Dilihat: 1016 x

Save Page

1 Timotius 6:7-10
6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. 6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Penjelasan:

* Sikap yang Benar dari Guru-guru Sejati (6:6-10).
Keuntungan besar. Kata-kata ini rupanya memiliki pengertian yang sama, "cara memperoleh keuntungan," "sarana untuk mendapatkan nafkah," yang menjadikan ayat ini lebih mudah dipahami. Paulus bermaksud mengatakan, "Iman Kristen dengan kecukupan untuk kehidupan ini merupakan cara luar biasa untuk memperoleh keuntungan." Paulus sudah mengatakan (dalam 4:8, yang mengatakan hal yang sama dan merupakan sebuah tafsiran yang baik) bahwa kesalehan menguntungkan dalam segala hal, dengan memberikan janji itu bukan hanya untuk kehidupan ini, tetapi juga untuk kehidupan yang akan datang. Penekanan eskatologis inilah yang terus ditekankan oleh Paulus dalam sisa surat ini. Dalam ayat 7, 8 sang rasul menunjukkan kebodohan manusia yang menaruh harapan dan keinginannya pada dunia yang bersifat sementara ini. Orang seharusnya puas dengan makanan dan pakaian. Pada ayat 9, 10 ia mengembangkan pemikiran tentang kebodohan orang yang memusatkan perhatian pada pengumpulan kekayaan selaku tujuan hidup. Terjemahan Hendriksen (op.cit) tampaknya lebih disukai: Sebab akar segala kejahatan adalah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman. Cinta uang sama dengan penyembahan berhala. (Kol. 3:5; Ef. 5:5; I Yoh. 2:15) dan menuntun orang menjauh dari pengharapan sejati orang Kristen.

* Akar segala kejahatan
Pengaruh ajaran sesat menyebabkan kesaksian jemaat ke masyarakat luar menjadi buruk sehingga "nama Allah dan ajaran Kristen dihujat" (1; bdk. 5:14b). Maka penting bagi jemaat memperlihatkan sikap "menghormati" saudara seiman, terutama para janda, penatua, dan hamba terhadap tuannya. Dengan "menghormati" tuannya, baik yang tidak seiman (6:1) dan terlebih lagi yang seiman (2), serta "melayani mereka dengan baik," para hamba mengikuti teladan Kristus, yang menjadi hamba dalam ketaatan-Nya kepada Allah (Flp. 2:7). Di dalam Kristus, hamba maupun tuan adalah saudara (1Tim. 6:2; bdk. Gal. 3:28) dan setara. Namun dalam hubungan kerja, masing-masing memiliki tanggung jawabnya sesuai dengan prinsip firman Tuhan (Ef. 6:5-9; Kol. 3:22-4:1).

Pola hidup dan perilaku yang mencerminkan ibadah yang benar juga terlihat melalui sikap terhadap materi. Ajaran sesat di Efesus bukan hanya menyimpang dari ajaran Kristus serta ibadah yang benar, tetapi juga memecah-belah jemaat dan dimotivasi oleh keinginan menggaet keuntungan materi (1Tim. 6:3-5). Tidak jarang di dalam gereja Tuhan muncul orang-orang atau pemimpin seperti Simon si penyihir (Kis. 8:9-24), yang berusaha mengkomersialkan agama. Paulus menegaskan bahwa ia tidak pernah "mencari keuntungan dari firman Allah" (2Kor. 2:17; Kis. 20:33) atau "mempunyai maksud loba yang tersembunyi" (1Tes. 2:5).

Ibadah memang memberi keuntungan besar, yakni keuntungan rohani (bdk. 1Tim. 4:8), jika disertai rasa cukup (5:6). Yang dianjurkan bukan hidup melarat, melainkan rasa puas karena terpenuhinya kebutuhan pokok kita (8; bdk. Mat. 6:33). Yang harus kita waspadai ialah keserakahan, karena "cinta uang" itu seperti minum air laut makin banyak makin haus. Waspadai dosa Akhan (Yos. 7) dan Yudas (Yoh. 12:6) yang akibat cinta uang, membuat mereka "menyimpang dari iman" dan terbelit "berbagai duka" (1Tim. 5:9-10).
Renungkan: Di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada (Mat. 6:21)!


SBU

MINGGU X SES. PENTAKOSTA
SABTU, 30 JULI 2016
RENUNGAN PAGI
KJ 457:1,2 -Berdoa
PERKATAAN YANG SEHAT

1 Timotius 6:2b-6
Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah dan curiga (ay.4b)

Apa hal kecil tetapi dapat berdampak besar? Perkataan. Kata-kata yang tidak sehat yang keluar dari mulut seseorang dapat membuat orang lain sakit. Bukan sakit secara fisik tetapi sakit secara mental. Perkataan yang diucapkan oleh seseorang juga sesungguhnya dapat menunjukkan kualitas hidup seseorang terutama kualitas imannya. Melalui apa yang ia katakan maka ia sedang menyaksikan kebaikan Tuhan sehingga yang mendengarkannya akan merasakan damai sejahtera.

Paulus dengan keras menegur orang-orang yang mengajar ketidakbenaran, karena dalam mengajar mereka tidak menurut perkataan yang sehat, yakni perkataan Tuhan Yesus Kristus. Mereka menyampaikan informasi yang tidak benar. lnformasi yang disampaikan berangkat dari pengetahuan mereka yang sempit dan tidak benar tentang Tuhan. Berlagak tahu, sok tahu, seolah-olah mereka tahu banyak padahal mereka tidak tahu apa-apa. Orang yang sebenarnya tidak tahu apa-apa tetapi sok tahu akan menjadi orang yang mudah berkelit hanya untuk mempertahankan argumentasinya yang salah dan dangkal. Orang yang seperti ini kata Paulus, penyakitnya mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan : dengki, cidera, fitnah, curiga. Lebih jauh adalah percekcokan, pertengkaran dan perseteruan.

Bagaimana bisa tenang dalam menjalankan kehidupan kalau ada kebencian satu dengan yang lain? Hidup yang seperti ini tidak akan menghasilkan kebaikan apapun. Perkataan yang tidak sehat dapat juga mengacaukan pribadi orang lain serta mengacaukan persekutuan. Kehadiran kita hanya menjadi batu sandungan bagi orang lain. Perkataan yang tidak sehat hanya akan berdampak buruk bagi kita dan orang lain. Perkataan yang keluar dari mulut orang percaya seharusnya adalah perkataan yang sehat yakni perkataan yang memberkati sesama.

KJ.467 : 3
Doa : (Tuhan tolong kami menjaga mulut kami supaya hanya perkataan yang baik yang kami ucapkan)


MINGGU X SES. PENTAKOSTA
SABTU, 30 JULI 2016
RENUNGAN MALAM
KJ 51:1-2  -Bardoa
GUNAKAN UANG SECUKUPNYA

1 Timotius 6:7-10
Karena akar segala kejahatan adalah cinta uang ....(ay.10)

Realita dari awal sampai kehidupan manusia disampaikan Paulus, "Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar". Artinya manusia lahir tidak membawa sesuatu dan manusia mati juga tidak membawa apapun. Lalu mengapa dalam menjalankan kehidupan uang menjadi tujuan utama bagi banyak orang? Untuk mendapatkannya, apapun dilakukan, bahkan cara terburuk sekalipun yakni, menjual kehormatan dan harga diri.

Sesungguhnya tahukah manusia apa yang baik baginya? Manusia akan memahami bahwa yang baik bagi dia adalah apa yang ia inginkan. Keinginan manusia berhubungan dengan kepuasan. Ada yang sudah mempunyai kecukupan tetapi masih belum puas. Era ini yang bisa memenuhi kepuasan itu adalah uang. Uang menjadi segala-galanya. Uang menjadi sangat dicintai melebihi apapun. Putusnya hubungan kekeluargaan bisa hanya karena uang. Suami marah kepada istri karena uang, demikian sebaliknya. Anak-anak marahan dengan orangtua juga karena uang. Pertanggungjawaban panitia-panitia di gereja terlambat atau tidak dapat dipertanggungjawabkan juga karena uang. Uang dapat membuat seseorang menjadi sangat perhitungan terhadap Tuhan. Paulus tegas mengatakan, karena akar segala kejahatan adalah cinta uang.

Banyak orang bilang uang bukan segala-galanya tetapi segala-galanya memerlukan uang, orang Kristen tidak demikian. Hidup kita tidak diatur oleh uang. Kita hidup dan hidup itu menjadi berarti bukan karena uang yang kita miliki. Karena pemanfaatan yang salah akan uang atau cara yang salah mendapatkan uang akan membuat hidup kita tidak mempunyai arti apa-apa. Orang Kristen hidup berdasarkan apa yang Tuhan karuniakan dan itu dapat mencukupkannya. Hidupnya diberkati sehingga selalu bersyukur dan mampu menjadi saluran berkat bagi orang lain dan pekerjaan Tuhan dalam jemaat-Nya.

KJ.51 : 3,4
Doa : (Tuhan ajarlah kami untuk tidak mencintai uang melebihi cinta kami kepada-Mu)

Label:   1 Timotius 6:7-10 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 31 Juli 2016 - JADILAH PEMENANG `HIDUP YANG BENAR` 1 Timotius 6:11-21 - MINGGU XI SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 29 JULI 2016 - PELAYAN YANG BAIK 1 Timotius 5:23-25 - MINGGU X SES. PENTAKOSTA

Garis Besar 1 Timotius





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Agustus - Mazmur 82; 2 Tawarikh 20; Mazmur 83


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 25 Agustus 2019
Made A Way - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
While I'm Waiting - Travis Greene feat. Chandler Moore

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing But The Blood - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Without Your Love - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Worship Rise - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Won't Let Go - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
We Labor Unto Glory - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
Little Things With Great Love - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
The Earth Shall Know - The Porter`s Gate feat. Urban Doxology, Casey J & Leslie Jordan

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing to Fear - The Porter`s Gate feat. Audrey Assad

Minggu, 25 Agustus 2019
Establish the Work of Our Hands (feat. Aaron Keyes & Urban Doxology) - The Porter`s Gate

Sabtu, 24 Agustus 2019
More Than I Can Bear - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
I Smile - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
Better - Pat Barrett

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   dari sinai beralih kesion,   maksud dari lukas 8 17,   renungan Roma 2 ayat 1 sampai 16,   lagu batak full album mp3,   lirik lagu rohani pembuka ibadah,   Tata Ibadah HUT Lansia GKI,   liturgi ulang tahun lansia,   Tata Ibadah Hari Ulang Tahun Orang Lanjut Usia (Kristen),   tata ibadah lansia gmim,   matius 6:5-15,   lagu satriaksih,   liturgi ibadah lansia,   Tata Ibadah HUT Lansia (Kristen),   lagu rohani kristen mp3 free download,   khotbah 1 tawarikh 6 : 31-54,   download lagu GMS,   great is thy faithfilness kpri,   kotbah kristen nehemia 13 : 25-31 kotbah Penta kosta,    sermon dari ayat matius 19 ayat 1-12,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   Lagu babtisan,   khotbah mazmur 147:1-6,   khotbah mazmur 147:1-6,   Kotbah bulan Agustus 2019,   renungan ibadah keluarga kejadian 3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   sabda bina umat agustus 2019,   download instrumen piano lagu agama aku berserah,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   Lirik tasbiih al rab,   kumpulan lagu rohani gpdi,   khotbah mazmur 147:1-6,    3 Musa 25:39-43 apa artinya,   buku pujian methodist,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   lagu rohani mazmur,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   tatacara ibadah gky,   lagu pengakuan dlsa,   lagu greja,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun hotbah ulang tahun,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   Lagu2 rohani indonesia timur,   khotbah kejadian 3,   maranatha tuhan datanglah lirik,   hotbah roma 13:1-7,   tafsiran 1 tawarikh 6:31-53,   ayat untuk persembahan,   AYAT ALKITAB TENTANG MEMBERI PERSEMBAHAN,   karismatik katolik lagu mp3,   doa persembahan kolekte,   3musa 25:39-43 batak toba,   3musa 25:39-43,   lagu batak gereja hkbp,   3 musa 25:39,   hotbah roma 13:1-7,   3 musa 25:39-43 batak,   tata ibadah gpib 25 agustus 2019,   kotbah dari imamat 25:39-43,   kj hkbp no 119,   www.renungan lukas 13 22 30,   renungan 1 tawarikh 6,   khotbah 1 tawarikh 6:31-53,   sabda bina umat agustus 2019,   sabda bina umat agustus 2019,   buku pujian methodist,   khotbah dari lukas 6:27-36,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,