Save Page
Minggu, 21 Mei 2017
MINGGU V SESUDAH PASKAH
Roma 10:4-13 (SGD)

Roma 10:4-13
10:4 Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya. 10:5 Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya." 10:6 Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian: "Jangan katakan di dalam hatimu: Siapakah akan naik ke sorga?", yaitu: untuk membawa Yesus turun, 10:7 atau: "Siapakah akan turun ke jurang maut?", yaitu: untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati. 10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan. 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. 10:11 Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan." 10:12 Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya. 10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

Penjelasan:
* Hubungan Antara Kebenaran Iman dan Objek Iman. (10:4-15).
Di dalam ayat 4 ada dua hal yang ditekankan: (1) siapa Kristus sebenarnya; (2) siapa yang memperoleh manfaat dari Kristus. Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya. Kata kegenapan - telos - tampaknya memadukan pengertian dari kata sasaran dan akhir (lih. Arndt, telos, 1.a.b.c, hlm. 819). Kita tidak dapat mengatakan bahwa Kristus hanyalah sasaran dan akhir dari hukum Taurat. Lebih tepat kalau dikatakan bahwa Dia adalah sasaran dan akhir dari hukum Taurat dalam kaitan dengan kebenaran. Sebelum Kristus datang, orang-orang yang percaya kepada Allah berada dalam ketegangan. Artinya, mereka dijanjikan akan memperoleh hidup dengan syarat bahwa mereka hidup dengan cara yang tidak mungkin dapat mereka penuhi. 5. Sekalipun ketika mengutip Musa, Paulus sedikit mengubah Imamat 18:5 dari naskah Ibrani dan Yunani, ia pada dasarnya memberikan pengertian yang benar dari ayat itu. Orang yang melakukannya (kebenaran yang dituntut oleh hukum Taurat) akan hidup karenanya (kata ganti orang feminin, mengacu kepada kebenaran). Di dalam naskah Yunani untuk Imamat 18:5, orang percaya Yahudi diperintahkan untuk memelihara semua ketetapan dan peraturan. Sekalipun seorang yang percaya kepada Allah berusaha sebaik-baiknya untuk memenuhi tuntutan untuk hidup benar yang ditetapkan hukum Taurat. dia juga sadar akan segala kegagalannya. Keadaan tidak konsisten ini menghasilkan ketegangan. Karena itu ia selalu menyajikan persembahan kurban tebusan salah dan kurban penghapus dosa. Sebab itu, seorang Yahudi yang percaya tidak dapat berpegang pada Imamat 18:5 sebagai landasan hukum yang menjamin dirinya memperoleh hidup kekal, tetapi hanya sebagai janji dari Allah menyangkut persekutuan manusia dengan Dia. Manusia tidak dapat melihat ayat tersebut sebagai sebuah peraturan hukum. Kalau manusia berbuat demikian maka ketegangan yang muncul tidak tertahankan. Kristus telah mengakhiri ketegangan ini. Melalui kehidupan dan kematian-Nya Dia menyatakan kebenaran sempurna dari Allah, yang dicurahkan oleh Bapa melalui iman kepada Anak. Inilah sasaran yang ditunjuk oleh hukum Taurat. Kehidupan dan kematian Kristus mengakhiri ketegangan yang muncul karena adanya janji kehidupan kepada manusia dengan syarat yang tidak akan pernah dapat dipenuhinya. Karena manusia tidak dapat hidup sebagaimana dikehendaki oleh Allah, keselamatan di bawah Perjanjian Lama maupun di bawah Perjanjian Baru haruslah oleh iman.

Di dalam Roma 10:6-8 Paulus mengutip Ulangan 30:12-14 dengan menyisipkan aneka tanggapan dan frasanya sendiri. Di dalam nas Perjanjian Lama, kata -"nya" di dalam pertanyaan mengenai siapa yang akan naik atau siapa yang akan menyeberang untuk mengambil-"nya" bagi manusia, mengacu kepada perintah untuk "mengasihi Tuhan, Allahmu." Perintah Allah inilah yang ada di dalam hati dan diucapkan oleh mulut orang Israel itu. 6, 7. Tetapi Paulus mengambil kalimat dalam Ulangan itu dan memakainya untuk soal kebenaran yang diperoleh karena iman. Paulus mengaitkan masalah naik dan menyeberang itu dengan soal naik dan turunnya Kristus. 8. Ucapan yang ada di mulut dan dalam hati ialah firman iman yang kami beritakan. Paulus tidak mengatakan bahwa Musa di dalam kitab Ulangan menubuatkan bahwa kebenaran akan diperoleh melalui iman. Yang dikatakan Paulus ialah, "Kebenaran karena iman berkata demikian" (10:6). Kesesuaian dua perjanjian tersebut ditunjukkan oleh fakta bahwa kebenaran ini ternyata demikian cocok dengan kalimat di Perjanjian Lama itu.



SGDK
HARI MINGGU V SESUDAH PASKAH
MINGGU, 21 MEI 2017
YESUS, MESIAS SEJATI

PENGANTAR
Roma 10 : 4 - 13
Surat Roma secara garis besar dapat dibagi menjadi 5 bagian,
yaitu :
1. Pasal 1 - 8 : berisi tentang kebenaran.
2. Pasal 9 - 11 : berisi tentang masalah bangsa Yahudi
sebagai umat pilihan Allah.
3. Pasal12-15: berisi tentang masalah-masalah
kehidupan praktis.
4. Pasal 16 : surat pengantar untuk Fede.
Pengertian kebenaran dalam pasal 1 - 8 dl atas atau dalam selu-
ruh surat Roma yang Rasul Paulus maksudkan adalah suatu hu-
bungan yang benar dengan Allah. Orang benar adalah orang
yang mempunyai hubungan yang benar dengan Allah dan hidup-
nya membuktikan hal tersebut.

Rasul Paulus telah menemukan jalan kebenaran di dalam
kepercayaan dan penyerahan dirinya secara mutlak kepada Allah.
Satu-satunya jalan untuk mempunyai hubungan yang balk de-
ngan Allah ialah taat pada firman-Nya dan menyerahkan diri ke-
pada anugerah dan kasih-Nya. lnilah jalan iman. Dengan demiki-
an orang percaya menjadi tahu bahwa yang terutama bukanlah
apa yang dapat kita lakukan untuk Allah, melainkan apa yang te-
lah Allah lakukan bagi kita. Bagi Paulus inti iman Kristen adalah
kita tidak dapat mengusahakan hak untuk mendapat kemurahan
Allah. Semuanya itu adalah anugerah Allah dan yang dapat kita
lakukan adalah hanya menerima kaslh Allah dan bersyukur pa-
da-Nya serta menaruh percaya atas apa yang Allah telah kerja-
kan bagi kita.

Pada pasal 9-11 Paulus menyatakan bahwa dengan keke-
rasan hati orang Yahudi--sebagai umat pilihan A/lah-yang ti-
dak mau menerima Yesus sebagai Mesias, justru membuka ke-
sempatan bagi orang-orang non-Yahudi untuk masuk dalam per-
sekutuan umat pilihan Allah. Bagi Paulus, orang Yahudi sejati
(Israel baru) tidak ditentukan dari garis keturunan darah, melain-
kan ia adalah orang yang telah mengambil keputusan untuk me-
nyerahkan diri kepada Allah di dalam iman seperti Abraham.

Paulus telah melontarkan kecaman-kecaman keras kepada
orang-orang Yahudi dan memberitahukan kebenaran-kebenar-
an, tetapi mereka tidak mau mendengarkan/menerimanya.
Walaupun pasal 9-11 adalah kecaman terhadap sikap aga-
maniah orang Yahudi. Namun demikian, tidak ada kemarahan
Paulus kepada mereka, melainkan kesedihan dan kerinduan hati
Paulus.Keinginan Paulus adalah orang-orang Yahudi dapat di-
selamatkan.

Pasal-pasal ini juga berupa seruan untuk meninggalkan keya-
kinan yang berpusat pada usaha atau perbuatan baik manusia
(ketaatan melaksanakan taurat) untuk mendapatkan kasih karu-
nia Allah (keselamatan). Orang Yahudi mesti menerima kasih
karunia Allah dengan iman yang tulus dan bukan dengan usaha
untuk mendapatkannya dari Allah.

Paulus bersedia mengakui bahwa orang-orang Yahudi sangat
giat untuk Allah, namun arah mereka keliru karena mereka
beranggapan bahwa perbuatan (ketaatan pada hukum Taurat)
akan membawa keselamatan.

Pasal 10 membicarakan ketidak-percayaan Israel bahwa Ye-
sus adalah Mesias, Sang Juruselamat dan faktor-faktor penye-
bab ketidak-percayaan mereka. Dalam Roma 10:4-13 telah di-
nyatakan bahwa keselamatan tersedia bagi semua orang, terma-
suk orang Yahudi. Namun, ketidakpercayaan Israel tidak lain di-
sebabkan oleh ketegaran hati mereka.

PEMAHAMAN NAS
Salah satu masalah di jemaat Roma adalah mengenai hu-
bungan antara orang Kristen Yahudi dan Kristen non-Yahudi.
Orang Kristen Yahudi menganggap bahwa mereka secara lang-
sung termasuk umat pilihan Allah hanya karena ia terlahir seba-
gai orang Yahudi (keturunan Abraham secara jasmani). Akan te-
tapi, bagi Paulus orang Yahudi yang sejati bukanlah berdasar-
kan keturunan secara jasmani, melainkan adalah orang yang te-
lah mengambil keputusan untuk menyerahkan diri kepada Allah
di dalam iman, sama seperti Abraham (keturunan Abraham se-
cara rohani).

Firman Tuhan itu dekat denganmu, di mulut dan hatimu. De-
ngan mulut orang mengakui Yesus adalah Tuhan dan Jurusela-
mat dan dengan iman orang percaya bahwa Yesus yang adalah
Tuhan, telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati, maka ia
akan diselamatkan.

Ayat 9-10 sangat penting bagi kita karena dalam ayat-ayat
ini terletak dasar dari pengakuan iman Kristen. Pertama, orang
harus mengakui Yesus Kristus adalah Tuhan. Dengan pengakuan
itu ia telah memberikan tempat yang sangat istimewa kepada
Yesus dalam kehidupannya, bahkan menjanjikan ketaatan dan
ibadah yang sungguh-sungguh kepada-Nya. Kedua, orang harus
percaya bahwa Yesus sudah dibangkitkan dari kematian. Orang
Kristen mesti percaya bahwa bukan saja Yesus pernah hidup,
tetapi juga la masih tetap hidup. Kebangkitan adalah dasar uta-
ma kepercayaan Kristen. Ketiga, orang percaya bukan hanya
percaya di dalam hatinya, tetapi dia juga mesti mengaku (meng-
ucapkan) dengan bibirnya/mulutnya. lni adalah kesaksian orang
percaya kepada dunia ini.

Orang Yahudi sulit percaya bahwa ada jalan menuju Allah
tanpa melalui hukum Taurat. Konsep pemikiran Yahudi ialah me-
lalui ketaatan pada hukum taurat manusia dapat memperoleh
kebenaran di hadapan Allah. Terhadap pemikiran ini Paulus men-
jawab bahwa Kristus adalah kegenapan hukum Taurat. Artinya,
di dalam Yesus Kristus, manusia tidak perlu lagi berusaha men-
dapatkan kasih Allah (keselamatan); sebaliknya yang manusia
perlukan adalah hanya mau menerima kasih karunia Allah dan
kemurahan-Nya.

Karena itu, Roma 10:4-13 dapat dilihat sebagai seruan kepa-
da orang Yahudi untuk meninggalkan jalan ketaatan hukum Tau-
rat (perbuatan) dan menerimajalan anugerah atau kasih karunia
Allah dalam Yesus Kristus. Peralihan ini adalah iman dan iman
seperti ini terbuka bagi setiap orang.

POINT APLIKASI
1. Ajaran tentang keselamatan di dalam kekristenan sungguh-
sungguh adalah anugerah atau kasih karunia Allah. Anuge-
rah ini berada di dalam Yesus Kristus dan bukan yang lain.
2. Pengakuan bahwa keselamatan adalah anugerah Allah di da-
lam Yesus Kristus, ternyata bukan hanya penting diketahui
oleh Allah di dalam iman, melainkan juga harus dinyatakan
oleh orang percaya di hadapan orang lain di dalam kehidupan
ini. lni adalah kesaksian iman.
3. Kesaksian iman, apa yang dipercaya di dalam iman (hati),
haruslah terucap lewat mulut (bibir), juga sangat penting
terlihat dan terlaksana dalam kehidupan. Kehidupan yang
dimaksud tentunya kehidupan yang mengejawantahkan
perintah-perintah Tuhan Yesus.

memegang teguh bahwa tidak ada keselamatan yang adalah
anugerah Allah tanpa Yesus Kristus.
Kita yang memegang keyakinan seperti pada point 2 di atas,
tidak boleh menjadikan kita (orang Kristen) tinggi hati dan
sombong. Justru sebaliknya, keyakinan seperti itu hendaknya
membuat kita semakin sadar bahwa harus tetap rendah hati
mengasihi sesama.
PERTANYAAN UNTUK DISKUSI
1. Mengapa orang Kristen ada yang meragukan bahwa Ye-
sus Kristus adalah satu-satunya Juruselamat?
2. Pembinaan seperti apakah (materinya, bentuknya dan
sebagainya) yang perlu diberikan oleh gereja kepada
warganya yang belum mantap keyakinannya itu?
3. Apakah warga gereja sekarang mau menyediakan hati
untuk mendapatkan pembinaan seperti itu?


SBU

HARI MINGGU V SESUDAH PASKAH
MINGGU, 21 MEI 2017
Renungan Pagi
KJ.141 :1,2 -Berdoa
YESUS, MESIAS SEJATI

Roma 10:4-13
"$ebab iika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan
percaya dalam hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang
mati, maka kamu akan diselamatkan (ay. 9)

Kepada orang-orang Yahudi di Roma, Paulus mengingatkan kembali akan panggilannya sebagai umat pilihan Allah, yang mesti menjadi alat saluran berkat bagi sesama. Panggilan Paulus terus digemakan bagi mereka yang adalah orang pilihan Allah. Paulus tidak mau orang Yahudi berhenti pada tugas panggilan itu. Menurut Paulus, orang Yahudi memang mendapatkan kekhususan dalam panggilannya menjadi alat keselamatan Allah. Tetapi, panggilan Iahiriah (kelahiran) tidak bisa menjadikan orang Yahudi satu-satunya alat keselamatan bagi manusia. Dengan diperluasnyajangkauan kepada gereja sebagai alat keselamatan, Allah telah membuat satu langkah cerdas dan tepat.

Kekristenan dibangun di alas dasar seorang pribadi yaitu Yesus Kristus, Anak Allah dan Mesias. Karena itu, ajaran-ajaran kekristenan keluar dan berasal dari Yesus Kristus, dan bukan sekadar berasal dari agama Yahudi. Paulus menyatakan itulah sebabnya kita dapat memahami mengapa bahwa kegenapan dari hukum Taurat adalah Yesus Kristus. Yesus Kristus yang adalah pusat dari Taurat itu sendiri telah ditolak oleh orang Yahudi. Namun menjadi jalan masuk bagi suku-suku bangsa lain yang bukan umat pilihan Allah. Yesus Kristus adalah kebenaran sejati. Dengan terbukanya jalan baru menuju Allah melalui
Yesus maka kesempatan untuk menjadi anak-anak Allah terbuka lebar.

Anak-anak Allah bukanlah mereka yang berasal dari keturunan Abraham yang melahirkan bangsa Yahudi, tetapi melalui iman percaya yang mengakui Yesus dengan mulut dan hatinya sebagai Juruselamat. Suatu pengakuan bukanlah suatu pernyataan kesadaran akan objek tertentu tetapi ungkapan keyakinan bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh Mesias dan Juruselamat.

Dunia masa kini masih mungkin memberikan dan menawarkan bagi kita sosok mesias dan juruselamat yang dapat diandalkan untuk memimpin dan menyelamatkan kita dari berbagai masalah hidup. Namun kenyataannya Mesias atau Juruselamat yang ditawarkan oleh dunia sangat terbatas kuasanya. Hanya Yesus, Mesias dan Juruselamat sejati yangdapat memimpin dan menyelamatkan kita dari berbagai pergumulan dan masalah hidup yang berat sekalipun. Hanya Yesus, Mesias dan Juruselamat yang keberadaan-Nya sejak purbakala dan kekal. Akuilah dan percayalah dengan mulut dan hatimu.

KJ.141 : 5
Doa : (Tuhan Yesus, berilah kami kekuatan untuk berjalan bersama-Mu di hari ini)



HARI MINGGU V SESUDAH PASKAH
MINGGU, 21 MEI 2017
Renungan Malam
KJ. 383:1 -Berdoa
INDAHNYA PEMBERITAAN KABAR BAIK

Roma 10:14-15
Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? (ay.15)

Tegar tengkuk adalah istilah akrab untuk bangsa Israel yang sering tidak melakukan perintah Allah. Ketegaran hati Israel untuk tidak mau mendengarkan suara Tuhan, juga menjadi perhatian Rasul Paulus. Pertanyaan-pertanyaan yang Paulus ungkapkan dalam ayat 14-15 sebenarnya hendak mengoreksi sikap mereka terhadap pemberitaan kabar baik.

Memang keyakinan teguh orang Israel bahwa keselamatan hanya diberikan Allah kepada mereka saja menjadi kendala utama diterimanya lnjil Kristus. Mereka merasa bahwa sebagai umat pilihanNya yang telah diberikan Taurat sebagai syarat keselamatan. Keyakinan seperti ini mau menyatakan bahwa manusia (orang Yahudi) dapat memenuhi hukum Taurat tersebut. Padahal dalam kenyataannya mereka tidak mampu melaksanakan atau menuruti hukum Taurat itu. Bukankah orang-orang beragama-agama lain pun memiliki pemahaman yang sama dengan orang Yahudi bahwa perbuatan taat melakukan hukum agama. adalah jaminan keselamatan? Rasul Paulus dapat mengerti kalau orang Yahudi, khususnya yang ada di Roma masih belum mengerti dan belum percaya bahwa keselamatan tidak dapat dicapai oleh usaha manusia, melainkan diberikan oleh Allah melalui Yesus Kristus, sebab lnjil Kristus belum sampai kepada mereka. Karena itu Paulus menyatakan dengan menerima atau percaya melalui pemberitaan tentang kabar baik atau lnjil oleh utusanNya, maka terbuka keselamatan untuk orang Yahudi dan non-Yahudi. Kabar baik atau lnjil menyatakan bahwa keselamatan adalah anugerah, karena Allah di dalam Yesus telah melakukan pengampunan dosa dan pembenaran bagi manusia. Manusia tidak dapat membenarkan dirinya sendiri di hadapan Allah.

Oleh karena orang percaya telah diampuni dan dibenarkan Allah di dalam Yesus Kristus, maka hendaknya ia selalu hidup menuruti kehendak Allah. Janganlah orang percaya juga tegar hati atau lemah iman untuk tidak mengindahkan Kristus dalam kehidupannya karena tantangan dan pergumulan hidup yang dialami. Mari kita terus berpegang pada-Nya agar pergumulan hidup dapat kita atasi bersama Kristus.

KJ.383:2
Doa : (Tuhan, kami bersyukur rancangan keselamatan-Mu bagi kami)

Label:   Roma 10:4-13 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 22 Mei 2017 - TAK DITOLAK ALLAH Roma 11:1-10 - MINGGU V SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 20 Mei 2017 - SISIH ATAU SISA BUAT TUHAN? Ulangan 15:19-23 - MINGGU IV SESUDAH PASKAH




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 20 Oktober - Matius 12-15 Penjelasan Ayat

Hari ini, 20 Oktober - Maz 118:25-119:2, Yer 20-21, 2 Tes 2, Ams 27:1-2

20 Oktober - Yohanes 6:25-40, 1 Petrus 3:8-12, Kidung 4:8-16, Yeremia 51

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,