Dilihat: 2900 x

Save Page
Keluaran 12:31-42
Konteks
12:31 Lalu pada malam itu dipanggilnyalah Musa dan Harun, katanya: "Bangunlah, keluarlah dari tengah-tengah bangsaku, baik kamu maupun orang Israel; pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, seperti katamu itu. 12:32 Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan pohonkanlah juga berkat bagiku." 12:33 Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: "Nanti kami mati semuanya." 12:34 Lalu bangsa itu mengangkat adonannya, sebelum diragi, dengan tempat adonan mereka terbungkus dalam kainnya di atas bahunya. 12:35 Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain. 12:36 Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu. 12:37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak. 12:38 Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi. 12:39 Adonan yang dibawa mereka dari Mesir dibakarlah menjadi roti bundar yang tidak beragi, sebab adonan itu tidak diragi, karena mereka diusir dari Mesir dan tidak dapat berlambat-lambat, dan mereka tidak pula menyediakan bekal baginya. 12:40 Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. 12:41 Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir. 12:42 Malam itulah malam berjaga-jaga bagi TUHAN, untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Dan itulah juga malam berjaga-jaga bagi semua orang Israel, turun-temurun, untuk kemuliaan TUHAN.


Penjelasan:
*  Dipanggilnyalah Musa dan Harun // Berkat bagiku
Dipanggilnyalah Musa dan Harun. Di dalam ketakutan dan kesedihan Firaun melupakan ancamannya sendiri (10:28). 32. Penyerahannya bersifat menyeluruh. Berkat bagiku. Pada saat mereka berangkat Firaun meminta agar Musa memohon berkat bagi dirinya dan rakyatnya.

* Kel 12:34 - Sebelum diragi // Tempat adonan
Sebelum diragi. Kejadian ini memberikan kepada kita alasan sejarah dari Perayaan Roti Tidak Beragi yang secara rohani bermakna penting tersebut. Tempat adonan. Mangkok-mangkok kayu yang tidak terlalu cembung. Dalam hal ini setiap keluarga membawa mangkoknya sendiri yang diikat di dalam simla, yaitu jubah luar lebar yang sering dipakai sebagai kantong untuk membawa sesuatu (bdg. Rut 3:15).

* Kel 12:36 - Memenuhi permintaan mereka
Memenuhi permintaan mereka. Kata Ibrani yang dipakai di sini artinya "membiarkan mereka untuk memiliki."

* Kel 12:37-42
Kepergian Israel (12:37-42).
Jalan yang dilalui oleh bangsa Israel ketika keluar dari Mesir masih diperdebatkan, tetapi sebagian besar pakar setuju dengan beberapa identifikasi yang dibuat berkaitan dengan ayat-ayat berikut. Setelah mengumpulkan bangsa itu di Sukot, Musa dan Harun kemudian memimpin bangsa itu melewati rintangan rawa, danau dan laut yang kini dikenal dengan Terusan Suez. Jalan selanjutnya ditentukan oleh kenyataan bahwa Allah ingin memberikan satu pukulan terakhir terhadap keangkuhan dan keperkasaan Mesir.

* Kel 12:37 - Sukot // Enam ratus ribu // ribu
Sukot. Sukot telah diidentifikasi sebagai Tel-el-Maskutah, yang terletak sepuluh mil di sebelah timur Pitom. Ini berarti bahwa sesudah meninggalkan Firaun di Raamses, Musa menuju ke selatan ke pusat dari Gosyen untuk mengumpulkan bangsa Israel. Enam ratus ribu. Bagaimana cara menghitung orang-orang yang ikut dalam peristiwa eksodus tersebut telah sejak lama merupakan persoalan. Telah dikemukakan, misalnya, bahwa jumlah enam ratus ribu orang laki-laki pastilah jauh lebih banyak daripada pasukan kecil Firaun. Persoalannya bukan apakah Allah dapat menambahkan tujuh puluh orang pada zaman Yakub menjadi lebih dari dua juta orang, tetapi apakah Allah melakukannya. Sebuah pemecahan ialah bahwa kata Ibrani elep, yang diterjemahkan menjadi ribu dapat juga diterjemahkan menjadi suku atau keluarga sebagaimana terjadi di bagian yang lain (mis., Hak. 6:15). Di dalam hal itu jumlah orang Israel seluruhnya mungkin lima puluh atau enam puluh ribu jiwa. Paling tidak satu hal bisa kita yakini: Allah membebaskan sejumlah besar orang dari Mesir, memelihara mereka secara ajaib selama empat puluh tahun di padang gurun, dan akhirnya menuntun mereka memasuki Negeri yang Dijanjikan. Bahwa kita tidak dapat mengetahui jumlah yang tepat dari orang yang ditolong itu tidaklah mempengaruhi kenyataan bahwa peristiwa itu merupakan mukjizat.

* Kel 12:38 - Berbagai-bagai bangsa
Berbagai-bagai bangsa. Orang-orang Mesir dan mungkin bangsa lain yang telah menikahi orang Ibrani ikut melepaskan diri dari perbudakan atau berhasil diyakinkan bahwa akan lebih menguntungkan kalau berada pada pihak dewa yang sehebat Yehovah.

* Kel 12:40 - Empat ratus tiga puluh tahun
Empat ratus tiga puluh tahun. Kejadian 15:13 dan Kisah Para Rasul 7:6 memberikan angka pembulatannya, empat ratus. Karena kita tidak mengetahui tanggal sesungguhnya dari masuknya Israel ke Mesir, maka kita hanya bisa menduga tanggal kepergian mereka, tetapi sebuah tanggal sekitar 1300 sM (lih. Pendahuluan) tampaknya paling masuk akal. Beberapa orang berkesimpulan bahwa tanggal tersebut adalah sekitar tahun 1440 sM berdasarkan I Raja-raja 6:1.

* Kel 12:41 - Pada hari itu juga
Pada hari itu juga. Bandingkan 12:17. Ini merupakan Hari itu bagi Israel sepanjang generasi demi generasi yang akan datang, sampai tiba Hari yang lebih hebat atau Keselamatan yang lebih besar.

* Kel 12:42 - Malam itulah malam berjaga-jaga bagi Tuhan
Malam itulah malam berjaga-jaga bagi Tuhan. Telah dikemukakan berbagai terjemahan bagi frasa ini: malam pertolongan Tuhan untuk membawa mereka keluar (KD); malam berjaga jaga bagi Yehovah untuk membawa mereka keluar (Cambridge Bible); malam yang sama ini merupakan malam berjaga jaga yang tetap dilaksanakan bagi Tuhan oleh seluruh angkatan bangsa Israel (Revised Standard Version). Mungkin kedua gagasan yang dinyatakan dalam beberapa terjemahan tersebut memang adalah yang dimaksudkan secara tidak langsung: malam ketika mana Yehovah berjaga-jaga atas umat-Nya harus menjadi malam berjaga-jaga bagi seluruh angkatan bangsa Israel sebagai peringatan.

* Hari pembebasan
Dapatkah Anda membayangkan suasana seperti apa yang terjadi saat umat Israel berbondong-bondong berangkat meninggalkan Mesir menuju tempat pembebasan mereka? Tentu suasana hiruk pikuk dan gegap gempita serta tergopoh-gopoh, bercampur aduk. Sebagian mungkin masih terheran-heran, seakan-akan hal itu merupakan mimpi yang sulit dicerna akal sehat. Namun orang lain dengan sigap mendorong untuk bergegas sehingga setiap waktu dimanfaatkan dengan efisien. Tidak ada waktu untuk beramah-tamah dengan tetangga mereka, orang-orang Mesir.

Pertama, orang Israel didesak oleh Firaun dan rakyat Mesir agar segera meninggalkan Mesir. Orang Mesir tidak ingin tulah kematian menghantam lebih banyak orang dalam keluarga mereka. Agar orang Israel cepat pergi, dengan murah hati setiap keluarga Mesir memberikan emas, perak, dan berbagai bekal lainnya kepada orang-orang Israel sesuai permintaan mereka (ayat 35). Kedua, segala persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya (ayat 11) menjadi nyata kegunaannya. Tinggal ditambahkan dengan membungkus adonan roti yang belum sempat diragikan sebagai bekal makanan di perjalanan. Ini menunjukkan bagaimana Tuhan sendiri telah mempersiapkan mereka dengan tepat sebelumnya. Penulis kitab Keluaran mencatat secara teliti dan tepat waktu mereka keluar dari Mesir, yaitu 430 tahun setelah mereka dan nenek moyang mereka tinggal di Mesir. Pentarikhan ini penting karena menjadi tonggak sejarah bagi umat Tuhan agar mengingat bahwa Tuhan sudah menggenapkan janji yang Dia sampaikan melalui nenek moyang mereka, Abraham (Kej. 15:13-16). Bagian akhir perikop ini ditutup dengan perintah untuk terus mengingat peristiwa bersejarah itu dengan merayakannya.

Mari rayakan karya Allah dalam hidup kita saat Dia menebus kita dengan darah Kristus. Kiranya setiap kali kita mengingat kebaikan-Nya, hati kita semakin terdorong untuk membagikan berita Injil ini kepada orang lain yang masih hidup dalam belenggu dosa.


SGDK
MINGGU PASKAH II
SGDK RABU, 8 APRIL 2016
EKSODUS
Keluaran 12:31-42

PENGANTAR
Berpijak dari perkataan Tuhan kepada Abram (kemudian nama-
nya menjadi: Abraham) tentang keturunannya yang akan hidup
di negeri asing yang bukan kepunyaan mereka; dan di sana me-
reka akan diperbudak dan ditindas selama 400 tahun, namun
keturunan keempat akan kembali ke tanah yang diberikan Allah
kepada Abraham yaitu Kanaan (Kej. 15:13-16); janji-Nya ini
benar-benar terjadi. Melalui Yakub yakni anak-anaknya berjumlah
66 orang yang mengungsi ke Mesir karena kelaparan, ditambah
4 orang yakni Yusuf dan keluarganya, kini menjadi 70 orang men-
jadi cikal Iahirnya umat Allah yakni Israel. Demikianlah nama
keturunan Yakub, berdasarkan nama pengganti namanya: Israel
(artinya pahlawan Allah) yang diberikan Allah kepadanya
(Kej.32:28;35:10). Namun sehubungan dengan status mereka
sebagai budak di Mesir, keturunan Yakub ini disebut sebagai
orang lbrani.

Keturunan Abraham berkembang di Mesir dan berstatus se-
bagai budak. Penindasan demi penindasan mereka alami. Dalam
penderitaan tersebut mereka mengangkat seruan kepada Tuhan.
Tuhan pun menjawabjeritan mereka (Kel 3:7). Karena itu sesuai
dengan waktu yang sudah ditentukan-Nya, la melepaskan mereka
dari Mesir melalui kepemimpinan Musa sebagai generasi
keempat dari keturunan Yakub (bnd. Kej. 5: 16; Kel. 3:8-10).
Proses keluarnya bangsa Israel dari Mesir itulah yang di-
kisahkan dalam kltab Keluaran ini. Dalam Septuaginta (Alkitab
perjanjian Lama yang terjemahkan kedalam bahasa Yunani oleh
70 orang tua-tua) nama kitab Keluaran secara harafiah berarti :
"keluar" atau "jalan keluar". Nama ini diberikan untuk menegaskan
bagaimana Allah memilih Musa dalam rangka memimpin orang
lbrani keluar dari perbudakan di Mesir. Setelah Allah menunjukkan
kuasa-Nya kepada orang Mesir dan Firaun melalui tulah-tulah
yang berakhir pada tulah kesepuluh yakni matinya semua anak
sulung di Mesir balk manusia, termasuk anak sulung Firaun, dan
anak sulung binatang sehingga terdengarlah seruan dukacita yang
hebat di seluruh Mesir (Ke|.12:29,30); akhimya Firaun dan seluruh
orang Mesir merelakan orang lbrani keluar dari Mesir.

PEMAHAMAN TEKS
Peristiwa keluarnya orang lbrani secara besar-besaran
disebut Eksodus inilah yang diungkapkan dalam teks bacaan
|n|.

- Ay. 31-33, Firaun pada malam dukacita yang hebat melanda
Mesir yakni tanggal 15 bulan Abib/Nissan memanggil Musa
dan Yakub lalu menyuruh mereka dan semua orang lbrani
keluar dari Mesir untuk beribadah kepada Tuhan seperti
permintaan Musa kepada Firaun (bnd. 5:1 ). Orang Mesirjuga
menyuruh mereka untuk pergi sebab takut musibah lebih besar
akan menimpa mereka.

- Ay. 34-41, Malam itu juga orang Israel mengangkat adonan
sebelum diragi. Menunjukkan bahwa mereka terburu-terburu
keluar sehingga para perempuan tidak ada waktu membuat
adonan sampal mengembang. Saat mereka hendak keluar,
oleh kuasa Allah orang Mesir bermurah hati kepada orang
Israel sehingga memenuhi permintaan orang Israel yakni
memberikan perak, emas dan kain-kain seperti yang pernah
Tuhan janjikan kepada orang Israel sebagai bekal di perjalanan
(Kel.3:21-22). Mereka keluar dari Sukot suatu daerah
perbekalan orang Mesir. Jumlah orang Israel yang eksodus
adalah enam ratus ribu orang laki-laki tidak termasuk anak-
anak. Juga bersama mereka ada dari berbagai bangsa lain
keluar dari Mesir. Lamanya orang Israel diam di Mesir sekitar
430 tahun.

REFLEKSI
Setiap umat Tuhan adalah orang pilihan Allah yang telah
ditentukan-Nya sejak semula. Karena Allah yang memilih umat-
Nya, bukan umat yang memilih Allah (bnd. Yoh. 15:16), maka
konsekuensi logisnya adalah umat harus menerima kenyataan
bahwa Allah yang menentukan kehidupannya. Dalam penentuan
itu, umat akan dijadikan Allah sebagai bentara-Nya untuk me-
ngerjakan pekerjaan-pekerjaan-Nya di dunia.

Sehubungan dengan pemahaman ini maka setiap umat Tuhan
harus menyadari bahwa apapun warna kehidupan yang sedang
dialami, dijumpainya hal itu tidak pernah lepas dari kendali dan
pemeliharaan Allah. Allah turut bekerja baginya (bnd. Rm. 8:28).
Sekalipun pada saat tertentu perjalanan hidupnya berada dalam
lembah kekelaman mungkin dalam waktu yang lama seperti
orang Israel hidup di Mesir dalam penderitaan dalam waktu yang
panjang; atau mungkin ia harus keluar dari lembah kekelaman
yang satu masuk dalam lembah kekelaman yang lain, seseorang
tidak perlu kuatir dan takut sebab Pemelihara hidup tetap bersama
dan menjaganya. Itulah sebabnya Paulus berkata: "Jika Allah di
pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?" (Rm 8:31b).
Dalam kesadaran itu seseorang _harus meyakini bahwa suatu
saat, sesuai dengan waktu Tuhan seperti yang dialami orang
Israel di Mesir, ia akan eksodus (keluar) dari setiap tantangan
yang dihadapinya. Orang pilihan Tuhan akan keluar menjadi pe-
menang dalam setiap bentuk kehidupan yang dihadapkan
kepadanya karena Sang Pemilik otoritas atas kehidupan dan
kematian ada bersamanya. Dalam kesadaran ini kita dapat
memahami perkataan Yohanes Calvin bahwa: "Gereja adalah
panggung untuk memuliakan Allah." Artinya, gereja baik sebagai
pribadi, keluarga atau satu persekutuan harus menunjukkan pola
hidup yang selalu memuliakan Allah apapun kenyataan hidup
dialaminya.

PERTANYAAN
1. Bagaimana saudara memaknai keberadaan saudara
sebagai orang pilihan Allah?
2. Bagaimana anda memahami setiap bentuk pergumulan
hidup yang diperhadapkan kepada saudara ataupun
kepada orang lain?
3. Bagaimana cara saudara keluar dari setiap bentuk
pergumulan hidup?


MINGGU PASKAH II
SBU JUMAT, 8 APRIL 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.49:1 -Berdoa
DIINGAT DAN DILAKUKAN

Keluaran 13:8-10
Hal itu bagimu harus menjadi tanda pada tanganmu dan menjadi peringatan dl dahimu,
supaya hukum TUHAN ada di bibirmu! (ay.9)

Umumnya, memiliki barang-barang berharga seperti emas merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Aktualisasi diri yang di dalamnya secara tidak langsung seseorang menginginkan pengakuan dari orang lain bahwa ia memiliki sesuatu yang berharga. Karena itu barang berharga seperti emas selalu ditempatkan pada posisi yang menonjol pada tubuh seseorang, entah di kepala atau di tangan, agar dilihat orang lain bak mercusuar. Bagi kebanyakan orang Yahudi sampai saat ini, bentuk aktualisasi diri mereka adalah menaruh bagian firman Tuhan dalam kantung-kantung kulit yang kecil disebut Filakteria.
Filakteria diikatkan pada lengan dan dahi mereka. Bahkan juga bagian firman Allah di taruh dalam kotak kecil Ialu di tempelkan di tiang pintu rumah, disebut Mezuza.

Makna filosofi mengikatkan kantung-kantung kecil pada dahi dan lengan adalah menunjukkan bahwa firman Tuhan itu harus terus menerus diingat (arti : diikat di dahi) karena itu mereka harus menghafalkannya; dan dilakukan (diikat di tangan). Jadi perintah-perintah Tuhan itu bukan hanya sekedar diingat tetapi dilakukan. Hal inilah menjadi ketetapan tentang perayaan Roti Tidak Beragi. Ketetapan ini harus menjadi tanda di tangan dan menjadi peringatan di dahi mereka.Ar1inya, bangsa Israel tetap mengingat dan melakukan perayaan Roti Tidak Beragi dari tahun ke tahun. Agar generasi-generasi berikutnya juga tetap mengingat dan melakukan perayaan ini supaya firman Tuhan menjadi buah bibir yang terus menerus dibicarakan.

Bagi anak Tuhan bentuk aktualisasi diri bukan memiliki sebanyak-banyak barang berharga Ialu dipamerkan ke manamana. Hal itu akan menghantar seseorang ke ngarai kesombongan. Bentuk aktualisasi diri yang benar adalah selalu mengingat kasih setia Tuhan, mempercakapkan firman Tuhan dan melakukan setiap kehendak-Nya. Sehingga baik pikiran maupun tindakan selalu berada dalam bingkai firman Tuhan.

KJ.49 : 4 '
Doa : (Bapa, mampukan kami mengingat dan melakukan setiap kehendak-Mu)


MINGGU PASKAH II
JUMAT, 8 APRIL 2016
RENUNGAN MALAM
KJ.289:1,2 -Berdoa
PERSEMBAHKAN BUAH SULUNG

Keluaran 13:11-13
Apabila engkau telah dibawa TUHAN ke negeri orang Kanaan.... maka haruslah engkau memparsembahkan bagi TUHAN segala yang lahir terdahulu dari kandungan; (ay.11,12)

Di pedesaan masih terlihat kebiasaan jemaat untuk membawa ke gereja hasil pertama dari panen padi atau buah-buahan,sebagai bentuk pengakuan atas kebaikan Tuhan yang memberikan panen itu kepada mereka melalui tanah. Hal ini terus menerus dilakukan setiap tahunnya. Pelaksanaannya bukan dengan paksaan dan akal-akalan, melainkan penuh dengan kerelaan dan dalam kesukacitaan yang meluap-luap atas berkat Tuhan yang telah diterima. Karena itu yang dipersembahkan adalah yang terbaik, seperti Habel mempersembahkan yang terbaik dari hasil panennya kepada Tuhan.

Orang Israel diingatkan Tuhan, jika mereka sampai ke tanah perjanjian, suatu tanah yang berlimpah susu dan madunya, mereka harus mempersem bahkan kepada Tuhan segala sesuatu yang pertama (sulung) mereka dapatkan (lahir) di tanah Kanaan. Baik anak sulung manusia, maupun binatang. ltulah yang disebut buah sulung.

Persembahan sebagai bentuk syukur itu pertama-tama : didasarkan atas kasih setia Tuhan yang sudah menetapkan mereka menjadi umat pilihan-Nya, dengan meluputkan mereka dari maut melalui peristiwa matinya anak sulung di Mesir; Kedua, Allah telah menuntun mereka melewati lembah kekelaman di padang gurun; Ketiga, mereka akan menikmati hasil tanah yang berlimpah susu dan madunya di Kanaan. Hasil tanah itu adalah pemberian Allah. Sebabltanah adalah milik Allah. Dengan demikian Tuhan berhak menerima hasil pertama yaitu anak sulung, baik pada manusia maupun atas binatang.

Orang Kristen tidak menguduskan anak sulung, baik manusia maupun binatang, dengan cara-cara yang sama seperti orang Israel pada zaman kuno. Tetapi prinsip asasi masih tetap dan penting. Manusia bukan pemilik tanah yang mutlak. Karena itu manusia : Pertama, harus menggunakannya hasil tanah secara bertanggungjawab; Kedua, harus bersyukur kepada Allah atas hasil tanah itu. Mari berikan yang terbaik bagi Allah dari setiap berkat yang kita dapatkan melalui hasil kerja dan usaha.

KJ. 289 : 4,9
Doa : (Bapa, mampukan kami memberikan yang terbaik bagi-Mu)


Label:   Keluaran 12:31-42 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 9 APRIL 2016 - TUHAN BESERTA Keluaran 13:17-22 - MINGGU PASKAH II

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 7 APRIL 2016 - BAK KACANG LUPA KULITNYA - Keluaran 13:1-7 - MINGGU PASKAH II

Garis Besar Keluaran





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Agustus - Mazmur 82; 2 Tawarikh 20; Mazmur 83


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 25 Agustus 2019
Made A Way - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
While I'm Waiting - Travis Greene feat. Chandler Moore

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing But The Blood - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Without Your Love - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Worship Rise - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Won't Let Go - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
We Labor Unto Glory - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
Little Things With Great Love - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
The Earth Shall Know - The Porter`s Gate feat. Urban Doxology, Casey J & Leslie Jordan

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing to Fear - The Porter`s Gate feat. Audrey Assad

Minggu, 25 Agustus 2019
Establish the Work of Our Hands (feat. Aaron Keyes & Urban Doxology) - The Porter`s Gate

Sabtu, 24 Agustus 2019
More Than I Can Bear - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
I Smile - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
Better - Pat Barrett

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   dari sinai beralih kesion,   maksud dari lukas 8 17,   renungan Roma 2 ayat 1 sampai 16,   lagu batak full album mp3,   lirik lagu rohani pembuka ibadah,   Tata Ibadah HUT Lansia GKI,   liturgi ulang tahun lansia,   Tata Ibadah Hari Ulang Tahun Orang Lanjut Usia (Kristen),   tata ibadah lansia gmim,   matius 6:5-15,   lagu satriaksih,   liturgi ibadah lansia,   Tata Ibadah HUT Lansia (Kristen),   lagu rohani kristen mp3 free download,   khotbah 1 tawarikh 6 : 31-54,   download lagu GMS,   great is thy faithfilness kpri,   kotbah kristen nehemia 13 : 25-31 kotbah Penta kosta,    sermon dari ayat matius 19 ayat 1-12,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   Lagu babtisan,   khotbah mazmur 147:1-6,   khotbah mazmur 147:1-6,   Kotbah bulan Agustus 2019,   renungan ibadah keluarga kejadian 3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   sabda bina umat agustus 2019,   download instrumen piano lagu agama aku berserah,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   Lirik tasbiih al rab,   kumpulan lagu rohani gpdi,   khotbah mazmur 147:1-6,    3 Musa 25:39-43 apa artinya,   buku pujian methodist,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   lagu rohani mazmur,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   tatacara ibadah gky,   lagu pengakuan dlsa,   lagu greja,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun hotbah ulang tahun,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   Lagu2 rohani indonesia timur,   khotbah kejadian 3,   maranatha tuhan datanglah lirik,   hotbah roma 13:1-7,   tafsiran 1 tawarikh 6:31-53,   ayat untuk persembahan,   AYAT ALKITAB TENTANG MEMBERI PERSEMBAHAN,   karismatik katolik lagu mp3,   doa persembahan kolekte,   3musa 25:39-43 batak toba,   3musa 25:39-43,   lagu batak gereja hkbp,   3 musa 25:39,   hotbah roma 13:1-7,   3 musa 25:39-43 batak,   tata ibadah gpib 25 agustus 2019,   kotbah dari imamat 25:39-43,   kj hkbp no 119,   www.renungan lukas 13 22 30,   renungan 1 tawarikh 6,   khotbah 1 tawarikh 6:31-53,   sabda bina umat agustus 2019,   sabda bina umat agustus 2019,   buku pujian methodist,   khotbah dari lukas 6:27-36,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,