Save Page
Kejadian 8:1
Konteks
Air bah surut
8:1 Maka Allah mengingat Nuh dan segala binatang liar dan segala ternak, yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu, dan Allah membuat angin menghembus melalui bumi, sehingga air itu turun.

Penjelasan:
* Nuh tidak mendengar dari Allah selama 150 hari (bd. Kej 7:24). Imannya sedang diuji, karena ia tidak tahu kapan air akan surut atau kapan Allah akan turun tangan lagi. Lalu Allah bertindak karena perhatian dan kasih-Nya kepada Nuh sekeluarga. Perlakuan Allah terhadap Nuh dicatat untuk memberikan kepada semua umat Allah yang setia harapan dan keyakinan terhadap cara-cara-Nya. Jikalau Allah tidak bertindak selama waktu yang lama di dalam hidup saudara, saudara bisa yakin bahwa Dia akan bertindak lagi dan menunjukkan perhatian-Nya yang penuh kasih kepada saudara. Saat ini tugas saudara adalah menghampiri Tuhan dan tetap taat dengan setia kepada Firman dan Roh-Nya (Ams 3:5-6; 16:3; Fili 2:13).

* Kej 8:1-3 - Bumi Menjadi Kering
Dalam bagian penutup dari pasal sebelumnya, kita meninggalkan dunia dalam kehancuran dan jemaat dalam kesesakan. Tetapi dalam pasal ini kita mendapati dunia diperbaiki dan jemaat diperluas. Sekarang pemandangannya berubah, dan wajah lain dari segala sesuatu mulai diperlihatkan kepada kita, dan sisi terang di balik awan yang sebelumnya tampak begitu hitam dan pekat. Sebab, meskipun Allah berbantah untuk waktu yang lama, bukan untuk selama-lamanya Ia hendak berbantah, tidak pula Ia akan selalu murka. Di sini kita mendapati,
I. Bumi diperbaharui, dengan meredanya air, dan munculnya tanah kering, untuk kedua kalinya sekarang, dan kedua-duanya secara perlahan.
1. Naiknya air dihentikan (ay. 1-2).
2. Air terlihat mulai berkurang (ay. 3).
3. Setelah surut selama enam belas hari, bahtera itu kandas (ay. 4).
4. Setelah surut selama enam puluh hari, puncak-puncak gunung tampak mengatasi air (ay. 5).
5. Setelah surut selama empat puluh hari, dan dua puluh hari sebelum gunung-gunung tampak, Nuh mulai mengirimkan mata-matanya, seekor burung gagak dan seekor burung merpati, untuk mendapat informasi (ay. 6-12).
6. Dua bulan setelah kemunculan puncak-puncak gunung, air sudah lenyap, dan permukaan bumi menjadi kering (ay. 13), meskipun belum kering untuk didiami manusia secara layak sampai hampir dua bulan kemudian (ay. 14).
II. Manusia ditempatkan kembali di atas bumi, di mana,
1. Nuh mengeluarkan muatan bahtera dan ia sendiri keluar darinya (ay. 15-19).
2. Ia mempersembahkan korban pujiannya kepada Allah atas kebebasannya (ay. 20).
3. Allah menerima korbannya, dan dalam kesempatan itu Ia berjanji untuk tidak menenggelamkan dunia lagi (ay. 21-22). Dan dengan demikian, pada akhirnya, belas kasihan menang atas penghakiman.

Bumi Menjadi Kering (Kejadian 8:1-3)

Inilah,
I. Sebuah tindakan anugerah Allah: Allah mengingat Nuh dan segala makhluk hidup. Ini adalah ungkapan cara manusia. Sebab tak satu pun dari ciptaan-Nya (Luk. 12:6), terlebih lagi siapa pun dari umat-Nya, yang dilupakan-Nya (Yes. 49:15-16). Tetapi,
1. Seluruh bangsa manusia, kecuali Nuh dan keluarganya, sekarang sudah punah, dan dicampakkan ke negeri segala lupa, untuk tidak diingat lagi. Karena itu, diingatnya Nuh oleh Allah berarti kembalinya belas kasihan-Nya terhadap umat manusia, yang tidak akan dibinasakan-Nya sepenuhnya. Ungkapan ini aneh (Yeh. 5:13), Aku akan melampiaskan murka-Ku kepada mereka, sehingga Aku merasa puas. Tuntutan-tuntutan keadilan ilahi telah dipenuhi dengan kehancuran orang-orang berdosa itu. Ia telah melampiaskan dendam-Nya kepada para lawan-Nya (Yes. 1:24), dan sekarang roh-Nya menjadi tenteram (Za. 6:8), lalu Ia mengingat Nuh dan segala makhluk hidup. Ia mengingat kasih sayang dalam murka (Hab. 3:2), teringat kepada zaman dahulu kala (Yes. 63:11), mengingat keturunan yang kudus, dan kemudian mengingat Nuh.
2. Nuh sendiri, walaupun merupakan seorang yang mendapat kasih karunia di mata Tuhan, tampak terlupakan di dalam bahtera, dan mungkin mulai berpikiran begitu. Sebab kita tidak mendapati Allah memberi tahu dia berapa lama ia harus terkurung dan kapan ia harus dibebaskan. Orang-orang yang sangat baik terkadang akan segera menyimpulkan bahwa mereka dilupakan Allah, terutama apabila penderitaan-penderitaan mereka luar biasa pedih dan lama. Mungkin Nuh, walaupun merupakan seorang yang mempunyai iman besar, ketika mendapati air bah terus berlangsung begitu lama sementara sudah seharusnya air itu berhenti, tergoda untuk merasa takut kalau-kalau Dia yang menyuruhnya untuk masuk akan tetap mengurungnya di sana. Dan ia mulai bertanya-tanya, berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku? Tetapi pada akhirnya Allah kembali dalam belas kasihan kepadanya, dan ini diungkapkan dengan ungkapan Allah mengingatnya. Perhatikanlah, orang-orang yang mengingat Allah pasti akan diingat oleh-Nya, seberapa pun susah dan menyedihkannya keadaan mereka. Ia akan menetapkan waktu bagi mereka dan mengingat mereka (Ayb. 14:13).
3. Bersama Nuh, Allah mengingat segala makhluk hidup. Sebab, walaupun kesenangan-Nya terutama pada anak-anak manusia, Ia juga bersuka atas segala hasil karya-Nya, dan tidak membenci satu pun dari apa yang telah dijadikan-Nya. Ia secara khusus memperhatikan umat-Nya bukan saja secara orang perorangan, melainkan juga kepunyaan-kepunyaan mereka, yaitu keluarga mereka dan segala sesuatu milik mereka. Ia memperhatikan ternak Niniwe (Yun. 4:11).
II. Sebuah tindakan kuasa Allah atas angin dan air, yang kedua-duanya tunduk pada perintah-Nya, meskipun tidak satu pun dari keduanya yang bisa dikendalikan manusia. Amatilah,
1. Ia memerintahkan angin, dan berkata kepadanya, pergi, lalu ia pun pergi, untuk menghalau air bah itu: Allah membuat angin menghembus melalui bumi. Lihatlah di sini,
(1) Apa yang diingat Allah tentang Nuh: bahwa Ia akan memberinya kelegaan. Perhatikanlah, orang-orang yang diingat Allah pasti diingat-Nya dengan benar, untuk selama-lama-nya. Ia mengingat kita untuk menyelamatkan kita, agar kita mengingat-Nya untuk melayani Dia.
(2) Betapa Allah memiliki kekuasaan yang berdaulat atas angin.
Ia mengumpulkan angin dalam genggaman-Nya (Ams. 30:4) dan mengeluarkannya dari dalam perbendaharaan-Nya (Mzm. 135:7). Ia mengirimkannya bilamana, ke mana, dan untuk tujuan-tujuan apa, sesuai yang dikehendaki-Nya. Bahkan angin badai sekalipun melakukan firman-Nya (Mzm. 148:8). Tampaknya, selagi air bertambah naik, tidak ada angin. Sebab hal itu akan semakin mengombang-ambingkan bahtera. Tetapi sekarang Allah mengirimkan angin, karena hal itu tidak akan begitu mengganggu. Ada kemungkinan angin itu adalah angin utara, sebab angin utara mengusir hujan. Apa pun itu, angin itu adalah angin yang mengeringkan, seperti angin yang dikirim Allah untuk membelah Laut Teberau di hadapan Israel (Kel. 14:21).
2. Ia menarik kembali air-air itu, dan berkata kepada mereka, mari datanglah ke sini, dan mereka pun datang.
(1) Ia menyingkirkan penyebabnya. Ia memeteraikan sumber-sumber air itu, mata-mata air samudera raya serta tingkap-tingkap di langit. Perhatikanlah,
[1] Seperti Allah memiliki kunci untuk membuka, demikian pula Ia mempunyai kunci untuk menutup kembali, dan untuk menahan laju penghakiman-penghakiman dengan menghentikan penyebab-penyebabnya. Begitulah, tangan yang sama yang mendatangkan kehancuran haruslah mendatangkan pembebasan. Oleh sebab itu, kepada tangan itulah mata kita harus tertuju. Hanya Dia yang melukai yang sanggup menyembuhkan. Lihat Ayub 12:14-15.
[2] Apabila penderitaan-penderitaan sudah melaksanakan pekerjaan yang untuknya mereka dikirim, entah pekerjaan untuk membunuh atau menyembuhkan, maka mereka akan dihapuskan. Firman Allah tidak akan kembali sia-sia (Yes. 55:10-11).
(2) Lalu dampaknya berhenti. Tidak sekaligus, melainkan secara berangsur-angsur: Air itu turun (ay. 1), makin surut dari muka bumi (ay. 3). Mereka pergi dan kembali (dalam bahasa Ibrani), yang menandakan kepergian secara perlahan-lahan. Panasnya matahari mengeringkan banyak air itu, dan mungkin lubang-lubang besar di dalam tanah menyerap lebih banyak lagi. Perhatikanlah, seperti halnya bumi tidak ditenggelamkan dalam sehari, demikian pula ia tidak dikeringkan dalam sehari. Dalam penciptaan, hanya butuh satu hari kerja untuk membersihkan bumi dari air-air yang meliputinya, dan untuk menjadikannya tanah kering. Malah, hanya butuh separuh hari kerja (1:9-10). Tetapi, karena pekerjaan mencipta sudah selesai, maka pekerjaan pemeliharaan ilahi ini dilaksanakan melalui kuasa penyebab-penyebab alami yang bekerja secara bersamaan, namun yang dikerahkan sedemikian rupa oleh kekuatan Allah yang mahakuasa. Allah biasanya membebaskan umat-Nya secara perlahan, agar hari peristiwa-peristiwa kecil tidak dipandang hina, tidak pula orang kehilangan harapan akan hari peristiwa-peristiwa besar (Za. 4:10). Lihat Amsal 4:18.




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Renungan Kejadian 2:1-4 - Hari Ketujuh - Pelembagaan dan pengudusan hari Sabat

PREV:
Ayat-Ayat Kesembuhan dalam Alkitab





December 1-7 (Week 49) - Esther 7-10; Revelation 3 || Ezra 7-10; Psalm 97; Rev 4 || Nehemiah 1-3; Rev 5 || Neh 4-6; Psalm 98; Rev 6 || Neh 7-9; Psalm 140; Rev 7

Hari ini, 8 Desember - Efesus 4-6

Hari ini, 8 Desember - Maz 138:7-139:5, Hos 1-2, 2 Yoh 1, Ams 30:15-16

Hari ini, ** 8 Desember - Yohanes 16:12-24, Wahyu 5, Ayub 31:1-23, Amos 1-2

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Penjelasan Ayat Firman..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song
** Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 31 JANUARI 2020 - ORANG YANG MENANG ADALAH ANAK ALLAH - Wahyu 21:6-8 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 21:6-8 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Alfa dan Omega, di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang // bagian mereka, Kebenaran dan kepastian dari keadaan yang membahagiakan ini disahkan oleh firman dan janji Allah, YESUS ADALAH SUMBER PENGHARAPAN DAN KEKUATAN
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 30 JANUARI 2020 - YESUS: RAJA DARI SEGALA RAJA DAN TUHAN DARI SEGALA TUHAN - Wahyu 19:14-16 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 19:14-16 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

Khotbah Ibadah GPIB RABU, 29 JANUARI 2020 - YESUS ADALAH SOLUSI - Lukas 8:22-25 SGDK) -MINGGU II SESUDAH EPIFANI Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Marilah kita bertolak ke seberang danau, Yesus tertidur // Taufan // Perahu itu kemasukan air dan mereka dalam bahaya, Kita binasa // Ia pun bangun, lalu menghardik air dan angin yang mengamuk itu, Kristus memerintahkan murid-murid-Nya untuk bertolak ke seberang danau, LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN SAMA 0| MATATUHAN
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 28 JANUARI 2020 - BESAR DAN AJAIB - Wahyu 15:1-4 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 15:1-4 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Tujuh Cawan Penghukuman, telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya // nyanyian Musa, hamba Allah dan nyanyian Anak Domba, Pekerjaan penumpahan tujuh cawan, yang dipercayakan kepada tujuh malaikat, Patutlah Allah dipuji dan disembah sepanjang abad, BESAR DAN AJAIB
Khotbah Ibadah GPIB - SENIN, 27 JANUARI 2020 - JANJI PENYERTAAN TUHAN - Wahyu 1:17-20 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 1:17-20 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat // Efesus // Smirna // Pergamus // Tiatira, Sardis, Filadelfia, // Laodikia // Iblis, tujuh kaki dian dari emas, // Anak Manusia, // Yang Awal dan Yang Akhir // Yang Hidup; // kunci maut dan kerajaan maut // apa yang telah kaulihat // yang terjadi sekarang // yang akan terjadi sesudah ini // sesudah

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 31 Desember 2019 - TETAP SEMANGAT KARENA TUHAN SELALU BERI BERKAT - Yesaya 61:10-11 (SGD) - MALAM TAHUN BARU Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Orang percaya yang telah lahir baru dengan sukaria menanggapi janji-janji mulia ini., Kemakmuran Jemaat . BERSYUKUR BERSAMA TUHAN
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 30 Desember 2019 - PUJILAH NAMA TUHAN - Senin, 30 Desember 2019 - MINGGU SESUDAH NATAL Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Ajakan kepada bumi, Pujilah Tuhan di bumi, Sebuah Undangan untuk Memuji,
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 29 Desember 2019 - MENSYUKURI PENYERTAAN ALLAH - Yesaya 52:1-10 (SGD) - HARI MINGGU SESUDAH NATAL Yesaya 52:1-10 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Dorongan bagi Yerusalem,
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Desember 2019 - MENGENAL DlA - 1 Yohanes 1:3-6 - MINGGU SESUDAH NATAL 1 Yohanes 1:3-6 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar // persekutuan. Kamu juga , Supaya sukacita kami menjadi sempurna , Allah adalah terang, Hidup di dalam kegelapan // Tidak melakukan kebenaran, Kesaksian Rasuli
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 27 Desember 2019 - HIDUP DI DALAM TERANG - 1 Yohanes 1:5-10 - MINGGU SESUDAH NATAL 1 Yohanes 1:5-10 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH NATAL 2019 dan TAHUN BARU 2020 GPIB
TATA IBADAH KELUARGA MALAM NATAL 2019, TATA IBADAH MALAM NATAL 2019, TATA IBADAH HARI NATAL 2019, TATA IBADAH SESUDAH NATAL 26 DES 2019, TATA IBADAH KELUARGA MALAM AKHIR TAHUN 31 DES 2019, TATA IBADAH MALAM AKHIR TAHUN 2019, TATA IBADAH TAHUN BARU 2020




New Submit
KAMIS, 2 JANUARI 2020
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 2 JANUARI 2020 - HADIAH DARI SORGA - Filipi 3:12-16 - MINGGU SESUDAH NATAL


TATA IBADAH KELUARGA MALAM AKHIR TAHUN 31 DES 2019 (bisa dilihat di HP)


TATA IBADAH KELUARGA MALAM NATAL 2019 (bisa dilihat di HP)

Jumat, 06 Desember 2019
Zie De Maan Schijnt Door De Bomen

Friday, December 06, 2019
John Schneider Scores First Number One Christian Country Single

Friday, December 06, 2019
End of journey as gospel star Zimu loses battle against cancer

Friday, December 06, 2019
‘A wakeup call:‘ British theologian N.T. Wright on the prosperity gospel, climate change and Advent

Kamis, 05 Desember 2019
When Christmas Comes Around - Caitie Hurst

Wednesday, December 04, 2019
Seek the light during busy Advent season, advises NAU chaplain

Wednesday, December 04, 2019
Seek the light during busy Advent season, advises university chaplain

Wednesday, December 04, 2019
Early Rain Church Elder Sentenced to Four Years in Prison for Having Christian Literature

Wednesday, December 04, 2019
Lighthouse Christian School Contributes to Christmas Spirit

Selasa, 03 Desember 2019
Materi Rancangan Dasar (Randas) Akta Gereja


Kalender GKJ Desember 2020


Kalender GKJ Nopember 2020


Kalender GKJ Oktober 2020


Kalender GKJ September 2020


Kalender GKJ Agustus 2020


Kalender GKJ Juli 2020


Kalender GKJ Juni 2020

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, Khotbah Ibadah GPIB 2020, Lagu Natal (Christmas), TATA IBADAH NATAL 2019 dan TAHUN BARU 2020 GPIB,



jamita,   hotbah yesaya 40:1-8,   hotbah yesaya 40:1-8,   hotbah yesaya 40:1-8,   hotbah yesaya 40:1-8,   hotbah yesaya 40:1-8,   hotbah yesaya 40:1-8,   eksposisi maleakhi 3:1-12,   renungan matius 3:10,   latar belakang hai dunia gembiralah,   ajaran gereja tentang 1 petrus 4:1-11,   yesu sobat yang sejati,   yesu sobat yang sejati,   yesu sobat yang sejati,   khotbah ekspositori roma 15 1 13,   khotbah ekspositori roma 15 1 13,   Eksposisi matius 12:36-37,   lagu penutup pada suatu ibadah,   khotbah tentang matius 3,   Renungan makna matius 3:7-12,   liturgi natal kgpm,   Lagu rohani kristen gms,   Lagu rohani kristen gms,   Lagu rohani kristen gms,   Renungan dari surat paulus kepada Jemaat di roma 15 : 4-9,   nyanyian rohani methodis no 140,   renungan katolik untuk minggu 8 desember 2019,   Download kalender Katolik tahun 2020,   tahun liturgi 2020,   jamita minggu johannes 1:14-18,   jamita minggu johannes 1:14-18,   kata sambutan natal,   sambutan natal 2019,   banyak perbuatan yang sedihkan tuhan,   banyak perbuatan yang sedihkan tuhan,   lagu persembahan ibadah natal,   Renungan mikha 4:6-14,   tata cara ibadah GERMITA,   lirik lagu tuhan pelita hidupku,   kotbah Yohannes 1:14-18,   kotbah yesaya 43 1-4,   Renungan harian Johannes 1:14-18,   Santapan harian Johannes 1:14-18,   lagu vetri kumase rohani,   hothbah yesaya 40:1-8,   eksposisi yakobus 1:17,   TEMA NATAL GEREJA PROTESTAN MALUKU 2019/2020,   TEMA NATAL GEREJA PROTESTAN MALUKU 2019/2020,   chord O Allagku.jenguklah diriku,   kata sambutan natal,   Santapan Harian Johannes 1:14-18,   ilustrasi kasih allah terbukti untuk sekolah minggu,   sentosa dalam yesus chord,   musik mazmur 72,   not nkb 166,   kabar gembira lagu natal,   partitur SATB Hai Mari Berhimpun,   renungan Lukas 3: 1-20,   ucapan selamat natal untuk persekutuan,   lagu kidung ceria syair ibu,   lagu kidung ceria syair ibu,   partitur lagu paduan suara tema hari ibu,   khotbah mazmur 91,   lirik lagu dunia gemar dan soraklah,   pesan dan kesan natal kaum bapak,   contoh liturgi ibadah natal GPM,   contoh liturgi ibadah natal GPM,   siapa gerangan sang raja not angka,   KHOTBAH YOHANES 1:14-18 (ADVENT II),   KHOTBAH YOHANES 1:14-18 (ADVENT II),   kotbah natal 2017,   Lirik lagu natal Gloria Gloria,   Kumpulan penjabaran yohannes 1:14-18,   lirik lagu kj 376 versi toraja,   ucapan selamat natal untuk persekutuan,   +hotbah yesaya 60:1-7,   download mp3 kidung jemaat 69,   lagu natal untuk persembahan syukur,   lagu masa adven 2019,   lagu masa adven 2019,   lagu masa adven 2019,   bahan khotbah Adven Gmit 2019,   gits bakti 324,   download lagu GEREJA,   download lagu GEREJA,   lirik lagu tuhan pelita hidupku,   khotbah masa adventus yesaya12:1-6,   lirik lagu surya bersinar,   download lagu rohani mp3 gratis,   download lagu rohani mp3 gratis,   khotbah 1 tim. 4:1-16,   kalender liturgi 2020,   sambutan pranatal gmim,   contoh lagu komuni minggu advent ketiga tahun A 2019,   liturgi perayaan ekaristi 15 desember 2019 tahun a,   lagu mazmur untuk tahun a 15 desember 2019 minggu advent III,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   &rct=j,   Lirik lagu natal praise and worship ibadah natal 25 desember,   nyanyian rohani no 97,   lagu berita anugerah,   doa persembahan katolik,   pidato radio menjelang natal,   kalender liturgi 2020,   lagu persembahan,   khotbah maz 72:1-7,   khotbah maz 72:1-7,   pujian untuk persembahan,   khotbah lukas 16 : 19-31 minggu biasa,   khotbah lukas 16 : 19-31 minggu biasa,   khotbah Yohannes 1:14-18,   contoh kata sambutan di acara natal,   lagu wartakanlah kabar gembira tek,   khotbah Matius 24:3-8,   kalender liturgi oktober 2020,   kalender liturgi 2019,   DSL NO 218 SAMBUTLAH,   materi adven ke1,   lirik lagu rohani pujian bukan setiap orang yang berseru Tuhan Tuhan masuk kerajaan Allah,   renungan Zakaria 9 ; 9-10,   matius 10 :34-42,   khotbah kisah para rasul 13:13-25,   contoh liturgi natal gpib,   not angka lagu bagimu damai sejahtera,   kalender liturgi desember 2019,   lagu persembahan,   pengertian tanah,kayu,perak,emas dalam konteks 2 timotius 2: 20,21,   sambutan natal sesuai tema yesus datang untuk pembaharuan,   lagu rohani o genta malam,   surat penitipan pemberkatan nikahgereja,   renungan mazmur 97 11 12,   Sabda Bina Pemuda 7 Desember 2019,   lagu rohani pakai hidupku sebagai alatmu,   kubawah kepadamu oh tuhan,   lagu kj tentang memuji tuhan,   tema natal 25 desember se gbkp 2019,   tema natal 25 desember se gbkp 2019,   ppt yohanes 15: 9 - 17,   ppt yohanes 15: 9 - 17,   kata sambutan kepala sekolah,   Rngn kisah para rasul 8:1-25,   khotbah 1 tesalonika 3 7 - 13,   kotbah yesaya 43: 1-7,   Renungan harian 2 samuel 4,   MAZMUR 146:5-10 JUSWANTORI LIRIK,   partitur koor terpujilah allah hikmatnya besar,   partitur koor terpujilah allah besar kuasanya,   renungan tentang serigala akan tinggal dengan domba,   kalender liturgi 2020,   gambar kalender katolik 2020,   kalender Liturgi 2019,   lagu misa angkatlah hatimu madahkan lagu,   renungan yesaya 11:6-9,   lagu mankind,   &rct=j,   &rct=j,   lagu pengantar pernikahan digerja,   lagu sebelum doa syafaat,   renunngan ulangan 18:15-19,   renunngan ulangan 18:15-19,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   contoh liturgi malam natal gkp,   contoh liturgi malam natal gkp,   contoh khotbah ibadah raya,   kunci lagu bagi allah yang mulia,   LIRIK mazmur gb 114,