Save Page
Matius 10:1-4
Yesus memanggil kedua belas rasul
10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 10:2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, 10:3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, 10:4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Penjelasan:

* Mat 10:1 - Kedua belas murid-Nya // Memberi kuasa kepada mereka // roh-roh  jahat // penyakit
Kedua belas murid-Nya. Kelompok ini baru saja terbentuk beberapa saat sebelumnya, dan kini sesudah memperoleh pengajaran (Mrk. 3:14) mereka diutus dengan misi tertentu. Memberi kuasa kepada mereka. Hak dan kemampuan. Termasuk di dalam kuasa yang diberikan ini ialah kemampuan untuk mengusir roh-roh  jahat dan untuk menyembuhkan segala penyakit (perhatikan bahwa Yesus dengan jelas membedakan antara kerasukan roh dan penyakit).

* Mat 10:2 - Nama kedua belas rasul // Rasul // Pertama Simon
Nama kedua belas rasul terdaftar di tiga tempat berbeda lainnya (Mrk. 3:6 dst.; Luk. 6:14 dst.; Kis. 1:13). Perbandingan menunjukkan bahwa setiap daftar terdiri atas tiga kelompok dengan empat nama yang sama, sekalipun tidak selalu sama urutannya. Sekalipun demikian, Petrus senantiasa disebut dahulu dalam kelompok pertama. Filipus senantiasa disebut dahulu dalam kelompok kedua, dan Yakobus anak Alfeus disebut dahulu dalam kelompok ketiga. Yudas Iskariot apabila dicantumkan senantiasa disebut terakhir. Matius mencantumkan mereka secara berpasangan, mungkin karena mereka diutus dengan cara itu (Mrk. 6:7). Rasul. Penemuan sejumlah papirus memastikan arti rasul ialah "wakil dari pejabat lebih tinggi yang telah memperoleh kuasa sebagaimana mestinya." Pertama Simon. Bukan pertama yang dipilih, bukan pula sekadar yang pertama dalam daftar, tetapi mungkin berkaitan dengan kedudukan terkemuka Petrus di kalangan para rasul (bdg. 26:40; Pentakosta; rumah Kornelius; dan lain-lain). Tetapi dia itu yang pertama di antara sesamanya. Perjanjian Baru tidak mengenal adanya kelebihan Petrus dari rasul lainnya (bdg. Gal. 2:11; I Ptr. 5:1).

* Mat 10:3 - Bartolemeus // Matius Pemungut cukai // Tadeus,
Bartolemeus. Adalah nama Natanael yang hampir sama dengan nama ayahnya (Yoh. 1:46). Matius Pemungut cukai. Julukan merendah yang hanya dipergunakan di dalam Injil yang ditulisnya. Tadeus, juga dinamakan Lebeus (dalam beberapa naskah kuno), tampaknya orang yang sama dengan Yudas putra Yakobus, bukan saudara seperti disebutkan dalam versi tertentu (Luk. 6:16; Kis. 1:13).

* Mat 10:4 - Simon, // orang Zelot // Iskariot
Simon, di sini disebut sebagai orang Zelot (bdg. Luk.; Kis.). Rupanya dia anggota kelompok politik yang fanatik. Iskariot. Mungkin berarti "orang dari Keriot," sebuah kota kecil di Yudea.

*
    Pasal ini merupakan sebuah khotbah penahbisan, yang disampaikan Tuhan Yesus kita ketika Dia mengangkat kedua belas murid-Nya ke tingkat yang tinggi dan mulia sebagai rasul-rasul. Pada bagian penutup pasal sebelumnya, Ia menggugah murid-murid-Nya dan orang-orang lain untuk berdoa agar Allah mengirimkan para pekerja, dan di sini kita melihat jawaban langsung dari doa tersebut: sementara mereka masih berbicara, Allah sudah mendengar dan bertindak. Apa yang kita doakan, yang sesuai dengan petunjuk Kristus, akan diberikan. Dalam pasal ini diceritakan tentang:

    I. Amanat umum yang diberikan kepada para rasul (ay. 1).
    II. Nama-nama rasul yang diberi amanat ini (ay. 2-4).
    III. Petunjuk-petunjuk yang sangat lengkap dan terperinci yang diberikan kepada para rasul mengenai:
        . Pelayanan yang akan mereka lakukan; mengajar, mengadakan mujizat-mujizat, siapa yang harus mereka temui, bagaimana mereka harus bersikap, dan dengan cara apa mereka harus melanjutkan pekerjaan mereka (ay. 5-15).
        . Penderitaan yang akan mereka alami. Mereka diberi tahu tentang penderitaan apa yang harus mereka jalani, dan dari siapa; mereka diberi nasihat-nasihat tentang apa yang harus mereka lakukan apabila mereka dianiaya. Mereka juga didorong untuk tabah menanggung semua penderitaan dengan gembira (ay. 16-42). Semuanya ini, walaupun terutama dimaksudkan sebagai petunjuk bagi para rasul, berguna juga bagi semua hamba Kristus, supaya mereka terus bersama Dia, mengikuti firman-Nya, dan selalu demikian sampai akhir zaman.

Para Rasul Diutus (10:1-4)

    Dalam perikop ini disebutkan:

    I. Siapa yang ditahbiskan oleh Kristus untuk menjadi para rasul dan duta-Nya; mereka adalah murid-murid-Nya (ay. 1). Sebelumnya, Ia memanggil mereka untuk menjadi murid-murid-Nya, yakni sebagai pengikut-pengikut yang dekat dan yang selalu menyertai-Nya. Kemudian Ia memberi tahu mereka bahwa mereka akan dijadikan penjala manusia, dan janji-Nya itu Ia tepati sekarang. Perhatikanlah, Kristus biasanya memberikan kehormatan dan kemuliaan secara bertahap; cahaya kehormatan dan kemuliaan ini seperti cahaya pagi, bersinar semakin terang dan terang. Selama ini, Kristus membawa kedua belas murid itu:
        . Dalam masa percobaan. Walaupun Ia tahu apa yang ada dalam manusia, walaupun Ia tahu dari semula apa yang ada dalam hati manusia (Yoh. 6:70), Ia tetap menggunakan cara ini untuk memberikan contoh kepada gereja-Nya. Perhatikanlah, karena pelayanan merupakan suatu kepercayaan luar biasa yang diberikan kepada kita, maka orang yang mau melayani harus diuji terlebih dahulu selama beberapa waktu sebelum mereka dipercayai untuk melakukan pelayanan. Biarlah mereka diuji dahulu (1Tim. 3:10). Oleh sebab itu, janganlah kita terburu-buru menumpangkan tangan kepada sembarang orang, amatilah dia terlebih dulu sebagai seorang calon yang sedang dalam masa uji coba, karena jika ada sebagian orang yang berdosa, maka sebagian yang lain akan terbawa-bawa juga (1Tim. 5:22).
        . Dalam masa persiapan. Selama ini Ia mempersiapkan mereka supaya mereka layak melakukan pekerjaan yang besar ini. Perhatikanlah, orang-orang yang dipilih dan dipanggil Kristus untuk melakukan suatu pekerjaan pertama-tama harus melewati beberapa tahap persiapan dan ujian supaya mereka layak melakukan pekerjaan itu. Ia mempersiapkan mereka:
            (1) Dengan membawa mereka bersama-Nya. Perhatikanlah, persiapan yang paling baik untuk melakukan pelayanan adalah mengenal dan bersekutu dengan Yesus Kristus. Orang yang mau melayani Kristus harus terlebih dulu berada bersama-Nya (Yoh. 12:26). Paulus mengalami penyataan Kristus bukan hanya melalui penampakan kepadanya, melainkan juga di dalam dirinya, sebelum ia memberitakan-Nya di antara bangsa-bangsa bukan-Yahudi (Gal. 1:16). Melalui tindakan-tindakan iman yang hidup dan kegiatan doa tanpa henti serta perenungan akan firman Allah, maka persekutuan dengan Kristus pasti akan terus terjaga dan terpelihara, dan ini merupakan persyaratan utama untuk melakukan pelayanan.
            (2) Dengan mengajar mereka; mereka mengikuti Dia seperti seorang pelajar atau murid, dan Ia mengajar mereka secara pribadi, walaupun selain itu mereka juga belajar melalui pendengaran akan pengajaran-pengajaran-Nya di depan umum. Ia membuka Kitab Suci kepada mereka dan membukakan pengertian mereka untuk memahami Kitab Suci. Kepada mereka diberikan karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, dan kepada mereka rahasia-rahasia itu dibentangkan. Perhatikanlah, orang yang ingin menjadi guru harus terlebih dulu belajar menjadi murid; mereka harus menerima, supaya bisa memberi, mereka harus cakap mengajar orang lain (2Tim. 2:2). Kebenaran-kebenaran Injil harus diletakkan dalam diri mereka terlebih dulu sebelum mereka diutus untuk mengajarkannya. Memberi wewenang kepada orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk mengajar orang lain hanyalah merupakan suatu penghinaan bagi Allah dan gereja; ini seperti amsal yang diberitakan oleh mulut orang bebal (Ams. 26:6). Kristus mengajar murid-murid-Nya sebelum Ia mengutus mereka (5:2) dan juga setelah itu, ketika memperluas amanat mereka, Ia mengajarkan lebih banyak petunjuk lagi kepada mereka (Kis. 1:3).
    II. Amanat yang Ia berikan kepada mereka.
        . Ia memanggil mereka (ay. 1). Sebelumnya Ia memanggil mereka untuk mengikuti-Nya, sekarang Ia memanggil mereka untuk datang kepada-Nya, mengajak mereka untuk menjadi lebih akrab lagi dengan-Nya, dan tidak membiarkan mereka menjaga jarak dengan-Nya seperti yang terlihat selama ini. Barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. Para imam yang berada di bawah hukum Taurat dikatakan ditarik dan mendekat kepada Allah, lebih dekat daripada umat. Hal yang sama juga dapat dikatakan bagi para pelayan Injil; mereka dipanggil untuk mendekat kepada Kristus, dan karena panggilan ini merupakan suatu kehormatan, sudah sepatutnyalah mereka merasa kagum dan hormat, mengingat bahwa Kristus akan dikuduskan dalam diri orang-orang yang datang mendekat kepada-Nya. Tampak bahwa ketika para murid akan diberi pengajaran, mereka datang kepada-Nya atas kemauan mereka sendiri (5:1). Tetapi sekarang karena mereka akan ditahbiskan, Ia memanggil mereka. Perhatikanlah, murid-murid Kristus haruslah lebih ingin belajar daripada mengajar. Karena kita ini banyak tidak tahu, kita harus berusaha mencari-cari kesempatan untuk diajar, dan demikian halnya, karena kekurangtahuan itu, kita harus menunggu panggilan, panggilan yang jelas, sebelum kita menerima tugas untuk mengajar orang lain; janganlah kita memberikan kehormatan ini begitu saja bagi diri kita sendiri.
        . Ia memberi mereka kuasa, exousian, wewenang dalam nama-Nya, untuk memerintah orang agar mereka patuh, dan untuk meneguhkan wewenang itu, mereka juga memerintah roh-roh jahat untuk tunduk kepada mereka. Perhatikanlah, semua wewenang yang benar berasal dari Yesus Kristus. Segala kuasa diberikan kepada-Nya tanpa batas, dan kuasa-kuasa yang lebih rendah diturunkan oleh Dia. Sebagian kehormatan yang Ia miliki diberikan-Nya juga kepada para pelayan-Nya, seperti Musa yang memberikan sebagian kehormatannya kepada Yosua. Perhatikanlah, bukti yang tidak dapat disangkal mengenai kepenuhan kuasa Kristus sebagai Pengantara adalah bahwa Ia sendiri bisa mengalihkan kuasa-Nya kepada orang-orang yang dipakai-Nya dan memungkinkan mereka untuk mengadakan mujizat-mujizat yang sama dengan yang Ia adakan dalam nama-Nya. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat dan atas segala penyakit. Perhatikanlah, rancangan yang ada dalam Injil adalah untuk menaklukkan Iblis dan menyembuhkan dunia. Para pengabar Injil ini diutus tanpa diberikan bekal-bekal lahiriah yang bisa mendukung mereka; mereka tidak punya harta kekayaan atau pendidikan atau gelar-gelar kehormatan. Mereka hanyalah orang-orang yang sangat rendah. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk mempunyai kuasa-kuasa luar biasa yang membuat mereka melebihi para ahli Taurat.
            (1) Ia memberi mereka kuasa untuk melawan roh-roh jahat dan mengusir mereka. Perhatikanlah, kuasa yang dipercayakan kepada para pelayan Kristus secara langsung ditujukan untuk melawan Iblis dan kerajaannya. Iblis, sebagai roh jahat, bekerja dalam ajaran-ajaran sesat (Why. 16:13), dan hawa nafsu duniawi (2Ptr. 2:10), dan para pelayan Kristus ditugasi untuk memerangi Iblis dalam kedua hal ini. Kristus memberi mereka kuasa untuk mengusir Iblis dari tubuh manusia, dan pengusiran ini dimaksudkan untuk menandakan kehancuran kerajaan rohani Iblis dan segala pekerjaannya, karena untuk tujuan inilah Anak Allah dinyatakan.
            (2) Ia memberi mereka kuasa untuk melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Ia memberi mereka wewenang untuk mengadakan mujizat-mujizat, untuk memperkuat ajaran mereka dan untuk membuktikan bahwa ajaran itu berasal dari Allah. Mereka harus mengadakan mujizat-mujizat yang bisa menunjukkan wewenang mereka, untuk membuktikan bahwa ajaran mereka ini bukan hanya benar melainkan juga patut diterima sepenuhnya, dan bahwa rancangan Injil adalah untuk menyembuhkan dan menyelamatkan. Mujizat-mujizat Musa kebanyakan diadakan untuk menghancurkan, dan mujizat-mujizat nabi palsu diadakan untuk peragaan, tetapi semua mujizat yang diadakan Kristus, dan yang diadakan murid-murid-Nya atas perintah-Nya, adalah untuk meneguhkan iman. Semuanya itu menunjukkan bahwa Dia bukan hanya Guru dan Pemimpin Agung, melainkan juga Penebus dunia yang agung. Perhatikanlah apa yang ditekankan dalam kuasa yang diberikan kepada mereka ini atas segala penyakit dan segala kelemahan tanpa kecuali, bahkan untuk penyakit-penyakit yang menurut para tabib sudah tidak bisa disembuhkan. Perhatikanlah, dalam anugerah Injil, ada penawar untuk setiap luka dan ada obat untuk setiap penyakit. Tidak ada penyakit rohani yang begitu ganas yang tidak dapat disembuhkan oleh kuasa Kristus. Karena itu janganlah ada orang yang berkata bahwa mereka sudah tidak mempunyai harapan lagi atau bahwa lobang penyakit mereka sudah membengkak selebar lautan sehingga mereka tidak bisa disembuhkan lagi.
    III. Jumlah dan nama-nama murid yang diutus; mereka diangkat menjadi rasul, yang artinya, pembawa pesan. Baik malaikat maupun rasul mempunyai arti yang sama, yaitu seseorang yang diutus untuk suatu tugas, seorang duta. Semua pengikut pelayan yang setia diutus oleh Krisus, tetapi mereka yang diutus pertama kali dan secara langsung oleh-Nya secara khusus disebut sebagai rasul, yaitu perdana menteri dalam kerajaan-Nya. Tetapi semuanya ini baru permulaan saja dari jabatan mereka, karena pada waktu Kristus naik ke tempat tinggi, barulah Ia memberikan jabatan rasul (Ef. 4:11). Ingatlah, Kristus sendiri disebut Rasul (Ibr. 3:1), karena Ia diutus oleh Bapa, dan oleh sebab itu Ia mengutus mereka (Yoh. 20:21). Para nabi disebut pembawa-pembawa pesan Allah.
        . Mereka berjumlah dua belas, merujuk ke jumlah suku Israel dan anak-anak Yakub yang merupakan bapa-bapa leluhur dari kedua belas suku itu. Gereja Injil memang harus menjadi umat Israel Allah; orang-orang Yahudi harus menjadi yang pertama diundang masuk ke dalamnya dan para rasul harus menjadi bapa-bapa rohani yang melahirkan benih keturunan bagi Kristus. Kaum Israel menurut daging ditolak sebab mereka tidak setia. Karena itu kedua belas rasul ini ditunjuk sebagai bapa-bapa leluhur Israel yang baru. Kedua belas rasul ini, dengan ajaran mereka, akan menghakimi kedua belas suku Israel (Luk. 22:30). Mereka ini adalah kedua belas bintang yang menghiasi mahkota gereja (Why. 12:1). Mereka adalah kedua belas batu dasar yang ada di Yerusalem yang baru (Why. 21:12, 14), dilambangkan dengan dua belas batu permata yang mahal pada tutup dada Harun. Mereka juga adalah dua belas bakul potongan roti yang dikumpulkan sesudah Yesus mengadakan mujizat-Nya, dan dua belas mata air di Elim. Mereka ini adalah kumpulan juri yang terkenal (dan sebagai kelompok juri yang agung, Paulus ditambahkan ke dalamnya) yang bersidang di antara Raja segala raja dan umat manusia; dan dalam pasal ini, mereka diberi tugas oleh Dia yang kepada-Nya seluruh penghakiman diserahkan.
        . Nama-nama mereka dicatat di sini, dan ini merupakan suatu kehormatan bagi mereka. Dan mereka juga mempunyai lebih banyak alasan lagi untuk bersukacita, karena nama-nama mereka ada terdaftar di sorga (Luk. 10:20), sedangkan nama-nama tinggi dan mulia dari para pembesar di bumi terkubur dalam debu. Perhatikanlah:
            (1) Beberapa dari kedua belas rasul ini tidak kita ketahui lagi kelanjutannya dalam Alkitab, selain hanya diberitahu nama-nama mereka, seperti Bartolomeus dan Simon orang Zelot (KJV, "Simon orang Kanaan"). Walaupun begitu, mereka adalah pelayan-pelayan yang setia kepada Kristus dan gereja-Nya. Perhatikanlah, pelayan-pelayan Kristus yang baik tidak semuanya terkenal, dan perbuatan-perbuatan mereka juga tidak semuanya diketahui banyak orang.
            (2) Mereka disebut secara berpasang-pasangan; karena pada mulanya mereka diutus berdua-dua, sebab dua lebih baik daripada satu. Dengan berdua mereka akan bisa melayani satu sama lain dan dengan bersama-sama mereka akan bisa melayani Kristus dan jiwa-jiwa; apa yang dilupakan oleh yang satu akan diingat oleh yang lain, dan dan keterangan dari dua orang saksi suatu perkara sah. Tiga pasang dari mereka adalah saudara, yaitu Petrus dan Andreas, Yakobus dan Yohanes, dan Yakobus yang lain dan Tadeus. Perhatikanlah, persahabatan dan persekutuan haruslah dijaga dalam hubungan kita satu sama lain, dan dipakai untuk melayani. Sungguh sangat baik apabila saudara sekandung adalah saudara juga dalam anugerah, sehingga dua jenis ikatan persaudaraan ini bisa memperkuat satu sama lain.
            (3) Petrus disebut pertama, karena ia yang pertama dipanggil, atau karena ia yang terdepan di antara mereka dan dalam semua hal selalu menjadi juru bicara bagi yang lainnya, dan juga karena ia akan menjadi rasul bagi orang yang bersunat. Tetapi ini tidak membuatnya berkuasa atas murid-murid yang lain, juga tidak ada sedikit pun tanda-tanda yang diberikan kepadanya atau yang diakui olehnya bahwa ia lebih utama dan unggul dalam kumpulan yang kudus ini.
            (4) Matius, penulis Injil ini, dipasangkan dengan Tomas di sini (ay. 3), tetapi ada sedikit perbedaan dalam dua hal yang bisa dilihat dalam Injil Markus dan Lukas (Mrk. 3:18; Luk. 6:15). Dalam kedua Injil tersebut, Matius disebutkan pertama kali, dan dalam urutan itu tampaknya dia ditahbiskan sebelum Tomas. Tetapi dalam Injil ini, dalam daftar yang ditulisnya sendiri, Tomas disebut pertama kali. Perhatikanlah, baiklah bagi murid-murid Kristus untuk saling menghormati dan memberikan tempat terlebih dulu kepada satu sama lain. Dalam kedua Injil tadi ia hanya disebut Matius, sedangkan dalam Injilnya sendiri ia disebut Matius pemungut cukai, pemungut pajak atau pengumpul bea, yang dipanggil dari pekerjaan yang tidak disukai orang menjadi seorang rasul. Perhatikanlah, baiklah bagi orang yang sudah terpandang untuk memberikan kehormatan kepada Kristus, untuk melihat gunung batu yang dari padanya mereka terpahat. Baiklah bagi mereka untuk sering-sering mengingat orang seperti apa mereka sebelum dipanggil Kristus, sehingga dengan demikian mereka tetap rendah hati dan anugerah Allah akan lebih dimuliakan. Matius sang rasul sebelumnya adalah Matius pemungut cukai.
            (5) Simon disebut orang Kanaan, atau orang Kana, dari daerah Kana di Galilea, karena mungkin di sana ia dilahirkan. Ia juga disebut Simon orang Zelot, yang menurut sebagian orang berarti orang Kanaan.
            (6) Yudas Iskariot selalu disebut terakhir, dan dengan cap hitam pada namanya: yang mengkhianati Dia. Ini menunjukkan bahwa dari semula Kristus tahu seburuk apa dia, bahwa dia mempunyai roh jahat dalam dirinya, dan bahwa dia akan diketahui sebagai pengkhianat. Namun demikian, Kristus tetap menempatkannya di antara para rasul, ini supaya gereja-Nya tidak terkejut dan kecil hati jika pada suatu saat nanti ada perbuatan-perbuatan yang paling keji yang dilakukan di antara kumpulan orang yang terbaik sekalipun. Noda-noda seperti ini selalu ada dalam suasana suka dan ceria; ada lalang di antara gandum, serigala di tengah-tengah domba. Tetapi akan datang harinya ketika semuanya ini akan diungkapkan dan yang satu akan dipisahkan dari yang lain, ketika topeng orang-orang munafik akan dibukakan dan mereka akan dicampakkan. Kehadiran Yudas sebagai salah satu dari kedua belas rasul ini tidaklah memberikan dampak buruk bagi kerasulan maupun bagi rasul-rasul lainnya ketika kejahatannya masih tersembunyi dan belum diketahui.


SBU

MINGGU III SES. PENTAKOSTA
SELASA, 7 JUNI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.428:1 -Berdoa
PEDULl DAN AMBIL BAGIAN

Matius 9:35-38
Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya : "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja
sedikit. (ay.37)

Apabila kita peka dan mau membuka mata hati kita untuk melihat bahwa sesungguhnya di sekitar kita ada banyak orang yang perlu untuk kita layani. Ada banyak orang yang memerlukan bantuan, bukan hanya bantuan berupa materi (uang), tetapi juga perhatian. Ada banyak orang yang memerlukan pendampingan dan ada banyak orang yang memerlukan nasihat serta dorongan. Ada banyak orang yang memerlukan berita lnjil, agar mereka hidup dalam kebenaran. Semua itu membutuhkan pela-
yanan dan karya kita berdasarkan amanat Tuhan dan kasih kita yang nyata.

Namun demikian banyak orang memiliki berbagai alasan untuk tidak melayani. Akan tetapi, alasan yang sesungguhnya adalah karena ketidakpedulian. Perkataan Tuhan Yesus, "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit" rnerupakan kenyataan yang berlaku sepanjang zaman. Tuhan Yesus berkeliling ke
semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan membentakan lnjil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan, namun hati-Nya masih bisa tergerak oleh perasaan belas kasihan ketika melihat orang banyak (9:35-36). Kepedulian menggerakkan hati Tuhan Yesus untuk terus melayani, bahkan menanggung penderitaan sampai mati di kayu salib.

Mengapa banyak orang merasa terlalu sibuk sehingga tidak bersedia memberikan waktunya untuk melayani Tuhan? Mengapa banyak orang merasa terlalu miskin sehingga terlalu banyak perhitungan untuk memberi bagi orang lain yang membutuhkan atau bagi gereja? Mari sediakan waktu dan diri kita menyaksikan dan melayani Tuhan, lewat keterlibatan dalam Pelkes GPIB. "....Janji Tuhan jelas bahwa kita memiliki "tuan" yaitu Tuhan sang "pemi|ik" yang dengan mem"inta kekuatan kepada-Nya maka kita akan mampu karena Dia sendiri yang akan memampukan kita melakukan pekerjaan tersebut.

KJ.428 : 2
Doa : (Bapa yang Pengasih di dalam Kristus, berilah kami hati yang sedia untuk ambil bagian dalam pelayanan-Mu)



MINGGU III SES. PENTAKOSTA
SELASA, 7 JUNI 2016
RENUNGAN MALAM
kj 356:1 -Berdoa
DIPANGGIL MENJADI MURID

Matius 10:1-4
Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan mernberi Kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan (ay.1)

Pada bagian sebelumnya, penulis lnjil Matius menceritakan bahwa di dalam pelayanan yang Yesus lakukan, la membutuhkan para 'penuai' yang mau bekerja di ladangnya (Mat. 9:37). Hal ini oleh karena kepedulian Yesus terhadap umat-Nya dan karena semakin banyak orang yang butuh untuk dilayani. Karena tuaian banyak Yesus membutuhkan tenaga yang banyak untuk menjadi penuai atau yang sedia melayani.

Dari catatan Matius kita dapat melihat bahwa perkataan Yesus ini segera ditindaklanjuti dengan pemilihan 12 murid dan kemudian di perikop setelahnya semakin jelas bagi kita tujuan pemilihan dan pengutusan mereka. Mereka yang dipilih adalah orang-orang yang biasa saja, tetapi Yesus memperlengkapi mereka (ay.1). Perhatikan urut-urutannya, Yesus memperlengkapi dulu (ay.1), baru mengutus. Matius menunjukkan kepada kita bahwa alasan pemilihan dan pengutusan itu karena adanya misi Allah untuk dikerjakan para murid. Misi Allah itu sendiri menjadi cikal bakal dan tujuan dari adanya gereja. Selain model pelayanan Yesus, kita pun dapat meneladani rasul-rasul yang diutus oleh Yesus. Kuasa yang Yesus berikan kepada murid-murid-Nya memampukan mereka untuk melakukan pelayanan secara efektif yang berdampak nyata bagi kehidupan sesama. Jadi, hal yang dapat kita pelajari dari bacaan ini, bahwa seseorang dapat menjadi murid karena dipanggil dan menanggapi panggilan itu. Namun, menjadi Kristen bisa saja kita tidak sedia menerima panggilan Tuhan, sehingga kita tidak bisa disebut sebagai murid Kristus. Padahal sesungguhnya setiap kita dipanggil bukan hanya menjadi orang Kristen tapi menjadi murid Kristus yang hidup menurut kehendak-Nya. Semakin banyak yang menyadari bahwa hidupnya digerakkan oleh dan untuk misi Allah, maka semakin kuat pernyataan kasih Allah menyapa kehidupan umat, khususnya saudara-saudara kita di daerah pedalaman, bahkan orang-orang di luar gereja kita.

KJ.356 : 2
Doa : (Ya Tuhan pakailah kami menjadi murid-murid-Mu yang setia dalam menjalani pengutusan demi pelayanan kepada sesama)




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 8 Juni 2016 - DIA PEMELIHARA HIDUP KITA - Matius 10:9-15 - MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 6 Juni 2016 - Matius 6:25-34 - MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 19 Oktober - Matius 8-11

Hari ini, 19 Oktober - Maz 118:18-24, Yer 18-19, 2 Tes 1, Ams 26:27-28

19 Oktober - Yohanes 6:16-24, 1 Petrus 3:1-7, Kidung 4:1-7, Yeremia 50

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,