Save Page
Markus 2:13-17
Lewi pemungut cukai mengikut Yesus
2:13 Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. 2:14 Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. 2:15 Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. 2:16 Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 2:17 Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."


Penjelasan:

* Mrk 2:13
Tuduhan pertama terhadap Tuhan di dalam rangkaian konflik yang dicatat oleh Markus ialah tuduhan menghujat (2:1-12). Tuduhan kedua sekarang dimunculkan dalam 2:13-17 yang kira-kira menuduh Kristus bersekutu dengan golongan orang-orang yang terbuang.

* Mrk 2:14 - Lewi anak Alfeus // Rumah cukai
Lewi anak Alfeus sama dengan Matius (Mat. 9:9; Mrk. 3:18). Rumah cukai. Kantor pajak. Kapernaum terletak pada jalan raya dari Mesopatiam ke Mesir, dan dekat persimpangan jalan raya ke Damsyik. Letaknya yang dekat dengan perbatasan wilayah Herodes Antipas memperjelas bahwa ada tempat pemungutan di situ.

* Mrk 2:15 - Makan // Di rumah orang itu // Banyak pemungut cukai
Makan. Kata kerja yang dipakai berarti berbaring dengan bersandar pada siku kiri dan makan, yaitu kebiasaan cara makan pada zaman itu. Di rumah orang itu. Bandingkan Lukas 5:29. Banyak pemungut cukai. Kehormatan bagi para pemungut cukai. Hak untuk memungut cukai diperoleh dengan pembayaran total pajak yang ditetapkan pemerintah. Pemungut cukai itu kemudian bebas untuk memungut sebanyak mungkin dari rakyat dengan cara memeras. Biasanya pemungutan cukai yang sesungguhnya dilaksanakan oleh para pemungut cukai yang lebih kecil jumlahnya, yaitu golongan yang di dalamnya mungkin termasuk Matius. Mereka dibenci karena mereka mengabdi kepada raja asing dan melakukan berbagai kecurangan.

* Mrk 2:16 - Ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi // orang berdosa
Ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi. Orang-orang Farisi ialah sekelompok orang awam yang secara keras mengikuti perintah-perintah hukum lisan dan tertulis, berusaha dengan teliti mempertahankan kemurnian ajaran agama. Mereka memandang rendah orang yang tidak seketat mereka dalam menaati perintah-perintah yang ada, dan menyebut orang-orang itu sebagai "orang yang tidak mengenal Hukum Taurat" (bdg. Yoh. 7:49). Golongan yang disebut sebagai orang berdosa di sini mungkin termasuk semua orang bukan Farisi.

* Mrk 2:17 - Orang sehat
Orang sehat. Orang yang kuat dan sehat. Yesus menjawab para pengecam itu dari sudut pandang mereka sendiri. Mereka beranggapan bahwa diri mereka sudah benar, sehingga tidak memerlukan bantuan. Yesus berbicara sebagai tabib yang bertugas untuk menolong orang yang sakit.


SGDK
MINGGU I SESUDAH EPIFANIA
RABU, 11 JANUARl 2017
PUASA SEBAGAI DISIPLIN ROHANI
Markus 2:18-22

PENGANTAR
Dalam hidup keagamaan orang Yahudi, salah satu kewajiban agama yang dipraktekkan adalah berpuasa. Alkitab mencatat praktek puasa yang dilakukan Musa (Kel 24:16 dan Kel 34:28), Daud (2 Sam 12:16), Elia (1 Raj 19:8), Ester (Est 4:16}, Daniel (Dan 9:3), orang Niniwe (Yunus 3:7), Yohanes pemhaptis (Mat 11:18), Tuhan Yesus(Mat 4:2), dan Jemaat mula-mula (Kis 13:2-3). Puasa sebagai praktek iman clalam berpantang makan dan minum bertujuan agar umat merendahkan diri dihadapan Allah memohon pertolongan, pengampunan atau kesiapan dalam melayani kehendak Tuhan sebagai hamba-Nya.

PENJELASAN TEKS
Pertanyaan yang diajukan kepada Tuhan Yesus dikaitkan
dengan puasa yang diiakukan murid-murid Yohanes dan orang
Farisi. Mengapa murid-murid Tuhan Yesus lidak mempraktekkan
puasa seperti yang lain. Apakah Tuhan Yesus memiliki pan-
dangan teolugi tersendiri tentang puasa bagi murid-murid-Nya
sementara Tuhan Yesus juga pamah melakukan puasa 40 hari
sehelum memulai lugas pelayanan (Matius 4:2}? Aiaukah
mernang puasa sudah dipandang tidak perlu bagi murid-murid
Tuhan Yesus? Tentu mereka yang mempersoalkan ini punya
asumsi dasar bahwa yang berpuasa pasti punya hubungan intim
dengan Tuhan dan kualitas rohaninya jauh lebih baik dari yang
tidak berpuasa.

Tuhan Yesus memaerikan jawaban jelas dengan menyebut
bahwa para murid tidak perlu berpuasa sebab Tuhan Yesus
sebagai mempelai laki-Iaki hadir bersama dengan mereka.
Selama Tuhan Yesus rnelayani dan memberitakan Injil maka
murid-murid tidak perlu berpuasa sebab kehadiran Tuhan Yesus
adalah kehadiran Allah di mana mereka dapat mengetahui
kehendak-Nya dan pertolongan-Nya. Dengan mengibaratkan kain
baru tidak perlu ditambalkan pada baju tua sebab malah me-
nyebabkan kerusakan parah. Atau ibarat anggur baru yang
mestinya disimpan dalam kantong baru dan bukannya kantong
kulit yang lama. Puasa dapat dipraktekkan ketika Tuhan Yesus
sudah menyelesaikan tugas penyelamatan. Tentu puasa bukan
untuk kesornbongan rohani, melainkan untuk merendahkan diri
dan berkomitmen melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh
serta sepenuhnya pasrah dan bergantung pada kehendak Tuhan.

PERCAKAPKAN BERSAMA
1. Apakah saudara secara pribadi atau secara bersama dalam
keluarga atau persekutuan memiliki kegiatan berpuasa secara
rutin? Dengan cara bagaimana saudara memulai puasa
qwaktu, menu dan kegiatan) dan menye|e$aikannya?Adakah
tujuan terlentu yang saudara lakukan dalam berpuasa ?

2. Bagaimana saudara memandang seal berpuasa yang ter-
nyata tidak dipraktekkan secara bersama oleh jemaat Tuhan?
Haruskah berpuasa itu diwajibkan atau perbuatan sukarela
yang tidak perlu? Apakah pandangan bijak saudara soal ini!



SBU
MINGGU I SESUDAH EPIFANIA
RABU, 11 JANUARI 2017
Renungan Pagi
KJ.178:1 -Berdoa
KASIH YESUS BAGI SEMUA

Markus 2:13-17
Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa." (ay.17)

Tempat kerja atau market place adalah tempat di mana manusia dari berbagai latarbelakang berintaraksi dan menjalankan aktivitas rutin mereka. Dalam lingkungan kerja yang jauh dan kejujuran dan kebenaran, yang merajalela adalah manipulasi dan pungutan liar. Kita patut mendukung upaya "sapu bersih pungutan liar" dari pemerintah agar rnasyarakat dan dunia usaha tidak dirugikan uleh segelintir orang yang korup dan serakah.

Kehadiran Tuhan Yesus di tempat kerja Lewi, menjelaskan bahwa pelayanan Yesus yang sesungguhnya adalah memperbaharui karakter dan perilaku orang-orang berdosa untuk dapat mendengar berita lnjil dan mengalami kasih karunia Allah. Tuhan Yesus memberi ruang Iuas bagi mereka yang jatuh dalam dosa untuk berbalik hidup dalam kebenaran Allah. Tuhan Yesus malayanf meiampaui apa yang dikerjakan ahli-ahli Taurat yang suka menghakimi.

Tuhan Yesus menjelaskan misi utama-Nya : menyelamatkan manusia berdosa! Tuhan Yesus bukan guru molivasi atau pakar kebatinan. Tuhan Yesus sungguh Penebus dan Juruseiamat manusia. Hakikat pelayanan Tuhan Yesus ini sukar dimengerti oleh mereka yangbegitu ketat dengan hukum-hukum agama. Mereka salah mengira seolah Tuhan Yesus berkompromi dengan dosa. Tuhan Yesus tidak berbuat demkian. Kematian-Nya di aias kayu salib menjadi bukti bahwa dosa dikalahkan dan manusia diselamatkan.

Sungguh membanggakan bahwa Tuhan Yesus tidak manghukum Lewi pemungut cukai dan sernua sanabatnya. Tuhan Yesus bahkan bersedia mengambil bagian dalam kegembiraan Lewi yang sudah bertobat. Pelayanan Tuhan Yesus secara pribadi, mendorong kita untuk melayani dengan kesabaran dan ketekunan. Melayani satu orang untuk menjangkau banyak orang lain yang berharap diselamatkan Tuhan. Mari Iayani saudara kita agar mereka mengalami kasih Tuhan Yesus yang merangkul banyak jiwa.

KJ 178:2
Doa : (Kami bersyukur sebah kasih Tuhan Yesus menjangkau banyak orang.
Ajar kami untuk tidak hidup dalam kebencian dan menghakimi siapa pun)




MINGGU I SESUDAH EPIFANIA
RABU, 11 JANUARI 2017
Renungan Malam
KJ.269:1-2 -Berdoa
PUASA SEBAGAI DISIPLIN ROHANI

Markus 2:18-22
Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa." (ay.19).

Puasa merupakan salah satu kewajiban agama yang dipraktekkan bangsa Israel. Alkitab mencatat praklek puasa yang dilakukan Musa (Kel 24:16 dan Kel 34:28). Daud (2 Sam 1216), Elia['| Raj 19:8), Ester(Est4:16), Daniel (Dan 9:3), orang Niniwe (Yunus 3:?), Tuhan Yesus (Mat 4:2), Yohanes pembabtis (Mat
11:18), dan Jemaat mula-mula (Kis 13:2-3). Tentu puasa yang dilakukan dengan niat dan tujuan yang berbeda. Hakikatnya, mohon pertolongan Allah, marendahkan diri dan kesiapan rohani dalam melayani.

Praktek puasa seringkali disalahpahami dengan memberikan penilaian kepada rnereka yang tidak berpuasa sebagai orang dengan Radar kerohanian rendah. Penilaian negatif demikian tertuju juga kepada rnurid-murid Yesus yang nyata-nyata tidak berpuasa seperli murid-murid Yohanes dan murid-murid orang
Farisi. Puasa sebagai perilaku berpantang makan, minum dan menyelaraskan diri dengan kehendak Allah. hendak dipaksakan kepada murid-murid Yesus.

Tuhan Yesus sendiri tidak mewa]ibkan rnurid-murid-Nya berpuasa, sebab kehadiran-Nya sudah menjadi jaminan bahwa murid-murid-Nya sedang terlibat dalam tugas pemberilaan lnjil. Tuhan Yesus berada bersama murid-murid-Nya dan mereka hanya menaati apa yang la perintahkan. Gereja-gereja tertentu mendisiplinkan anggotanya dengan berpuasa seperti saat menghadapi minggu-minggu prapaskah atau terkait pergumulan internal. Puasa sebagai disiplin rohani menjadi berkat bagi yang melakukannya, jika selama puasa yang dipikirkan bukan soal menu berbuka melainkan kebenaran firman Tuhan dan waktu doa yang semakin meningkat.

Puasa sebagai latihan rohani bukan untuk dipamerkan supaya orang lain tahu puasa kita. Jika bagitu puasa sudah kehilangan maknanya. Dengan berpuasa. kita dapat menundukkan keinginan kite dan mendahulukan kehendak Aliah atas apapun yang kita mau rencanakan dan perbuat.

Doa:  (Tolong kami ya Roh Kudus untuk mendisplinkan diri dengan herdoa)

Label:   Markus 2:18-22 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 12 JANUARI 2017 - MENGASIHI DENGAN TULUS Markus 3:1-6 - MINGGU I SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 10 JANUARI 2017 - SEMBUH TOTAL Markus 2:1-12 - MINGGU I SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Markus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 19 Oktober - Matius 8-11

Hari ini, 19 Oktober - Maz 118:18-24, Yer 18-19, 2 Tes 1, Ams 26:27-28

19 Oktober - Yohanes 6:16-24, 1 Petrus 3:1-7, Kidung 4:1-7, Yeremia 50

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,