Save Page
MINGGU PEMULIAAN
Kamis, 1 Juni 2017
Yohanes 14:15-17
Yohanes 14:18-20

Yohanes 14:18-20
14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. 14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. 14:20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

Penjelasan:
* Yoh 14:18
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang1029 kepadamu.

Mungkin mereka masih merasa terabaikan. Dia mau menghiburkan mereka. Namun ada tiga kemungkinan mengenai tafsiran ayat 18-19.
1) Mungkin nas ini merujuk pada kedatangan Roh Allah, yang telah dibahas dalam ayat 16-17, tetapi Dia berkata, Aku datang kepadamu, bukan Roh Allah datang kepadamu. Masalah ini diatasi jika kita berkata bahwa mengalami Roh Allah adalah sama dengan melihat Tuhan Yesus, tetapi Firman Allah tidak mengatakan hal itu, maka tafsiran yang pertama ini agak sulit.

2) Mungkin nas ini merujuk pada kedatangan Tuhan Yesus pada Hari Kiamat. Tafsiran ini juga sulit, karena ungkapan "tinggal sesaat lagi" dalam ayat 19 berat, jika menceritakan lebih dari 1900 tahun.

3) Tafsiran yang berikut lebih mudah diterima: setelah Dia bangkit dari kubur-Nya, Dia datang kepada mereka. Dia harus datang kembali, Dia harus bangkit dari kuburan, untuk "minta kepada Bapa", supaya Ia memberikan kepada mereka "seorang Penolong". Dengan demikian, tafsiran ini sesuai dengan konteks kedatangan Penolong. Tafsiran ini juga sesuai dengan pasal 16:16-30.

Menurut paham ini, kita mengerti bahwa murid-murid-Nya agak terhibur karena mereka akan menerima seorang "Penolong", namun pertanyaan utama yang bergema di hati mereka adalah, "Dan Engkau, apakah Engkau akan datang kembali?" Dia menanggapi masalah itu dengan ayat ini dan ayat berikut.

* Yoh 14:19
Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak melihat1030 Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku. Oleh karena Aku hidup, kamupun akan hidup.1031
Ayat ini melengkapi ayat sebelumnya. Sebentar lagi Dia akan datang kembali, sesudah Dia mati dan dikuburkan, tetapi Dia tidak akan menampakkan diri-Nya pada mereka yang melawan Dia, yaitu dunia.
Situasi mereka sangat berbeda dari situasi dunia. Mereka akan sempat melihat Dia sesudah Dia bangkit, lagipula kebangkitan tersebut membawa hidup yang baru bagi mereka. Mereka tidak hanya akan melihat Dia saja, mereka juga akan hidup dengan kehidupan yang ilahi!

* Yoh 14:20
Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.
Tampakya ungkapan pada waktu itulah merujuk pada suatu paham khusus yang akan mereka capai saat mereka melihat Dia setelah Dia bangkit dari kubur-Nya. Demikian juga dalam pasal 2:22 Yohanes menjelaskan kepada kita, "Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus."
Carson1032 mencatat tiga saat yang kritis dalam perkembangan pemahaman murid-murid Tuhan Yesus, yaitu saat Dia dipermuliakan (pasal 12:16), saat kedatangan Penolong (pasal 16:12-15), dan kebangkitan-Nya (2:22). Dalam konteks ini saat yang dikemukakan adalah saat kebangkitan-Nya.
Mereka akan memahami bahwa Dia di dalam Bapa-Nya, dan mereka di dalam Dia, dan Dia di dalam mereka. Dengan kata lain, mereka akan memahami hubungan yang telah Dia ceritakan dalam pasal 14:7-11, yang juga diuraikan dalam pasal 14:23-31 dan pasal 17.

SBU

MINGGU PEMULIAAN
KAMIS, 1 JUNI 2017
GB.229a : 1,2,4 -Berdoa
HIDUP DALAM KEBENARAN

Yohanes 14:15-17
Aku akan minta kepada Bapa, dan la akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya la menyertai kamu selama-lamanya (ay.16)

Bagaimana hidup dalam Roh Kebenaran itu? Ada orang berpandangan bahwa untuk sempurnanya keselamatan, maka ia perlu secara rutin melaksanakan ritual ibadahnya dengan mengasingkan diri di kamar tertutup atau tempat-tempat tertentu guna mendapatkan karunia Roh yang menyucikan hidupnya. Praktek askese (bertapa) seperti ini sama nilainya dengan para pengkhotbah di mimbar dengan tubuh bergetar yang memerlihatkan kepada Jemaat bahwa ia sedang "kesurupan" (kemasukkan) Roh Kudus.

Tentu saja ini tidak sesuai kesaksian Alkitab tentang hakekat dan cara kerja Roh Kebenaran yang dijanjikan Yesus bagi kita. Roh Kudus tidak berdiri sendiri dalam mengerjakan keselamatan Allah bagi kita; Ia menunjuk pada karya Yesus. Roh Kudus (YUN, Parakletos) adalah "Penolong yang lain" yaitu pribadi lain selain Dia yang murid-murid miliki. "Penolong lain" yang dijanjikan kedatanganNya itu akan mengambil tempat Yesus setelah Yesus pergi dari antara para murid (16:7).

Sebagai Penolong, Ia tidak melakukan apapun, selain apa yang telah Yesus kerjakan; Ia meneruskan dan memajukan pekerjaan Yesus sampai Yesus datang kembali. Dialah Roh Kebenaran yang memimpin dan menguatkan para murid untuk memahami maksud dan kehendak Allah melalui firman-Nya. Roh Kebenaran ini berbeda, bahkan ditolak oleh roh dunia dan roh-roh yang berdiam dialam semesta ini - merasa sebagai penghuni dan pemilik alam yang bertindak secara individual maupun komunal. Selain membawa seseorang untuk mengenal pribadi Yesus; Roh Kebenaran memiliki kesatuan yang tak terpisahkan dengan Bapa sebagai perwujudan hubungan Bapa dengan Yesus (10: 30;20). la selalu menjaga serta memelihara gereja dekat dengan Allah sekaligus membedakannya dari dunia.

Hidup dalam Roh Kebenaran selalu mendorong kita untuk memahami dan melaksanakan kehendak Allah sesuai firman-Nya. Dengan cara demikian, kita dapat menjalankan hidup kekristenan secara benar memberi kesaksian tentang Kristus, TU HAN kita di dunia. Roh Kudus melalui firman-Nya menyertai kita dalam karya dan pengabdian.

GB.192 :1, 2, 3.
Doa : (Ya TUHAN, tolonglah kami dengan kuasa Roh Kudus untuk memahami dan melaksanakan kehendak-Mu dalam hidup beriman kami sehari-hari)


MINGGU PEMULIAAN
KAMIS, 1 JUNI 2017
Renungan Malam
KJ 405:1,3 -Berdoa
AKU HIDUP DAN KAMU PUN HIDUP

Yohanes 14:18-20
"Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali
kepadamu" (ay.18)

Ditinggal selamanya oleh seorang kekasih karena kematian akan mendatangkan kesedihan dan dukacita, apalagi kehadirannya masih sangat diperlukan, bahkan berpengaruh menentukan perjalanan hidup ke depan. Betapa tidak, tinggal bersama menjalin persahabatan dalam percakapan yang intens, tetapi juga saling membantu serta memerhatikan dalam menopang kebutuhan-kebutuhan pokok telah terekam dl benak setiap orang yang hidup bersama. Lebih dari itu, pengalaman di saat suka dan sulit bersama-sama, tambah menguatkan hubungan emosional seorang dengan lainnya.

Hubungan seperti inilah yang terjadi diantara Yesus dan para murid. Kepada para murid, Yesus memberi isyarat bahwa satu saat Ia akan meninggalkan mereka, la akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli Taurat yang akan membunuh-Nya (Mat. 20: 18). Yesus tahu saat kepergian-Nya akan menimbulkan kegoncangan iman para murid. Mereka akan takut tampil di tengah masyarakat untuk bersaksi tentang Dia sebagai TUHANnya. Mereka akan kehilangan percaya diri dan keberanian seperti saat Yesus masih bersama mereka Yoh.19:38;20:19). ltulah sebabnya mengapa Yesus mengatakan tidak akan meninggalkan para murid sebagai yatim piatu dan Dia akan datang kembali.

Yesus dalam firman-Nya menghendaki para murid tetap percaya kepada-Nya bukan saja saat Dia hadir secara fisik, tetapi juga ketika tidak bersama mereka lagi di bumi ini. Meskipun demikian, janji kedatangan-Nya kembali meneguhkan keyakinan para murid bahwa la tetap hidup ("Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu", 18) dan kepergian-Nya akan disusul kedatangan-Nya kem-
bali menjemput semua orang yang dikasihi-Nya. Roh Kudus yang dijanjikan-Nya akan turun menyertai pengembaraan orang percaya di bumi ini hingga hari kedatangan-Nya.

Merenungkan kembali hidup kita hari ini, kita dapatkan bahwa Ia terus menjaga dan menyertai kita dengan Roh-Nya. Terbukti kita dihantar-Nya sampai malam ini dan diberi-Nya jaminan tentang hari esok yang kitajelang. Oleh sebab itu, marilah menutup malam istirahat ini dengan bersyukur pada-Nya.

GB.231:1, 2, 4
Doa : (Ya TUHAN, kami bersyukur kepada-Mu atas kasih dan kemurahan-Mu yang menyertai kami sepaniang hidup di hari ini. Nama-Mu saja kami muliakan)

Label:   Yohanes 14:18-20 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 2 Juni 2017 Yohanes 14:21-26 - Yohanes 14:27 - MINGGU PEMULIAAN

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 31 Mei 2017 TUHAN PENYELAMAT UMAT-NYA - Mazmur 118:10-18 - MINGGU PEMULIAAN

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes






November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 22 November - 1 Korintus 5-8

Hari ini, 22 November - Maz 127:5-128:6, Yeh 29-30, Yak 3, Ams 29:12-13

Hari ini, 22 Nopember - Yohanes 13:1-11, 3 Yohanes 1-14, Ayub 20, Daniel 5-6

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Contoh Tata Ibadah Natal Tahun Lalu
TATA IBADAH MALAM NATAL KELUARGA 24 DESEMBER, TATA IBADAH MALAM NATAL 24 DESEMBER, NATAL 25 DESEMBER, NATAL 26 DESEMBER, MALAM TH BARU 31 DESEMBER, TAHUN BARU 1 JANUARI, TATA IBADAH MALAM TAHUN BARU KELUARGA 31 DESEMBER, TATA IBADAH JAMUAN KASIH NATAL
Tata Ibadah HUT ke-37 Pelkat PT GPIB

Tata Ibadah Syukur HUT ke 71 GPIB - Minggu, 3 November 2019





New Submit

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



tafsiran kitab habakuk 3:1-6,   jesus ma bahenonmu goarna,   sabda gereja gpib,   renungan Habakuk 3:1-6,   Renungan Habakuk 3 : 1-6,   khotbah Habakuk 3 : 1-6,   Khotbah kristen dari kitab efesus 3:14-21,   doa persembahan syukur,   kalender liturgi katolik 2020,   doa persembahan syukur,   jamita partangiangan matius 6:47-50,   lagugereja.com,   khotbah kristen bulan november 2019,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   lagu jecklin celose mp3 arti kehadiranmu,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   lagu anak sekolah minggu terbaru 2019,   download liturgi gmit tanggal 24 november 2019,   sabda bina umat 22 november 2019 ,   lagu kemenangan iman,   gb 402c,   gita bakti pdf,   gita bakti pdf,   apa yg Tuhan kehendaki dalam kitab ibrani 11:1-6,   lagu kristen pantekosta,   renungan kitab nahum,   ilustrasi 2 tesalonika 3:1-15,   Kotba greja katolik minggu tgl 24 november 2019,   lirik lagu penyembahan kolekte,   free download mp3 kj 400 kudaki jalan mulia,   eksposisi lukas 23:33-43,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   Jamita epistel : mateus 13 : 47 - 50,   Khotbah ayub 7:7-10,   lagu persembahan rohani,   Khotbah Kristen Habakuk 3 ayat 1 - 19,   khotbah minggu 17 november 2019,   lirik lagu sukacita persembahan,   partitur lagu natal,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   Liturgi gereja katolik desember 2019-november 2020, tahun YA.,   Khotbah ayub 7:7-10,   2 tesalonika 3:6-13,   Kotbah Hari Minggu Pesta Raja Semesta Alam 2019,   khotbah natal dalam kitab matius pasal 2 ayat 1-12,   bukalah mata hatiku lirik,   lagu-lagu christmas carol,   lagu penutup ibadah,   jamita Habakuk 3 : 1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   renungan nahum 1:1-8,   kelender luturgi bulan november 2019,   renungan kristen tentang mazmur 82,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 48:17-19,   kotbah acwc 2019,   khotbah berkati dan lindungi kami perjanjian lama,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   materi khotbah mazmur 127:1 - 5, anak panah di tangan Tuhan,   di saat ini david graham chord,   lirik timor rohani rab,   sbu gpib Desember 2019,   khotbah. maleakhi. 4: 1-2a,   efesus 4 : 28,   khotbah habakuk 3:1-6,   lagu gereja 2019 kristen,   tata ibadah natal 25 Desember 2019,   lirik gita bakti 22,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   bahan khotbah UEM,   khotbah minggu 24 november 2019,   kc 140,    ucapan doa menabur persembahan,   kalender liturgi 2020,   lirik firman mu pelita,   partitur lagu kumbayah my lord,   KHotbah habakuk 3:1-6,   ayat alkitab angkat sidi,   kotbah roma1:18-25,   khotbah Hosea 8:1-14,   bahan kotbah roma 1:8-15,   Donload lagu lagu natal,   lagu yang berhubungan dengan bait allah,   nahum 1 : 2-8,