Save Page
Amos 1:1-8
1:1 Perkataan yang dinyatakan kepada Amos, salah seorang peternak domba dari Tekoa, tentang Israel pada zaman Uzia, raja Yehuda, dan dalam zaman Yerobeam, anak Yoas, raja Israel, dua tahun sebelum gempa bumi.
Hukuman atas bangsa-bangsa lain
1:2 Berkatalah ia: "TUHAN mengaum dari Sion dan dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya; keringlah padang-padang penggembalaan dan layulah puncak gunung Karmel." 1:3 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Damsyik, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah mengirik Gilead dengan eretan pengirik dari besi, 1:4 Aku akan melepas api ke dalam istana Hazael, sehingga puri Benhadad dimakan habis; 1:5 Aku akan mematahkan palang pintu Damsyik dan melenyapkan penduduk dari Bikeat-Awen serta pemegang tongkat kerajaan dari Bet-Eden; dan rakyat Aram harus pergi sebagai orang buangan ke Kir," firman TUHAN. 1:6 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Gaza, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah mengangkut ke dalam pembuangan suatu bangsa seluruhnya, untuk diserahkan kepada Edom, 1:7 Aku akan melepas api ke dalam tembok Gaza, sehingga purinya dimakan habis; 1:8 Aku akan melenyapkan penduduk dari Asdod dan pemegang tongkat kerajaan dari Askelon; Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Ekron, sehingga binasalah sisa-sisa orang Filistin," firman Tuhan ALLAH.


Penjelasan:

* Tulisan awal dan Proklamasi. 1:1, 2.
Tulisan awal (1:1) berfungsi sebagai judul seluruh kitab dan memberikan identitas penulis. Tulisan awal meletakkan kitab ini dalam latar belakang sejarahnya. Proklamasi (1:2) menciptakan semangat dan suasana nubuat itu sebagai suatu keutuhan.

* Am 1:1 - Perkataan yang dinyatakan kepada Amos // yang dinyatakan // Salah seorang peternak // Tekoa // Tentang Israel // Uzia ... Yerobeam
Perkataan yang dinyatakan kepada Amos. Kadang-kadang seorang nabi menyebut nubuatnya sebagai "firman TUHAN" (mis. Yl. 1:1; Yun. 1:1; Mi. 1:1). Tetapi dalam pernyataan ini (bdg. Hag. 1:12), perkataan nubuatnya dinyatakan merupakan perkataan TUHAN. Bahwa kata-kata nabi itu berasal dari Tuhan ditandaskan oleh frasa: yang dinyatakan. Jadi pesannya dari Allah, bukan dari Amos. Salah seorang peternak. Kata 'peternak' dalam bahasa Ibrani bukan yang biasa dipakai untuk gembala, yaitu r'eh, melainkan nqd yang berarti domba Amos bukan dari jenis yang biasa. Kata itu menunjuk pada orang yang menjaga domba kate yang kakinya pendek. Itu jenis domba mahal, karena bulunya yang indah dan lebat. Selain dari penggunaannya dalam Kitab Amos ini, kata 'nqd' hanya terdapat di II Raja-Raja 3:4, yang mengacu kepada Mesa, raja Moab, dan diterjemahkan sebagai 'peternak domba' (AV. sheepmaster). Para arkeolog menemukannya pada baris ke-30 di Batu Moab milik Mesa. Atas dasar II Raja-Raja 3:4, orang-orang Yahudi yakin bahwa Amos adalah seorang pemilik domba yang kaya, di samping memiliki usaha lain selain domba (bdg. Am. 7:14), dan bahwa ia dengan sukarela mau menderita karena dosa-dosa Israel. Namun penafsiran ini belum tentu cocok. Tekoa. Sebuah desa di Yehuda, enam mil sebelah tenggara Betlehem dan dua belas mil sebelah tenggara Yerusalem. Daerah di sekitar bukit di mana Tekoa berlokasi adalah daerah yang berbatu, namun kaya dengan padang rumput. Tentang Israel. Meskipun terdapat kiasan-kiasan tentang Yehuda di dalam nubuat ini, perkataan Amos dimaksudkan untuk Israel. Uzia ... Yerobeam. Lihat: Tanggal Penulisan dan Latar Belakang pada bagian Pendahuluan. Gempa bumi yang disebutkan itu dimaksudkan sebagai catatan kronologis. Pasti yang disebutkan adalah gempa bumi yang dahsyat, karena gempa bumi sangat umum terjadi di daerah itu. Nabi Zakharia juga mengacu kepada gempa bumi ini (14:5). Yosephus (Antiq. ix 10.4) menghubungkannya dengan dosa Uzia waktu bertindak sebagai imam (II Taw. 26:16).

* Am 1:2 - Mengaum // Dari Sion dan dari Yerusalem.
Mengaum. Kata kerja Ibraninya shã'ag menggambarkan auman singa waktu melompati mangsanya. Ini menunjukkan akan segera berlangsungnya penghakiman; karena waktu sang gembala mendengar auman itu, ia tahu bahwa serangan telah terjadi, dan sudah terlambat untuk menyelamatkan domba. Kata itu merefleksikan latar belakang Amos, yang sebagai gembala telah terbiasa dengan kengerian lompatan singa, dan memakainya secara simbolis untuk kedatangan penghakiman Tuhan (bdg. Yl. 3:16). Dari Sion dan dari Yerusalem. Bagi pemuja-pemuja sejati Tuhan, istilah-istilah ini menunjukkan pusat teokrasi serta pusat kehidupan bangsa. Keringlah padang-padang gembalaan. Ini kembali merefleksikan kehidupan Amos sebagai gembala. Layulah puncak gunung Karmel. Karmel berarti tanah kebun, yaitu tanah yang paling subur di negeri itu. Layunya Karmel menunjukkan betapa hebat musim kering yang akan datang itu (bdg. Yes. 33:9. Nah. 1:4).

* Tuduhan atas Bangsa-bangsa Tetangga. 1:3-2:3.
Amos adalah. nabi untuk bangsa Israel, tetapi ia mulai pemberitaannya dengan sebuah pengumuman bahwa penghakiman akan jatuh atas bangsa-bangsa sekitar. Dengan cara ini ia dapat menunjukkan bahwa karena bangsa-bangsa lain akan dihukum, maka Israel tidak dapat berharap untuk lolos. Sebab Israel memiliki kebenaran sebagaimana dikhotbahkan oleh nabi-nabi Tuhan, maka Israel lebih dipersalahkan daripada bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki kebenaran ini.

* Am 1:3 - Karena tiga perbuatan jahat ... bahkan empat // perbuatan jahat // Damsyik . Karena tiga perbuatan jahat ... bahkan empat. Kata yang diterjemahkan dengan perbuatan jahat sebenarnya berarti pemberontakan. Ungkapan ini mengacu kepada banyaknya perbuatan jahat yang dilakukan, serta kenyataan bahwa Allah bersifat panjang sabar dan tidak bertindak terburu-buru dalam menghukum. Damsyik. Menurut pendapat tradisi di daerah tersebut, ini adalah kota tertua di dunia dan orang-orang Arab menganggapnya sebagai taman dunia. Damsyik adalah ibu kota Siria, yaitu kerajaan Aram yang terbesar. Aku tidak akan menarik kembali. Atau: Aku tidak akan campur tangan. Ini mengacu kepada fakta bahwa pada hakikatnya, karena pemberontakan-pemberontakan Damsyik, penghakiman tak dapat dihindarkan kecuali jika Allah campur tangan. Telah mengirik Gilead. Tubuh-tubuh para korban dirobek oleh gigi alat-alat pengirik.

* Am 1:4 - Istana Hazael // Benhadad
Istana Hazael. Hazael, yang soal naik takhtanya sudah dinubuatkan oleh Elisa (II Raj. 8:7-13), adalah pendiri dinasti Siria yang memerintah pada zaman Amos. Ia hidup sezaman dengan Yoram (II Raj. 8:29), Yehu (II Raj. 10:31, 32) dan Yoahas (II Raj. 13:22). Benhadad. Anak dan pengganti Hazael (II Raj. 13:3, 25).

* Am 1:5 - Palang pintu Damsyik // Bikeat-Awen // Pemegang tongkat kerajaan // Bet-Eden
Palang pintu Damsyik. Palang-palang dipakai untuk mengunci gerbang-gerbang kota kuno. Melalui gaya bahasa sinekdoke ungkapan itu mengacu kepada pertahanan-pertahanan kota (Hak. 16:3; I Raj. 4:13; Yer. 51:30; Rat. 2:9). Bikeat-Awen. Sebuah lembah di sekitar empat jam perjalanan dari Damsyik. Pemegang tongkat kerajaan. Pejabat tertinggi. Bet-Eden. Ini bukan taman Eden dalam Kejadian 2:8, melainkan kediaman raja pada musim panas, tidak jauh dari Damsyik. Kir. Menurut Amos 9:7, ini adalah tempat tinggal semula dari orang-orang Siria (Aram), dan ke Kir itulah mereka dibuang (II Raj. 16:9). Lokasinya tidak diketahui.

* Am 1:6 - Gaza
Gaza. Penghakiman ini adalah terhadap orang-orang Filistin pada umumnya, tetapi khususnya terhadap Gaza, kota terpenting di antara lima kota Filistin (I Sam. 6:17). Gaza, yang terletak di persimpangan rute-rute perdagangan, bersalah dalam hal perdagangan budak. Seluruh komunitas Israel dijual ke Edom, musuh terbesar Israel.

* Am 1:7 - Tembok
Tembok. Sebuah acuan tentang kekuatan kota tersebut.

* Am 1:8 - Asdod ... Askelon ... Ekron // Binasalah sisa-sisa ..
Asdod ... Askelon ... Ekron. Amos tidak mencantumkan Gat dari lima kota Filistin yang besar, mungkin karena kota itu telah kehilangan pengaruhnya (II Taw. 26:6). Binasalah sisa-sisa ... Penghancurannya akan sempurna.


SGDK
HARI MINGGU XI SESUDAH PENTAKOSTA
MINGGU, 20 AGUSTUS 2017
HIDUP ADIL DAN BENAR
Amos 1:1-8

PENGANTAR
Membaca kisah Amos baik dari Alkitab maupun melalui
berbagai tulisan ilmiah sangat menarik. Amos adalah seorang
Nabi dengan Iatar belakang petani dan peternak. la sendiri
menyebut dirlnya sebagai "pemungut buah ara". Luar biasa,
dengan latar belakang seperti itu, ia dapat bernubuat di Kerajaan
Israel Utara. Sepintas lalu dapat dikatakan Amos adalah "nabi
yang Iain dari pada yang lain". Sidlow Baxter dalam bukunya
"MenggaIi isi AlkItab" menyebutnya sebagai tokoh yang aneh
diantara nabi-nabi PL.

Dalam pemberitaannya Amos tidak suka berkompromi. Amos
tidak dapat diikat oleh kebiasaan dalam masyarakat serta pen-
dapat umum, dan selalu berterus-terang dalam mengkritik
kejahatan. Sebagai pembaru sosial, salah satu pemberitaannya
yang menarik ialah kritik sosial terhadap ketidakadilan sosial yang
terjadi di kerajaan Israel Utara.

Dengan berakhirnya pemerintahan Salomo dengan berbagai
masalahnya Kerajaan Israel bersatu terpecah dua: Kerajaan Israel
Selatan, dengan ibu kotanya Yerusalem dan kerajaan Israel Utara
dengan ibu kotanya Samaria. Kerajaan Utara mengangkat
Yerobeam I tokoh yang baru kembali dari pengasingan di Mesir
menjadi Raja. Untuk menarik simpati rakyat Yerobeam melaku-
kan perubahan di bidang keagamaan, mendirikan dua pusat
ibadah di Betel dan di Dan dengan mendirikan Iembu emas se-
bagai pengganti tabut perjanjian. Ibadah yang pada mulanya
bertujuan untuk menyembah Allah, berubah menjadi penyem-
bahan berhala.

Sejalan dengan pem bangunan agama telah terjadi
pembangunan fisik secara besar-besaran. Israel menjadi negara
yang makmur dan berpengaruh.Namun dibalik kemakmuran yang
mereka alami kehidupan Israel sudah rusak. Amos yang hidup
pada masa pemerintahan Yerobeam II (786-746SM), diutus
memperingatkan akankebobrokan sosial dan kemerosotan rohani
dan mengingatkan hukuman Allah yang akan datang. Namun
Israel tidak mau mendengar pesan yang disampaikan Amos.
Nabi Amos memiliki pesan untuk setiap bangsa yang
mengalami keadaan seperti Israel.

PEMAHAMAN TEKS
1. Amos seorang peternak domba dari Tekoa (kira-kira 12
mil/19 km di sebelah Selatan Yerusalem) dipanggil Allah menjadl
Nabi. la bernubuat pada zaman Usia raja Yahuda dan zaman
Yerobeamll raja kerajaan Israel Utara. Amos adalah seorang nabi
yang berasal dari Selatan, tapi bernubuat di Kerajaan Utara.
Tuhan memakai Amos secara luar biasa. Selain bernubuat di
Israel, Amos juga memiliki pesan-pesannya terhadap bangsa-
bangsa lain yaitu Aram (Siria), Filistea (Filistln), Tirus, Edom,
Amon dan Moab, yang dihukum sesuai kejahatan maslng-masing.
Pesan-pesan itu disampaikan terdahulu sebelum pesan-pesan
kepada Israel (ayat 1).
2. Amos menyatakan bahwa singa telah mengaum (1: 3; 3:
8). Disinl Amos mau mengatakan Allah akan berfirman "dalam
kekuasaan-Nya". Allah akan berfirman dan bertlndak seperti singa
yang mengaum kalau mencari makanan (Mzm 104: 20-22). Tuhan
memperdengarkan suaranya bagaikan singa yang akan me-
nyerang mangsanya. Siapakah yang tidak terkejut dan takut?
Kemungklnan besar Amos menyampalkan pesan ini dl Betel,
karena ada wakil-wakil bangsa itu disana. Dalam hal ini Amos
tidak membuat pemisahan antara Israel dan bangsa-bangsa lain
(non Israel ). Bangsa-bangsa itu dihukum bukan karena mereka
memusuhi Israel, bukan pula karena mereka non Israel, tetapi
karena kejahatan mereka.Kedatangan dan tindakan-Nya me-
ngandung hukuman yang menimpa semua makhluk. Karena itu
daerah yang paling subur dan makmur yang dibanggakan akan
menjadl kering (ay.2 ).
3. Dalam Amos pasal 1 (termasuk bacaan klta) disebut
sebanyak 5 kali perkataan: "Karena tiga perbuatan jahat bahkan
empat". lni menunjuk kepada banyaknya kejahatan. Perbuatan
jahat disini adalah perbuatan durhaka (Mzm 32:5). Karena dosa
bukan sekedar suatu kekilafan atau kesalahan yang dengan
gampang dapat dimaafkan. Dosa adalah pemberontakkan
(pendurhakaan) terhadap Allah. Karena itu Allah tidak bisa
menarik kembali keputusan-Nya (ay.3). Allah konsekwen dengan
keputusan-Nya.
4. Dalam perlkob bacaan kita, ada dua bangsa yang disebut
menjadl sasaran penghukuman.
Pertama: Bangsa Aram, suatu bangsa yang diam di sebelah
Timur laut Israel. Damsyik yang merupakan kota pusat kekuasaan
Aram dihukum karena kejahatan dan kekerasan yang mereka
Iakukan terhadap Gilead. Hukuman menimpa mereka karena
kebengisan Raja Hazael terhadap Gilead.Orang-orang Israel
dihukum dengan penyiksaan (ll Raja-raja 8:7-15). Kekuasaan
Damaskus dengan istana Hazael dan puri Benhadap dimusnakan
(ay 3-5 ).

5. Kedua: Bangsa Filistin. Filistin terdiri dan 5 kerajaan kota :
Gaza, Askelon, Asdod, Ekron dan Gat. Filistin merupakan mu-
suh bebuyutan Israel dalam memperebutkan negerl Palestina.
Namun mereka bukan dihukum karena tindakan itu. Filistin di-
hukum karena mereka menawan dan mengangkut bangsa selu-
ruhnya ("Yahuda") kedalam pembuangan dan diserahkan kepada
Edom. Edom pada waktu itu bertindak sebagai perantara dalam
perdagangan budak. Allah menghukum tindakan yang demikian.
Filistin dihukum oleh Allah sama seperrti hukuman terhadap Aram
( av 6- 8)

6. Karena kejahatan-kejahatan itu. "Aku tidak akan menarik
lagi keputusan-Ku". Hukuman atas kejahatan akan dialami oleh
siapapun yang berbuat jahat. Tidak ada yang dapat melarikan
diri dari hukuman Tuhan (ay 3b, 6b).

CATATAN - CATATAN APLIKASI
1. Gereja dan orang percaya hadir dltengah dunia yang
sarat dengan berbagai kejahatan. Kejahatan menjadi
sangat kompleks sejalan dengan perkembangan dan
kemajuan kehidupan manusia. Manusia hidup makmur,
tapi moral rusak.

2. Kekerasan seperti yang dilakukan oleh Aram terlihat
nyata dalam kehidupan kita pada masa sekarang yang
wujud : kebencian, kekerasan, fitnah, korupsi, penistaan,
pemerkosaan, kekerasan bahkan pembunuhan sadis.
Orang-orang tidak takut berbuat jahat. Mereka merasa
tidak bersalah atas tindakan seperti itu. Orang meme-
hami kalau saya membunuh atas nama agama, upahnya
besar di Surga.

3. Kejahatan seperti yang dilakukan oleh Filistin masih kita
temukan pada masa sekarang. Perbudakan dalam ben-
tuk lain seperti: penjualan anak, penjualan gadis-gadis
remaja untuk menjadi pelayan sex (sex komersial), bisnis
TKW.

4. Siapapun yang berbuatjahat akan dihukum oleh Allah. "
Aku tidak akan menarik keputusan-Ku". Apa yang ditabur
akan dituai. Allah bertindak secara adil atas setiap
kejahatan. Allah menghendaki semua umat manusia
hidup adil.

5. Gereja dan orang pereaya (termasuk kita) dlpanggil
menjadi Amos-Amos masa kini, menyuarakan: "keadilan
dan kebenaran", Karena Allah menentang hidup yang
tidak adil.

KHOTBAH
Kita bersyukur kepada Tuhan karena ditengah berbagai
kesibukan dan pergumulan kehidupan, kita diperkenankan-Nya
untuk dapat beribadah memuliakan dan membesarkan nama-
Nya. Kita hadir disini, karena Tuhan menghendaki kita beribadah.
Kita tidak akanada disini, bila Tuhan tidak menghendaki kita ada.
Kita yakin Tuhan hadir bersama kita dalam ibadah ini sesuai
janji-Nya: "dimana dua tiga orang berkumpul atas nama-Ku, Aku
hadir diantara mereka".

Kehadiran Tuhan mendatangkan sukacita, damai sejahtera,
ketenangan, kebahagiaan dan pengharapan. Karena itu meng-
hadiri ibadah seperti ini menjadi penting, agar kita terus dibekali
dan dikuatkan dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan
tantangan dalam berbagai harapan kehidupan.

Pembacaan kita merupakan nubuatan Nabi Amos kepada
bangsa-bangsa non Israel. Amos memang secara khusus diutus
Tuhan bernubuat kepada Israel di kerajaan Utara, menentang
masalah-masalahketidakadilan sosial. Tapi Tuhan juga mem-
punyai pesan-pesan melalui Amos kepada bangsa-bangsa lain
yang melakukan ketidakadilan dan kejahatan.

Kepada bangsa Aram, Amos bernubuat karena kejahatan-
kejahatan yang mereka lakukan. Raja Hazael raja Aram telah
menindas bahkan menghukum orang-orang Gilead. Mereka
bertindak melewati batas-batas kemanusiaan yang wajar. Karena
itu Allah menentang dan menghukum mereka.

Amos juga bernubuat terhadap Filistin karena kejahatan
mereka. Filistin melakukan bisnis manusia dengan menjual
orang-orang sebagai budak dengan perantaraan bangsa Edom.
Tindakan Filistin ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Karena
itu terhadap kedua bangsa ini, Aram dan Filistin Allah berfirman:
Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku. Allah menghukum
mereka yang berbuat jahat. Keputusan Allah tidak dapat dikom-
promikan apalagi dibatalkan oleh apapun juga. Apa yang ditabur
oleh setiap manusia, itu juga yang akan dituainya.

Sebagai gereja dan orang percaya kita hidup ditengah dunia
yang berlaku (bertindak) tidak adil. Berbagai macam kejahatan
sebagai bentuk ketidakadilan kita saksikan dan dengar pada masa
sekarang.Namun manusia memahaminya sebagai sesuatu yang
biasa. Menista, memfltnah, membunuh, pemerkosaan, dan ke-
jahatan lainnya dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Hidup
manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling mulia tidak
ada nilainya lagi dihadapan manusia. Kita menjadi seperti bangsa
Aram. Tanpa kita sadari atau mungkin kita sadari, tindakan-
tindakan seperti itu merupakan suatu bentuk "penyiksaan kepada
manusia". Dengan berbuat seperti ini kita telah berbuat tidak adil,
karena kita telah merampas "hak hidup orang lain sebagai anak
manusia ciptaan Tuhan".

Kejahatan dalam bentuk perbudakan masih kita dengar.
Persoalan tenaga kerja wanita (TKW).Mereka dipekerjakan
dengan upah yang murah. Janji-janji upah yang tinggi hanya
merupakan umpan agar mereka mau menjadi TKW. Namun
kemudian mereka diperlakukan seperti budak. Sudah tidak
mendapat upah, mereka disiksa oleh majikan bahkan ada yang
diperkosa oleh majikanya.

Kejahatan "ala Filistin" juga kita dengar dan sakslkan. Pen-
jualan bayi-bayi yang tak bersalah. Karena itu kita mendengar
ada bayi-bayi yang hilang dan bayi yang diculik. Sungguh mem-
prihatinkan.Kita mendengar penjualan perempuan-perempuan
muda menjadi budak-budak sex.

Allah menentang kejahatan-kejahatan itu. Allah menentang
orang-orang yang melakukan ketidakadilan. Allah adalah Allah
yang adil dan benar.la ingin supaya kita hidup adil dan benar.
Karena itu la akan menghukum orang-orang yang berlaku tidak
adil. Tidak ada seorang pun yang dapat melarikan dari hukuman
Allah. Apa yang ditabur orang itu yang akan dituainya.

Hidup adil dan benar merupakan suatu perjuangan. Per-
juangan itu adalah perjuangan bersama semua orang yang cinta
hidup adil dan benar.Kita pasti tidak mampu tapi dengan moti-
vasi yang benar, tekad, keberanian yang diletakkan dalam ke-
rangka iman kita pasti bisa.

Selamat hari Minggu.Tuhan memberkati Firman-Nya. Amin.

BUKU ACUAN
1. Ds. B.J Boland, Tafsiran Alkitab Kitab Amos. Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 2001
2. Gutrie cs, Tafsiran Alkitab Masa Kini 2, Jakarta: Yayasan
Kom unikasi Bina Kasih/OMF, 1989
3. Ny. Yap Wei Pong cs (Penerjemah), Handbook to the
Bible, Bandung, Yayasan Kalam Hidup, 1983.



SBU


HARI MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
MINGGU, 20 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
GB.6: 1-Berdoa
HIDUPLAH ADIL DAN BENAR

Amos 1:1-8
Aku akan mematahkan palang pintu Damsyik .... .. (ay.5)

BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat bahwa jumlah penduduk miskin di negara kita saat ini ada 20juta orang. Penyebab kemiskinan adalah laju pertumbuhan penduduk, angkatan kerja dan pengangguran, tingkat pendidikan yang rendah, mental boros (berfoya-foya), kasus narkoba, bencana alam dan teroris. Penyebab kemiskinan ini masih lumrah dan dapat dipecahkan melalui edukasi dan terobosan lain. Namun, jika kemiskinan disebabkan oleh kurangnya perhatian Pemerintah terkait pendistribusian pendapatan dan pemerataan pembangunan, serta korupsi di kalangan pejabat publik, bagaimana?

Nabi Amos menubuatkan penghukuman Allah atas para pemimpin yang melakukan kejahatan kemanusiaan dengan berlaku tidak adil dan hidup dalam ketidak-benaran. Kemarahan Allah dilukiskan sepefli seekor singa yang mengaum dan siap menerkam. Kota-kota yang akan dibinasakan-Nya: Damsyik, istana Hazael sampai
puri Benhadad, Bikeat-Awen, Bet-Eden dan rakyat Aram, Gaza, Asdod, Aske/on, Ekron dan orang Filistin. Mereka telah melakukan kejahatankemanusiaan luar biasa, selain melalui peristiwa perang, tetapi juga salah satunya yang popular saat itu : perdagangan budak (6). Di sini para pemimpin telah memperalat sesamanya untuk keuntungan diri sendiri.lni terjadi karena kehidupan yang tidak diserahkan pada TU HAN, melainkan dalam penyembahan berhala. Karena kejahatan mereka tidak dapat lagi ditolerir, maka penghukuman Allah pasti dan berlangsung.

Keangkuhan individu dalam masyarakat membuat manusia raja bagi dirinya, ingin menjadi pusat perhatian, dihormati dan disegani, sehingga konsep tentang TUHAN Raja dalam hidup menjadi tidak relevan. Jika hal ini terjadi pada diri kita maka berhentilah melakukannya, sebab jika tidak, kita pasti akan dilenyapkan oleh Allah, Tuan dan satu-satunya Pemilik Kehidupan. Agar bebas dari penghukuman-Nya, maka hiduplah dalam takut akan Allah dengan hidup benar di hadapan-Nya dan adil bagi sesama, niscaya TUHAN memberkati kita.

GB.6 : 2
Doa : (Kristus kuatkan kami untuk melakukan kehidupan dengan adil dan benar)



HARI MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
MINGGU, 20 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
GB.69 : 1-Berdoa
KARENA TIGA... BAHKAN EMPAT

Amos 1:9-15
Beginilah Firman TUHAN : "Karena tiga perbuatan jahat Tirus, bahkan empat .... .." (ay 98)

Bangsa-bangsa yang bertetangga dengan Israel yakni, Aram Filistin, Tirus, Edom, Amon, Moab dan Yehuda telah melakukan banyak pelanggaran kemanusiaan. "Karena tiga...bahkan empat" menunjukkan banyaknya kejahatan yang telah mereka lakukan. Ada tiga bangsa yang disebut dalam pembacaan kita:

1.TlRUS, terlibat dalam bisnis perdagangan budak ("manusia"). Mereka memahami tidak terikat dengan "perjanjian Persaudaraan". Padahal dengan bisnis seperti itu, mereka telah menindas sesama, berbuat tidak adil dan melanggar hak-hak asasi manusia.
2. EDOM, bangsa keturunan Esau saudara Yakub (Kej 36:1). Dengan demikian Edom dan Israel adalah saudara sepupu. Edom terlibat membantu musuh Israel sampai akhirnya Yerusalem jatuh (Ob 10-15; Yeh 25:12-1). Allah tidak berkenan dengan tindakan Edom. Allah menghukum Edom (Yeh 25:12-14).
3. AMON, bangsa yang berasal dari keturunan Lot keponakan Abram. Dengan demikian adalah saudara Israel. Mereka melakukan kejahatan terhadap perempuan-perempuan hamil dan anak-anak yang belum lahir. Allah menghukum ketiga bangsa ini karena kejahatan mereka.

Kita hidup ditengah masyarakat majemuk. Tak dapat disangkal dalam kehidupan bersama, muncul berbagai kejahatan di lingkungan kita. Perdagangan manusia masih kita dengar. Apakah dijual sebagai "budak", sebagai tenaga kerja (TKW, sebagai pelayan seks, penjualan anak-anak) demi keuntungan materi. Banyak orang bertindak seperti Edom. Karena kebencian, perbedaan agama, terjadi permusuhan, memfitnah, menista, kalau perlu membunuh. Kita juga mendengar kekerasan yang dilakukan terhadap ibu-ibu yang sedang mengandung, tanpa peduli dengan bayi yang ada dalam kandungan. Karena tiga perbuatan jahat, bahkan empat, "Aku tidak akan menarik keputusan-Ku".AIlah menghukum orang-orang yang melakukan kejahatan kemanusiaan.

Kita semua dipanggil untuk menghargai kehidupan, menjunjung tinggi hak asasi setiap manusia, menolak perlakukan tidak adil dan berbagai kejahatan kemanusiaan Gereja dan orang percaya dipanggil berjuang memerangi kejahatan-kejahatan tersebut.

GB.69 : 2
Doa : (Tuhan tolong kami untuk tidak melakukan kejahatan kemanusiaan)

Label:   Amos 1:1-8 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Mei - Kidung Agung 1,2

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Hari ini, 23 Mei - Kidung Agung 1,2
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   khotbah ibadah keluarga 2017,   lagu persembahan,   mazmur 102:2-3+13-23,   bahan jamita pslmen: 102:2-3, 13-23,   how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   khotbah mazmur 84 ayat 13,   koor jika jiwaku berdoa,   kppk 337,   Kotbah kisah rasul 1:1-13,   khotbah katolik surat yakobus 1 : 2-7,   terima berkat ibadah kolom bulan,   tata ibadah 19 mei 2019 gpib kasih karunia medan,   doa persembahan syukur,   download lagu kasih yesus mengalir d hati,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   download lagu kasih yesus mengalir d hati,   kasih yesus indah dalam hidupku chord,   daniel 3 : 21-29,   daniel 3 : 21-29,   khotbah kristen gpib,   lagu gereja,   asibasaon minggu26 mei 2019,   lagu lagu persembahan beserta liriknya,   KHOTBAH 1 PETRUS 1:3-12,   download lagu rohani pentakosta,   mazmur 118 mp3,   lagu pengantar doa syafaat,   renungan mazmur 80:1-20,   jamita lukas 11:1-13,   lagu pengantar doa syafaat,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah psalmen 102:2-3, 13-23,   ayat alkitab tentang persembahan kristen,   Kisah Para Rasul 15:22-29,   khotbah kristen gpib,   lagu pujilah sang pencipta maha mulia Gita bakti,   lirik Gita bakti pujilah sang pencipta,   lagu pujilah sang pencipta maha mulia Gita bakti,   khotbah kejadian 5:21-24,   khotbah kejadian 5:21-24,   lagu pujian pengucapan syukur,   khotbah kristen gpib,   renungan efesus 2:11-22,   lirik banyak perbuatan ,   kotbah daniel 3:21-29,   khotbah kristen gpib,   kumpulan khotbah tentang maleaki 3:18,   list lagu rohani GMS,   kumpulan khotbah tentang maleaki 3:18,   lagu persembahan,   kata kata berkat selesai ibadah,   terimalah berkat tuhan tuhan menghadapkan wajahnya,   GMS lagu mp3 free download,   lagu gms terbaru 2017,   sungguh alangkah baiknya kidung jemaat,   gms lagu,   michelle alatas mp3 rohani,   michelle alatas mp3 rohani,   lagu gms worship,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   kj 473a,   satu didalam roh hu chord,   chord lagu gerejawi terpopuler,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   minggu 26 mei 2019 almanak hkbp,   tafsiran markus 3:13-18,   lagu untuk hari minggu 26 mei 2019 hkbp,   lagu penutup ibadah,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   https://www.bing.com/search?q=materi renungan khotbah amsal 17 : 21,   doa persembahan singkat,   download MP3 full lagu rohani Kristen versi ibrani,   ende hkbp thl 26 mei 2019,   renungan imamat 25 1 13,   ende hkbp thl 26 mei 2019,   mazmur 102:,13-23,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   not angka lagu anak sekolah minggu,   jamita psalmen 102: 2-3, 13-23,   mazmur 102 2-3,   lagu pentakosta lama dowloand,   lagu persrmbahan kristen,   download lagu rohani pentakosta,   cerita sekolah minggu yohanes 21:20-23,   renungan ayub 5:8-16,   download lagu kj pkj nkb,   homili injil Yohanes 15 : 18 - 21,   homili injil Yohanes 15 : 18 - 21,   lagu ucapan syukur,   Ppk 13 pujilah allah,   ilustrasi mazmur 102,   Yohanes 12 44,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah psalmen 102: 2-3 ; 13-23,   lirik lagu rohani senja membayang,   khotbah ibadah keluarga 2017,   mada bsakti 236,   Lagu Rohani Gms terbaru,   when isee the blood donald lawrence,   kerinduanku datang padamu,   when isee the blood donald lawrence,   lirik lagu KITA MENABURKAN BIJI KEBENARAN,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   khotbah 1 raja raja 19:1-18,   khotbah pengkhotbah 8:9-17,   khotbah masmur 145:14-21,   download boanerges album,   keluaran 3:1-14,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   instrumen gita bakti 394,   when isee the blood donald lawrence,    download gita bakti 394,    download gita bakti 394,    download gita bakti 394,   gita bakti 394,   tafsiran markus 5:25-34,   gita bakti 394,   khotbah yohanes 21 1-14,   khotbah yohanes 21 1-14,   khotbah amsal 1:2-7,   lagu persembahan di remaga,   membangun jemaat gereja toraja tahun 2019 tanggal 19 mei 2019,   lagu persembahan,   lagu rohani instrumental,   buku agenda GPIB 2019,   buku agenda GPIB 2019,   when isee the blood donald lawrence,   dumaisi hutabarat rohani mp3,   berkat menjadi laknat,   lagu rohani kristiani protestan,   lagu rohani kristiani protestan,   ilustrasi mazmur 102,   lagu safaat,   lagu rohani kristiani protestan,   khotbah ezra 6 13 - 18,   lagu rohani kristiani protestan,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   chord bapa ku datan,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   contoh kotbah minggu 26 mei 2019,   pkj 289,   ezra 6:13-18,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   jamita partangiangan hkbp pesalmen 102:2-3,13-23,   lagu rohani menyentuh hati,   ronhkasan khotbah mazmur102:2-3,13-23,   chord bapa ku datan,   lirik lagu rohani pengampunan,   chord bapa ku datan,   lagu rohani penyesalan,   lagu rohani penyesalan,   Renungan sgdk gpib 21 mei 2019,   lagu rohani penyesalan,   lagu rohani penyesalan,   chord bapa ku datan,   khotbah mazmur 102 2 3 13 23,   michelle alatas mp3 rohani,   nast pengantar persembahan,   nast pengantar persembahan,   nast pengantar persembahan,   Lagu lagu sekolah minggu GPDI,