Dilihat: 2762 x

Save Page


SGDK
MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU, 13 JULI 2016
TAMAK DAN RAKUS
Pengkhotbah 5:7-19

PENGANTAR
Kehidupan Salomo mengalami penurunan spiritual yang dalam karena pemujaan berhala, serta menuruti kehendak hatinya belaka. Ia dibutakan oleh kenikmatan dan harta sehingga telah membangun materialisme sebagai cara untuk memperoleh kebahagiaan. Salomo melakukan suatu refleksi-refleksi sinis tentang kesia-siaan dan kekosongan dalam kehidupan yang berusaha mendapatkan kebahagiaan tetapi jauh dari Allah dan FirmanNya.

PENJELASAN NAS
Ayat 7 : Ketika memperhatikan kembali penindasan kaum miskin dan ketidakadilan yang tetap berlaku,
Salomo memperingatkan para penindas bahwa Allah adalah Hakim tertinggi. Dia di atas semua orang, dan Dia akan mem berikan keputusan akhir pada hari penghakiman kelak.

Ayat 8-16 : Uang dan harta yang berlimpah-limpahtidak dapat memberi arti kepada hidup dan dengan demikian tidak bisa mendatangkan kebahagiaan sejati. Pada umumnya, seorang pekerja jujur yang pulang setelah bekerja keras sepanjang hari bisa tidur dengan nyenyak, sedangkan orang kaya tidak bisa tidur karena takut tertimpa musibah yang dapat menyebabkan hilangnya segala kekayaannya.
Tetapi sekalipun mereka tidak kehilangan sesuatu, mereka tidak akan membawa apa-apa ketika
meninggal dunia.  Sangat menyedihkan bahwa demikian banyak orang bekerja dengan begitu keras untuk memperoleh harta kekayaan melimpah padahal jauh lebih baik mengumpulkan harta di sorga (Mat 6:19-21).

Ayat 17-19: Apabila Allah mengizinkan kita menikmati pekerjaan kita dan memperoleh dengan cara jujur
Iebih daripada yang kita butuhkan, kita harus menganggap apa yang kita mlliki sebagai karunia Allah, untuk dipakai menolong orang lain dan memperluas kerajaan Allah di bumi.

DISKUSI
Rangkaian bacaan dari Pengkhotbah ini amat tepat saat datang di tengah merebaknya kehidupan materialis dan hedonis yang hebat melanda banyak orang. Korupsi dan penyalahgunaan wewenang dilakukan bahkan tanpa takut tertangkap dan tidak mengingat janji jabatan.

* Hidup yang sama sekali di atas kemampuan pembiayaan berdasarkan gaji dipertontonkan tanpa sungkan. Politik, kelembagaan dan sosial umum setiap hari memperlihat- kan penurunan praktek kehidupan yang jujur, berjuang bagi kepentingan umum dan pelaksanaan praktik keberagamaan oleh yang bersangkutan.

* Bahkan kekayaan justru bisa menjadi faktor yang membuat orang tidak bisa hidup bahagia (ayat 11-12). Mampu bahagia dalam apa yang dimiliki adalah karunia Allah semata (ayat 17-19). Ketidakberdayaan manusia. Pengkhotbah bukan pesimis, tetapi realistis tentang kefanaan dan keberdosaan manusia. Kedua hal itu mem buat manusia tidak berdaya untuk membuat hidupnya berarti dan berbahagia.

Apakah kita adalah orang yang dikarunia Allah kekayaaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya? Jangan ragu, terimalah bagian yang diberikan Allah kepada kita masing-masing. Mari bersukacitalah dalam jerih payahmu. Namun apablla itu semua merupakan hasil perampasan korupsi, janganlah menikmatinya.

Apabila kita toh hendak menikmatinya, sadarlah bahwa kita mengundang penghukuman atas diri kita. ltu bukan karunia Allah, la pun tidak mengizinkan kita untuk menikmatinya.


MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU,13 JULI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.365 : 1 -Berdoa
TAMAK DAN RAKUS

Pengkhotbah 5:7-16
"...kekayaan yang disimpan oleh pemiliknya menjadi kecelakaannya sendiri. (ay.12b)

Baik kekayaan alam maupun harta dan uang merupakan bagian dari pemeliharaan Tuhan. Manusia sering gagal memahaminya, lalu menganggapnya sebagai milik yang harus terus ditambahkan kepadanya sampai ia tidak dapat menguasainya lagl. Di dalam Alkitab hal-hal tentang uang digambarkan secara negatif seperti  . .akar segala kejahatan ialah uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah men yimpang dari iman dan men yiksa dirin ya dengan berbagai-bagai duka."(l Tim 6:10). Kata kunci dari ayat ini mengacu kepada 'cinta' akan uang, yang artinya 'tamak dan kikir'. Sama dengan seorang yang terjebak dalam nafsu dan menjadikan dirinya sebagai penyembah berhala dari dewa uang. Dia akan berusaha keras untuk mendapatkan uang dan mengejar kekayaan meski dengan tidak halal; dengan berbuat curang dan jahat.

Tentang uang dan kekayaan, Pengkhotbah mengingatkan "  kekayaan yang disimpan oleh pemiliknya menjadi kecelakaannya sendiri (ayat 12b-13). Orang berkata, jangan bekerja untuk uang, tetapi buatlah uang itu bekerja bagi kita. Oleh karena itu kita harus berhati-hati. Ketergantungan akan semua itu mengakibatkan ketagihan yang hebat dan satu saat akan mematikan. Tidur tanpa beban menjadi hal yang mahal bagi orang yang tidak memahami maksud pemeliharaan Allah. Kekayaan itu dapat membawa kita menjauhi Allah, serta membawa hati kita keluar dari tugas dan kewajiban kita bagi-Nya. Sungguh! Kekayaan membawa kepada kemalangan, karena maksud dan praktek penggunaannya bagi kepentingan diri sendiri.

Pengkhotbah mengingatkan kita tentang kondisi orang yang telah bekerja secara sia-sla, bagaikan menjaring angin belaka. Orang itu bukannya sedih lalu bertobat, tetapi ia marah terhadap pemeliharaan Allah, marah pada segala hal tentang dirinya, dan semua itu menggandalkan kemalangannya. Maka, gunakanlah waktu, kekayaan, dan talenta atau kemampuan bagi pekerjaan dalam ladang Tuhan.

KJ.365 : 4
Doa : (Berikan hikmat-Mu Tuhan, agar harta dan uangku menjadi berkat bagi sesama)



MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU, 13 JULI 2016
RENUNGAN MALAM
GB.87 : 1 - Berdoa
BERBAHAGIALAH DALAM KARUNIANYA

Pengkhotbah 5:17-19
Satlap ora ng yang dikaruniaAllah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk
monerima bahagiannya dan untuk bersukacita....(ay.1B)

Hidup itu karunia Allah la-lah sumber segala kenikmatan hidup dan memberikan kepada manusia yang berjerih payah untuk mendapatkannya. Karena karunia Allah, maka manusia juga berhak menikmatinya. Harta kita, sedikit ataupun banyak, semua milik kita adalah pemberian Allah. ltu bukanlah sumber sukaclta, tetapi olehnya kita mendapatkan alasan untuk bergembira sebab yang baik itu datang dari Allah. Arahkan diri kita kepada Sang Pemberi, bukan kepada pemberian-pemberian-Nya.

Kita dapat merasa cukup, bila menyadari bahwa di dalam Dia, kita memiliki semua yang kita butuhkan. Hati yang penuh sukacita adalah suatu berkat yang besar. Olehnya kita dapat bekerja dengan mudah. Kemalangan pun menjadi rlngan. Apabila kita menggunakan kekayaan kita secara pantas, kita akan mengingat masa lalu kita dengan senang. Allah adalah Pemberi hidup dan kenikmatan hidup. Milik itu hendaknya digunakan secara konsekuen selaras dengan kehendak Allah dan bagi kemuliaan-Nya. Kita pasti ingat apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus sendiri, kepada pengikut-Nya, untuk mengarahkan perhatian mereka bukan pada berkat yang diberikan-Nya, melainkan kepada diri-Nya sendiri (Yohanes 6:27).

Kristus adalah Roti Hidup, satu-satunya makanan bagi jiwa kita. Jiwa berarti raslonalitas atau akal, dan juga kehendak kita. Betapa besar manfaat Roti Hidup bagi keputusan dan tanggung-jawab kita. Siapapun, rendah atau tinggi kedudukannya, harus memperlihatkan kebenaran dan ketepatan keputusannya serta mampu mempertanggungjawabkannya, kini maupun nanti. Apakah kita adalah orang yang dikaruniai Allah kekayaaan, harta benda dan kuasa untuk menikmatinya? Jangan ragu, terimalah bagian yang diberikan Allah kepada kita masing-masing. Namun apabila itu semua merupakan hasil perampasan korupsi, janganlah menikmatinya.

Apabila kita toh hendak menikmatinya, sadarlah bahwa kita mengundang penghukuman atas diri kita, sebab itu bukan karunia Allah.

GB.87 : 2
Doa : (Lepaskanlah kami Bapa dari keinginan untuk menikmati kerja korupsi. Biarlah kami mendapat kebahagiaan)




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 14 JULI 2016 - ALLAH LEBIH KUAT Pengkhotbah 6:10-12 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA,12 Juli 2016 - HIKMAT DAN KONSEKWENSI Pengkhotbah 1:16-18 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 25 Agustus - 2 Tawarikh 17-19


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,   renungan mazmur 2:1-12,   renungan mazmur 2:1-12,   sabda bina umat agustus 2019,   khotbah daniel 4:19-27,   khotbah daniel 4:19-27,   download mp3 instrumen piano lagu rohani kristen,   lukas 6:27-36,   tata ibadah minggu gbi,   tata ibadah minggu gbi,   lagu penutup ibadah,   bila topan kras melanda hidupmu bahasa batak,   LAGU ROHANI,   download musik Kristen m3,   maksud Injil Lukas 13:22-30,   Berjuang untuk masuk melalui pintu yang sesak, renungan katolik,   download lagu rohani terbaru 2019,   khotbah tentang filemon,   Download lagu rohani kristen kedukaan,   lhotbah kis rasil 6 1 7 gpib,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,tema Kemenangan Yang Hanya Dari-Nya(Ratapan 1:1-6)?,   chord gitar lagu jadikan aku terangmu,   sabda bina umat gpib 2019,   tata ibadah 2019 uem,   khotbah imamay 25:39-43,   lagu lagu ibadah liturgi pentakosta,   download lagu paduan suara gereja,   tafsiran luk 21:24b,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   Download lagu rohani-Yesus pokok kitalah carangnya,   Roma 13 ayat 1~7 khotbah hkbp,   jamita 3 musa 25 39-43,   mars pkb gpib,   jamita 3 musa 25 39-43,   tata ibadah gbi,   Download renungan 1 Tawarikh 16:10,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   donwload lagu koor GBI,   yesus sayang padaku mandarin,   hati yang hancur chord,   ibadah nyanyian renungan roma 13:1-17,   doa persembahan syukur kristen protestan,   khotbah dari lukas 10 : 13,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   hatorangan sermon gkpi lukas 6:27-36,   lirik kppk 215,   khotbah lukad 7:27-36,   lagu persembahan,   lagu persembahan,   hatorangan lukkas 6;27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   renungan amos 5:7-13,   Mazmur 37 : 30 - 40,   lagu pembukaan ibadah wa,   khotbah roma 13 : 1 - 7,   Download lagu rohani terbaru 2019,   kmm 4,   kmm 4,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Lagu pengakuam dosa,   lagu rohani kristen terbaru 2018 mp3 free download,   Lagu lagu NKPI,   pencipta lagu may the mind of christ my saviour,   Arti khotbah imamat :5:39-43,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   Khotbah roma 15:1-13,   khotbah mazmur 51:1-21,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,