Save Page

HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
Minggu, 18 Juni 2017
1 Korintus 7:1-11
1 Korintus 7:12-16

1 Korintus 7:12-16
7:12 Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia. 7:13 Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu. 7:14 Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus. 7:15 Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. 7:16 Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?

Penjelasan:



* 1Kor 7:12
Bagaimana dengan pernikahan di mana salah satu pihak adalah Kristen? Hukum Yahudi mengharuskan penyingkiran orang yang tidak percaya (bdg. Ezr. 9:1-10:44). Kembali peraturannya adalah, tidak boleh cerai (I Kor. 7:12, 13).

* 1Kor 7:14 - Karena // dikuduskan
Karena. Alasan yang pertama ialah karena suami atau istri yang tidak percaya dan anak-anak dari pernikahan campuran itu dikuduskan. Ini tidak berarti bahwa seorang anak yang lahir dalam keluarga di mana hanya salah satu orang tua saja yang percaya dilahirkan "menjadi anggota keluarga Kristus" (Barclay, op.cit, hlm. 71). Paulus hanya bermaksud mengatakan bahwa prinsip Perjanjian Lama mengenai pemindahan kenajisan tidak berlaku (bdg. Hag. 2:11-13). Persatuan itu sah dan memberikan hak-hak istimewa kepada anggota-anggotanya (ICC, hlm. 142), yaitu hak atas perlindungan Allah dan kesempatan untuk berhubungan erat dengan salah satu anggota keluarga Allah. Hal ini bisa melapangkan jalan menuju ke pertobatan bagi orang yang belum percaya itu.

* 1Kor 7:15 - memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera
Alasan kedua untuk tetap mempertahankan ikatan terdapat dalam kenyataan bahwa Allah telah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. Bagaimanapun juga, terdapat sebuah situasi yang cukup membingungkan. Beberapa penafsir beranggapan bahwa di sini Paulus mendorong orang percaya untuk mengizinkan terjadinya perceraian dengan tujuan tetap memelihara keadaan damai, apabila pihak yang tidak percaya menginginkan perpisahan. Jika tidak, bisa terjadi perang! Dalam pada itu, Paulus mungkin berpikir bahwa perceraian hendaknya dicegah jika dimungkinkan. sebab hal itu akan merusak kesejahteraan ikatan pernikahan. Prinsip yang umum dari konteks (ay. 10, 11) mendukung pandangan kedua, sebagaimana juga ayat berikutnya. Sama sekali tidak disebutkan tentang pernikahan kedua bagi si orang percaya: adalah sia-sia untuk membuat Paulus mengatakan sesuatu padahal ia diam saja. Memang benar bahwa kata kerja "meninggalkan" nyaris merupakan istilah teknis bagi perceraian di dalam gulungan papiri (MM, hlm. 695, 696).

* 1Kor 7:16 - Sebab
Sebab. Alasan ketiga untuk tidak boleh bercerai ialah karena keselamatan pihak yang satunya itu mungkin dapat dicapai dengan mempertahankan ikatan pernikahan. Para penafsir lainnya memahami pernyataan ini sebagai berarti perceraian itu harus disetujui dengan sukarela, sebab kita tidak pernah bisa tahu pihak yang belum percaya itu akan menjadi percaya atau tidak. Konteks umumnya mendukung pandangan pertama. Tetapi tidak mudah untuk menentukan apa yang dimaksudkan oleh Paulus.


SBU




HARI MINGGU II SES. PENTAKOSTA
MINGGU, 18 JUNI 2017
Renungan Pagi
KJ. 424 : 1-Berdoa
PERKAWINAN DAN HIDUP MELAJANG; KEDUANYA KARUNIA ALLAH

1 Korintus 7:1-11
"...tetapi setiap orang menerima dari Allah karunianya yang khas,..."(ay.7)

Manusia memiliki alasan yang berbeda tentang tujuan melakukan perkawinan antara lain: 1) keinginan untuk membangun keluarga Kristiani; 2)-takut dibilang "gak laku"; 3) keinginan untuk memperbanyak kekayaan; 4) keinginan untuk memiliki keturunan; dan 5) bisa melakukan hubungan seksual.

Bicara tentang perkawinan, rasul Paulus memulai dengan kalimat "Adalah baik bagi laki-laki kalau ia tidak kawin" (ayat 1). Pernyataan rasul Paulus pada awal perikop ini jangan dipahami bahwa ia melarang perkawinan. Memahami ayat di atas, kita harus melihat ayat selanjutnya yang menegaskan bahwa perkawinan dan hidup melajang, keduanya adalah karunia dari Allah (ayat 7). Ada orang yang dikaruniakan untuk memiliki pasangan dan membangun keluarga; tetapi ada juga orang yang dikaruniakan untuk hidup melajang. Keduanya bukan hal yang salah dihadapan Allah, melainkan adalah karunia Allah yang harus dijalankan sesuai dengan kehendak-Nya. Artinya ketika kita kawin, maka jalankan perkawinan itu sebagai sebuah pelayanan bagi Allah dengan menjaga keutuhan perkawinan bersama Tuhan_Yesus, Kepala Keluarga (ayat 3-5,10-11). Dan ketika kita melajang, isilah hidup untuk melayani Allah dan bukan untuk melakukan dosa percabulan.

Disisi lain rasul Paulus juga mengangkat sebuah realita kelemahan manusia terhadap nafsu percabulan. Jika realitanya kita tidak sanggup menjaga nafsu percabulan, maka sebaiknya kita masuk dalam perkawinan. Namun, alasan ini jangan dilihat sebagai salah satu tujuan dari perkawinan Kristen. Bagi rasul Paulus, perkawinan Kristen merupakan anugerah Allah bagi, kehidupan setiap orang percaya. Sebab perkawinan Kristen merupakan sim bol penivujudan hubungan antara Allah dengan umat-Nya.

Perenungan bagi kita: "Dimanakah posisi kita saat ini? "Apapun pilihan kita, baik kawin maupun hidup melajang, yang terpenting bagi Allah melalui rasul Paulus adalah kesiapan dan kesetiaan hati untuk tetap melayani Allah melalui kehidupan pribadi dan keluarga.

KJ.424 : 3
Doa : (Bapa, ajar kami untuk setia melayani-Mu apapun pilihan hidup kami)



HARI MINGGU II SES. PENTAKOSTA
MINGGU, 18 JUNI 2017
Renungan Malam
KJ. 447:1 -Berdoa
PENYELAMATAN DALAM PERKAWINAN

1 Korintus 7:12-16
"...janganlah saudara itu menceraikan dia....Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh istrinya dan istri yang tidak beriman dikuduskan oleh suaminya..." (ay.12-14)

Bercerai atau tetap bertahan? Merupakan pertanyaan yang muncul di tengah situasi jemaat mula-mula yang pada saat itu sudah terlanjur melakukan perkawinan dengan orang yang tidak percaya. Pertanyaan itu muncul sebagai usaha bagi mereka yang ingin hidup dalam pertobatan, tetapi sudah terlanjur melakukan perkawinan dengan orang yang tidak percaya.

Dalam konteks ini rasul Paulus hadir untuk memberikan pandangan baru. Dikatakan pandangan baru karena pada awalnya konsep yang ada pada saat itu bahwa sesuatu yang suci dan yang tidak suci tidak bisa bersatu, sebab sesuatu yang tidak suci dapat membuat yang suci bernoda. Hal ini memengaruhi hukum
perkawinan Yahudi yang mengharuskan untuk menyingkirkan orang yang tidak percaya (Ezra 9:1 -10:44). Namun, rasul Paulus hendak mereduksi pemikiran tersebut. Seorang istri beriman bisa menguduskan seorang suami tidak beriman juga sebaliknya. Ia mau mengatakan bahwa bukan hanya yang bernoda dapat
memengaruhi yang suci, tapi yang suci juga dapat memengaruhi yang bernoda.

Sebab itu rasul Paulus hendak membaharui pemikiran jemaat tentang pandangan terhadap mereka yang terlanjur kawin dengan orang yang tidak percaya. Misi penyelamatan dalam perkawinan menjadi hal penting bagi rasul Paulus. Ia tidak menyetujui adanya perceraian bagi orang yang terlanjur melakukan perkawinan dengan orang yang tidak percaya. Justru dalam situasi itu setiap orang percaya harus berjuang mempertahankan perkawinannya sebagai wujud pelaksanaan misi penyelamatan bagi pasangannya. Melakukan misi penyelamatan dalam perkawinan tidak mudah, terlebih di tengah situasi perkawinan yang berbeda. Nam un ketika kita terus berjalan bersama Kristus, percayalah perjuangan bersama-Nya tidak pernah sia-sia. Jangan takut! Terus jalankan misi penyelamatan dalam perkawinan kita bersama Kristus!.

KJ.447:2
Doa : (Kuatkan kami Tuhan Yesus untuk selalu menjalankan misi penyelamatan-Mu di dalam perkawinan kami)

Label:   1 Korintus 7:12-16 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 19 Juni 2017 - MELAYANINYA DI SEPANJANG WAKTU 1 Korintus 7:25-40 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 17 Juni 2017 - DIRIKU ADALAH MILIK TUHAN - Korintus 6:12-20 - HARI MINGGU TRINITAS

Garis Besar 1 Korintus






November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 22 November - 1 Korintus 5-8

Hari ini, 22 November - Maz 127:5-128:6, Yeh 29-30, Yak 3, Ams 29:12-13

Hari ini, 22 Nopember - Yohanes 13:1-11, 3 Yohanes 1-14, Ayub 20, Daniel 5-6

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Contoh Tata Ibadah Natal Tahun Lalu
TATA IBADAH MALAM NATAL KELUARGA 24 DESEMBER, TATA IBADAH MALAM NATAL 24 DESEMBER, NATAL 25 DESEMBER, NATAL 26 DESEMBER, MALAM TH BARU 31 DESEMBER, TAHUN BARU 1 JANUARI, TATA IBADAH MALAM TAHUN BARU KELUARGA 31 DESEMBER, TATA IBADAH JAMUAN KASIH NATAL
Tata Ibadah HUT ke-37 Pelkat PT GPIB

Tata Ibadah Syukur HUT ke 71 GPIB - Minggu, 3 November 2019





New Submit

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



tafsiran kitab habakuk 3:1-6,   jesus ma bahenonmu goarna,   sabda gereja gpib,   renungan Habakuk 3:1-6,   Renungan Habakuk 3 : 1-6,   khotbah Habakuk 3 : 1-6,   Khotbah kristen dari kitab efesus 3:14-21,   doa persembahan syukur,   kalender liturgi katolik 2020,   doa persembahan syukur,   jamita partangiangan matius 6:47-50,   lagugereja.com,   khotbah kristen bulan november 2019,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   lagu jecklin celose mp3 arti kehadiranmu,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   lagu anak sekolah minggu terbaru 2019,   download liturgi gmit tanggal 24 november 2019,   sabda bina umat 22 november 2019 ,   lagu kemenangan iman,   gb 402c,   gita bakti pdf,   gita bakti pdf,   apa yg Tuhan kehendaki dalam kitab ibrani 11:1-6,   lagu kristen pantekosta,   renungan kitab nahum,   ilustrasi 2 tesalonika 3:1-15,   Kotba greja katolik minggu tgl 24 november 2019,   lirik lagu penyembahan kolekte,   free download mp3 kj 400 kudaki jalan mulia,   eksposisi lukas 23:33-43,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   Jamita epistel : mateus 13 : 47 - 50,   Khotbah ayub 7:7-10,   lagu persembahan rohani,   Khotbah Kristen Habakuk 3 ayat 1 - 19,   khotbah minggu 17 november 2019,   lirik lagu sukacita persembahan,   partitur lagu natal,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   Liturgi gereja katolik desember 2019-november 2020, tahun YA.,   Khotbah ayub 7:7-10,   2 tesalonika 3:6-13,   Kotbah Hari Minggu Pesta Raja Semesta Alam 2019,   khotbah natal dalam kitab matius pasal 2 ayat 1-12,   bukalah mata hatiku lirik,   lagu-lagu christmas carol,   lagu penutup ibadah,   jamita Habakuk 3 : 1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   renungan nahum 1:1-8,   kelender luturgi bulan november 2019,   renungan kristen tentang mazmur 82,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 48:17-19,   kotbah acwc 2019,   khotbah berkati dan lindungi kami perjanjian lama,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   materi khotbah mazmur 127:1 - 5, anak panah di tangan Tuhan,   di saat ini david graham chord,   lirik timor rohani rab,   sbu gpib Desember 2019,   khotbah. maleakhi. 4: 1-2a,   efesus 4 : 28,   khotbah habakuk 3:1-6,   lagu gereja 2019 kristen,   tata ibadah natal 25 Desember 2019,   lirik gita bakti 22,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   bahan khotbah UEM,   khotbah minggu 24 november 2019,   kc 140,    ucapan doa menabur persembahan,   kalender liturgi 2020,   lirik firman mu pelita,   partitur lagu kumbayah my lord,   KHotbah habakuk 3:1-6,   ayat alkitab angkat sidi,   kotbah roma1:18-25,   khotbah Hosea 8:1-14,   bahan kotbah roma 1:8-15,   Donload lagu lagu natal,   lagu yang berhubungan dengan bait allah,   nahum 1 : 2-8,