Save Page
HARI PENTAKOSTA
Kamis, 8 Juni 2017
Yehezkiel 12:1-16
Yehezkiel 12:17-28

Yehezkiel 12:17-28
12:17 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: 12:18 "Hai anak manusia, makanlah makananmu dengan gemetar dan minumlah air dengan menggigil dan dengan hati yang cemas, 12:19 dan katakanlah kepada penduduk negeri ini: Beginilah firman Tuhan ALLAH tentang penduduk Yerusalem yang di tanah Israel: Mereka akan makan makanannya dengan hati yang cemas dan minum air dengan hati yang gundah-gulana supaya tanah mereka menjadi sunyi sepi lantaran isinya sudah lenyap, oleh karena kekerasan yang dilakukan oleh semua yang tinggal di sana. 12:20 Kota-kota yang masih didiami orang akan menjadi reruntuhan dan tanah itu akan menjadi sunyi sepi; dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN." 12:21 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: 12:22 "Hai anak manusia, sindiran apakah itu yang hidup di antara kamu di tanah Israel, yang berbunyi: Sudah lama berselang, tetapi satu penglihatanpun tak jadi? 12:23 Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku akan menghentikan sindiran ini dan orang tidak akan mengucapkannya lagi di tanah Israel. Sebaliknya, katakanlah kepada mereka: Waktunya sudah dekat dan tiap penglihatan akan jadi. 12:24 Sebab tidak akan ada lagi penglihatan yang menipu ataupun tenungan yang menyesatkan di tengah-tengah kaum Israel, 12:25 sebab Aku, TUHAN, akan berfirman dan apa yang Kufirmankan akan terjadi, dan firman itu tidak akan ditunda-tunda lagi, sebab pada masa hidupmu, hai kaum pemberontak, Aku akan mengucapkan suatu firman dan Aku akan menggenapinya, demikianlah firman Tuhan ALLAH." 12:26 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: 12:27 "Hai anak manusia, lihatlah, kaum Israel berkata: Penglihatan yang dilihatnya itu, harinya masih jauh, nubuatan yang diucapkannya, waktunya masih lama. 12:28 Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak satupun dari firman-Ku akan ditunda-tunda. Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Penjelasan:

* Yeh 12:18 - makanan dengan gemetar dan minum air dengan menggigil dan dengan hati yang cemas // gemetar,
Dengan simbol berupa makan makanan dengan gemetar dan minum air dengan menggigil dan dengan hati yang cemas ini, bandingkanlah simbol yang digambarkan dalam 4:9-17. Dalam 4:9-17 penekanannya ada pada sulitnya mendapatkan makanan; di sini ada pada ketakutan. Kata gemetar, ra'ash, dipakai untuk gempa bumi (3:12; 37:7; Am. 1:1); untuk bergetarnya bumi - dalam gaya bahasa hiperbol - karena berbagai kekuatan dalam perang (Yes. 9:4; Yer. 47:3; Ayb. 39:24; 41:21).

* Yeh 12:19 - Penduduk negeri ini // Supaya tanah mereka menjadi sunyi sepi lantaran isinya sudah lenyap // Oleh karena kekerasan yang dilakukan oleh semua yang tinggal di sana
Penduduk negeri ini. Masyarakat umum, orang-orang yang tertinggal, di Yehuda (bdg. 7:27). Supaya tanah mereka menjadi sunyi sepi lantaran isinya sudah lenyap. Harfiahnya, Supaya tanahnya (yaitu, tanah Yerusalem) menjadi kosong dari kekayaannya (bandingkan bentuk kalimat yang serupa dalam 32:15). Oleh karena kekerasan yang dilakukan oleh semua yang tinggal di sana. Lihat Amos 3:9-11 tentang kekerasan Israel. 20. Bandingkan 35:4.

* Yeh 12:22 - Sindiran apakah itu // satu penglihatanpun tak jadi
Sindiran apakah itu. Kata Ibrani mãshãt tampaknya berasal dari sebuah kata kerja yang berarti "menyamakan, membandingkan, sama"; jadi, sebuah "perbandingan,, atau "kesamaan." Bentzen dan J. Pedersen menganggap kata itu berasal dari sebuah kata kerja yang berarti "memerintah"; jadi, sebuah kalimat yang diucapkan oleh para penguasa yang dipenuhi dengan kekuatan jiwa yang dahsyat, suatu kata bersayap, yang hidup lebih lama daripada masa yang berlalu dengan cepat. Yehezkiel sering kali mengutip dan menjawab sindiran-sindiran (8:12; 11:3; 16:44; 18:2; 20:32). Waktu berlalu dan satu penglihatanpun tak jadi (AV, gagal); yaitu, menjadi ancaman yang kosong. Tidak tergenapinya nubuat menjadi bahan sindiran. Para penyindir menganggap enteng hukuman yang diancamkan. Lihat juga Yeremia 5:13, 14; 17:15; II Petrus 3:3, 4, 9.

* Yeh 12:23 - Tiap penglihatan akan jadi // Penglihatan yang menipu // tenungan,
Tiap penglihatan akan jadi. (ASV; AV, efek; harf. firman). Apa yang dinubuatkan akan segera digenapi. Nabi-nabi biasanya tidak menetapkan tanggal penggenapan dari pesan mereka karena sifat moral dan tidak bisa diduga dari pesan-pesan tersebut (lih. ay. 27). 24. Penglihatan yang menipu. Nabi-nabi palsu berbicara hal yang berbeda kepada orang-orang yang mencari Allah, dan tidak ada Cara lahiriah untuk membedakan kebenaran dengan kepalsuan kecuali bahwa "Setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku" (Yoh. 18:37). Bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah menggunakan tenungan, sihir, dan perantara-perantara untuk mengetahui pikiran dewa. (21:21; Ul. 18:9-12). Dalam nubuat yang benar, berbagai tipu daya mekanis dibuang, karena Yahweh berbicara kepada pikiran sang nabi. Tenungan yang bersifat memuji-muji atau ramah menjanjikan kekebalan dari masalah (bdg. 13:10, 16; Yer. 23:16, 17; 28:1-17).

* Yeh 12:25 - Aku, TUHAN, akan berfirman
Aku, TUHAN, akan berfirman. Ayat ini melanjutkan ayat 23. Harfiahnya, Sebab Aku, Tuhan, akan mengucapkan kata apa yang akan Aku ucapkan.

* Yeh 12:27-28 - Penglihatan ... harinya masih jauh ... waktunya masih lama,
Kepada mereka yang berkata, Penglihatan ... harinya masih jauh ... waktunya masih lama, yaitu, bukan hal yang bersifat segera, sang nabi menjawab bahwa Firman Allah akan segera terjadi. Ketika memberitakan ancaman, para nabi biasanya tidak memberi tanggal penggenapannya, karena nubuat semacam itu merupakan ancaman moral yang tidak bisa diduga, yang mungkin dihentikan karena pertobatan dan perubahan (lih. Yunus; Yer. 18; 26:17-19; Yoel 2:14,18).


SBU


MINGGU PENTAKOSTA
KAMIS, 8 JUNI 2017
Renungan Pagi
KJ 237:1 -Berdoa
MENANGGAPI TEGURAN TUHAN

Yehezkiel 12:1-16
....dan engkau sendiri harus keluar pada malam hari di hadapan mata mereka,
seperti seorang yang harus keluar dan pergi ke pembuangan (ay.4b)

Dalam budaya zaman Yehezkiel, berbagai sanksi diberlakukan bagi orang yang dianggap menyalahi norma. Yang kusta dibawa ke Iembah kusta, yang berzinah dilempar dengan batu sampai mati diluar kota. Yang melanggar prinsip etis dan spiritualitas namun pantang ditegur, akan dipersilahkan mengangkut semua miliknya dan keluar dari komunitas. Ini yang namanya "dibuang" dari masyarakat.

Tuhan Allah memerintahkan nabi Yehezkiel untuk berlaku seperti seorang terbuang yang sangat malu sampai harus menutup mukanya agar tidak dikenal orang. Pesan-Nya jelas. Israel akan malu, sengsara, serta dibuang kalau tidak berbalik dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Ketika Israel tetap mengeraskan hati, pesan Tuhan menjadi kenyataan. Babel kembali menyerbu; Bait Suci diratakan dengan tanah, Israel dibuang keluar wilayah dan dimasukkan bangsa-bangsa yang Iain untuk menduduki tanah Israel. Betapa akhir yang sangat sedih, kalau Firman Tuhan lewat nabi-Nya diabaikan. Betapa sering kita mengalami bencana karena tidak mau mempertimbangkan nasihat; menjadi sengsara karena melalaikan peringatan. Bahkan orang Kristen sekalipun, jatuh dan binasa karena melalaikan Firman Tuhan.

Dalam masyarakat masa kini, filosofi tentang kehidupan bergeser dari prinsip hidup ke gaya hidup. Prinsip bisa hanya jadi diskusi, tapl gaya langsung dikonsumsi dan diikuti. Orang yang sung berkompetisi dalam gaya, dan tidak mau mempersoalkan prinsip. Tidak aneh kalau dalam model seperti ini, orang me
ngakui berkeTuhanan, tanpa beribadah dan praktek kebaikan.

Tuhan membuka lagi hari baru bagi kita. Hadapilah dan selesaikanlah masalah yang ditemui, dengan berpegang pada prinsip dan bukan sekedar ikut gaya. Pertimbangkan Firman Tuhan ketika mengambil keputusan. Kalau ini jadi basis dalam berperi Iaku maka kita pasti akan terhindar dari banyak kesulitan yang
sesungguhnya tidak perlu.

KJ. 237 : 2
Doa : (Tuhan, ingatkanlah kami pada kehendak-Mu, setiap kali kami harus mengambil keputusan)




MINGGU PENTAKOSTA
KAMIS, 8 JUNI 2017
Reungan Malam
GB.258 : 1-Berdoa
BERJAGA DAN WASPADA

Yehezkiel 12:17-28
...Tidak satu pun dari firman-Ku akan ditunda-tunda. Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH (ay.28b)

Terhadap Firman Tuhan yang diberitakan oleh nabi Yehezkiel bagi Israel di pembuangan, ada yang percaya dan ada yang tidak, bahkan ada yang tidak peduli. Yang unik, ada yang percaya, tapi "menawar" dan mengatakan bahwa apa yang dikatakan Tuhan, terjadinya "masih" lama. Jadi mari menikmati hidup ini. Melalui sang nabi Tuhan Allah memastikan la akan segera bertindak dan
tidak berlambatan.

Sikap yang sama kita jumpai juga dalam masyarakat masa kini. Orang menganut falsafah bahwa hidup ini hanya sekali, kesempatan tidak datang dua kali, jadi nikmatilah hidup ini agar tidak menyesal nanti. Bagaimana dengan sesama? Tidak perlu pikirkan sesama. Lalu bagaimana kalau perilaku kenikmatan kita
itu berakibat negatif bagi diri sendiri dan sesama? Karena itu, jawabnya adalah, berpikirlah positip. Jangan berpikir tentang negatif. Kita tidak akan bisa menikmati hidup kalau mengikut sertakan kemungkinan pikiran negatif masuk dalam pertimbangan kita. lngat, hidup ini pendek dan harus dinikmati.

Merenungkan kembali peristiwa-peristiwa sepanjang hari ini kita sadar bahwa filosofi "santai dan nikmati" tidak cocok untuk dunia masakini yang ditandai oleh tantangan, kesibukan dan kecepatan. Zaman "biar lambat asal selamat" sudah lewat. Sekarang era "cepat dan tepat". Hidup mengacu ke masa depan yang kita harapkan. Maka hidup harus dihadapi dengan sikap berjaga dan
waspada serta mengambil pilihan-pilihan tepat.

Kita sadar bahwa hanya Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Tapi dalam iman kita sangat sadar bahwa Tuhan sendirilah yang memegang tangan kita untuk memasuki hari esok. Dia merancang peristiwa-peristiwa di hari esok ketika kita tetap dalam istirahat. Dia merancang berkat bagi kita untuk hari esok, justru ketika kita mengistirahatkan tubuh yang penat malam ini. Selamat menyiapkan diri menyambut berkatNya esok.

GB. 258 :2
Doa : (Jagalah kami dari semua kuasa di dunia ini ya Gembala Pengasih)

Label:   Yehezkiel 12:17-28 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 9 Juni 2017 Yehezkiel 13:1-16 - Yehezkiel 13:17-23 - HARI PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 7 Juni 2017 Yehezkiel 11:1-13 - MENGHAYATI PIMPINAN TUHAN - Yehezkiel 11:14-25 (SGK) - HARI PENTAKOSTA

Garis Besar Yehezkiel





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
Great Jehovah - Travis Greene

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



KHOTBAH MENGADAKAN PENDAMAIAN,   sgdk oktober 2019,   renungan amos 8 ayat 4 - 8,   nyanyian suara gembira 21,   not angka gita bakti no 45 Dan lyrik,   not angka gita bakti no 45,   mars gerakan pemuda,   nyaniyan rohani 132,   tema mazmur 40:7-11,   sabda bina umat 22 september 2019 ,   jamita partangiangan 29 september 2019 mazmur 40:7-11,   kmm 33,   bahan kotbah mazmur 40:7-11 sabda.com,   Jamita psalmen 40:7-11,   khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,