Save Page
Amos 5:7-13
Melawan perkosaan keadilan
5:7 Hai kamu yang mengubah keadilan menjadi ipuh dan yang mengempaskan kebenaran ke tanah! 5:8 Dia yang telah membuat bintang kartika dan bintang belantik, yang mengubah kekelaman menjadi pagi dan yang membuat siang gelap seperti malam; Dia yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi -- TUHAN itulah nama-Nya. 5:9 Dia yang menimpakan kebinasaan atas yang kuat, sehingga kebinasaan datang atas tempat yang berkubu. 5:10 Mereka benci kepada yang memberi teguran di pintu gerbang, dan mereka keji kepada yang berkata dengan tulus ikhlas. 5:11 Sebab itu, karena kamu menginjak-injak orang yang lemah dan mengambil pajak gandum dari padanya, -- sekalipun kamu telah mendirikan rumah-rumah dari batu pahat, kamu tidak akan mendiaminya; sekalipun kamu telah membuat kebun anggur yang indah, kamu tidak akan minum anggurnya. 5:12 Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu berjumlah besar, hai kamu yang menjadikan orang benar terjepit, yang menerima uang suap dan yang mengesampingkan orang miskin di pintu gerbang. 5:13 Sebab itu orang yang berakal budi akan berdiam diri pada waktu itu, karena waktu itu adalah waktu yang jahat.


Penjelasan:


* Sikap mereka yang meninggalkan Allah tampak dalam tingkah laku mereka sehari-hari. Mereka mengubah keadilan menjadi ipuh dan menghempaskan kebenaran ke tanah (ayat 7,10); menindas dan merampas hak milik orang lemah dengan uang dan memungut pajak gandum yang mestinya harus ditolong oleh negara (ayat 11,12). Semua kejahatan itu jelas perbuatan-perbuatan yang melawan Allah sekaligus menghancurkan nilai kemanusiaan.

Tuhan sama sekali tidak menolelir sikap hidup mereka yang membunuh kehidupan dan pengharapan mereka yang lemah. Sebagaimana Allah memihak kepada Israel ketika ditindas di Mesir, demikianpun Allah akan mendengar seruan mereka yang tertindas di antara umat Allah. Para penindas akan mengalami penghukuman Allah. Kemewahan yang mereka peroleh dari hasil penindasan akan musnah. Kebun anggur yang mereka bangun dengan indah tidak akan mereka nikmati (ayat 11).

Sesungguhnya hanya di dalam Allah ada kehidupan. Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup. Israel keliru menyamakan Tuhan dengan tempat. Semua tempat ibadah tidak menjamin Tuhan boleh didapatkan, sebab Tuhan ada bagi hati yang bertobat.

* Am 5:8 - Membuat bintang kartika dan bintang belantik // Memanggil air Taut
Membuat bintang kartika dan bintang belantik. Konstelasi-konstelasi ini diacu dalam Perjanjian Lama (Ayb. 9:9; 38:31) sebagai peragaan kuasa kreatif Allah. Memanggil air Taut. Ayat ini tidak saja mengacu kepada kuasa pengendalian Allah atas kekuatan-kekuatan alam, tetapi mungkin kepada air bah zaman Nuh.

* Am 5:9 - Menimpakan kebinasaan atas yang kuat
Menimpakan kebinasaan atas yang kuat. Kuasa luar biasa Allah menghancurkan apa yang menjadi dasar kesombongan manusia.

* Am 5:10 - Yang memberi teguran di pintu gerbang
Yang memberi teguran di pintu gerbang. Pintu gerbang kota adalah tempat keadilan dilaksanakan (Ul. 22:15). Seorang hakim atau nabi yang menegur ketidakadilan tidak disukai (Yes. 29:21).

* Am 5:13 - Orang yang berakal budi akan berdiam diri
Orang yang berakal budi akan berdiam diri. Orang yang mengetahui sifat dosa Israel menyadari sia-sianya berbicara tegas menentang keadaan tersebut. Ini sangat kontras dengan serangan-serangan langsung Amos kepada orang-orang berdosa pada zamannya.


SBU


MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
SABTU, 26 AGUSTUS 2017
Renungan Pagi
KJ.355 : 1-Berdoa
CARILAH TUHAN

Amos 5:4-6
Carilah Aku, maka kamu akan hidup! (ay.4b)

Dalam Amos 5: 1-3, Amos menyatakan, Israel sebagai anak dara akan jatuh rebah. Dalam kejatuhannya tidak ada yang membangkitkannya. Dalam perikob bacaan kita terdengar seruan : Carilah Aku, Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup. Suatu ajakan bagi Israel untuk mengalami pembaharuan.AIlah memanggil umat-Nya untuk mencari Dia supaya hidup mereka diselamatkan. Suatu panggilan menjadikan Tuha sebagai pusat kehidupan. Amos menyadarkan mereka bahwa umat telah berada di jalan menuju keruntuhan dan maut. Amos mengajak mereka untuk kembali ke jalan yang benar agar tidak mengalami hukuman.

Carilah Tuhan artinya: Tanyakan kehendak-Ku, mintalah pengajaran-Ku, mintalah petunjuk-Ku. Mereka dipanggil berpihak pada kebenaran dan keadilan. Karena dengan mencari Tuhan kamu akan hidup, sebab didalam Tuhan saja ada hidup. Tidak ada hidup: dijalan yang salah tanpa pertobatan. Tidak ada hidup tanpa petunjuk-petunjuk-Nya, tanpa menanyakan kehendak-Nya.

Hidup yang dimaksud adalah hidup yang benar, hidup yang diselamatkan, hidup yang diberkati, hidup dalam damai sejahtera dan hidup bahagia. Hidup yang demikian ini, hanya ada pada Tuhan dan dalam persekutuan dengan Tuhan. Kata Yesus "diIuarAku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15:5).

Israel telah tersesat dalam ibadah mereka (ibadah palsu). Karena itu Amos menyerukan: Jangan mencari ke Betel, jangan pergi ke Gilgal dan jangan menyeberang ke Bersyeba ke tempat-tempat suci mereka yang sudah najis. Mereka perlu kembali pada standar-standar keadilan Allah dan perilaku yang benar dalam masyarakat, juga dalam kehidupan pribadi.

Pertanyaan bagi kita: Dimana saudara berada sekarang? Apakah saudara selalu mencari Tuhan, dalam arti menggantungkan seluruh kehidupan kepada-Nya?Jika itu yang saudara Iakukan, jangan takut. Apapun tantangan kehidupan yang kita alami, hidup kita terpelihatra dalam anugerah-Nya.

KJ.355:2
Doa : (Ya Tuhan, bimbing kami agar dalam kehidupan ini, kami terus mencari Tuhan)





MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
SABTU, 26 AGUSTUS 2017
Renungan Malam
KJ.436 : 1 - Berdoa
MENENTANG KETIDAKADILAN

Amos 5:7-13
Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu berjumlah besar, (ay.12)

Raja Yerobeam I berhasil membangun Israel menjadi negara yang makmur.Namun dalam keberhasilan itu terjadi kemerosotan moral. Kemakmuran yang dihadirkan oleh negara hanya dinikmati oleh sekelompok orang yakni kelompok elite.

Kelompok elite dimaksudkan disini adalah Raja, para penguasa, saudagar-saudagar dan isteri-isteri mereka yang disebut lembu Basan. Kelompok inilah yang hidup dalam kemewahan, sementara rakyat kecil hidup dalam kemiskinan. Berbagai macam ketidak-adilan yang mereka lakukan : Menginjak hak orang lemah, pemerasan, suap, mengesampingkan hak orang miskin. Kebenaran dan keadilan dicampakkan, kehidupan yang benar dan iklas dibenci. Teguran-teguran Firman Tuhan ditolak. Hukum telah diperkosa, sebab para
hakim telah bersekongkol dengan para penguasa dan orang-orang kaya. Keadilan tidak ditegakkan. Hakim-hakim telah mengubah keadilan menjadi ipuh (ay.7). Kebenaran dihempas ke tanah. Hakim tidak mengindahkan kebenaran dan keadilan karena uang suap. Amos dengan tegas menentang ketidakadilan. Sebab ketidakadilan membawa penderitaan.

Kita hadir ditengah dunia yang tidak adil. Persoalan ketidak-adilan marak terjadi pada masa sekarang. Ketidakadilan terjadi ditengah keluarga, di lingkungan pelayanan gereja, ditengah kehidupan masya-
rakat, bangsa dan negara. Ketidakadilan menyebabkan berbagai penderitaan dalam kehidupan kita baik ditengah keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa. Karena itu kita harus menentang (berperang) memerangi hidup yang tidak adil. Kita dipanggil untuk menyuarakan suara keadilan dan kebenaran. Kita harus memiliki keberanian seperti Amos. Hidup kita harus bersih, jujur dan benar. Sebab bagaimana
mungkin kita menyuarakan keadilan kalau kita sendiri belum hidup bersih, jujur dan benar. Kita butuh kekuatan dari Tuhan agar dapat menyatakan dengan tegas bahwa orang-orang yang melakukan ketidakadilan akan dihukum oleh Tuhan.

KJ.436 : 2
Doa : (Tuhan, mampukan kami untuk turut serta memerangi ketidakadilan dalam kehidupan ditengah masyarakat)

Label:   Amos 5:7-13 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 AGUSTUS 2017 - CINTA ALLAH BERTEPUK SEBELAH TANGAN Yehezkiel 7:1-13 - MINGGU XII SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 25 AGUSTUS 2017 - TELAH REBAH ANAK DARA ISRAEL Amos 5:1-3 - MINGGU XI SES. PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 18 Juli - Mazmur 88; 2 Raja 24:17-20, 25

Hari ini, 18 Juli - Maz 83:2-8, 2 Taw 29-30, Kis 20:17-38, Ams 20:28-29

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB
MARS YAPENDIK GPIB | Lirik dan Video Lagu - MINGGU, 14 JULI 2019




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Rabu, 17 Juli 2019
Nobody - Casting Crowns feat. Matthew West

Rabu, 17 Juli 2019
Jesus Loves You - Sanctus Real

Selasa, 16 Juli 2019
Let Your Power Fall - James Fortune

Selasa, 16 Juli 2019
What Can I Do - Tye Tribbett

Selasa, 16 Juli 2019
Everlasting God - William Murphy

Selasa, 16 Juli 2019
Victory Belongs To Jesus - Todd Dulaney

Selasa, 16 Juli 2019
THE CALL - Isabel Davis

Selasa, 16 Juli 2019
Your Love - William Murphy

Selasa, 16 Juli 2019
Glory to the Lamb - Geoffrey Golden

Selasa, 16 Juli 2019
It's Working - William Murphy

Selasa, 16 Juli 2019
You're Bigger - Jekalyn Carr

Selasa, 16 Juli 2019
My Worship - Phil Thompson

Selasa, 16 Juli 2019
My Hands Are Lifted Up - Jovonta Patton

Selasa, 16 Juli 2019
Pour Your Oil - Joshua Rogers

Selasa, 16 Juli 2019
VICTORY - Fred Jerkins

Selasa, 16 Juli 2019
Mention - FreshStart Worship

Selasa, 16 Juli 2019
Have It All - FreshStart Worship

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



ilustrasi khotbah matius 13: 53-58,   kppk 351,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   lagu rohani pengakuan dosa,   renungan injil yohanes 15 9-17 pernikahan,   Bahan khotbah untuk persekutuan kor,   renungan singkat air hidup kitab yoel 2 : 18-27,   Download lagu gereja diva sylvia saartje,   download slide tata cara ibadah gmim,   renungan singkat amos 5 7,   EBIBI BYANGYE AKABINYOREKA DOWNLOAD.,   khotbah wahyu 2 : 1-12,   lagu pembukaan ibadah,   Lagu rohani untuk pengumpulan persembahhan,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   renungan mazmur 37:34-40,   kotbah 1 raja raja 3:5-15,   kotbah 1 raja raja 3:5-15,   bahan khotbah galatia 3:22-29,   renungan singkat amos 5 7 13,   jamita 1 raja-raja 3 5-15,   tafsiran amos 5 : 13,   nkb 87 chord,   khotbah tentang anak dari yohanes 6:1-15,   lagu2 ank shm untuk merayakan hri ank GKE,   tak akan pernah ku sesali mengiring yesus lirik,   download lagu satulah indonesia ,   lagu rohani kami berkumpul tuhan,   video kotbah hidup adalah kesempatan,   khotbah untuk pemuda pemudi,   jamita minggu 21 di hkbp,   khotbah 21 juli 2019 di hkbp,   khotbah kis 14:21-28,   yosua 14 6-15,   lagu rohani saat teduh,   Khotbah tema: uang bisa menjadi berkat, tapi dapat juga membinasakan ,   lagu persembahan,   khotbah belajar dari Ayub,   Khotbah tema: pengkh 5:9-19 makin besar harta makin besar keinginan,   daftar lagu persembahan,   lagu pembukaan ibadah oikumene,   lagu untuk persembahan,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19 tema:Makin besar harta makin besar keinginan,   jamita sian 1 Rajaraja 3:5-15,   doa nyanyian dalam agama Kristen mp3 download,   kumpulan kotbah kitab filipi,   lagu rohani bersyukur,   Renungan, pengkhotbah 5:9-19,   lagu semangat untuk ibadah keluarga,   video gita bakti 113,   gita bakti 113,   yeremia 3:12-12,   lagu rohani pernikahan kudus,   lagu rohani pengiring pengantin masuk gereja,   daftar lagu rohani pernikahan,   lagu penutup,   lirik lagu perahu kita tersedia,   lirik lagu perahu kita tersedia,   kotbah ibadah remaaja efesus 6:1-3,   chord gitar gembala baik,   RENUNGAN YOHANES 6 : 1-15,   RENUNGAN YOHANES 6 : 1-15,   ayat persembahan,   Khotbah: pengkhotbah 11:9-12:8,   Download lagu penyembahan,   Mnyanyian Rohani 86,   Download lagu rohani penyembahan terbaru,   doa persembahan di gereja,   ayat persembahan,   matius 6:25-34,   kita selamat oleh pengharapan roma8:24-25,   Kotbah Pengkhotbah 9:13-18,   www.download lagu rohani agama kristen,   Kotba minggu tgl 28 juli 2019,   lagu rohani pengampunan dosa,   jakobus 1 : 2 - 12 bagaimana tujuannya,   lagu dan nats persembahan,   download lagu pujian sekolah Minggu ceria terbaru 2019,   download lagu pujian sekolah Minggu ceria terbaru 2019,   lirik lagu untuk persembahan,   lagu rohani penutup,   materi kotbah dari Yeremia 33 : 9-13,   Cord piano dia nobatkanlah,   khotbah mazmur 119:17-32,   Renungan Harian Pengkhotbah 9:13-18,   Khotbah GKJ Lewi 23:1,4-11,15-16,27-31,   khotbah lukas 21 1-4,   renungan kristen dari Amos 3 : 1-8,   musim hidupku dalam alkitab,   lagu rohani pengucapan syukur,   ilustrasi khotbah yakobus 1 2-8,   renungan yoel 2:18-27,   lagu kudaki kedua gunung kembar dengan lidahku,   hotbah yeremia 33 : 9-13,   lagu rohani for pengucapan,   lagu2 rohani for pengucapan,   khotbah kisah para rasul 14 : 21-28 gpib,   penjelasan alkitab kolose 2:1-5,   penjelasan alkitab kolose 2:1-5,   lirik lagu senja membayang dibatas hari,   lirik lagu senja membayang dibatas hari,   Kidung ceria 269,   Kidung ceria 269,   renungan imamat 26 1-13,   download lagu el shaddai tak usah kau takut,   Download lagu di malam sunyi betlehem,   renungan mazmur 111,   renungan mazmur 37 34-40,   iman tanpa perbuatan adalah mati airhidup,   petunjuk hidup baru,   Turpuk: jakobus 1:2-12.,   dawnload lagu anak timur tengah,   dwonload lagu anak anak puji nama allah,   yesaya 54:13,   download lagu rohani ku utus kau,   renungan yesaya 54:13,   khotbah yakobus 1:2-12,   kunci dasar lagu el shaddai,   tema kemerdekaan untuk gereja,   khotbah tentang keluaran 16:1-24,   Anak laki agama kristen GPIB sunat?,   doa berkat hkbp tertulis dialkitab,   renungan mazmur 111,   kotbah sekolah minggu Mazmur 118 :24-25,   langkah konkrit yang harus dilakukan orang tua dalam menanamkan nilai hidup kebenaran, kejujuran, ke,   renungan yesaya 54:13-14,   renungan mazmur 111,   vetri kumase,   ibadah syukur HUT PKB,   KHOTBAH KITAB KISAH PARA RASUL 18:9-17,   pujian penutup ibadah,   kumpulan dangdut rohani kristen mp3,   REnungan katolik matius 11:25-27,   renungan kristen ester 2,pdf,   nats persembahan syukur,   nyanyian penutup ibadah,   Bacaan alkitab pengkhotbah 5:7-19,   kidung keesahan,   bahan sermon 21 juli 2019,   khotbah 1 raja raja 3:5-15,   download lagu Rohani Sudahkah yang terbaik ku berikan kepada Yesus Tuhan ku,   lagu rohani kristen terbaru mp3,   ilustrasi khotbah yakobus 1 2-8,   firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   renunganharian 1raja 3:5-15,   prikop kata sambuntang dalam ibadah perayan natal,   rama ingkangbing swarga mp3,   download lagu el shaddai tak usah ku takut,   kmm 79,   download lagh bertahan dan berjuang terus kidung jemaat,   Renungan yakobus 1 : 2-12,   kidung ceria no 3,   renungan ulangan 1:34-40,   bacaan injil tentang persembahan diri,   sermon jamita 1 rajaraja 3:5-15,   sermon jamita 1 rajaraja 3:5-15,   sermon jamita 1 rajaraja 3:5-15,   catatan khotbah Amos 3:9-15.,   kotbah hkbp jakobus 1:2-8,   khotbah roma 7 15 20,   nyanyian penutup ibadah,   kotbah Kolose 1:15-23,   khotbah roma 7 15 20,   nyanyian penutup ibadah,   lagu mars pam GKI not,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   renungan alkitab mazmur 36,   renungan alkitab mazmur 36,   khotbah I Petrus 2, 6-9,   khotbah I Petrus 2, 6-9,