Save Page
Titus 2:15
2:15 Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu. Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah.

Penjelasan:


* Nasihat untuk Berbagai Kewajiban (2:15)
    Rasul Paulus menutup pasal ini (sebagaimana dia memulainya) dengan sebuah petunjuk singkat untuk Titus yang mencakup semua petunjuk tadi, yang di dalamnya kita mendapati pokok dan cara pengajaran hamba-hamba Tuhan, dan sebuah petunjuk khusus untuk Titus berkenaan dengan dirinya sendiri.
        I. Pokok ajaran hamba-hamba Tuhan: semuanya itu, yaitu hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Bukan dongeng-dongeng dan adat istiadat bangsa Yahudi, melainkan kebenaran-kebenaran dan kewajiban-kewajiban dari Injil, tentang menghindari dosa, dan hidup bijaksana, adil, dan saleh, di dunia sekarang ini. Perhatikanlah, hamba-hamba Tuhan dalam pemberitaan mereka harus tetap dekat dengan firman Allah. Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah (1Ptr. 4:11), dan bukan rekaan dan hasil khayalan otaknya sendiri saja.
        II. Cara pengajaran: dengan ajaran, dan nasihat, dan teguran dengan segala kewibawaan. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2Tim. 3:16). Artinya, mengajarkan ajaran yang sehat, meyakinkan tentang dosa dan membuktikan kesalahan, memperbaiki hidup, dan terus melakukan hal yang adil dan baik. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah (orang Kristen atau hamba-hamba Tuhan) diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik yang harus dikerjakannya sendiri atau diajarkan kepada orang lain. Inilah yang akan memperlengkapi seluruh bagian kewajibannya, dan pelaksanaannya yang benar. "Beritakanlah semuanya itu, atau ajarkanlah. Janganlah menghindar dari menyatakan seluruh nasihat Allah." Terutama kebenaran-kebenaran dan kewajiban-kewajiban yang sangat baik dan penting dari Injil, beritakanlah dan nasihatkanlah hal-hal ini, parakalei, tegaskan dengan penuh kesungguhan. Hamba-hamba Tuhan tidak boleh dingin dan tanpa semangat dalam menyampaikan ajaran dan perintah-perintah sorgawi, seolah-olah semua itu adalah hal yang biasa-biasa saja atau hanya soal kecil. Sebaliknya, mereka harus menekan-kan semua itu dengan kesungguhan yang sesuai dengan sifat dan pentingnya hal-hal tersebut. Mereka harus mewajibkan orang-orang untuk memperhatikan dan mencamkan, dan bukan menjadi pendengar saja, sehingga menipu diri sendiri, tetapi menjadi pelaku firman, sehingga ia akan berbahagia oleh perbuatannya. Dan yakinkanlah. Yakinkanlah dan tegurlah orang-orang yang membantah atau menyangkal, atau mengabaikan dan tidak menerima kebenaran sebagaimana mestinya, atau terus hidup dalam keberdosaan. Yaitu orang-orang yang mendengarkannya bukan dengan pikiran dan hati yang sungguh-sungguh percaya dan taat seperti yang seharusnya, melainkan justru (bisa saja) hidup dengan perbuatan-perbuatan yang bertentangan, yang menunjukkan diri mereka keras kepala dan tidak mau taat, dan mencela setiap perbuatan baik. Yakinkanlah dengan segala kewibawaanmu, sebagai orang yang datang dalam nama Allah, dan dipersenjatai dengan ancaman-ancaman dan hukuman-Nya, sehingga siapa pun yang meremehkan akan menghadapi risikonya. Hamba-hamba Tuhan adalah orang-orang yang menegur di pintu gerbang.
        III. Inilah petunjuk khusus untuk Titus berkaitan dengan dirinya sendiri. "Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah. Artinya, janganlah memberi kesempatan untuk itu, atau menerima perlakuan seperti itu tanpa menegurnya, karena siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah." Atau seperti ini, "Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah, tekankanlah semuanya itu kepada semua orang, karena masing-masing harus diperhatikan. Celalah dosa dengan tegas dan setia, dan awasilah dirimu dan tingkah lakumu sendiri dengan teliti, maka tidak ada seorang pun yang akan merendahkanmu." Cara yang paling tepat bagi hamba-hamba Tuhan untuk melindungi diri mereka dari celaan adalah dengan tetap dekat dengan ajaran Kristus, dan meniru teladan-Nya, yaitu mengajar dan hidup dengan baik, dan melakukan kewajiban dengan bijaksana dan berani. Ini akan betul-betul melindungi nama baik mereka dan juga memberi penghiburan kepada mereka. Mungkin juga ada sebuah peringatan di sini yang bisa saja dimaksudkan untuk jemaat, yaitu bahwa Titus, walaupun masih muda, dan hanyalah seorang pengganti rasul, namun tidak boleh dihina oleh mereka, melainkan harus disegani dan dihormati sebagai seorang hamba Kristus yang setia, dan didorong dan didukung dalam pekerjaan dan jabatannya. "Supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu; dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka (1Tes. 5:12-13). Perhatikanlah pengajaran mereka, hormatilah mereka secara pribadi, dukunglah mereka dalam menjalankan fungsi mereka, dan, dengan apa yang ada padamu, majukanlah jerih payah mereka untuk kemuliaan Allah dan keselamatan jiwa-jiwa."



SGDK
MINGGU VIII SESUDAH PENTAKOSTA
RABU, 2 AGUSTUS 2017
WIBAWA MENJADI BERKAT
Titus 2 : 15

I. PENGANTAR
Bukan karena Titus adalah orang Yunani yang memiliki latar
belakang kebudayaan dekat dengan orang Kreta asli, hingga
Paulus memilihnya untuk melanjutkan dan membenahi pelayanan
dan penatalayanan yang sudah dirintisnya. Melainkan lebih
kepada kemampuan T|tus untuk menyelesaikan tugas yang diberi-
kan oleh Paulus sebelumnya. Ada 2 tugas besar yang diberikan
Paulus kepada Titus, yaitu untuk memperbaiki hubungan Paulus
dengan Jemaat di Korintus ketika ada konflik antara Paulus
dengan umat di Korintus (II Kor 7:6, 13-14; 12:18) dan persiapan
akhir pengumpulan dana untuk Yerusalem ( ll Kor 8 : 17 Bnd ll
Kor 8:6 , 16, 23). Titus I nilai cakap dalam perkara yang diper-
cayakan kepadanya untuk diselesaikan karena itu ia mendapat
kepercayaan kembali oleh Paulus untuk menyelesaikan tugas
yang lebih besar di Kreta.

ll. TELAAH PERIKOP
Di Kreta T|tus mendapatkan tugas yang berat untuk memberitakan
ajaran yang benar agar dapat melawan ajaran yang sesat dan
menmbungkam para penentang Kekristenan. Tugas ini berat
karena penyesat itu munculnya dari dalam dan membuat umat
tidak memiliki tertib hidup dalam beriman ditambah Iagi dengan
budaya "pembohong dan pemaias" yang dimiliki orang Kreta
(1:10-16).

Meski berat, tetapi Paulus percaya bahwa Titus mampu melak-
sanakan tugasnya bukan karena semata keahlian yang dimiliki-
nya melainkan karena Tuhan sudah memakainya dengan luar
biasa dan memberikan wibawa rohani kepadanya. Oleh sebab
itu dengan mempergunakan kewibawaannya Paulus mengharap
agar T|tus dapat memberitakan kebenaran untuk melawan dan
membungkam para penyesat sekaligus juga membuat orang
percaya memegang teguh kembali keyakinannya pada Kristus
dan hidup seturut kehendak Tuhan.

lll. BEBERAPA PESANI BERlTA(KERYGMAL
Ada beberapa pesan yang bisa kita dapatkan lewat Firman Tuhan
saat ini' :
1. Kita sangat berharga dimata Tuhan
Dunia boleh memiliki ukuran untuk memandang orang lain,
karenanya mungkin dimata dunia kita ini kecil dan tidak berarti
bahkan tidak punya apa-apa untuk dibanggakan menurut
ukurannya. Tetapi dimata Tuhan kita sangat berharga karena
itu kita memiliki wibawa rohani dari Tuhan yang sepatutnya
sebagai orang percaya menjaga dengan baik wibawa itu dan
menunjukannya bagi hormat dan kemuliaan-Nya. Kita adalah
umat pemenang karena itujangan biarkan dunia memandang
rendah kita. Tunjukanlah jati diri sebagai pengikut Kristus
yang memenangkan dunia ini.

2. Wibawa bukan alat untuk menjadi sombong.
Tuhan mengaruniakan kita wibawa Rohani agar kita dapat
menjadi saksi bagi kemuliaannya bukan untuk menunjukan
taring kita. Artinya ketika Titus dikaruniakan wibawa rohani
kepadanya diharapkan agar tidak mengandalkan diri dan
menjadi sombong, namun merendahkan diri dihadapan
Tuhan agar Tuhan yang ditinggikan dan dimuliakan.

IV. PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN
1. Menurut anda, apakah yang dimaksud dengan "segala
kewibawaan" yang dimiliki oleh Titus?
2. Apakah rsetiap orang percaya memiliki wibawa rohani?
Jelaskan?

Selamat Melayani Tuhan Memberkati



SBU

MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU, 2 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
GB.32: 1,2-Berdoa
TAHU DIRI DAN SADARLAH

Titus 2:11-14
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan sem ua manusia sudah nyata. (ay.11)

Kalau orang bekerja Ialu mendapatkan imbalan itu namanya upah, tetapi kalau seseorang tidak bekerja dan mendapatkan imbalan yang paling baik itu namanya anugerah. Rasul Paulus mengingatkan umat di Kreta menyadari kasih karunia yang nyata sudah diberikan kepada mereka sejak mereka menerima Kristus Yesus sebagai Tuhan. Karenanya sudah sepantasnya orang percaya itu sungguh hidup menurut kehendak-Nya dengan meninggalkan kefasikan dan keinginan duniawi sebagai wujud ungkapan syukur mereka kepada Tuhan.

Ketika saya berada dalam pelayanan di wilayah Baras-Sarudu, Sulawesi Barat dan tinggal diantara karyawan perkebunan kelapa sawit, ada pengalaman berharga pada saat pelaksanaan ibadah Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. Hari itu adalah hari Iibur nasional tetapi yang hadir di gereja sedikit sekali. Saya coba mengunjungi mereka setelah ibadah pada sore hari. Saya bertanya,mengapa
kalian tidak pergi beribadah? Hampir semua menjawab: Kami harus bekerja pak, karena Bos suruh bekerja dan kebetulan bayarannya besar kalau masuk di hari ini. Lalu saya katakan kepada mereka, apakah kalian lebih takut bos dan tidak dapat uang atau takut Tuhan dan tidak dapat keselamatan? Mereka diam. Kemudian saya berkata lagi, kalian takut terhadap bos karena mereka yang memberikan uang tetapi uang itukan upah kalian karena sudah bekerja? Sementara Tuhan sudah memberikan anak-Nya bukan karena kalian bekerja tetapi karena Dia mencintai kita!

Saudara-saudara ketika matahari merambat naik di pagi ini mari kita menyadari akan anugerah yang besar yang Tuhan sudah berikan kepada kita di dalam Yesus Kristus dan menjalankan hari ini sebagai ibadah sebagai wujud syukur kita kepada-Nya.

GB. 24-4
Doa : (Pagi ini ya Tuhan kami mau menjalankan hidup sebagai manusia yang bersyukur kepada-Mu)




MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU, 2 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
GB.39 : 1-Berdoa
WIBAWA MENJADI BERKAT

Titus 2:15
..... yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu....... (ay.15)

Alkisah ada seorang tua yang mengajak anaknya berkeliling mencoba sepeda motor yang baru dibelinya. Di tengah jalan yang menanjak laju sepeda motor sangat berat dan sulit menanjak, karena penasaran anak yang dibonceng bertanya "Ada apa Pak, kok berat sekali naiknya motor ini padahal kan baru? Memang bapak pakai gigi (perseneling) berapa?" Bapaknya menjawab "Ngak tau nak, padahal bapak sudah pakai gigi 3". Anaknya menjawab " Wah terang aja pak, ooba turunkan ke gigi 1, ini kan tanjakan Pak!". Mendengar nasihat anaknya, bapaknya malah marah " Eh nak kamu diam saja! Aku lebih dahulu lahir dan tau motor ketimbang kamu. Gigi 3 saja susah naik apalagi gigi 1?".

Mungkin kita tersenyum mendengar cerita ini, namun dari cerita ini kita bisa melihat realita yang sering terjadi dalam hidup ini. Seseorang yang status sosialnya rendah, umurnya masih muda atau orang tidak punya, suaranya tidak akan didengar oleh orang banyak. Beda dengan kalau orang kaya, atau orang yang sudah tua (dianggap tua) dan punyajabatan. Mengapa ini terjadi? Karena uang, pangkat, jabatan, dan usia membuat orang mempunyai wibawa di mata masyarakat.

Paulus meminta Titus memberitakan kebenaran dengan segala kewibawaannya. Paulus tidak menganggap bahwa wibawa yang dimiliki Titus karena dia kaya, sudah tua atau memiliki pangkat tertentu, tetapi karena Titus adalah orang yang memiliki iman teguh dan dapat menyelesaikan dengan baik beberapa tugas yang sebelumnya diberikan (Lihat ll Kor 7:6, 13-14 ; 12:8 dan 11 Kor 8:17 bnd II Kor8:6, 16, 23). Kepada kita Tuhan juga memberikan wibawa untuk melayani Dia. Jadilah berkat dengan segala kewibawaanmu.

GB.39 1 2
Doa : (Ya Tuhan terimakasih atas wibawa rohani yang Kau perkenankan untuk kami miliki, biarlah kami dapat mempergunakannya untuk kemuliaan-Mu)




Label:   Titus 2:15 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song

Garis Besar Titus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 20 Mei - Pengkotbah 3-5

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Hari ini, 20 Mei - Pengkotbah 3-5
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



sapaan kristen dukacita hari Senin, 20 Mei 2019,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   lagu penutup ibadah,   kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,   lirik lagu rohani untuk persembahan,   lagu baru gms,   puji pujian kristen,   lagu gereja.com,   renungan/ kotbah kejadiann 31:1-16 Hidup seutuhnya Bagi Tuhan,   lagu ucapan syukur,   download lagu gpdi hari ini,   lagu pernikahan di gereja,   lagu pernikahan di gereja,   firman TUHAN menurut yeremia 3:1-5,   Renungan mat 7:12-14,   LAGU LAGU ROHANI YANG MENYENTUH SAATH IBADA,   download lagu rohaninenanti kedatangan tuhan,   lagu kj utk ultah,   lagu kj utk ultah,   khotbah 1 tawarikh 22,   downnload lagu rohanimenikmatibaitnya,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   lirik lagu satu hal telah kuminta,   download lagu rohani menikmati baitnya,   renungan pemuda efesus 2:11-22,   mazmur 145:8-13,   renungan khotbah ezra 6:13-18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   isi Esra 6:13-18,   Ezra 6 : 13 - 18,   Esra 6:13-18.,   no telpon gereja bogor,   kotbah esra 6 : 13-18,   lagu untuk persambahan,   lagu untuk persambahan,   esra 6:13-18,   ezra 6 13-18 penjelasan,   khotbah esra 6:13-18,   esra 6: 13 - 18,   kotbah ezra 3:13-16,   ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 - 18,   renungan ezra 6 13 18,   acara minggu ibadah gkpi,   khotbah esra 6:13-18,   penjelsan ktobah hkbp tggl 19 mei,   Alkitab esra 6:13-18 batak,   ezra 6 batak,   ezra 6 batak,   tata ibadah persekutuan perempuan,   lagu gereja pantekosta,   esra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   nats persembahan,   esra 6 bahasa batak,   download lagu nkb 111 mp3,   lagu pembukaan persekutuan,   download lagu nkb 111 mp3,   no telpon gereja bogor,   khotbah minggu 19 mei 2019 hkbp,   jamita minggu 19 mei 2019 hkbp,   lirik mars gp,   when isee the blood donald lawrence,   when isee the blood donald lawrence,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   khotbah Ezra 6:13-18,   renungan minggu kantate 19 mei 2019,   bahan sermon ezra 6 13 18,   lirik lagu rohani gms,   khotbah ezra 6:13-18,   contoh khotbah sesudah paskah,   lirik lagu bertambah tambah dalamnya,   khotbah ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 18,   khotbah ezra 6:13-18,   doa persembahan gereja secara umum,   lirik lagu bertambah tambah dalamnya,   tafsiran kitab Ezra 6:13-18,   khotbah 19 mei 2019,   khotbah minggu 19 mei 2019 ezra 6:13-18,   khotbah minggu 19 mei 2019 ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah minggu kantate,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   khotbah ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah minggu kantate,   bahan sermon ezra 6 13 18,   khotbah esra 6:13-18,   Kejadian 12:1-7,   khotbah ezra 6 13 18,   nyanyin rohani 31,   rohani 85,   lirik lagu abraham kau mau kemana,   lirik lagu abraham kau mau kemana,   tema khotbah ezra 6:13-18,   tema khotbah ezra 6:13-18,   khotbah Ezra 6:13-18,   santapan harian ezra 6:13-18,   khotbah Ezra 6:13-18,