Save Page
Kejadian 21:1-7

Ishak lahir
21:1 TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya. 21:2 Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya. 21:3 Abraham menamai anaknya yang baru lahir itu Ishak, yang dilahirkan Sara baginya. 21:4 Kemudian Abraham menyunat Ishak, anaknya itu, ketika berumur delapan hari, seperti yang diperintahkan Allah kepadanya. 21:5 Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. 21:6 Berkatalah Sara: "Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku." 21:7 Lagi katanya: "Siapakah tadinya yang dapat mengatakan kepada Abraham: Sara menyusui anak? Namun aku telah melahirkan seorang anak laki-laki baginya pada masa tuanya."


Penjelasan:

* Kej 21:1-8 - Kelahiran Ishak
    Dalam pasal ini kita temui,
        I. Ishak, anak perjanjian yang dilahirkan ke dalam keluarga Abraham (ay. 1-8).
        II. Ismael, anak si hamba perempuan, yang diusir dari keluarga itu (ay. 9-21).
        III. Ikatan perjanjian antara Abraham dan tetangganya, Abimelekh (ay. 22-32).
        IV. Ibadah Abraham kepada Allahnya (ay. 33).

Kelahiran Ishak (Kejadian 21:1-8)

    Yang lama ditunggu akhirnya datang juga. Penglihatan tentang keturunan yang dijanjikan itu adalah untuk suatu waktu yang ditetapkan, dan sekarang, pada akhirnya, penglihatan itu berbicara, dengan tidak berdusta. Hanya sedikit orang dalam Perjanjian Lama yang lahir ke dalam dunia dengan begitu diharap-harapkan seperti Ishak, bukan karena di masa depan ia akan menjadi orang besar, melainkan karena ia akan menjadi, persis dalam kelahiran ini, pelambang Kristus, keturunan yang sudah begitu lama dijanjikan oleh Allah yang kudus itu dan yang sudah begitu lama diharap-harapkan oleh orang-orang kudus. Dalam cerita tentang hari-hari pertama Ishak ini kita dapat mengamati,
        I. Penggenapan janji Allah dalam dikandung dan dilahirkannya Ishak (ay. 1-2). Perhatikanlah, pemeliharaan-pemeliharaan Allah akan terlihat amat baik dan amat cemerlang bila kita membandingkannya dengan firman-Nya, dan bila kita mengamati bagaimana Allah, dalam semua pemeliharaan itu, bertindak seperti yang sudah dikatakan-Nya, seperti yang sudah diucapkan-Nya.
            1. Ishak dilahirkan sesuai dengan janji itu. Tuhan melawat Sara dalam belas kasihan, seperti yang sudah dikatakan-Nya. Perhatikanlah, tidak satu pun dari firman Allah akan jatuh ke tanah dengan sia-sia. Sebab Dia yang telah berjanji adalah setia, dan kesetiaan Allah merupakan penopang dan penyokong iman umat-Nya. Ia lahir pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah (ay. 2). Perhatikanlah, Allah selalu tepat waktu. Walaupun belas kasihan yang dijanjikan-Nya tidak datang pada waktu yang kita tetapkan, belas kasihan itu pasti akan datang pada waktu yang Dia tetapkan, dan itulah waktu yang terbaik.
            2. Ia lahir atas kekuatan janji: Karena iman Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu (Ibr. 11:11). Oleh sebab itu, karena janji, Allah memberikan kekuatan itu. Bukan karena kekuatan pemeliharaan ilahi secara umum, melainkan karena kekuatan janji secara khusus Ishak dilahirkan. Hukuman mati, seolah-olah, dijatuhkan atas penyebab-penyebab alami: Abraham sudah tua, dan Sara pun demikian, dan keduanya pada dasarnya seperti tinggal menuju ajal. Tetapi kemudian firman Allah mengambil alih. Perhatikanlah, orang yang sungguh-sungguh percaya, berdasarkan kekuatan janji-janji Allah, dimampukan untuk melakukan apa yang melampaui kekuatan kodrat manusia, sebab olehnya mereka mengambil bagian dalam kodrat ilahi (2Ptr. 1:4).
        II. Ketaatan Abraham terhadap perintah Allah berkenaan dengan Ishak.
            1. Ia memberinya nama, sesuai dengan yang diperintahkan Allah kepadanya (ay. 3). Allah mengarahkannya pada sebuah nama untuk dikenang, Ishak, tertawa. Dan Abraham, yang bertugas untuk memberi nama, memberinya nama itu, meskipun ia mungkin sudah berniat memberikan sebuah nama lain dengan arti yang lebih megah. Perhatikanlah, sudah sepatutnya kemewahan temuan manusia selalu tunduk pada kedaulatan dan kesederhanaan ketetapan ilahi. Namun, ada alasan yang baik untuk nama itu, sebab,
                (1) Ketika Abraham menerima janji berkenaan dengan anak itu, ia tertawa karena gembira (17:17). Perhatikanlah, apabila surya penghiburan terbit atas jiwa, maka sungguh baik jika kita mengingat betapa kita menantikan fajar yang merekah, dan betapa dengan kegembiraan yang meluap kita menggenggam janji itu erat-erat.
                (2) Ketika Sara menerima janji itu, ia tertawa karena tidak percaya dan malu-malu. Perhatikanlah, apabila Allah memberi kita rahmat yang untuknya kita sudah mulai kehilangan harapan, maka kita harus mengingat dengan rasa sedih dan malu akan ketidakpercayaan kita yang berdosa terhadap kuasa dan janji Allah, ketika kita sedang mengejar-ngejar rahmat itu.
                (3) Ishak sendiri, setelah itu, ditertawakan oleh Ismael (ay. 9), dan mungkin namanya memberi tahu dia untuk bersiap-siap menghadapinya. Perhatikanlah, orang-orang kesayangan Allah sering kali menjadi bahan tertawaan dunia.
                (4) Janji yang tidak hanya akan dimilikinya sebagai seorang anak, melainkan juga sebagai seorang ahli waris, akan menjadi sukacita bagi semua orang kudus di sepanjang zaman, dan akan memenuhi mulut mereka dengan tertawa.
            2. Abraham menyunat Ishak (ay. 4). Karena kovenan sudah ditetapkan dengan Ishak, maka meterai kovenan dicapkan padanya. Dan walaupun itu adalah ketetapan yang berdarah, dan dia adalah anak kesayangan, namun ketetapan itu tidak boleh dihapuskan, atau bahkan ditunda melebihi delapan hari. Allah sudah menghitung waktu dalam menggenapi janji itu, dan oleh sebab itu, Abraham harus menghitung waktu dalam mematuhi perintah-Nya.
        III. Dampak-dampak yang ditimbulkan oleh rahmat ini kepada Sara.
            1. Rahmat itu memenuhinya dengan sukacita (ay. 6): "Allah telah membuat aku tertawa. Ia telah memberiku alasan maupun hati untuk bergembira." Seperti itu jugalah ibu Tuhan kita bergembira (Luk. 1:46-47). Perhatikanlah,
                (1) Allah mengaruniakan rahmat kepada umat-Nya untuk membesarkan sukacita mereka dalam bekerja dan melayani Dia. Dan, apa pun yang membuat kita bersukacita, Allah haruslah diakui sebagai Pembawa sukacita, kecuali kalau itu tertawa orang bodoh.
                (2) Apabila rahmat sudah lama ditunda, semakin disambutlah ia bila datang.
                (3) Rahmat apa saja akan semakin bertambah menghibur apabila teman-teman kita bergembira bersama kita di dalamnya: Setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku (KJV: akan tertawa bersama-sama denganku - pen.). Sebab tertawa cepat menular. Lihat Lukas 1:58. Orang lain akan bergembira melihat contoh dari kuasa dan kebaikan Allah ini, dan didorong untuk percaya kepada-Nya. Lihat Mazmur 119:74.
            2. Rahmat itu memenuhinya dengan rasa takjub (ay. 7). Amatilah di sini,
                (1) Apa yang dianggapnya begitu menakjubkan: Bahwa Sara menyusui anak, bahwa ia tidak hanya akan mengandung, tetapi juga menjadi begitu kuat dan sehat di masa tuanya sehingga bisa menyusui anak. Perhatikanlah, ibu-ibu, jika mereka mampu, harus menyusui anak-anak mereka sendiri. Sara adalah seorang yang terpandang, dan sudah tua. Menyusui bisa membahayakan dirinya sendiri, atau anaknya, atau kedua-duanya. Ia, tidak diragukan lagi, bisa memilih inang-inang pengasuh di dalam keluarganya sendiri: namun, ia mau menjalankan kewajibannya dalam perkara ini. Dan anak-anak perempuannya akan menjadi istri-istri yang baik apabila mereka pun berbuat baik seperti itu (1Ptr. 3:5-6). Lihat Ratapan 4:3.
                (2) Bagaimana ia mengungkapkan rasa takjubnya: "Siapakah tadinya yang dapat mengatakan itu? Ini sangat tidak mungkin, hampir mustahil, sehingga jika yang mengatakannya orang lain selain Allah, kami tidak dapat mempercayainya." Perhatikanlah, kebaikan-kebaikan Allah terhadap umat kovenan-Nya adalah sedemikian rupa sehingga melampaui pemikiran-pemikiran dan pengharapan-pengharapan baik dari diri mereka sendiri maupun orang lain. Siapa yang dapat membayangkan bahwa Allah sampai mau berbuat begitu banyak bagi orang-orang yang patut mendapatkan begitu sedikit, bahkan bagi mereka yang begitu tidak patut mendapatkan apa-apa? Lihat Efesus 3:20; 2 Samuel 7:18-19. Siapakah tadinya yang dapat mengatakan bahwa Allah akan mengutus Anak-Nya untuk mati bagi kita, Roh-Nya untuk menguduskan kita, dan malaikat-malaikat-Nya untuk melayani kita? Siapakah tadinya yang dapat mengatakan bahwa dosa-dosa yang sedemikian besar akan diampuni, pelayanan-pelayanan yang begitu hina akan diterima, dan cacing-cacing yang sedemikian tidak berharga akan dibawa ke dalam kovenan dan persekutuan dengan Allah yang besar dan kudus?
        IV. Cerita singkat tentang masa kanak-kanak Ishak: Bertambah besarlah anak itu (ay. 8). Hal ini diperhatikan secara khusus, meskipun itu pasti akan berjalan sebagaimana mestinya, untuk menunjukkan bahwa anak-anak kovenan adalah anak-anak yang bertumbuh. Lihat Lukas 1: 80 dan 2:40. Orang-orang yang lahir dari Allah akan menerima pertumbuhan ilahi (Kol. 2:19). Ia bertambah besar sehingga tidak perlu susu lagi, tetapi bisa memakan makanan keras, dan kemudian ia disapih. Lihat Ibrani 5:13-14. Dan pada saat itulah Abraham mengadakan pesta besar untuk sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya, sebagai rasa syukur kepada Allah atas belas kasihan-Nya kepada dia. Ia mengadakan pesta ini, bukan pada hari ketika Ishak dilahirkan, sebab nanti akan terlalu merepotkan Sara. Juga bukan pada hari ketika ia disunat, sebab nanti akan terlalu mengalihkan perhatian orang dari ketetapan upacara itu. Melainkan pada hari ketika ia disapih, sebab berkat Allah pada anak-anak yang menyusui, dan penjagaan terhadap mereka dari segala ancaman bahaya di masa kanak-kanak, merupakan pertanda dari perhatian dan kelembutan pemeliharaan ilahi, yang harus diakui, bagi pujian kepada-Nya. Lihat Mazmur 22:10-11; Hosea 11:1.

* Kej 21:1-7 - Memperhatikan // Sara ... melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya // "Allah telah membuat aku tertawa, // setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku
Memperhatikan. Kata Ibraninya ialah păgăd, "mengunjungi," dalam arti "berkunjung untuk membawa hukuman atau berkat." Di dalam hal ini yang dibawa Allah ialah sebuah berkat yang berharga. Kuasa dan kasih karunia ilahi mengadakan mukjizat. Sara ... melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya. Sesuai dengan janji-Nya, Allah menganugerahkan seorang anak laki-laki kepada Abraham dan Sara. Setiap nubuat dalam perjanjian akan digenapi secara ilahi melalui putra Abraham ini. Sang ayah dengan sukacita memberi nama kepada bayi itu, dan mendapat kehormatan untuk menyunatinya ketika ia berusia delapan hari. Ketika Sara menggendong bayi tersebut, sukacitanya tidak terlukiskan. Selama bertahun-tahun dia hidup menantikan saat yang sangat membahagiakan tersebut. Dia berkata, "Allah telah membuat aku tertawa, (menurut terjemahan American Standard Version, mempersiapkan tawa bagiku) setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku. Bagi para tetangga, tawa Sara itu merupakan tanda kejutan yang menyenangkan dipadukan dengan sukacita yang sungguh-sungguh dan ungkapan keceriaan yang penuh semangat. Bagi Sara tawa tersebut merupakan tawa penuh sukacita karena suatu perwujudan yang menakjubkan. Di tangannya terbaring anugerah Allah bagi dunia. Saat tersebut merupakan saat ucapan syukur, sukacita dan penyerahan khidmat yang tidak dapat dilupakan.


SBU

MINGGU V SES. PENTAKOSTA
SELASA, 21 JUNI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.416:1,3 -Berdoa
TUHAN MEMPERHATIKAN KITA

Kejadian 21:1-7
Tuhan memperhatikan Sara seperti yang difirmankan-Nya... (ay.1)

Ishak lahir sebagi tanda Allah telah menggenapi janji-Nya. Ia melakukan kepada Sara seperti yang difirmankan-Nya. Sara mengandung, melahirkan dan dapat menyusui anak lakinya yang kemudian diberi nama Ishak. Kelahiran Ishak adalah tanda bukti dari kesetiaan Allah terhadap janji-Nya. Janji Allah bukan omong kosong. Janji Allah adalah Firman yang terbukti, janji yang ditepati dan digenapi, rencana yang dilaksanakan. Sarah pasti mengingat kembali pengalamannya pertama kali merespon janji Tuhan dan
kenyataan hidup yang ia jalani sekarang bahwa ia telah menjadi ibu oleh kebesaran kuasa Tuhan. Hal tersebut pastinya semakin membuatnya takjub karena yang tldak mungkin menjadi mungkin.

Janji Tuhan mulai nyata bagi mereka. Firman pasti digenapi untuk kepentingan rancangan karya keselamatan Allah. Apa yang diharapkan Sarah dan Abraham sebagai suami istri melalui kelahiran Ishak bukan hanya menyenangkan hati mereka, sukacita itu menuntun mereka semakin menyadari tentang
rencana Allah, mengapa Allah memberkati mereka dan keturunan mereka. Semua itu untuk tugas yang mulia yaitu agar mereka menjadi keluarga yang menjadi berkat bagi banyak bangsa. Pengenalan akan Allah semakin dalam dimiliki oleh keluarga Abraham. Mereka bersukacita, kasih dan kesetiaan bertemu, keadilan dan damai sejahtera bercium-ciuman (Mzm. 85:11).

Allah memperhatikan Sara, Allah pun memperhatikan saya dan saudara dengan tujuan agar kita bergiat memperhatikan dan melaksanakan misi Allah bagi dunia. Kenyataan itu harus membuat kita sadar bahwa hidup kita diperhatikan Tuhan. Kini tiap pribadi dan keluarga dilibatkan Tuhan untuk semakin tajam mengarahkan diri pada perhatian misi Allah yang bertujuan agar semua orang di muka bumi ini diberkati. Kita bertanggung jawab melakaanakawmisi Allah bagi dunia. Allah memperhatikan kita agar kita peduli.

KJ.417 : 2
Doa : (Ya Allah, Engkau tahu apa yang harus Engkau lakukan, biarlah kehidupan kami Engkau kendalikan dalam rencana-Mu bagl dunia ini; oleh pengasihan-Mu kami mohon)



MINGGU V SES. PENTAKOSTA
SELASA, 21 JUNI 2016
RENUNGAN MALAM
KJ.451:1,2 -Berdoa
SEPAKAT MELAKUKAN KEHENDAK ALLAH

Kejadian 21:8-21
Tetapi Allah berfirman kepada Abraham : "Janganlah sebal hatimu karena..."(ay.12a)

Setiap tindakan yang kita lakukan mengandung konsekwensi dan kita wajib bertanggungjawab atas apapun yang kita buat. Demikian juga Abraham dan Sara saat mengambil keputusan dan sepakat mengambil Hagar sebagai lstri dan kemudian Hagar mengandung. Hal tersebut berdampak bagi perhitungan masa depan yang sedang mereka jalani sebagai satu keluarga. Rupanya Abraham sangat mengasihi Ismael anaknya itu. Hal itu tampak ketika Sara memintanya untuk mengusir Ismael dan ibunya agar mereka pergi dan tidak tinggal bersama mereka.

Abraham menunjukkan kekesalannya. Juga ketika alasan lain dikemukakan Sarah bahwa ahli waris adalah lshak anak yang dijanjlkan Allah kepadanya. Pasti tidak mudah bagi Abraham sebab Abraham mengasihi Ismael, maka kesallah hati Abraham. Kembali keputusan harus diambil oleh Abraham. Kali ini bukan apa yang semata-mata dikehendaki oleh Sara melainkan harapan Allah, sebuah keputusan yang berdasarkan tuntunan kebenaran Firman, itu dapat kita baca di ayat 12. Firman Allah memang selalu menuntun manusia saat manusia berhadapan dengan kehendak hatinya agar manusia dapat hidup seturut dengan kebenaran-Nya dan setia melakukan rencana-Nya dan bukan semau-maunya sendiri. Belajar dari rumah tangga Abraham maka suami istri patut belajar sepakat melakukan kehendak Allah dan bukan karena keinginan hati semata, yang akan mengakibatkan kekesalan hati. Marilah memelihara damai sejahtera Allah.

KJ.318 : 1,2
Doa : (Ya Bapa Maha Kasih, kami bersyukur untuk kekuatan Kasih-Mu yang selalu menuntun kami untuk setia dan mengasihi satu sama lain)




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 22 JUNI 2016 - TINDAKAN KEHIDUPAN Kejadian 22:1-19 - MINGGU V SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 20 JUNI 2016 - Berdoa KATAKAN YANG SEJUJURNYA Kejadian 18:6-15 - MINGGU V SES PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 18 Oktober - Matius 5-7

Hari ini, 18 Oktober - Maz 118:11-17, Yer 16-17, 1 Tes 5, Ams 26:25-26

18 Oktober - Yohanes 6:1-15, 1 Petrus 2:18-25, Kidung 3, Yeremia 49

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
Angels We Have Heard on High - Chris Tomlin

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,   imamat 25 : 35,   perikop yesaya 2:2-5,   doa persembahan,   lagu penutup ibadah,   khotbah tetap berpegang pada kebenaran yeremia 31:21-34; 2 timotius 3:14-4:5; lukas 18:1-8,   contoh tata ibadah kgpi,   contoh agenda kgpi,   tema khotbah tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   bacaan liturgi 17 oktober 2019,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh full album,   lirik lagu nkb 42,   lirik lagu nkb 42,   chord pelengkap kidung jemaat,   lirik lagu nkb 42,   lagu kristen arab,   renungan gmim mazmur 85,   +firman-Mu plita bagi kakiku in mandarin lyrics,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   Lagu persemban yang cocok,   thema - thema natal,   khotbah 2 raja-raja 2:23-25,   download pkj 289,   nyanyian rohani,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   Sabda bina umat 16 oktober 2019 ,   kalender liturgi katolik 2019,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   lagu sungguh baik dan indahnya bila saudara semua diam Jalu Tegar Prasetya,   Jamita Johanes 4,21-26.,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   perikop yesaya 2:2-5,   tata ibadah penghiburan kristen protestan,   jamita johanes 4:21-26,   contoh khotbah kenamaan dan kepujian di bumi,   lagu untuk persembahan,   Kotbah lukas 16:19-31,   ringkasan dlm injil yoh 20:21-25,   renungan amsal 3:17-30,   Kunci lagu firman allah jayalah,   Jamita sian Habakuk 3:1-6,   kotbah kisah pararasul 4:32-33,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   ayat alkitab tentang persembahan uang,   instrument lagu gereja,   lirik lagu rohani Kristen pemuda GKE,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal dan bersyukur padanya,   kmm 144,   lagu2 ceriah ambon,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   mp3 mari kita puji dia yang kekal,   tafsiran kisah para rasul 1:1-5,   bacaan sbu hari ini 16 oktober 2019,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan rohani kristen pantang mundur,   renungan rohani kristen pantang mundur,   lagu untuk wedding indonesia Kristen,   kidung jemaat no 69,   Tata Ibadah Minggu GPIB, 6 Oktober 2019,   Tata Ibadah Minggu, 6 Oktober GPIB,   pembacaan sabda gereja,   pembacaan sabda gereja,   renungan Roma 1: 18 - 32,   khotbah mazmur 50,   Renungan kristen tentang pemudah di penghotbah,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   kumpulan lagu rohani terbaru 2018 mp3,   Renungan Filipi 3:17-23,   bulan keluarga lukas 18:9-14,   randas pemahaman iman,   nama grup rohani kristen,   Buku ende pentakosta,   lagu persembahan saat ibadah,   lagu ucapan syukur dan penyembahan,   Buku ende pentakosta,   lirik lagu rohani senja di batas hari,   kalender.katolik bln oktober .2019,   kotbah hkbp yesaya 2: 2-5. 2019,   sabda guna dharma hari rabu 16 oktober 2019,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   lirik lagu rohani terbaru gms live 2019,   wielbij ma duszo mocarza i krola wrzechswiata,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   instrument lagu gereja,   khotbah kristen ul 28:1-6,   renungan yeremia 9:23,   lagu rohani persembahan syukur,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   lagu untuk membawa persembahan,   Bacaan injil untuk hari minggu 20 oktober 2019,   khotbah lukas 18:1-8,