Save Page
Khotbah GPIB
MINGGU II SESUDAH SESUDAH EPIFANI
Jumat, 22 Januari 2016

Efesus 6:1-20
Konteks
Taat dan kasih
6:1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 6:2 Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: 6:3 supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. 6:4 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. 6:5 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus, 6:6 jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah, 6:7 dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia. 6:8 Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan. 6:9 Dan kamu tuan-tuan, perbuatlah demikian juga terhadap mereka dan jauhkanlah ancaman. Ingatlah, bahwa Tuhan mereka dan Tuhan kamu ada di sorga dan Ia tidak memandang muka.
Perlengkapan rohani
6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; 6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. 6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. 6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, 6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; 6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, 6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, 6:18 dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, 6:19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, 6:20 yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.


Penjelasan:
* Hidup yang Bijaksana (5:15-6:9).
Rasul Paulus selanjutnya menjelaskan bagaimana kehidupan orang percaya harus sangat berhati-hati. Dia memerintahkan jemaat di Efesus untuk dipenuhi dengan Roh Kudus dan ia menunjukkan kepada mereka hasil dari pemenuhan tersebut di dalam berbagai hubungan hidup yang praktis.

* Ef 5:18--6:9
Dipenuhi Roh Kudus (5:18-6:9).
Tidak ada orang percaya dalam Kristus yang diperintahkan untuk didiami Roh. Hal itu sudah merupakan suatu hal yang pasti yang tetap (Yoh. 14:16, 17). Seorang percaya juga tidak diperintahkan untuk dibaptiskan dengan Roh. Jadi terdapat tanggung jawab pribadi; ada beberapa syarat yang harus dipenuhi kalau kita ingin mengalami kuasa Roh di dalam hidup kita.

* Ef 6:10-20
Hidup Kristen Sebagai Suatu Peperangan (6:10-20).
Sepanjang seluruh bagian surat ini sudah banyak yang dibahas tentang kehidupan orang Kristen secara praktis. Di dalam paragraf ini kehidupan orang Kristen dilukiskan sebagai suatu peperangan, suatu pertentangan fatal di mana dia terlibat melawan kuasa Iblis dan bala tentaranya.

* Ef 6:10-17
Kuat di Dalam Tuhan - Seluruh Perlengkapan Senjata Allah (6:10-17).
Karena hidup ini merupakan suatu peperangan, sebagaimana dikemukakan di sini, seorang Kristen harus dipersiapkan dan diperlengkapi. Bagian tentang seluruh perlengkapan senjata Allah ini menunjukkan betapa luar biasa perlengkapan yang disediakan Allah bagi para prajurit-Nya.

* Akhirnya // Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan // Di dalam kekuatan kuasa-Nya // kuasa
10. Akhirnya. Inilah nasihat penutup secara umum dari surat ini. Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan. Tuhan Yesus telah mengatakan, "Di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh. 15:5; bdg. Flp. 4:13). Di dalam kekuatan kuasa-Nya. Tiga kata dipakai untuk kuasa atau kekuatan di dalam ayat ini. Pertama, kata kerja berbentuk perintah, hendaklah kuat atau hendaklah mampu, kemudian kata untuk kuat dan akhirnya kata untuk kekuatan - di dalam kekuatan kuasa-Nya.

* Ef 6:11 - Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah // Seluruh perlengkapan senjata Allah // supaya kamu dapat bertahan // melawan tipu muslihat - // Iblis
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah. Sekalipun Allah telah menyediakan semua ini, adalah tugas orang Kristen untuk mengenakannya; yaitu, dia harus secara sadar menghayati kuasa yang Tuhan Yesus Kristus telah sediakan untuknya. Seluruh perlengkapan senjata Allah. Perlengkapan senjata itu diuraikan secara rinci, termasuk juga lawan-lawan orang percaya yang harus dihadapi. supaya kamu dapat bertahan. Tanpa perlengkapan senjata dari Allah ini, orang Kristen tidak akan mampu bertahan. Orang yang duduk bersama dengan Kristus di surga dan kini hidup di dunia juga harus bertahan melawan tipu muslihat - yakni berbagi cara atau strategi yang dipakai - Iblis.

* Ef 6:12 - Karena perjuangan kita bukanlah // Melawan darah dan daging // Tetapi melawan pemerintah-pemerintah // sini. Melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini. Harfiahnya, // Melawan roh-roh jahat // Di // udara
Karena perjuangan kita bukanlah. Alasan mengapa kita memerlukan seluruh perlengkapan senjata Allah. Melawan darah dan daging. Bangsa Israel di bawah pimpinan Yosua harus berperang melawan darah dan daging agar dapat menguasai Kanaan. Peperangan kita lebih bersifat rohani daripada jasmani. Tetapi melawan pemerintah-pemerintah. Bukan perbedaan komparatif, tetapi perbedaan mutlak. Tampak ada berbagai tingkatan di kalangan bala tentara Iblis. Tidak mungkin kita membuat pembedaan yang jelas di antara berbagai golongan musuh yang disebutkan di sini. Melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini. Harfiahnya, penguasa-penguasa dunia dari kegelapan ini. Melawan roh-roh jahat. Harfiahnya, melawan kekuatan-kekuatan roh jahat di udara. Di udara. Kata yang di bagian lain surat ini diterjemahkan dengan surga. Inilah yang terakhir dari lima penggunaan istilah en tois epouraniois, "di surga."

* Sebab itu // Ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah // Supaya kamu dapat memberi perlawanan
13. Sebab itu. Karena lawan-lawan kita adalah sebagaimana baru saja dikemukakan. Ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah. Kembali yang ditekankan adalah tanggung jawab manusia. Supaya kamu dapat memberi perlawanan. Perhatikan bahwa nas ini berbicara tentang memberi perlawanan dan juga tentang bertahan. Yang pertama adalah kemampuan untuk memenangkan pertarungan, mempertahankan kedudukan; yang kemudian menunjukkan hasil dari pertarungan tersebut.

* Jadi berdirilah teguh // Berikatpinggangkan kebenaran // Berbajuzirahkan keadilan
14. Jadi berdirilah teguh. Di dalam ayat ini dan ayat berikutnya perlengkapan senjata Allah dilukiskan dengan terinci. Semuanya di dalam arti tertentu berbicara tentang Tuhan Yesus Kristus yang adalah pembela kita. Berikatpinggangkan kebenaran. Orang yang sudah berikat pinggang berarti sudah siap untuk bertindak (bdg. I Ptr. 1:13). Berbajuzirahkan keadilan. Bandingkan Yesaya 59:17.

* Kakimu berkasutkan // Injil damai sejahtera
15. Kakimu berkasutkan. Banyak istilah dalam bagian ini diambil dari Perjanjian Lama (bdg. Yes. 52:7). Injil damai sejahtera. Kabar baik yang bercirikan damai sejahtera atau yang menghasilkan damai sejahtera.

* Ef 6:16 - Pergunakanlah perisai iman // Semua panah api dari si jahat // si jahat
Pergunakanlah perisai iman. Bentuk genitif dari keterangan tambahan: maksudnya, perisai yang terdiri dari iman atau yang adalah iman. Semua panah api dari si jahat. Kata si jahat adalah dalam bentuk tunggal dan tidak diragukan lagi maskulin dan bukan netral - karena itu si jahat adalah Iblis itu sendiri. Seragam lengkap seorang prajurit Romawi ditunjukkan dalam bagian ini, dan aneka macam bagian itu diterapkan secara rohani.

* Terimalah ketopong keselamatan // Pedang Roh // Yaitu Firman Allah
Terimalah ketopong keselamatan. Kembali, ketopong yang adalah keselamatan. Pedang Roh. Bukan jenis genitif yang sama dengan sebelumnya: mungkin suatu kasus ablatif dari sumber atau asalnya. Yaitu, pedang yang disediakan oleh Roh. Yaitu Firman Allah. Firman Allah merupakan pedang yang bermata dua. Di sini dipakai hrema atau ucapan. Di dalam nas yang mirip, Ibrani 4:12, dipakai logos atau sabda sebagai konsep atau gagasan. Alkitab merupakan hrema dan logos. Semua bagian dari perlengkapan senjata yang disebutkan sampai titik ini berfungsi untuk bertahan. Pedang . Roh merupakan satu-satunya senjata yang dapat dipakai untuk menyerang maupun untuk bertahan.

* Berdoalah setiap waktu // Doa dan permohonan // Dalam Roh // Untuk segala orang kudus
18. Berdoalah setiap waktu. Perlengkapan senjata Allah harus senantiasa dipakai di dalam hubungan dengan doa orang percaya (bdg. I Tes. 5:17; Kol. 4:2). Doa dan permohonan. Kata yang pertama dipakai untuk doa secara umum, yang kedua untuk menaikkan permohonan. Dalam Roh. Roh Kudus yang menyediakan pedang berupa Firman juga harus ikut aktif di dalam doa-doa kita. Untuk segala orang kudus. Paulus tidak ingin mereka membatasi doa hanya untuk dia sendiri, sekalipun dia memang menyebut dirinya pada ayat yang berikut.

* Ef 6:19 - Juga untuk aku // Supaya kepadaku ... dikaruniakan perkataan yang benar // Agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil
Juga untuk aku. Maksudnya, untuk aku secara khusus; mengingat keadaan Paulus ketika itu. Supaya kepadaku ... dikaruniakan perkataan yang benar. Bahkan ketika di dalam penjara
Paulus tidak memikirkan terutama kesejahteraan dirinya, tetapi memikirkan kesaksiannya mengenai Tuhan Yesus Kristus. Di dalam Kisah Para Rasul 28:30, 31 kita membaca bahwa Paulus berbicara kepada semua orang yang mengunjunginya ketika dia menjadi tahanan di rumah yang disewanya sendiri ketika berada di Roma. Agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil. Bukan berarti bahwa Injil itu masih merupakan rahasia bagi orang-orang yang sudah bersedia menerimanya.


Sumber SBU:
MINGGU II SESUDAH EP|FAN|
JUMAT, 22 JANUARI 2016
 RENUNGAN PAGI
GB 52:1 - Berdoa
TAAT DAN KASIH
Efesus 6:1-9
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu didalam Tuhan, karena haruslah demikian". (ay.1)

Orang tua adalah sahabatku! Alkitab mengatakan bahwa kita harus menghormati orang tua. Menghormati bukan berarti tidak dapat bersenda gurau. Menghormati bukan berarti menunduk-nunduk tapi dalam hati kesal dan muka cemberut. Bukan pula selalu menyetujui pendapat mereka, tetapi dongkol. Lebih baik mengusulkan perubahan dari pada menaati perintah sambil-marah-marah.
Pengertian 'menghormati' mempunyai nada yang positif dalam sepuluh titah. Kata 'hormati|ah' dalam bahasa lbrani digunakan kata 'kabad' yang berarti 'akuilah kewibawaan' atau 'hargailah' [|smai|, Andar., Selamat Ribut Rukun, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009),63] Menghormati orang tua bukanlah sekadar kewajiban, tetapi merupakan hak istimewa. Sebagai anak, kita menghormati mereka dalam bentuk ketaatan. Sebagai orang dewasa, kita menghormati mereka dengan cara  menelepon, mengunjungi, serta mempedulikan mereka, hal ini tentu membutuhkan pengorbanan diri dari kita sebagai orang tua.
Dalam ayat 1-2 dengan tegas Paulus memperingatkan kepada anak-anak untuk taat dan menghormati orang tua, karena ini merupakan perintah yang penting seperti yang nyata dalam janjiNya supaya kelak anak-anak berbahagia dan panjang umur (Iih.Keluaran 20:12). Sebaliknya, Paulusjuga menerangkan tentang tugas orang tua sebagai pendidik, yaitu mendidik anak-anak dalam kasih. Jangan sampai didikan orang tua menimbulkan amarah bagi anak-anak (ayat 4). Didikan orang tua seperti kasih Yesus kepada umat yang dikasihi-Nya. Ayat 5-9 Paulus juga memperingatkan bagaimanakah membangun relasi antara masing-masing pribadi dengan orang lain, antara tuan dan hamba. Ada timbal balik positif
yang terwujud nyata dalam tindakan taat, menghormati dan saling menghargai (band. Matius 7:12a).

Begitu juga antara para pemimpin dengan orang-orang yang dipimpinnya. Terlebih lagi yang paling utama adalah bentuk ketaatan dan penghormatan yang kita tujukan untuk Tuhan, bukan karena ingin mendapatkan imbalan tetapi sebagai buah ungkapan syukur kita atas kasih dan anugerah-Nya dalam kehidupan kita.

GB.52 : 2
Doa : (Tuhan Yesus ajarlah aku menghormati dan mengasihi orang tuaku dan tidak menyia-nyiakan mereka dimasa tuanya)



MINGGU II SESUDAH EPIFANI
Sabda Bina Umat JUMAT, 22 JANUARI 2016
RENUNGAN MALAM
KJ 339:1,2 -Berdoa
PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH

Efesus 6:10-20
"..kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis." (ay.11)

Hidup ini adalah suatu peperangan; peperangan antara kebaikan dan keburukan/jahat. Rasul Paulus menggambarkan bahwa kehidupan orang Kristen itu diibaratkan dengan seseorang yang sedang berperang melawan iblis. Untuk ltu tidak saja diperlukan latihan rohani yang baik tetapi juga harus menggunakan seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya dapat bertahan melawan tipu muslihat lblis (ay 12) karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia.

Sejak dahulu rencana iblis tidak pernah berubah, yaitu ingin menghancurkan, membunuh dan merusak kehidupan manusla. lblis sangat tidak suka kepada orang-orang yang taat dan setia kepada Tuhan. Apalagi kalau mereka adalah orang-orang yang hidupnya begitu efektif dan produktif melayani Allah. Orang-orang seperti ini adalah target utama yang ingin lblis taklukan. Bagi lblis mereka harus dibungkam dan dibuat tidak berdaya atau kalah.

Karena itu dipenghujung suratnya kepada jemaat Efesus 6:10-18 Paulus mulai dengan kata, akhirnya. .. (ay 6) semacam kesimpulan dari seluruh naslhat yang telah disampaikan kepada jemaat Efesus. Kenakanlah, ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah (ay 11,13). Apa sajakah seluruh perlengkapan senjata Allah tersebut? Paulus memakai ilustrasi pakaian seorang tentara pada waktu berperang dengan segala pernak-perniknya, antara lain: lkat pinggang, Kebenaran; baju zirah, Keadilan; kaki yang berkasutkan, kerelaan memberitakan lnjil - dalam segala keadaan kita harus memberitakan
Kabar Baik; hidup dalam damai Sejahtera; menggunakan perisai iman sehingga mampu menangkis cobaan dan godaan yang menyerang; Ketopong keselamatan - saat kita mengenakannya, maka sebenarnya kita mengenakan "pikiran Kristus' (1 Kor. 2:16); pedang Roh, yaitu Firman Allah (lbr 4:12) serta segala Doa dan Permohonan; Berdoa dalam Roh. Dengan demikian kita dapat bertahan dan dimampukan untuk mengalahkan kekuatan lblis.

KJ.339 : 3
Doa : (Tuhan Yesus, seringkali godaan menyerang aku dari dalam dan dari luar diriku, tolonglah aku agar mampu melewati dan menghadapi semuanya itu dengan perisai iman yang teguh)


MINGGU II SESUDAH EPIFANI
Sabda Bina Umat JUMAT, 22 JANUARI 2016
RENUNGAN PAGI
GB 52:1 -Berdoa
TAAT DAN KASIH

Efesus 6:1-9
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu didalam Tuhan, karena haruslah demikian. (ay.1).

Orang tua adalah sahabatku! Alkitab mengatakan bahwa kita harus menghormati orang tua. Menghormati bukan berarti tidak dapat bersenda gurau. Menghormati bukan berarti menunduk-nunduk tapi dalam hati kesal dan muka cemberut. Bukan pula selalu menyetujui pendapat mereka, tetapi dongkol. Lebih baik mengusulkan perubahan dari pada menaati perintah sambil-marah-marah.

Pengertian "menghormati' mempunyai nada yang positif dalam sepuluh titah. Kata "hormati|ah" dalam bahasa lbrani digunakan kata "kabad' yang berarti "akuilah kewibawaan' atau "hargailah' [|smai|, Andar., Selamat Ribut Rukun, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009),63] Menghormati orang tua bukanlah sekadar kewajiban, tetapi merupakan hak istimewa.

Sebagai anak, kita menghormati mereka dalam bentuk ketaatan. Sebagai orang dewasa, kita menghormati mereka dengan cara menelepon, mengunjungi, serta mempedulikan mereka, hal ini tentu membutuhkan pengorbanan diri dari kita sebagai orang tua. Dalam ayat 1-2 dengan tegas Paulus memperingatkan kepada anak-anak untuk taat dan menghormati orang tua, karena ini merupakan perintah yang penting seperti yang nyata dalam janji-Nya supaya kelak anak-anak berbahagia dan panjang umur (lih.Keluaran 20:12).

Sebaliknya, Paulusjuga menerangkan tentang tugas orang tua sebagai pendidik, yaitu mendidik anak-anak dalam kasih. Jangan sampai didikan orang tua menimbulkan amarah bagi anak-anak (ayat 4). Didikan orang tua seperti kasih Yesus kepada umat yang dikasihi-Nya. Ayat 5-9 Paulus juga memperingatkan bagaimanakah membangun relasi antara masing-masing pribadi dengan orang lain, antara tuan dan hamba. Ada timbal balik positif yang terwujud nyata dalam tindakan taat, menghormati dan saling menghargai (band. Matius 7:12a).

Begitu juga antara para pemimpin dengan orang-orang yang dipimpinnya. Terlebih lagi yang paling utama adalah bentuk ketaatan dan penghormatan yang kita tujukan untuk Tuhan, bukan karena ingin mendapatkan imbalan tetapi sebagai buah ungkapan syukur kita atas kasih dan anugerah-Nya dalam kehidupan kita.

GB.52 : 2
Doa : (Tuhan Yesus ajarlah aku menghormati dan mengasihi orang tuaku dan tidak menyia-nyiakan mereka dimasa tuanya)


Label:   Efesus 6:1-20 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 23 JANUARI 2016 - SALAM DAMAI SEJAHTERA - Efesus 6:23-24

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 21 JANUARI 2016 - THE GREAT MISTERY OF GOD FAMILY - Efesus 5:22-33

Garis Besar Efesus






November 10 - 16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 14 November - Yakobus 1,2<...

Hari ini, 14 November - Maz 119:171-...

Hari ini, 14 Nopember - Yohanes 11:1...

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



bagaimana cara memberitakan injil di lingkungan,   Yohanes 6 : 27 - 29,   kejadian 21:1-7renungan,   kejadian 21:1-7renungan,   tafsiran lukas 21 : 5-19,   forevermore gms mp3 ,   lagu ibadah penutup,   lagu memberikan persembahan,   kidung ceria cinta akan Yesus tak berarti hanya nyanyi dan doa,   khotbah Roma 1:18-25,   judul lagu rohani arab,   Yohanes 6 : 27 - 29,   Bahan khotbah dari 2 Tesalonika 3: 1-9,   lagu rohani pujian,   dunia gemar dan soraklah lirik,   dunia gemar dan soraklah lirik,   2 korintus 9;6-7 NATS PERSEMBAHAN,   nats ayat alkitab untuk persembahan,   lagu penutup ibadah,   tema natal tentang hendaklah kamu sehati,sepikir dalam tuhan bahasa batak,   lagu penutup ibadah,   lagu pembuka ibadah,   khotbah dari kitab nahum,   yakobus 3 cerita sekolah minggu,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   mazmur 69:20-37 gpib,   mazmur 69:20-37 gpib,   lagu doa syafaat,   lagu buat doa syafaat,   kristen kata pengantar persembahan,   2tesalonika3:6-13,   jamita filipi 4:10-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   lagu lagu pengakuan dosa,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   download lagu mp3 di mazmur 150,   kumpulan lagu gereja kristen maranatha indonesia pengajaran tabernakel,   renungan ulangan 24 17 22,   lagu persembahan gmim,   filipi 4:10-20,   download lagu mp3 di mazmur 150,   khotbah : Tetaplah Setia,   Filipi 4:10-20,   Filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   syair dan not lagu gereja pdf,   khotbah yohanes 5:19-29,   khotbah yohanes 5:19-29,   you rise me up versi paduan suara,   lagu untuk persembahan,   renungan harian yohanes 5:19-29,   partitur lagu natal,   jembatan lagu untuk persembahan,   ambilan gkps 17 november 2019,   meresponi panggilan tuhan Yosua 1:1-9,   khotbah ulangan 24:19-22,   khotbah ulangan 24:19-22,   liturgi ibadah persekutuan kaum pria bala keselamatan,   lagu bala keselamatan perjuangan,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   jamita filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24:19,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   lagu gereja kj 49,   khotbah pilipi 4:10-20 versi hkbp,   renungan yakobus 2:1-13,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Contoh renungan kotbah harian agama Kristen Protestan bulan November 2019,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Khlbh masmur 55:2-8,   renungan remaja kristen gmit,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   renungan kristen insani 13:20-21 dari gmit,   lagu persembahan,   Tafsiran alkitap 2 tesalonika 3;13-15,   khotbah yakobus 2 1-10,   ayat2 alkitab utk ajakan persembahan,   lagu kristen yang sesuai dengan nats matius 25:31-46,   tata ibadah unit gpm,   MEMANDANG ALLAH MELAMPAUI HIDUP INI Ayub 19: 23 - 27a,   renungan Yosua 24:22-28,   kejadian 21:1-7renungan,   khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   nyanyian rohani no.97,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,