close

Save Page
Minggu, 21 Mei 2017
MINGGU V SESUDAH PASKAH
Roma 10:4-13 (SGD)

Roma 10:4-13
10:4 Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya. 10:5 Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya." 10:6 Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian: "Jangan katakan di dalam hatimu: Siapakah akan naik ke sorga?", yaitu: untuk membawa Yesus turun, 10:7 atau: "Siapakah akan turun ke jurang maut?", yaitu: untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati. 10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan. 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. 10:11 Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan." 10:12 Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya. 10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

Penjelasan:
* Hubungan Antara Kebenaran Iman dan Objek Iman. (10:4-15).
Di dalam ayat 4 ada dua hal yang ditekankan: (1) siapa Kristus sebenarnya; (2) siapa yang memperoleh manfaat dari Kristus. Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya. Kata kegenapan - telos - tampaknya memadukan pengertian dari kata sasaran dan akhir (lih. Arndt, telos, 1.a.b.c, hlm. 819). Kita tidak dapat mengatakan bahwa Kristus hanyalah sasaran dan akhir dari hukum Taurat. Lebih tepat kalau dikatakan bahwa Dia adalah sasaran dan akhir dari hukum Taurat dalam kaitan dengan kebenaran. Sebelum Kristus datang, orang-orang yang percaya kepada Allah berada dalam ketegangan. Artinya, mereka dijanjikan akan memperoleh hidup dengan syarat bahwa mereka hidup dengan cara yang tidak mungkin dapat mereka penuhi. 5. Sekalipun ketika mengutip Musa, Paulus sedikit mengubah Imamat 18:5 dari naskah Ibrani dan Yunani, ia pada dasarnya memberikan pengertian yang benar dari ayat itu. Orang yang melakukannya (kebenaran yang dituntut oleh hukum Taurat) akan hidup karenanya (kata ganti orang feminin, mengacu kepada kebenaran). Di dalam naskah Yunani untuk Imamat 18:5, orang percaya Yahudi diperintahkan untuk memelihara semua ketetapan dan peraturan. Sekalipun seorang yang percaya kepada Allah berusaha sebaik-baiknya untuk memenuhi tuntutan untuk hidup benar yang ditetapkan hukum Taurat. dia juga sadar akan segala kegagalannya. Keadaan tidak konsisten ini menghasilkan ketegangan. Karena itu ia selalu menyajikan persembahan kurban tebusan salah dan kurban penghapus dosa. Sebab itu, seorang Yahudi yang percaya tidak dapat berpegang pada Imamat 18:5 sebagai landasan hukum yang menjamin dirinya memperoleh hidup kekal, tetapi hanya sebagai janji dari Allah menyangkut persekutuan manusia dengan Dia. Manusia tidak dapat melihat ayat tersebut sebagai sebuah peraturan hukum. Kalau manusia berbuat demikian maka ketegangan yang muncul tidak tertahankan. Kristus telah mengakhiri ketegangan ini. Melalui kehidupan dan kematian-Nya Dia menyatakan kebenaran sempurna dari Allah, yang dicurahkan oleh Bapa melalui iman kepada Anak. Inilah sasaran yang ditunjuk oleh hukum Taurat. Kehidupan dan kematian Kristus mengakhiri ketegangan yang muncul karena adanya janji kehidupan kepada manusia dengan syarat yang tidak akan pernah dapat dipenuhinya. Karena manusia tidak dapat hidup sebagaimana dikehendaki oleh Allah, keselamatan di bawah Perjanjian Lama maupun di bawah Perjanjian Baru haruslah oleh iman.

Di dalam Roma 10:6-8 Paulus mengutip Ulangan 30:12-14 dengan menyisipkan aneka tanggapan dan frasanya sendiri. Di dalam nas Perjanjian Lama, kata -"nya" di dalam pertanyaan mengenai siapa yang akan naik atau siapa yang akan menyeberang untuk mengambil-"nya" bagi manusia, mengacu kepada perintah untuk "mengasihi Tuhan, Allahmu." Perintah Allah inilah yang ada di dalam hati dan diucapkan oleh mulut orang Israel itu. 6, 7. Tetapi Paulus mengambil kalimat dalam Ulangan itu dan memakainya untuk soal kebenaran yang diperoleh karena iman. Paulus mengaitkan masalah naik dan menyeberang itu dengan soal naik dan turunnya Kristus. 8. Ucapan yang ada di mulut dan dalam hati ialah firman iman yang kami beritakan. Paulus tidak mengatakan bahwa Musa di dalam kitab Ulangan menubuatkan bahwa kebenaran akan diperoleh melalui iman. Yang dikatakan Paulus ialah, "Kebenaran karena iman berkata demikian" (10:6). Kesesuaian dua perjanjian tersebut ditunjukkan oleh fakta bahwa kebenaran ini ternyata demikian cocok dengan kalimat di Perjanjian Lama itu.



SGDK
HARI MINGGU V SESUDAH PASKAH
MINGGU, 21 MEI 2017
YESUS, MESIAS SEJATI

PENGANTAR
Roma 10 : 4 - 13
Surat Roma secara garis besar dapat dibagi menjadi 5 bagian,
yaitu :
1. Pasal 1 - 8 : berisi tentang kebenaran.
2. Pasal 9 - 11 : berisi tentang masalah bangsa Yahudi
sebagai umat pilihan Allah.
3. Pasal12-15: berisi tentang masalah-masalah
kehidupan praktis.
4. Pasal 16 : surat pengantar untuk Fede.
Pengertian kebenaran dalam pasal 1 - 8 dl atas atau dalam selu-
ruh surat Roma yang Rasul Paulus maksudkan adalah suatu hu-
bungan yang benar dengan Allah. Orang benar adalah orang
yang mempunyai hubungan yang benar dengan Allah dan hidup-
nya membuktikan hal tersebut.

Rasul Paulus telah menemukan jalan kebenaran di dalam
kepercayaan dan penyerahan dirinya secara mutlak kepada Allah.
Satu-satunya jalan untuk mempunyai hubungan yang balk de-
ngan Allah ialah taat pada firman-Nya dan menyerahkan diri ke-
pada anugerah dan kasih-Nya. lnilah jalan iman. Dengan demiki-
an orang percaya menjadi tahu bahwa yang terutama bukanlah
apa yang dapat kita lakukan untuk Allah, melainkan apa yang te-
lah Allah lakukan bagi kita. Bagi Paulus inti iman Kristen adalah
kita tidak dapat mengusahakan hak untuk mendapat kemurahan
Allah. Semuanya itu adalah anugerah Allah dan yang dapat kita
lakukan adalah hanya menerima kaslh Allah dan bersyukur pa-
da-Nya serta menaruh percaya atas apa yang Allah telah kerja-
kan bagi kita.

Pada pasal 9-11 Paulus menyatakan bahwa dengan keke-
rasan hati orang Yahudi--sebagai umat pilihan A/lah-yang ti-
dak mau menerima Yesus sebagai Mesias, justru membuka ke-
sempatan bagi orang-orang non-Yahudi untuk masuk dalam per-
sekutuan umat pilihan Allah. Bagi Paulus, orang Yahudi sejati
(Israel baru) tidak ditentukan dari garis keturunan darah, melain-
kan ia adalah orang yang telah mengambil keputusan untuk me-
nyerahkan diri kepada Allah di dalam iman seperti Abraham.

Paulus telah melontarkan kecaman-kecaman keras kepada
orang-orang Yahudi dan memberitahukan kebenaran-kebenar-
an, tetapi mereka tidak mau mendengarkan/menerimanya.
Walaupun pasal 9-11 adalah kecaman terhadap sikap aga-
maniah orang Yahudi. Namun demikian, tidak ada kemarahan
Paulus kepada mereka, melainkan kesedihan dan kerinduan hati
Paulus.Keinginan Paulus adalah orang-orang Yahudi dapat di-
selamatkan.

Pasal-pasal ini juga berupa seruan untuk meninggalkan keya-
kinan yang berpusat pada usaha atau perbuatan baik manusia
(ketaatan melaksanakan taurat) untuk mendapatkan kasih karu-
nia Allah (keselamatan). Orang Yahudi mesti menerima kasih
karunia Allah dengan iman yang tulus dan bukan dengan usaha
untuk mendapatkannya dari Allah.

Paulus bersedia mengakui bahwa orang-orang Yahudi sangat
giat untuk Allah, namun arah mereka keliru karena mereka
beranggapan bahwa perbuatan (ketaatan pada hukum Taurat)
akan membawa keselamatan.

Pasal 10 membicarakan ketidak-percayaan Israel bahwa Ye-
sus adalah Mesias, Sang Juruselamat dan faktor-faktor penye-
bab ketidak-percayaan mereka. Dalam Roma 10:4-13 telah di-
nyatakan bahwa keselamatan tersedia bagi semua orang, terma-
suk orang Yahudi. Namun, ketidakpercayaan Israel tidak lain di-
sebabkan oleh ketegaran hati mereka.

PEMAHAMAN NAS
Salah satu masalah di jemaat Roma adalah mengenai hu-
bungan antara orang Kristen Yahudi dan Kristen non-Yahudi.
Orang Kristen Yahudi menganggap bahwa mereka secara lang-
sung termasuk umat pilihan Allah hanya karena ia terlahir seba-
gai orang Yahudi (keturunan Abraham secara jasmani). Akan te-
tapi, bagi Paulus orang Yahudi yang sejati bukanlah berdasar-
kan keturunan secara jasmani, melainkan adalah orang yang te-
lah mengambil keputusan untuk menyerahkan diri kepada Allah
di dalam iman, sama seperti Abraham (keturunan Abraham se-
cara rohani).

Firman Tuhan itu dekat denganmu, di mulut dan hatimu. De-
ngan mulut orang mengakui Yesus adalah Tuhan dan Jurusela-
mat dan dengan iman orang percaya bahwa Yesus yang adalah
Tuhan, telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati, maka ia
akan diselamatkan.

Ayat 9-10 sangat penting bagi kita karena dalam ayat-ayat
ini terletak dasar dari pengakuan iman Kristen. Pertama, orang
harus mengakui Yesus Kristus adalah Tuhan. Dengan pengakuan
itu ia telah memberikan tempat yang sangat istimewa kepada
Yesus dalam kehidupannya, bahkan menjanjikan ketaatan dan
ibadah yang sungguh-sungguh kepada-Nya. Kedua, orang harus
percaya bahwa Yesus sudah dibangkitkan dari kematian. Orang
Kristen mesti percaya bahwa bukan saja Yesus pernah hidup,
tetapi juga la masih tetap hidup. Kebangkitan adalah dasar uta-
ma kepercayaan Kristen. Ketiga, orang percaya bukan hanya
percaya di dalam hatinya, tetapi dia juga mesti mengaku (meng-
ucapkan) dengan bibirnya/mulutnya. lni adalah kesaksian orang
percaya kepada dunia ini.

Orang Yahudi sulit percaya bahwa ada jalan menuju Allah
tanpa melalui hukum Taurat. Konsep pemikiran Yahudi ialah me-
lalui ketaatan pada hukum taurat manusia dapat memperoleh
kebenaran di hadapan Allah. Terhadap pemikiran ini Paulus men-
jawab bahwa Kristus adalah kegenapan hukum Taurat. Artinya,
di dalam Yesus Kristus, manusia tidak perlu lagi berusaha men-
dapatkan kasih Allah (keselamatan); sebaliknya yang manusia
perlukan adalah hanya mau menerima kasih karunia Allah dan
kemurahan-Nya.

Karena itu, Roma 10:4-13 dapat dilihat sebagai seruan kepa-
da orang Yahudi untuk meninggalkan jalan ketaatan hukum Tau-
rat (perbuatan) dan menerimajalan anugerah atau kasih karunia
Allah dalam Yesus Kristus. Peralihan ini adalah iman dan iman
seperti ini terbuka bagi setiap orang.

POINT APLIKASI
1. Ajaran tentang keselamatan di dalam kekristenan sungguh-
sungguh adalah anugerah atau kasih karunia Allah. Anuge-
rah ini berada di dalam Yesus Kristus dan bukan yang lain.
2. Pengakuan bahwa keselamatan adalah anugerah Allah di da-
lam Yesus Kristus, ternyata bukan hanya penting diketahui
oleh Allah di dalam iman, melainkan juga harus dinyatakan
oleh orang percaya di hadapan orang lain di dalam kehidupan
ini. lni adalah kesaksian iman.
3. Kesaksian iman, apa yang dipercaya di dalam iman (hati),
haruslah terucap lewat mulut (bibir), juga sangat penting
terlihat dan terlaksana dalam kehidupan. Kehidupan yang
dimaksud tentunya kehidupan yang mengejawantahkan
perintah-perintah Tuhan Yesus.

memegang teguh bahwa tidak ada keselamatan yang adalah
anugerah Allah tanpa Yesus Kristus.
Kita yang memegang keyakinan seperti pada point 2 di atas,
tidak boleh menjadikan kita (orang Kristen) tinggi hati dan
sombong. Justru sebaliknya, keyakinan seperti itu hendaknya
membuat kita semakin sadar bahwa harus tetap rendah hati
mengasihi sesama.
PERTANYAAN UNTUK DISKUSI
1. Mengapa orang Kristen ada yang meragukan bahwa Ye-
sus Kristus adalah satu-satunya Juruselamat?
2. Pembinaan seperti apakah (materinya, bentuknya dan
sebagainya) yang perlu diberikan oleh gereja kepada
warganya yang belum mantap keyakinannya itu?
3. Apakah warga gereja sekarang mau menyediakan hati
untuk mendapatkan pembinaan seperti itu?


SBU

HARI MINGGU V SESUDAH PASKAH
MINGGU, 21 MEI 2017
Renungan Pagi
KJ.141 :1,2 -Berdoa
YESUS, MESIAS SEJATI

Roma 10:4-13
"$ebab iika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan
percaya dalam hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang
mati, maka kamu akan diselamatkan (ay. 9)

Kepada orang-orang Yahudi di Roma, Paulus mengingatkan kembali akan panggilannya sebagai umat pilihan Allah, yang mesti menjadi alat saluran berkat bagi sesama. Panggilan Paulus terus digemakan bagi mereka yang adalah orang pilihan Allah. Paulus tidak mau orang Yahudi berhenti pada tugas panggilan itu. Menurut Paulus, orang Yahudi memang mendapatkan kekhususan dalam panggilannya menjadi alat keselamatan Allah. Tetapi, panggilan Iahiriah (kelahiran) tidak bisa menjadikan orang Yahudi satu-satunya alat keselamatan bagi manusia. Dengan diperluasnyajangkauan kepada gereja sebagai alat keselamatan, Allah telah membuat satu langkah cerdas dan tepat.

Kekristenan dibangun di alas dasar seorang pribadi yaitu Yesus Kristus, Anak Allah dan Mesias. Karena itu, ajaran-ajaran kekristenan keluar dan berasal dari Yesus Kristus, dan bukan sekadar berasal dari agama Yahudi. Paulus menyatakan itulah sebabnya kita dapat memahami mengapa bahwa kegenapan dari hukum Taurat adalah Yesus Kristus. Yesus Kristus yang adalah pusat dari Taurat itu sendiri telah ditolak oleh orang Yahudi. Namun menjadi jalan masuk bagi suku-suku bangsa lain yang bukan umat pilihan Allah. Yesus Kristus adalah kebenaran sejati. Dengan terbukanya jalan baru menuju Allah melalui
Yesus maka kesempatan untuk menjadi anak-anak Allah terbuka lebar.

Anak-anak Allah bukanlah mereka yang berasal dari keturunan Abraham yang melahirkan bangsa Yahudi, tetapi melalui iman percaya yang mengakui Yesus dengan mulut dan hatinya sebagai Juruselamat. Suatu pengakuan bukanlah suatu pernyataan kesadaran akan objek tertentu tetapi ungkapan keyakinan bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh Mesias dan Juruselamat.

Dunia masa kini masih mungkin memberikan dan menawarkan bagi kita sosok mesias dan juruselamat yang dapat diandalkan untuk memimpin dan menyelamatkan kita dari berbagai masalah hidup. Namun kenyataannya Mesias atau Juruselamat yang ditawarkan oleh dunia sangat terbatas kuasanya. Hanya Yesus, Mesias dan Juruselamat sejati yangdapat memimpin dan menyelamatkan kita dari berbagai pergumulan dan masalah hidup yang berat sekalipun. Hanya Yesus, Mesias dan Juruselamat yang keberadaan-Nya sejak purbakala dan kekal. Akuilah dan percayalah dengan mulut dan hatimu.

KJ.141 : 5
Doa : (Tuhan Yesus, berilah kami kekuatan untuk berjalan bersama-Mu di hari ini)



HARI MINGGU V SESUDAH PASKAH
MINGGU, 21 MEI 2017
Renungan Malam
KJ. 383:1 -Berdoa
INDAHNYA PEMBERITAAN KABAR BAIK

Roma 10:14-15
Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? (ay.15)

Tegar tengkuk adalah istilah akrab untuk bangsa Israel yang sering tidak melakukan perintah Allah. Ketegaran hati Israel untuk tidak mau mendengarkan suara Tuhan, juga menjadi perhatian Rasul Paulus. Pertanyaan-pertanyaan yang Paulus ungkapkan dalam ayat 14-15 sebenarnya hendak mengoreksi sikap mereka terhadap pemberitaan kabar baik.

Memang keyakinan teguh orang Israel bahwa keselamatan hanya diberikan Allah kepada mereka saja menjadi kendala utama diterimanya lnjil Kristus. Mereka merasa bahwa sebagai umat pilihanNya yang telah diberikan Taurat sebagai syarat keselamatan. Keyakinan seperti ini mau menyatakan bahwa manusia (orang Yahudi) dapat memenuhi hukum Taurat tersebut. Padahal dalam kenyataannya mereka tidak mampu melaksanakan atau menuruti hukum Taurat itu. Bukankah orang-orang beragama-agama lain pun memiliki pemahaman yang sama dengan orang Yahudi bahwa perbuatan taat melakukan hukum agama. adalah jaminan keselamatan? Rasul Paulus dapat mengerti kalau orang Yahudi, khususnya yang ada di Roma masih belum mengerti dan belum percaya bahwa keselamatan tidak dapat dicapai oleh usaha manusia, melainkan diberikan oleh Allah melalui Yesus Kristus, sebab lnjil Kristus belum sampai kepada mereka. Karena itu Paulus menyatakan dengan menerima atau percaya melalui pemberitaan tentang kabar baik atau lnjil oleh utusanNya, maka terbuka keselamatan untuk orang Yahudi dan non-Yahudi. Kabar baik atau lnjil menyatakan bahwa keselamatan adalah anugerah, karena Allah di dalam Yesus telah melakukan pengampunan dosa dan pembenaran bagi manusia. Manusia tidak dapat membenarkan dirinya sendiri di hadapan Allah.

Oleh karena orang percaya telah diampuni dan dibenarkan Allah di dalam Yesus Kristus, maka hendaknya ia selalu hidup menuruti kehendak Allah. Janganlah orang percaya juga tegar hati atau lemah iman untuk tidak mengindahkan Kristus dalam kehidupannya karena tantangan dan pergumulan hidup yang dialami. Mari kita terus berpegang pada-Nya agar pergumulan hidup dapat kita atasi bersama Kristus.

KJ.383:2
Doa : (Tuhan, kami bersyukur rancangan keselamatan-Mu bagi kami)

Label:   Roma 10:4-13 


German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 22 Mei 2017 - TAK DITOLAK ALLAH Roma 11:1-10 - MINGGU V SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 20 Mei 2017 - SISIH ATAU SISA BUAT TUHAN? Ulangan 15:19-23 - MINGGU IV SESUDAH PASKAH




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 25 Juni - Yesaya 22-25

Hari ini, 25 Juni - Maz 76:5-11, 1 Taw 12-13, Kis 7:20-43, Ams 19:2-4

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH PERJAMUAN KUDUS & SYUKUR HUT KE-25 YADIA GPIB - MINGGU, 14 JULI 2019
1. surat pengantar HUT ke-25 Yadia 2. Juklak HUT ke-25 YADIA GPIB 3. PESAN HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 4 Tata Ibadah HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 5. Rekapitulasi Laporan Keuangan Yadia GPIB Tahun 2018 - 2019. 6. KOLEKTA IBADAH JAN SD DES 2018-319JEMAAT 7. KOLEKTA IBADAH JAN SD MAR 2019-319JEMAAT 8. KONTRIBUSI JAN SD DES 2019 - 319 JEMAAT 9.
TATA IBADAH HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA & SYUKUR HUT KE-38 YAPENDIK GPIB Minggu, 7 JULI 2019

Tata Ibadah Bulan Pelkes GPIB 2019 - Minggu, 09 Juni 2019 sd 30 Juni 2019
Tata Ibadah dan Renungan yang terdiri atas: a. Ibadah Hari Minggu, tanggal 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; b. Ibadah Keluarga, tanggal 05, 12, 19 dan 26 Juni 2019; c. Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna, tanggal 02, 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; d. Ibadah Pelkat GP, PKP, PKB, dan PKLU, tanggal 05 Juni 2019;



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Rabu, 19 Juni 2019
Waking Up - Attaboy

Senin, 17 Juni 2019
Majesty (Here I am) - Seth Pinnock

Senin, 17 Juni 2019
Now Unto Him - Seth Pinnock

Sabtu, 15 Juni 2019
Family of God (Hymn) - Bill Gaither

Sabtu, 15 Juni 2019
Back On Top - Gloria Gaynor

Sabtu, 15 Juni 2019
Singin' Over Me - Gloria Gaynor Feat. Jason Crabb

Sabtu, 15 Juni 2019
Day One - Gloria Gaynor

Rabu, 12 Juni 2019
Greater Than All My Regrets - Tenth Avenue North

Rabu, 12 Juni 2019
Believer - Rhett Walker

Rabu, 12 Juni 2019
Hope - Emily Brimlow

Rabu, 12 Juni 2019
Up Again - Dan Bremnes

Rabu, 12 Juni 2019
Even Louder - Steven Malcolm feat. Natalie Grant

Rabu, 12 Juni 2019
The Kind Of Man - The Color

Rabu, 12 Juni 2019
Revival - Tori Harper

Senin, 10 Juni 2019
Speak To Me - For All Seasons

Senin, 10 Juni 2019
Let It Rain (Is There Anybody) - Crowder

Minggu, 09 Juni 2019
Little Big Town - The Daughters

Minggu, 09 Juni 2019
Look What God Gave Her - Thomas Rhett

Minggu, 09 Juni 2019
My Miracle - Brad Paisley

Minggu, 09 Juni 2019
Love Wins - Carrie Underwood

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



download mp3 rohani terbaru,   Vidio kidung pg...,   Free download Mp3 rohani kepuasan ku berada di hadiratmu,   menerima damai sejahtera yoh 20:19-23,   Renungan dari Amos 5:25-27,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah keluaran 15 : 12-18,   bahan renungan hosea 4:7-10,   roma 10:4-12,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   lagu rohani pernikahan,   khotbah keluaran 15:12-18,   partitur lagu anak rohani kristen,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   tata ibadah api unggun,   Rancangan Khotbah Minggu 7 Juli 2019,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   dpwnlpad lagu you are my king (amazing love) w/ lyrics (Christy Nockles),   lagu seruling mas,   lagu rohani kristen mengucap syukur,   renungan mat 7 15-20,   injil matius 7 15 20 beserta kotbahnya,   makna renungan i tesalonika 5:21-22,   bahan kotbah kisahpararasul 13 : 15 - 25,   nyanyian rohani nomor 165,   renungan mat 7 15-20,   renungan mat 7 15-20,   liturgi pernikahan gereja kalimantan evangelis,   renungan mat 7 15-20,   hukuman bagi ketidakadilan amos 5,   download khotbah mp3 bagi yang gelisah,   lagu rohani pertobatan,   lagu rohani suara gembira apk,   download suara gembira,   contoh doa syafaat kristen protestan terbaru,   eksposisi galatia 5:1-15,   Renungan kotbah Kisah para rasul 17:22-30,   renungan pengkhotbah 11:9-10,   penjelasan ttg yehezkiel 11,   kumpulan lagu ende HKBP,   Renungan sgd rabu 26 juni 2019,   khotbah hakim hakim 4:1 - 24,   khotbah dari galatia 3 :1-29,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   tenungan mazmur 97,   kotbah mazmur 96,   lagu penutup untuk ibadah,   download lagu rohani yang menyentuh hati,   amsal 23:17 gpdi,   pelayanan yang berbasis pada panggilan kisah para rasul 6; 1-7,   renungan mika 06 : 6-8,   renungan mika 06 : 6-8,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah roma 10:4-12,   khotbah roma 10:4-12,   doa persembahan pada ibadah hari minggu,   Renungan harian kis para rasul 2: 45,   khotbah galatia 3,   satb koor,   isi khotbah kisah para rasul 2:41-47,   lagu penyembahan pantemosata,   kotbah matius 7 15 20,   download suara gembira,   lagu pujian untuk pemberkatan pernikahan,   lagu rohani pernikahan kristen yang terbaru mp3,   Mars gp,   keluaran 15:12-18,   kidung konstektual 93,   amsal 3 ayat 11 20,   lirik lagu rohani saat memberikan persembahan,   kotbahi galatia 6 1 10,   lagu penutup ibadah gpdi,   kotbah galatia 6:1-18,   renungan amsal 4 : 10-15,   download lagu aog,   Khotbah minggu 30 juni 2019,   lagu rohani kristen terbaru mp3,   download hatiku percaya karaoke,   bahan renungan hosea 4:7-10,   buku kidung muda mudi gpib,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   nyayian rohani untuk masuk firman,   materi katekisasi 2019,   kh8tbah ibran 2 : 1,   materi katekisasi perjamuan kudus,   katekisasi perjamuan kudus,   download lagu rohani tuhan ku bangkit,   renungan 1 yohanes 2 : 28 - 29,   lirik buka mata hatiku,   chord bertambah-tambah,   www.mp3 rohani tro ambisi .com,   lagu jonny agung persaudaraan,   nats persembahan,   nats persembahan,   the flame of the ages STEPHEN TONG,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   lirik lagu kaulah gunung batuku,trio elexis,   nyanyian rohani methodist,   lirik buka mata hatiku,   lagu pujian minggu 23 juni 2019,   bacaan alkitab gereja gpil hari ini,   yer 17 :1-8,   nyanyian rohani 160,   nyanyian rohani 160,   2 korintus 9:6-14,   indahnya saat yang teduh gereja,   Hktobah filipi 2:19-3 1a,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik lagu dangdut rohani,   lirik lagu rohani gb 402 pkb gpib bukit benuas,   pangungkapon 22 : 12-17,   lagu penyembahan pantemosata,   download kidung keesaan,   nyanyian rohani 139:4-5,   nyanyian rohani 139:1-2,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik nyanyian rohani 160,   doa sebelum persembahan syukur 2019,   Ulangan 16 : 18 - 19,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   renungan Hakim Hakim 4:1-24,   doa sebelum persembahan,   doa pesembahan,   Khotbah Galatia 3:1-29,   tafsiran mazmur 104 1 24,   khotbah gpib 2018,   khotbah gpib 2018,   khotbah amsal 3:11-20,   chord mars teruna gpib,    KISAH PARA RASUL 8 : 26 - 40,   nyanyian rohani,   khotbah galatia 3:1-29,   khotbah galatia 3:1-29,   khotbah galatia 3:1-29,   2 korintus 9:6-14,   lagu syukur untuk persembahan,   free download lagu wordship terbaru 2019. mp3,   free download rohani kristen mp3 terbaru 2019,   ilustrasi khotbah ulangan 16 18 20,   Sabda bina umat 23 juni 2019,   sabda bina umat juni 2019,   sabda bina teruna 23 juni 2019,   sabda bina teruna 23 juni 2019,   sabda bina teruna 2019,   tata ibadah Gbkp bekasi,   nyoman djepun ulangan 16:18-20,   jam tangan mail,   tata ibadah Gbkp bekasi,   Download lagu Erastus,   kumpulan lagu rohani maluku,   download kidung keesaan,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   download musik instrumental gereja,   khotbah kristen ulangan 16 18-20,   khotbah kristen ulangan 16 18-20,   khotbah kristen ulangan 16 18-20,   judul lagu rohani getsemani,   judul lagu rohani getsemani,   renungan hosea 7,   kumpulan lagu pujian penyembahan disertai dgn pernikahan kudus,   lagu pujian penyembahan disertai dgn pernikahan kudus,   Lagu pengucapan syukur,   sabda bina umat 8juli 2019,   contoh kotbah ulangan 16 : 18-20,   sabda bina umat 8juli 2019,   chord lagu ku ingin dengar cerita,