close

Save Page
Roma 11:22-24
11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga. 11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali. 11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Penjelasan:
* Rm 11:22 - Sebab itu // Perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan // Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu // kemurahan-Nya, yaitu jika kamu // kemurahan-Nya; jika tidak // kamupun // akan dipotong juga // tetap dalam kemurahan-Nya // tetap, // jika tidak // akan dipotong juga." // jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya,
Sebab itu. Penulis sedang menyimpulkan perumpamaannya tentang akar dan cabang. Perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu (tunggal) kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak (tinggal di dalam kemurahan Allah), kamupun (tunggal) akan dipotong juga. Paulus mendorong si orang bukan Yahudi untuk tetap tinggal di dalam kemurahan Allah. Hal ini, tentu saja, berarti terus tinggal di dalam iman (ay. 20), tetapi Paulus menekankan bahwa Allah memelihara orang-orang yang percaya kepada-Nya. Karena itu, ungkapan tetap dalam kemurahan-Nya melukiskan kenyataan ini dengan baik sekali. Kemurahan ini akan merupakan bagian orang bukan Yahudi tersebut jika dia tetap, setia bertahan terus (lih. Arndt, epimeno, 2, hlm. 296) dalam kemurahan itu. Kemudian muncul sebuah anak kalimat yang melukiskan sebuah kontras, jika tidak (epei, lihat Arndt, 2. hlm. 283). Sebagaimana dalam konteks lainnya dari surat Roma di mana istilah jika tidak (Yunani, epei) dipakai. pembaca yang ingin menangkap maksudnya harus membalik alur berpikir sebelumnya lalu menarik kesimpulan. Dengan demikian ayat ini akan berbunyi, "Jika kamu (tunggal) tidak tinggal tetap di dalam kemurahan Allah, maka kamupun (tunggal) akan dipotong juga." Kata-kata yang sangat serius dari sang rasul ini mengingatkan kita akan perkataan Yesus, "Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya" (Yoh. 15:2a); "Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting" (Yoh. 15:6a). Untuk memastikan bahwa peringatan ini diperhatikan dengan benar, susunan kalimat Yunaninya memperlihatkan bahwa Paulus tidak menyebutkan apakah orang itu mau tetap di dalam kemurahan Tuhan atau tidak: jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya, kemurahan-Nya akan menjadi bagianmu.

Paulus yang sama ini menulis dalam Roma 8:28-30 bahwa rencana Allah bagi orang-orang yang mengasihi Dia berawal dari pemilihan dan penentuan Allah sejak semula serta berakhir dengan pemuliaan mereka. Allah belum menunjukkan semua aspek dari rencana-Nya dan semua yang tercakup di dalam pemilihan-Nya. Hal yang sudah Ia beritahukan berinti pada kenyataan bahwa orang-orang percaya dipilih di dalam Kristus (Ef. 1:4). Sang jelas bahwa Tuhan telah bertindak "untuk" dan "di dalam" orang-orang yang berada "di dalam Kristus." Tetapi juga jelas bahwa orang-orang yang "di dalam Kristus" harus bertindak: mereka harus terus-menerus berada "di dalam Kristus;" mereka harus berbuah. Tindakan mereka, menurut penulis, sama pentingnya dengan tindakan Allah untuk membawa mereka kepada-Nya dan untuk menempatkan mereka di dalam Kristus. Apabila seorang pengajar meremehkan salah satu dari dua aspek ini - tindakan Allah atau tanggapan si orang percaya - berarti pengajar tersebut sudah menyimpang dari Perjanjian Baru. Apabila seseorang beranggapan bahwa ia sudah memahami sepenuhnya hubungan antara kedua faktor ini, berarti dia lupa bahwa Allah tetap menyimpan beberapa hal yang baru akan diungkapkan pada masa yang akan datang (bdg. Ef. 2:7).

* Rm 11:23-24 - merekapun akan dicangkokkan kembali
Apabila orang-orang yang dari Israel tidak terus-menerus atau tidak tetap dalam ketidakpercayaan, merekapun akan dicangkokkan kembali. Sekarang Paulus menekankan kemampuan Allah. Allah itu mahakuasa, kuat dan perkasa - Dia mampu mencangkokkan kembali orang-orang ini. Karena, menurut bahasa perumpamaan ini, Tuhan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan alam, Dia pasti mampu mengembalikan cabang-cabang pohon zaitun asli ke pohon zaitun sejati.


SBU
MINGGU V SESUDAH PASKAH
Selasa, 23 MEI 2017
Renungan Pagi
KJ. 51 : 1,2-Berdoa
JANGAN SOMBONG

Roma 11:11-21
Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! (ay. 20)

Kesombongan adalah sifat, sekaligus sikap manusia yang tidak disukai oleh sesama (Ams. 8:13; 29:23), apalagi Tuhan. Orang sombong merasa diri lebih baik, lebih hebat, lebih mampu dan seterusnya daripada yang lain. Tidak ada manusia yang lebih daripada yang lain, tetapi memang ada manusia yang memi-
liki keunikan tersendiri dan berbeda dengan yang lain.

Rupanya ketidak-percayaan Israel membuka pintu keselamatan bagi bangsa-bangsa lain dan hal ini adalah rahmat Tuhan.Oleh kematian Kristus bangsa-bangsa lain bukanlagi seteru Allah. diperbolehkan masuk menjadi umat-Nya. Begitulah maksud Paulus dalam ayat 11-18. Sekalipundemikian, Paulus menasihati orang Krsiten non-Yahudi agar tidak bersikap sombong lerhadap orang Yahudi.

Mengawali kehidupan baru di hari ini, firman Tuhan mengingatkan kita bahwa jangan sampai kita merendahkan sesama dan merasa lebih daripada orang lain. Apabila di hari ini ada pekerjaan atau persoalan yang mampu kita tangani dan selesaikan sementara orang lain tidak dapat tangani dan selesaikan, maka bersyukurlah kepada Tuhan atas rahmat dan kemampuan yang diberikan-Nya. Kiranya kehadiran kita mem bawa kebaikan bagi sesama dan memuliakan Tuhan.

KJ.51 :3,4
Doa : (Tuhan Yesus Kristus, berikan kami kekuatan untuk tidak meninggikan diri d1 hadapan sesama)




MINGGU V SESUDAH PASKAH
Selasa, 23 MEI 2017
Renungan Malam
KJ. 426 : 1-Berdoa
GEREJA : PENYALUR ANUGERAH TUHAN

Roma 11:22-24
Sebab ltu pcrhatlkanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi alas kamu kemurahan-Nya, yaitu iika kamu tetap dnlam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga. (ay. 22)

Suatu kali seorang ibu tuna susila (Kristen) yang tidak punya rumah, kacau balau dan tidak punya uang untuk beli makanan bagi putrinya yang berumur 2 tahun, datang kepada seorang Kristen. Lalu, orang itu bertanya, "Apakah ibu pernah minta bantuan kepada gereja ?" "Gereja", teriaknya. "Buat apa saya ke sana? Saya sudah merasa benci pada diri saya sendiri. Mereka hanya membuat saya /ebih parah."Cerita nyata ini tentu menghujam kita karena banyak orang yang mirip dengan ibu ini berlari pada Yesus, bukan melarikan diri dari-Nya. Semakin buruk perasaan seseorang tentang dirinya, semakin besar kemungkinan ia memandang Yesus sebagai tempat perlindungan. Apakah gereja lelah kehilangan anugerah itu?

Ayat 22 merupakan kesimpulan dari ayat 17 - 21 yang berbunyi kasih karunia Tuhan bukanlah sesuatu yang dapat dipergunakan dengan sesuka hati yang kita pandang sebagai milik kita. Kasih karunia Tuhan bagaikan pedang bermata dua. Sisi yang salu adalah kemurahan-Nya yang menerima orang berdosa, meskipun mereka tidak layak. Kemurahan itu sudah dialami orang Kristen non-Yahudi. Sebaliknya, sisi yang lain adalah sikap kerasNya (kekerasan-Nya) yang justru dialami oleh orang-orang yang menyalahgunakan kasih karunia tersebut.

Kasih karunia atau anugerah Allah adalah harta terindah yang diberikan Allah kepada gereja-Nya untuk dibagikan kepada setiap orang. Gereja hadir dan dapat terus melayani juga karena anugerah Allah. Karena itu peringatan Rasul Paulus dan kisah ibu di alas juga menyadarkan kita sebagai murid-murid Tuhan agar anugerah Allah pada kita tidak kita simpan untuk diri sendiri, melainkan dapat kita teruskan kepada yang lain. Sebab dari gerejalah orang akan belajar untuk berbagi anugerah Allah dan tidak bersikap sombong.

KJ.426 :4
Doa : (Tuhan, kami bersyukur atas segala pengasihan-Mu, biarlah kami meneruskan kasih-Mu bagi orang lain)




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 24 Mei 2017 - GEREJA : PENYALUR ANUGERAH TUHAN Roma 11:33-36 - MINGGU V SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 22 Mei 2017 - TAK DITOLAK ALLAH Roma 11:1-10 - MINGGU V SESUDAH PASKAH




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 25 Juni - Yesaya 22-25

Hari ini, 25 Juni - Maz 76:5-11, 1 Taw 12-13, Kis 7:20-43, Ams 19:2-4

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH PERJAMUAN KUDUS & SYUKUR HUT KE-25 YADIA GPIB - MINGGU, 14 JULI 2019
1. surat pengantar HUT ke-25 Yadia 2. Juklak HUT ke-25 YADIA GPIB 3. PESAN HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 4 Tata Ibadah HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 5. Rekapitulasi Laporan Keuangan Yadia GPIB Tahun 2018 - 2019. 6. KOLEKTA IBADAH JAN SD DES 2018-319JEMAAT 7. KOLEKTA IBADAH JAN SD MAR 2019-319JEMAAT 8. KONTRIBUSI JAN SD DES 2019 - 319 JEMAAT 9.
TATA IBADAH HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA & SYUKUR HUT KE-38 YAPENDIK GPIB Minggu, 7 JULI 2019

Tata Ibadah Bulan Pelkes GPIB 2019 - Minggu, 09 Juni 2019 sd 30 Juni 2019
Tata Ibadah dan Renungan yang terdiri atas: a. Ibadah Hari Minggu, tanggal 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; b. Ibadah Keluarga, tanggal 05, 12, 19 dan 26 Juni 2019; c. Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna, tanggal 02, 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; d. Ibadah Pelkat GP, PKP, PKB, dan PKLU, tanggal 05 Juni 2019;



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Rabu, 19 Juni 2019
Waking Up - Attaboy

Senin, 17 Juni 2019
Majesty (Here I am) - Seth Pinnock

Senin, 17 Juni 2019
Now Unto Him - Seth Pinnock

Sabtu, 15 Juni 2019
Family of God (Hymn) - Bill Gaither

Sabtu, 15 Juni 2019
Back On Top - Gloria Gaynor

Sabtu, 15 Juni 2019
Singin' Over Me - Gloria Gaynor Feat. Jason Crabb

Sabtu, 15 Juni 2019
Day One - Gloria Gaynor

Rabu, 12 Juni 2019
Greater Than All My Regrets - Tenth Avenue North

Rabu, 12 Juni 2019
Believer - Rhett Walker

Rabu, 12 Juni 2019
Hope - Emily Brimlow

Rabu, 12 Juni 2019
Up Again - Dan Bremnes

Rabu, 12 Juni 2019
Even Louder - Steven Malcolm feat. Natalie Grant

Rabu, 12 Juni 2019
The Kind Of Man - The Color

Rabu, 12 Juni 2019
Revival - Tori Harper

Senin, 10 Juni 2019
Speak To Me - For All Seasons

Senin, 10 Juni 2019
Let It Rain (Is There Anybody) - Crowder

Minggu, 09 Juni 2019
Little Big Town - The Daughters

Minggu, 09 Juni 2019
Look What God Gave Her - Thomas Rhett

Minggu, 09 Juni 2019
My Miracle - Brad Paisley

Minggu, 09 Juni 2019
Love Wins - Carrie Underwood

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



download mp3 rohani terbaru,   Vidio kidung pg...,   Free download Mp3 rohani kepuasan ku berada di hadiratmu,   menerima damai sejahtera yoh 20:19-23,   Renungan dari Amos 5:25-27,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah keluaran 15 : 12-18,   bahan renungan hosea 4:7-10,   roma 10:4-12,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   lagu rohani pernikahan,   khotbah keluaran 15:12-18,   partitur lagu anak rohani kristen,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   tata ibadah api unggun,   Rancangan Khotbah Minggu 7 Juli 2019,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   dpwnlpad lagu you are my king (amazing love) w/ lyrics (Christy Nockles),   lagu seruling mas,   lagu rohani kristen mengucap syukur,   renungan mat 7 15-20,   injil matius 7 15 20 beserta kotbahnya,   makna renungan i tesalonika 5:21-22,   bahan kotbah kisahpararasul 13 : 15 - 25,   nyanyian rohani nomor 165,   renungan mat 7 15-20,   renungan mat 7 15-20,   liturgi pernikahan gereja kalimantan evangelis,   renungan mat 7 15-20,   hukuman bagi ketidakadilan amos 5,   download khotbah mp3 bagi yang gelisah,   lagu rohani pertobatan,   lagu rohani suara gembira apk,   download suara gembira,   contoh doa syafaat kristen protestan terbaru,   eksposisi galatia 5:1-15,   Renungan kotbah Kisah para rasul 17:22-30,   renungan pengkhotbah 11:9-10,   penjelasan ttg yehezkiel 11,   kumpulan lagu ende HKBP,   Renungan sgd rabu 26 juni 2019,   khotbah hakim hakim 4:1 - 24,   khotbah dari galatia 3 :1-29,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   tenungan mazmur 97,   kotbah mazmur 96,   lagu penutup untuk ibadah,   download lagu rohani yang menyentuh hati,   amsal 23:17 gpdi,   pelayanan yang berbasis pada panggilan kisah para rasul 6; 1-7,   renungan mika 06 : 6-8,   renungan mika 06 : 6-8,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah roma 10:4-12,   khotbah roma 10:4-12,   doa persembahan pada ibadah hari minggu,   Renungan harian kis para rasul 2: 45,   khotbah galatia 3,   satb koor,   isi khotbah kisah para rasul 2:41-47,   lagu penyembahan pantemosata,   kotbah matius 7 15 20,   download suara gembira,   lagu pujian untuk pemberkatan pernikahan,   lagu rohani pernikahan kristen yang terbaru mp3,   Mars gp,   keluaran 15:12-18,   kidung konstektual 93,   amsal 3 ayat 11 20,   lirik lagu rohani saat memberikan persembahan,   kotbahi galatia 6 1 10,   lagu penutup ibadah gpdi,   kotbah galatia 6:1-18,   renungan amsal 4 : 10-15,   download lagu aog,   Khotbah minggu 30 juni 2019,   lagu rohani kristen terbaru mp3,   download hatiku percaya karaoke,   bahan renungan hosea 4:7-10,   buku kidung muda mudi gpib,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   nyayian rohani untuk masuk firman,   materi katekisasi 2019,   kh8tbah ibran 2 : 1,   materi katekisasi perjamuan kudus,   katekisasi perjamuan kudus,   download lagu rohani tuhan ku bangkit,   renungan 1 yohanes 2 : 28 - 29,   lirik buka mata hatiku,   chord bertambah-tambah,   www.mp3 rohani tro ambisi .com,   lagu jonny agung persaudaraan,   nats persembahan,   nats persembahan,   the flame of the ages STEPHEN TONG,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   lirik lagu kaulah gunung batuku,trio elexis,   nyanyian rohani methodist,   lirik buka mata hatiku,   lagu pujian minggu 23 juni 2019,   bacaan alkitab gereja gpil hari ini,   yer 17 :1-8,   nyanyian rohani 160,   nyanyian rohani 160,   2 korintus 9:6-14,   indahnya saat yang teduh gereja,   Hktobah filipi 2:19-3 1a,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik lagu dangdut rohani,   lirik lagu rohani gb 402 pkb gpib bukit benuas,   pangungkapon 22 : 12-17,   lagu penyembahan pantemosata,   download kidung keesaan,   nyanyian rohani 139:4-5,   nyanyian rohani 139:1-2,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik nyanyian rohani 160,   doa sebelum persembahan syukur 2019,   Ulangan 16 : 18 - 19,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   renungan Hakim Hakim 4:1-24,   doa sebelum persembahan,   doa pesembahan,   Khotbah Galatia 3:1-29,   tafsiran mazmur 104 1 24,   khotbah gpib 2018,   khotbah gpib 2018,   khotbah amsal 3:11-20,   chord mars teruna gpib,    KISAH PARA RASUL 8 : 26 - 40,   nyanyian rohani,   khotbah galatia 3:1-29,   khotbah galatia 3:1-29,   khotbah galatia 3:1-29,   2 korintus 9:6-14,   lagu syukur untuk persembahan,   free download lagu wordship terbaru 2019. mp3,   free download rohani kristen mp3 terbaru 2019,   ilustrasi khotbah ulangan 16 18 20,   Sabda bina umat 23 juni 2019,   sabda bina umat juni 2019,   sabda bina teruna 23 juni 2019,   sabda bina teruna 23 juni 2019,   sabda bina teruna 2019,   tata ibadah Gbkp bekasi,   nyoman djepun ulangan 16:18-20,   jam tangan mail,   tata ibadah Gbkp bekasi,   Download lagu Erastus,   kumpulan lagu rohani maluku,   download kidung keesaan,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   download musik instrumental gereja,   khotbah kristen ulangan 16 18-20,   khotbah kristen ulangan 16 18-20,   khotbah kristen ulangan 16 18-20,   judul lagu rohani getsemani,   judul lagu rohani getsemani,   renungan hosea 7,   kumpulan lagu pujian penyembahan disertai dgn pernikahan kudus,   lagu pujian penyembahan disertai dgn pernikahan kudus,   Lagu pengucapan syukur,   sabda bina umat 8juli 2019,   contoh kotbah ulangan 16 : 18-20,   sabda bina umat 8juli 2019,   chord lagu ku ingin dengar cerita,