Save Page
Rabu, 4 MEI 2016
MINGGU PASKAH VI
MALAM MENJELANG KENAIKAN TUHAN YESUS KE SORGA
Kolose 1:15-23
Keutamaan Kristus
1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. 1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. 1:18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. 1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, 1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. 1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, 1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya. 1:23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.


Penjelasan:

* Kol 1:15-17 - Gambar Allah // di dalam Dia - // untuk Dia
Gambar Allah menunjukkan lambang Kristus - Adam (bdg. Kej. 1:27; Mzm. 8; Ibr. 2:5-18), di mana Kristus dipandang sebagai manusia sejati yang memenuhi rancangan Allah dalam penciptaan. Dengan demikian menjadi serupa dengan Kristus adalah tujuan semua orang Kristen (bdg. Rm. 8:28; I Kor. 11:7; 15:49; II Kor. 3:18; 4:4; Kol. 3:10). Sekalipun demikian, Putra Ilahi itu adalah pola dasar, yang keluar dari kemuliaan Allah dan bukan, seperti manusia lainnya. hanya gambarnya saja (Ibr. 1:3). Karena manusia "merupakan gambar Khaliknya, maka Putra Allah dapat menjelma menjadi manusia dan di dalam keadaan-Nya sebagai manusia menunjukkan kemuliaan dari Allah yang tidak kelihatan" (Bruce dalam The Epistle to the Ephesians and the Colossians oleh E. K. Simpson dan F. F. Bruce).
Yang sulung (prototokos) oleh penganut Arianisme ditafsirkan sebagai berarti "yang pertama dari jenisnya," maksudnya, Kristus merupakan makhluk pertama. Kata ini memang bisa diartikan demikian (bdg. Rm. 8:29): tetapi penafsiran semacam ini tidak sesuai dengan tema Paulus yang di sini menekankan keutamaan dan keunggulan Mesias (bdg. Mzm. 89:27): Kristus adalah "yang terutama" sebab di dalam Dia - wilayah kekuasaan-Nya atau mungkin melalui perantaraan diri-Nya - tatanan ciptaan ini menjadi ada (bdg. Yoh. 1:3; Ibr. 1:2) dan tatanan tersebut ada untuk Dia. Kekuatan apa pun yang ada di dunia ini tidak memiliki kuasa apa-apa atas seorang Kristen: di dalam Kristus orang Kristen memiliki segala hal (bdg. Rm. 8:38, Ef. 1:10).

* Kol 1:18 - kepala, tubuh, sulung, // kepala // tubuh // jemaat
Istilah-istilah kepala, tubuh, sulung, menunjukkan keutamaan Kristus dalam ciptaan baru yang berawal pada saat kebangkitan-Nya (I Kor. 15:22; Why. 1:5; 3:14). Sekalipun kepala sebagai tempat pengendalian tubuh bukan merupakan sesuatu yang asing bagi para ahli kesehatan abad I, pengertian Perjanjian Lama tentang "yang terutama" atau "asal-usul" adalah yang dimaksudkan oleh kata tersebut di sini. Sebagai tubuh Kristus (bukan 'tubuh orang Kristen') jemaat (gereja) bukan sekadar sekumpulan orang tertentu tetapi didefinisikan menurut hubungan organiknya dengan Kristus (lihat Pendahuluan).

* Kol 1:19 - kepenuhan // kepenuhan,
Sebagaimana kosmos (alam) ini diciptakan di dalam dan melalui Kristus, demikian juga halnya ciptaan baru. Keduanya menurut pemahaman Paulus, bukan hanya mencakup umat manusia (bdg. Rm. 8:22-23). Sekalipun demikian kepenuhan (pleroma) dari segala sesuatu ada di dalam Kristus. Selama ini ada anggapan bahwa pleroma di sini sama seperti yang digunakan oleh Gnostik yang belakangan, berarti keseluruhan kekuatan kosmik yang menengahi penebusan kepada manusia; semua ini kata Paulus, berbeda dengan pengajaran Gnostik, adalah milik Kristus dan berdiam dalam Kristus. Sekalipun demikian, mengingat pemakaian kata Yunani ini di dalam LXX dan di bagian lain dari tulisan Paulus, pandangan teknis ini tidak mungkin. Penafsiran yang tepat tampak dalam 2:9 di mana kata pleroma hanya bisa berarti kepenuhan segala kuasa dan sifat Allah. Di dalam kitab ini Kristus dipandang sebagai memiliki dan mewakili segenap keberadaan Allah. Selanjutnya, kepenuhan, seperti halnya "gambar" (bdg. 1:15), di bagian lain dipakai untuk menunjuk kepada orang Kristen dalam keadaan terakhir yakni dimuliakan dalam Kristus (Ef. 3:19; 4:12, 13; bdg. Yoh. 17:22, 23).

* Kol 1:20 - darah salib Kristus // segala sesuatu // memperdamaikan
20. Di dalam Efesus 2:14-18 Paulus memandang damai sejahtera yang dihasilkan oleh kurban darah salib Kristus sebagai mencakup dan mempersatukan orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Di sini yang diutamakan adalah umat manusia dan segala sesuatu di alam semesta ini (bdg. Yes. 11:6-9; Rm. 8:19-23). Kenyataan bahwa Allah melalui Kristus akan memperdamaikan alam semesta oleh Origenes (ketika menafsirkan Yoh. 1:35) disamakan dengan penebusan universal. Apakah yang dimaksudkan di sini ialah "diperdamaikan dengan Allah" ataukah (lebih mungkin lagi) "diperdamaikan dalam Kristus," yaitu dipersatukan dengan tujuannya ada dalam Kristus, tidak jelas (bdg. Arndt). Namun pandangan Origenes nyaris tidak sesuai dengan ajaran Paulus (dan juga ajaran Perjanjian Baru secara umum) tentang penghakiman Allah. Jemaat di Kolose diperdamaikan melalui penebusan, tetapi Kolose 2:15 menunjukkan bahwa makhluk-makhluk dan aneka kekuatan jahat lainnya "diperdamaikan" melalui kekalahan dan penghancuran (bdg. I Kor. 15:24-28). Bagi kalangan tertentu salib merupakan "bau kematian yang mematikan" (II Kor. 2:16).

* Kol 1:22-23 - Tubuh jasmani // menempatkan // Kamu harus bertekun // Seluruh alam
Tubuh jasmani dan menempatkan memiliki konotasi pengorbanan (bdg. Rm. 12:1, 2) dan menekankan kesatuan orang percaya dengan Kristus di dalam kematian-Nya. Kamu harus bertekun. Paulus menyapa sidang pendengarnya sebagai orang Kristen namun senantiasa memperhatikan faktor-faktor 'keberadaan' yang mencegah sikap berpuas diri bahkan untuk dirinya sendiri sekalipun (bdg. I Kor. 9:27; II Kor. 13:5). Bagi sang rasul. kepastian harus selalu dalam bentuk waktu sekarang. Dan, sekalipun pilihan Allah tidak pernah membingungkan, hal itu hanya dapat ditegaskan melalui pengakuan (bdg. Rm. 10:9), perilaku (bdg. I Kor. 6:9) dan kesaksian Roh bdg. Rm. 8:9). Seluruh alam (ktisis) mungkin mengacu pada - sebagaimana diakui oleh konteks - jangkauan pemberitaan dalam alam semesta (bdg. II Ptr. 3:9). Jika disini Paulus berbicara tentang kewargaan Romawi, dia mungkin dianggap mengatakan hal yang berlebihan yang tidak dapat dielakkan oleh seorang penginjil "berbakat."



SGDK:
MINGGU PASKAH VI
RABU, 4 MEI 2016
DIPERDAMAIKAN TUHAN
Kolose 1:15-23

PENGANTAR
Maksud surat Paulus yang ditulis sekltar tahun 62 bagi Je-
maat di Kolose ini adalah hendak menjawab pergumulan yang
sedang terjadi di sana. Saat itu jemaat sedang menghadapi ber-
bagai ajaran sesat yang beredar. Kolose merupakan kota kecil,
kota pelabuhan Efesus sehingga sangat memungkinkan ajaran
dan pemahaman masuk bergantian.

Surat ini sangat menekankan keutamaan Yesus Kristus yang
bertujuan agar jemaat tidak dibodohi oleh ajaran-ajaran sesat
tersebut. Menjaga jemaatdari praktek-praktek keagamaan yang
berkembang di Asia Kecil pada saat Paulus hendak meyakinkan
jemaat agar mereka tetap memegang teguh iman percaya ke-
pada Yesus dan memiliki hidup yang berkenan di hadapan Yesus.
Situasi ini disampaikan kepada Paulus saat masih dalam penjara
(kemungkinan besar di Roma) oleh Epafras, seorang pemimpin
gereja di Kolose. Akan tetapi surat ini dibawa oleh seorang ber-
nama "fikhikus ke Kolose (4:7).

PENJELASAN NAS
Ayat 15 - 20
Dengan tegas Paulus menjelaskan dan menggambarkan tentang
keutamaan Yesus Kristus. Setidaknya ada beberapa yang dapat
dipahami di dalamnya tentang Kristus, yaitu: 1. Gambaran Allah
yang tidak kelihatan. 2. Terlibat langsung atau sebagai aktor
dalam proses penciptaan. 3. Yang sulung dari segala ciptaan
(ada sebelum segalanya menjadi ada). 4. Kepala tubuh yang
juga dipahami sebagai Kepala Gereja. 5. Yang pertama bangkit
dari antara orang mati karena merupakan kepenuhan dari Allah
sendiri. 6. Aktor utama pendamaian antara din'-Nya (Allah) dengan
yang di bumi (ymanusia) melalui pengorbanan (darah) di kayu
Salib.

Bagian ini juga gdipandang sebagi himne Kristen perdana yang
merayakan Kristus sebagai pencipta alam semesta, yaitu segala
yang ada di bumi dan di sorga. Dengan menjelaskan keutamaan
Kristus Paulus hendak mengingatkan agar mereka tidak dibo-
dohi oleh para guru palsu yang berusaha mempengaruhi mereka
untuk melakukan ritual-ritual menyembah berhala-berhala.

Ayat 21 - 22
Kedua ayat ini mengingatkan begitu jahatnya keadaan manusia
akibat kehidupan yang jauh dari Tuhan bahkan memusuhi-Nya.
Terlebih perbuatan jahat yang merupakan buah dari pikiran
serupa. Keadaan yang seperti itulah kemudian menjadi penye-
bab rusaknya hubungan antara manusia dengan Tuhan. Akan
tetapi keadaan itu tidak berlangsung selamanya karena kemu-
dian hubungan yang rusak itu diperdamaikan oleh kematian
Kristus. Kematian tersebut memulihkan keadaan manusia di
hadapan Tuhan sehingga kembali kudus, tak bercacat dan tak
bercela.

Ayat 23
Merupakan nasihat untuk memelihara apa yang telah Tuhan
anugerahkan, yaitu perdamaian ilahi. Mereka diminta untuk tetap
teguh dan tekun dalam didalam iman serta menolak setiap
pengaruh yang hendak menggantikan pengharapan kepada lnjil.

PENERAPAN
Berdasarkan laporan dari Epafras, Paulus mendapatkan gam-
baran tentang keadaan jemaat di Kolose yang saat itu terancam
oleh ajaran sesat. Menanggapinya, Paulus mengirimkan surat
yang di dalamnya hendak menegaskan bahwa iman yang se-
lama ini mereka pegang tentang Kristus tidak boleh tergantikan
oleh ajaran apa pun. Keutamaan Yesus di atas segalanya men-
jadi dasar dan yang memungkinkan perdamaian antara Tuhan
dan manusia terjadi. Oleh karena itu jemaat diarahkan agar
mereka tetap memelihara iman di dalam ketekunan dan kete-
guhan agar tetap berkenan di hadapan Tuhan. Ada beberapa hal
yang kita garisbawahi di dalam pembahasan ini, antara lain:

a. Jadikan Yesus selalu yang utama.
Masalah keutamaan Yesus merupakan hal sentral dalam ke-
hidupan iman orang Kristen. ltu sebabnya setiap orang percaya
harus selalu waspada terhadap godaan yang dapat mempenga-
ruhi iman tersebut. Tanpa disadari, bisa saja apa yang ada di
sekitar kita ada sesuatu atau seseorang yang kemudian dapat
menggantikan posisi Yesus sebagai yang utama di hati kita. Hati-
hati, sejak saat itulah kita memiliki berhala. Uang, karir, jabatan,
harta, kekasih hati atau yang Iainnya sangat mungkin dapat
menjadi penggoda bagi kita sehingga tidak mengutamakan Dia.
Jemaat di Kolose dan kita sekalian diperingatkan oleh Paulus
agar tetap mengimani keutamaan Yesus yang melebihi dari apa
pun, dengan demikian kita tidak akan pindah ke lain hati.

b. Perdamaian yang sesungguhnya.
Penyebab utama rusaknya perdamaian antara Tuhan dan
manusia adalah dosa karena ketidakpatuhan. Dosa itu semakin
berkarat di dalam kehidupan manusia sehingga manusia sema-
kin jauh dari hadirat-Nya. Keadaan tersebut sudah tidak dapat
lagi dipulihkan oleh korban apa pun sampai pada akhirnya Dia
sendiri yang mendamaikan diri-Nya dengan manusia. Akan te-
tapi tidak sedikit orang (Kristen) kurang atau bahkan tidak
menghargai. Saat ini Paulus kembali mengingatkan kita untuk
mensyukuri anugerah perdamaian yang Tuhan buat. Segala per-
buatan kita sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa, hanya
anugerah-Nya yang mampu untuk itu. Perdamaian itu tidak hanya
berlaku saat kita masih di dunia ini, namun saat sesudah ke-
matian. Jaminan itu yang tidak dapat diberikan oleh dunia, oleh
karena itu lestarikan itu. Jangan rusak lagi perdamaian itu dengan
kelakuan yang tidak berkenan kepada-Nya.

c. Hidup dalam ketekunan dan keteguhan iman.
Atas apa yang telah Tuhan buat dalam karya pendamaian,
Paulus menasihatkan kita agar hidup dalam ketekunan dan
keteguhan iman. Dengan demikian kita tidak akan mudah digo-
yahkan untuk berpaling dari iman yang Tuhan anugerahkan. Ada
banyak hal yang akan dihadapi oleh orang percaya ketika me-
reka mempertahankan iman. Godaan dan cobaan biasanya da-
pat membuat orang berpaling dari iman kepada Yesus. Berta-
hanlah! Karena dengan demikian kita tidak akan kehilangan hak
sebagai ahli waris Kerajaan Sorga. Terlebih di dalamnya berarti
kita mensyukuri dengan sungguh karya kasih Tuhan itu. Setialah
kepada-Nya.


MINGGU PASKAH VI
SBU
RABU, 4 MEI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.289 : 1,2 - Berdoa
YANG PALING UTAMA

Kolose 1:15-20
la ada teriebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia (ay.1 7)

Apa yang membuat kita disebut sebagai orang Kristen? KTP? Atau aktivitas mingguan kita yang datang ke gereja dan mengikuti ibadah bahkan sibuk di dalamnya? Arti Kristen adalah pengikut Kristus. Maksudnya adalah mereka yang hidupnya selalu meneladani Yesus Kristus. Murid-murid Yesus pertama kali disebut Kristen di Antiokhia (Kis. 11 :26) dan temyata pada awainya sebutan itu bukan hendak menunjuk kepada agama melainkan kehidupan yang meneladani Kristus.

Dalam tulisannya yang kita baca pada perikop tadi, Paulus menegaskan bahwa yang terutama dan' segalanya adalah Kristus. Sebagai yang sulung dan sudah ada bahkan terlibat sejak penciptaan, Yesus tidak dapat digantikan oleh siapa dan apa pun. Pernyataan Paulus ini hendak meluruskan kembaii pemahaman warga jemaat yang sudah mulai teracuni oleh pemahaman-pemahaman lain yang beredar saat itu. lntinya adalah bahwa orang percaya harus memiliki kehidupan di dalam Dia.

Jika mau jujur sebagai orang Kristen, apa yang paling utama  di dalam hidup kita? Adakah Yesus yang mengawali segalanya di keseharian kita? Saat bangun pagi, apa yang duluan menjadi perhatian kita. Teiepon genggam,� kerjaan rumah-tangga, surat kabarratau firman Tuhan yang kita dapat dari Alkitab? lngatlah, jangan sampai ada hal lain yang menggantikan posisi Tuhan Yesus di hati kita. la adalah Allah yang pencemburu dan-dapat menyatakan murka-Nya. Akan tetapi kasih setia-Nya tidak akan berkesudahan bagi setiap orang selalu mengutamakan dan mengandalkan Dia. Kristen adalah kehidupan kita, bukan sekadar agama. Jadilah orang yang sebenarnya, yaitu yang selalu mengutamakan Yesus.

KJ.289 : 4, 5
Doa : (Ajarlah hambamu Tuhan untuk selalu menjadikan Engkau yang terutama dalam hidupku)



MALAM MENJELANG KENAIKAN TUHAN YESUS KE SORGA
RABU, 4 MEI 2016
RENUNGAN MALAM
KJ.40:1,2 -Berdoa
DIPERDAMAIKAN TUHAN

Kolose 1:21-23
Sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus... (ay.22)

Pada usia ke-23, pengarang lagu Amazing grace (Ajaib Benar Anugerah - KJ.40), John Newton adalah seorang yang kacau hidupnya. Terjebak dalam gaya hidup yang tidak bermoral dan ikut dalam kebiadaban penjualan budak Afrika. Pada tanggal 10 Maret 1748, kapalnya dihantam badai dan dalam ketakutannya ia berkata, "Tuhan kasihanilah kami!" Hatinya kemudian disentuh belas kasihan Tuhan dan pada saat itu juga ia percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. la percaya juga bahwa Tuhan telah mengampuninya dan mematahkan semua belenggu hidupnya yang jahat.

Dosa adalah penyebab utama hancurnya perdamaian antara manusia dengan Tuhan. "Fdak ada yang dapat memperbaiki keadaan tersebut dan itu berarti manusia dihukum. Sampai pada akhirnya Tuhan sendiri dalam Yesus berkorban demi terwujud- kan perdamaian itu. Manusia kembali menjadi kudus, tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya. Belas kasihan-Nya yang berlaku di dalamnya, bukan usaha manusia.

Hal tersebut juga berlaku di dalam kehidupan kita, bahwa segala dosa dan cela kita telah sem buh karena kasih-Nya. Akan tetapi apakah kita peka akan hal tersebut? Seringkali kesibukan membuat kita lupa akan semua karya Tuhan. Kita tidak men- syukuri keselamatan yang diberi bah kan tidak sedikit orang yang melepaskan diri dari kasin Tuhan.

Saudaraku, buanglah segala hal yang jahat, iri, dengki, amarah, dendam, jiwa penggosip dan Iain sebagainya. Bertekunlah dalam mengerjakan keselamatan dan jadilah berkat bagi sesama. Dengan demikian kita tetap melestarikan perdamaian kita dengan diri-Nya juga dengan sesama.

KJ. 40 = 3,4
Doa : (Terimaksih Tuhan atas belas kasihan yang Engkau anugerahkan)

Label:   Kolose 1:15-23 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 5 MEI 2016 - KUSIAPKAN BAGIMU - Yohanes 14:1-3 - HARI KENAIKAN TUHAN YESUS KE SORGA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 3 MEI 2016 - APA KEKUATIRANMU? Keluaran 15:22-27 - MINGGU PASKAH VI

Garis Besar Kolose





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 20 Oktober - Matius 12-15 Penjelasan Ayat

Hari ini, 20 Oktober - Maz 118:25-119:2, Yer 20-21, 2 Tes 2, Ams 27:1-2

20 Oktober - Yohanes 6:25-40, 1 Petrus 3:8-12, Kidung 4:8-16, Yeremia 51

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,