Perkakas kudus yang dipakai unluk melayani dan memuliakan
Allah di BaitA||ah. kini dipakai untuk mabuk-mabukan. Allah Israel
tidak membiarkan kakudusan-Nya clinodai. Allah mernbari
Belsyazar sebuah kejutan di terlgah pasta pora, yaitu sebuah
lulisan di dinding, yang tak dapat dibaca oleh orang-orang bijak-
sana, ahli jampi dan ahli nujum istana. (2) Perisliwa yang mang-
gentarkan. Semua yang hadir menyaksikan kuasa langan Tuhan
pada peristiwa ilu. Belsyazar menjadi pucat, sendl-sendi pangkal
pahanya menjadi lemas, dan tldak berdaya. Tak seorang pun
dapat menolongnya. Kila perlu waspada dalam jabatan dan
tanggungjawab menjalankan kuasa. Sebab itu jangan lupa cllri,
manghina kekudusan dan kernuliaan Allah. Tuhan akan merer1-
dahkan crang yang congkak. (3) Sebagai tubuh Kriatus, kila juga
adalah milik Allah. Kita adalah parkakas millk Allah yang juga
harus dijaga kakudusannya. Jangan cemari tubuh kita yang
adalah bait Allah dengan melakukan berbagai perbuatan yang
dapat mendatangkan murka Allah.

Kita percaya bahwa 'Tuhanlah yang ampunya bumi sarla
segala lslnya, dan dunia sarta yang diam di dalamnya". Kila
manuaia sama seperti penggarap-penggarap yang harus meme-
lihara bumi lni dengan balk clan bertanggungjawab pada Allah.
Tetapl untuk kesukaan dan kakayaannnya sendiri manusia se-
ring mempergunakan bumi lni seakan-akan dia sencliri memi|i-
kinya secara mutlak. dan tidak ada apa-apa jika erosi tanah
terjadi, terlalu banyak pohon ditebang, sungai-sungai menjadi
kotor, ikan-ikan mati dan binatang-binatang serta burung-burung
punah. Dengan kata lain, unluk barhala-berhala me-reka sendiri
rnereka membinasakan bumi yang diciptakan Allah itu. Me-reka
menislaAllah dan berdosa. Juga semua rnanusia adalah ciptaan
Allah yang dil-casihi-Nya dan orang-orang harus memperlaku kan
sesama manusia dalam terang keyakinan damikian. Tetapi se-
ring terjadi eksploilasi manusia, seakan-akan rnanusia berkuasa
alas yang salu supaya orang lain menjadi lebih kaya_ aman dan
berkuasa. Eksploitasi demikian merupakan contoh closa serta
kenistaan padaA||ah, sebab ape yang climiliki dan dikasihi Allah
telah Clisalahgunakan. Atau ada orang-orang yang memakai ge-
reja untuk melayani keuntungannya sendiri. Gereja aclalah harta
henda Allah yang telah dikucluskan atau dikhususkan dan kita
sem ua dipanggil untuk menyatakan sifat serla tindakan-tindalv
an-Nya kepada dunia ini. Tetapi masih banyak penguasa, yang
memakai gereja untuk mendukung kekuasaan mereka, dan ada
orang-orang lain yang mau rnemakai gereja untuk memenuhi
arnbisi mareka tenlu sarna dengan perbuatan Belsyazar. Me-
makai yang perlengkapan yang kudus untuk memenuhi segala
ambisi dan memamarkan kel-cuasaan mereka. Jangan cernarl
perkakas Allah yang kudus. lni merupakan sebuah peringatan
bagi kita semua. Balk kita sebagai pemimpin dalam masyarakat.
gereja, perusahaan alau pun daiam keluarga. lngat klta ini hanya
sebagai slat di tangan-Nya yang kudus. Jangan cemari hidup
kita dengan segala perkara yang dapat mandatangkan murka
Allah. Apa yang sudah clikudusl-<anAllah. jangan digunalcan untuk
meluapkan hawa nafsu kita di dunia demi memarnerkan kuasa
dan kel-cuatan kita. Menjadi pucatdan gel isah hanya sebuah akibat
awal sebelum hukuman Tuhan clijatuhkan kepada setiap orang
yang lelah mencemari dirinya maupun merenclahkan sa-gala milik
Allah yang telah clikudusl-can-Nya.

PENDALAMAN
1. Berikan pandapat Sauclara tarhadap tindakan raja
Belsyazar yang lelah mencemarkan perkakas baitAllah"?
2. Bagaimana pernahaman Saudara terhadap perkal-(as
yang ada di geraja. Bagaimana cara Saudara memberi-
kan pelajaran kepada anak-anak untuk menghargai ge~
dung geraja beserla perkakas yang ada di dalamnya?
3. Diri kita adalah baitA||ah. Bagaimana cara Saudara juga
menjaga cliri agar tubuh Saudara tidak melakukan per-
buatan cemar yang dapal mendatangkan murka Allah?

Label:   Daniel 5:1-9 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Minggu, 22 Nopember 2015 MINGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA - ALFA-OMEGA - Wahyu 1:1-8

PREV:
Khotbah GPIB Minggu, 15 Nopember 2015 MINGGU XXV SESUDAH PENTAKOSTA - KEKUASAAN DAN KEYAKINAN - Daniel 3:1-23

Garis Besar Daniel





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 18 Oktober - Matius 5-7

Hari ini, 18 Oktober - Maz 118:11-17, Yer 16-17, 1 Tes 5, Ams 26:25-26

18 Oktober - Yohanes 6:1-15, 1 Petrus 2:18-25, Kidung 3, Yeremia 49

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
Angels We Have Heard on High - Chris Tomlin

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,   imamat 25 : 35,   perikop yesaya 2:2-5,   doa persembahan,   lagu penutup ibadah,   khotbah tetap berpegang pada kebenaran yeremia 31:21-34; 2 timotius 3:14-4:5; lukas 18:1-8,   contoh tata ibadah kgpi,   contoh agenda kgpi,   tema khotbah tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   bacaan liturgi 17 oktober 2019,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh full album,   lirik lagu nkb 42,   lirik lagu nkb 42,   chord pelengkap kidung jemaat,   lirik lagu nkb 42,   lagu kristen arab,   renungan gmim mazmur 85,   +firman-Mu plita bagi kakiku in mandarin lyrics,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   Lagu persemban yang cocok,   thema - thema natal,   khotbah 2 raja-raja 2:23-25,   download pkj 289,   nyanyian rohani,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   Sabda bina umat 16 oktober 2019 ,   kalender liturgi katolik 2019,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   lagu sungguh baik dan indahnya bila saudara semua diam Jalu Tegar Prasetya,   Jamita Johanes 4,21-26.,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   perikop yesaya 2:2-5,   tata ibadah penghiburan kristen protestan,   jamita johanes 4:21-26,   contoh khotbah kenamaan dan kepujian di bumi,   lagu untuk persembahan,   Kotbah lukas 16:19-31,   ringkasan dlm injil yoh 20:21-25,   renungan amsal 3:17-30,   Kunci lagu firman allah jayalah,   Jamita sian Habakuk 3:1-6,   kotbah kisah pararasul 4:32-33,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   ayat alkitab tentang persembahan uang,   instrument lagu gereja,   lirik lagu rohani Kristen pemuda GKE,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal dan bersyukur padanya,   kmm 144,   lagu2 ceriah ambon,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   mp3 mari kita puji dia yang kekal,   tafsiran kisah para rasul 1:1-5,   bacaan sbu hari ini 16 oktober 2019,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan rohani kristen pantang mundur,   renungan rohani kristen pantang mundur,   lagu untuk wedding indonesia Kristen,   kidung jemaat no 69,   Tata Ibadah Minggu GPIB, 6 Oktober 2019,   Tata Ibadah Minggu, 6 Oktober GPIB,   pembacaan sabda gereja,   pembacaan sabda gereja,   renungan Roma 1: 18 - 32,   khotbah mazmur 50,   Renungan kristen tentang pemudah di penghotbah,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   kumpulan lagu rohani terbaru 2018 mp3,   Renungan Filipi 3:17-23,   bulan keluarga lukas 18:9-14,   randas pemahaman iman,   nama grup rohani kristen,   Buku ende pentakosta,   lagu persembahan saat ibadah,   lagu ucapan syukur dan penyembahan,   Buku ende pentakosta,   lirik lagu rohani senja di batas hari,   kalender.katolik bln oktober .2019,   kotbah hkbp yesaya 2: 2-5. 2019,   sabda guna dharma hari rabu 16 oktober 2019,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   lirik lagu rohani terbaru gms live 2019,   wielbij ma duszo mocarza i krola wrzechswiata,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   instrument lagu gereja,   khotbah kristen ul 28:1-6,   renungan yeremia 9:23,   lagu rohani persembahan syukur,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   lagu untuk membawa persembahan,   Bacaan injil untuk hari minggu 20 oktober 2019,   khotbah lukas 18:1-8,   sabda bina umat 15 oktober 2019 ,   renungan minggu 20 oktober 2019,