c59shop.com
   
Save Page
1 Korintus 16:5-9
Rencana Paulus
16:5 Aku akan datang kepadamu, sesudah aku melintasi Makedonia, sebab aku akan melintasi Makedonia. 16:6 Dan di Korintus mungkin aku akan tinggal beberapa lamanya dengan kamu atau mungkin aku akan tinggal selama musim dingin, sehingga kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku. 16:7 Sebab sekarang aku tidak mau melihat kamu hanya sepintas lalu saja. Aku harap dapat tinggal agak lama dengan kamu, jika diperkenankan Tuhan. 16:8 Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai hari raya Pentakosta, 16:9 sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.


Penjelasan:


* Rencana Kunjungan Paulus (16:5-9)
Sang rasul ingin tinggal sebentar di antara orang-orang Korintus. Oleh karena itu dia merencanakan untuk melewati Makedonia dahulu dan tidak langsung ke Korintus. Hal ini menunjukkan adanya perubahan rencana yang karenanya dia kemudian dikecam oleh kalangan tertentu di dalam gereja (bdg. II Kor. 1:15-17). 5, 6. Kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku bukan dimaksudkan agar mereka memberikan uang kepadanya (bdg. 9:15). 7. Jika diperkenan Tuhan. Pengakuan sang rasul tentang adanya kehendak yang lebih berkuasa daripada kehendaknya sendiri. 8, 9. Kesempatan. Bandingkan II Korintus 2:12; Kolose 4:3. Ada banyak penentang mungkin merupakan pendorong Paulus tinggal di Efesus (bdg. 15:32; Kis. 19:1-41).

*
    Dalam perikop ini Rasul Paulus memberitahukan dan menjelaskan tujuannya mengunjungi mereka. Mengenai hal ini, amatilah,
        1. Tujuannya: ia berniat melewati Asia, di mana ia berada sekarang (lihat ay. 8, 19), lalu melintasi Makedonia ke Akhaya, di mana Korintus berada, dan tinggal selama beberapa waktu bersama mereka, mungkin selama musim dingin (ay. 5-6). Sudah lama ia berjerih payah dalam jemaat ini, dan melakukan banyak kebajikan di antara mereka. Dan hatinya ingin melakukan jauh lebih banyak lagi (jika Allah menganggapnya pantas), dan karena itu ia berpikir ingin menemui mereka dan tinggal bersama mereka. Perhatikanlah, hati seorang hamba Tuhan yang sungguh-sungguh haruslah terpatri pada jemaat yang sudah lama ia layani dengan bersusah payah dan dengan hasil yang luar biasa. Tidak heran kalau Paulus ingin melihat Korintus dan tinggal bersama-sama mereka selama kewajiban-kewajibannya yang lain mengizinkan. Meskipun sebagian orang di antara jemaat ini merendahkannya, dan membentuk golongan melawan dia, tidak diragukan bahwa ada banyak orang yang sangat mengasihinya, dan menaruh hormat yang besar kepadanya sebagai seorang rasul dan bapa rohani mereka. Jadi, apa yang aneh jika ia ingin mengunjungi mereka dan tinggal bersama mereka? Sedangkan mengenai yang lainnya, yang sekarang sangat tidak menghormati dia, ia berharap dapat membuat mereka bersikap lebih baik, dan dengan demikian meluruskan apa yang kacau di dalam jemaat, dengan tinggal di antara mereka selama beberapa waktu. Jelas bahwa ia mengharapkan sesuatu yang baik, karena ia berkata ia berniat tinggal, sehingga mereka dapat menolong dia untuk melanjutkan perjalanannya (ay. 6). Bukan supaya mereka bisa menemaninya sebentar di jalan, tetapi supaya mereka mempercepat dan memperlengkapi dia untuk perjalanannya, membantu dan mendorongnya melakukan perjalanan itu, dan mencukupi keperluannya untuk itu. Harus dipahami bahwa ia didorong meneruskan perjalanannya dengan suatu cara yang berkenan pada Allah (seperti yang diungkapkan dalam 3 Yohanes 6), supaya ia tidak kekurangan suatu apa, sebagaimana yang dikatakannya sendiri (Tit. 3:13). Tinggalnya dia di antara mereka, begitu harapnya, akan menyembuhkan kecondongan mereka untuk membentuk golongan-golongan, dan mendamaikan mereka dengan dirinya sendiri serta mengembalikan mereka pada kewajiban mereka. Perhatikanlah, wajar jika seorang rasul ingin tinggal di tempat di mana ia mempunyai harapan untuk berbuat baik.
        2. Alasannya untuk tidak mengunjungi mereka sekarang, karena kunjungan itu hanya sepintas lalu saja (ay. 7), en parodō - in transitu - en passant: kunjungan itu hanya untuk sambil lalu saja. Ia tidak mau menemui mereka sebab ia tidak bisa tinggal bersama mereka. Kunjungan seperti itu tidak akan memuaskan atau menguntungkan mereka. Sebaliknya, itu justru akan menambah hasrat dan bukan memuaskannya, membangkitkan keinginan mereka untuk bersama-sama dan bukan memenuhi keinginan itu. Ia begitu mengasihi mereka sehingga merindukan kesempatan untuk tinggal bersama mereka, berdiam di antara mereka selama beberapa waktu. Ini akan lebih menyenangkan bagi dirinya, dan lebih berguna bagi mereka, daripada hanya sekadar singgah sebentar. Karena itu ia tidak mau menemui mereka sekarang, tetapi lain kali, ketika ia bisa tinggal lebih lama.
        3. Kita mendapati apa yang membatasi tujuan ini: Aku harap dapat tinggal agak lama dengan kamu, jika diperkenankan Tuhan (ay. 7). Walaupun para rasul menulis di bawah ilham, mereka tidak tahu bagaimana Allah akan menuntun mereka dengan ilham itu. Paulus bertujuan untuk datang ke Korintus, dan tinggal di sana, dan berharap untuk berbuat baik di sana. Ini bukanlah tujuan yang timbul dari gerakan atau dorongan apa pun yang luar biasa dari Roh Allah. Ini tidak terjadi karena ilham. Sebab seandainya begitu, ia tidak akan mengatakannya dengan cara seperti ini. Tujuan yang terbentuk seperti itu dalam dirinya pastilah bukan tujuan Allah, yang diberitahukan kepada Paulus oleh Roh-Nya. Dapatkah ia berkata bahwa ia akan datang ke Korintus hanya dengan pertimbangan ini, jika Allah berkenan, yaitu bahwa ia akan melaksanakan maksud Allah sendiri berkaitan dengan dirinya, atas seizin Allah? Jadi, ini harus dipahami sebagai tujuan biasa, yang terbentuk dalam rohnya sendiri. Dan berkenaan dengan semua tujuan kita, pantaslah jika kita berkata, "Kita akan melakukannya jika Tuhan berkenan." Perhatikanlah, semua tujuan kita harus kita buat dengan berserah pada pemeliharaan ilahi. Kita harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu" (Yak. 4:15). Apakah rencana-rencana kita akan berhasil atau tidak, itu bukan terserah kita, melainkan atas seizin ilahi. Oleh kuasa dan izin Allah, dan di bawah petunjuk-Nya, kita harus melakukan segala sesuatu. Orang-orang kafir pun setuju dalam mengakui pemeliharaan ilahi dalam segala perbuatan dan permasalahan kita. Jadi, tentu saja kita juga harus siap mengakuinya, dan sering serta sungguhsungguh memperhatikannya.
        4. Kita mendapati Rasul Paulus mengungkapkan tujuannya untuk tinggal di Efesus saat ini. Ia berkata bahwa ia akan tinggal di sana sampai hari raya Pentakosta (ay. 8). Sangat mungkin bahwa pada saat menulis surat ini ia berada di Efesus, berdasarkan bagian perikop ini, dengan membandingkannya dengan ayat 19, di mana ia berkata, "Salam kepadamu dari Jemaat-jemaat di Asia Kecil." Salam yang tepat dari Efesus, tetapi tidak begitu tepat seandainya ia berada di Filipi, sebagaimana yang tertulis dalam surat ini menurut salinan-salinan yang kita miliki. "Salam kepadamu dari Jemaat-jemaat di Makedonia" jauh lebih tepat diselipkan dalam bagian penutup surat dari Filipi, daripada dalam surat lain. Akan tetapi,
        5. Kita mendapati alasan yang diberikannya untuk tinggal di Efesus saat ini: Sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang (ay. 9). Terbuka baginya pintu yang lebar dan menjanjikan keberhasilan. Banyak yang siap menerima Injil di Efesus, dan Allah membuatnya sangat berhasil di antara mereka. Ia sudah membawa banyak orang kepada Kristus, dan ia mempunyai harapan besar untuk membawa lebih banyak orang lagi. Karena itulah ia bertekad untuk tinggal selama beberapa waktu di Efesus. Perhatikanlah, keberhasilan, dan harapan yang baik untuk mendapat lebih, adalah alasan yang wajar untuk menentukan apakah seorang rasul akan menetap dan bekerja di suatu tempat. Dan ada banyak penentang, karena terbuka pintu yang lebar dan menjanjikan keberhasilan. Perhatikanlah, keberhasilan besar dalam pekerjaan Injil biasanya menciptakan banyak musuh. Iblis paling gencar menentang dan menimbulkan banyak masalah bagi orang-orang yang dengan sepenuh hati dan berhasil bertekad untuk menghancurkan kerajaannya. Ada banyak penentang, dan karena itu Rasul Paulus bertekad untuk tinggal. Menurut sebagian orang, dalam bacaan ini Rasul Paulus merujuk pada kebiasaan Sirkus Romawi dan pintu-pintunya, yang melaluinya para penunggang kereta kuda harus masuk, sementara pada saat yang bersamaan lawan-lawan mereka masuk dari pintu-pintu yang berlawanan. Keberanian sejati akan semakin diasah oleh perlawanan. Tidak mengherankan jika keberanian kristiani Rasul Paulus digerakkan oleh semangat membara dari para penentangnya. Mereka berniat menghancurkan dia, dan mencegah supaya pelayanannya tidak berhasil di Efesus. Jadi, haruskah sekarang dia meninggalkan tempatnya, dan mempermalukan diri dan ajarannya? Tidak, perlawanan dari para penentang justru menggugah semangatnya. Tak sedikit pun ia gentar terhadap para penentangnya. Sebaliknya, semakin mereka mengamuk dan menentang, semakin kuat ia mengerahkan tenaganya. Haruskah orang seperti dia melarikan diri? Perhatikanlah, para penentang dan perlawanan tidak akan menghancurkan semangat hamba-hamba Tuhan yang setia dan berhasil, tetapi justru menyalakan semangat mereka, dan mengilhami mereka dengan keberanian yang baru. Memang, bekerja tanpa hasil membuat kita patah semangat dan tawar hati. Ini mengecutkan roh, dan menghancurkan hati. Namun, keberhasilan akan memberikan kehidupan dan semangat kepada seorang hamba Tuhan, walaupun musuh-musuh geram, menghujat, dan menganiaya. Bukan perlawanan musuh-musuh, melainkan kekerasan dan ketegaran hati para pendengarnya, dan kemurtadan serta pemberontakan mereka yang mengaku percayalah yang mengecutkan hati seorang hamba Tuhan yang setia dan menghancurkan hatinya.


SBU


MINGGU X SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 17 AGUSTUS 2017
HUT KE 72 RI
GB.345 : 1 -Berdoa
KASIH DAN KEMERDEKAAN

1 Korintus 16:1-4
Pada hari pertama.... menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah (ay.2a)

MERDEKA IMERDEKA IMERDEKA l hari ini, gegap gempita masyarakat Indonesia menyerukan kata Merdeka. Ya, hari ini kita merayakan kemerdekaan kita sebagai bangsa yang bebas dan bermartabat. Kemerdekaan bangsa kita, adalah karya keselamatan yang nyata dari Tuhan. Sebagai baglan dari negeri ini, kita bersyukur bahwa Tuhan mengijinkan kita menyaksikan karya besar-Nya dengan memberikan kemerdekaan. Karya besar itu tidak hanya berlaku bagi Gereja-Nya, tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia. Pengalaman bersama Allah yang telah menyelamatkan karena Kasih-Nya yang besar, mengantar Paulus untuk memotivasi Jemaat di Korintus melakukan perbuatan-perbuatan baik bagi sesamanya Jemaat di Yerusalem.

Bagi Paulus kasih dan keselamatan dari Allah adalah, modal besar untuk menggandakan terus perbuatan baik Jemaat. Jemaat di Yerusalem membutuhkan bantuan kemanusiaan, bukan bantuan pembangunan gedung secara fisik.Mereka ada dalam kemiskinan dan ketidak-berdayaan. Adalah tanggung jawab bersama orang-
orang yang sudah dimerdekakan Allah, untuk saling membantu dan menopang dalam perbuatan baik. Paulus meminta, jemaat Korintus untuk menyalurkan bantuan mereka, sebagai tanda Kasih Kristus, kepada jemaat di Yerusalem. Kemerdekaan yang dikaruniakan Tuhan kepada kita, tidak serta merta menghapuskan berbagai persoalan kemanusiaan, seperti kemiskinan, kekerasan, ketidak-adilan, kesewang-wenangan, keterbelakangan dan sejumlah persoalan lainnya.

Di sekitar kita, hari ini mari temukan bahwa ada sejumlah persoalan yan gmasih menjadi tanggung jawab bersama untuk diatasi. Pagi ini, ketika kita berseru, Merdeka, pastikan bahwa ketika kaki kita melangkah keluar rumah, kita siap dan sedia untuk mengulurkan tangan memberi bantuan bagi mereka yang papah, hina, dan sedang menahan lapar dalam kemiskinan. Mereka ada di dekat anda, ulurkan tangan berilah bantuanmu, agar mereka menjumpai kasih Kristus
yang memérdekakan.

GB.345:2,3
Doa : (Tuhan Yesus, terima kasih untuk kemerdekaan bangsaku, ajarilah kami untuk membawa kasih yang memerdekakan sesama kami yang masih diliputi penderitaan)



MINGGU X SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 17 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
KJ.336: 1,2-Berdoa
MENGISI KEMERDEKAAN

1 Korintus 16:5-9
sebab disini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan .... (ay.9)

Allah memanggil berbagai pribadi, seperti Abraham, Musa, Yosua, Paulus," dan Iainnya lagi, untuk menjadi berkat. Mengapa Allah melakukannya? Apa tujuan Allah ? Allah memanggil mereka ke tempat dan kondisi, yang tidak sebaik, seindah, atau sesuai dengan tempat asal, status mereka sebelumnya. Allah justru memanggil mereka untuk berjuang, berbela rasa, berduka, berpeluh, bersakit-sakit, berpeluh penderitaan.

Allah memang mengasihi dan membentuk hamba-hamba-Nya sedemikian rupa untuk mengasihi Dia, mengikut Dia, dan melakukan apa yang ia kehendaki untuk dikerjakan menjadi berkat dan model bagi dunia, bagaimana hidup dengan Allah yang hidup. lnilah yang dialami oleh Paulus, ketika bersurat kepada Jemaat di Korintus.Paulus pasti mengalami kelelahan juga, setelah bertahun-tahun menekunl perjalanan misinya, menghadapi tantangan, juga tentangan. Namun pada saat yang sama ketika berada di Efesus, ia melihat ada pintu yang terbuka untuk meluaskan pelayanannya, dan karena itu muncullah beberapa jemaat baru. Pintu yang terbuka tersebut di lihat sebagai pintu kesempatan, tanggung-jawab dan perjuangan.

Ia katakan sekalipun ada penentang, tetapi yang menjadi perhatiannya adalah pintu kesempatan yang terbuka untuk pekerjaan yang besar dan penting. Pekerjaan besar dan penting itu, adalah menyebarkan berita keselamatan, yaitu kasih besar Allah bagi umat-Nya. Kemerdekaan bangsa Indonesia yang kita rayakan hari ini, adalah pintu yang di bukakan oleh Allah. Pintu itu adalah pintu kesempatan untuk mem-beritakan lnjil, pintu tanggung-jawab kita terhadap dunia milik Tuhan, pintu perjuangan untuk menghadirkan damai sejahtera Kristus. la tidak memberikan kemerdekaan hanya untuk disyukuri oleh seluruh rakyat Indonesia dan gereja-Nya, tetapi lebih dari itu. Supaya kita yang ada di berbagai pelosok bumi Indonesia, di kota, desa, laut dan daratan, terus menjadi berkat.

Kita dipanggil dan di utus di negeri yang tercinta ini, sembari Ia sendiri membukakan Pintu kesempatan bagi kita untuk berkarya dan bersaksi. Jangan hanya mengeluh atas ancaman, tetapi berjuanglah untuk mengubah ancaman itu menjadi kesempatan besar untuk terlibat dalam karya keselamatan Allah.

KJ.336:3,4
Doa : (Tuhan jika hari ini kami tutup dengan syukur, teruskan kasih-Mu untuk merawat negeri kami)

Label:   1 Korintus 16:5-9 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 18 AGUSTUS 2017 - MENGABDILAH TERUS PADANYA 1 Korintus 16:12-15 - MINGGU X SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 16 AGUSTUS 2017 KASIH 1 Korintus 13:1-13 - MINGGU X SESUDAH PENTAKOSTA

Baca Garis Besar 1 Korintus

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan


Nyanyian Ibadah Gereja
KMM, KJ, PKJ, GB, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, KPPK, NKI, KPRI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, EN*, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, AG*, YSMS*, Puji Syukur, Madah Bakti,
Pembacaan Alkitab Anggota UEM Oktober 2017
(CRC Cina, GBKB, GKPPD, HKI, GKJTU, GKJW, GKKPA, GBKP, GKPI, BNKP, GKPM, GKPS, HKBP, GKITP, UCPP Filipina, dan MC-SL Srilangka)


Minggu 31 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 31 Desember 2017 - Galatia 4:4-7
Penjelasan Ayat

Selasa, 26 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Selasa, 26 Desember 2017 Mazmur 98:2-9 - Natal-2
Penjelasan Ayat

Senin, 25 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Senin, 25 Desember 2017 - Yesaya 52:7-10 - Natal
Penjelasan Ayat

Minggu 24 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 24 Desember 2017 - Lukas 1:26-38
Penjelasan Ayat

Minggu, 24 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu, 24 Desember 2017 - Malam Natal
Penjelasan Ayat

Minggu 17 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 17 Desember 2017 - Mazmur 126:1-6
Penjelasan Ayat

Minggu, 10 Desember 2017
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 10 Desember 2017 - 2 Petrus 3:8-15a
Penjelasan Ayat
Khotbah Gereja CRC Cina, GBKB, GKPPD, HKI, GKJTU, GKJW, GKKPA, GBKP, GKPI, BNKP, GKPM, GKPS, HKBP, GKITP, UCPP Filipina, dan MC-SL Srilangka


Keluaran 18:13-27 (1)
1 Korintus 11:2-12 (1)
1 Korintus 11:23-24 (1)
1 Korintus 13:1-13 (1)
1 Korintus 13:4-8 (1)
1 Korintus 14:34-40 (1)
1 Korintus 16:12-15 (1)
1 Korintus 16:19-24 (1)
1 Korintus 16:5-9 (1)
1 Korintus 1:10-17 (1)
1 Korintus 3:10-23 (1)
1 Korintus 5:9-13 (1)
1 Korintus 6:12-20 (1)
1 Korintus 7:12-16 (1)
1 Korintus 7:25-40 (1)
1 Raja-Raja 11:1-13 (1)
1 Raja-Raja 12:16-24 (1)
1 Raja-Raja 13:23-34 (1)
1 Raja-Raja 22:41-51 (1)
1 Raja-Raja 9:1-9 (1)
1 Samuel 16:19-23 (1)
1 Samuel 18:6-30 (1)
1 Samuel 2:1-8 (1)
1 Samuel 4:12-22 (1)
1 Samuel 5:6-12 (1)
1 Samuel 6:10-21 (1)
1 Samuel 9:17-27 (1)
1 Tawarikh 16:23-27 (1)
1 Tawarikh 16:34-36 (1)
1 Tawarikh 22:2-19 (1)
1 Tawarikh 23:28-32 (1)
1 Tawarikh 25:1-7 (1)
1 Tawarikh 26:1-32 (1)
1 Tawarikh 6:31-47 (1)
1 Yohanes 4:1-6 (1)
2 Raja-Raja 4:42-44 (1)
2 Raja-Raja 4:8-24 (1)
2 Raja-Raja 5:13-14 (1)
2 Raja-Raja 5:19b-27 (1)
2 Raja-Raja 6:8-23 (1)
2 Raja-Raja 8:1-6 (1)
2 Raja-Raja 8:11-15 (1)
2 Samuel 3:30-39 (1)
2 Samuel 3:6-16 (1)
2 Samuel 4:9-12 (1)
2 Samuel 5:6-10 (1)
2 Samuel 6:1-10 (1)
2 Samuel 7:18-29 (1)
Amos 1:1-8 (1)
Amos 2:13-16 (1)
Amos 2:4-5 (1)
Amos 3:9-15 (1)
Amos 4:4-5 (1)
Amos 5:1-3 (1)
Amos 5:7-13 (1)
Amsal 12:11-28 (1)
Amsal 13:20-25 (1)
Amsal 15:17-33 (1)
Amsal 16:10-15 (1)
Amsal 16:21-33 (1)
Amsal 17:7-22 (1)
Amsal 22:1-6 (1)
Amsal 5:1-14 (1)
Amsal 6:12-19 (1)
Amsal 6:25-35 (1)
Amsal 7:21-27 (1)
Amsal 8:22-36 (1)
Amsal 9:10-18 (1)
Ayub 16 (1)
Ayub 2:8-13 (1)
Ayub 3:20-26 (1)
Ayub 4:14-21 (1)
Ayub 5:17-27 (1)
Ayub 6:1-13 (1)
Ayub 7:11-21 (1)
Bilangan 2:1-34 (1)
Bilangan 3:14-39 (1)
Bilangan 4:21-49 (1)
Bilangan 5:5-10 (1)
Bilangan 6:22-27 (1)
Daniel 10:10-14 (1)
Daniel 11:2-9 (1)
Daniel 11:20-28 (1)
Daniel 11:40-45 (1)
Daniel 12:8-13 (1)
Daniel 5:1-13 (1)
Daniel 9:20-24 (1)
Efesus 2:11-18 (1)
Efesus 3:7-13 (1)
Ezra 1:7-11 (1)
Ezra 2:36-42 (1)
Ezra 2:43-54 (1)
Ezra 2:59-63 (1)
Ezra 3:10-13 (1)
Ezra 3:6-7 (1)
Ezra 4:23-24 (1)
Ezra 4:6-16 (1)
Ezra 5:6-17 (1)
Ezra 6:6-12 (1)
Filemon 1:8-21 (1)
Hagai 1:1-11 (1)
Hagai 2:16-29 (1)
Hagai 2:24 (1)
Hagai 2:7-10 (1)
Hakim-Hakim 11:1-11 (1)
Hakim-Hakim 11:34-40 (1)
Hakim-Hakim 12:8-15 (1)
Hakim-Hakim 13:8-24 (1)
Hakim-Hakim 15:14-20 (1)
Hakim-Hakim 16:23-31 (1)
Hakim-Hakim 1:22-36 (1)
Hakim-Hakim 2:6-23 (1)
Hakim-Hakim 6:25-40 (1)
Hosea 10:1-8 (1)
Hosea 10:12-15 (1)
Hosea 1:1-9 (1)
Hosea 2:15-22 (1)
Hosea 2:8-12 (1)
Hosea 8:7-14 (1)
Hosea 9:7-9 (1)
Imamat 10:1-7 (1)
Imamat 10:16-20 (1)
Imamat 11:13-19 (1)
Imamat 11:24-28 (1)
Imamat 11:39-40 (1)
Imamat 11:46-47 (1)
Imamat 12:7-8 (1)
Imamat 25:14-22 (1)
Imamat 25:29-34 (1)
Imamat 25:47-55 (1)
Imamat 26:14-26 (1)
Imamat 26:43-46 (1)
Imamat 27:28-34 (1)
Imamat 2:1-16 (1)
Imamat 3:12-17 (1)
Imamat 4:13-26 (1)
Imamat 6:1-7 (1)
Imamat 7:28-38 (1)
Kejadian 24:1-9 (1)
Kejadian 25:29-34 (1)
Kejadian 25:7-11 (1)
Kejadian 26:16-25 (1)
Kejadian 27:1-17 (1)
Kejadian 27:30-40 (1)
Kejadian 2:8-25 (1)
Keluaran 16:1-10 (1)
Keluaran 16:31-36 (1)
Keluaran 17:8-15 (1)
Keluaran 18:13-27 (1)
Keluaran 19:14-25 (1)
Keluaran 1:1-14 (1)
Keluaran 20:18-21 (1)
Keluaran 21:1-11 (1)
Keluaran 2:23-25 (1)
Keluaran 2:7-10 (1)
Keluaran 4:10-17 (1)
Keluaran 4:27-31 (2)
Keluaran 5:22-23 (1)
Keluaran 6:8-12 (1)
Kisah Para Rasul 12:1-18 (1)
Kisah Para Rasul 13:13-25 (1)
Kisah Para Rasul 13:32-37 (1)
Kisah Para Rasul 13:44-48 (1)
Kisah Para Rasul 14:1-7 (1)
Kisah Para Rasul 14:14-18 (1)
Kisah Para Rasul 14:21-28 (1)
Kisah Para Rasul 4:23-31 (1)
Kisah Para Rasul 5:12-16 (1)
Kisah Para Rasul 5:26-42 (1)
Kisah Para Rasul 6:8-15 (1)
Kisah Para Rasul 7:30-50 (1)
Kisah Para Rasul 7:54-60 (1)
Kisah Para Rasul 8:14-25 (1)
Korintus 13:8-13 (1)
Korintus 4:6-21 (1)
Lukas 10:1-7 (1)
Lukas 10:17-20 (1)
Lukas 10:23-24 (1)
Lukas 10:29-37 (1)
Lukas 10:39-42 (1)
Lukas 13:15-17 (1)
Lukas 14:7-11 (1)
Lukas 23:50-55 (1)
Lukas 24:1-8 (1)
Lukas 24:50-53 (1)
Lukas 2:1-7 (1)
Lukas 3:1-9 (1)
Lukas 3:23-38 (1)
LUKAS 8:16-18 (1)
Lukas 8:26-29 (1)
LUKAS 8:34-39 (1)
LUKAS 8:43-48 (1)
Lukas 8:54-56 (1)
Lukas 9:15-17 (1)
Maleakhi 1:1-5 (1)
Maleakhi 1:12-14 (1)
Maleakhi 2:17 (1)
Maleakhi 2:6-9 (1)
Maleakhi 3:16-18 (1)
Maleakhi 3:6-12 (1)
Maleakhi 4:4-6 (1)
Markus 1:16-20 (1)
Markus 2:1-12 (1)
Markus 2:18-22 (1)
Markus 3:1-6 (1)
Markus 3:13-19 (1)
Markus 3:30-35 (1)
Markus 9:2-8 (1)
Markus 9:28-29 (1)
Matius 12:22-37 (1)
Matius 12:9-15a (1)
Matius 13:18-23 (1)
Matius 13:31-35 (1)
Matius 13:44-46 (1)
Matius 25:1-10 (1)
Matius 25:11-13 (1)
Matius 8:14-17 (1)
Mazmur 102:13-23 (1)
Mazmur 103:1-5 (1)
Mazmur 103:15-22 (1)
Mazmur 104:19-24 (1)
Mazmur 104:31-35 (1)
Mazmur 108:11-14 (1)
Mazmur 109:26-31 (1)
Mazmur 109:6-20 (1)
Mazmur 10:1-18 (1)
Mazmur 113:1-9 (1)
Mazmur 115:1-15 (1)
Mazmur 117:1-2 (1)
Mazmur 119:1-8 (1)
Mazmur 119:17-32 (1)
Mazmur 119:33-40 (1)
Mazmur 119:41-46 (1)
Mazmur 119:57-64 (1)
Mazmur 5:2-13 (1)
Mazmur 7:2-18 (1)
Mazmur 83:10-19 (1)
Mazmur 84:9-13 (1)
Mazmur 86:1-13 (1)
Mazmur 88:14-19 (1)
Mazmur 8:2-10 (1)
Mazmur 90:1-12 (1)
Mazmur 9:2-21 (1)
Nehemia 13:10-14 (1)
Nehemia 13:23-31 (1)
Nehemia 8:1-9 (1)
Nehemia 8:17-19 (1)
Nehemia 9:16-31 (1)
Nehemia 9:38-10:27 (1)
Nehemia 9:6-15 (1)
Ratapan 1:1-19 (1)
Ratapan 2:11-16 (1)
Ratapan 3:1-23 (1)
Ratapan 3:37-45 (1)
Ratapan 3:58-66 (1)
Ratapan 4:1-15 (1)
Ratapan 5:16-22 (1)
Roma 10:4-13 (1)
Roma 11:33-36 (1)
Roma 2:12-16 (1)
Roma 3:1-8 (1)
Roma 3:21-31 (1)
Roma 7:13-20 (1)
Roma 7:26 (1)
Titus 1:5-11 (1)
Titus 2:15 (1)
Titus 2:3-5 (1)
Titus 2:9-10 (1)
Titus 3:12-14 (1)
Titus 3:4-8 (1)
Ulangan 10:12-22 (1)
Ulangan 12:1-12 (1)
Ulangan 12:29-32 (1)
Ulangan 13:6-11 (1)
Ulangan 15:1-11 (1)
Ulangan 15:19-23 (1)
Ulangan 5:23-27 (1)
Ulangan 5:32-33 (1)
Ulangan 5:6-21 (1)
Yehezkiel 11:14-25 (1)
Yehezkiel 12:17-28 (1)
Yehezkiel 13:17-23 (1)
Yehezkiel 14:12-21 (1)
Yehezkiel 1:1-14 (1)
Yehezkiel 2:8-10 (1)
Yehezkiel 3:10-15 (1)
Yehezkiel 4:13-17 (1)
Yehezkiel 5:11-17 (1)
Yehezkiel 5:5-7 (1)
Yehezkiel 6:1-7 (1)
Yehezkiel 7:1-13 (1)
Yehezkiel 7:24-27 (1)
Yehezkiel 8:14-18 (1)
Yehezkiel 9:6-11 (1)
Yeremia 1:1-10 (1)
Yeremia 2:14-19 (1)
Yeremia 2:26-37 (1)
Yeremia 3:6-13 (1)
Yeremia 4:11-18 (1)
Yeremia 4:29-31 (1)
Yesaya 11:6-10 (1)
Yesaya 13:9-22 (1)
Yesaya 41:21-29 (1)
Yesaya 42:5-9 (1)
Yesaya 50:4-11 (1)
Yesaya 51:1-3 (1)
Yesaya 51:12-16 (1)
Yesaya 51:21-23 (1)
Yesaya 65:11-12 (1)
Yesaya 65:15-16 (1)
Yesaya 65:24-25 (1)
Yesaya 65:6-7 (1)
Yesaya l1:15-16 (1)
Yohanes 14:18-20 (1)
Yohanes 14:27 (1)
Yohanes 15:9-16 (1)
Yohanes 15:9-17 (1)
Yohanes 3:14-21 (1)
Yohanes 3:31-36 (1)
Yohanes 4:16-26 (1)
Yohanes 4:39-42 (1)
Yohanes 4:46-54 (1)
Yohanes 5:14-18 (1)
Yohanes 5:30-47 (1)
Yosua 10:1-11 (1)
Yosua 10:28-43 (1)
Yosua 11:1-15 (1)
Yosua 6:1-14 (1)
Yosua 7:1-16 (1)
Yosua 8:1-17 (1)
Yosua 8:30-35 (1)
Yosua 9:16-27 (1)
Yosua 9:22-27 (1)


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..


rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


MINGGU, 31 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 31 DESEMBER 2017 - IMAN YANG TETAP HIDUP - Matius 25:1-10 - MALAM AKHIR TAHUN
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

MINGGU, 31 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 31 DESEMBER 2017 - JANGAN TELEDOR... ELING LAN WASPODO - Matius 25:11-13 - AKHIR TAHUN
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SABTU, 30 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 30 DESEMBER 2017 - MENGGUGAH KESADARAN - Ulangan 5:32-33 - MINGGU NATAL
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

JUMAT, 29 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 29 DESEMBER 2017MEMAKNAI KETIDAKSEMPURNAAN Ulangan 5:23-27 - MINGGU NATAL
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

KAMIS, 28 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 28 DESEMBER 2017 - JEJAK PASANG TAPAK KETAATAN - Ulangan 5:6-21 - MINGGU NATAL
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

RABU, 27 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 27 DESEMBER 2017 - BERPEGANGLAH PADA JANJI TUHANMU - Ulangan 4:30-40 - MINGGU NATAL
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 26 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 26 DESEMBER 2017 - MENCINTAI KELUARGA ALLAH - Lukas 3:23-38 - HARI NATAL II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 25 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 25 DESEMBER 2017 - PERSIAPKAN JALAN UNTUK TUHAN - Lukas 3:1-9 - SELAMAT NATAL
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

MINGGU, 24 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 24 DESEMBER 2017 - SIAP DITOLAK DAN TIDAK DIHORMATI - Lukas 2:1-7 - MINGGU, 24 DESEMBER 2017
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SABTU, 23 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 23 DESEMBER 2017 - TERUS D|PEDUL|KAN ALLAH KEMBALI - Yesaya 65:24-25 - MINGGU ADVEN III
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

JUMAT, 22 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 22 DESEMBER 2017 - PERUBAHAN AJAIB - Yesaya 65:15-16 - MINGGU ADVEN III
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

KAMIS, 21 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 21 DESEMBER 2017 - UPAH BAGI YANG TIDAK SETIA - Yesaya 65:11-12 - MINGGU ADVEN III
Sabda Bina Umat (SBU)

RABU, 20 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 20 DESEMBER 2017 - SIKAP TUHAN TERHADAP PERILAKU UMAT-NYA - Yesaya 65:6-7 - MINGGU ADVEN II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 19 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 19 DESEMBER 2017 - AKIBAT HUKUMAN TUHAN - Yesaya 13:9-22 - MINGGU ADVEN III
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 18 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 18 DESEMBER 2017 - ALLAH YANG SEDIAKAN JALAN - Yesaya l1:15-16 - MINGGU ADVEN III
Sabda Bina Umat (SBU)

MINGGU, 17 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 17 DESEMBER 2017 - TIDAK ADA LAGI PERMUSUHAN - Yesaya 11:6-10 - HARI MINGGU ADVEN III
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SABTU, 16 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 16 DESEMBER 2017 - WAKTU YANG DINANTI PASTI TIBA - Daniel 12:8-13 - MINGGU ADVEN II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

JUMAT, 15 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 15 DESEMBER 2017 - SEBARKANLAH KABAR SUKACITA - Daniel 11:40-45 - MINGGU ADVEN II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

KAMIS, 14 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 14 DESEMBER 2017 - KEJUJURAN SEBAGAI POLA HIDUP - Daniel 11:20-28 - MINGGU ADVEN II - MINGGU ADVEN II
Sabda Bina Umat (SBU)

SELASA, 12 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 12 DESEMBER 2017 - ENGKAU ORANG YANG D|KASlHl - Daniel 10:10-14 - MINGGU ADVEN II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

RABU, 13 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 13 DESEMBER 2017 - ALLAH MENGETAHUI APA YANG AKAN TERJADI - Daniel 11:2-9 - MINGGU ADVEN II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SENIN, 11 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 11 DESEMBER 2017 - DOA MENGQBATI RASA RINDU - Daniel 9:20-24 - MINGGU ADVEN II
Sabda Bina Umat (SBU)

MINGGU, 10 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB - MINGGU, 10 DESEM BER 2017 - DIMANAKAH TUHAN? - Daniel 5:1-13 - HARI MINGGU ADVEN II
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SABTU, 9 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 9 DESEMBER 2017 - AYO BERTOBAT SEBELUM TERLAMBAT - Maleakhi 4:4-6 - MINGGU ADVEN I
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

JUMAT, 8 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 8 DESEMBER 2017 - MEMANG ENAK JADI ORANG BENAR? - Maleakhi 3:16-18 - MINGGU ADVEN I
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

KAMIS, 7 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 7 DESEMBER 2017 - BERKAT DALAM PERSEMBAHAN - Maleakhi 3:6-12 - MINGGU ADVEN I
Sabda Bina Umat (SBU)

RABU, 6 DESEMBERv2017
Khotbah Ibadah GPIB - RABU, 6 DESEMBERv2017 - PEMBARUAN SEBAGAI UMAT ALLAH - Maleakhi 2:17 - MINGGU ADVEN I
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 5 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 5 DESEMBER 2017 - BERSAKSI DALAM KATA DAN TELADAN - Maleakhi 2:6-9 - MINGGU ADVEN I
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 4 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 4 DESEMBER 2017 - PERSEMBAHAN JUJUR DI HADAPAN TUHAN - Maleakhi 1:12-14 - MINGGU ADVEN I
Sabda Bina Umat (SBU)

MINGGU, 3 DESEMBER 2017
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 3 DESEMBER 2017 MENANTIKAN KARYA BESAFI TUHAN - Maleakhi 1:1-5 - HARI MINGGU ADVEN I
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)




Senin, 23 Oktober 2017
Belajar Dari Seorang Anak Kecil


20 Oktober 2017
JANGAN PERNAH MENYALAHKAN RENCANA TUHAN


Jumat, 06 Oktober 2017
AIR MINUM DI GURUN


Kamis, 05 Oktober 2017
BERAT SEGELAS AIR


Selasa, 03 Oktober 2017
TETAPLAH SETIA




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)