Save Page

HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA
Selasa, 27 Juni 2017
Kisah Para Rasul 5:17-25
Kisah Para Rasul 5:26-42

Kisah Para Rasul 5:26-42
Rasul-rasul di hadapan Mahkamah Agama -- Nasihat Gamaliel
5:26 Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke Bait Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, kalau-kalau orang banyak melempari mereka. 5:27 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, 5:28 katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami." 5:29 Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. 5:30 Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. 5:32 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia." 5:33 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu. 5:34 Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar. 5:35 Sesudah itu ia berkata kepada sidang: "Hai orang-orang Israel, pertimbangkanlah baik-baik, apa yang hendak kamu perbuat terhadap orang-orang ini! 5:36 Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap. 5:37 Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya. 5:38 Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, 5:39 tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah." Nasihat itu diterima. 5:40 Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam nama Yesus. Sesudah itu mereka dilepaskan. 5:41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus. 5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.


Penjelasan:



* Kis 5:26 - Kepala pengawal,
Kepala pengawal, dengan bawahannya. membujuk para rasul itu untuk ikut secara sukarela menghadap Sanhedrin. Kepala pengawal tidak berani menggunakan kekerasan waktu mengambil para rasul itu karena takut reaksi keras masyarakat yang sangat menghormati para pengkhotbah dam penyembuh ini.

* Kis 5:27
Para rasul mengikuti para pengawal meninggalkan wilayah Bait Allah menuju ke tempat pertemuan Sanhedrin. Imam Besar menuduh mereka dengan dua tuduhan: pertama, mereka tidak menaati perintah Sanhedrin sebelumnya untuk berhenti mengajar dalam nama Yesus. Kedua, mereka berusaha menuduh Sanhedrin sebagai yang bertanggung jawab atas penyaliban Yesus. Para rasul, tentu saja, tidak memiliki maksud demikian, tetapi khotbah mereka mengenai salib memberikan kesan semacam itu.

* Kis 5:29
Petrus menjawab bahwa keputusan Sanhedrin itu menghadapkan mereka dengan pilihan menaati manusia atau menaati Allah.

* Kis 5:30 - Allah nenek moyang kita,
Di dalam situasi semacam itu, hanya satu pilihan yang dapat diambil, terutama karena Allah telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Yesus yang telah dibunuh oleh para pemimpin Yahudi itu. Melalui ungkapan. Allah nenek moyang kita, Petrus menunjukkan bahwa dia masih menganggap dirinya orang Yahudi. Gereja mula-mula tidak memutuskan persekutuan dengan orang-orang Yahudi, tetapi berada sebagai suatu persekutuan di dalam Yudaisme.

* Kis 5:31 - Pemimpin // Juruselamat
Sekalipun orang Yahudi telah merendahkan Yesus melalui penyaliban (Ul. 21:23), Allah telah memberikan kehormatan tertinggi kepada-Nya dengan menjadikan Dia Pemimpin atau Pangeran dan Juruselamat.

* Kis 5:32
Pemberitaan para rasul dilandaskan pada kenyataan bahwa mereka telah menyaksikan hal-hal yang mereka kemukakan. Lagi pula, mereka tidak berbicara hanya sebagai individu-individu secara pribadi, tetapi kesaksian mereka diberi kuasa oleh Roh Kudus yang berbicara melalui mereka. Roh Kudus diberikan bukan hanya kepada para rasul, tetapi kepada semua orang yang mau menaati Dia.

* Kis 5:33 - menusuk
Kata-kata Petrus ini menusuk hati para imam dan membuat mereka naik pitam. Kata yang diterjemahkan dengan menusuk di sini berarti memotong hingga terbelah. Unsur Saduki di dalam Sanhedrin langsung merencanakan untuk membunuh para rasul.

* Kis 5:34 - ahli Taurat yang sangat dihormati
Rencana jahat mereka digagalkan oleh seorang ahli Taurat yang sangat dihormati bernama Gamaliel. Yosefus, si sejarawan Yahudi, mengatakan bahwa golongan Farisi berjumlah sedikit. tetapi memiliki popularitas dan pengaruh demikian kuat di masyarakat sehingga orang Saduki tidak berani mengambil tindakan yang bertentangan dengan orang Farisi. Pengaruh nasihat Gamaliel mencerminkan situasi ini. Di samping itu, Gamaliel adalah salah seorang rabi yang paling terkemuka pada zaman itu. Saul dari Tarsis adalah mantan muridnya (22:3). dan dia dikenal luas sebagai guru paling hebat pada zamannya dalam bidang hukum Taurat.

* Kis 5:35
Gamaliel memperingatkan orang-orang Saduki yang cenderung mengambil tindakan tanpa dukungan mayoritas golongan Farisi agar tidak melakukan tindakan yang gegabah.

* Kis 5:36
Dia menyebut berbagai peristiwa sejarah yang baru saja terjadi untuk mengingatkan mereka bahwa di antara orang Yahudi telah muncul berbagai gerakan lain yang tidak menghasilkan apa-apa, sehingga tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan kelompok baru yang memberitakan Yesus sebagai Mesias ini. Yosefus mengatakan bahwa pada masa yang tidak tenang itu terdapat banyak sekali gerakan. Gamaliel mengingatkan mereka akan seorang tokoh bernama Teudas, yang mengklaim dirinya sebagai orang yang sangat penting dan yang berhasil meyakinkan sekitar empat ratus orang Yahudi untuk mengikut dia. Gerakan ini dipadamkan dan Teudas dibunuh. Kita tidak mengetahui apa-apa lagi tentang orang ini. Sekitar tahun 45 M, seorang tukang sihir dengan nama yang sama berhasil mengajak sejumlah besar orang Yahudi ke sungai Yordan, dengan janji bahwa ia dapat membelah air sungai itu sehingga mereka dapat menyeberang di tanah yang kering. Gubernur Roma, Krispus Fadus, mengirimkan tentara berkuda dan memadamkan gerakan tersebut. Tetapi, mesias palsu ini adalah orang yang berbeda dengan yang disebut oleh Gamaliel.

* Kis 5:37 - Yudas, seorang Galilea // pendaftaran penduduk
Pemberontakan lain ditimbulkan oleh Yudas, seorang Galilea. Sewaktu Herodes Arkhelaus, salah seorang putra Herodes Agung (Mat. 2:1, 22), diturunkan dari jabatannya sebagai gubernur Yudea, wilayah tersebut diserahkan kepada seorang gubernur Romawi; dan diadakan suatu pendaftaran penduduk untuk mengetahui jumlah pajak yang dapat ditarik dari rakyat. Yudas mengobarkan suatu pemberontakan yang bersifat religius dan kebangsaan berlandaskan anggapan bahwa hanya Allah yang merupakan Raja Israel dan bahwa hanya Dia yang berhak memerintah atas bangsa Yahudi. Gerakan ini merupakan awal dari golongan yang kemudian dikenal dengan nama Zelot; tetapi pemberontakan di bawah Yudas itu berhasil dipadamkan oleh pemerintah Roma.

* Kis 5:38-39
Gamaliel menasihati Sanhedrin untuk mengandalkan pengaturan Allah. Apabila Allah ada di dalam gerakan tersebut maka gerakan itu akan berkembang pesat; apabila tidak demikian gerakan itu akan berhenti dengan sendirinya.

* Kis 5:40
Pengaruh Gamaliel demikian besar sehingga ia mempengaruhi keputusan yang diambil oleh Sanhedrin. Sebuah hukuman kecil berupa pengesahan dikenakan atas mereka, mungkin dengan tiga puluh sembilan pukulan (II Kor. 11:24), karena tidak menaati perintah Sanhedrin sebelumnya.

* Kis 5:41-42 - pengajaran ... dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias, // di Bait Allah
Para rasul sama sekali tidak berkurang semangatnya, sebab mereka menganggap penderitaan karena nama Yesus adalah suatu kehormatan. Mereka melanjutkan terus pengajaran ... dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias, baik secara umum di Pelataran untuk Bangsa Bukan Yahudi di Bait Allah dan di dalam perkumpulan-perkumpulan Kristen di rumah-rumah milik perseorangan.


SBU




MINGGU III SES. PENTAKOSTA
SELASA, 27 JUNI 2017
Renungan Pagi
KJ.341 : 1 -Berdoa
KUASA TUHAN BEKERJA

Kisah Para Rasul 5:17-25
Katanya: "
Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya." (ay.23)

Pelayanan yang dilakukan para rasul berdampak ketidaksukaan dari para Imam Besar dan pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki. Ketidaksukaan karena mereka iri hati terhadap apa yang dilakukan para rasul yang lebih diterima banyak orang. Akibatnya para rasul ditangkap dan dimasukan ke dalam
penjara. Dalam kondisi terpenjara, kuasa Tuhan bekerja atas bagi para rasul. Melalui malaikat-Nya, Tuhan melepaskan mereka dan meminta mereka memberitakan firman hidup kepada banyak orang.

Menjadi sesuatu yang tidak mungkin terjadi pada waktu para rasul hendak dibawa menghadap Mahkamah Agama. Mereka ternyata tidak berada dalam penjara, walau pintu penjara terkunci rapi dan semua penjaga berada di tempatnya. Peristiwa ini membuat kaget-para Iman Besar dan semua pejabat yang ingin me-
ngadili mereka. Pengalaman ini menjadi bukti nyata bahwa Tuhan turut bekerja dalam setiap pelayanan para rasul.

Bagaimana dengan kita saat ini? Pelayanan yang dipercayakan apakah sudah sungguh dilaksanakan dengan benar? Atau kita masih ragu atas panggilan Tuhan melayani-Nya sebagai Diaken atau Penatua? Sua-tu yang tidak mungkin bagi kita, mungkin bagi Tuhan. Yang penting kita tidak meragukan kuasaNya bekerja dalam setiap pelayanan dan kehidupan kita. Tuhan tidak mengutus kita yang mampu tetapi memilih kita yang mau dan tidak mampu supaya kuasa dan karya-Nya nyata dalam pelayanan yang kita kerjakan. Mantapkanlah tekad kita menjadi alat-Nya. Kalau Tuhan yang memanggil, pasti Tuhan tidak akan membiarkan diri kita dipermalukan. Tuhan pasti memberkati dan menjaga agar kita mampu dalam setiap panggilan pelayanan.

KJ. 341 : 3
Doa": (Bapa, kuasa-Mu sungguh kamirasakan dan membuat kami semakin menyakini bahwa Engkau bersama kami)





MINGGU III SES. PENTAKOSTA
SELASA, 27 JUNI 2017
Renungan Malam
KJ.295 : 1 -Berdoa
MENDENGAR NASIHAT

Kisah Para Rasul 5:26-42
Nasihat itu diterima (ay.39b)

Mendengar nasihat bagi kebanyakan orang adalah sesuatu yang sulit. Biasa kita hanya mau memberi nasihat, menyalahkan atau membenarkan diri. Ada nasihat karena perbuatan salah, nasihat untuk memberi masukan atau semangat, nasihat yang sekedar saran, dsb.. Nasihat adalah pendapat yang disampaikan kepada seseorang atau lebih menyangkut pandangnya tentang sesuatu yang dipersoalkan. Memang cara menyampaikan menjadi sangat penting diperhatikan bagi orang yang menyampaikan.

Dalam perjalanan pelayanan para rasul, mereka diperhadapkan pada Mahkamah Agama karena banyak pihak tidak menyukai apa yang mereka Iakukan. Kebencian orang banyak itu bermuara pada usaha membunuh para rasul. Dalam suasana dan situasi tersebut, Gamaliel menyampaikan pendapatnya. Ia memberikan nasihat agar mempertimbangkan baik-baik apa yang hendak mereka lakukan terhadap para rasul. Gamaliel mengambil gambaran Teudas dan Yudas. Dikatakan bahwa semua pengikut akan tercerai-berai dengan sendirinya dan lenyap jika perbuatan mereka dari manusia, namun jika dari Allah Kita tidak dapat melenyapkannya karena jangan sampai kita melawan Allah (ay.38).

Mendengar nasihat Gamaliel akhirnya mereka mendengar dan melepaskan para rasul. Terlepas dari benar atau tidaknya suatu nasihat, yang paling penting adalah bagaimana kita menerimanya sebagai masukan bagi perbaikan diri kita. Jangan alergi saat seseorang memberikan nasihat. Ketika nasihat disampaikan, berarti yang menyampaikan tersebut masih peduli kepada kita. Malam ini menjadi catatan kita bahwa setiap nasihat memiliki arti yang sangat penting karena memberikan perbaikan bagi perilaku dan karakter kita.

Dengan menerima nasihat yang baik, kita terhindar dari perbuatan menghakimi orang lain dengan sewenang-wenang dan menutup pikiran kita bahwa Ailah juga dapat berkarya lewat orang lain.

KJ.295 : 2
Doa : (Kristus, kami mau menjadi pendengar yang baik baqi orang yang berkeluh kesah)

Label:   Kisah Para Rasul 5:26-42 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 28 Juni 2017 - TANTANGAN PELAYANAN Kisah Para Rasul 6:8-15 - HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 26 Juni 2017 - PERSEKUTUAN YANG ERAT Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Kisah Rasul






November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 22 November - 1 Korintus 5-8

Hari ini, 22 November - Maz 127:5-128:6, Yeh 29-30, Yak 3, Ams 29:12-13

Hari ini, 22 Nopember - Yohanes 13:1-11, 3 Yohanes 1-14, Ayub 20, Daniel 5-6

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Contoh Tata Ibadah Natal Tahun Lalu
TATA IBADAH MALAM NATAL KELUARGA 24 DESEMBER, TATA IBADAH MALAM NATAL 24 DESEMBER, NATAL 25 DESEMBER, NATAL 26 DESEMBER, MALAM TH BARU 31 DESEMBER, TAHUN BARU 1 JANUARI, TATA IBADAH MALAM TAHUN BARU KELUARGA 31 DESEMBER, TATA IBADAH JAMUAN KASIH NATAL
Tata Ibadah HUT ke-37 Pelkat PT GPIB

Tata Ibadah Syukur HUT ke 71 GPIB - Minggu, 3 November 2019





New Submit

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



tafsiran kitab habakuk 3:1-6,   jesus ma bahenonmu goarna,   sabda gereja gpib,   renungan Habakuk 3:1-6,   Renungan Habakuk 3 : 1-6,   khotbah Habakuk 3 : 1-6,   Khotbah kristen dari kitab efesus 3:14-21,   doa persembahan syukur,   kalender liturgi katolik 2020,   doa persembahan syukur,   jamita partangiangan matius 6:47-50,   lagugereja.com,   khotbah kristen bulan november 2019,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   lagu jecklin celose mp3 arti kehadiranmu,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   lagu anak sekolah minggu terbaru 2019,   download liturgi gmit tanggal 24 november 2019,   sabda bina umat 22 november 2019 ,   lagu kemenangan iman,   gb 402c,   gita bakti pdf,   gita bakti pdf,   apa yg Tuhan kehendaki dalam kitab ibrani 11:1-6,   lagu kristen pantekosta,   renungan kitab nahum,   ilustrasi 2 tesalonika 3:1-15,   Kotba greja katolik minggu tgl 24 november 2019,   lirik lagu penyembahan kolekte,   free download mp3 kj 400 kudaki jalan mulia,   eksposisi lukas 23:33-43,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   Jamita epistel : mateus 13 : 47 - 50,   Khotbah ayub 7:7-10,   lagu persembahan rohani,   Khotbah Kristen Habakuk 3 ayat 1 - 19,   khotbah minggu 17 november 2019,   lirik lagu sukacita persembahan,   partitur lagu natal,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   Liturgi gereja katolik desember 2019-november 2020, tahun YA.,   Khotbah ayub 7:7-10,   2 tesalonika 3:6-13,   Kotbah Hari Minggu Pesta Raja Semesta Alam 2019,   khotbah natal dalam kitab matius pasal 2 ayat 1-12,   bukalah mata hatiku lirik,   lagu-lagu christmas carol,   lagu penutup ibadah,   jamita Habakuk 3 : 1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   renungan nahum 1:1-8,   kelender luturgi bulan november 2019,   renungan kristen tentang mazmur 82,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 48:17-19,   kotbah acwc 2019,   khotbah berkati dan lindungi kami perjanjian lama,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   materi khotbah mazmur 127:1 - 5, anak panah di tangan Tuhan,   di saat ini david graham chord,   lirik timor rohani rab,   sbu gpib Desember 2019,   khotbah. maleakhi. 4: 1-2a,   efesus 4 : 28,   khotbah habakuk 3:1-6,   lagu gereja 2019 kristen,   tata ibadah natal 25 Desember 2019,   lirik gita bakti 22,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   bahan khotbah UEM,   khotbah minggu 24 november 2019,   kc 140,    ucapan doa menabur persembahan,   kalender liturgi 2020,   lirik firman mu pelita,   partitur lagu kumbayah my lord,   KHotbah habakuk 3:1-6,   ayat alkitab angkat sidi,   kotbah roma1:18-25,   khotbah Hosea 8:1-14,   bahan kotbah roma 1:8-15,   Donload lagu lagu natal,   lagu yang berhubungan dengan bait allah,   nahum 1 : 2-8,