Save Page
HARI MINGGU III PRAPASKAH
Senin, 27 Maret 2017
Ratapan 2:11-16
2:11 Mataku kusam dengan air mata, remuk redam hatiku; hancur habis hatiku karena keruntuhan puteri bangsaku, sebab jatuh pingsan kanak-kanak dan bayi di lapangan-lapangan kota. 2:12 Kepada ibunya mereka bertanya: "Mana roti dan anggur?", sedang mereka jatuh pingsan seperti orang yang gugur di lapangan-lapangan kota, ketika menghembuskan nafas di pangkuan ibunya. 2:13 Apa yang dapat kunyatakan kepadamu, dengan apa aku dapat menyamakan engkau, ya puteri Yerusalem? Dengan apa aku dapat membandingkan engkau untuk dihibur, ya dara, puteri Sion? Karena luas bagaikan laut reruntuhanmu; siapa yang akan memulihkan engkau? 2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan. 2:15 Sekalian orang yang lewat bertepuk tangan karena engkau. Mereka bersuit-suit dan menggelengkan kepalanya mengenai puteri Yerusalem: "Inikah kota yang disebut orang kota yang paling indah, kesukaan dunia semesta?" 2:16 Terhadap engkau semua seterumu mengangakan mulutnya. Mereka bersuit-suit dan menggertakkan gigi: "Kami telah memusnahkannya!", kata mereka, "Nah, inilah harinya yang kami nanti-nantikan, kami mengalaminya, kami melihatnya!"

Penjelasan:
* Rat 2:11-12 - Mataku kusam dengan air mata
Mataku kusam dengan air mata. Gambaran nyata tentang kesengsaraan berkepanjangan: air mata terus bercucuran (Yer. 9:1; 14:17), rasa simpati menyakitkan hati, hancur hati melihat bayi-bayi jatuh pingsan, anak-anak kecil menangis meminta makan dan minum dan - yang lebih buruk lagi - bayi-bayi menghembuskan nafas terakhir di pangkuan ibu mereka.

* Rat 2:13-14 - Dengan apa aku dapat membandingkan engkau?
Dengan apa aku dapat membandingkan engkau? Orang yang menyaksikan penderitaan ini kehabisan ilustrasi atau obyek untuk membandingkan keadaan Sion yang hancur tersebut. Itu terlalu sulit untuk dipulihkan. Penglihatan palsu serta menggoda dari nabi-nabinya (Yer. 14:14-16; 23:9-40) tidak dapat menunjukkan kepada bangsa itu dosa-dosanya sendiri, kalau tidak tentu ia diluputkan dari pembuangan. Di sini dinyatakan secara jelas mengenai penyebab moral dari kemalangannya.

* Rat 2:15-16 - Sekalian orang yang lewat bertepuk tangan
Sekalian orang yang lewat bertepuk tangan. Seteru-seteru Sion mengolok-olok kehancurannya. Tepuk tangan, gelengan kepala dan suitan menyertai ejekan yang diucapkan terhadap Yerusalem. Semua seteru menikmati kegembiraan, bersorak-sorak, bersuit dan menggertakkan gigi merayakan hari kehancuran Yerusalem. Ini merupakan ejekan yang tak terkendalikan.


SBU

MINGGU III PRAPASKAH
SENIN, 27 MARET 2017
Renungan Pagi
KJ.33:1 -Berdoa
BERGANTUNG SEPENUHNYA PADA TUHAN

Ratapan 2:1-10
Ah, betapa Tuhan menyelubungi puteri Sion dengan awan dalam murka-Nya! Keagungan Israel dilemparkan-Nya dari langit ke bumi. Tak diingati-Nya akan tumpuan kaki-Nya tatkala la murka (ay.1)

Puteri Sion diselubungi awan murka Tuhan. Yerusalem dirundung duka. Keadaannya menyedihkan. Ratap tangis bersanding dengan murka Allah yang meluap-luap. Siapakah yang dapat tahan? Apa yang bisa dilakukan oleh manusia? Tuhan menempatkan diri-Nya sebagai musuh yang membinasakan tanpa ampun. Para lawan bersorak-sorak karena Tuhan menyerahkan Yerusalem dan Bait Suci untuk diduduki. Tidak ada lagi kebanggaan sebagai umat Allah. Benarkah tidak ada secercah harapan bagi umat Israel? Di manakah Tuhan ketika umat-Nya menjadi tertawaan bangsa-bangsa lain? Apalagi ketika Bait Suci porak-poranda. Tuhan tidak bersemayam di sana. Tuhan tidak ada di tengah-tengah umat-Nya.

Tuhan itu benar, sekalipun kehendak-Nya tidak mudah kita pahami. Yerusalem jatuh dan Bait Allah hancur, itu kenyataan yang harus dihadapi.Tetapi sadarkah mereka bahwa sumber kehancuran itu disebabkan oleh dirinya sendiri. Mereka memberontak dan tidak setia kepada Tuhan. Bukankah Yerusalem sering diingatkan oleh para nabi? Melalui peristiwa ini Tuhan menunjukkan bahwajika umat tidak setia kepada-Nya, maka Dia dapat mengambil segala sesuatu yang diberikan-Nya. Lalu apa yang mau kita katakan tentang semuanya itu? Jangan menggantungkan hidup ini pada berhala-berhala atau pada kekuatan yang lain. Jangan menduakan Tuhan dalam hidup ini. Percaya sepenuhnya.Bergantung sepenuhnya pada Dia. Hendaknya kita sadar bahwa kita bukan siapa-siapa. Kita hanya hidup dalam rahmat dan belas kasihan-Nya.

Pagi ini, saatnya berseru kepada Tuhan dan memohon belas kasihan-Nya. Luangkan waktu sejenak. Anda akan mendapatkan bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang suka mengampuni. Sesungguhnya Ia setia dan penuh rahmat. Oleh sebab itu, bergantunglahsepenuhnya kepada Tuhan.

KJ. 33:5
Doa :(Tuhan, tiliklah kami yang merintih ini. Kami ingin hidup di dalam jaminan keselamatan-Mu ini)




MINGGU III PRAPASKAH
Senin, 27 MARET 2017
Renungan Malam
GB.395 : 1-Berdoa
HANYA TUHAN YANG DAPAT MENOLONG

Ratapan 2:11-16
Sekalian orang yang lewat bertepuk tangan karena engkau. Mereka bersuit-suit dan menggelengkan kepalanya mengenai puteri Yerusalem: "lnikah kota yang disebut orang kota yang paling indah, kesukaan dunia semesta?" (ay.15)

Ungkapan kesedihan yang mendalam dapat kita Iihat dari tuturan sang penyair kitab Ratapan ini. Rasa-rasanya sudah terkuras habis air mata mereka menyaksikan lautan keruntuhan ini. Fatal. tidak ada harapan, demikianlah kalau bisa dikatakan."Siapa yang bisa memulihkan ini semua?" demikianlah nada pedih yang terdengar.

Kota indah yang menjulang permai kini menjadi tertawaan musuh. Umat Israel tidak bisa berbuat apa-apa tatkala hinaan itu dilontarkan. Lalu, dimanakah Tuhan dapat ditemui? Mengapa hukuman itu sangat menyiksa? Beginilah rasanya jika dicampakkan dari hadapan-Nya. Beginilah rasanya jika ditinggalkan Tuhan. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh umat Israel? Koreksi diri dan kembali kepada Tuhan. Mereka jangan Iagi menyalahkan bangsa lain, apalagi menyalahkan Tuhan.

Ya, dalam situasi ini kita bisa saja kecewa dan marah kepada Tuhan. Tetapi kembali ke jalan yang benar, itu harus.Tidak ada kata terlambat untuk kembali kepada-Nya. Kadang-kadang kita tidak mengerti cara Tuhan ketika Ia menegur kita. Bisa saja la membuat kita pontang-panting. Tetapi dalam situasi seperti itu, kita tidak kehilangan pengharapan. Jungkirbalik mungkin, tetapi kita sadar tangan Tuhan tetap memegang kita. ltulah perjalanan hidup orang beriman. Tidak ada yang dapat menolong kita kecuali Tuhan. Apa yang kita baca di dalam kitab Ratapan ini, seharusnya membuat kita semakin kuat dan semakin memahami Tuhan. Di sinilah kita melihat bahwa hukuman Tuhan itu mutlak.

Dalam menjalani hidup ini, selalu ada koreksi yang Tuhan ingin tunjukkan walau kadang-kadang kita tidak siap untuk dikoreksi. Tidak jarang kita menjadi terkejut dan terpana. Jangan memberontak tetapi berikanlah kepada Dia, hati yang mau mengakui kesalahan dan dosa. Kiranya kita semua rela dikoreksi oleh Tuhan.

KJ.395:4
Doa : (Bantulah kami ya Tuhan, untuk tetap berpegang pada-Mu saja dan pada janji-janji-Mu)

Label:   Ratapan 2:11-16 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 28 Maret 2017 - Ratapan 3:1-23 - HARI MINGGU III PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 26 Maret 2017 - KEPADA-MU TUHAN KAMI BERHARAP Ratapan 1:1-19 (SGD) - HARI MINGGU III PRAPASKAH

Garis Besar Ratapan





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 Oktober - Matius 20-22

Hari ini, 22 Oktober - Maz 119:10-16, Yer 24-25, 1 Tim 1, Ams 27:5-6

22 Oktober - Yohanes 6:60-71, 1 Petrus 4: 1-11, Kidung 6, Ratapan 1

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



gita bakti 47 note,   CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,