Save Page
Kamis, 3 Nopember 2016
MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA
Hosea 6:1-6
6:1 "Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita. 6:2 Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya. 6:3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi." 6:4 Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Efraim? Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Yehuda? Kasih setiamu seperti kabut pagi, dan seperti embun yang hilang pagi-pagi benar. 6:5 Sebab itu Aku telah meremukkan mereka dengan perantaraan nabi-nabi, Aku telah membunuh mereka dengan perkataan mulut-Ku, dan hukum-Ku keluar seperti terang. 6:6 Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.

Penjelasan:

*  Hos 6:1 - Mari, kita akan berbalik kepada Tuhan // menerkam // menyembuhkan
Israel yang tertindas telah mengetahui pelajaran-pelajaran pahit akibat tidak patuh. Rakyatnya saling membesarkan hati dengan kata-kata: Mari, kita akan berbalik kepada Tuhan. Kata-kata itu menyiratkan pengakuan, karena Israel telah meninggalkan Tuhan untuk melakukan praktik-praktik berhala. Allah yang telah menerkam mereka dalam penghukuman dapat diharapkan untuk menyembuhkan mereka dalam belas kasihan. Luka-luka Israel tidak dapat disembuhkan oleh Mesir dan Asyur (bdg. 7:1; 11:3). Hanya Allah yang dapat membawa kehidupan baru kepada bangsa yang terluka itu.

* Hos 6:2 - Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, // pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita
Allah tidak hanya dapat diandalkan untuk membebaskan umat-Nya, tetapi pertolongan-Nya akan datang cepat. Sang nabi menyatakan bahwa Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, dengan menambahkan kalimat paralelnya, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita. Yehezkiel memakai bahasa yang sama untuk menggambarkan kehidupan yang akan memasuki tulang-tulang kering, yang melambangkan Israel (Yeh. 37:1-10; bdg. Yes. 26:19). Targum membuat parafrase dari Hosea 6:2; Ia akan menghidupkan kita dalam hari-hari penghiburan yang akan datang. Calvin menafsirkan kata-kata itu sebagai menunjukkan harapan Israel semasa dalam Pembuangan: " ... Meskipun sudah lama mereka diam dalam kegelapan, dan pembuangan yang harus mereka derita berlangsung lama, toh mereka tidak berhenti berharap: 'Yah, biarlah dua hari itu berlalu, dan Tuhan akan membangkitkan kita"' (John Calvin, The Twelve Minor Prophets, I, 218). Pada pihak lain, Pusey menganggap ini terutama adalah acuan kepada kebangkitan Tuhan kita: 'Apa lagi yang diacu kalau bukan pada dua hari di mana tubuh Yesus terbaring di kuburan, dan hari ketiga di mana Ia bangkit pula ... (E. B. Pusey, Minor Prophets, I, 63). Fakta bahwa "sesudah dua hari" dan "hari yang ketiga" berfungsi sebagai idiom untuk waktu singkat ditunjukkan oleh pemakaiannya oleh Yesus dalam Lukas 13:32, 33. Kata-kata ini tidak boleh khusus digunakan untuk Kebangkitan, meskipun bisa dianggap sebagai lambang (bdg. Hos. 11:1). Sebagaimana Allah membawa anak-Nya, Israel, dari Pembuangan 'sesudah tiga hari' (yaitu waktu yang singkat), demikian pula ia membangkitkan putra-Nya, Yesus, dari kuburan di luar tembok-tembok kota Yerusalem pada hari ketiga (secara harfiah).

* Hos 6:3 - Marilah kita mengenal, // Ia pasti muncul // Seperti fajar
 Marilah kita mengenal, merupakan frase yang melanjutkan pemikiran dari ayat 1. Orang-orang yang akan kembali kepada Tuhan dari kemurtadan mereka akan mengenal Tuhan. Mereka akan mengalami kehadiran dan kuasa-Nya dalam kehidupan mereka. Kata kerjanya diterjemahkan seperti bentuk bahasa Ibrani yang menyatakan kehendak, yang menunjukkan bahwa berbagai malapetaka telah menimpa Israel karena ia hidup tanpa mengenal Allah. Ia pasti muncul. Jawaban-Nya atas kebutuhan-kebutuhan umat-Nya. Seperti fajar. Sepasti datangnya pagi. Israel berada "di dalam kegelapan" (Yes. 9:1), tetapi munculnya Allah untuk membawa kelepasan dapat disamakan dengan fajar hari yang baru dan mulia.

* Hos 6:4 - Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Efraim? // Kasih setiamu seperti kabut pagi // embun yang hilang pagi-pagi benar
Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Efraim? Sarana apakah yang dapat dipakai untuk membawa engkau kembali kepada persekutuan dengan Allah? Kasih setiamu seperti kabut pagi. Engkau berusaha mengadakan reformasi, tetapi tidak ada faedahnya. Kabut pagi itu bersifat menipu. Itu adalah sejumlah uap tebal yang dibawa oleh angin barat musim paras dari Mediterania. Matahari dengan cepat melenyapkannya, dan kabut itu tidak menghasilkan hujan pada musim panas di Palestina yang kering. Begitu juga embun yang hilang pagi-pagi benar. Embun tidak memberikan keringanan yang permanen dari serangan matahari musim panas.

* Hos 6:5 - Sebab itu Aku telah meremukkan mereka dengan perantaraan nabi-nabi // perkataan mulut
Allah, yang mengeluh tentang perilaku umat-Nya, berfirman, Sebab itu Aku telah meremukkan mereka dengan perantaraan nabi-nabi. Allah berusaha menebang Israel untuk memperbaiki bentuknya dengan cara mengutus para nabi. Nabi-nabi itu memperingatkan tentang konsekuensi-konsekuensi dosa (Yes. 11:4; 49:2; Yer. 1:10; 5:14; I Raj. 19:17). Mereka mengucapkan perkataan mulut Allah.

* Hos 6:6 - Aku menyukai kasih setia, dan bukan kurban sembelihan. Kasih setia
Allah menolak eksternalisme agama yang menandai banyak praktik keagamaan Israel, dengan kata-kata: Aku menyukai kasih setia, dan bukan kurban sembelihan. Kasih setia (hesed) adalah kata yang berbicara tentang kasih sayang dan kesetiaan berdasarkan perjanjian. Laetsh (The Minor Propphets, hlm. 60) dan Harper (ICC, hlm. 286) menerjemahkannya dengan kata: kasih. Harper menambahkan, "Kasih ini bukan kasih terhadap Allah yang berlainan dengan kasih terhadap sesama manusia, melainkan kasih terhadap keduanya.



SBU
MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 3 NOPEMBER 2016
RENUNGAN PAGI
KJ.29:1,2 -Berdoa
SETUJU DENGAN HUKUMAN

Hosea 5:8-15
"Tiuplah sangkakala di Gibea, dan nafiri di Rama. Berteriaklah di Bet-Awen, gemetarlah, hai Benyamin! " (ay. 8) . .

Seorang anak kecil melakukan kesalahan. Awalnya ia mem bela diri, karena ini, karena itu, gara-gara ini, gara-gara itu, dan
seterusnya. Namun anak ini sadar bahwa kesalahannya sangat serius atau fatal sebenarnya, dan sedia menerima hukuman.
Karena kesalahannya menyebabkan temannya menderita, maka ia dihukum untuk “mengatakan" aku mengasihinya setiap hari
dan “menawarkan bantuan" kepada temannya setiap saat. Anak ini malu- awalnya, tetapi pada akhirnya ia memahami hukuman
itu.

Hukuman bagi bangsa Israel sudah diambang pintu, maka sangkakala pun ditiup sebagai tanda. Allah menggunakan
kekuatan Asyur untuk menghukum umat-Nya, agar mereka memahami bahwa hukuman itu penting, dan hukuman itu patut
diterima serta disetujui. Jika hukuman itu tidak dijatuhkan, maka umat bisa semakin tersesat dan mengalami kehancuran dari
dalam sendiri. Di samping itu mereka juga mulai melakukan segala keinginan dan “menyembah" kesenangan (keegoisan),
bukan menyembah Allah Penciptanya.

Kita tentu saja paham makna hukuman, tetapi apakah kita juga bersedia, menyetujui hukuman itu untuk dijalankan? lnilah
perenungan yang tidak mudah,  lihatlah bagaimana hukuman (siasat) gereja yang tidak mudah diterapkan. Lihatlah bagaimana
kecenderungan yang terjadi jika seseorang bersalah bukannya memperbaiki tetapi malah pindah gereja. Lebih jauh lagi, sebagai
orang Kristen sesungguhnya kita menerima anugerah, melalui karya penebusan Kristus. Namun, ada pergumulan baru tentang
proses (internalisasi) anugerah pengampunan itgu: orang percaya enggan rendah hati dan berproses dalam karya penebusan dosa.

KJ.29 : 3,4
Doa : (Tuhan Yesus, Engkau telah menggantikan hukuman bagiku. Ajarkanlah kepadaku hidup yang rendah hati dan bersedia diproses keluar dari kehidupan dosa yang terkadang menjerat)



MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 3 NOPEMBER 2016
RENUNGAN MALAM
 KJ.356 : 1 - Berdoa
ALLAH MENGHENDAKI HATI YANG MENGENALNYA

Hosea 6:1- 6
Sebab Aku menyukai kaslh satla, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, leblh dari pada korban-korban bakaran (ay. 6)

Untuk menutupi keburukannya biasanya orang cenderung secara berlebihan melakukan kebaikan; itulah orang munafik.
Biasanya berbagai polesan atau topeng dipakai, dan itu banyak dilakukan oleh orang-orang beragama. Anak-anak muda suka
sekali dengan sikap yang spontan, ceplas-ceplos, yang terkadang tidak sopan atau melanggar etika, namun sangat benci kemunafikan. Agama punya peran besar untuk mempersiapkan generasi yang berintegritas, jauh dari kemunafikan.

Kemunafikan seperti itulah yang dilakukan oleh umat lsrael ketika hatinya lebih condong menyembah agama kesuburan.
Mereka masih melakukan upacara keagamaan (kultus) seperti korban sembelihan dengan binatang, tetapi hatinya tidak ke situ.
Pertanyaannya: apakah Allah yang menclptakan binatang harus disogok dengan binatang? Umat Israel dituntut untuk melakukan
upacara korban sembelihan; bukan hanya yang nampak dalam pemberian korban, tetapi juga dan seharusnya dengan hati yang
bertobat. Allah menghendaki hati yang mendekat pada-Nya. Kedekatan Allah dengan manusia ciptaan itu dijalin dengan
sempurna di dalam kematian Kristus, yang menghapus segala (hutang) dosa, yang menjadi penghalang hubungan yang “dekat"
dengan Allah_ Maka, menerima korban diri-Nya menggantikan segala hutang dosa lalu diproses dalam perjalanan hidup.

Jadi, yang kita butuhkan adalah kebahagiaan suatu persekutuan dengan Tuhan Pencipta, dan itu hanya ada dalam Kristus
yang sudah “menghubungkan kembali" kita yang berdosa dengan Allah Pencipta yang kudus! Kalau saudara selama ini jauh dari-Nya, maka datanglah mendekat, sebab Yesus hendak memelukmu. Periksalah, terkadang ibadah-ibadah kita pun tidak lagi
menunjukkan persekutuan yang mesra dengan Allah. Maka datanglah pada-Nya serta sedialah hidup dalam pimpinan-Nya.

KJ.356 : 2
Doa : (Ya Tuhan, terkadang ibadah-ibadah kami sangat khusuk, tetapi setelah ibadah kami hidup lagi jauh dari-Mu. Engkau mengajarkan kami untuk dekat dengan-M u, maka peluklah aku dalam dekapan-Mu)



Label:   Hosea 6:1-6 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 4 Nopember 2016 - KASIHNYA MELEBIHI KEDEGILAN Hosea 11:1-11 - MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 2 NOPEMBER 2016 MENGAJAR KARENA MENGASIHI Hosea 5:1-7 - MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

Garis Besar Hosea





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 20 Mei - Pengkotbah 3-5

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2016..

Hari ini, 20 Mei - Pengkotbah 3-5
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   lagu penutup ibadah,   kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,   lirik lagu rohani untuk persembahan,   lagu baru gms,   puji pujian kristen,   lagu gereja.com,   renungan/ kotbah kejadiann 31:1-16 Hidup seutuhnya Bagi Tuhan,   lagu ucapan syukur,   download lagu gpdi hari ini,   lagu pernikahan di gereja,   lagu pernikahan di gereja,   firman TUHAN menurut yeremia 3:1-5,   Renungan mat 7:12-14,   LAGU LAGU ROHANI YANG MENYENTUH SAATH IBADA,   download lagu rohaninenanti kedatangan tuhan,   lagu kj utk ultah,   lagu kj utk ultah,   khotbah 1 tawarikh 22,   downnload lagu rohanimenikmatibaitnya,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   lirik lagu satu hal telah kuminta,   download lagu rohani menikmati baitnya,   renungan pemuda efesus 2:11-22,   mazmur 145:8-13,   renungan khotbah ezra 6:13-18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   isi Esra 6:13-18,   Ezra 6 : 13 - 18,   Esra 6:13-18.,   no telpon gereja bogor,   kotbah esra 6 : 13-18,   lagu untuk persambahan,   lagu untuk persambahan,   esra 6:13-18,   ezra 6 13-18 penjelasan,   khotbah esra 6:13-18,   esra 6: 13 - 18,   kotbah ezra 3:13-16,   ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 - 18,   renungan ezra 6 13 18,   acara minggu ibadah gkpi,   khotbah esra 6:13-18,   penjelsan ktobah hkbp tggl 19 mei,   Alkitab esra 6:13-18 batak,   ezra 6 batak,   ezra 6 batak,   tata ibadah persekutuan perempuan,   lagu gereja pantekosta,   esra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   nats persembahan,   esra 6 bahasa batak,   download lagu nkb 111 mp3,   lagu pembukaan persekutuan,   download lagu nkb 111 mp3,   no telpon gereja bogor,   khotbah minggu 19 mei 2019 hkbp,   jamita minggu 19 mei 2019 hkbp,   lirik mars gp,   when isee the blood donald lawrence,   when isee the blood donald lawrence,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   khotbah Ezra 6:13-18,   renungan minggu kantate 19 mei 2019,   bahan sermon ezra 6 13 18,   lirik lagu rohani gms,   khotbah ezra 6:13-18,   contoh khotbah sesudah paskah,   lirik lagu bertambah tambah dalamnya,   khotbah ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 18,   khotbah ezra 6:13-18,   doa persembahan gereja secara umum,   lirik lagu bertambah tambah dalamnya,   tafsiran kitab Ezra 6:13-18,   khotbah 19 mei 2019,   khotbah minggu 19 mei 2019 ezra 6:13-18,   khotbah minggu 19 mei 2019 ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah minggu kantate,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   khotbah ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah minggu kantate,   bahan sermon ezra 6 13 18,   khotbah esra 6:13-18,   Kejadian 12:1-7,   khotbah ezra 6 13 18,   nyanyin rohani 31,   rohani 85,   lirik lagu abraham kau mau kemana,   lirik lagu abraham kau mau kemana,   tema khotbah ezra 6:13-18,   tema khotbah ezra 6:13-18,   khotbah Ezra 6:13-18,   santapan harian ezra 6:13-18,   khotbah Ezra 6:13-18,   jamita esra 6 : 13 - 18,