Save Page

Timotius 3:14-16
3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." 3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

Penjelasan:


* Kej 3:14
Keadaan ular sekarang ini dilukiskan sebagai siksaan, selalu memperingatkan orang akan tabiat ular jang sangat nista.
Selain itu pengarang bermaksud membantu anggapan kafir, jang memandang ular binatang kebidjaksanaan dan kebahagiaan, lagi mentjela pemudjaan berhala sebagai pengulangan dosa pertama jang mendatangkan kemalangan dahsjat atas umat manusia.

* Kej 3:15
Bukan hanja akan ada permusuhan antara manusia dan ular pada umumnja, tetapi pertempuran jang sengit antara manusia dan ular ini, jang memperudjudkan pangkal segala kedjahatan. Seluruh sedjarah Israel dan umat manusia terlibat dalam pertentangan ini. Achirnja keturunan wanita akan menang dan meremukkan kepala ular itu.
Dalam ajat ini tertjantum pula harapan Israel akan kedatangan Al-Masih dan keradjaannja. Dalam keradjaan ini tiada tempat bagi kedjahatan, dan maksud Tuhan terlaksanakan. Djandjian kedatangan Al-Masih, jang diberikan kepada Israel, oleh pengarang ditempatkan pada awal sedjarah, dimasukkan kedalam rantjangan Tuhan mengenai manusia jang berdosa. Maka dari itu ajat ini disebut djuga "proto-evangelium", artinja ramalan-ramalan warta-gembira, jang akan terlaksana dalam diri Kristus, Putera Wanita.

* Kej 3:16
Keadaan manusia sekarang, penderitaan dan maut, hanja dapat diterangkan sebagai siksaan akibat dosa. Ketjuali apa jang baik, manusia sekarang mengalami djuga keadaan fisik jang tak baik, akibat sikapnja memberontak terhadap Tuhan.
Untuk memberi gambaran singkat jang konkrit, pengarang mengutarakan penderitaan jang terlebih karakteristik bagi wanita dan pria. Untuk kaum Hawa: melahirkan dengan kesakitan, penindasan dari pihak pria, jang pada djaman itu djauh lebih berat menekan daripada sekarang.
Bagi kaum Adam: bekerdja dengan menanggung banjak djerih-pajah mengolah tanah ("adamah), jang bersama dengan si-manusia ("adam) telah terkutuk. Demikian djelaslah pula, bahwa dosa telah menjerang hidup manusia sendiri. Siksaan mengenai lahirnja keturunan (wanita) dan mengenai tugas menegakkan hidup (pria), dan achirnja memuntjak dalam maut (a. 19)(Kej 3:19).


SBU


MINGGU X SES. PENTAKOSTA
SENIN, 25 JULI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.363 : 1,2 - Berdoa
MENJADI YANG LAYAK BAGI TUHAN

1Timotius 3 : 1 - 13
Karena mereka yang melayani dengan baik berolah kedudukan yang baik.... (ay.13)

Bersedia menjadi pelayan Tuhan bukan serta merta bahwa kita layak melayani Tuhan. Jika Tuhan memanggil seseorang dan mempercayakan pekerjaan pelayanan maka itu adalah suatu anugerah. Berarti Tuhan melayakkan orang itu untuk bekerja bagi-Nya. Jika kelayakkan itu diberikan Tuhan, bersyukurlah karena Tuhan sendiri menetapkan kita bagi-Nya.

Paulus perlu mengingatkan, menjawab panggilan Tuhan harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan sehingga pekerjaan pelayanan yang Tuhan percayakan itu menjadi berkat. Paulus menekankan, "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah". Artinya, jabatan penilik jemaat itu bukan jabatan untuk mencari keuntungan. Bukan orientasi pada upah apa yang akan diterima. Tetapi jabatan itu sangat dihormati dan keindahannya adalah pada kemuliaan dari jabatan itu dengan syarat-syarat yang ada.

Siapa yang disebut penilik jemaat? Dalam bahasa Yunani episkopos, yang artinya gembala jemaat atau penatua. Mereka ditetapkan Tuhan untuk menggembalakan jemaat. Persyaratan-persyaratan tersebut bisa mem unculkan pertanyaan, "Apakah ada orang yang memenuhi persyaratan itu? Jawaban yang kita harus imani adalah "ada". Setiap orang yang layak bagi-Nya akan Ia mampukan layak bagi-Nya. Jika kita katakan "tidak ada" berarti kita yang meniadakannya karena tidak mau dibentuk oleh Tuhan sesuai kehendak-Nya. Anugerah melayani Tuhan hendaknya disikapi dengan memelihara kekudusan agar pelayanan kita berkenan bagi-Nya dan memberkati jemaat yang dilayani. Jelas bahwa tidak ada yang mustahil jika Tuhan menggunakan seseorang bagi Kerajaan-Nya Tuhan berkehendak segala sesuatu yang baik itu datang dari setiap orang percaya yang la Iayakkan
bagi-Nya.

KJ.363 : 3,5
Doa : (Tuhan Iayakkan kami untuk menjawab panggilan-Mu atas kami dan mampukan kami menjadi pelayan yang berkenan bagi-Mu)



MINGGU X SES. PENTAKOSTA
SENIN, 25 JULI 2016
RENUNGAN MALAIVI
KJ.249: 1,2 -Berdoa
HIDUP SEBAGAI KELUARGA ALLAH

1 Timotius 3:14-16
...sudahIah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah... (ay.15)

Apa yang Paulus mau sampaikan kepada Timotius? Timotius rekan kerja Paulus yang bertugas di Efesus. la masih muda dan Paulus tahu bahwa tanggung jawab yang diemban Timotius sangat berat. Paulus menaruh kepercayaan besar kepada Timotius dengan keyakinan bahwa Timotius dapat menjalankan tanggung jawab pelayanannya dengan baik. Mengapa? Karena bagi Paulus, Timotius mempunyai pengetahuan yang baik tentang apa yang menjadi dasar hidup jemaat dan etika hidup ke-
kristenan sebagai keluarga Allah.

Paulus menjelaskan kebenaran Allah adalah kebenaran yang agung yakni Kristus. Karenanya kehidupan jemaat harus diatur baik. Kalau semua dalam pengaturan yang baik, jemaat akan memiliki kesadaran, kemauan dan semangat untuk hidup sebagai keluarga Allah. Dulu jemaat belum mengenal baik kebenaran itu. Masih menjadi suatu rahasia. Tetapi yang rahasia itu tidak lagi rahasia karena sudah dinyatakan kepada jemaat sehingga sekarang jemaat mengenal-Nya dengan baik. Dialah yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan. Kristus yang adalah perwujudan kasih Allah yang agung.

Kedudukan jemaat sedemikian mulia dan berharga, maka sepatutnyalah kehidupan jemaat itu menunjukkan kedudukannya. Jemaat menyaksikan tentang Kristus, Allah yang penuh kebaikan. Semakin nilai-nilai kekristenan dipraktekkan dalam keseharian, yakni : baik, jujur, tulus, benar, adil, taat, rela berkorban itu berarti karena kuatnya pengenalan dan penghayatan jemaat akan kebaikan Allah. Yang pasti setiap jemaat yang adalah keluarga Allah, akan menjadi saksi Kristus, Dia-lah Allah yang berlimpah kebaikan.

KJ.249: 3
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kami menjadi jemaat yang menghadirkan kebenaran-Mu dalam kehidupan kami sebagai milik kepunyaan-Mu)

Label:   1 Timotius 3:14-16 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 26 JULI 2016 - KETIKA TUHAN MENJAWAB DOA Efesus 3:20-21 - MINGGU X SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu 24 Juli 2016 - Pengkhotbah 11:9-10 - MINGGU X SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar 1 Timotius






Hari ini, 12 November - Kisah Para Rasul 7-9

Hari ini, 12 November - Maz 119:157-163, Yeh 9-10, Ibr 8, Ams 28:20-21

12 Nopember - Yohanes 10:11-21, 1 Yohanes 2:18-23, Ayub 11, Yehezkiel 31-32

BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   nyanyian rohani no.97,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   kalender liturgi katolik bulan nopember 2019,   khotbah keluaran 23;1-13,   forevermore gms mp3,   renungan Nahum 1 : 1-8,   ulangan 24:19-22 kotbah GPIB,    bagaimana menyusun kerangka kotbah ulangan 24:19-22,   kejadian 1:11-31 tidak sesuai dengan pengetahuan,   alangkah indah dalam rumah doamu beban ku terlepas ganti kelegaanku ,   download mp3 rohani,   khotbah minggu 15 desember 2019,   khotbah minggu 15 desember 2019,   kotbah roma 1 : 28--32,   khotbah mazmur 138,   khotbah mazmur 138,   MP3 tabuh gendang,   gereja salamat haru natal ,   kotbah partangiangan ulangan "24 19-22" melindungi sesama manusia,   kotbah kristen tentang melindungi sesama manusia ulangan "24 19-22",   bimbinagan menulis kerangka kotbah ulangan 24:19-22 ,   khotbah mini dari nats matius 22:34-40,   Nats khobat pada hari ini tanggal 10 november 2019 yang tertulis di Amsal 19: 20-29 dengan tema " me,   lewatlah malam yang gelap,   trio elexis,   ulangan 16:18-20 renungan di kaitkan dengan pemuda kristen,   Renungan Mazmur8:2,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   Khotbah hr nr gmit,   daftar bacaan sinode gmit 2019,   amsal 19:20-29,   khotbah dari kitab nahum,   lagu pkj taize,   orang kaya susah masuk sorga,   nyanyian rohani kesukaan yang ceria lirik,   pupuja maria nama gereja katolik di bali,   khotbah dari kitab nahum,   lagu gms live,   kalender liturgi katolik 2019,   gereja tiberias indonesia,   Download lagu rohani ambon,   Amsal 19:20-29,   jamita hkbp minggu 10 november 2019,   kotbah amsal 19:20-29,   kotbah kristen rotestan minggu 10 november ini,   khotbah matius 8:23-27,   ibadah minggu 10 november 2019 hkbp,   ibadah minggu 10 november 2019 hkbp,   Khotbah minggu gereja gpib,   Khotbah minggu gereja gpib,   tafsiran amsal 19:20-29,   Renungan filemon 1-4-7,   Renungan Ayub 12:14,   kmm no 4,   lirik lagu jadikan aku terangmu Tuhan disekolah dirumah dan dimana saja,   bahan khotbah mazmur 11:1-7,   Khotbah amsal 19:20-29,   kmm no 4,   kmm no 4,   kmm no 4,   lagu untuk membawa persembahan,   Tema dari Amsal 19:20-29, yaitu: Mendengar dan melakukan nasehat,   renungan harian 1 tesalonika 4:13-18,   lagu persbahan,   ilustrasi dari kitab imamat 14:33-53,   lirik lagu cu ye su ai wo,   Tema dari Amsal 19:20-29, yaitu: Mendengar dan melakukan nasehat,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   Lagu pkj utk tabis majelis,   kidung ceria 248,   Lirik dan akord lagu Kidung ceria 248,   Lirik dan akord lagu Kidung ceria 248,   Kidung ceria Sekolah minggu Jangan kita takut,   renungan 2 tesalonika 2: 1-17,   Renungan pagi kel kristen 10 nov 2019,   yutube lagu gereja hit 2019,   khotbah imamat 14:33-53,   nyanyian rohani 136,   nyanyian rohani 146,   lirik lagi gereja sabda tuhan,   khotbah amsal 19:20-29,   lirik lagu rohani 10 november 2019,   kobah minggu 10 november 2019,   khotbah Mazmur 33:,   jamita minggu 27 okt 2019 daniel,   khotbah Mazmur 33:9,   KHOTBAH AMSAL 19 : 20-29,   Amsal 19:20-29,   Kidung rohani.com/mp3 sydney mohede-dia jamah,   download lagu kristen,