Dilihat: 3247 x

Save Page
1 Petrus 2:4-10
Konteks
2:4 Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah. 2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. 2:6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan." 2:7 Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya: "Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan." 2:8 Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan. 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Penjelasan:
* Datanglah kepada-Nya batu yang hidup itu // dipilih // dan dihormati di hadirat Allah
Datanglah kepada-Nya batu yang hidup itu. Petrus sekarang tiba pada jaminan yang kokoh dan menghibur bahwa para pembacanya yang sedang diejek dan dicerca sebagai buangan ("orang-orang pendatang." 1:1) oleh sesama mereka, adalah anggota suatu masyarakat yang kudus dan mulia yaitu Jemaat. Petrus dengan tepat mengawali pembahasan mengenai kenyataan tersebut dengan masalah hubungan pribadi dengan Kristus. Dia sendiri ditolak seperti mereka, tetapi juga seperti mereka Dia dipilih (dipilih, bdg. 1:2) dan dihormati di hadirat Allah (kata "mulia" yang dipakai di sini sama dengan "mahal," bdg. 1:19 dst.).

* 1Ptr 2:5 - Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup // Pembangunan suatu rumah rohani // Imamat Kudus untuk mempersembahkan persembahan rohani, yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah
Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup. Di sini dikemukakan kesamaan seseorang percaya dengan Kristus. Kata-kata yang sama untuk Tuhan dipakai untuk orang-orang percaya. Nas ini dengan jelas mengingatkan kita akan perkataan Tuhan kepada Petrus, "Engkau Simon anak Yohanes, engkau akan dinamakan Petrus (artinya: batu karang)" (Yoh. 1:42); dan juga, engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku" (Mat. 16:18). Perhatikan bahwa di dalam bagian ini Petrus menonjolkan Tuhan dan bukan dirinya di dalam bangunan kudus yang adalah Gereja. Pembangunan suatu rumah rohani. Bandingkan dengan Efesus 2:19-22. Gereja dilihat memiliki kemuliaan yang melampaui kemuliaan Bait Allah Yahudi. Argumentasi yang dikemukakan pada bagian ini hingga ayat 10, mungkin menunjukkan secara tidak langsung bahwa berbagai masalah dan tekanan yang saat itu sedang dialami orang-orang percaya merupakan hasil hasutan orang-orang Yahudi, walaupun diterima juga oleh orang-orang bukan Yahudi, sebagaimana sangat sering terjadi pada masa-masa awal sejarah Gereja. Imamat Kudus untuk mempersembahkan persembahan rohani, yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. Pengorbanan Kristus dilihat sebagai membuka jalan ke tempat Yang Maha Kudus bagi semua orang percaya, dan sebagai kurban yang menggantikan kurban-kurban orang Yahudi. Melalui Kristus seorang yang tadinya berdosa sekarang dapat mempersembahkan sebuah kurban yang dapat diterima oleh Allah yang Kudus (bdg. Rm. 12:1, 2).

* 1Ptr 2:6 - Sebab ada tertulis dalam kitab suci
Sebab ada tertulis dalam kitab suci. Petrus kini menyebutkan sumber kutipannya, Yesaya 28:16. Menarik untuk dicatat bahwa yang ditekankan di dalam kitab Yesaya tersebut ialah fungsi dari batu sebagai dasar yang kokoh (bdg. I Kor. 3:11). Tidak diragukan bahwa pemahaman Petrus mengenai gambaran ini mengacu balik kepada cara Tuhan memakainya (Mat. 21:42), dengan mengikuti kata-kata dalam Mazmur 118:22, 23. Petrus sendiri telah menggunakan ayat itu ketika menjawab Sanhedrin, "Inilah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan yaitu kamu sendiri" (Kis. 4:11).

* 1Ptr 2:7-8 - Karena itu bagi kamu yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya ... suatu batu sandungan // yang percaya // yang tidak percaya // Untuk itu mereka juga telah disediakan
Karena itu bagi kamu yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya ... suatu batu sandungan. Bentuk kata benda Bari kata "berharga" dipakai di sini; secara harfiah artinya sebuah kehormatan, sesuatu yang sangat dihargai. Melalui ungkapan ini Kristus secara sederhana diperkenalkan sebagai Juruselamat dan Hakim. Kemurahan yang ditolak berubah menjadi hukuman. Hal ini merupakan doktrin Kristus (Mat. 21:44; Yoh. 12:48). Di dalam nas ini yang percaya dikontraskan dengan yang tidak percaya atau yang tidak taat. Jadi iman ditampilkan sebagai ketaatan atau kesediaan yang pokok. Untuk itu mereka juga telah disediakan. Berlandaskan pada pengetahuan Allah tentang apa yang akan terjadi. maksud ilahi yang sama. yang memilih para pembaca surat Petrus sebagai anak-anak-Nya sendiri, sayang sekali telah menetapkan mereka yang tidak taat untuk menanggung akibat yang timbul dari sikap mereka tersebut.

* 1Ptr 2:9-10 - Tetapi kamulah bangsa yang terpilih // umat kepunyaan Allah sendiri // bukan umat Allah - // telah menjadi umat-Nya
Tetapi kamulah bangsa yang terpilih. Pernyataan ini secara kuat mengingatkan kita akan ajaran Kristus sendiri. Acuan-Nya kepada batu penjuru yang ditolak berhubungan dengan perumpamaan-Nya tentang pekerja-pekerja kebun anggur yang telah membunuh putra dari pemilik kebun anggur itu. Pada saat yang bersamaan dan seiring dengan acuan-Nya tentang batu penjuru yang ditolak, Yesus mengatakan kepada para pemimpin Yahudi, "Kerajaan Allah akan diambil daripadamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu" (Mat. 21:43). Petrus kini menulis kepada "bangsa" ini, yang kesetiaan dan kelayakan mereka langsung menandai mereka sebagai anak-anak Sang Raja dan mencerminkan penghargaan kepada Dia yang telah memanggil mereka keluar dari kegelapan kepada terang-Nya. Kata-kata yang diterjemahkan menjadi umat kepunyaan Allah sendiri secara harfiah artinya umat yang mendatangkan keuntungan (Yunani, peripoiesis). Kadang-kadang kata ini menunjuk kepada perolehan sesuatu yang sangat diinginkan (Kis. 20:28; I Tim. 3:13). Kadang-kadang kata ini berarti perlindungan atau keselamatan. Dalam Ibrani 10:39 kata ini diterjemahkan dengan "beroleh hidup" yang dibedakan dengan "binasa." Inilah suatu nasihat pembangkit semangat yang luar biasa. Surat ini ditulis kepada orang-orang yang sangat dihargai, orang-orang yang harus diselamatkan, orang-orang yang layak untuk dimiliki. Petrus mengakhiri doktrin ini dengan mengutip kata-kata Hosea (1:6, 9: 2:23). Sebelumnya mereka itu bukan umat Allah - mungkin karena mereka keturunan bukan Yahudi - tetapi sekarang mereka telah menjadi umat-Nya.

* Diselamatkan untuk memberkati.
Tujuan orang Kristen diselamatkan ada dua. Pertama, agar kita bisa menjadi "alat di tangan" Tuhan untuk membangun gereja-Nya. Kedua, agar Tuhan dapat menggunakan kita untuk menjadi berkat bagi dunia ini. Kedua tugas ini berjalan bersama-sama di dalam diri setiap anak Tuhan.

Petrus menggunakan dua ilustrasi untuk menggambarkan kedua tugas kristiani tersebut. Pertama, ilustrasi batu hidup menunjuk kepada tugas pembangunan tubuh Kristus yaitu Gereja sebagai tugas kristiani pertama (ayat 5). Sebagaimana Kristus sudah menjadi batu penjuru bagi bangunan "rumah rohani" demikian juga, setiap anak Tuhan harus menjadi "batu hidup" untuk pembangunannya. Dengan demikian, Kristus adalah dasar persekutuan anak-anak Tuhan yang menjadi pengikat mereka menjadi satu. Persekutuan anak-anak Tuhan ini disebut juga imamat yang rajani. Istilah imamat yang rajani menunjuk kepada fungsi imam atau "jembatan" antara manusia dan Tuhan. Hal ini berarti setiap anak Tuhan adalah imam bagi sesamanya dan alat bagi orang yang belum percaya untuk mengenal Tuhan Yesus. Kedua, ilustrasi bangsa yang kudus untuk mengungkapkan tugas kristiani kedua (ayat 9). Istilah bangsa yang kudus diambil dari Perjanjian Lama dan menunjuk kepada Israel yang dipilih Tuhan untuk menjadi bangsa yang dikhususkan (Kel. 19:6). Tujuannya adalah supaya Israel menjadi teladan sebuah bangsa yang hidup seturut dengan firman Tuhan, dan sekaligus menjadi saluran berkat bagi bangsa lain untuk mengenal Tuhan yang sejati. Umat Tuhan pada masa kini bagaikan bangsa Israel rohani yang dikhususkan Tuhan untuk memberkati dunia ini.

Kita dipanggil untuk menjadi saksi hidup kudus dalam bentuk persekutuan imamat yang rajani (tugas pertama), dan untuk membawa setiap orang yang belum percaya bertemu dengan Tuhan Yesus dan memperoleh keselamatan (tugas kedua).

Yang kulakukan: Aku akan hidup kudus supaya dapat menjadi teladan di keluarga, pekerjaan, dan lingkunganku. Aku siap membawa mereka dan memperkenalkan Kristus kepada mereka.

MINGGU PASKAH V
SGDK RABU, 27 APRIL 2016
IDENTITAS DAN PERANAN BARU
1 Petrus 2:4-10

l. PENGANTAR
Tidakjarang, memiliki identitas dan peranan yang baru dapat
membingungkan seseorang karena ada "lom patan" dan perubah-
an total kebiasaan dan gaya hidup. Penulis Petrus menyadari
hal itu dapat terjadi dalam diri orang-orang percaya yang berada
di dalam perantauan mereka dan hidup di tengah masyarakat
dan penguasa yang menolak mereka. Dalam identitas dan
peranan yang baru sebab pengikut Kristus ada hal-hal yang perlu
mereka ikuti dan lakukan. Penulis Petrus mengingatkan bahwa
sebagai orang percaya, mereka adalah batu-batu hidup yang
dipakai Allah untuk membangun suatu rumah rohani. Sebagai
batu hidup umat juga turut serta berpartisipasi aktif dalam
pekerjaan pelayanan di rumah rohani tersebut. Selanjutnya ke-
pada umatjuga disampaikan bahwa mereka adalah bangsa yang
terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, kepunyaan Allah,
yang beroleh belas kasihan Allah, yang dipanggil keluar dari ke-
gelapan masuk ke dalam terang-Nya yang ajaib dan ditugaskan
untuk menyampaikan perbuatan-perbuatan besar Allah agar
terang-Nya dipancarkan ke seluruh dunia.

ll. PENJELASAN NAS
Ayat 4-6:
Penulis Petrus dalam perikop ini memberikan penggambaran
mengenai kehidupan orang percaya yang masuk dalam rancang-
an dan pekerjaan pembangunan suatu rumah rohani di mana
Kristus adalah batu penjurunya. Sebagai batu-batu hidup yang
dibawa dan dibangun di atas batu penjuru, umat diingatkan untuk
siap sedia dan memberi diri untuk terlibat dalam proses pem-
bangunan rumah rohani tersebut. Dibutuhkan kesediaan ber-
korban dalam rangka mengikis segala ke-aku-an dan sepenuhnya
mengikuti apa yang menjadi kehendak Allah dalam pembangunan
itu. Allah menghendaki bagi setiap orang percaya yang dibangun
di atas batu penjuru, yakni sebagai batu hidup, juga berperan
aktif dalam pekerjaan Allah dengan memberikan diri dipakai Allah
sebagai persembahan yang hidup dan berkenan kepada-Nya.

Ayat 7-8
Mahal atau sangat berharganya Kristus memiliki makna ke-
hormatan, keagungan. Dalam hal ini gambaran itu melekat pada
identitas yang melekat pada Kristus, ia adalah Juruselamat sekaIi-
gus Hakim. Keberadaan orang-orang percaya sebagai batu hidup
hanya dimungkinkan karena keberadaan sang batu penjuru yakni
Kristus memberikan kehidupan baru bagi setiap mereka yang
percaya. Namun bagi mereka yang. menolak-Nya maka batu
penjuru itu menjadi sandungan.

Ayat 9-10
Penulis Petrus menyampaikan bahwa orang-orang percaya
masuk dalam rumpun bangsa yang terpilih, yang menerima dan
mengalami panggilan keselamatan Allah dan mereka yang tetap
setia kepada-Nya dalam iman sehingga mereka menerima
kelayakan untuk disebut bangsa pilihan dan umat kepunyaan
Allah sendiri. Status ini bisa dimaknai sebagai keuntungan sebab
telah memperoleh sesuatu yang paling diinginkan yakni
keselamatan. Seiring dengan itu peranan yang baru sebagai umat
pilihan Allah adalah hidup yang berbeda dengan kegelapan dunia
dan diutus untuk menerangi dunia dengan memberitakan
perbuatan-perbuatan besar Allah dalam kesaksian hidup yang
nyata sehari-hari termasuk dalam ketangguhan umat dalam
menghadapi berbagai-bagai tantangan iman.

Ill. DISKUSI
1. Tantangan iman perlu disadari dan diterima sebagai
konsekuensi dan bagian dari perjalanan hidup sebagai orang
percaya. Apa-apa saja bentuk tantangan iman orang percaya
itu dalam konteks kekinian?
2. Allah begitu mengasihi kita sebagai umat-Nya. Nam un
mengapa Allah mengijinkan tantangan-tantangan tersebut kita
alami'?
3. Bagaimana identitas dan peranan kita sebagai orang percaya
di tengah-tengah dunia dapat kita nyatakan dan wujudkan
termasuk tatkala tantangan itu sedang datang melanda hidup
kita?


MINGGU PASKAH V
SBU RABU, 27 APRIL 2016
KJ. 365a:1 -Berdoa
MENJAD| BATU HIDUP
1 Petrus 2:4-8
Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohanl,
bagi suatu imamat kudus, untuk mempersambahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus
berkenan kepada Allah (ay.5)

Tujuan Kristus menganugerahkan keselamatan bagi setiap orang percaya adalah agar hidup umat-Nya dipakai untuk tujuan dan kehendak-Nya. Dengan demikian kehidupan umat-Nya memiliki tujuan yang jelas yakni memuliakan nama Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama. Orang yang menghayati penyelamatan Kristus dalam hidupnya akan memberikan dirinya untuk dipakai oleh Kristus seluasnya. Nam un sungguh mengherankan jika ada orang Kristen yang egois dan memaknai keselamatan dalam
Kristus secara eksklusif.

Menjadi orang percaya pada Kristus berarti memberi diri menjadi batu hidup yang dipergunakan oleh Allah untuk dipakai dalam membangun rumah rohani atau menjadi bait Allah masa kini. Dengan kata lain bersedia untuk ditata dan dibangun atas dasar batu penjuru yakni Kristus yang memberi kehidupan kekal. Kemudian peranan orang percaya tidak hanya sampai menjadi batu hidup dalam pembangunan bait-Nya tetapi sekaligus juga menjadi pelayan yang melayani di dalam rumah rohani yang Allah bangun. Hal yang dilakukan adalah semata-mata pelayanan kepada Allah dan kasih kepada sesama sebagai bentuk persembahan yang berkenan kepada A||ah.Bagi setiap mereka yang sedia, tidak akan pernah dipermalukan.

Memberi diri menjadi batu hidup dalam pembangunan rumah rohani bagi kemuliaan Allah sejatinya adalah panggilan setiap kita sebagai orang percaya. Untuk itu dibutuhkan kesediaan penyangkalan diri dan _membuang ke-aku-an. Tidak jarang batu-batu itu perlu dipotong, disesuaikan dengan maksud pembangunan. Dengan demikian mereka yang sedia menjadi batu hidup siap memberikan hidup mereka untuk dibentukdan dipakai dalam rumah rohani tadi seluas-luasnya bagi kemuliaan Allah. Bagi dunia, hal tersebut adalah suatu kerendahan yang tidak prestisius dan terlihat memalukan. Tapi di dalam Kristus, justru di situlah terletak kemuliaan orang percaya.

KJ. 365a: 2
Doa : (Bapa kami mau memberikan diri kami sebagai batu hldup untuk pembangunan rumah rohani bagi kemuliaan nama-Mu dan menjadi berkat bagi ' banyak orang)

MINGGU PASKAH V
SBU RABU, 27 APRIL 2016
RENUNGAN MALAM
KJ.39:1-Berdoa
IDENTITAS DAN PERANAN BARU
1Petrus 2:9-10
Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan besar dari Dia (ay.9a)

Memiliki identitas baru, misalnya menjadi warga jemaat baru di suatu jemaat, maka akan ada peranan baru yang harus dijalankan yang bisa berbeda dari jemaat sebelumnya. Menjadi suami atau istri tentu memiliki peranan yang berbeda tatkala masih sebagai bujangan. Dulunya sering keluyuran sesuka hati, sekarang harus ingat ada pasangan di rumah sedang menanti.

Menjadi mahasiswa tentunya berbeda dengan menjadi siswa. Menjadi mahasiswa porsi belajar mandiri dan partisipasi aktif lebih besar daripada siswa. lntinya, memiliki identitas baru maka akan ada peranan baru yang diberikan. ldentitas baru diberikan kepada orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus. Bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, umat kepunyaan Allah sendiri, yang beroleh belas kasihan, dan mendapatkan terang ilahi, itulah identitas baru yang dimiliki. ldentitas tersebut menggambarkan suatu keistimewaan yang diberikan oleh Allah. Diterangi dan dibasuh bersih dari kegelapan.

Umat menjadi milik Allah dan mendapatkan rahmat pengasihanNya. Disayangi, dipelihara Allah dan bahkan diangkat menjadi bangsa imamat dan rajani. Dalam identitas yang baru tersebut, umat juga memiliki peranan yang baru. Memberitakan perbuatan-perbuatan besar Allah, berarti menjadi saksi hidup, surat terbuka atas apa yang Allah telah perbuat dan lakukan dalam kehidupan umat. Agar dunia merasakan dan mengalami perbuatan besar Allah melalui kehidupan dan kesaksian umat.
A Kematian dan kebangkitan Kristus yang kita imani,-membawa kita pada identitas dan peranan yang baru. Maka hidup kita tidak lagi sama seperli sebelum mengenal dan menerima sang Juruselamat. Seluruh laku hidup kita sekarang sepatutnya mencerminkan dan membuktikan bahwa Allah telah melakukan perbuatan-perbuatan besar terhadap kita. Kita diutus ke dalam dunia untuk memberitakannya. Keluarga, masyarakat dan dunia sedang menantikan peranan nyata kita.

KJ.39:2
Doa :(Puji syukur kepada-Mu Tuhan yang telah menganugerahkan kami identitas danperanan baru di dalam Kristus. Ajarkan dan mampukan kami untuk hidup didalamnya)

Label:   1 Petrus 2:4-10 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 28 APRIL 2016 - PERANTAU BERKILAU BUKAN PENGACAU - 1 Petrus 2:13-17 - MINGGU PASKAH V

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU PASKAH V SELASA, 26 APRIL 2016 - HATI BERSIH JIWA BERSERI 1 Petrus 2:1-3 - MINGGU PASKAH V

Garis Besar 1 Petrus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 24 Agustus - 2 Tawarikh 14-16


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,   renungan mazmur 2:1-12,   renungan mazmur 2:1-12,   sabda bina umat agustus 2019,   khotbah daniel 4:19-27,   khotbah daniel 4:19-27,   download mp3 instrumen piano lagu rohani kristen,   lukas 6:27-36,   tata ibadah minggu gbi,   tata ibadah minggu gbi,   lagu penutup ibadah,   bila topan kras melanda hidupmu bahasa batak,   LAGU ROHANI,   download musik Kristen m3,   maksud Injil Lukas 13:22-30,   Berjuang untuk masuk melalui pintu yang sesak, renungan katolik,   download lagu rohani terbaru 2019,   khotbah tentang filemon,   Download lagu rohani kristen kedukaan,   lhotbah kis rasil 6 1 7 gpib,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,tema Kemenangan Yang Hanya Dari-Nya(Ratapan 1:1-6)?,   chord gitar lagu jadikan aku terangmu,   sabda bina umat gpib 2019,   tata ibadah 2019 uem,   khotbah imamay 25:39-43,   lagu lagu ibadah liturgi pentakosta,   download lagu paduan suara gereja,   tafsiran luk 21:24b,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   Download lagu rohani-Yesus pokok kitalah carangnya,   Roma 13 ayat 1~7 khotbah hkbp,   jamita 3 musa 25 39-43,   mars pkb gpib,   jamita 3 musa 25 39-43,   tata ibadah gbi,   Download renungan 1 Tawarikh 16:10,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   donwload lagu koor GBI,   yesus sayang padaku mandarin,   hati yang hancur chord,   ibadah nyanyian renungan roma 13:1-17,   doa persembahan syukur kristen protestan,   khotbah dari lukas 10 : 13,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   hatorangan sermon gkpi lukas 6:27-36,   lirik kppk 215,   khotbah lukad 7:27-36,   lagu persembahan,   lagu persembahan,   hatorangan lukkas 6;27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   renungan amos 5:7-13,   Mazmur 37 : 30 - 40,   lagu pembukaan ibadah wa,   khotbah roma 13 : 1 - 7,   Download lagu rohani terbaru 2019,   kmm 4,   kmm 4,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Lagu pengakuam dosa,   lagu rohani kristen terbaru 2018 mp3 free download,   Lagu lagu NKPI,   pencipta lagu may the mind of christ my saviour,   Arti khotbah imamat :5:39-43,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   Khotbah roma 15:1-13,   khotbah mazmur 51:1-21,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,   kisah rasul 16:19-40,   lagu penyembahan yang menyentuh hati,   kisah rasul 16:19-40,   isi renungan mazmur 78 ,   GITA BAKTI 85 OH TUHAN,   bahan khotbah kisah rasul 16:19-40,   renungan ku bersyukur atas indonesiaku,   renungan ku bersyukur atas indonesiaku,   Bacaan persembahan ?,   Tugas suku Lewi menurut 1 Tawarikh 6:31-53,   penyertaan Tuhan: keluaran 1:1-22,   santapan harian 1 raja raja 19,   santapan harian 1 raja raja 19,   lagu rohani kemerdekaan,   khotbah 1 raja raja 19 1-18,   Buatlah 2 buah lagu tentang pembukaan ibadah dan lagu ketika mendengarkan khotbah?,   khotbah amsal 8:12 - 21,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   renungan kristen dari mazmur 109:21-31,   Ringkas khotbah 3 musa 25:39-43,   makna nas mazmur 40 : 7 - 11,   download lagu why god austin french,   download lagu why god austin french,   lagu pemberkatan nikah di gereja,   saat teduh pagi tentang kisah rasul 27:1-13,   khotbah 1 raja 4 29 34,   sgdk,   lagu ,   Rngn yak 1:2-8,   song praise gms,   1 Tawarikh 6 : 31-53,   kotbah imamat 25:39-43,   kidung jemaat tata ibadah,   kotbah imamat 25:39-43,   Tafsiran yosua 14:13-25,   Tafsiran yosua 14:13-25,   lukas 13 22-30,   betapa dalamnya gms,   kotbah imamat 25:39-43,   Mars PKB GPIB,   lagu kidung jemaat sebelum pembacaan firman,   Jamita partangiangan 3 Musa 25 : 39 - 43,   Jamita partangiangan 3 Musa 25 : 39 - 43,   renungan roma 13:1-7,   kidung jemaat no berapa mengasihi musu,   renungan amsal 4:24,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   khotbah kotbah Imamat 25:39-43,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   khotbah kotbah Imamat 25:39-43,   bacaan alkitab tentang persembahan,   renungan roma 13:1-7,   renungan roma 13:1-7,   lagu gereja,   khotbah roma 11:33-36,   tujuan im 25:39-43,   chord kj 260,   daniel 1:1-17,   lagu rohani persembahan,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   tafsiran ulangan 6:1-10,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   Khotbah dari Ibrani 12:1-17,   PKJ 244 NOT DAN LAGU,   lagu kidung ceria no 215,   kidung ceria no 215,   kidung ceria no 215,   lagu penyembahan Italia,   pencipta lagu rohani may the mind of christ my saviour,   lagu untuk persembahan,   lagu ,   imamat 25 39-43,   penjelasan tentang 1 tawarikh 6:48-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Ringkas khotbah,3 musa 25:39-41,   Ringkas khotbah,3 musa 25:39-41,