Save Page
Rabu, 3 Mei 2017
MINGGU II SESUDAH PASKAH
Imamat 25:35-46
Imamat 25:47-55 (SGK)

Imamat 25:47-55
25:47 Apabila seorang asing atau seorang pendatang di antaramu telah menjadi mampu, sedangkan saudaramu yang tinggal padanya jatuh miskin, sehingga menyerahkan dirinya kepada orang asing atau pendatang yang di antaramu itu atau kepada seorang yang berasal dari kaum orang asing, 25:48 maka sesudah ia menyerahkan dirinya, ia berhak ditebus, yakni seorang dari antara saudara-saudaranya boleh menebus dia, 25:49 atau saudara ayahnya atau anak laki-laki saudara ayahnya atau seorang kerabatnya yang terdekat dari kaumnya atau kalau ia telah mampu, ia sendiri berhak menebus dirinya. 25:50 Bersama-sama dengan si pembelinya ia harus membuat perhitungan, mulai dari tahun ia menyerahkan dirinya kepada orang itu sampai kepada tahun Yobel, dan harga penjualan dirinya haruslah ditentukan menurut jumlah tahun-tahun itu; masa ia tinggal pada orang itu haruslah dihitung seperti masa kerja orang upahan. 25:51 Jikalau jumlah tahun itu masih besar, maka dari harga pembeliannya harus dikembalikan sebagai penebus dirinya menurut jumlah tahun itu. 25:52 Jika waktu yang masih tinggal sampai kepada tahun Yobel sedikit lagi saja, maka ia harus membuat perhitungan dengan orang itu; menurut jumlah tahun itulah ia harus membayar uang tebusan dirinya. 25:53 Demikianlah ia harus tinggal padanya sebagai orang upahan dari tahun ke tahun. Janganlah ia diperintah dengan kejam oleh orang itu di depan matamu. 25:54 Tetapi jikalau ia tidak ditebus dengan cara demikian, maka ia harus diizinkan keluar dalam tahun Yobel, ia bersama-sama anak-anaknya. 25:55 Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu."

Penjelasan:

* Im 25:47-54 - Saudaramu ... menyerahkan dirinya
Saudaramu ... menyerahkan dirinya. Jika seorang Israel menjual dirinya sebagai budak kepada pendatang yang tinggal di antara mereka, dia dapat ditebus oleh seorang kerabat penebus (ay. 48, 49; lih. tafsiran atas ay. 24), atau dia bisa menebus dirinya sendiri. Di sini dia juga harus menghitung harga yang layak untuk waktu yang tersisa hingga Tahun Yobel, karena waktu yang tersisa itu menentukan harganya (ay. 50-52).

* Im 25:53
Jika sedang melayani seorang pendatang sebagai budak, orang Israel itu harus diperlakukan dengan hati-hati, yaitu sebagai orang upahan.

* Im 25:54 - Jikalau ia tidak ditebus
Jikalau ia tidak ditebus. Masa pengabdian tersebut berakhir tanpa harus ditebus pada Tahun Yobel.

* Im 25:55 - Pada-Kulah orang Israel menjadi hamba
Pada-Kulah orang Israel menjadi hamba. Peraturan-peraturan yang berkenaan dengan Tahun Yobel ditentukan oleh kenyataan bahwa orang Israel adalah hamba Tuhan sehingga tidak mungkin dapat dijual secara permanen kepada pihak lainnya. Demikian pula halnya dengan tanah yang merupakan milik Tuhan, tanah tersebut pada saat-saat yang telah ditentukan harus dikembalikan kepada keluarga Israel yang kepadanya tanah itu semula telah diberikan oleh Tuhan.



SGDK
MINGGU II SESUDAH PASKAH
RABU, 3 MEI 2017
YOBEL, MEMBANGUN KASIH KEPADA SESAMA SAUDARA


Imamat 25:47-55

Perayaan Tahun Yobel (Ibrani: ???? , Inggris : Jubilee), adalah perayaan sekali dalam 50 tahun atau setelah 7 kali perayaan tahun Sabat. Tahun sabat dirayakan setiap tahun ketujuh, maka Yobel dirayakan sebagai perayaan 50 tahun atau  setelah 7 kali perayaan Sabat, atau 7 X 7 tahun, berarti setelah 49 tahun.
Perayaan tahun Yobel adalah salah satu perayaan keagamaan dalam tradisi Israel dan perayaan ini dilakukan bersamaan dengan Hari Raya Pendamaian (Alkitab Edisi study, 2015, hal 793). Dalam ketetapan tentang tahun Sabat, Tuhan memerintahkan agar semua tanah harus diistirahatkan selama satu tahun penuh. Atau selama Tahun Ketujuh, tanah tidak dibajak dan ditanami. Dan pada  Tahun Yobel, tanah yang dibeli dari orang, harus dikembalikan kepada pemilik yang menjualnya atau kepada kaum keluarganya. Perayaan Tahun Yobel ini dimulai pada Hari Raya Pendamaian (Yom Kippur). Pada perayaan Tahun Yobel, ada tiga hal yang ditetapkan Tuhan yaitu; (I), Pada Tahun Yobel, semua budak harus dibebaskan. (II), Pada Tahun Yobel, semua tanah yang dibeli harus dikembalikan kepada sipemilik yang menjualnya atau ahli warisnya; dan (III), Pada Tahun Yobel, tanah tidak boleh dibajak dan ditanam.

II.    PENJELASAN NAS

Ayat-ayat ini mengatur tentang bagaimana keluarga, baik paman atau saudara dan sepupu membangun tanggungjawabnya atas saudaranya atau keluarganya yang tidak beruntung. Seorang Israel yang karena miskin terpaksa menjual dirinya sendiri kepada orang asing yang kaya yang tinggal di Israel, orang ini berhak ditebus. Dan hak untuk ditebus itu diserahkan menjadi tanggungjawab dari keluarganya, yaitu paman, saudara atau sepupunya.
Nilai atau harga tebusan tidak boleh merugikan orang kaya yang membeli saudara mereka yang miskin tersebut. Maka harga tebusan dihitung menurut jumlah tahun sampai kepada Tahun Yobel yang akan datang. Misalnya, jika seorang miskin menyerahkan dirinya untuk menjadi hamba selama 15 tahun sebelum tahun Yobel, dan dia telah menerima pembayarannya, kemudian dia sudah bekerja selama 5 tahun, dan kaum keluarganya harus menebus dia, maka yang harus dibayarkan kepada orang kaya itu adalah senilai gaji selama 10 tahun.  Tetapi jika keluarganya pun tidak sanggup menebus saudaranya yang miskin itu dari rang kaya tersebut, si miskin tersebut harus dibebaskan dari utang-utannya pada Tahun Yobel. Dan selain itu,  dia menjadi orang yang bebas dari statusnya sebagai hamba yang harus bekerja kepada orang kaya tersebut. Bebas dari utangnya dan bebas dari perhambaannya.
Pada Tahun Yobel ini, baik orang kaya maupun miskin, diingatkan bahwa mereka sesungguhnya sama-sama adalah hamba yang menghambakan diri kepada Allah. Sebab mereka adalah hama-hamba yang dibebaskan dari perbudakan di Mesir dan dibawa keluar dari perbudakan itu,


III.    RELEVANSI NAS

PerayaanTahun Yobel mengingatkan orang Israel bahwa bukan saja tanah mereka adalah milik Allah, tetapi bahwa kehidupan merak adalah juga milik Allah. Apakah dia orang yang beruntung dan kaya atau tidak beruntung dan miskin sehingga menggadaikan dirinya kepada orang lain yang kaya, mereka sama-sama milik Allah. Karena itu sama seperti aturan Tahun Yobel itu mengatur tentang pembebasan tanah dari digarap dan diolah, Tuhan juga mengatur bagaimana pembebasan terhadap orang miskin yang berutang itu sebagai penghargaan terhadap kehidupan pemberian Tuhan.
Kewajiban kerabat untuk menebus saudaranya dengan segera dan dengan harga yang tepat menegaskan tentang dua bentuk penghargaan. Pertama, Pembebasan saudaranya yang berutang dengan menjual dirinya menjadi hamba adalah pernghargaan kepada saudara sendiri yang harus dilakukan dengan bertanggungjawab. Kedua; pembayaran dengan nilai yang pantas adalah juga bentuk penghargaan kepada sesama. Dan Tuhan ingin menunjukkan bahwa bagaimana Tuhan juga menjamin kehidupan orang asing yang kaya tersebut.

IV.    ARAHAN UNTUK DISKUSI
1.    Apakah kita pernah mengetahui bahwa ada saudara sekandung atau seiman yang berada pada posisi dimana

kemiskinan membuat mereka tidak meminta-minta tetapi menjual apa saja bahkan rela bekerja sebagai hamba atau asisten rumah tangga (dulu disebut PRT) atau mungkin berutang kepada kita dan orang lain dengan bersedia bekerja tanpa diupah sampai hutangnya dianggap lunas?

2.    Bagaimana reaksi kita ketika itu? Menaruh belas kasih, menyindir dan merendahkan dia dan menceritakan keadaannya kepada orang lain ?

3.    Bagaimana firman Tuhan hari ini membentuk sikap kita kepada orang-orang yang tidak seberuntung kita ?
Eshaer/lph


SBU
MINGGU II SESUDAH PASKAH
RABU, 3 MEI 2017
Renungan Pagi
♪KJ.240a  : 1,2-Berdoa
MENGASIHI DAN MENOLONG SAUDARA

Imamat 25 : 35 - 46
Apabila saudaramu jatuh miskin di antaramu, sehingga menyerahkan dirinya kepadamu, maka janganlah memperbudak dia" (ay.39)  

Tidak jarang kita temukan orang yang begitu peduli dan berbuat baik sebagai tindakan kasih kepada sesamanya atau orang lain, tetapi terhadap saudaranya sendiri, orang itu mengabaikan atau berlaku masa bodoh. Ada berbagai alasan, mungkin, karena begitu adanya, atau karena menurutnya bantuan kepada saudaranya sudah berkali-kali dilakukan tetapi saudaranya itu tidak berubah atau tidak berhenti meminta bantuan kepada saudaranya.

Dalam perikop tentang perlakuan terhadap orang miskin yang terpaksa harus meminjam, terdapat ketetapan tentang bagaimana perilaku khusus terhadap saudara sendiri. Sebagai saudara yang memiliki kemampuan atau lebih berada dari saudaranya yang meminta pinjaman, berlaku ketetapan, bahwa dia harus disokong atau didukung oleh saudaranya yang mampu itu. Bantuan yang diberikan seharusnya lebih kepada pemberian dan bukan pinjaman yang mengharapkan pengembalian dengan bunga. Kalaupun dia harus berada bersama di rumah saudaranya yang mampu, itu bukan berarti untuk bekerja sebagai orang upahan atau budak, tetapi sebagai saudara yang harus disokong agar memiliki tempat tinggal dan menggantungkan kehidupannya. Mereka tidak boleh diperlakukan sebagai pendatang, orang asing atau budak. Mereka tetaplah saudara yang harus ditolong dengan kasih.

Kita harus bisa mempraktekkan tindakan-tindakan kasih mulai dari keluarga, lingkungan keluarga, kemudian sesama persekutuan dan akhirnya juga kepada sesama. Jangan membiarkan saudara kita menderita, sementara kita seolah mencari pujian dari orang lain. Bantulah saudaramu kemudian sesamamu. Dan bantuan kasih itu tidak boleh berhenti oleh karena telah dilakukan berkali-kali atau karena yang dibantu tidak tahu berterimakasih. Bantulah dengan benar dan tepat, sampai benar-benar dia dapat mandiri dan melepaskan diri dari kebergantungannya atas bantuan kita sebagai saudaranya. Lakukanlah terus menerus, seperti Tuhan melakukannya untuk kita.

♪KJ. 240a: 3
Doa:(Tuhan, mampukan kami untuk mengasihi mulai dari saudara-saudara kami)
Eshaer/lph


MINGGU II SESUDAH PASKAH
RABU, 3 MEI 2017

Renungan Malam
♪KJ.351 : 1,2-Berdoa
YOBEL, MEMBANGUN KASIH KEPADA SESAMA SAUDARA

Imamat 25 : 47 - 55
Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu (ay. 55) 


Bagaimana perasaan kita kalau ada saudara atau keluarga dan kerabat kita yang meminjam dana kepada orang lain dan kemudian terikat untuk melakukan apa saja yang dinginkan oleh si pemberi pinjaman? Menjadi PRT misalnya  hanya untuk membayar atau melunasi hutang-hutangnya kepada majikan yang memberi pinjam-an ? Tenang-tenang saja dan membiarkannya ?  Atau merasa malu dan terbeban untuk segera menolong saudara kita atau kerabat kita itu ?

Kewajiban kerabat untuk menolong saudaranya seharusnya lebih diutamakan sebab Tuhan pun tidak mengendaki manusia saling memperhamba sesamanya. Bagi Tuhan tidak boleh ada orang yang menjadi hamba kepada sesamanya karena kemiskinan. Tetapi jika saudara atau kerabat telah berutang dan menjadi hamba, maka adalah kewajiban saudaranya atau kerabatnya yang mampu wajib menebus mereka dengan harga yang tepat. Ketetapan ini menegaskan tentang dua bentuk penghargaan. Pertama, Pembe-basan saudaranya yang berutang dengan menjual dirinya menjadi hamba adalah penghargaan kepada saudara sendiri yang harus dilakukan dengan bertanggungjawab. Kedua; pembayaran dengan nilai yang pantas adalah juga bentuk penghargaan kepada sesama. Dan Tuhan ingin menunjukkan bahwa Tuhan juga menjamin kehi-dupan orang asing yang kaya tersebut.

Hidup dalam kasih seharusnya membuat kita memprakarsai sikap hidup yang menghargai baik saudara dan keluarga maupun orang lain atau sesama. Membantu keluarga atau kerabat yang miskin harus dilakukan sebagai penghargaan kepada Tuhan yang membebaskan dan menolong semua orang. Mengembalikan pinjaman secara tepat adalah juga tindakan kasih kepada sesama.  Sebab semua orang memiliki hak untuk hidup yang layak. Dan adalah kewajiban kita untk memastikannya, sebab kita dan mereka sama-sama umat yang dikasihi dan selalu ditolong Tuhan.  

♪KJ. 351 : 3
Doa :(Tuhan, tolong kami untukbenar-benarpeduliuntukmensejahterakan orang lain)
Eshaer/lph


Label:   Imamat 25:47-55 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 4 Mei 2017 - Imamat 26:1-13 TUHAN MENENTANG ORANG-ORANG SOMBONG Imamat 26:14-26 - MINGGU II SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Mei 2017 - Imamat 25:23-28 MENGHORMATI ORANG LEWI Imamat 25:29-34 - MINGGU II SESUDAH PASKAH

Garis Besar Imamat





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
Great Jehovah - Travis Greene

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



KHOTBAH MENGADAKAN PENDAMAIAN,   sgdk oktober 2019,   renungan amos 8 ayat 4 - 8,   nyanyian suara gembira 21,   not angka gita bakti no 45 Dan lyrik,   not angka gita bakti no 45,   mars gerakan pemuda,   nyaniyan rohani 132,   tema mazmur 40:7-11,   sabda bina umat 22 september 2019 ,   jamita partangiangan 29 september 2019 mazmur 40:7-11,   kmm 33,   bahan kotbah mazmur 40:7-11 sabda.com,   Jamita psalmen 40:7-11,   khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,