Save Page

Filemon 1:8-21
Permintaan Paulus kepada Filemon mengenai Onesimus
1:8 Karena itu, sekalipun di dalam Kristus aku mempunyai kebebasan penuh untuk memerintahkan kepadamu apa yang harus engkau lakukan, 1:9 tetapi mengingat kasihmu itu, lebih baik aku memintanya dari padamu. Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang dipenjarakan karena Kristus Yesus, 1:10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus 1:11 -- dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. 1:12 Dia kusuruh kembali kepadamu -- dia, yaitu buah hatiku --. 1:13 Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil, 1:14 tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu, supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan paksa, melainkan dengan sukarela. 1:15 Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya, 1:16 bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan. 1:17 Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri. 1:18 Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku -- 1:19 aku, Paulus, menjaminnya dengan tulisan tanganku sendiri: Aku akan membayarnya -- agar jangan kukatakan: "Tanggungkanlah semuanya itu kepadamu!" -- karena engkau berhutang padaku, yaitu dirimu sendiri. 1:20 Ya saudaraku, semoga engkau berguna bagiku di dalam Tuhan: Hiburkanlah hatiku di dalam Kristus! 1:21 Dengan percaya kepada ketaatanmu, kutuliskan ini kepadamu. Aku tahu, lebih dari pada permintaanku ini akan kaulakukan.


Penjelasan:





* Flm 1:8-9 - memerintahkan // di dalam kasih, // Paulus, // tua
Paulus menahan diri dengan tidak memanfaatkan kewenangannya sebagai rasul untuk memerintahkan Filemon melakukan apa yang harus dia lakukan. Sebagai gantinya dia mengimbau sahabatnya di dalam kasih, sebagai orang yang imbauannya layak untuk didengar: dia adalah Paulus, seorang yang sudah tua (presbytes) dan sekarang seorang hukuman karena Kristus Yesus. Apakah sang rasul membedakan antara kewenangan rasul dengan jenis kewenangan lainnya yang dapat dimanfaatkan seorang pemimpin Kristen tidak dapat dipastikan. Bagaimanapun juga, ia menggambarkan cara yang paling efektif untuk dapat berfungsinya pemimpin Kristen sejati.

* Flm 1:10-11 - yang kudapat // Onesimus
Sebagaimana di bagian lain (I Kor. 4:15; bdg. Gal. 4:19) Paulus mengacu kepada orang yang dibuat bertobat olehnya sebagai yang kudapat. Sekalipun menjadi budak di sebuah rumah tangga Kristen, rupanya Onesimus belum menjadi orang Kristen hingga ia berjumpa dengan Paulus di dalam pelarian. Sebagai seorang Kristen, Onesimus yang artinya: Bermanfaat (bukan nama yang jarang dipakai oleh seorang budak pada zaman dan di wilayah tersebut), yang sebelumnya tidak berguna, kini hidup sesuai dengan namanya. John Knox menduga bahwa Paulus mungkin memberikan nama "Onesimus kepada budak itu ketika bertobat (bdg. Yes. 62:2; Kej. 17:5, 15; 32:28; Kis. 13:9). Kebiasaan memberikan nama baru kepada seseorang yang baru bertobat masih dilakukan di kalangan orang Kristen yang diam di tengah masyarakat non-Kristen sekarang ini.

* Flm 1:12 - kusuruh kembali // buah hatinya
Kata kerja yang diterjemahkan menjadi kusuruh kembali bisa memiliki makna hukum secara teknis. yaitu memberikan kesempatan kepada Filemon untuk menentukan kebebasan Onesimus (bdg. Luk. 23:7, 11; Kis. 25:21). Namun pengertiannya yang biasa lebih mungkin di sini. Paulus menyamakan pengiriman Onesimus dengan pengiriman buah hatinya.

* Flm 1:13-14 - dipenjarakan // Injil // persetujuan // sukarela
Onesimus telah banyak berguna bagi Paulus di dalam keadaan ia dipenjarakan karena Injil. Sang rasul ingin tetap memakai pelayanannya - pelayanan yang pasti akan disetujui dengan gembira oleh Filemon. Tetapi karena peka terhadap etika dari situasi tersebut. Paulus tidak mau terlalu mengandalkan kasih Filemon. Dia ingin memperoleh persetujuan yang diambil dengan sukarela dari sahabatnya itu. Jika seseorang terlibat dalam pelayanan Kristen karena rekan-rekannya telah menyudutkan dirinya sehingga tidak bisa mengatakan tidak, maka pelayanan tersebut tidak lagi murni pelayanan Kristen. Apakah Filemon membebaskan Onesimus dan mengirimkannya kembali kepada Paulus? Apakah mantan budak tersebut kemudian menjadi gembala sidang dan kemudian uskup gereja di Efesus (bdg. surat Ignatius kepada jemaat di Efesus, hlm. 1)? Knox (in loc) dan Harrison (P. N. Harrison. "Onesimus and Philemon," AThR, XXX-III: Oct. 1953) menduga demikian. Sekalipun jawaban yang pasti tidak bisa diberikan, perkiraan yang mereka ajukan cukup menarik.

* Flm 1:15-16 - Sejenak // Untuk selama-lamanya // saudara // secara manusia, // di dalam Tuhan,
Sejenak. Secara harfiah, untuk satu jam. Sebuah kehilangan yang tidak berarti yang menghasilkan keuntungan yang tidak terhingga. Untuk selama-lamanya. Secara permanen. Istilah ini mengingatkan kita kepada peraturan mengenai perbudakan sukarela di Kel. 21:6 (bdg. SBK. IV, 745; Im. 25:46). Namun hubungan mereka tidak bisa lagi dipandang sebagai hubungan tuan dengan hamba. Menjadi orang Kristen berarti menjadi saudara bagi orang percaya lainnya. Dan inilah yang merupakan faktor penentu di dalam semua bentuk hubungan antar manusia, entah secara manusia, yaitu menurut patokan lahiriah. atau di dalam Tuhan, yaitu menurut patokan rohani. di dalam situasi 'zaman baru' (lihat Pendahuluan Surat Kolose). Sekalipun demikian, hubungan secara manusia dan hubungan di dalam Tuhan itu harus dilaksanakan secara bersamaan. Filemon adalah saudara dan juga tuan; Onesimus adalah saudara dan juga budak. Hubungan ganda seperti itu menimbulkan persoalan yang rumit di kalangan gereja mula-mula. Dan banyak persoalan seperti itu masih merepotkan hubungan ekonomi dan sosial kalangan Kristen dewasa ini (I Tim. 6:2; lih. taf. atas Kol. 3:11).

* Flm 1:17 - "Terimalah // aku // sebagai gantimu // Temanmu seiman
Setelah menceritakan keadaan itu dan mengemukakan beberapa prinsip Kristen secara, berhati-hati. Paulus lalu mengimbau secara langsung "Terimalah dia seperti aku sendiri (bdg. Mat. 25:40; Kis. 9:4): sebenarnya aku mau menahan dia sebagai gantimu (ay. 13), tetapi justru aku mencari kepadamu sebagai gantiku." Temanmu seiman (koinonon). Bukan hanya sesama orang Kristen, tetapi juga seorang yang sudah banyak berbagi pengalaman bersama.

* Flm 1:18-19 - "Tanggungkanlah semuanya itu kepadaku," // Dirimu sendiri
Paulus tidak menyebut pelanggaran Onesimus. tetapi tampaknya bukan sekadar melarikan diri. Tawaran Paulus, "Tanggungkanlah semuanya itu kepadaku," menunjukkan bahwa ada kerugian uang - pencurian, penggelapan atau mungkin hanya kelalaian dalam mengatur uang. Dirimu sendiri. Rupanya Filemon juga dijadikan bertobat oleh sang rasul. Pengingat secara halus ini diberikan untuk mencegah munculnya tuntutan akan keadilan sehingga dapat mendekatkan Filemon dengan Onesimus; mereka memiliki bapa rohani yang sama.

* Flm 1:20-21 - menghibur // Lebih daripada permintaanku
Dengan menunjukkan kasih kristiani kepada Onesimus, Filemon akan menghibur sang rasul. Pada hal inilah sang rasul mengandalkan keberhasilan imbauannya. Lebih daripada permintaanku. Mungkin yang dimaksud adalah (1) memberikan kebebasan kepada Onesimus atau (2) mengirimnya kembali kepada Paulus (ay. 13, 14).



SBU




MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
SABTU, 5 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
GB.4 : 1,2-Berdoa
TUTUR KATA - CERMINAN HATI

Filemon 1:1-7
Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku, (ay.4)

Orang Jawa yang tinggal di Solo dan Jogjakarta memiliki tutur kata dan bahasa yang santun, membuat banyak orang merasa "kerasan" dan nyaman. Secara khusus dalam budaya Solo kalau mau "nembung manten" (masuk-minta/melamar) harus menggunakan kata-kata yang pantas dan sesuai, dan untuk itu tidak bisa sembarang orang yang mewakili keluarga. Harus orang yang fasih menggunakan bahasa Jawa kromo inggil (bahasa Jawa halus dan sopan) dan menguasai tata kramanya. Hal ini dikarenakan suatu niat yang baik harus diungkapkan dengan kata-kata yang baik juga.

Kalau kita membaca pendahuluan dari surat Paulus kepada Filemon, sebelum kita melihat niat dari Paulus dari kelanjutan suratnya yang singkat ini kepada Filemon kita bisa menduga bahwa Paulus memiliki niat yang baik dan mulia. Sebab kata-kata yang Paulus pakai dalam pendahuluan suratnya sangatsantun dan positif. Disamping itu kita juga melihat "matangnya" iman Paulus dari ungkapan kata-kata yang digunakan tidak sekedar menyapa tapi sangat menghargai Filemon. Paulus tidakhanya menyapa tetapi bersaksi tentang kasih Tuhan yang mereka rasakan dalam kebersamaan meski jarak memisahkan.

Tutur kata yang kita gunakan dapat memperlihatkan apa tujuan dan isi hati kita. Kalau kata-kata yang keluar dari mulut kita baik yang diujarkan dalam ketulusan maka bukan sekedar mengungkapkan niat baik kita namun juga menjadi kesaksian kita tentang kebaikan Tuhan bagi sesama. Jikalau kita memulai hari dalam doa dan ungkapan syukur dengan menyadari kebaikan yang sudah Tuhan berikan dan akan Tuhan nyatakan kepada kita. Maka kita akan menyaksikan seluruh kata yang keluar dari mulut kita hari ini akan menjadi berkat bagi orang Iain.

GB.161:1,2
Doa : (Ya Tuhan isi dan penuhilah hati kami dengan kasih-Mu sehingga kata-kata yang kami untai dihari ini menjadi Bahasa Kasih bagi orang-orang yang kami jumpai di hari ini)




MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
SABTU, 5 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
GB.40 : 1-Berdoa
DALAM YESUS KITA BERSAUDARA

Filemon 1:8-21
Yd saudaraku, semoga engkau berguna bagiku di dalam Tuhan : Hiburkanlah hatiku di dalam Kristus!(ay.20)

Anthonio de Mello pernah mengisahkan ada seorang guru bertanya kepada muridnya " kapankah kita dapat membedakan terang dan gelap?" Ada murid yang menjawab, " ketika matahari bersinar maka terang muncul". Ada juga yang menjawab " kalau kita bisa melihat jalan "didepan kita sehingga kita tidak akan tersandung maka terang itu sudah ada". Sang Guru menjawab jawaban yang tepat adalah "ketika kamu melihat orang disekelilingmu sebagai saudara, maka disanalah terang itu nyata".

Dalam surat kepada Filemon kita pun menjumpai niat Paulus yang diungkapkan dengan kasih yang tulus kepada Filemon dalam hubungannya dengan Onesimus yang adalah mantan budaknya yang kabur dan berjumpa dengan Paulus. Kala itu pelanggaran yang dilakukan seorangbudak sangat berat hukumannya. Dalam perjumpaan yang penuh kasih dengan Onesimus, Paulus mampu merubah Onesimus menjadi sosok yang baru. Karenanya Paulus bermaksud hendak mengembalikan Onesimus kepada Filemon tetapi bukan lagi sebagai hamba namun sebagai rekan sekerja di dalam Kristus. Paulus bahkan rela membayarkan kerugian yang dltimbulkan oleh Onesimus kepada Filemon.

Kalau Yesus sudah meniadakan jarak dan menghancurkan tembok pemisah antar Allah dan manusia maka sepatutnya manusia tidak menciptakan jarak diantara sesamanya. Kasih. yang melandasi hubungan manusia dengan Tuhan harus dapat menjadi dasar dalam hubungan sesama manusia dan memandang orang lain sebagai saudara. Mother Theresia dari Kalkuta pernah berkata" Ya Tuhan jangan biarkan orang yang berjumpa dengan saya dihari ini pergi dan berlalu tanpa menikmati Kasih Allah lewat perjumpaan dengan saya".Semoga hari ini kita bisa tutup dengan penuh syukur karena sudah dapat menaburkan kasih
pada orang-orang yang kita jumpai.

GB.284:1,2
Doa : (Jangan biarkan hari ini berlalu ya Tuhan, tanpa kami dapat menebarkan kasih-Mu pada mereka yang kami jumpai)

Label:   Filemon 1:8-21 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 7 AGUSTUS 2017 - HUKUMAN ALLAH Hosea 2:8-12 - MINGGU IX SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 4 AGUSTUS 2017 - PELAYANAN YANG BERKELANJUTAN Titus 3:12-14 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA

Garis Besar Filemon






November 10-16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 17 November - Galatia 4-6

Hari ini, 17 November - Maz 122:1-7, Yeh 19-20, Ibr 11:20-40, Ams 29:2-3

Hari ini, 17 Nopember - Yohanes 11:45-57, 1 Yohanes 4: 1-6, Ayub 15:17-35, Yehezkiel 42-44

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lirik lagu sering kutanya pada diriku,   cerita sekolah minggu 28 april 2019,   renungan mazmur 39,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019 ,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019,   kalender katolik bulan november 2019,   susunan lagu gpdi untuk ibadah miggu,   keluaran 19 : 1-6,   emmanuel singers mp3 download,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   penjelasan nats yesaya 65 17 25,   khotbah jermia 33 14 16 gpib,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   sabda guna dharma krida 2019,   materi katekisasi gpib,   khotbah nahum 1:1-8,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   lagu penutup dalam ibdah,   MP3 lagu rohani bahana nama Tuhan SATB,   lagu persembahan kristen rohani,   jamita minggu pilipi 4 : 10 - 20,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   nyanyian lagu kanon,   renungan mazmur 72,   lagu buat persembahan persembahan,   lagu pujian gbi rock,   Khotbah Matius 16 : 13-20 Anugerah Allah Nyata dlm pengakuan Iman,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   lagu pujian syukur,   KHOTBAH YOHANES 3 AYAT 1 SAMPAI 21,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   jamita pilipi 4:10-20 versi hkbp,   kmm 99:1-2,   santapan rohani kristen Minggu 17 Nov 1019,   download lagu rohani boom boom,   khotbah Nahum 1: 1- 8,   khotbah nahum 1 1 8,   lirik dunia gemar dan soraklah dan joy to the wordl,   khotbah nahum 1:1-8,   khotbah dari maz 83:1-19,   bahasa batak Pilippi 4 : 10 – 20,   lagu rohani untuk persembahan syukur,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 pilippi 4 : 10 - 20,   kotbah waspada,   kotbah waspada,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita HKBP minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   khotbah kristen 2019,   khotbah 2 tesalonika 3:6-13,   Topik jamita Minggu 17 nopember 2019. Pilippi 4 : 10 - 20.,   nyanyian kidung keesaan,   Topik jamita HKBP Minggu 17 november 2019. Filipi 4 : 10 - 20.,   jamita pilipi 4: 10-20 versi hkbp,   khotbah filipi 4 10-20,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94,   Jadikanku pelangi indah olga victoria ,   contoh liturgi natal untuk kaum wanita,   renungan harian kejadian 6:1-8,   cerita sekolah minggu 16 nov 2019,   Ae khuda meri roshni meri nizat mp3 free download song by Anil kabt,   khotbah mazmur 104 1 9,   kotbah minggu 24november2019,   renungan daniel 11,   lagu rohani kristen pernikahan,   renungan nahum 1 1-8,   Lirik tasbiih al rab,   tata ibadah katolik,   download album gms mp3,   Jadikan pelangi indah olga victoria,   kotbah uem,   kotbah natal matius 7 : 16,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   tata ibadah perjamuan kudus hkbp,   KHOTBAH MAZMUR 89:1-9,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   nkb 37 not dan lagu,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   khotbah tentang malaikat,   yohanes 8:1-19,   tata ibadah GERMITA,   tata ibadah GERMITA,   pujian untuk persembahan syukur,   perayaan liturgi umat katolik bulan november 2019,   Khotbah Lukas Pasal 21:5-19,   tafsiran lukas 21:5-19,   renungan mazmur 55:2-8,   Khlbh masmur 55:2-,   khotbahkis rasul 10 34 36 gpib,   Khlbh masmur 55:2-,   renungan Nahum 1:2-8,   filipi 4:10-20,   filipi 4:10-20,   bacaan sabda bina umat hari ini,   https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=8940,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   renungan Nahum 1:2-8,   liturgi ibadah penghiburan dan kedukaan,   kotbah uem,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu rohani tentang pertobatan,   lagu pengantar bacaan firman tuhan,   Wahyu 22: 12,   unduh daftar bacaan gmit tahun 2019,   renungan minggu uem,   renungan yohanes 12 37-43,   Bacaan kristen tgl 17 nopember 2019,   Contoh renungan untuk ibadah minggu tgl 17 november 2019,   saat teduh tekun berkarya,   kalender gerejawi 2019,   di depan mata yesus,   renungan Luk 21,5-19,   renungan kristen ibrani 13:20-21 dari gmit,   renungan Nahum 1 : 1-8,   tema natal gereja hkbp tahun 2019 1 Yohanes 4:42,   tema natal hkbp tahun 2019 ,   thema natal hkbp 2019,   thema natal hkbp 2019,   dangdut rohani,   khotbah pilipi 4:10-20 17 november 2019,   kotbah markus 2:1-12,   renungan lukas 20: 25,   Penjelsan nats firman ibrani 11:1 utk ank sekolh minggu,   renungan singkat dari masmur 11:1-7,   renungan nahum 1 : 1-8,   khotbah tentang malaikat,   Rngn kol 1:15-20 ,   kalender liturgi 2020,   kotbah kolose1:15-23,   lirik lagu firmanmu pelita kc 140,   Nats khotbah amsal 19:20-29,   kotbah Lukas 21:5-19,   kotbah Lukas 21:5-19,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   ayat tentang anugerah dan belas kasihan tuhan,   jamita filipi 4:10-20,   lagu persembahan,   lagu yg cocok buat persembahan,   kotbah Lukas 21:5-19,   lagu lagu ibadah persekutuan,   lirik lagu kolekte hkbp,   TUHAN YESUS sobat yang setia youtube joshep scriven youtube,   lirik lagu bagai rusa yang haus,   lirik lagu bagai rusa yang haus,   narasi persembahan kristen ,   poin penting dalam khotbah lukas 2:1-7,   khotbsh kis rssul 10 34 46 gmit,   lagu setelah khotbah,   lagu persembahan kristen,