Dilihat: 1111 x

Save Page

Senin, 10 Juli 2017
MINGGU V SESUDAH PENTAKOSTA
Mazmur 119:17-32
119:17 Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu. 119:18 Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu. 119:19 Aku ini orang asing di dunia, janganlah sembunyikan perintah-perintah-Mu terhadap aku. 119:20 Hancur jiwaku karena rindu kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu. 119:21 Engkau menghardik orang-orang yang kurang ajar, terkutuklah orang yang menyimpang dari perintah-perintah-Mu. 119:22 Gulingkanlah dari atasku cela dan penghinaan, sebab aku memegang peringatan-peringatan-Mu. 119:23 Sekalipun pemuka-pemuka duduk bersepakat melawan aku, hamba-Mu ini merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu. 119:24 Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku, menjadi penasihat-penasihatku. 119:25 Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu. 119:26 Jalan-jalan hidupku telah aku ceritakan dan Engkau menjawab aku -- ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 119:27 Buatlah aku mengerti petunjuk titah-titah-Mu, supaya aku merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib. 119:28 Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah aku sesuai dengan firman-Mu. 119:29 Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku Taurat-Mu. 119:30 Aku telah memilih jalan kebenaran, telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku. 119:31 Aku telah berpaut pada peringatan-peringatan-Mu, ya TUHAN, janganlah membuat aku malu. 119:32 Aku akan mengikuti petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab Engkau melapangkan hatiku.

Penjelasan:






*Mzm 119:1-176

Mazmur 119. Taurat Tuhan
Mazmur yang pada dasarnya adalah sebuah syair didaktis ini berbentuk sebuah kesaksian pribadi. Kendatipun syair tersebut berisi kiasan-kiasan mengenai penganiayaan dan memperlihatkan ciri-ciri khas tertentu dari ratapan, tujuan utamanya ialah mengagungkan Tôrâ (Taurat atau Ajaran Allah). Pemazmur menujukan hampir setiap ayat untuk Allah, dengan menggunakan berbagai bentuk permohonan. Pada saat bersamaan, dia menggunakan sinonim tertentu untuk Taurat itu, kecuali pada tujuh ayat. Sinonim itu adalah: taurat, peringatan-peringatan, titah-titah, hukum-hukum, perintah-perintah, ketetapan-ketetapan, perkataan-perkataan, firman, hidup, dan jalan. Mungkin, ketika memakai sepuluh istilah tersebut untuk menerangkan Taurat Allah, dia sedang mengikuti petunjuk dari Mazmur 19:8-10, di mana enam sinonim untuk taurat itu dipergunakan.

Prinsip akrostik sangat dikembangkan dalam mazmur ini, dengan menggunakan dua puluh empat huruf dari abjad Ibrani. Masing-masing stanza atau bait terdiri dari delapan baris, dimulai dengan huruf yang menjadi ciri khas bait tersebut. Susunan artifisial namun artistik ini menimbulkan suasana monoton tertentu karena banyaknya pengulangan kata-kata dan frasa-frasa. Tetapi, keadaan monoton yang mekanis ini diatasi oleh tingginya pengabdian pemazmur sendiri pada ajaran-ajaran Allah.

* Mzm 119:17-24 - Peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku
Kegemaran akan Pengalaman. Peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku. Kegemaran ini didasarkan pada pengalamannya yang lalu dengan Allah, dalam masa-masa penganiayaan. Nada duka serta kerinduan melintasi stanza ini, tetapi bagian tersebut berakhir dengan sukacita.

* Mzm 119:25-32 - Hidupkanlah ... ajarkanlah ... buatlah aku mengerti
Kekuatan dalam Pengertian. Hidupkanlah ... ajarkanlah ... buatlah aku mengerti. Bahaya yang dihadapi pemazmur menyebabkan dia membutuhkan kekuatan serta penghiburan. Dia menyadari bahwa hidup yang sangat diinginkannya datang dari pengertian akan ajaran-ajaran Allah.


SBU



MINGGU V SES. PENTAKOSTA
SENIN, 10 JULI 2017
Renungan Pagi
GB.63 : 1-Berdoa
FIRMAN YANG MENGHIDUPKAN

Mazmur 119:17-24
"LakukanIah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu"(ay.17)

Pemazmur sadar bahwa ia berada dalam dunia di mana orang-orang yang berkuasa mengejar nilai-nilai yang bertentangan dengan firman Tuhan (ay. 23). Mereka mengejar harta dan menindas orang-orang biasa serta melanggar hukum yang melindungi orang Iemah. Di tengah arus hidup seperti itu, pemazmur menganggap dirinya sebagai orang yang asing. Dan karena itu, ia memohon pertolongan supaya Allah mempertahankan kesempatan hidup baginya (ay.17), membuka matanya agar ia mengerti bahwa Taurat sedang mengerjakan perubahan yang melebihi cita-cita manusia (ay.18), memenuhi kerinduannya un-
tuk mengenal kehendak Allah agar dapat bertindak dengan baik (ay.19b-20) dan bergembira karena nasihat dari pada Allah (ay.24).

Ada peribahasa yang mengatakan, "Malu bertanya sesat di jalan". Dalam hidup ini kita butuh suatu pedoman/petunjuk untuk menjalani hari-hari hidup kita. Pemazmur menyatakan bahwa Taurat Tuhan merupakan petunjuk bagi kehidupan. la menganggap dirinya tidak tahu apa-apa, dan karena itu ia butuh diajar dengan Taurat, hukum, atau firman Tuhan. Firman itulah yang membuat ia bertahan hidup.

Mengawali pagi ini, marilah kita menempatkan diri layaknya pemazmur yang sadar bahwa kita adalah orang asing di dunia.Kita berhadapan dengan hiruk pikuk kehidupan Indonesia yang bergumul karena konflik, intoleran, tawuran, penggunaan narkoba, dan lain-lain. Kondisi seperti ini jauh dari cita-cita kita sebagai warga negara. Sebagai orang asing di tanah air sendiri, kita butuh petunjuk dari firman Allah agar kita bisa tetap bertahan hidup. Firman itulah yang mampu mengingatkan kita untuk tetap percaya kepada Krlstus yang setia tinggal di dalam kita, apapun pergumulan hidup yang kita hadapi. Firman itulah yang juga mengingatkan kita untuk tetap mengasihi sesama sekalipun mereka tak layak dikasihi.

GB.63 : 2
Doa : (Kepada-Mu, ya Tuhan kami berseru, memohon belas kasihan-Mu untuk selalu memberikan petunjuk hidup kepada kami agar kami tidak tersesat di jalan yang kami lalui)



MINGGU V SES. PENTAKOSTA
SENIN, 10 JULI 2017
Renungan Malam
GB.63 : 3-Berdoa
FIRMAN YANG MELAPANGKAN HATI

Mazmur 119:25-32
"Aku akan mengikuti petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab Engkau melapangkan hatiku" (ay.32)

Mazmur 119 : 25-32 merupakan doa minta tolong sekaligus komitmen iman yang diserukan pemazmur. Dalam seruan ini ia menceritakan jalan-jalan hidupnya: bagaimana ia diperlakukan secara kejam sampai hampir mati, yang membuatnya memohon agar firman Allah menyelamatkannya (ay. 25). la memohon pengertian, kekuatan, dan perlindungan Allah. la memohon supaya Tuhan tetap mengajarkan ketetapan-ketetapan-Nya. Ketetapan-ketetapan (Firman) Tuhan itulah yang membuat hatinya lapang menjalani kekejaman dari orang-orang yang ingin mencelakakan hidupnya.

Pemazmur adalah orang yang sangat menghargai ketetapan atau hukum Tuhan. Bagi-Nya, ketetapan itu memberikan kelegaan kepadanya (ay. 32). Saat ia mengalami dukacita, merasa berjalan seorang
diri, Firman Tuhan mampu menghadirkan penghiburan. Bukan itu saja, Firman Tuhan mampu meneguhkannya untuk tidak melalui jalan dusta dan jebakan dosa. Kesadarannya bahwa Firman Tuhan sungguh berfaedah dalam hidup, membuat ia menegaskan kembali komitmennya untuk mengikuti petunjuk perintah-perintah Tuhan. Ia tidak akan berpaling dari firman itu.

Setiap hari kita bergumul dengan ragam peristiwa yang terjadi. Ada yang menyenangkan, namun banyak juga yang menyedihkan. Di saat sedih, kadang kita tergiur untuk mengambil langkah yang mudah, misalnya berdusta. Kita berupaya mengambil jalan pintas, yang mungkin merugikan pihak lain demi kenyamanan dan keamanan kita. Namun sadarkah kita bahwa jalan yang merugikan pihak lain tidak berkenan di hadapan Tuhan? Malam ini pemazmur mengingatkan kita bahwa Firman Tuhan mampu meneguhkan iman, meng-
hibur, memberikan kelegaan kepada kita saat pergumulan datang silih berganti. Firman Tuhan membuka pikiran kita dalam menye|esaikan sebuah masalah. Firman Tuhan punya kekuatan untuk menjaga langkah kita agar tidak melalui jalan dusta dan tidak terpuji. Karena itu, biarlah kita tetap mencintai dan menyukai Firman Tuhan sebagai pedoman hidup.

GB.63:4
Doa : (Ya Tuhan, berilah Roh Kudus-Mu kepada kami agar kami mengerti Firman-Mu dan tabah menjalani hari-hari kehidupan yang Engkau anugerahkan kepada kami)

Label:   Mazmur 119:17-32 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Selasa, 11 Juli 2017 - Mazmur 119:41-46 - HUT KE 36 Pelkat PKB - MINGGU V SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 9 Juli 2017 - Mazmur 119:1-8 SGD - MINGGU V SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Mazmur





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 24 Agustus - 2 Tawarikh 14-16


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,   renungan mazmur 2:1-12,   renungan mazmur 2:1-12,   sabda bina umat agustus 2019,   khotbah daniel 4:19-27,   khotbah daniel 4:19-27,   download mp3 instrumen piano lagu rohani kristen,   lukas 6:27-36,   tata ibadah minggu gbi,   tata ibadah minggu gbi,   lagu penutup ibadah,   bila topan kras melanda hidupmu bahasa batak,   LAGU ROHANI,   download musik Kristen m3,   maksud Injil Lukas 13:22-30,   Berjuang untuk masuk melalui pintu yang sesak, renungan katolik,   download lagu rohani terbaru 2019,   khotbah tentang filemon,   Download lagu rohani kristen kedukaan,   lhotbah kis rasil 6 1 7 gpib,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,tema Kemenangan Yang Hanya Dari-Nya(Ratapan 1:1-6)?,   chord gitar lagu jadikan aku terangmu,   sabda bina umat gpib 2019,   tata ibadah 2019 uem,   khotbah imamay 25:39-43,   lagu lagu ibadah liturgi pentakosta,   download lagu paduan suara gereja,   tafsiran luk 21:24b,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   Download lagu rohani-Yesus pokok kitalah carangnya,   Roma 13 ayat 1~7 khotbah hkbp,   jamita 3 musa 25 39-43,   mars pkb gpib,   jamita 3 musa 25 39-43,   tata ibadah gbi,   Download renungan 1 Tawarikh 16:10,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   donwload lagu koor GBI,   yesus sayang padaku mandarin,   hati yang hancur chord,   ibadah nyanyian renungan roma 13:1-17,   doa persembahan syukur kristen protestan,   khotbah dari lukas 10 : 13,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   hatorangan sermon gkpi lukas 6:27-36,   lirik kppk 215,   khotbah lukad 7:27-36,   lagu persembahan,   lagu persembahan,   hatorangan lukkas 6;27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   renungan amos 5:7-13,   Mazmur 37 : 30 - 40,   lagu pembukaan ibadah wa,   khotbah roma 13 : 1 - 7,   Download lagu rohani terbaru 2019,   kmm 4,   kmm 4,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Lagu pengakuam dosa,   lagu rohani kristen terbaru 2018 mp3 free download,   Lagu lagu NKPI,   pencipta lagu may the mind of christ my saviour,   Arti khotbah imamat :5:39-43,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   Khotbah roma 15:1-13,   khotbah mazmur 51:1-21,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,   kisah rasul 16:19-40,   lagu penyembahan yang menyentuh hati,   kisah rasul 16:19-40,   isi renungan mazmur 78 ,   GITA BAKTI 85 OH TUHAN,   bahan khotbah kisah rasul 16:19-40,   renungan ku bersyukur atas indonesiaku,   renungan ku bersyukur atas indonesiaku,   Bacaan persembahan ?,   Tugas suku Lewi menurut 1 Tawarikh 6:31-53,   penyertaan Tuhan: keluaran 1:1-22,   santapan harian 1 raja raja 19,   santapan harian 1 raja raja 19,   lagu rohani kemerdekaan,   khotbah 1 raja raja 19 1-18,   Buatlah 2 buah lagu tentang pembukaan ibadah dan lagu ketika mendengarkan khotbah?,   khotbah amsal 8:12 - 21,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   renungan kristen dari mazmur 109:21-31,   Ringkas khotbah 3 musa 25:39-43,   makna nas mazmur 40 : 7 - 11,   download lagu why god austin french,   download lagu why god austin french,   lagu pemberkatan nikah di gereja,   saat teduh pagi tentang kisah rasul 27:1-13,   khotbah 1 raja 4 29 34,   sgdk,   lagu ,   Rngn yak 1:2-8,   song praise gms,   1 Tawarikh 6 : 31-53,   kotbah imamat 25:39-43,   kidung jemaat tata ibadah,   kotbah imamat 25:39-43,   Tafsiran yosua 14:13-25,   Tafsiran yosua 14:13-25,   lukas 13 22-30,   betapa dalamnya gms,   kotbah imamat 25:39-43,   Mars PKB GPIB,   lagu kidung jemaat sebelum pembacaan firman,   Jamita partangiangan 3 Musa 25 : 39 - 43,   Jamita partangiangan 3 Musa 25 : 39 - 43,   renungan roma 13:1-7,   kidung jemaat no berapa mengasihi musu,   renungan amsal 4:24,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   khotbah kotbah Imamat 25:39-43,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   khotbah kotbah Imamat 25:39-43,   bacaan alkitab tentang persembahan,   renungan roma 13:1-7,   renungan roma 13:1-7,   lagu gereja,   khotbah roma 11:33-36,   tujuan im 25:39-43,   chord kj 260,   daniel 1:1-17,   lagu rohani persembahan,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   tafsiran ulangan 6:1-10,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   Khotbah dari Ibrani 12:1-17,   PKJ 244 NOT DAN LAGU,   lagu kidung ceria no 215,   kidung ceria no 215,   kidung ceria no 215,   lagu penyembahan Italia,   pencipta lagu rohani may the mind of christ my saviour,   lagu untuk persembahan,   lagu ,   imamat 25 39-43,   penjelasan tentang 1 tawarikh 6:48-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Ringkas khotbah,3 musa 25:39-41,