Save Page
Ulangan 15:1-11
Tahun penghapusan hutang
15:1 "Pada akhir tujuh tahun engkau harus mengadakan penghapusan hutang. 15:2 Inilah cara penghapusan itu: setiap orang yang berpiutang harus menghapuskan apa yang dipinjamkannya kepada sesamanya; janganlah ia menagih dari sesamanya atau saudaranya, karena telah dimaklumkan penghapusan hutang demi TUHAN. 15:3 Dari seorang asing boleh kautagih, tetapi piutangmu kepada saudaramu haruslah kauhapuskan. 15:4 Maka tidak akan ada orang miskin di antaramu, sebab sungguh TUHAN akan memberkati engkau di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk menjadi milik pusaka, 15:5 asal saja engkau mendengarkan baik-baik suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segenap perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini. 15:6 Apabila TUHAN, Allahmu, memberkati engkau, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, maka engkau akan memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak akan meminta pinjaman; engkau akan menguasai banyak bangsa, tetapi mereka tidak akan menguasai engkau. 15:7 Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu, 15:8 tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan. 15:9 Hati-hatilah, supaya jangan timbul di dalam hatimu pikiran dursila, demikian: Sudah dekat tahun ketujuh, tahun penghapusan hutang, dan engkau menjadi kesal terhadap saudaramu yang miskin itu dan engkau tidak memberikan apa-apa kepadanya, maka ia berseru kepada TUHAN tentang engkau, dan hal itu menjadi dosa bagimu. 15:10 Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu. 15:11 Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu."

Penjelasan:
* Ul 15:2 - Penghapusan hutang demi Tuhan
Penghapusan hutang demi Tuhan. Istilah Ibrani shemitt‚ berasal dari akar kata yang artinya melepaskan. Dalam Keluaran 23:11 kata ini digunakan untuk menunjuk kepada tanah yang dibiarkan terlantar. Oleh karena itu tahun penghapusan hutang yang dimaksudkan ialah "suatu sabat, masa perhentian penuh" bagi tanah (Im. 25:4). Di sini kata tersebut dikenakan untuk hutang, dalam arti penghapusan hutang. Banyak orang telah menafsirkan peraturan ini sebagai penundaan penagihan sepanjang satu tahun atas hutang seseorang. Akan tetapi, kenyataan bahwa tahun ketujuh yang merupakan saat penghapusan hutang dan tahun Yobel yang merupakan tahun pembebasan merupakan bagian dari satu kesatuan simbolis menunjukkan bahwa yang dimaksudkan adalah pembatalan hutang secara permanen. Puncak Tahun Sabat Yobel hanyalah membawa prinsip itu lebih lanjut kepada pemulihan kebebasan pribadi serta kembalinya hak milik berupa tanah. Pada setiap tahap penghapusan hutang pada sabat merupakan pembaharuan dari tindakan Tuhan melepaskan bangsa perjanjian itu dari perbudakan serta pemberian kembali warisan yang berhak dimiliki setiap keluarga. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa sabat itu sendiri dikaitkan dengan tindakan Tuhan melepaskan umat-Nya yang berseru di tengah-tengah perbudakan (bdg. 5:14, 15). Penghapusan hutang pada tahun yang ketujuh merupakan tindakan Tuhan, walaupun kemurahan-Nya tersebut diwujudkan melalui tindakan dermawan hamba-hamba-Nya. Hal tersebut dimaksudkan untuk membaharui secara berkala lambang teokratis dari Kerajaan Allah melalui perwujudan baru dari kasih karunia Tuhan yang menyelamatkan dan memulihkan yang dinikmati demikian limpah pada awal kehidupan mereka sebagai umat Allah. Pada saat yang bersamaan kebiasaan tersebut menunjuk sebagai nubuat suatu tindakan penebusan oleh Allah pada masa depan, yaitu mengantisipasi pemerintahan Mesias yang penuh belas kasihan kepada orang-orang miskin dan tidak berdaya (bdg. Mzm. 72). Prospek penggenapan ini senantiasa nyata setiap kali lambang sabat ini dilaksanakan.

* Ul 15:4 - Maka tidak akan ada orang miskin di antaramu
Maka tidak akan ada orang miskin di antaramu. Perlunya kemurahan semacam itu, sebagaimana secara sepintas diperhatikan (ay. 4-6), akan ditiadakan oleh habisnya orang miskin di Israel, kalau orang terus setia melakukan ketetapan tersebut sehingga menjamin dicurahkannya berkat-berkat perjanjian secara melimpah. Akan tetapi, sebetulnya karena orang Israel kurang setia, di antara orang Israel senantiasa ada orang yang miskin (ay. 11; bdg. Mrk. 14:7).

* Ul 15:9 - Hati-hatilah, supaya jangan ... engkau menjadi kesal terhadap saudaramu yang miskin itu // karena hal itulah Tuhan, Allahmu akan memberkati engkau // Orang asing
Hati-hatilah, supaya jangan ... engkau menjadi kesal terhadap saudaramu yang miskin itu. Hal semacam itu memang merupakan kecenderungan penuh dosa bahkan di kalangan umat perjanjian sendiri sehingga mereka harus diingatkan agar peraturan tujuh tahunan berbelas kasihan kepada orang miskin ini tidak dimanfaatkan justru untuk memeras mereka dalam masa-masa di antara saat penghapusan hutang itu. Kebiasaan melaksanakan tahun penghapusan hutang tampaknya tidak masuk akal ditinjau dari segi keuangan (itulah sebabnya ada sejumlah penafsir yang menafsirkan saat penghapusan hutang ini sebagai saat penundaan penagihan). Namun umat beriman dipanggil untuk menyadari bahwa di dalam pengaturan perjanjian yang unik dari Allah mengenai kerajaan teokratis, ketaatan kepada peraturan ini merupakan jaminan kemakmuran - karena hal itulah Tuhan, Allahmu akan memberkati engkau (ay. 10; bdg. Im. 25:20, 21). Bahwa Alkitab tidak menganjurkan pelaksanaan prinsip ini di luar masyarakat teokratis Perjanjian Lama tampak dari anak kalimat pengecualian pada ayat 3a. Orang asing (ay. 3a) bukanlah, seperti "pendatang" atau "orang asing yang tinggal di dalam perkemahan," anggota permanen dari masyarakat itu, melainkan seorang pengunjung sementara yang ada urusan dagang atau semacam itu.

* Ul 15:1-11 - Pada akhir tujuh tahun
Pada akhir tujuh tahun. Yang dimaksudkan di sini ialah tahun Sabat yang mengakhiri setiap tujuh tahun di dalam siklus tahun Yobel (bdg. 14:28). Penetapan tahun pelepasan ini telah diadakan di dalam Kitab Perjanjian (Kel. 23:10, 11) dan dijabarkan di dalam petunjuk-petunjuk Kitab Imamat (25:2 dst.).



SBU
MINGGU IV SESUDAH PASKAH
JUMAT, 19 Mei 2017
Renungan Pagi
KJ.467:1-Berdoa
CURIGA BOLEH, NUDUH JANGAN!

Ulangan 13:12-18
..maka haruslah engkau memeriksa, menyelidiki dan menanyakan baik-baik... (ay.14)

Dalam hubungan kita dengan orang lain sehari-hari, bisa saja di dalamnya terjadi kesalahpahaman. Jika hal itu tidak segera ditangani dengan baik, akibatnya hal yang buruk. Dari rasa curiga hingga kecenderungan menuduh. Tidak jarang akibat hal yang sepele menjadi pertengkaran yang luar biasa, karena perasaan curiga Iebih dikuasai kecenderungan menuduh itu. Sering kejadian seperti ini berujung pada jatuhnya korban jiwa.

Dalam perikop hari ini Tuhan mengingatkan bahwa bangsa Israel jangan terburu-buru memutuskan suatu perkara, khususnya terhadap orang yang dicurigai melakukan penyesatan. Tandai orang itu baik-baik dan ketika kekejian yang dilakukannya sudah pasti, maka besarlah hukum Tuhan yang berlaku. Artinya, di sini Tuhan menghendaki mereka berhati-hati dalam memutuskan suatu perkara. Jangan terburu-buru dengan tidak berhikmat.

Hal serupa dapat juga terjadi dalam kehidupan kita. Ketika salah paham terjadi di sekitar kita dan akhirnya bukan hikmat yang menuntun untuk mengetahui hal yang sebenarnya, me|ainkan curiga dalam amarah, bahkan dendam yang mengusai. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya kasus kekerasan bahkan
pembunuhan terjadi, seperti yang sering disuguhkan media masa, baik cetak maupun elektronik.

Mari sahabat, berhati-hatilah dalam menanggapi segala sesuatu, jangan sampai kita menyesal karena bukan hikmat yang diutamakan dalam menyikapi berbagai hal. Jangan terburu-buru menuduh orang lain tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu terhadap orang yang dicurigai. Tunjukkanlah, bahwa bagian dari kedewasaan beriman kita sebagai orang Kristen, adalah dengan tidak terburu-buru menunjukkan kesalahan orang lain. Siapa tahu kita yang Iebih bersalah dari pada orang yang kita curigai itu.

KJ.467:2,3
Doa : (Tolonglah hamba ya Tuhan, agar selalu bermawas diri sambil meniaga kerukunan dengan sesama)





MINGGU IV SESUDAH PASKAH
JUMAT, 19 MEI 2017
Renungan Malam
KJ. 240a: 1-Berdoa
UTANG KITA SUDAH DILUNASI, LALU?

Ulangan 15:1-11
Pads akhlr tu|uh tahun engkau harus mengadakan penghapusan hutang. (ay.1)

Mungkin agak sensitif saat kita berbicara tentang utang, karena bisa saja ingatan kita langsung mengarah kepada sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada pihak lain. Akan tetapi saat kita berbicara tentang utang, itu bisa saja bicara tentang janji, sesuatu yang belum dipenuhi kepada orang Iain, atau bahkan dosa.

Perikop bacaan kita saat ini merupakan peraturan Tuhan tentang penghapusan utang yang harus dilakukan oleh bangsa Israel. Mereka harus menghapuskan segala piutang kepada orang yang berhutang sehingga tidak ada lagi orang yang miskin di antara mereka. Jika ada yang miskin di antara mereka, mereka diwajibkan untuk membuka hati selebar-lebarnya untuk membantu orang itu (ayat 7). Dalam hal Tuhan hendak menegaskan bahwa keadilan harus terjadi di antara mereka. Tuhan sudah memberkati mereka dan mereka pun harus saling memberkati.

Utang akan apa pun biasanya membuat kita menjadi orang yang tidak tenang. Seakan-akan ada yang membayangi kehidupan ini karena ke mana pun kita pergi, ingatan tentang utang itu mengikuti. Adalah suatu hal yang melegakan jika utang itu kemudian dapat terlunasi. Dosa yang ada pada kita pun merupakan utang yang tidak mungkin dapat terbayarkan atau terlunasi.

Tuhan sendiri dengan kemurahan-Nya membuat utang itu terlunasi. Kasih yang adalah hakekat-Nya, yang memampukan hal itu. Bagaimana selanjutnya dengan kita? Setelah utang yang adalah dosa itu telah diampuni, apakah kita juga masih sulit mengampuni orang Iain? Karya pengampunan Tuhan itu hendak
menegaskan kepada kita bahwa kita juga sudah seharusnya mau mengampuni orang lain yang bersalah kepada kita. Tuhan telah mau bermurah hati kepada kita, masakan kita tidak mau bermurah hati juga kepada sesama? Jangan jadi orang sombong!

KJ.240:2, 3
Doa : (Ajar kami Tuhan agar mau mengampuni sesama sebagaimana Engkau telah mengampuni kami)

Label:   Ulangan 15:1-11 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 20 Mei 2017 - SISIH ATAU SISA BUAT TUHAN? Ulangan 15:19-23 - MINGGU IV SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 18 Mei 2017 MINGGU IV SESUDAH PASKAH Ulangan 13:1-5 - Ulangan 13:6-11

Garis Besar Ulangan





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
How I love You - Christy Nockels

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18√∑20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,   download mp3 lagu kristen arab,   download mp3 lagu kristen arab,   renungan rut 4,   download mp3 lagu kristen arab,   tuhan telah berjanji mp3,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   khotbah Mazmur 33:13-18,   donlod mp3 lagu kristen arab,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   Khotba amos 8:4-8,