Save Page
1 Korintus 4:6-21
Rendahkanlah dirimu
4:6 Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain. 4:7 Sebab siapakah yang menganggap engkau begitu penting? Dan apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya? 4:8 Kamu telah kenyang, kamu telah menjadi kaya, tanpa kami kamu telah menjadi raja. Ah, alangkah baiknya kalau benar demikian, bahwa kamu telah menjadi raja, sehingga kamipun turut menjadi raja dengan kamu. 4:9 Sebab, menurut pendapatku, Allah memberikan kepada kami, para rasul, tempat yang paling rendah, sama seperti orang-orang yang telah dijatuhi hukuman mati, sebab kami telah menjadi tontonan bagi dunia, bagi malaikat-malaikat dan bagi manusia. 4:10 Kami bodoh oleh karena Kristus, tetapi kamu arif dalam Kristus. Kami lemah, tetapi kamu kuat. Kamu mulia, tetapi kami hina. 4:11 Sampai pada saat ini kami lapar, haus, telanjang, dipukul dan hidup mengembara, 4:12 kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar; 4:13 kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu, sampai pada saat ini. 4:14 Hal ini kutuliskan bukan untuk memalukan kamu, tetapi untuk menegor kamu sebagai anak-anakku yang kukasihi. 4:15 Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu. 4:16 Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku! 4:17 Justru itulah sebabnya aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan. Ia akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus, seperti yang kuajarkan di mana-mana dalam setiap jemaat. 4:18 Tetapi ada beberapa orang yang menjadi sombong, karena mereka menyangka, bahwa aku tidak akan datang lagi kepadamu. 4:19 Tetapi aku akan segera datang kepadamu, kalau Tuhan menghendakinya. Maka aku akan tahu, bukan tentang perkataan orang-orang yang sombong itu, tetapi tentang kekuatan mereka. 4:20 Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa. 4:21 Apakah yang kamu kehendaki? Haruskah aku datang kepadamu dengan cambuk atau dengan kasih dan dengan hati yang lemah lembut?


Penjelasan:

* 1Kor 4:6 - Kata-kata // Jangan melampaui yang ada tertulis
Kata-kata ini mengacu kepada 3:5-4:5, bukan kepada 1:10-4:5. Paulus dan Apolos hanya merupakan ilustrasi dari situasi di Korintus. Penulis tidak menyebutkan nama dari orang-orang yang melakukan kesalahan untuk menghindari kebencian. Jangan melampaui yang ada tertulis. Paulus menginginkan jemaat di Korintus hidup sesuai dengan Firman (bdg. R. A. Ward, "Salute to Translators," Interpretation, 8:310, Juli 1954: C. F. D. Moule, An Idiom Book of New Testament Greek, hlm. 64 Sebuah keterangan di catatan kaki adalah penyelesaian mereka).

* 1Kor 4:7 - Sebab
Sebab menjelaskan mengapa kesombongan tidak ada gunanya. Kata ganti yang dipakai berbentuk tunggal: Paulus sedang berbicara kepada perseorangan. Agustinus melihat kebenaran tentang kasih karunia Allah melalui pertanyaan kedua dari ayat ini.

* 1Kor 4:8 - Telah // sebelum waktunya
Telah (MNT, hlm. 48) menoleh kembali kepada sebelum waktunya (ay. 5). Zaman Mesianis, yang akan dimulai sesudah takhta penghakiman Kristus dan kedatangan-Nya yang kedua kali ke bumi, telah dimulai bagi orang Korintus, tulis Paulus dengan nada mencela. Mereka (telah) memiliki kerajaan seribu tahun mereka sendiri" (ICC, hlm. 84). Ayat ini memberikan sedikit petunjuk mengenai konsep Paulus tentang Kerajaan itu.

* 1Kor 4:9 - tontonan. 10-13
Para rasul itu sebaliknya jauh dari memasuki Kerajaan. Sesungguhnya. mereka telah dijatuhi hukuman mati, seperti penjahat yang terhukum, atau narapidana, yang bertarung dengan binatang buas dan jarang sekali lolos pada akhir perayaan atau pertunjukan orang kafir. Atau, mungkin juga Paulus berpikir tentang pawai kemenangan seorang jendral Romawi yang di akhir barisannya terdapat rombongan tentara tawanan yang diseret ke dalam gelanggang pertunjukan untuk diperhadapkan dengan binatang buas (bdg. 15:32; II Kor. 2:14-17). Di gelanggang dunia manusia dan malaikat, para rasul yang terhukum itu merupakan tontonan. 10-13. Serangkaian perbedaan yang tajam di antara para rasul dengan jemaat di Korintus yang dibuat untuk menasihatkan orang-orang percaya itu. Dispensasi baru belum dimulai bagi para rasul!

* 1Kor 4:14 - Anak-anakku yang kukasihi,
Anak-anakku yang kukasihi, menunjukkan perhatian lembut seorang ayah terhadap anak-anak rohaninya.

* 1Kor 4:15 - Sebab // Pendidik // Menjadi bapa // oleh Injil
Sebab. Paulus menjelaskan alasannya menasihati mereka sebagai seorang ayah. Pendidik adalah budak pengawas Romawi yang bertugas mengawasi secara umum anak-anak tuannya hingga mereka mencapai usia dewasa dan dapat memakai toga virilis (bdg. Gal. 3:24). Seakan-akan rasul ini mengatakan bahwa jemaat di Korintus itu memiliki banyak pengawas rohani atas kehidupan rohani mereka, tetapi hanya satu saja yang menuntun mereka ke dalam hidup itu. Menjadi bapa menunjukkan ciri khas ketiga dari hubungan Paulus dengan mereka (bdg. I Kor. 3:6, "menanam," dan 3:10, "meletakkan dasar"). Dia bukan menuntun mereka ke dalam hidup melalui nasihat yang baik, melainkan melalui kabar baik, oleh Injil.

* 1Kor 4:16 - turutilah teladanku
Paulus adalah pengkhotbah khusus yang dapat mengatakan, turutilah teladanku (harfiah, tirulah aku). Sebagian besar orang pasti mengatakan. "Lakukan apa yang saya ajakan, jangan apa yang saya lakukan" (Barclay, op.cit, hlm. 46).

* 1Kor 4:17-20 - memperingatkan // Kerajaan Allah // dari perkataan // dari kuasa. 21 // cambuk // kasih dan ... hati yang lemah lembut // Cambuk
Timotius bertugas untuk memperingatkan mereka. Dr. Johnson mengemukakan bahwa lebih banyak orang yang perlu diingatkan ketimbang yang perlu diajar (MNT, hlm. 51). Ini tidak benar, tetapi pelayanan mengingatkan banyak diperlukan. Kerajaan Allah (bdg. ay. 8). Kerajaan orang Korintus terdiri dari perkataan dan bukan dari kuasa. 21. Sebuah tantangan mengakhiri bagian ini. Apakah mereka memilih cambuk disiplin ataukah kasih dan ... hati yang lemah lembut hasil dari pemulihan persekutuan? Jawabannya ada di tangan mereka. Cambuk menunjukkan nada disiplin yang mendominasi bagian berikutnya dari surat ini.


SBU


MINGGU TRINITAS
Renungan Pagi
KJ.422 :1,2 -Berdoa
SAKSI ALLAH YANG SEJATI

1 Korintus 4:1-5
Yang akhirnya ditumut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa ternyata mereka dapat dipercayai (ay.2)

Hari-hari terakhir ini berbagai media massa baik internet, televisi maupun surat kabar sedang ramai membicarakan tentang berbagai aksi dan pendapat, komentar atau ciutan dari orang-orang yang dianggap sebagai public figur. Bahkan yang terjadi adalah saling melapor atas pendapat, komentar atau "ciutan" tersebut karena ketersinggungannya yang dirasakan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Seakan-akan apa yang terjadi tersebut, tidak mencerminkan sikap sebagai seorang pemimpin atau public figure. Dari kenyataan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa sikap, perilaku dan tutur kata seseorang mencerminkan siapa sesungguhnya orang itu dan setiap orang "dituntut" untuk memiliki sikap dan tuturlaku yang sesuai dengan posisinya di tengah masyarakat.

Paulus dalam renungan pagi hari ini mengungkapkan satu catatan penting terkait dengan pelayan Tuhan bahwa seorang yang melayani Tuhan harus memperlihatkan tutur kata dan perilaku yang sesuai dengan posisinya sebagai seorang pelayan Tuhan. Tujuannya adalah pemberitaannya dipercaya umat karena
selaras dengan sikap hidup yang diperlihatkan setiap hari. Penegasan Paulus ini terkait dengan adanya orang-orang yang ingin menghasut umat agar tidak mempercayai Paulus dan me nolak pemberitaannya.

Saudaraku, memasuki kerja di hari yang baru ini, perenungan kita mengingatkan kita beberapa hal, yaitu:
1. Setiap orang percaya adalah "saksi Tuhan yang memiliki tugas untuk menyatakan kebenaran dalam hidup setiap hari.
2. Sebagai seorang saksi Tuhan, setiap orang percaya harus menunjukkan bahwa dirinya dapat menjadi seseorang yang dapat dipercaya baik dalam pe"riIaku, tutur-kata maupun karya hidup hari Iepas hari.

Selamat berkarya.

KJ.422:3
Doa : (Tuhan Yesus, tolonglah diriku untuk menjadi alat kesaksian-Mu dalam hidup dan karyaku hari ini)




MINGGU TRINITAS
KAMIS, 15 JUNI 2017
Renungan Malam
KJ.466a : 1,2-Berdoa
HIDUPKU KESAKSIANKU

1 Korintus 4:6-21
"sebab siapakah yang menganggap engkau begilu penting? Dan apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?" (ay-7)

Di tengah sebuah padang ada sebuah kolam dengan sekumpulan katak. Satu diantaranya bernama Kenthus. Dia memiliki tubuh yang lebih besar dan kuat dari teman-temannya dan itu membuatnya menjadi sangat sombong. Suatu hari, seekor anak Iembu bermain dekat tempat Kenthus berada. la bermain dengan girang sambil sesekali meminum air di kolam dan tanpa sengaja lidahnya mengenai Kenthus. Kenthus sangat jengkel dan karena ingin terlihat hebat, dengan lantang dia berkata kepada teman-temannya bahwa ia bisa lebih besar dari anak Iembu itu. Lalu mulailah ia menggembungkan perutnya menjadi lebih besar. Teman-teman Kenthus sengaja "memanasinya" karena ingin memberi pelajaran pada Kenthus. Melihat itu, kakak Kenthus memperingatkannya untuk menghentikan perbuatannya karena sangat membahayakan dirinya. Untung saja, Kenthus menghentikan perbuatannya, jika tidak dia bisa celaka.

Saudaraku, pelajaran bagi kita bahwa kesombongan dapat merusak bahkan menghancurkan kehidupan kita. Paulus dalam perikop ini mengingatkan Jemaat Korintus untuk tidak sombong karena memiliki berbagai karunia. Paulus mengingatkan untuk memiliki sikap rendah hati seperti yang dipraktekkannya bersama rekan-rekan sepelayanannya. Paulus mengingatkan bahwa berbagai karunia dan kelebihan yang mereka miliki adalah pemberian Allah dan karena itu tidak pada tempatnya, mereka menyombongkan diri. Paulus memperlihatkan bagaimana ia dan teman-temannya menjalani dengan taat pelayanan mereka walau
diperhadapkan pada berbagai situasi yang tidak menyenangkan karena menurut Paulus semua terjadi atas kehendak Allah.

Saudaraku, memasuki istirahat malam ini, mari mensyukuri setiap keberhasilan sebagai anugerah Tuhan dan setiap pergumulan sebagai kesempatan menyaksikan kebaikan Tuhan. Miliki sikap rendah hati dan ketaatan pada Tuhan walau banyak rintangan karena itulah cara kita bersaksi pada sesama.

KJ.466a:3
Doa : (Tuhan Yesus, mampukan diriku untuk bersikap rendah hati dan jadikan hidupku berkat bagi sesama)

Label:   Korintus 4:6-21 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 16 Juni 2017 JANGAN BERGAUL DENGAN MEREKA - 1 Korintus 5:9-13 - HARI MINGGU TRINITAS

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 14 Juni 2017 - PERSEKUTUAN MILIK TUHAN - 1 Korintus 3:10-23 - HARI MINGGU TRINITAS

Garis Besar 1 Korintus

Garis Besar 2 Korintus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 Oktober - Matius 20-22

Hari ini, 22 Oktober - Maz 119:10-16, Yer 24-25, 1 Tim 1, Ams 27:5-6

22 Oktober - Yohanes 6:60-71, 1 Petrus 4: 1-11, Kidung 6, Ratapan 1

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



ayat untuk persembahan,   Rngn 1 kor 4:6-21,   Rngn 1 kor 4:6-21,   kalender.katolik bln oktober .2019,   free mp3 pujiam kristen,   free mp3 pujiam kristen,   renungan yoel 2 28,   download sound of praise - janjiMu Ya dan Amin,   khotbah : Tdk Ada Yg Mustahil Bagi Orang Percaya,   eksposisi zefanya 3:9-20 stemi,   ayat persembahan,   tak usah ku takut renna,   bahan diskusi zefanya 3:9-20,   contoh renungan kejadian 2:21-24 dan ilustrasinya,   epistel minggu 27 oktober 2019,   tampilan nats Amsal 22:8-12,   renungan wahyu 7 13-17,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lagu gms,   renungan yosua 2:1-7,   lirik lagu di tengah kesukaran,   partitur satb kidung jemaat,   kunci gitar bila ku ingat cinta Tuhanku,   khotbah dalam matius 10¦1-4,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   kj 384,   kj 384,   gita bakti 47 note,   CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,