Save Page
Amos 5:7-13
Melawan perkosaan keadilan
5:7 Hai kamu yang mengubah keadilan menjadi ipuh dan yang mengempaskan kebenaran ke tanah! 5:8 Dia yang telah membuat bintang kartika dan bintang belantik, yang mengubah kekelaman menjadi pagi dan yang membuat siang gelap seperti malam; Dia yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi -- TUHAN itulah nama-Nya. 5:9 Dia yang menimpakan kebinasaan atas yang kuat, sehingga kebinasaan datang atas tempat yang berkubu. 5:10 Mereka benci kepada yang memberi teguran di pintu gerbang, dan mereka keji kepada yang berkata dengan tulus ikhlas. 5:11 Sebab itu, karena kamu menginjak-injak orang yang lemah dan mengambil pajak gandum dari padanya, -- sekalipun kamu telah mendirikan rumah-rumah dari batu pahat, kamu tidak akan mendiaminya; sekalipun kamu telah membuat kebun anggur yang indah, kamu tidak akan minum anggurnya. 5:12 Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu berjumlah besar, hai kamu yang menjadikan orang benar terjepit, yang menerima uang suap dan yang mengesampingkan orang miskin di pintu gerbang. 5:13 Sebab itu orang yang berakal budi akan berdiam diri pada waktu itu, karena waktu itu adalah waktu yang jahat.


Penjelasan:


* Sikap mereka yang meninggalkan Allah tampak dalam tingkah laku mereka sehari-hari. Mereka mengubah keadilan menjadi ipuh dan menghempaskan kebenaran ke tanah (ayat 7,10); menindas dan merampas hak milik orang lemah dengan uang dan memungut pajak gandum yang mestinya harus ditolong oleh negara (ayat 11,12). Semua kejahatan itu jelas perbuatan-perbuatan yang melawan Allah sekaligus menghancurkan nilai kemanusiaan.

Tuhan sama sekali tidak menolelir sikap hidup mereka yang membunuh kehidupan dan pengharapan mereka yang lemah. Sebagaimana Allah memihak kepada Israel ketika ditindas di Mesir, demikianpun Allah akan mendengar seruan mereka yang tertindas di antara umat Allah. Para penindas akan mengalami penghukuman Allah. Kemewahan yang mereka peroleh dari hasil penindasan akan musnah. Kebun anggur yang mereka bangun dengan indah tidak akan mereka nikmati (ayat 11).

Sesungguhnya hanya di dalam Allah ada kehidupan. Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup. Israel keliru menyamakan Tuhan dengan tempat. Semua tempat ibadah tidak menjamin Tuhan boleh didapatkan, sebab Tuhan ada bagi hati yang bertobat.

* Am 5:8 - Membuat bintang kartika dan bintang belantik // Memanggil air Taut
Membuat bintang kartika dan bintang belantik. Konstelasi-konstelasi ini diacu dalam Perjanjian Lama (Ayb. 9:9; 38:31) sebagai peragaan kuasa kreatif Allah. Memanggil air Taut. Ayat ini tidak saja mengacu kepada kuasa pengendalian Allah atas kekuatan-kekuatan alam, tetapi mungkin kepada air bah zaman Nuh.

* Am 5:9 - Menimpakan kebinasaan atas yang kuat
Menimpakan kebinasaan atas yang kuat. Kuasa luar biasa Allah menghancurkan apa yang menjadi dasar kesombongan manusia.

* Am 5:10 - Yang memberi teguran di pintu gerbang
Yang memberi teguran di pintu gerbang. Pintu gerbang kota adalah tempat keadilan dilaksanakan (Ul. 22:15). Seorang hakim atau nabi yang menegur ketidakadilan tidak disukai (Yes. 29:21).

* Am 5:13 - Orang yang berakal budi akan berdiam diri
Orang yang berakal budi akan berdiam diri. Orang yang mengetahui sifat dosa Israel menyadari sia-sianya berbicara tegas menentang keadaan tersebut. Ini sangat kontras dengan serangan-serangan langsung Amos kepada orang-orang berdosa pada zamannya.


SBU


MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
SABTU, 26 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
KJ.355 : 1-Berdoa
CARILAH TUHAN

Amos 5:4-6
Carilah Aku, maka kamu akan hidup! (ay.4b)

Dalam Amos 5: 1-3, Amos menyatakan, Israel sebagai anak dara akan jatuh rebah. Dalam kejatuhannya tidak ada yang membangkitkannya. Dalam perikob bacaan kita terdengar seruan : Carilah Aku, Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup. Suatu ajakan bagi Israel untuk mengalami pembaharuan.AIlah memanggil umat-Nya untuk mencari Dia supaya hidup mereka diselamatkan. Suatu panggilan menjadikan Tuha sebagai pusat kehidupan. Amos menyadarkan mereka bahwa umat telah berada di jalan menuju keruntuhan dan maut. Amos mengajak mereka untuk kembali ke jalan yang benar agar tidak mengalami hukuman.

Carilah Tuhan artinya: Tanyakan kehendak-Ku, mintalah pengajaran-Ku, mintalah petunjuk-Ku. Mereka dipanggil berpihak pada kebenaran dan keadilan. Karena dengan mencari Tuhan kamu akan hidup, sebab didalam Tuhan saja ada hidup. Tidak ada hidup: dijalan yang salah tanpa pertobatan. Tidak ada hidup tanpa petunjuk-petunjuk-Nya, tanpa menanyakan kehendak-Nya.

Hidup yang dimaksud adalah hidup yang benar, hidup yang diselamatkan, hidup yang diberkati, hidup dalam damai sejahtera dan hidup bahagia. Hidup yang demikian ini, hanya ada pada Tuhan dan dalam persekutuan dengan Tuhan. Kata Yesus "diIuarAku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15:5).

Israel telah tersesat dalam ibadah mereka (ibadah palsu). Karena itu Amos menyerukan: Jangan mencari ke Betel, jangan pergi ke Gilgal dan jangan menyeberang ke Bersyeba ke tempat-tempat suci mereka yang sudah najis. Mereka perlu kembali pada standar-standar keadilan Allah dan perilaku yang benar dalam masyarakat, juga dalam kehidupan pribadi.

Pertanyaan bagi kita: Dimana saudara berada sekarang? Apakah saudara selalu mencari Tuhan, dalam arti menggantungkan seluruh kehidupan kepada-Nya?Jika itu yang saudara Iakukan, jangan takut. Apapun tantangan kehidupan yang kita alami, hidup kita terpelihatra dalam anugerah-Nya.

KJ.355:2
Doa : (Ya Tuhan, bimbing kami agar dalam kehidupan ini, kami terus mencari Tuhan)





MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
SABTU, 26 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
KJ.436 : 1 - Berdoa
MENENTANG KETIDAKADILAN

Amos 5:7-13
Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu berjumlah besar, (ay.12)

Raja Yerobeam I berhasil membangun Israel menjadi negara yang makmur.Namun dalam keberhasilan itu terjadi kemerosotan moral. Kemakmuran yang dihadirkan oleh negara hanya dinikmati oleh sekelompok orang yakni kelompok elite.

Kelompok elite dimaksudkan disini adalah Raja, para penguasa, saudagar-saudagar dan isteri-isteri mereka yang disebut lembu Basan. Kelompok inilah yang hidup dalam kemewahan, sementara rakyat kecil hidup dalam kemiskinan. Berbagai macam ketidak-adilan yang mereka lakukan : Menginjak hak orang lemah, pemerasan, suap, mengesampingkan hak orang miskin. Kebenaran dan keadilan dicampakkan, kehidupan yang benar dan iklas dibenci. Teguran-teguran Firman Tuhan ditolak. Hukum telah diperkosa, sebab para
hakim telah bersekongkol dengan para penguasa dan orang-orang kaya. Keadilan tidak ditegakkan. Hakim-hakim telah mengubah keadilan menjadi ipuh (ay.7). Kebenaran dihempas ke tanah. Hakim tidak mengindahkan kebenaran dan keadilan karena uang suap. Amos dengan tegas menentang ketidakadilan. Sebab ketidakadilan membawa penderitaan.

Kita hadir ditengah dunia yang tidak adil. Persoalan ketidak-adilan marak terjadi pada masa sekarang. Ketidakadilan terjadi ditengah keluarga, di lingkungan pelayanan gereja, ditengah kehidupan masya-
rakat, bangsa dan negara. Ketidakadilan menyebabkan berbagai penderitaan dalam kehidupan kita baik ditengah keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa. Karena itu kita harus menentang (berperang) memerangi hidup yang tidak adil. Kita dipanggil untuk menyuarakan suara keadilan dan kebenaran. Kita harus memiliki keberanian seperti Amos. Hidup kita harus bersih, jujur dan benar. Sebab bagaimana
mungkin kita menyuarakan keadilan kalau kita sendiri belum hidup bersih, jujur dan benar. Kita butuh kekuatan dari Tuhan agar dapat menyatakan dengan tegas bahwa orang-orang yang melakukan ketidakadilan akan dihukum oleh Tuhan.

KJ.436 : 2
Doa : (Tuhan, mampukan kami untuk turut serta memerangi ketidakadilan dalam kehidupan ditengah masyarakat)

Label:   Amos 5:7-13 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 AGUSTUS 2017 - CINTA ALLAH BERTEPUK SEBELAH TANGAN Yehezkiel 7:1-13 - MINGGU XII SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 25 AGUSTUS 2017 - TELAH REBAH ANAK DARA ISRAEL Amos 5:1-3 - MINGGU XI SES. PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 Oktober - Matius 20-22

Hari ini, 22 Oktober - Maz 119:10-16, Yer 24-25, 1 Tim 1, Ams 27:5-6

22 Oktober - Yohanes 6:60-71, 1 Petrus 4: 1-11, Kidung 6, Ratapan 1

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



Rngn 1 kor 4:6-21,   Rngn 1 kor 4:6-21,   kalender.katolik bln oktober .2019,   free mp3 pujiam kristen,   free mp3 pujiam kristen,   renungan yoel 2 28,   download sound of praise - janjiMu Ya dan Amin,   khotbah : Tdk Ada Yg Mustahil Bagi Orang Percaya,   eksposisi zefanya 3:9-20 stemi,   ayat persembahan,   tak usah ku takut renna,   bahan diskusi zefanya 3:9-20,   contoh renungan kejadian 2:21-24 dan ilustrasinya,   epistel minggu 27 oktober 2019,   tampilan nats Amsal 22:8-12,   renungan wahyu 7 13-17,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lagu gms,   renungan yosua 2:1-7,   lirik lagu di tengah kesukaran,   partitur satb kidung jemaat,   kunci gitar bila ku ingat cinta Tuhanku,   khotbah dalam matius 10¦1-4,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   kj 384,   kj 384,   gita bakti 47 note,   CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,