Save Page

Pengkhotbah 11:7-8
11:7 Terang itu menyenangkan dan melihat matahari itu baik bagi mata; 11:8 oleh sebab itu jikalau orang panjang umurnya, biarlah ia bersukacita di dalamnya, tetapi hendaklah ia ingat akan hari-hari yang gelap, karena banyak jumlahnya. Segala sesuatu yang datang adalah kesia-siaan.


Penjelasan:


* BEBERAPA PELAJARAN TENTANG SIKAP BERHATI-HATI SECARA BERLEBIHAN (11:1-8).
Karena masa yang akan datang selalu tidak dapat diramalkan, bahkan "siasat terbaik dari kancil dan manusia bisa tidak mencapai sasaran," maka orang harus berani mengambil risiko jika dia ingin berhasil. Orang yang hanya menunggu sampai dia merasa aman akan menunggu selamanya.

* Iman sejati adalah percaya kepada rencana Tuhan.
Jim dan Elizabeth Elliot bersama seorang putrinya pergi menjadi utusan Injil ke Equador, Amerika Selatan. Dalam sebuah kunjungan ke pedalaman, Jim dan beberapa rekannya dibunuh oleh penduduk asli. Niat Elizabeth Elliot untuk memberitakan Injil tidak surut sehingga ia memutuskan masuk ke daerah pedalaman tersebut untuk meneruskan pekerjaan yang telah dirintis almarhum suaminya. Ia melayani Tuhan di sana dan akhirnya, orang yang membunuh suaminya pun menjadi anak Tuhan.

Dalam hidup ini ada banyak hal yang terjadi namun, sedikit yang mampu kita pahami. Seberapa pun kepandaian manusia memahami semua ilmu pengetahuan dan mampu menciptakan berbagai alat yang berguna bagi kehidupan, tetap ada banyak peristiwa hidup yang tak terselami. Keterbatasan tersebut disebabkan Tuhan yang mengatur kehidupan manusia dan di "tangan-Nyalah" nafas semua makhluk hidup. Firman Tuhan menyatakan "Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah" (ayat 5). Pekerjaan Tuhan terhadap dunia ini tak terselami, seperti kita juga tidak mampu mengatur pertumbuhan benih yang kita tabur di tanah (ayat 6) ataupun memahami gerakan alam semesta ini (ayat 3). Adakalanya kita lupa bahwa kita bukanlah pusat dari alam semesta; melainkan kehidupan kita di dunia ini hanyalah bagian kecil dari rencana Tuhan yang besar. Oleh karena itu, berbahagialah mereka yang memercayai Tuhan dalam segala lakunya (ayat 8).

Namun, ada satu penghiburan bagi kita anak-anak-Nya yaitu Tuhan itu kasih. Jika Ia bukanlah Tuhan yang kasih maka Ia tidak akan mau menjadi manusia untuk mengorbankan diri-Nya di kayu salib dan membayar hukuman atas dosa kita. Sebenarnya, Tuhan tidak harus menjadi manusia, tetapi Ia memilih untuk melakukan semua itu demi kasih-Nya kepada kita. Kendati Ia mengijinkan sesuatu yang buruk menimpa kita bukan berarti rancangan-Nya yang indah untuk hidup kita akan gagal.

Renungkan: Iman sejati berarti memercayai rencana Tuhan tetap yang terbaik bagi hidup kita pada saat kita sedang menderita.


SBU


MINGGU IX SES. PENTAKQSTA
SABTU, 23 JULI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ 46:1,2 -Berdoa
MEMBERI ITU MAMPU ATAU MAU

Pengkhotbah 11:1-6
Barikanlah bagian kepada tujuh, bahkan kepada dolapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka
apa yang akan terjadi di atas bumi (ay.2)

Akhir-akhir i-ni yang paling banyak dikeluhan, dikhwatiran dan dicemaskan orang-orang Kristen adalah sikap memberi. Bagaimana saya dapat memberi kalau hidup saya saja kekurangan? Bukankah seharusnya saya yang diberi, bukan saya yang memberi, karena saya kekurangan, koq saya harus memberi? Memberi adalah wujud pertanggung-jawaban iman kita kepada Tuhan. Semua orang bisa memberi. Kalau yang mampu tidak mau memberi, itu namanya tidak peduli. Apabila memberi itu
diukur dari kemampuan kita, maka kita hanya akan berani memberi sedikit. Tetapi kalau memberi itu kita kaitkan dengan iman, maka kita berbicara tentang kekuatan yang mengalahkan dunia, seperti yang dilaporkan Paulus tentang jemaat-jemaat di Makedonia (2 Kor. 8 : 1 - 5). Suatu contoh memberi yang sangat indah, terpuji dan dapat dijadikan teladan.

Mengapa kita memberi? Mengapa kita masih bertanya? Karena sikap kita sangat tidak adil kepada Tuhan yang sudah memberikan segalanya kepada kita. Betapa mengerikannya jika Tuhan bersikap seperti, kita bersikap kepada-Nya? Kita mau Tuhan memperhatikan kita dan kebutuhan kita. Kalau tidak kita jadi marah, "Apa gunanya saya percaya kepada Tuhan?" Tetapi pertanyaannya adalah apakah Anda juga mau memperhatikan Tuhan?

Pengkhotbah mengajak kita agar senantiasa bermurah hati atau punya kemauan untuk memberi. Menurutnya kalau kita mau menjadi orang bijaksana salah satu langkahnya adalah kita suka
berbagi atau rela memberi. "melempar roti ke air" memiliki arti membuang sesuatu yang tampaknya sia-sia. Kalau kita memberi sesuatu kepada orang janganlah kita menghitung-hitungnya atau
mengharapkan mendapat imbalan dari tindakan itu, apalagi kepada Tuhan. Baiklah kita melakukannya dengan murah hati tanpa mengharapkan imbalan.

KJ. 178 : 1,2
Doa : (Ya Bapa, kasih-Mu setinggi langit dan setia-Mu sampai keawanawan, berilah hikmat kepada kami agar selalu bersyukur pada-Mu)



MINGGU IX SES. PENTAKQSTA
SABTU, 23 JULI 2016
RENUNGAN MALAM
KJ 40:1 -Berdoa
MENGINGAT RAYAKAN PERBUATAN TUHAN

Pengkhotbah 11:7-8
Torang ltu manyenangkan dan melihat matahari itu baik bagi mata; (ay.7)

Dalam bagian ini Pengkhotbah ingin mengatakan bahwa hidup ini memang penuh misteri. Ada banyak hal terjadi dalam hidup ini yang tidak kita rencanakan atau kehendaki. Hidup diumpamakan sebagai terang yang menyenangkan, matahari yang baik bagi mata.

Kita sudah seharusnya tetap perlu bersyukur atas kehidupan yang diberikan Tuhan. Kadang manusia melupakan hal ini karena beratnya beban hidup yang dipikulnya. Namun pengkhotbah senantiasa mengingatkan bahwa hidup itu sendiri sebenarnya selalu lebih baik daripada mati (ay. 8). Hidup yang Tuhan karuniakan adalah sesuatu yang begitu berharga, sebuah kesempatan yang begitu indah. Karena itu, mari kita bersyukur dan bersukacita atas kehidupan yang Tuhan karuniakan ini. Lagipula orang yang
tidak dapat mensyukuri dan menerima hidup dan kehidupannya yang sekarang ini adalah orang yang paling malang.

Selain itu pengkhotbah juga mengingatkan bahwa suatu saat kita akan mati, "ingatlah akan han'-han' yang gelap, karena banyak jumIahnya."(ay. 8). Karena itu, kalau sampai malam ini kita masih dapat menikmati hidup, biarlah kita terus hidup dengan sebaik-baiknya. Menyadari bahwa hidup itu terbatas, baik dari waktu dan maupun segala kesempatan pasti membuat kita akan melakukan yang terbaik untuk kehidupan ini dan kemuliaan Tuhan. Akhirnya kita dapat berujar, puji Tuhan kalau kita bisa melewati hari ini dengan segala perjuangan dan pergumulannya, semua itu karena Tuhan memungkinkannya.

KJ. 40 : 3, 4
Doa : (M alam-Mu datang mengajak kami merenungkan kebesaran kasih-Mu dan membuat kami tersadar untuk selalu kembali berserah kepada-Mu)

Label:   Pengkhotbah 11:7-8 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu 24 Juli 2016 - Pengkhotbah 11:9-10 - MINGGU X SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 22 JULI 2016 - PEMIMPIN IDAMAN - Pengkhotbah 10:16-20 - MINGGU IX SES. PENTAKOSTA

Garis Besar Pengkhotbah





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 12 November - Kisah Para Rasul 7-9

Hari ini, 12 November - Maz 119:157-163, Yeh 9-10, Ibr 8, Ams 28:20-21

12 Nopember - Yohanes 10:11-21, 1 Yohanes 2:18-23, Ayub 11, Yehezkiel 31 – 32

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   nyanyian rohani no.97,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   kalender liturgi katolik bulan nopember 2019,   khotbah keluaran 23;1-13,   forevermore gms mp3,   renungan Nahum 1 : 1-8,   ulangan 24:19-22 kotbah GPIB,    bagaimana menyusun kerangka kotbah ulangan 24:19-22,   kejadian 1:11-31 tidak sesuai dengan pengetahuan,   alangkah indah dalam rumah doamu beban ku terlepas ganti kelegaanku ,   download mp3 rohani,   khotbah minggu 15 desember 2019,   khotbah minggu 15 desember 2019,   kotbah roma 1 : 28--32,   khotbah mazmur 138,   khotbah mazmur 138,   MP3 tabuh gendang,   gereja salamat haru natal ,   kotbah partangiangan ulangan "24 19-22" melindungi sesama manusia,   kotbah kristen tentang melindungi sesama manusia ulangan "24 19-22",   bimbinagan menulis kerangka kotbah ulangan 24:19-22 ,   khotbah mini dari nats matius 22:34-40,   Nats khobat pada hari ini tanggal 10 november 2019 yang tertulis di Amsal 19: 20-29 dengan tema " me,   lewatlah malam yang gelap,   trio elexis,   ulangan 16:18-20 renungan di kaitkan dengan pemuda kristen,   Renungan Mazmur8:2,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   Khotbah hr nr gmit,   daftar bacaan sinode gmit 2019,   amsal 19:20-29,   khotbah dari kitab nahum,   lagu pkj taize,   orang kaya susah masuk sorga,   nyanyian rohani kesukaan yang ceria lirik,   pupuja maria nama gereja katolik di bali,   khotbah dari kitab nahum,   lagu gms live,   kalender liturgi katolik 2019,   gereja tiberias indonesia,   Download lagu rohani ambon,   Amsal 19:20-29,   jamita hkbp minggu 10 november 2019,   kotbah amsal 19:20-29,   kotbah kristen rotestan minggu 10 november ini,   khotbah matius 8:23-27,   ibadah minggu 10 november 2019 hkbp,   ibadah minggu 10 november 2019 hkbp,   Khotbah minggu gereja gpib,   Khotbah minggu gereja gpib,   tafsiran amsal 19:20-29,   Renungan filemon 1-4-7,   Renungan Ayub 12:14,   kmm no 4,   lirik lagu jadikan aku terangmu Tuhan disekolah dirumah dan dimana saja,   bahan khotbah mazmur 11:1-7,   Khotbah amsal 19:20-29,   kmm no 4,   kmm no 4,   kmm no 4,   lagu untuk membawa persembahan,   Tema dari Amsal 19:20-29, yaitu: Mendengar dan melakukan nasehat,   renungan harian 1 tesalonika 4:13-18,   lagu persbahan,   ilustrasi dari kitab imamat 14:33-53,   lirik lagu cu ye su ai wo,   Tema dari Amsal 19:20-29, yaitu: Mendengar dan melakukan nasehat,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   Lagu pkj utk tabis majelis,   kidung ceria 248,   Lirik dan akord lagu Kidung ceria 248,   Lirik dan akord lagu Kidung ceria 248,   Kidung ceria Sekolah minggu Jangan kita takut,   renungan 2 tesalonika 2: 1-17,   Renungan pagi kel kristen 10 nov 2019,   yutube lagu gereja hit 2019,   khotbah imamat 14:33-53,   nyanyian rohani 136,   nyanyian rohani 146,   lirik lagi gereja sabda tuhan,   khotbah amsal 19:20-29,   lirik lagu rohani 10 november 2019,   kobah minggu 10 november 2019,   khotbah Mazmur 33:,   jamita minggu 27 okt 2019 daniel,   khotbah Mazmur 33:9,   KHOTBAH AMSAL 19 : 20-29,   Amsal 19:20-29,   Kidung rohani.com/mp3 sydney mohede-dia jamah,   download lagu kristen,   Khotbah amsal 19:20-29,   amsal 19:20-29,   ilustrasi khotbah matius 13 53 58,   kotbah amsal 19:20-29,   khotbah ibadah minggu 10 november 2019,   Renungan Imamat 14:33-53,   khotbah ibadah minggu 10 november 2019,   Renungan Imamat 14:33-53,   lirik lagu tuhan terang kasihMu bersinar,   bacaan liturgi 10 novemb,l,   sabda bina umat gpib 10 november 2019,   sabda guna krida dharma gpib 10 novemb,   bacaan liturgi 10 novemb,l,   lagu persemban untuk TUhan,   habakuk 3 ayat 14-19,   penjelasan 1 tesalonika3,   renungan Pengkhotbah 11:4 untuk ayat persembahan,   lagu gereja.com,   Renungan harian dari 1 timotius 3:14-16,   jamita filipi 4 :10-20,   jamita filipi 4 :10-20,   jamita filipi 4 :10-20,   nyanyian rohani untuk pernikahan,