Save Page

HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA
Kamis, 30 Juni 2017
Kisah Para Rasul 7:51-53
Kisah Para Rasul 7:54-60

Kisah Para Rasul 7:54-60

Stefanus dibunuh -- Saulus hadir
7:54 Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi. 7:55 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. 7:56 Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah." 7:57 Maka berteriak-teriaklah mereka dan sambil menutup telinga serentak menyerbu dia. 7:58 Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. 7:59 Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku." 7:60 Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.

Penjelasan:


* Kis 7:54 - Gertakan giri
Sewaktu Stefanus menuduh orang-orang Yahudi sebagai menghujat Allah, mereka menjadi marah secara tidak terkendali. Gertakan giri. Suatu tanda marah (Ayb. 16:9, Mzm. 35:16).

* Kis 7:55-56 - Anak Manusia yang berdiri di sebelah kanan Allah // Anak Manusia
Stefanus tidak terpengaruh oleh kemarahan Sanhedrin. Pada saat ini Allah memberikan kepadanya penglihatan berupa langit terbuka dengan Anak Manusia yang berdiri di sebelah kanan Allah. Kata-kata Stefanus sebenarnya merupakan penegasan bahwa klaim tentang Yesus yang baru saja dibuatnya di hadapan sidang pengadilan yang sama ini, yaitu bahwa Yesus adalah Anak Manusia surgawi bukanlah bersifat menghujat, sebagaimana dituduhkan oleh Sanhedrin, melainkan justru merupakan kebenaran Allah (Mrk. 14:62). Stefanus sungguh-sungguh mengklaim bahwa Yesus kini telah menjadi Anak Manusia yang ada di sebelah kanan Allah.

Yesus biasanya dilukiskan sebagai duduk di sebelah kanan Allah (Mzm. 110:1; Ibr. 1:13). Mungkin di sini Dia digambarkan sebagai berdiri dari takhta-Nya untuk menerima sang martir ini. Nama Anak Manusia bukan menunjukkan kemanusiaan Yesus; nama ini merupakan gelar untuk Mesias, berlandaskan pada Daniel 7:13, 14, dan menunjukkan Mesias sebagai makhluk adikodrati dari surga. Inilah satu-satunya tempat di luar kitab-kitab Injil di mana gelar ini dipakai untuk Yesus.

* Kis 7:57-59 - Saksi-saksi itu // Saulus,
Tidak jelas apakah kematian Stefanus sebagai martir disebabkan oleh hukuman mati yang resmi atau karena dilempari batu. Suatu pelaksanaan hukuman mad yang sah memerlukan izin dari gubernur Romawi, dan karena izin ini tidak diperoleh, maka kematian Stefanus rupanya karena pelemparan batu. Sekalipun demikian, penyebutan mengenai kehadiran beberapa saksi resmi sebagaimana disyaratkan oleh hukum Taurat (Im. 24:14; Ul. 17:7) menunjukkan bahwa pelaksanaan hukuman mati itu sah. Sanhedrin mungkin telah menghukum mati Stefanus tanpa meminta izin resmi dari Pilatus. Stefanus diseret ke luar kota dan dirajam batu di tempat pelaksanaan hukuman. Saksi-saksi itu merupakan algojo yang resmi. Saulus, yang kemudian menjadi rasul Paulus, ikut menyaksikan pelaksanaan hukuman itu dan berdiri di atas jubah-jubah para algojo. Saulus tiba-tiba dimasukkan ke dalam narasi tanpa penjelasan.

* Kis 7:59-60
Menjelang ajalnya, Stefanus berbicara kepada Yesus yang dimuliakan sebagai Allah sendiri, dengan memohon agar Yesus menerima rohnya. Kata-kata terakhir Stefanus merupakan sebuah permohonan pengampunan bagi orang-orang yang membunuhnya.


SBU



MINGGU III SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 30 JUNI 2017
Renungan Pagi
KJ.294 : 1-Berdoa
KERAS DAN TEGAS

Kisah Para Rasul 7:51-53
Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu. (ay.51)

Jika kita benar dan harus menegur kesalahan kita harus berani. Apalagi kita kesalahan itu dilakukan berkali-kali, maka kita harus "keras dan tegas". Tidak usah pernah ragu dan takut. Stefanus dengan keras dan tegas. "Hai orang-orang yang keras kepala... "rnerupakan teguran keras Stefanus bagi orang beru|ang-ulang dan terus mengulangi kesalahan tanpa mau berubah.

Stefanus mengetahui bahwa secara tidak langsung dirinya menyampaikan kehendak Tuhan namun tidak didengar bahkan menolak. Tidak bersunat hati dan telinga merupakan teguran bagi mereka yang tidak mau membuka hati untuk menerima setiap kehendak Tuhan masuk dalam diri mereka. Akibatnya perbuatan dan perilaku merekajauh menyimpang dari kehendakNya.

Sedangkan "menentang Roh Kudus"merupakan teguran bagi mereka yang melebihi batas keimanan. Tindakan yang dilakukan sudah melampaui batas yang wajar. Menentang sebagai peno|akan Roh Kudus. Tidak mau dikuasai dan dipimpin kehendak Roh. Mereka berada dalam kendali diri, ego dan pikiran sendiri. Akibat nya siksaan dan pembununan dilakukan terhadap orang yang memberitakan kabar Kebenaran (ay.52).

Pagi ini kita belajar dan diingatkan bahwa pertama, hendaklah kita berada dalam kendali Allah melalui Roh-Nya yang Kudus supaya kehendak-Nya menjadi terang dalam perilaku kita. Kedua, menegur yang salah dengan cara yang benar harus selalu dinyatakan. Jangan pernah takut jika kebenaran itu kita miliki.
Dengan porsi dan sesuai kemampuan yang Allah berikan, kita dipakai Tuhan menjadi penerus dalam menyampaikan berita keselamatan. Selamat untuk menyatakan kehendak-Nya.

KJ. 294:5
Doa : (Kristus, pakailah diri kami agar terang dan kehendak-Mu kami nyatakan dalam hidup ini)




MINGGU III SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 30 JUNI 2017
Renungan Malam
KJ.446 : 1,2-Berdoa
SIAP MENGHADAPI APAPUN YANG TERJADI

Kisah Para Rasul 7:54-60
Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katamua: "Ya Tuhan Yesus. Terimalah rohku (ay.59)

Ironis sekali akhir hidup Stefanus. Rasanya tidak adil yang dialaminya. Tuduhan palsu dan berjuang seorang sendiri di hadapan banyak orang yang tidak menyukainya. Mereka menyerbu, menyeret dan melemparinya sampai mati (ay.58-60). Kondisi yang sulit dan tidak semua orang mampu melewati tuduhan, ancaman sampai "penghakiman" yang berujung kematian.

Ditengah situasi yang mencekam dan menakutkan, sosok Stefanus justru memperlihatkan ketenangan hati dan jiwa. Hal ini bisa dihadapinya karena Stefanus yang dipenuhi kuasa Roh Kudus menyakini dan mengimani bahwa apa pun yang dihadapi, Tuhan tetap memelihara walau kematian "siap menjemput".
Stefanus mengalami jamahan dan melihat kuasa Tuhan dalam situasi sulit tersebut. Stefanus melihat kemuliaan Tuhan, tetap berdoa dan memohon agar jangan perbuatan mereka menjadi dosa tanggungan mereka. Jiwa yang penuh dengan keteguhan, pengampunan dan penyerahan.

Situasi berat pernah atau sedang kita alami dengan berbagai macam bentuk. Bagaimana sikap yang kita lakukan? Menyerah, takut, pasrah atau tetap percaya bahwa dalam situasi apapun Tuhan selalu membuka jalan. Malam ini sesaat sebelum beristirahat, pengalaman iman Stefanus memberikan kekuatan iman
kepada kita bahwa situasi apapun yang ada dan menerpa Tuhan tetap berserta. Jangan menyerah dengan kondisi yang kita alami saat ini.

Diantara kita barangkali sedang menderita penyakit yang mengkhawatirkan, ekonomi keluarga yang tidak pasti, usaha mengalami penurunan, anak-anak dalam pergaulan bebas. Janganlah menyerah. Serahkan seluruhnya kepada Tuhan. Dibalik semuanya itu, pasti ada kehendak dan jalan terbaik yang dipersiapkan-Nya. Tuhan menjaga dan memelihara kehidupan umatNya yang tetap setia dan berharap hanya kepada-Nya. Selamat beristirahat.

KJ. 442 : 3,4
Doa : (Tuhan, kami serahkan jiwa dan roh dalam pegangan kuasa-Mu)

Label:   Kisah Para Rasul 7:54-60 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 1 Juli 2017 - Kisah Para Rasul 8:1-13 - MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA HUT ke 26 YAPENDIK GPIB

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 29 Juni 2017 SEMUA MILIK-NYA - Kisah Para Rasul 7:30-50 - HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Kisah Rasul





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 19 Oktober - Matius 8-11

Hari ini, 19 Oktober - Maz 118:18-24, Yer 18-19, 2 Tes 1, Ams 26:27-28

19 Oktober - Yohanes 6:16-24, 1 Petrus 3:1-7, Kidung 4:1-7, Yeremia 50

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,