Save Page
Keluaran 12:31-42
Konteks
12:31 Lalu pada malam itu dipanggilnyalah Musa dan Harun, katanya: "Bangunlah, keluarlah dari tengah-tengah bangsaku, baik kamu maupun orang Israel; pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, seperti katamu itu. 12:32 Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan pohonkanlah juga berkat bagiku." 12:33 Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: "Nanti kami mati semuanya." 12:34 Lalu bangsa itu mengangkat adonannya, sebelum diragi, dengan tempat adonan mereka terbungkus dalam kainnya di atas bahunya. 12:35 Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain. 12:36 Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu. 12:37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak. 12:38 Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi. 12:39 Adonan yang dibawa mereka dari Mesir dibakarlah menjadi roti bundar yang tidak beragi, sebab adonan itu tidak diragi, karena mereka diusir dari Mesir dan tidak dapat berlambat-lambat, dan mereka tidak pula menyediakan bekal baginya. 12:40 Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. 12:41 Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir. 12:42 Malam itulah malam berjaga-jaga bagi TUHAN, untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Dan itulah juga malam berjaga-jaga bagi semua orang Israel, turun-temurun, untuk kemuliaan TUHAN.


Penjelasan:
*  Dipanggilnyalah Musa dan Harun // Berkat bagiku
Dipanggilnyalah Musa dan Harun. Di dalam ketakutan dan kesedihan Firaun melupakan ancamannya sendiri (10:28). 32. Penyerahannya bersifat menyeluruh. Berkat bagiku. Pada saat mereka berangkat Firaun meminta agar Musa memohon berkat bagi dirinya dan rakyatnya.

* Kel 12:34 - Sebelum diragi // Tempat adonan
Sebelum diragi. Kejadian ini memberikan kepada kita alasan sejarah dari Perayaan Roti Tidak Beragi yang secara rohani bermakna penting tersebut. Tempat adonan. Mangkok-mangkok kayu yang tidak terlalu cembung. Dalam hal ini setiap keluarga membawa mangkoknya sendiri yang diikat di dalam simla, yaitu jubah luar lebar yang sering dipakai sebagai kantong untuk membawa sesuatu (bdg. Rut 3:15).

* Kel 12:36 - Memenuhi permintaan mereka
Memenuhi permintaan mereka. Kata Ibrani yang dipakai di sini artinya "membiarkan mereka untuk memiliki."

* Kel 12:37-42
Kepergian Israel (12:37-42).
Jalan yang dilalui oleh bangsa Israel ketika keluar dari Mesir masih diperdebatkan, tetapi sebagian besar pakar setuju dengan beberapa identifikasi yang dibuat berkaitan dengan ayat-ayat berikut. Setelah mengumpulkan bangsa itu di Sukot, Musa dan Harun kemudian memimpin bangsa itu melewati rintangan rawa, danau dan laut yang kini dikenal dengan Terusan Suez. Jalan selanjutnya ditentukan oleh kenyataan bahwa Allah ingin memberikan satu pukulan terakhir terhadap keangkuhan dan keperkasaan Mesir.

* Kel 12:37 - Sukot // Enam ratus ribu // ribu
Sukot. Sukot telah diidentifikasi sebagai Tel-el-Maskutah, yang terletak sepuluh mil di sebelah timur Pitom. Ini berarti bahwa sesudah meninggalkan Firaun di Raamses, Musa menuju ke selatan ke pusat dari Gosyen untuk mengumpulkan bangsa Israel. Enam ratus ribu. Bagaimana cara menghitung orang-orang yang ikut dalam peristiwa eksodus tersebut telah sejak lama merupakan persoalan. Telah dikemukakan, misalnya, bahwa jumlah enam ratus ribu orang laki-laki pastilah jauh lebih banyak daripada pasukan kecil Firaun. Persoalannya bukan apakah Allah dapat menambahkan tujuh puluh orang pada zaman Yakub menjadi lebih dari dua juta orang, tetapi apakah Allah melakukannya. Sebuah pemecahan ialah bahwa kata Ibrani elep, yang diterjemahkan menjadi ribu dapat juga diterjemahkan menjadi suku atau keluarga sebagaimana terjadi di bagian yang lain (mis., Hak. 6:15). Di dalam hal itu jumlah orang Israel seluruhnya mungkin lima puluh atau enam puluh ribu jiwa. Paling tidak satu hal bisa kita yakini: Allah membebaskan sejumlah besar orang dari Mesir, memelihara mereka secara ajaib selama empat puluh tahun di padang gurun, dan akhirnya menuntun mereka memasuki Negeri yang Dijanjikan. Bahwa kita tidak dapat mengetahui jumlah yang tepat dari orang yang ditolong itu tidaklah mempengaruhi kenyataan bahwa peristiwa itu merupakan mukjizat.

* Kel 12:38 - Berbagai-bagai bangsa
Berbagai-bagai bangsa. Orang-orang Mesir dan mungkin bangsa lain yang telah menikahi orang Ibrani ikut melepaskan diri dari perbudakan atau berhasil diyakinkan bahwa akan lebih menguntungkan kalau berada pada pihak dewa yang sehebat Yehovah.

* Kel 12:40 - Empat ratus tiga puluh tahun
Empat ratus tiga puluh tahun. Kejadian 15:13 dan Kisah Para Rasul 7:6 memberikan angka pembulatannya, empat ratus. Karena kita tidak mengetahui tanggal sesungguhnya dari masuknya Israel ke Mesir, maka kita hanya bisa menduga tanggal kepergian mereka, tetapi sebuah tanggal sekitar 1300 sM (lih. Pendahuluan) tampaknya paling masuk akal. Beberapa orang berkesimpulan bahwa tanggal tersebut adalah sekitar tahun 1440 sM berdasarkan I Raja-raja 6:1.

* Kel 12:41 - Pada hari itu juga
Pada hari itu juga. Bandingkan 12:17. Ini merupakan Hari itu bagi Israel sepanjang generasi demi generasi yang akan datang, sampai tiba Hari yang lebih hebat atau Keselamatan yang lebih besar.

* Kel 12:42 - Malam itulah malam berjaga-jaga bagi Tuhan
Malam itulah malam berjaga-jaga bagi Tuhan. Telah dikemukakan berbagai terjemahan bagi frasa ini: malam pertolongan Tuhan untuk membawa mereka keluar (KD); malam berjaga jaga bagi Yehovah untuk membawa mereka keluar (Cambridge Bible); malam yang sama ini merupakan malam berjaga jaga yang tetap dilaksanakan bagi Tuhan oleh seluruh angkatan bangsa Israel (Revised Standard Version). Mungkin kedua gagasan yang dinyatakan dalam beberapa terjemahan tersebut memang adalah yang dimaksudkan secara tidak langsung: malam ketika mana Yehovah berjaga-jaga atas umat-Nya harus menjadi malam berjaga-jaga bagi seluruh angkatan bangsa Israel sebagai peringatan.

* Hari pembebasan
Dapatkah Anda membayangkan suasana seperti apa yang terjadi saat umat Israel berbondong-bondong berangkat meninggalkan Mesir menuju tempat pembebasan mereka? Tentu suasana hiruk pikuk dan gegap gempita serta tergopoh-gopoh, bercampur aduk. Sebagian mungkin masih terheran-heran, seakan-akan hal itu merupakan mimpi yang sulit dicerna akal sehat. Namun orang lain dengan sigap mendorong untuk bergegas sehingga setiap waktu dimanfaatkan dengan efisien. Tidak ada waktu untuk beramah-tamah dengan tetangga mereka, orang-orang Mesir.

Pertama, orang Israel didesak oleh Firaun dan rakyat Mesir agar segera meninggalkan Mesir. Orang Mesir tidak ingin tulah kematian menghantam lebih banyak orang dalam keluarga mereka. Agar orang Israel cepat pergi, dengan murah hati setiap keluarga Mesir memberikan emas, perak, dan berbagai bekal lainnya kepada orang-orang Israel sesuai permintaan mereka (ayat 35). Kedua, segala persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya (ayat 11) menjadi nyata kegunaannya. Tinggal ditambahkan dengan membungkus adonan roti yang belum sempat diragikan sebagai bekal makanan di perjalanan. Ini menunjukkan bagaimana Tuhan sendiri telah mempersiapkan mereka dengan tepat sebelumnya. Penulis kitab Keluaran mencatat secara teliti dan tepat waktu mereka keluar dari Mesir, yaitu 430 tahun setelah mereka dan nenek moyang mereka tinggal di Mesir. Pentarikhan ini penting karena menjadi tonggak sejarah bagi umat Tuhan agar mengingat bahwa Tuhan sudah menggenapkan janji yang Dia sampaikan melalui nenek moyang mereka, Abraham (Kej. 15:13-16). Bagian akhir perikop ini ditutup dengan perintah untuk terus mengingat peristiwa bersejarah itu dengan merayakannya.

Mari rayakan karya Allah dalam hidup kita saat Dia menebus kita dengan darah Kristus. Kiranya setiap kali kita mengingat kebaikan-Nya, hati kita semakin terdorong untuk membagikan berita Injil ini kepada orang lain yang masih hidup dalam belenggu dosa.


SGDK
MINGGU PASKAH II
SGDK RABU, 8 APRIL 2016
EKSODUS
Keluaran 12:31-42

PENGANTAR
Berpijak dari perkataan Tuhan kepada Abram (kemudian nama-
nya menjadi: Abraham) tentang keturunannya yang akan hidup
di negeri asing yang bukan kepunyaan mereka; dan di sana me-
reka akan diperbudak dan ditindas selama 400 tahun, namun
keturunan keempat akan kembali ke tanah yang diberikan Allah
kepada Abraham yaitu Kanaan (Kej. 15:13-16); janji-Nya ini
benar-benar terjadi. Melalui Yakub yakni anak-anaknya berjumlah
66 orang yang mengungsi ke Mesir karena kelaparan, ditambah
4 orang yakni Yusuf dan keluarganya, kini menjadi 70 orang men-
jadi cikal Iahirnya umat Allah yakni Israel. Demikianlah nama
keturunan Yakub, berdasarkan nama pengganti namanya: Israel
(artinya pahlawan Allah) yang diberikan Allah kepadanya
(Kej.32:28;35:10). Namun sehubungan dengan status mereka
sebagai budak di Mesir, keturunan Yakub ini disebut sebagai
orang lbrani.

Keturunan Abraham berkembang di Mesir dan berstatus se-
bagai budak. Penindasan demi penindasan mereka alami. Dalam
penderitaan tersebut mereka mengangkat seruan kepada Tuhan.
Tuhan pun menjawabjeritan mereka (Kel 3:7). Karena itu sesuai
dengan waktu yang sudah ditentukan-Nya, la melepaskan mereka
dari Mesir melalui kepemimpinan Musa sebagai generasi
keempat dari keturunan Yakub (bnd. Kej. 5: 16; Kel. 3:8-10).
Proses keluarnya bangsa Israel dari Mesir itulah yang di-
kisahkan dalam kltab Keluaran ini. Dalam Septuaginta (Alkitab
perjanjian Lama yang terjemahkan kedalam bahasa Yunani oleh
70 orang tua-tua) nama kitab Keluaran secara harafiah berarti :
"keluar" atau "jalan keluar". Nama ini diberikan untuk menegaskan
bagaimana Allah memilih Musa dalam rangka memimpin orang
lbrani keluar dari perbudakan di Mesir. Setelah Allah menunjukkan
kuasa-Nya kepada orang Mesir dan Firaun melalui tulah-tulah
yang berakhir pada tulah kesepuluh yakni matinya semua anak
sulung di Mesir balk manusia, termasuk anak sulung Firaun, dan
anak sulung binatang sehingga terdengarlah seruan dukacita yang
hebat di seluruh Mesir (Ke|.12:29,30); akhimya Firaun dan seluruh
orang Mesir merelakan orang lbrani keluar dari Mesir.

PEMAHAMAN TEKS
Peristiwa keluarnya orang lbrani secara besar-besaran
disebut Eksodus inilah yang diungkapkan dalam teks bacaan
|n|.

- Ay. 31-33, Firaun pada malam dukacita yang hebat melanda
Mesir yakni tanggal 15 bulan Abib/Nissan memanggil Musa
dan Yakub lalu menyuruh mereka dan semua orang lbrani
keluar dari Mesir untuk beribadah kepada Tuhan seperti
permintaan Musa kepada Firaun (bnd. 5:1 ). Orang Mesirjuga
menyuruh mereka untuk pergi sebab takut musibah lebih besar
akan menimpa mereka.

- Ay. 34-41, Malam itu juga orang Israel mengangkat adonan
sebelum diragi. Menunjukkan bahwa mereka terburu-terburu
keluar sehingga para perempuan tidak ada waktu membuat
adonan sampal mengembang. Saat mereka hendak keluar,
oleh kuasa Allah orang Mesir bermurah hati kepada orang
Israel sehingga memenuhi permintaan orang Israel yakni
memberikan perak, emas dan kain-kain seperti yang pernah
Tuhan janjikan kepada orang Israel sebagai bekal di perjalanan
(Kel.3:21-22). Mereka keluar dari Sukot suatu daerah
perbekalan orang Mesir. Jumlah orang Israel yang eksodus
adalah enam ratus ribu orang laki-laki tidak termasuk anak-
anak. Juga bersama mereka ada dari berbagai bangsa lain
keluar dari Mesir. Lamanya orang Israel diam di Mesir sekitar
430 tahun.

REFLEKSI
Setiap umat Tuhan adalah orang pilihan Allah yang telah
ditentukan-Nya sejak semula. Karena Allah yang memilih umat-
Nya, bukan umat yang memilih Allah (bnd. Yoh. 15:16), maka
konsekuensi logisnya adalah umat harus menerima kenyataan
bahwa Allah yang menentukan kehidupannya. Dalam penentuan
itu, umat akan dijadikan Allah sebagai bentara-Nya untuk me-
ngerjakan pekerjaan-pekerjaan-Nya di dunia.

Sehubungan dengan pemahaman ini maka setiap umat Tuhan
harus menyadari bahwa apapun warna kehidupan yang sedang
dialami, dijumpainya hal itu tidak pernah lepas dari kendali dan
pemeliharaan Allah. Allah turut bekerja baginya (bnd. Rm. 8:28).
Sekalipun pada saat tertentu perjalanan hidupnya berada dalam
lembah kekelaman mungkin dalam waktu yang lama seperti
orang Israel hidup di Mesir dalam penderitaan dalam waktu yang
panjang; atau mungkin ia harus keluar dari lembah kekelaman
yang satu masuk dalam lembah kekelaman yang lain, seseorang
tidak perlu kuatir dan takut sebab Pemelihara hidup tetap bersama
dan menjaganya. Itulah sebabnya Paulus berkata: "Jika Allah di
pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?" (Rm 8:31b).
Dalam kesadaran itu seseorang _harus meyakini bahwa suatu
saat, sesuai dengan waktu Tuhan seperti yang dialami orang
Israel di Mesir, ia akan eksodus (keluar) dari setiap tantangan
yang dihadapinya. Orang pilihan Tuhan akan keluar menjadi pe-
menang dalam setiap bentuk kehidupan yang dihadapkan
kepadanya karena Sang Pemilik otoritas atas kehidupan dan
kematian ada bersamanya. Dalam kesadaran ini kita dapat
memahami perkataan Yohanes Calvin bahwa: "Gereja adalah
panggung untuk memuliakan Allah." Artinya, gereja baik sebagai
pribadi, keluarga atau satu persekutuan harus menunjukkan pola
hidup yang selalu memuliakan Allah apapun kenyataan hidup
dialaminya.

PERTANYAAN
1. Bagaimana saudara memaknai keberadaan saudara
sebagai orang pilihan Allah?
2. Bagaimana anda memahami setiap bentuk pergumulan
hidup yang diperhadapkan kepada saudara ataupun
kepada orang lain?
3. Bagaimana cara saudara keluar dari setiap bentuk
pergumulan hidup?


MINGGU PASKAH II
SBU JUMAT, 8 APRIL 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.49:1 -Berdoa
DIINGAT DAN DILAKUKAN

Keluaran 13:8-10
Hal itu bagimu harus menjadi tanda pada tanganmu dan menjadi peringatan dl dahimu,
supaya hukum TUHAN ada di bibirmu! (ay.9)

Umumnya, memiliki barang-barang berharga seperti emas merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Aktualisasi diri yang di dalamnya secara tidak langsung seseorang menginginkan pengakuan dari orang lain bahwa ia memiliki sesuatu yang berharga. Karena itu barang berharga seperti emas selalu ditempatkan pada posisi yang menonjol pada tubuh seseorang, entah di kepala atau di tangan, agar dilihat orang lain bak mercusuar. Bagi kebanyakan orang Yahudi sampai saat ini, bentuk aktualisasi diri mereka adalah menaruh bagian firman Tuhan dalam kantung-kantung kulit yang kecil disebut Filakteria.
Filakteria diikatkan pada lengan dan dahi mereka. Bahkan juga bagian firman Allah di taruh dalam kotak kecil Ialu di tempelkan di tiang pintu rumah, disebut Mezuza.

Makna filosofi mengikatkan kantung-kantung kecil pada dahi dan lengan adalah menunjukkan bahwa firman Tuhan itu harus terus menerus diingat (arti : diikat di dahi) karena itu mereka harus menghafalkannya; dan dilakukan (diikat di tangan). Jadi perintah-perintah Tuhan itu bukan hanya sekedar diingat tetapi dilakukan. Hal inilah menjadi ketetapan tentang perayaan Roti Tidak Beragi. Ketetapan ini harus menjadi tanda di tangan dan menjadi peringatan di dahi mereka.Ar1inya, bangsa Israel tetap mengingat dan melakukan perayaan Roti Tidak Beragi dari tahun ke tahun. Agar generasi-generasi berikutnya juga tetap mengingat dan melakukan perayaan ini supaya firman Tuhan menjadi buah bibir yang terus menerus dibicarakan.

Bagi anak Tuhan bentuk aktualisasi diri bukan memiliki sebanyak-banyak barang berharga Ialu dipamerkan ke manamana. Hal itu akan menghantar seseorang ke ngarai kesombongan. Bentuk aktualisasi diri yang benar adalah selalu mengingat kasih setia Tuhan, mempercakapkan firman Tuhan dan melakukan setiap kehendak-Nya. Sehingga baik pikiran maupun tindakan selalu berada dalam bingkai firman Tuhan.

KJ.49 : 4 '
Doa : (Bapa, mampukan kami mengingat dan melakukan setiap kehendak-Mu)


MINGGU PASKAH II
JUMAT, 8 APRIL 2016
RENUNGAN MALAM
KJ.289:1,2 -Berdoa
PERSEMBAHKAN BUAH SULUNG

Keluaran 13:11-13
Apabila engkau telah dibawa TUHAN ke negeri orang Kanaan.... maka haruslah engkau memparsembahkan bagi TUHAN segala yang lahir terdahulu dari kandungan; (ay.11,12)

Di pedesaan masih terlihat kebiasaan jemaat untuk membawa ke gereja hasil pertama dari panen padi atau buah-buahan,sebagai bentuk pengakuan atas kebaikan Tuhan yang memberikan panen itu kepada mereka melalui tanah. Hal ini terus menerus dilakukan setiap tahunnya. Pelaksanaannya bukan dengan paksaan dan akal-akalan, melainkan penuh dengan kerelaan dan dalam kesukacitaan yang meluap-luap atas berkat Tuhan yang telah diterima. Karena itu yang dipersembahkan adalah yang terbaik, seperti Habel mempersembahkan yang terbaik dari hasil panennya kepada Tuhan.

Orang Israel diingatkan Tuhan, jika mereka sampai ke tanah perjanjian, suatu tanah yang berlimpah susu dan madunya, mereka harus mempersem bahkan kepada Tuhan segala sesuatu yang pertama (sulung) mereka dapatkan (lahir) di tanah Kanaan. Baik anak sulung manusia, maupun binatang. ltulah yang disebut buah sulung.

Persembahan sebagai bentuk syukur itu pertama-tama : didasarkan atas kasih setia Tuhan yang sudah menetapkan mereka menjadi umat pilihan-Nya, dengan meluputkan mereka dari maut melalui peristiwa matinya anak sulung di Mesir; Kedua, Allah telah menuntun mereka melewati lembah kekelaman di padang gurun; Ketiga, mereka akan menikmati hasil tanah yang berlimpah susu dan madunya di Kanaan. Hasil tanah itu adalah pemberian Allah. Sebabltanah adalah milik Allah. Dengan demikian Tuhan berhak menerima hasil pertama yaitu anak sulung, baik pada manusia maupun atas binatang.

Orang Kristen tidak menguduskan anak sulung, baik manusia maupun binatang, dengan cara-cara yang sama seperti orang Israel pada zaman kuno. Tetapi prinsip asasi masih tetap dan penting. Manusia bukan pemilik tanah yang mutlak. Karena itu manusia : Pertama, harus menggunakannya hasil tanah secara bertanggungjawab; Kedua, harus bersyukur kepada Allah atas hasil tanah itu. Mari berikan yang terbaik bagi Allah dari setiap berkat yang kita dapatkan melalui hasil kerja dan usaha.

KJ. 289 : 4,9
Doa : (Bapa, mampukan kami memberikan yang terbaik bagi-Mu)


Label:   Keluaran 12:31-42 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 9 APRIL 2016 - TUHAN BESERTA Keluaran 13:17-22 - MINGGU PASKAH II

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 7 APRIL 2016 - BAK KACANG LUPA KULITNYA - Keluaran 13:1-7 - MINGGU PASKAH II

Garis Besar Keluaran





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Mei - Kidung Agung 1,2

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Hari ini, 23 Mei - Kidung Agung 1,2
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   khotbah ibadah keluarga 2017,   lagu persembahan,   mazmur 102:2-3+13-23,   bahan jamita pslmen: 102:2-3, 13-23,   how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   khotbah mazmur 84 ayat 13,   koor jika jiwaku berdoa,   kppk 337,   Kotbah kisah rasul 1:1-13,   khotbah katolik surat yakobus 1 : 2-7,   terima berkat ibadah kolom bulan,   tata ibadah 19 mei 2019 gpib kasih karunia medan,   doa persembahan syukur,   download lagu kasih yesus mengalir d hati,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   download lagu kasih yesus mengalir d hati,   kasih yesus indah dalam hidupku chord,   daniel 3 : 21-29,   daniel 3 : 21-29,   khotbah kristen gpib,   lagu gereja,   asibasaon minggu26 mei 2019,   lagu lagu persembahan beserta liriknya,   KHOTBAH 1 PETRUS 1:3-12,   download lagu rohani pentakosta,   mazmur 118 mp3,   lagu pengantar doa syafaat,   renungan mazmur 80:1-20,   jamita lukas 11:1-13,   lagu pengantar doa syafaat,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah psalmen 102:2-3, 13-23,   ayat alkitab tentang persembahan kristen,   Kisah Para Rasul 15:22-29,   khotbah kristen gpib,   lagu pujilah sang pencipta maha mulia Gita bakti,   lirik Gita bakti pujilah sang pencipta,   lagu pujilah sang pencipta maha mulia Gita bakti,   khotbah kejadian 5:21-24,   khotbah kejadian 5:21-24,   lagu pujian pengucapan syukur,   khotbah kristen gpib,   renungan efesus 2:11-22,   lirik banyak perbuatan ,   kotbah daniel 3:21-29,   khotbah kristen gpib,   kumpulan khotbah tentang maleaki 3:18,   list lagu rohani GMS,   kumpulan khotbah tentang maleaki 3:18,   lagu persembahan,   kata kata berkat selesai ibadah,   terimalah berkat tuhan tuhan menghadapkan wajahnya,   GMS lagu mp3 free download,   lagu gms terbaru 2017,   sungguh alangkah baiknya kidung jemaat,   gms lagu,   michelle alatas mp3 rohani,   michelle alatas mp3 rohani,   lagu gms worship,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   kj 473a,   satu didalam roh hu chord,   chord lagu gerejawi terpopuler,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   minggu 26 mei 2019 almanak hkbp,   tafsiran markus 3:13-18,   lagu untuk hari minggu 26 mei 2019 hkbp,   lagu penutup ibadah,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   https://www.bing.com/search?q=materi renungan khotbah amsal 17 : 21,   doa persembahan singkat,   download MP3 full lagu rohani Kristen versi ibrani,   ende hkbp thl 26 mei 2019,   renungan imamat 25 1 13,   ende hkbp thl 26 mei 2019,   mazmur 102:,13-23,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   not angka lagu anak sekolah minggu,   jamita psalmen 102: 2-3, 13-23,   mazmur 102 2-3,   lagu pentakosta lama dowloand,   lagu persrmbahan kristen,   download lagu rohani pentakosta,   cerita sekolah minggu yohanes 21:20-23,   renungan ayub 5:8-16,   download lagu kj pkj nkb,   homili injil Yohanes 15 : 18 - 21,   homili injil Yohanes 15 : 18 - 21,   lagu ucapan syukur,   Ppk 13 pujilah allah,   ilustrasi mazmur 102,   Yohanes 12 44,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah psalmen 102: 2-3 ; 13-23,   lirik lagu rohani senja membayang,   khotbah ibadah keluarga 2017,   mada bsakti 236,   Lagu Rohani Gms terbaru,   when isee the blood donald lawrence,   kerinduanku datang padamu,   when isee the blood donald lawrence,   lirik lagu KITA MENABURKAN BIJI KEBENARAN,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   khotbah 1 raja raja 19:1-18,   khotbah pengkhotbah 8:9-17,   khotbah masmur 145:14-21,   download boanerges album,   keluaran 3:1-14,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   instrumen gita bakti 394,   when isee the blood donald lawrence,    download gita bakti 394,    download gita bakti 394,    download gita bakti 394,   gita bakti 394,   tafsiran markus 5:25-34,   gita bakti 394,   khotbah yohanes 21 1-14,   khotbah yohanes 21 1-14,   khotbah amsal 1:2-7,   lagu persembahan di remaga,   membangun jemaat gereja toraja tahun 2019 tanggal 19 mei 2019,   lagu persembahan,   lagu rohani instrumental,   buku agenda GPIB 2019,   buku agenda GPIB 2019,   when isee the blood donald lawrence,   dumaisi hutabarat rohani mp3,   berkat menjadi laknat,   lagu rohani kristiani protestan,   lagu rohani kristiani protestan,   ilustrasi mazmur 102,   lagu safaat,   lagu rohani kristiani protestan,   khotbah ezra 6 13 - 18,   lagu rohani kristiani protestan,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   chord bapa ku datan,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   contoh kotbah minggu 26 mei 2019,   pkj 289,   ezra 6:13-18,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   jamita partangiangan hkbp pesalmen 102:2-3,13-23,   lagu rohani menyentuh hati,   ronhkasan khotbah mazmur102:2-3,13-23,   chord bapa ku datan,   lirik lagu rohani pengampunan,   chord bapa ku datan,   lagu rohani penyesalan,   lagu rohani penyesalan,   Renungan sgdk gpib 21 mei 2019,   lagu rohani penyesalan,   lagu rohani penyesalan,   chord bapa ku datan,   khotbah mazmur 102 2 3 13 23,   michelle alatas mp3 rohani,   nast pengantar persembahan,   nast pengantar persembahan,   nast pengantar persembahan,   Lagu lagu sekolah minggu GPDI,   ilustrasi jamita psalmen 102: 2-3,13-23,   Lagu sekolah GPDI,