Save Page
1 Korintus 16:12-15
16:12 Tentang saudara Apolos: telah berulang-ulang aku mendesaknya untuk bersama-sama dengan saudara-saudara lain mengunjungi kamu, tetapi ia sama sekali tidak mau datang sekarang. Kalau ada kesempatan baik nanti, ia akan datang. 16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! 16:14 Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih! 16:15 Ada suatu permintaan lagi kepadamu, saudara-saudara. Kamu tahu, bahwa Stefanus dan keluarganya adalah orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada pelayanan orang-orang kudus.

Penjelasan:



* Ia memberi tahu mereka tentang Apolos yang bermaksud menemui mereka.
    1. Ia sendiri sangat ingin Apolos datang kepada mereka (ay. 12). Meskipun satu golongan di antara mereka sudah menyatakan mendukung Apolos melawan Paulus (jika bacaan itu dipahami secara harfiah, lihat 4:6), namun Paulus tidak menghalang-halangi Apolos untuk pergi ke Korintus tanpa dia. Bahkan, ia mendesaknya untuk pergi ke sana. Ia tidak curiga dengan Apolos, kalau-kalau Apolos akan membuat orang-orang Korintus kurang menghormati Paulus dan menghargai kepentingannya, dan memajukan kepentingan serta kehormatannya sendiri. Perhatikanlah, hamba-hamba Tuhan yang setia tidak condong menumbuhkan iri hati satu terhadap yang lain, tidak pula mencurigai adanya rencana-rencana yang mementingkan diri sendiri seperti itu. Kasih sejati dan kasih persaudaraan tidak memikirkan yang jahat. Dan di mana lagi kedua kasih itu harus bertakhta, jika bukan di dalam dada para hamba Kristus?
    2. Apolos tidak berhasil diminta datang kali ini, tetapi dia akan datang pada waktu yang lebih tepat. Mungkin perseteruan dan perpecahan mereka membuat waktu sekarang tidak tepat. Ia tidak mau pergi untuk diangkat menjadi ketua golongan dan menyetujui kecenderungan mereka yang memecah belah dan suka berselisih. Apabila ini sudah mereda, melalui surat Paulus kepada mereka dan pelayanan Timotius di antara mereka, boleh jadi Apolos akan menyimpulkan itulah waktu yang lebih tepat untuk berkunjung. Para rasul tidak bersaing satu sama lain, tetapi berusaha untuk saling menghibur dan membuat satu sama lain berguna. Paulus mengisyaratkan perhatiannya yang besar kepada jemaat Korintus, sekalipun mereka sudah memperlakukan dia dengan buruk, dengan memohon Apolos untuk pergi menemui mereka. Dan Apolos menunjukkan penghormatannya kepada Paulus, serta kepeduliannya untuk menjaga wibawa dan wewenangnya, dengan menolak pergi sebelum orang-orang Korintus bisa bersikap lebih baik. Perhatikanlah, sudah sepantasnya hamba-hamba Injil peduli dan menunjukkan kepedulian terhadap nama baik dan peran satu sama lain.


* Petunjuk-petunjuk Khusus (1 Korintus 16:13-15)

    Dalam perikop ini, Rasul Paulus memberikan,
        I. Beberapa nasihat umum, seperti,
            1. Bahwa mereka harus berjaga-jaga (ay. 13), harus awas dan waspada. Orang Kristen selalu berada dalam bahaya, dan karena itu harus senantiasa berjaga-jaga. Tetapi bahaya itu lebih besar pada waktu-waktu dan keadaan-keadaan tertentu. Jemaat di Korintus nyata-nyata berada dalam bahaya karena banyak alasan. Pertikaian mereka sangat sengit, dan ada begitu banyak kekacauan di antara mereka. Ada para penyesat di antara mereka, yang berusaha merusak iman mereka dalam perkara-perkara yang paling penting, yang tanpanya kebajikan dan kesalehan tidak akan pernah bisa terlaksana. Dan tentu saja dalam keadaan-keadaan yang berbahaya seperti itu mereka perlu berjaga-jaga. Perhatikanlah, jika orang Kristen mau aman, ia harus berjaga-jaga. Semakin besar bahaya, semakin perlu ia waspada akan keamanannya.
            2. Ia menasihati mereka untuk berdiri dengan teguh dalam iman, untuk tetap bertahan, berpegang pada wahyu Allah, dan tidak melepasnya demi hikmat dunia, atau membiarkannya dirusakkan oleh hikmat dunia. Mereka harus tetap berdiri untuk mempertahankan iman akan Injil, dan menjaganya bahkan sampai mati sekalipun. Berdirilah di dalamnya, sehingga kamu bisa tetap mengakuinya, dan merasakan serta berserah pada kuasanya. Perhatikanlah, orang Kristen harus teguh dalam iman Injil, dan tidak pernah meninggalkan atau melepaskannya. Oleh iman ini sajalah ia akan mampu bertahan pada masa pencobaan. Oleh imanlah kita berdiri (2Kor 1:24). Dan oleh iman inilah kita harus mengalahkan dunia (1Yoh. 5:4), baik ketika dunia tersenyum maupun cemberut, ketika ia menggoda maupun menakut-nakuti. Itulah sebabnya kita harus berdiri dalam iman Injil, jika kita mau mempertahankan kesetiaan kita.
            3. Ia menasihati mereka untuk bersikap sebagai laki-laki, dan kuat: "Bersikaplah sebagai laki-laki, kuat, dan bertekad baja. Gigihlah dalam berjuang menghadapi orang-orang jahat yang ingin memecah belah dan merusakkan kamu, yang hendak memecah belah kamu atau menggoda kamu untuk menjauhi imanmu itu. Janganlah kamu takut atau termakan oleh mereka. Tetapi tunjukkanlah bahwa kamu adalah laki-laki di dalam Kristus, dengan kekokohan kamu, dengan pertimbangan yang matang dan keputusan yang teguh." Perhatikanlah, orang-orang Kristen harus gagah dan tegas dalam bertanding melawan musuh-musuh mereka, dalam membela iman mereka, dan mempertahankan hidup mereka yang lurus. Mereka harus bersikap demikian khususnya dalam perkara-perkara iman yang menjadi fondasi bagi agama yang sehat dan nyata benar, seperti perkara-perkara yang diserang di dalam jemaat Korintus ini. Perkara-perkara ini harus dipertahankan dengan pertimbangan yang mantap dan keputusan yang kuat.
            4. Ia menasihati mereka untuk melakukan segala sesuatunya dengan kasih (ay. 14). Semangat dan ketetapan kita harus sejalan dengan rasa kasih. Ketika Rasul Paulus ingin supaya kita bersikap sebagai laki-laki bagi iman atau agama kita, ia juga memperingatkan supaya kita tidak bersikap seperti Iblis untuk itu.


SBU




MINGGU X SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 18 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
GB.284 : 1 -Berdoa
HORMATILAH MEREKA YANG BEKERJA DI ANTARAMU

1 Korintus 16:10-11
Jadi, jangan ada orang yang menganggapnya rendah!.... (ay.11a)

Timotius adalah salah seorang rekan sekerja Paulus, dari sejumlah orang yang melakukan berbagai perjalanan pelayanan. Tidak heran ada 2 surat secara khusus yang dituliskan oleh Paulus kepada Timotius. Melalui tulisannya, Paulus menopang pelayanan Timotius sebagai seorang di Efesus. Paulus bermaksud mengirim Timotius dan beberapa orang Iainnya, mewakili dirinya untuk melayani dan membangun jemaat-jemaat yang sudah ia bangun. lni adalah kali kedua, bagi Timotius untuk menjalani tugas di Korintus, atas permintaan Paulus.

Sekaligus kehadiran Timotius, untuk mengantisipasi benih-benih perpecahan dalam jemaat, mengingat tujuan dari surat Korintus ini ditulis oleh Paulus, terkait ada beberapa persoalan di tengah jemaat, bahkan ada ketegangan antara Paulus dan beberapa orang dari jemaat tersebut. Paulus tidak bekerja sendirian, untuk mengemban tugas pekabaran Injil. Paulus bekeqa bersama Timotius, dan untuk itu ia berharap mereka, jemaat Korintus, memperhatikan Timotius dan segala perkataannya. Sekalipun tugas yang di emban Timotius tidak mudah, tetapi Paulus tetap mengharapkan Timotius dihargai walau ia seorang yang masih muda. Harapan Paulus, nantinya Timotius akan membawa kabar baik kepada Paulus. Allah tidak pernah kebetulan mempertemukan kita dengan berbagai pribadi.

Kerap Tuhan mempertemukan kita dengan seseorang untuk menjadi rekan sekerja kita. Mereka ada untuk bekerja bersama kita, dalam dunia milik Tuhan.Bahkan Tuhan menempatkan seseorang dengan tujuan untuk bekerja membangun jemaat-Nya, tanpa pernah kita meminta atau siap untuk itu. Siapapun yang Tuhan perjumpakan dengan kita hari ini, mari membuka hati dan pikiran kita seluas-luasnya, bahwa melalui orang tersebut ada pekerjaan besar yang sedang Allah siapkan bagi kita. Hargai dan hormatilah kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan potensinya, yakinlah bahwa Tuhan tahu kepada siapa ia mempercayakan pekerjaan-Nya.

GB.284:2
Doa : (Tuhan, perjumpakanlah kami dengan mereka yang Tuhan utus untuk bekerja bersama kami di dunia ini, demi kemuliaan-Mu)




MINGGU X SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 18 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
KJ.468 : 1-Berdoa
MENGABDILAH TERUS PADANYA

1 Korintus 16:12-15
Berjaga-jagalah! Berdirilah teguh dalam iman! (ay.13)

Menginginkan sesuatu terus menerus tanpa dapat dihentikan adalah "kecanduan". Biasanya kita menghubungkan kecanduan dengan sesuatu yang buruk, seperti obat, alkohol, makanan, belanja, dsb. Apakah kecanduan selalu terhubung dengan hal buruk ? bacaan kita malam ini, Paulus menulis tentang Apolos, yang ia sebut saudara, dan Stefanus beserta keluarganya. Mereka mengabdikan diri, kata yang dipakai adalah "addiction", atau terus menerus dengan semangat yang tinggi memberi diri untuk pekerjaan Tuhan. Kita sering melarikan diri dari berbagai persoalan dengan kecanduan atas hal-hal yang buruk, yang pada gilirannya justru menghancurkan kehidupan kita.

Mari belajar dari para pelayan Tuhan yang dituliskan oleh Paulus. Pertama, kita harus selalu berkerinduan untuk mengabdi kepada Tuhan. Kita harus sedia menyerahkan seluruh hati dan keberadaan kita kepada Tuhan. Hanya dengan demikian kita dapat mengatasi berbagai persoalan yang datang menggoda kita. Kedua, kita harus berkerinduan terus menerus dalam doa. Mengapa banyak di antara kita yang tidak memperoleh apapun dalam hidupnya, karena ia kehilangan kekuatan doa. Doa membuat kita bertahan dan menemukan jawaban Tuhan. Ketiga, bertekunlah terus dalam kasih, karena di dalamnya kita berpengharapan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Keempat, bertekunlah terus dalam pelayanan kepada orang-orang Kudus, yaitu JemaatTuhan.Tidak ada kata Ielah, ketika selalu berkerinduan untuk melayani umat A||ah.Keempat hal diatas menjadi buah dari seluruh perjalanan hidup orang percaya yang mengalami kasih dan karya Tuhan yang membebaskan. Menemukan hidup yang berarti, hanya ada di dalam Kristus.

Mari belajar untuk mengevaluasi diri kita, apakah saya sudah membiarkan diri saya sepenuhnya, seperti seseorang yang terus menerus kecanduan akan kasih dan kuasa Allah. Apakah kita membangun mental dan karakter sebagai seseorang yang terus menerus memiliki kerinduan pada Allah dan pekerjaan-Nya. Malam sudah kita jelang, mari teduhkan diri, dan memohon belas kasihan Allah untuk membaharui diri kita.

KJ. 468 : 3
Doa : (Tuhan jagailah kami, melewati malam ini. Berilah kami kemauan yang terus bernyala-nyala untuk hidup di dalam Engkau)

Label:   1 Korintus 16:12-15 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 19 AGUSTUS 2017 - KASIH-NYA MENYERTAI 1 Korintus 16:19-24 - MINGGU X SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 - MENGISI KEMERDEKAAN 1 Korintus 16:5-9 - MINGGU X SES. PENTAKOSTA

Garis Besar 1 Korintus






Hari ini, 12 November - Kisah Para Rasul 7-9

Hari ini, 12 November - Maz 119:157-163, Yeh 9-10, Ibr 8, Ams 28:20-21

12 Nopember - Yohanes 10:11-21, 1 Yohanes 2:18-23, Ayub 11, Yehezkiel 31-32

BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   nyanyian rohani no.97,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   kalender liturgi katolik bulan nopember 2019,   khotbah keluaran 23;1-13,   forevermore gms mp3,   renungan Nahum 1 : 1-8,   ulangan 24:19-22 kotbah GPIB,    bagaimana menyusun kerangka kotbah ulangan 24:19-22,   kejadian 1:11-31 tidak sesuai dengan pengetahuan,   alangkah indah dalam rumah doamu beban ku terlepas ganti kelegaanku ,   download mp3 rohani,   khotbah minggu 15 desember 2019,   khotbah minggu 15 desember 2019,   kotbah roma 1 : 28--32,   khotbah mazmur 138,   khotbah mazmur 138,   MP3 tabuh gendang,   gereja salamat haru natal ,   kotbah partangiangan ulangan "24 19-22" melindungi sesama manusia,   kotbah kristen tentang melindungi sesama manusia ulangan "24 19-22",   bimbinagan menulis kerangka kotbah ulangan 24:19-22 ,   khotbah mini dari nats matius 22:34-40,   Nats khobat pada hari ini tanggal 10 november 2019 yang tertulis di Amsal 19: 20-29 dengan tema " me,   lewatlah malam yang gelap,   trio elexis,   ulangan 16:18-20 renungan di kaitkan dengan pemuda kristen,   Renungan Mazmur8:2,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   Khotbah hr nr gmit,   daftar bacaan sinode gmit 2019,   amsal 19:20-29,   khotbah dari kitab nahum,   lagu pkj taize,   orang kaya susah masuk sorga,   nyanyian rohani kesukaan yang ceria lirik,   pupuja maria nama gereja katolik di bali,   khotbah dari kitab nahum,   lagu gms live,   kalender liturgi katolik 2019,   gereja tiberias indonesia,   Download lagu rohani ambon,   Amsal 19:20-29,   jamita hkbp minggu 10 november 2019,   kotbah amsal 19:20-29,   kotbah kristen rotestan minggu 10 november ini,   khotbah matius 8:23-27,   ibadah minggu 10 november 2019 hkbp,   ibadah minggu 10 november 2019 hkbp,   Khotbah minggu gereja gpib,   Khotbah minggu gereja gpib,   tafsiran amsal 19:20-29,   Renungan filemon 1-4-7,   Renungan Ayub 12:14,   kmm no 4,   lirik lagu jadikan aku terangmu Tuhan disekolah dirumah dan dimana saja,   bahan khotbah mazmur 11:1-7,   Khotbah amsal 19:20-29,   kmm no 4,   kmm no 4,   kmm no 4,   lagu untuk membawa persembahan,   Tema dari Amsal 19:20-29, yaitu: Mendengar dan melakukan nasehat,   renungan harian 1 tesalonika 4:13-18,   lagu persbahan,   ilustrasi dari kitab imamat 14:33-53,   lirik lagu cu ye su ai wo,   Tema dari Amsal 19:20-29, yaitu: Mendengar dan melakukan nasehat,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,   Lagu pkj utk tabis majelis,   kidung ceria 248,   Lirik dan akord lagu Kidung ceria 248,   Lirik dan akord lagu Kidung ceria 248,   Kidung ceria Sekolah minggu Jangan kita takut,   renungan 2 tesalonika 2: 1-17,   Renungan pagi kel kristen 10 nov 2019,   yutube lagu gereja hit 2019,   khotbah imamat 14:33-53,   nyanyian rohani 136,   nyanyian rohani 146,   lirik lagi gereja sabda tuhan,   khotbah amsal 19:20-29,   lirik lagu rohani 10 november 2019,   kobah minggu 10 november 2019,   khotbah Mazmur 33:,   jamita minggu 27 okt 2019 daniel,   khotbah Mazmur 33:9,   KHOTBAH AMSAL 19 : 20-29,   Amsal 19:20-29,   Kidung rohani.com/mp3 sydney mohede-dia jamah,