Save Page
HARI MINGGU IV PRAPASKAH
Selasa, 21 Maret 2017
Hakim-Hakim 1:22-36
1:22 Keturunan Yusuf juga maju menyerang Betel, dan TUHAN menyertai mereka. 1:23 Keturunan Yusuf menyuruh orang mengintai Betel itu -- nama kota itu dahulu adalah Lus. 1:24 Ketika pengintai-pengintai itu melihat seorang keluar dari kota itu, maka berkatalah mereka kepadanya: "Tolong tunjukkan bagaimana kami dapat memasuki kota ini, maka kami akan memperlakukan engkau sebagai sahabat." 1:25 Lalu ditunjukkannyalah kepada mereka bagaimana mereka dapat memasuki kota itu, dan mereka memukul kota itu dengan mata pedang, tetapi orang itu dengan seluruh kaumnya dibiarkan mereka pergi. 1:26 Orang itu pergi ke negeri orang Het dan mendirikan di sana sebuah kota yang dinamainya Lus. Demikianlah nama kota itu sampai sekarang. 1:27 Suku Manasye tidak menghalau penduduk Bet-Sean dan penduduk segala anak kotanya, penduduk Taanakh dengan segala anak kotanya, penduduk Dor dengan segala anak kotanya, penduduk Yibleam dengan segala anak kotanya, dan penduduk Megido dengan segala anak kotanya, sebab orang Kanaan itu berkeras untuk tetap diam di negeri itu. 1:28 Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka membuat orang Kanaan itu menjadi orang rodi dan tidak menghalau mereka sama sekali. 1:29 Suku Efraimpun tidak menghalau orang Kanaan yang diam di Gezer, sehingga orang Kanaan itu tetap diam di tengah-tengah mereka di Gezer. 1:30 Suku Zebulon tidak menghalau penduduk Kitron dan penduduk Nahalol, sehingga orang Kanaan itu tetap diam di tengah-tengah mereka, walaupun sebagai orang rodi. 1:31 Suku Asyer tidak menghalau penduduk Ako, penduduk Sidon serta Ahlab, Akhzib, Helba, Afek dan Rehob, 1:32 sehingga orang Asyer itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu, sebab orang-orang itu tidak dihalaunya. 1:33 Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Semes dan penduduk Bet-Anat, sehingga mereka diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu; tetapi penduduk Bet-Semes dan Bet-Anat itu menjadi orang rodi bagi mereka. 1:34 Orang Amori mendesak bani Dan ke sebelah pegunungan dan tidak membiarkan mereka turun ke lembah, 1:35 dan orang Amori itu berkeras untuk tetap diam di Har-Heres, di Ayalon dan di Saalbim, walaupun mereka mendapat tekanan berat dari keturunan Yusuf, sebab mereka menjadi orang rodi. 1:36 Daerah orang Amori itu mulai dari pendakian Akrabim, dari Sela, terus ke atas.

Penjelasan:
*  Hak 1:22 - Keturunan Yusuf, // juga maju menyerang Betel // Lalu ditunjukkannyalah kepada mereka bagaimana mereka dapat memasuki kota itu // pergi ke negeri orang Het
Keturunan Yusuf, yaitu suku Efraim dan Manasye, juga maju menyerang Betel. Betel terletak dua belas mil di sebelah utara Yerusalem, delapan belas mil di sebelah selatan Silo. Penggalian arkeologi yang dilakukan di Betel telah menghasilkan penemuan batu bata yang terbakar serta sampah hangus lainnya yang merupakan bukti kehancuran hebat kota Betel orang Kanaan sebelum diduduki Israel, kota yang lebih sering disebutkan di dalam Alkitab sesudah Yerusalem. 25. Lalu ditunjukkannyalah kepada mereka bagaimana mereka dapat memasuki kota itu. Kedua suku keturunan Yusuf berjanji untuk menunjukkan kemurahan kepada seorang laki-laki yang kebetulan mereka lihat di dekat Betel dengan syarat orang tersebut menunjukkan kepada mereka jalan masuk ke kota tersebut. Hal itu dilakukan olehnya dan ia diizinkan pergi ke negeri orang Het (ay. 26), mungkin yang dimaksudkan adalah Siria Utara yang dianggap sebagai bagian dari wilayah kekuasaan orang Het. Kerajaan orang Het berpusat di Asia Kecil. Orang yang lolos dari Betel tersebut kemudian mendirikan sebuah kota yang dinamakan Lus, yaitu nama Betel sebelumnya (bdg. Kej. 28:19).

* Hak 1:27 - Suku Manasye tidak menghalau penduduk Bet-Sean Taanakh ... Dor ... Yibleam ... Megido
Suku Manasye tidak menghalau penduduk Bet-Sean Taanakh ... Dor ... Yibleam ... Megido. Serangkaian kota orang Kanaan yang berkubu membagi Israel di wilayah utara menjadi dua bagian. Bet-Sean terletak pada ujung timur dari Lembah Esdraelon, di mana wilayah tersebut bergabung dengan Lembah Yordan. Wilayah itu diduduki oleh pasukan Mesir hingga pemerintahan Firaun Raamses III (1998-1167 sM). Dari Yibleam, Taanak dan Megido bisa terlihat wilayah Lembah Esdraelon dari selatan. Dor terletak di tepi Laut Mediterania di sebelah selatan Gunung Karmel.

* Hak 1:28 - Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka membuat orang Kanaan itu menjadi orang rodi
Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka membuat orang Kanaan itu menjadi orang rodi. Sejarah Israel pada zaman Hakim-hakim berubah-ubah antara masa kuat dan masa lemah. Orang-orang Kanaan tidak pernah dihalau namun direndahkan ke tingkat budak pada saat Israel memasuki masa kekuatan mereka.

* Hak 1:29 - Suku Efraimpun tidak menghalau orang Kanaan yang diam di Gezer
Suku Efraimpun tidak menghalau orang Kanaan yang diam di Gezer. Gezer terletak delapan belas mil di sebelah barat Laut Yerusalem, sehingga melindungi jalan masuk dari Yope ke Yerusalem. Dengan terlindung di balik tembok setebal empat belas kaki, penduduk Gezer berhasil menahan serangan pasukan Israel. Kota tersebut menjadi bagian dari kerajaan Salomo hanya ketika dianugerahkan kepadanya sebagai hadiah pernikahan oleh seorang Firaun Mesir (I Raj. 9:16).

* Hak 1:30 - Suku Zebulon tidak menghalau penduduk Kitron dan penduduk Nahalol
Suku Zebulon tidak menghalau penduduk Kitron dan penduduk Nahalol. Kedua kota ini tidak berhasil diketahui letaknya dengan pasti.

* Hak 1:31 - Suku Asyer tidak menghalau penduduk Ako ... Zidon ... Ahlab, Akhzib, Helba, Afek dan Rehob // Zidon // Ahlab // Akhzib // Helba // Rehob
Suku Asyer tidak menghalau penduduk Ako ... Zidon ... Ahlab, Akhzib, Helba, Afek dan Rehob. Ako sekarang dikenal sebagai Akre. Kota ini terletak di sebelah utara Carmel Ridge, berhadapan dengan kota Haifa di pantai Akre. Zidon merupakan kota Fenisia yang di dalam sastra Homer terkenal sebagai pusat seni dan budaya. Di kemudian hari kota ini hanya kalah terkenal dengan Tirus. Ahlab tidak berhasil diketahui letaknya, tetapi Akhzib terletak sekitar sepuluh mil di utara Alko. Helba telah diidentifikasi sebagai Mahaliba di dalam berbagai monumen Asyur yang ditemukan di sebelah timur Laut Tirus. Afek mungkin merupakan Tel Kurdaneh yang terletak sekitar enam mil sebelah tenggara Ako. Rehob telah diidentifikasikan sebagai Tel Berweh yang terletak tujuh mil ke pedalaman Ako, wilayah ini mengandung banyak air. Orang Fenisia tidak pernah diusir oleh orang Israel. Baik Daud maupun Salomo memiliki hubungan bersahabat dengan raja Hiram dari Tirus.

* Hak 1:33 - Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Senies dan penduduk Bet-Anat
Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Senies dan penduduk Bet-Anat. Kedua tempat ini tampaknya merupakan tempat ibadah kepada dewa-dewa Kanaan, yang pertama kepada dewa matahari dan kedua kepada dewi kesuburan dan peperangan yang terkenal, adik perempuan dan rekan Baal. Ada yang berpendapat bahwa Bet-Semes adalah nama lain dari Kadesy-Naftali. Bet-Anat mungkin, adalah kota el Ba'neh pada zaman modern, dua belas mil di sebelah timur Akro.

* Hak 1:34 - Orang Amori mendesak bani Dan ke sebelah pegunungan
Orang Amori mendesak bani Dan ke sebelah pegunungan. Orang Amori di sini adalah orang Kanaan. Istilah tersebut muncul di dalam dokumen-dokumen Asyur sebagai sebutan orang yang datang dari barat (yaitu dari Mesopotamia). Suku Dan rupanya telah berhasil mendesak hingga wilayah dataran rendah, tetapi sampai di sana mereka ditahan dan didesak kembali hingga ke wilayah sempit di sekitar Zora dan Estaol (Hak. ps. 13-16). Karena wilayah ini terlalu sempit, kelompok utama suku ini berpindah ke Lais di hulu Sungai Yordan yang mereka beri nama baru Dan (Hak. ps. 18).

* Hak 1:35 - Orang Amori itu berkeras untuk tetap diam di Har-Heres di Ayalon dan di Saalbim. Heres // Ayalon // Saalbim
Orang Amori itu berkeras untuk tetap diam di Har-Heres di Ayalon dan di Saalbim. Heres artinya gunung matahari dan tidak diragukan lagi merupakan kata lain dari Bet-Semes (15:10) dan Ir-Semes (19:41). Tempat yang kini dikenal sebagai Ain-Semes tersebut terletak di sisi selatan dari Wadi Surar, di seberang Zora.
Ayalon terletak di lembah dengan nama yang sama, empat belas mil dari Yerusalem. Dari Surat-surat Amarna (abad ke-14 sM) nama ini muncul sebagai Aialuna. Saalbim muncul di Yosua 19:42 sebagai Saalabin. Untuk sementara kota ini bisa disamakan dengan Selbit, tiga mil barat daya Ayalon. Kedua suku keturunan Yusuf tidak mengusir orang-orang Amori dari wilayah tersebut, tetapi mereka berhasil menguasai wilayah itu.

* Hak 1:36 - Daerah orang Amori itu mulai dari pendakian Akrabim, dari Sela, terus ke atas. Pendakian Akrabim // Sela
Daerah orang Amori itu mulai dari pendakian Akrabim, dari Sela, terus ke atas. Pendakian Akrabim (kalajengking) menanjak dari sisi selatan Laut Mati hingga wilayah perbukitan di sebelah selatan wilayah suku Yehuda. Pendakian ini merupakan batas utara dari padang gurun Sin dan juga, pada zaman Alkitab, sebagai perbatasan di antara suku Edom dan suku Yehuda. Orang Amori menduduki wilayah di bagian utara Pendakian Akrabim pada periode yang diutarakan dalam pasal 1. Penyebutan Sela (batu karang) mungkin harus dipahami sebagai nama sebuah tempat, Sela atau Petra, ibu kota orang Edom. Petra dibangun di lembah yang dikelilingi dengan bebatuan, dan sebagian rumahnya merupakan hasil pahatan batu alam. Orang Edom terusir dari kubu-kubu mereka di gunung oleh suku Arab Nabatea pada sekitar tahun 300 sM (bdg. nubuat Obaja).


SBU

MINGGU IV PRAPASKAH
SELASA, 21 MARET 2017
Renungan Pagi
GB.214 : 1,2-Berdoa
BERTANYA KEPADA TUHAN

Hakim-Hakim 1:1-21
Sesudah Yosua mati, orang Israel bertanya kepada TUHAN : "Siapakah dari pada kami yang harus lebih dahulu maju menghadapi orang Kanaan untuk berperang melawan mereka?" (ay.1)

Tuhan telah menjanjikan berkat-Nya kepada setiap orang yang percaya, namun kita harus bergerak maju dan aktif mengambil dan mendapatkannya. Ketika Yesus mengatakan: "Marilah kepada-Ku hai kamu yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu," maka hanya yang datang yang mendapatkan.

Banyak yang menghambat berkat yang akan kita terima. Mereka menghambat karena menginginkan dan tak mau membiarkan berkat itu bagi yang lain. Ada yang iri lalu merebut apa yang bukan miliknya. Karena itu kita harus dapat mengatur dan menentukan langkah yang tepat. Bila salah melangkah akan membuat kita kehilangan bahkan binasa karena menjauh dari Tuhan. Apalagi kita sering terpengaruh bila melihat dan menyaksikan yang ada di sekitar dan cenderung untuk menirunya. Meniru yang baik tentu tak apa-apa tetapi bila meniru yang bertentangan dengan kehendak Tuhan akan membuat kita binasa dan kehilangan berkat Tuhan. ltulah sebabnya Israel diperintahkan memerangi bangsa Kanaan agar tak terpengaruh adat-istiadatnya dan tak menyembah dewa-dewinya.

Tuntunan Allah mutlak kita perlukan dalam perjalanan hidup supaya selamat dan menikmati berkat yang tersedia. Jangan berjalan tanpa bertanya apa petunjuk-Nya. Jangan andalkan kemampuanmu tetapi datanglah pada-Nya. Dia punya petunjuk yang tepat dan tahu apa yang harus kita lakukan agar berhasil dan keluar sebagai pemenang. Dengan rendah hati, kita diperkenankan Allah Bapa mengalami kasih dan kuasa-Nya yang ajaib sebagaimana leluhur orang beriman yang hidup mengandalkan Tuhan Yesus dan mengalami mujizat-Nya yang luar biasa. Tuhan Yesus tidak pernah menahan kebaikan-Nya jika kita hidup setia dan mengasihi-Nya sepanjang hidup.

GB.214:3
Doa: (Berilah petuniuk-Mu yang mengarahkan kami dalam perjalanan hidup yang keras dan sering melelahkan ini)




MINGGU IV PRAPASKAH .
SELASA, 21 MARET 2017
Renungan Malam
GB.62 : 1,2-Berdoa
PERGAULAN YANG BURUK MERUSAK KEBIASAAN YANG BAIK

Hakim-Hakim 1:22-36
Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka membuat orang Kanaan itu menjadi orang rodidan tidak menghalau mereka sama sekali (ay.28)

Mulanya hanya mencoba karena ingin tahu tetapi akhirnya terjerat. Karena itu, jangan pernah coba bergaul dengan narkoba. Jangan pernah, itu berbahaya. Jangan katakan kamu tak akan terpengaruh. Jangan. Bila sudah mencoba akan ketagihan sehingga tak bisa lagi keluar. Tak ada kompromi dengan barang yang demikian. Itu sering diawali dengan merokok maka hindari kebiasan itu.

Jangan pula seperti seorang pemuda yang sedang jatuh cinta pada seorang gadis, ketika diperingatkan, berkata: "saya tak apa-apa koq, dia akan saya tarik menjadi Kristen." Eh, ternyata dia yang ditarik lalu meninggalkan Tuhan Yesus, beralih agama. Benarlah kalau dikatakan bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. ltu tak berarti tak boleh bergaul dengan yang tak seiman, malahan harus bergaul dengan semua orang agar dapat menjadi alat untuk menyaksikan kasih dan kebesaran nama Tuhan dengan tetap menjaga diri.

Bangsa Israel bukan tidak mampu mengusir bangsa Kanaan. Mereka justru dimanfaatkan untuk bekerja rodi. Artinya bangsa Israel terus bergaul dengan penduduk Kanaan. Padahal Tuhan memerintahkan untuk mengusir dan memunahkan. Mereka tak taat akibatnya menderita karena selalu diganggu oleh musuh. ltu sama saja mau mengatakan: "Godain kita, dong." Dalam konteks hidup beriman, bergaul dengan Tuhan dalam persekutuan jemaat dan pembacaan Alkitab,pasti memberi kekuatan dan sukacita dalam perjalanan hidup kita. Kita akan saling mendoakan, menasihati dan menopang agar tidak seorangpun tersesat dan terhilang dari persekutuan dengan Tuhan Yesus. Persekutuan yang saling mengasihi dan bukannya persekutuan yang saling membenci dan menghakimi seperti yang diajarkan Tuhan Yesus.

GB.62:4,5
Doa: (Tuntunlah kami supaya tetap mencintai Tuhan dan persekutuan jemaat-Mu sehingga mampu menjadi saksi di tengah dunia ini)



Label:   Hakim-Hakim 1:22-36 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 22 MARET 2017 MEWARISKAN IMAN - Hakim-Hakim 2:6-23 - MINGGU IV PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 20 Maret 2017 - HADAPILAH TANTANGAN HIDUPMU Yosua 11:1-15 - HARI MINGGU IV PRAPASKAH

Garis Besar Hakim-hakim





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 18 Oktober - Matius 5-7

Hari ini, 18 Oktober - Maz 118:11-17, Yer 16-17, 1 Tes 5, Ams 26:25-26

18 Oktober - Yohanes 6:1-15, 1 Petrus 2:18-25, Kidung 3, Yeremia 49

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
Angels We Have Heard on High - Chris Tomlin

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,   imamat 25 : 35,   perikop yesaya 2:2-5,   doa persembahan,   lagu penutup ibadah,   khotbah tetap berpegang pada kebenaran yeremia 31:21-34; 2 timotius 3:14-4:5; lukas 18:1-8,   contoh tata ibadah kgpi,   contoh agenda kgpi,   tema khotbah tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   bacaan liturgi 17 oktober 2019,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh full album,   lirik lagu nkb 42,   lirik lagu nkb 42,   chord pelengkap kidung jemaat,   lirik lagu nkb 42,   lagu kristen arab,   renungan gmim mazmur 85,   +firman-Mu plita bagi kakiku in mandarin lyrics,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   Lagu persemban yang cocok,   thema - thema natal,   khotbah 2 raja-raja 2:23-25,   download pkj 289,   nyanyian rohani,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   Sabda bina umat 16 oktober 2019 ,   kalender liturgi katolik 2019,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   lagu sungguh baik dan indahnya bila saudara semua diam Jalu Tegar Prasetya,   Jamita Johanes 4,21-26.,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   perikop yesaya 2:2-5,   tata ibadah penghiburan kristen protestan,   jamita johanes 4:21-26,   contoh khotbah kenamaan dan kepujian di bumi,   lagu untuk persembahan,   Kotbah lukas 16:19-31,   ringkasan dlm injil yoh 20:21-25,   renungan amsal 3:17-30,   Kunci lagu firman allah jayalah,   Jamita sian Habakuk 3:1-6,   kotbah kisah pararasul 4:32-33,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   ayat alkitab tentang persembahan uang,   instrument lagu gereja,   lirik lagu rohani Kristen pemuda GKE,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal dan bersyukur padanya,   kmm 144,   lagu2 ceriah ambon,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   mp3 mari kita puji dia yang kekal,   tafsiran kisah para rasul 1:1-5,   bacaan sbu hari ini 16 oktober 2019,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan rohani kristen pantang mundur,   renungan rohani kristen pantang mundur,   lagu untuk wedding indonesia Kristen,   kidung jemaat no 69,   Tata Ibadah Minggu GPIB, 6 Oktober 2019,   Tata Ibadah Minggu, 6 Oktober GPIB,   pembacaan sabda gereja,   pembacaan sabda gereja,   renungan Roma 1: 18 - 32,   khotbah mazmur 50,   Renungan kristen tentang pemudah di penghotbah,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   kumpulan lagu rohani terbaru 2018 mp3,   Renungan Filipi 3:17-23,   bulan keluarga lukas 18:9-14,   randas pemahaman iman,   nama grup rohani kristen,   Buku ende pentakosta,   lagu persembahan saat ibadah,   lagu ucapan syukur dan penyembahan,   Buku ende pentakosta,   lirik lagu rohani senja di batas hari,   kalender.katolik bln oktober .2019,   kotbah hkbp yesaya 2: 2-5. 2019,   sabda guna dharma hari rabu 16 oktober 2019,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   lirik lagu rohani terbaru gms live 2019,   wielbij ma duszo mocarza i krola wrzechswiata,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   instrument lagu gereja,   khotbah kristen ul 28:1-6,   renungan yeremia 9:23,   lagu rohani persembahan syukur,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   lagu untuk membawa persembahan,   Bacaan injil untuk hari minggu 20 oktober 2019,   khotbah lukas 18:1-8,   sabda bina umat 15 oktober 2019 ,   renungan minggu 20 oktober 2019,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,