Save Page

1 Petrus 4:7-11
Hidup orang Kristen
4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. 4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. 4:9 Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut. 4:10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. 4:11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Penjelasan:


* 1Ptr 4:7 - Kesudahan ... sudah dekat // (kuasailah dirimu) // tenang // doa. 8. Kasihilah sungguh // sungguh seorang akan yang lain // tumpangan ... tanpa bersungut-sungut
Kesudahan ... sudah dekat. Dengan fokus yang masih terarah kepada penghakiman, sang rasul memerintahkan sikap mengendalikan diri (kuasailah dirimu), tenang dan gunakan doa. 8. Kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain. Di sini kembali yang dikemukakan adalah kasih ilahi (Yunani, agape) seperti pada I Korintus 13 yang menutupi dosa dan kesalahan orang lain. 9. Bentuk kasih yang berupa memberi tumpangan ... tanpa bersungut-sungut. Secara harfiah, mengasihi tamu tanpa bersungut-sungut. Terkandung pengertian memberikan bantuan dengan sukacita.

* 1Ptr 4:10 - Layanilah ... sesuai dengan karunia yang telah diperoleh // pengurus yang baik dari kasih karunia Allah // melayani
Layanilah ... sesuai dengan karunia yang telah diperoleh. "Karunia" yang diperoleh ialah charisma yang menjadikan penerimanya pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. Karunia ini ialah untuk melayani (Yunani, diakoneo, diaken) orang lain.. juga merupakan metode terbaik agar pemilik karunia ini senantiasa menikmati pelayanannya. Di sini kembali dikemukakan tentang saling berbagi berkat rohani.

* 1Ptr 4:11 - Jika ada orang yang berbicara // kekuatan // supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus
Jika ada orang yang berbicara. Sang rasul memperluas pengertian tentang kepengurusan yang diperkenalkan pada ayat 10. Seorang pembicara di gereja harus hati-hati agar benar-benar mengutarakan apa yang dikatakan Allah (Yunani, logia) dam bukan pikirannya sendiri. Sang pengurus harus melaksanakan pelayanannya dengan kekuatan (bukan kemampuan seperti versi bahasa Inggris tertentu) yang disalurkan Allah dengan berlimpah. Tujuan akhirnya harus senantiasa supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Di sini Petrus menyisipkan sebuah ucapan berkat, yaitu ia sendiri memberikan kemuliaan kepada Allah sebagaimana baru saja diperintahkan olehnya.

* 1Ptr 4:7-11 - Semakin giat dalam melayani.
Hidup melayani Tuhan tanpa pengharapan dalam iman adalah hidup yang kurang bergairah. Dengan adanya pengharapan dalam iman ini, kita hidup dengan tujuan yang jelas yaitu pengharapan menantikan kedatangan Kristus yang kedua kalinya.
Seruan Petrus ini mengadopsi tradisi orang Yahudi. Orang Yahudi memiliki pemahaman bahwa kesudahan dari segala sesuatu diawali dengan periode penderitaan yang hebat, dan kesengsaraan yang tiada akhir. Oleh karena itu, Petrus menasihati jemaat untuk senantiasa tenang dan berdoa (ayat 7). Petrus mendorong supaya jemaat tetap siap sedia menantikan kedatangan Tuhan. Kedatangan Tuhan kedua kali yang digambarkan "dekat" bukan berarti kita hanya tinggal menanti dan tidak melakukan kegiatan apa pun baik pelayanan maupun pekerjaan sehari-hari. Sebaliknya, justru Petrus mendorong jemaat untuk: Pertama, tetap memiliki kasih yang "bertumbuh" baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia (ayat 8). Kedua, memberikan tumpangan kepada orang lain dengan tidak bersungut-sungut (ayat 9). Kedua hal ini sulit dilakukan karena memberikan tumpangan kepada orang lain bukanlah suatu hal yang lazim pada saat itu. Tumpangan hanya berlaku untuk sanak saudara saja. Demikian juga kasih secara manusiawi terbatas hanya pada orang dan dalam hubungan khusus. Namun, kasih Tuhan membuat jemaat menjadi satu keluarga sehingga bisa memberikan tumpangan kepada orang lain yang bukan saudara. Ketiga, agar jemaat saling melayani satu sama lain sesuai dengan karunia yang mereka miliki sehingga Tuhan dimuliakan (ayat 10-11).
Kesadaran atau pengharapan tentang kedatangan Tuhan Yesus kedua kali memang akan berdampak konkret pada kehidupan dan pelayanan kita. Kerinduan berjumpa Dia dalam keadaan layak mendorong kita mengusahakan yang terbaik dalam segala hal.

Renungkan: Menantikan kedatangan Tuhan yang kedua kali seharusnya membuat kita semakin giat melayani bukannya memudar.

SGDK
MINGGU XV SES. PENTAKOSTA
RABU, 31 AGUSTUS 2016
MEMENGARUHI ATAU DIPENGARUHI
1 Petrus 4:7-11

PENGANTAR TEKS
Salah satu tema penting yang diusung dalam surat 1 Petrus
4:7-11 adalah kehidupan umat Allah yang baru dan jemaat yang
dipilih sebagai bangsa yang kudus. Penulis yang menuliskan surat
ini menghendaki agar jemaat sadar bahwa mereka akan dan
sedang menanggung pendentaan yang berat oleh karena identitas
mereka sebagai orang Kristen. Namun, penderitaan tidak akan
mampu mengalahkan mereka sebab Kristus pun telah menderita
dan mati untuk menyelamatkan umat manusia dan la telah
bangkit dan menang atas maut. Kebangkitan-Nya atas maut men-
jadi pertanda kebangkitan setiap orang percaya dari dosa-dosa
dan menjadi umat kudus.

Kehidupan sebagai umat Allah yang mengenakan manusia
baru di dalam Kristus Yesus harus berani ditampilkan dan
disaksikan dalam kehidupan sehari-hari. Petrus menasihatkan
jemaat untuk tetap saling menolong dan saling menanggung
beban. Tindakan kasih akan menjadi contoh yang paling jelas
bagi dunia sebab kasih yang diajarkan oleh Kristus adalah kasih
yang tak mengenal pamrih. Mengasihi karena alasan Allah telah
terlebih dahulu mengasihi kita adalah jenis kasih sejati. Jenis
kasih ini biasanya bersifat kekal sebab lahir dari hati yang
memahami dirinya lahir dan berasal dari Allah.

APLIKASI DAN PENERAPAN
Kita kenal 2 alat yang bernama termometer dan termostat.
Keduanya mempunyai nama yang agak mirip namun sesungguh-
nya sangat berbeda fungsinya. Termometer adalah alat pengukur
suhu. Jika suhu dingin maka termometer akan menunjukkan
angka rendah. Sebaliknya jika panas, angkanya tinggi. Berbeda
termostat. Termostat adalah alat pengukur suhu. Kita dapat
mengatur suhu berdasarkan angka yang ada pada termostat.
Bila kita ingin suhu di sekitar kita dingin maka kita dapat
menurunkan angka penunjuknya demikian juga sebaliknya.
Dengan kata lain, panas dinginnya suhu dipengaruhi oleh
termostat, jadi termometer "dipengaruhi" oleh keadaan sekitar
sedangkan termostat memengaruhi keadaaan sekitar.

Jika kita menganalogikan orang Kristen dengan kedua alat
tersebut maka jenis orang Kristen 'termometer', yakni mereka
yang sangat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi di sekitarnya.
Sebaliknya ada jenis orang Kristen 'tennostat', yakni mereka yang
dapat mengatur dirinya sendiri agar tidak terpengaruh oleh situasi
dan kondisi sekitar. lnilah jenis orang Kristen yang selalu berupaya
hidup benar sesuai Firman Tuhan, sekalipun mereka harus tinggal
di sekitar orang-orang yang berbuat dosa.

Petrus menekankan tentang hidup orang Kristen yang harus
menjadi terang di lingkungan sekitarnya. Pemahaman mereka
mengenai finnan Tuhan mestinya diperkatakan melalui perbuatan
nyata dimana Kristus dimuliakan. Kasih kepada Allah dan sesama
tidak boleh hanya menjadi slogan semata. Tiap-tiap orang per-
caya seharusnya paham akan arti kehadirannya ditengah-tengah
dunia sebagai perpanjangan tangan Allah.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI :
1. Menurut kita mengapa kita tetap bertahan dalam pen-
deritaan bahkan selalu harus melakukan kebaikan
ditengah-tengah dunia yang jahat ini? Diskusikan.
2. Sebutkan dan dafiarkan kebaikan yang dapat kita Iakukan
ditengah-tengah lingkungan yang tak bersahabat atau
yang jelas-jelas memusuhi kita.
3. Ceritakan dalam kelom pok tentang pengalaman pribadi
masing-masing tentang prinsip "tampil beda" sebagai
wujud kesaksian hidup Kristen yang berbeda dengan nilai-
nilai duniawi.


SBU


MINGGU XV SES. PENTAKOSTA
RABU, 31 AGUSTUS 2016
RENUNGAN PAGI
KJ. 372:1 -Berdoa
SIAP MENDERITA BAGI YESUS

1 Petrus 4:1-6
Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikfan, - karena barangslapa talah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa (ay.1)

Kekristenan tidak dapat dipisahkan dari "salib", yaitu lambang penderitaan, ketaatan, penyangkaian diri dan sekaligus lambang keselamatan dan kemenangan. Menjadi seorang Kristen berarti harus siap menderita, memikul salib dan menyangkal diri karena mengikut Kristus dan melakukan firman-Nya. Kita pun harus menyalibkan segala kedagingan kita, rela dibenci oleh dunia karena nama Yesus dan tidak lagi hidup seturut dengan cara hidup orang dunia. Menjadi Kristen berarti kita harus siap untuk menderita seperti Kristus menderita, yakni siap mengalami penderitaan badani. Apa arti penderitaan badani?
Penderitaan badani bukan berarti kemiskinan atau penderitaan yang ditunjukan oleh kekurangan sandang, pangan dan papan. Kristus ketika hadir ke dunia, walaupun bukan orang kaya raya, tidak
mengalami kekurangan dalam hal sandang, pangan dan papan. Kalau sampai Kristus mengalami kekurangan tersebut, tentunya janji-janji dalam Firman Tuhan, berkaitan dengan pemeliharaan Tuhan menjadi sulit kita percayai. Penderitaan dalam konteks 1 Petrus 4:1-6 adalah penderitaan yang diakibatkan oleh pergumulan melawan nafsu kedagingan dalam upaya menundukkan diri kita pada kehendak Allah. Oleh sebab itu, seorang Kristen sejati pasti memiliki pergumulan dan penderitaan tersendiri. Kalau ada orang Kristen berkata bahwa hidupnya aman-aman saja tanpa penderitaan, maka orang itu berdusta dan menipu diri sendiri.

Sekarang ini banyak orang lebih mudah terjerat dalam pola hidup dunia yang individualistis dan hedonis. Kita tidaklah demikian. Tuhan sudah menderita bagi kita. Karena ilu, biarlah kita juga siap menanggalkan segala hawa nafsu daging yang menimbulkan dosa, dan berlomba-lomba melakukan kehendak
'Allah demi sejahtera diri sendiri, keluarga, sesama dan demi kemuliaan Tuhan, meskipun disertai berbagai penderitaan.

KJ. 372 : 3
Doa : (Tuhan tolong kami agar selalu siap berkorban menderita karena nama-Mu)



MINGGU XV SES. PENTAKOSTA
RABU, 31 AG USTUS 2016
RENUNGAN MALAM
KJ 428:1 -Berdoa
MELAYANI SEBAGAI PANGGI LAN DARI KRISTUS

1 Petrus 4:7-11
Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah (ay.10)

Banyak orang Kristen sering terjebak dalam pemahaman "memberi dan menerima". Mereka tergoda untuk memikirkan apa yang akan ia peroleh jika ia melakukan suatu kebaikan kepada orang lain. Akibatnya jika mereka tidak melihat adanya keutungan yang akan didapatkan, mereka akan urung untuk
bertindak. Ada orang yang enggan melayani dengan sungguh, karena menganggap tidak mendapatkan sesuatu keuntungan bagi dirinya, khusus keuntungan material. Sebaliknya, ada orang yang giat melayani, karena memperoleh keuntungan besar; bahkan terkadang menggunakan pelayanan itu untuk memperoleh keuntungan pribadi.

Anggapan, sikap dan tindakan melayani seperti dijelaskan di atas akan membuat kita tidak mampu menjadi pengurus yang baik dari kasih karuniaA||ah. Sehingga, tanpa disadari, kita menahan kebaikan dari mereka yang sebenarnya membutuhkan perhatian. Kita tahu bahwa menabur kebaikan tidak sama dengan melakukan investasi yang biasa dilakukan di dunia bisnis. Kita tidak selalu menerima balasan atau pamrih dari orang yang kita bantu.

Petrus menjelaskan kehidupan orang Kristen adalah kehidupan yang menaburkan kebaikan dan kasih. Kebaikan dan kasih bukan sekedar perintah atau kewajiban tetap sebaiknya melekat dan menjadi standar kehidupan orang Kristen dimana pun ia berada. Pertanyaan untuk perenungan pada malam ini untuk kita jawab adalah apakah kita tergoda untuk menahan memberi kasih kepada mereka yang memerlukannya ? Apakah kita merasa tidak mendapatkan keuntungan dari perbuatan kasih yang kita lakukan ataukah kita hanya mau melakukan tindakan kasih kepada mereka yang hanya seiman dengan kita? bukan kah kehadiran Kristus tertuju untuk semua orang. Maka penuhilah hukum Kristus dengan menabur kebaikan kepada semua orang. Berbuatlah karena kita mensyukuri akan kasih Kristus.

KJ.428 : 5,6
Doa : (Ajarlah kami melakukan kasihMu dalam kehidupan kami agar panggilan melayani sesama dapat kami praktikkan dengan sungguh)

Label:   1 Petrus 4:7-11 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 1 September 2016 - PENDERITAAN SEBAGAI UJIAN DAN DIDIKAN 1 Petrus 4:14-19 - MINGGU XV SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 30 AGUSTUS 2016 - HATI NURANI YANG BAIK SEBAGAI KARUNIA DARI ALLAH 1 Petrus 3:17-22 - MINGGU XV SES. PENTAKOSTA

Garis Besar 1 Petrus






November 10-16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 17 November - Galatia 4-6

Hari ini, 17 November - Maz 122:1-7, Yeh 19-20, Ibr 11:20-40, Ams 29:2-3

Hari ini, 17 Nopember - Yohanes 11:45-57, 1 Yohanes 4: 1-6, Ayub 15:17-35, Yehezkiel 42-44

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lirik lagu sering kutanya pada diriku,   cerita sekolah minggu 28 april 2019,   renungan mazmur 39,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019 ,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019,   kalender katolik bulan november 2019,   susunan lagu gpdi untuk ibadah miggu,   keluaran 19 : 1-6,   emmanuel singers mp3 download,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   penjelasan nats yesaya 65 17 25,   khotbah jermia 33 14 16 gpib,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   sabda guna dharma krida 2019,   materi katekisasi gpib,   khotbah nahum 1:1-8,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   lagu penutup dalam ibdah,   MP3 lagu rohani bahana nama Tuhan SATB,   lagu persembahan kristen rohani,   jamita minggu pilipi 4 : 10 - 20,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   nyanyian lagu kanon,   renungan mazmur 72,   lagu buat persembahan persembahan,   lagu pujian gbi rock,   Khotbah Matius 16 : 13-20 Anugerah Allah Nyata dlm pengakuan Iman,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   lagu pujian syukur,   KHOTBAH YOHANES 3 AYAT 1 SAMPAI 21,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   jamita pilipi 4:10-20 versi hkbp,   kmm 99:1-2,   santapan rohani kristen Minggu 17 Nov 1019,   download lagu rohani boom boom,   khotbah Nahum 1: 1- 8,   khotbah nahum 1 1 8,   lirik dunia gemar dan soraklah dan joy to the wordl,   khotbah nahum 1:1-8,   khotbah dari maz 83:1-19,   bahasa batak Pilippi 4 : 10 – 20,   lagu rohani untuk persembahan syukur,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 pilippi 4 : 10 - 20,   kotbah waspada,   kotbah waspada,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita HKBP minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   khotbah kristen 2019,   khotbah 2 tesalonika 3:6-13,   Topik jamita Minggu 17 nopember 2019. Pilippi 4 : 10 - 20.,   nyanyian kidung keesaan,   Topik jamita HKBP Minggu 17 november 2019. Filipi 4 : 10 - 20.,   jamita pilipi 4: 10-20 versi hkbp,   khotbah filipi 4 10-20,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94,   Jadikanku pelangi indah olga victoria ,   contoh liturgi natal untuk kaum wanita,   renungan harian kejadian 6:1-8,   cerita sekolah minggu 16 nov 2019,   Ae khuda meri roshni meri nizat mp3 free download song by Anil kabt,   khotbah mazmur 104 1 9,   kotbah minggu 24november2019,   renungan daniel 11,   lagu rohani kristen pernikahan,   renungan nahum 1 1-8,   Lirik tasbiih al rab,   tata ibadah katolik,   download album gms mp3,   Jadikan pelangi indah olga victoria,   kotbah uem,   kotbah natal matius 7 : 16,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   tata ibadah perjamuan kudus hkbp,   KHOTBAH MAZMUR 89:1-9,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   nkb 37 not dan lagu,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   khotbah tentang malaikat,   yohanes 8:1-19,   tata ibadah GERMITA,   tata ibadah GERMITA,   pujian untuk persembahan syukur,   perayaan liturgi umat katolik bulan november 2019,   Khotbah Lukas Pasal 21:5-19,   tafsiran lukas 21:5-19,   renungan mazmur 55:2-8,   Khlbh masmur 55:2-,   khotbahkis rasul 10 34 36 gpib,   Khlbh masmur 55:2-,   renungan Nahum 1:2-8,   filipi 4:10-20,   filipi 4:10-20,   bacaan sabda bina umat hari ini,   https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=8940,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   renungan Nahum 1:2-8,   liturgi ibadah penghiburan dan kedukaan,   kotbah uem,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu rohani tentang pertobatan,   lagu pengantar bacaan firman tuhan,   Wahyu 22: 12,   unduh daftar bacaan gmit tahun 2019,   renungan minggu uem,   renungan yohanes 12 37-43,   Bacaan kristen tgl 17 nopember 2019,   Contoh renungan untuk ibadah minggu tgl 17 november 2019,   saat teduh tekun berkarya,   kalender gerejawi 2019,   di depan mata yesus,   renungan Luk 21,5-19,   renungan kristen ibrani 13:20-21 dari gmit,   renungan Nahum 1 : 1-8,   tema natal gereja hkbp tahun 2019 1 Yohanes 4:42,   tema natal hkbp tahun 2019 ,   thema natal hkbp 2019,   thema natal hkbp 2019,   dangdut rohani,   khotbah pilipi 4:10-20 17 november 2019,   kotbah markus 2:1-12,   renungan lukas 20: 25,   Penjelsan nats firman ibrani 11:1 utk ank sekolh minggu,   renungan singkat dari masmur 11:1-7,   renungan nahum 1 : 1-8,   khotbah tentang malaikat,   Rngn kol 1:15-20 ,   kalender liturgi 2020,   kotbah kolose1:15-23,   lirik lagu firmanmu pelita kc 140,   Nats khotbah amsal 19:20-29,   kotbah Lukas 21:5-19,   kotbah Lukas 21:5-19,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   ayat tentang anugerah dan belas kasihan tuhan,   jamita filipi 4:10-20,   lagu persembahan,   lagu yg cocok buat persembahan,   kotbah Lukas 21:5-19,   lagu lagu ibadah persekutuan,   lirik lagu kolekte hkbp,   TUHAN YESUS sobat yang setia youtube joshep scriven youtube,   lirik lagu bagai rusa yang haus,   lirik lagu bagai rusa yang haus,   narasi persembahan kristen ,   poin penting dalam khotbah lukas 2:1-7,   khotbsh kis rssul 10 34 46 gmit,   lagu setelah khotbah,   lagu persembahan kristen,