Save Page
HARI MINGGU V PRAPASKAH
Selasa, 14 Maret 2017
Yosua 6:1-14
Jatuhnya Yerikho
6:1 Dalam pada itu Yerikho telah menutup pintu gerbangnya; telah tertutup kota itu karena orang Israel; tidak ada orang keluar atau masuk. 6:2 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa. 6:3 Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya, 6:4 dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala. 6:5 Apabila sangkakala tanduk domba itu panjang bunyinya dan kamu mendengar bunyi sangkakala itu, maka haruslah seluruh bangsa bersorak dengan sorak yang nyaring, maka tembok kota itu akan runtuh, lalu bangsa itu harus memanjatnya, masing-masing langsung ke depan." 6:6 Kemudian Yosua bin Nun memanggil para imam dan berkata kepada mereka: "Angkatlah tabut perjanjian itu dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut TUHAN." 6:7 Dan kepada bangsa itu dikatakannya: "Majulah, kelilingilah kota itu, dan orang-orang bersenjata harus berjalan di depan tabut TUHAN." 6:8 Segera sesudah Yosua berkata kepada bangsa itu, maka berjalanlah maju ketujuh orang imam, yang membawa ketujuh sangkakala tanduk domba itu di hadapan TUHAN, lalu mereka meniup sangkakala, sedang tabut perjanjian TUHAN mengikut mereka. 6:9 Dan orang-orang bersenjata berjalan di depan para imam yang meniup sangkakala dan barisan penutup mengikut tabut itu, sedang sangkakala terus-menerus ditiup. 6:10 Tetapi Yosua telah memerintahkan kepada bangsa itu, demikian: "Janganlah bersorak dan janganlah perdengarkan suaramu, sepatah katapun janganlah keluar dari mulutmu sampai pada hari aku mengatakan kepadamu: Bersoraklah! -- maka kamu harus bersorak." 6:11 Demikianlah tabut TUHAN mengelilingi kota itu, mengedarinya sekali saja. Kemudian kembalilah mereka ke tempat perkemahan dan bermalam di tempat perkemahan itu. 6:12 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu para imam mengangkat tabut TUHAN. 6:13 Maka berjalanlah juga ketujuh orang imam, yang membawa ketujuh sangkakala tanduk domba itu di depan tabut TUHAN, sambil berjalan mereka meniup sangkakala, sedang orang-orang bersenjata berjalan di depan mereka dan barisan penutup mengikut tabut TUHAN, sementara sangkakala terus-menerus ditiup. 6:14 Demikianlah pada hari kedua mereka mengelilingi kota itu sekali saja, lalu pulang ke tempat perkemahan. Dan begitulah dilakukan mereka enam hari lamanya.


Penjelasan:
*  Yos 6:1 - Telah tertutup kota itu
Telah tertutup kota itu. Bahasa Ibraninya menunjukkan kenyataan bahwa pihak yang diserang telah menutup pintu gerbang kota dan Yerikho terkurung, dikepung oleh Israel. Ayat ini merupakan sisipan yang dimasukkan untuk menjelaskan situasi Yerikho saat itu kepada para pembaca, sesudah perintah Allah kepada Yosua (6:2-5).

* Yos 6:2 - Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini
Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini. Panglima Yosua, yaitu Yehovah, menjanjikan kehancuran Yerikho secara ilahi, adikodrati sebagai tanda kesungguhan dari penaklukan seluruh wilayah Kanaan. Karena itu Yosua tidak perlu lagi membuat rencana untuk mengalahkan kota itu.

* Yos 6:3 - Haruslah kamu mengelilingi kota itu
Haruslah kamu mengelilingi kota itu. Perintah Allah ini harus dilaksanakan dengan kesunyian yang mutlak terkecuali peniupan sangkakala (6:8). Cara ini pasti menimbulkan cemooh pihak lawan dan dengan demikian merupakan latihan kerendahan hati bagi Israel. Kecemerlangan dari iman Yosua, para imam, dan seluruh bangsa itu selama seminggu itu memancar paling terang dalam seluruh sejarah Israel (bdg. Ibr. 11:30).

* Yos 6:4 - Tujuh sangkakala tanduk domba
Tujuh sangkakala tanduk domba. Secara harfiah, tujuh sangkakala ybél. Bahasa Ibrani ybél ("tanduk domba") tidak jelas asalnya dan dipakai pertama kali di Keluaran 19:13 bahkan sebelum disebutkan tentang tahun Yobel (Im. 25:8-54; 27:17-24; Bil. 36:4); tampaknya istilah ini memiliki makna seremonial religius, yaitu memberitakan kedatangan Yehova selaku Raja, entah datang melawat umat-Nya untuk menggenapi perjanjianNya atau melepaskan mereka, atau kepada musuh-Nya untuk menghukum dan memusnahkan mereka. "Sangkakala Allah" (I Tes. 4:16) akan melaksanakan dua tujuan ini ketika memberitakan kedatangan Kristus yang kedua kali kelak. Tujuh orang imam yang membawa tujuh sangkakala selama tujuh hari menunjukkan bahwa penghukuman tersebut akan lengkap.

* Jatuhnya Yerikho (6:6-27).
Bukti hasil penggalian purbakala dari Yerikho (Tell es-Sultan) tidaklah jelas tentang penaklukan benteng ini oleh Yosua. Ekspedisi Kathleen Kenyon (1952-1958) menunjukkan bahwa tembok-tembok benteng yang sama (yang dibangun dengan memakai batu bata dan runtuh ke bagian luar) yang telah berhasil digali oleh John Garstang (1930-1936) dan bertanggalkan Era Perunggu Akhir (1500-1200 sM) sesungguhnya berasal dari masa yang jauh lebih dini daripada zaman Yosua. Tetapi, di pekuburan yang terletak di bagian barat kota tersebut, Garstang menemukan 320 buah benda yang berasal dari Era Perunggu Akhir, termasuk dua buah meterai kepik dari raja Amenhotep III (1410-1372 sM), dan juga sejumlah benda tanah liat dari masa yang sama di sekitar itu, khususnya di wilayah tempat pembuangan sampah dari "Bangunan Tengah" (yang oleh Garstang dihubungkan dengan Eglon; Hak. 3:12-30). Oleh karena itu Garstang memastikan bahwa wilayah tersebut telah berpenduduk pada zaman Yosua. Garstang dan Kenyon (yang menemukan sebuah lantai sempit dari Era Perunggu Akhir dengan sebuah tempat pembakaran dan tempayan) pada hakikatnya akan setuju bahwa kota Yerikho sebelumnya, yang dihuni oleh orang Heksos, telah dimusnahkan a sekitar tahun 1560 sM. Kemudian tanah itu dibiarkan terlantar sepanjang kurang lebih 150 tahun. Karena sebagian besar perabotan khas abad ke-15 tidak ditemukan, maka kota tersebut pastilah baru dihuni lagi sekitar tahun 1410 sM. Mungkin orang-orang Kanaan zaman Era Perunggu Akhir memakai kembali puing-puing peninggalan orang Heksos dan membangun di atasnya tembok batu bata. Alasan tidak ditemukannya perabotan Era perunggu yang lebih Akhir mungkin karena kota tersebut hanya didiami untuk waktu yang singkat sebelum dimusnahkan pada tahun 1407 sM. Di samping itu, orang harus memperhitungkan bahwa kota tersebut dihancurkan secara menyeluruh (Yos. 6:21, 24) serta terbukanya sebagian besar lapisan tanah ini terhadap erosi selama lima abad berikutnya sebelum Raja Hiel membangun kembali kota itu (I Raj. 16:34).
Di dalam bagian ini kita bisa menyaksikan kemenangan iman. Israel melakukan pekerjaan Allah dengan cara Allah, sekalipun di mata manusia tindakan berjalan keliling itu pasti tampak sangat bodoh (bdg. I Kor. 1:25).

SBU
MINGGU V PRAPASKAH
SELASA, 14 MARET 2017
Renungan Pagi
KJ.144b:1-Berdoa
PEMIMPIN YANG MAU MENDENGAR

Yosua 5:13-15
Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua : "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus. "Dan Yosua berbuat demikian (ay.15)

George Washington dilantik sebagai presiden AS pada tanggal 30 April 1789, sebelum memasuki ruang senat untuk berpidato ia mencium sebuah Alkitab. Maksudnya melakukan itu kemungkinan ia ingin mengatakan, "bahwa ia akan membaca Alkitab dan mendengarkannya". Baginya, seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau mendengar suara Tuhan.

Yosua adalah pemimpin Israel yang menggantikan Musa. Salah satu tugas beratnya ialah memimpin orang Israel untuk menaklukkan tanah Kanaan yang kelak ditempati suku-suku Israel. Ketika Yosua memandang kota Yerikho, ia melihat seorang laki-laki dengan pedang terhunus di tangannya (ayat 13) dan ternyata tamu yang ada dihadapannya adalah Panglima Balatentara TUHAN (ayat 14,15) dan ia menyatakan hormat dengan sujud menyembah (ayat 14). Sikap yang ditunjukkan Yosua tersebut menandakan bahwa ia seorang pemimpin yang memiliki kepekaan dan kesadaran akan hadir-Nya TUHAN. Bahkan di saat TUHAN memerintahkan Yosua "melepaskan kasutnya", ia mendengar dan patuh (ayat 15). Pengenalan akan TUHAN yang benar telah memimpin Yosua pada penyembahan dan pengudusan. Kehadiran TUHAN dihadapan Yosua memiliki arti dalam kepemimpinannya, yaitu: TUHAN akan menyertai dan menopangnya seperti yang dilakukan ketika menyeberangi sungai Yordan (Yosua 3). Yosua mendapat perhatian-Nya karena mau mendengar suara Tuhan.

Sebelum menjalani aktifitas, sudah seharusnya kita menenangkan hati untuk berdoa dan membaca Firman-Nya. Dengarkan dan Iakukanlah suara-Nya dalam kesibukan, rencana dan tantangan hidup, Tuhan akan menolong dan menuntun kita. Kesediaan untuk mendengar dan melakukan suara Tuhan menjadi prasyarat semua orang percaya bahkan ketika akan memilih para pemimpinnya, juga ketika telah menjadi pemimpin baik dalam masyarakat maupun gereja.

KJ.144b :2
Doa: (Bapa dalam Yesus berilah kami kepekaan untuk mendengarkan-Mu)



MINGGU V PRAPASKAH
SELASA, 14 MARET 2017
Renungan Malam
GB.62:1-Berdoa
STRATEGI TUHAN

Yosua 6:1-14
Haruslah kamu mengelilingi kota itu..... (ay.3a)

Peietak dasar perang gerilya adalah Jenderal Sudirman saat melawan kolonialisme Belanda. Kemudian strategi perang ini dipopulerkan oleh Jenderal A.H. Nasution melalui bukunya yang berjudul "Strategy Of Guerilla Warfare". Konon cerita, kemenangan tentara Vietkong mengusir tentara Amerika Serikat di dapatkan melalui membaca dan mengikuti petunjuk buku tersebut. Yang dimaksud perang gerilya adalah perang yang di|akukan dengan taktik mengepung secara tidak terlihat (invisible).

Untuk mengalahkan kota Yerikho yang memmki kubu pertahanan kuat dan besar memang dibutuhkan strategi yang mumpuni. Strategi yang jitu bukan datangnya dari Yosua atau umat Israel meiainkan dari Tuhan sendiri. Firman Tuhan, "haruslah kamu mengelilingi kota itu" (ayat 3a); para prajurit, imam dan rakyat harus mengikuti strategi Tuhan. Mungkin orang akan menilai strategi "mengelilingi kota" tidak ada efeknya, tetapi cara Tuhan selalu penuh kegemilangan. Strategi Tuhan ini mempunyai maksud, yaitu: mau melihat kesungguhan (=iman) umat Israel, membuat rasa was-was/kecemasan orang Yerikho (teror mental) dan memperlihatkan kuasa-Nya di mata semua umat lsrael serta orang Yerikho. Namun yang pasti strategi Tuhan merupakan siasat-Nya untuk menghancurkan kekuatan musuh-musuh Israel dan menolong umat-Nya. Tuhan hendak menerobos "kubu atau tembok pertahanan" orang Yerikho yang sangat tangguh. Yang diperlukan dalam strategi Tuhan adalah iman dan
ketaatan mengikuti petunjuk-Nya.

Disadari atau tidak, sebenarnya kita juga berada di medan "peperangan". Musuh kita adalah nafsu duniawi (Kolose 3:5), penguasa-penguasa dan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini (Efesus 6: 12). Kita dipanggil melawannya dengan strategi yang jitu, yaitu dengan mempercayakan hidup kepada-Nyadan taat pada Tuhan dalam menjalani hidup di ruang manapun; pribadi keluarga, gereja dan masyarakat.

GB.62: 5
Doa: (Bapa yang kami sembah dalam Yesus, aiarkanlah kami strategi yang sesuai dengan kehendak-Mu agar kami mampu menang melawan kekuatan
apapun dalam dunia ini)



Label:   Yosua 6:1-14 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 15 Maret 2017 - TIDAK PATUH : TERIMA HUKUMANNYA! Yosua 7:1-16 - HARI MINGGU V PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 13 Maret 2017 - INGIN HIDUP: PERCAYA KESAKSIAN YESUS Yohanes 5:30-47 - HARI MINGGU V PRAPASKAH

Garis Besar Yosua





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Oktober - Matius 23-25


23 Oktober - Yohanes 7:1-13, 1 Petrus 4:12-19, Kidung 7, Ratapan 2

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan zefanya 3:9-20,   renungan zefanya 3:9-20,   renungan zefanya 3:9-20,   tata ibadah hkbp 13 oktober 2019,   lagu persembahan,   Lagu Rohani GitaBakti,   Lagu Rohani GitaBakti,   lagu kristen persembahan,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   lagu KJ penutup,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   kunci gitar yesus nampi nu dosa,   pujian Pkj 35 Suci.suci.suci,   kalender liturgi,   kalender liturgi,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   ayat untuk persembahan,   Rngn 1 kor 4:6-21,   Rngn 1 kor 4:6-21,   kalender.katolik bln oktober .2019,   free mp3 pujiam kristen,   free mp3 pujiam kristen,   renungan yoel 2 28,   download sound of praise - janjiMu Ya dan Amin,   khotbah : Tdk Ada Yg Mustahil Bagi Orang Percaya,   eksposisi zefanya 3:9-20 stemi,   ayat persembahan,   tak usah ku takut renna,   bahan diskusi zefanya 3:9-20,   contoh renungan kejadian 2:21-24 dan ilustrasinya,   epistel minggu 27 oktober 2019,   tampilan nats Amsal 22:8-12,   renungan wahyu 7 13-17,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lagu gms,   renungan yosua 2:1-7,   lirik lagu di tengah kesukaran,   partitur satb kidung jemaat,   kunci gitar bila ku ingat cinta Tuhanku,   khotbah dalam matius 10¦1-4,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   kj 384,   kj 384,   gita bakti 47 note,   CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,