Save Page

Amsal 13:20-25
13:20 Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. 13:21 Orang berdosa dikejar oleh malapetaka, tetapi Ia membalas orang benar dengan kebahagiaan. 13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar. 13:23 Huma orang miskin menghasilkan banyak makanan, tetapi ada yang lenyap karena tidak ada keadilan. 13:24 Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya. 13:25 Orang benar makan sekenyang-kenyangnya, tetapi perut orang fasik menderita kekurangan.

Penjelasan:


* Ams 13:20 - Siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang // teman // malang
Siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. Suatu permainan kata-kata. Dalam bahasa Ibrani, teman dan malang adalah kata-kata yang mirip.

* Ams 13:24 - Tidak menggunakan tongkat
Tidak menggunakan tongkat. Mengenai pemakaian tongkat untuk didikan, lihat juga 19:18; 22:15; 23:13, 14. "Tak mau menghajar anak berarti memanjakan anak," sudah menjadi peribahasa yang umum. Tetapi, kita harus ingat bahwa Kitab Amsal tidak menganjurkan pemukulan yang brutal. Hajaran fisik juga bukanlah satu-satunya cara mendidik anak (bdg. 22:6). Sesungguhnya, mengajarkan kebenaran dan takut akan Tuhan merupakan cara yang tanpanya pemberian cemeti tidak akan efektif.


SBU



MINGGU XV SES. PENTAKOSTA
SELASA, 19 SEPTEMBER 2017
Renungan Pagi
GB.62 : 1-Berdoa
BELAJAR DENGAN RENDAH HATI
Amsal 13:13-19

Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan.... (ay. 14a)

Amsal adalah buku pedoman hikmat yang menjadi panduan bagi pelajaran moral dalam pendidikan yang dilaksanakan oleh umat Israel. Dari sini terlihat jelas bahwa proses "belajar" adalah suatu proses yang tiada henti dilakukan atau biasa dikenal dengan istilah education is from womb to tomb (pendidikan adalah proses belajar yang terus-menerus, mulai sejak dari kandungan hingga ajal menjemput). Ini berarti ketika seseorang merasa kalau dia tidak perlu lagi belajar karena sudah pandai, itulah awal dari kebodohannya yang sejati. Merasa tahu padahal tidak tahu, inilah pribadi sok tahu yang pura-pura tahu padahal tidak tahu. lnilah yang membuat kitab Amsal seringkali membandingkan secara kontras antara orang bijak dan orang fasik. lnilah yang terlihatjelas dalam perikop pembacaan Firman pada saat ini. Terlihat bahwa secara keseluruhan, orang bijak adalah orang yang selalu mau belajar dan rendah hati. Di sisi lain, orang fasik adalah orang yang sudah merasa tahu segalanya dan keras hati.

Dengan demikian, mereka yang bijak adalah mereka yang terus belajar sepanjang hidup. . .be|ajar dari kegagalan, belajar dari kepahitan, belajar untuk sabar dan belajar untuk terus mengandalkan Tuhan dalam setiap situasi kehidupan. Dalam pelayanan pun demikian, kita semua sama-sama sedang "belajar" untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada Tuhan. Jadi jangan pernah merasa kalau kita tidak perlu lagi diberi tahu dan diberi nasihat. Bukankah kita dalam proses belajar? Kekecewaan dan tantangan tentu ada, tapi bukan berarti kita diajak untuk adu kehebatan, adu kepintaran apalagi adu kekayaan. Kita diajak untuk menyadari keterbatasan kita sehingga kita mau merangkul sesama yang juga terbatas untuk saling belajar dan melengkapi satu sama lain. lnilah kunci dari persekutuan sejati umat manusia. Tidak saling memukul melainkan merangkul. Tidak saling mengutuk melainkan "memeluk". Tidak saling menghakimi melainkan mengasihi. Tidak saling mengumpat melainkan berbagi berkat. lnilah yang kemudian proses pembelajaran dalam kehidupan kita menjadi berarti!

GB.62 : 2
Doa : (Ya Tuhan, kiranya Engkau tetap menganugerahkan kerendahan hati dan kemauan untuk terus belajar dalam hidup ini)




MINGGU XV SES. PENTAKOSTA
SELASA, 19 SEPTEMBER 2017
Renungan Malam
GB.62 : 3-Berdoa
BIJAK ATAU BEBAL?
Amsal 13:20-25

Orang berdosa dikejar oleh malapetaka, tetapi la membalas orang benar dengan kebahagiaan (ay.21)

Kegagalan adalah satu hal yang biasanya dihindari oleh setiap orang.. Kesuksesan jauh lebih dicari dan diharapkan walaupun kadang adajuga orang yang rela menghalalkan segala cara untuk meraih sukses. Pertanyaannya kemudian, apakah orang bijak bisa gagal? Tentu bisa! Bukankah orang bijak manusia biasa dan bukan manusia super? Namun, Tuhan selalu menyertainya (ay.21) dan memberi kebahagiaan sehingga selalu ada hikmah dari kisah sukses atau kisah gagalnya.

Dalam pidato perdananya sebagai presiden, Jokowi mengutip ucapan Presiden pertama RI Soekarno agar masyarakat memiliki jiwa "cakrapatih samudra" yakni jiwa pelaut yang berani mengarungi gelombang dan hempasan ombak yang menggulung. Inilah yang juga dimiliki oleh orang bijak dan seharusnya juga oleh kita semua. Jadi, jangan takut gagal, jangan takut berjuang dan teruslah menjauhi kefasikan. Apabila jerih juang yang kita upayakan seolah-olah tidak membuahkan hasil, janganlah langsung putus asa dan menyerah! Kebijaksanaan bisa saja menuntun kita pada jalan yang berliku, di dalamnya bisajadi kita harus berhadapan dengan kegagalan dan kekecewaan. Namun, jangan sampai kita termasuk golongan orang-orang yang anti-gagal dalam hidup. Maksudnya begini, kegagalan kita letakkan dalam bingkai yang sempit sehingga kalau berjumpa dengan kegagalan, kita menolak untuk belajar darinya. Seolah-olah hidup ini tidak berharga lagi. Akibatnya kita hidup, tetapi iman dan semangat kita mati.

Jadi, di tengah-tengah situasi yang seringkali tidak pasti dan penuh dengan kekecewaan, tetaplah memiliki pengharapan di dalam Tuhan dan usahakanlah untuk terus belajar dari teladan iman di sekitar kita (ay. 20). Jangan biarkan diri kita terseret oleh pengaruh-pengaruh yang negatif di sekitar kita. Yakinlah bahwa segala hal yang kita harapkan akan diberikan oleh Tuhan tepat pada waktu-Nya!

GB.62 : 4
Doa : (Ya Tuhan, ajarlah aku untuk tetap menempuh jalan kebijaksanaan di tengah dinamika hidup yang aku hadapi setiap waktu)

Label:   Amsal 13:20-25 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 20 SEPTEMBER 2017 - MENIKMATI MAKANAN DALAM KASIH - Amsal 15:17-33 - MINGGU XV SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 18 SEPTEMBER 2017 - KEKAYAAN YANG SEJATI - Amsal 13:7-12 - MINGGU XV SES. PENTAKOSTA

Garis Besar Amsal





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
How I love You - Christy Nockels

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,   download mp3 lagu kristen arab,   download mp3 lagu kristen arab,   renungan rut 4,   download mp3 lagu kristen arab,   tuhan telah berjanji mp3,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   khotbah Mazmur 33:13-18,   donlod mp3 lagu kristen arab,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   Khotba amos 8:4-8,   khotbah renungan amos 8 : 4-8,