Save Page

Mazmur 104:19-24
104:19 Engkau yang telah membuat bulan menjadi penentu waktu, matahari yang tahu akan saat terbenamnya. 104:20 Apabila Engkau mendatangkan gelap, maka haripun malamlah; ketika itulah bergerak segala binatang hutan. 104:21 Singa-singa muda mengaum-aum akan mangsa, dan menuntut makanannya dari Allah. 104:22 Apabila matahari terbit, berkumpullah semuanya dan berbaring di tempat perteduhannya; 104:23 manusiapun keluarlah ke pekerjaannya, dan ke usahanya sampai petang. 104:24 Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu.

Penjelasan:



* Keagungan Ilahi
Di sini kita diajar untuk memuji dan membesarkan Allah,

I. Atas peredaran dan pergantian siang malam yang terus-menerus, dan pemerintahan matahari serta bulan atasnya. Bangsa kafir begitu tergerak oleh cahaya serta pengaruh matahari dan bulan, dan manfaat keduanya bagi bumi, sehingga mereka menyembahnya sebagai ilah-ilah. Oleh sebab itu Kitab Suci memanfaatkan segala kesempatan untuk menunjukkan bahwa ilah-ilah yang mereka sembah adalah makhluk-makhluk dan hamba-hamba dari Allah yang benar (ay. 19): Ia membuat bulan menjadi penentu waktu, untuk mengukur bulan-bulan, mengatur musim-musim untuk kepentingan bercocok tanam, dan mengatur gelombang-gelombang. Kepenuhan dan perubahan, serta pertambahan dan pengurangan bulan tepat mengikuti ketentuan Sang Pencipta. Begitu pula dengan matahari, sebab ia tetap terbenam pada waktu dan tempat yang tepat seolah-olah ia makhluk berakal dan tahu apa yang diperbuatnya. Dalam hal ini Allah mempertimbangkan kenyamanan manusia.

1. Bayang-bayang senja menemani istirahat di malam hari (ay. 20): apabila Engkau mendatangkan gelap, maka hari pun malamlah, yang meskipun pekat memberikan keindahan pada alam, dan menjadi seperti penghalau terang di siang hari. Di bawah perlindungan malam segala binatang hutan bergerak untuk mencari makan, yang takut mereka lakukan di siang hari, sebab Allah telah membuat segala binatang di bumi takut dan gentar kepada manusia (Kej. 9:2), yang banyak mendatangkan keamanan bagi manusia sama seperti kehormatan bagi Allah. Lihatlah betapa hampir serupa dengan sifat binatang-binatang buas orang-orang yang menunggu senja (Ayb. 24:15) dan yang bersekutu dengan pekerjaan-pekerjaan kegelapan yang tidak berbuah. Dan bandingkanlah dengan ini bahaya dari ketidakacuhan dan kesedihan, yang keduanya seperti kegelapan bagi jiwa. Ketika, dalam kedua hal tersebut, hari mulai malam, maka bergeraklah segala binatang hutan. Pada waktu itulah godaan-godaan Iblis menyerang kita dan mengambil keuntungan melawan kita. Pada waktu itulah singa-singa muda mengaum-aum akan mangsa. Dan, sebagaimana yang dikatakan oleh para ahli ilmu alam, auman mereka membuat takut binatang-binatang jinak sehingga mereka tidak mempunyai kekuatan ataupun keberanian untuk menghindar dari binatang-binatang buas itu, padahal mereka bisa. Dengan demikian mereka menjadi mangsa yang empuk bagi binatang-binatang itu. Dikatakan bahwa mereka menuntut makanannya dari Allah, karena makanan itu tidak dipersiapkan bagi mereka oleh pemeliharaan dan perhitungan manusia, tetapi secara lebih langsung oleh pemeliharaan Allah. Auman singa-singa muda, seperti teriakan burung-burung gagak, ditafsirkan sebagai menuntut makanan dari Allah. Bukankah Allah memberikan tafsiran ini pada apa yang sekadar merupakan bahasa alam, bahkan pada makhluk-makhluk yang berbisa? Dan bukankah Dia akan memberikan tafsiran yang jauh lebih baik lagi pada apa yang merupakan bahasa anugerah dari umat-Nya sendiri, meskipun bahasa itu lemah dan berantakan, meskipun berupa keluhan-keluhan yang tidak terucapkan?

2. Cahaya pagi menemani pekerjaan di siang hari (ay. 22-23): apabila matahari terbit (sebab, sama seperti ia tahu akan saat terbenamnya, demikian pula, syukur kepada Allah, ia tahu akan saat terbitnya kembali), maka pada waktu itulah binatang-binatang buas kembali ke tempat peristirahatan mereka. Bahkan mereka mempunyai perkumpulan mereka sendiri, sebab mereka berkumpul semuanya dan berbaring di tempat perteduhannya. Dan ini sungguh merupakan kasih setia yang besar bagi anak-anak manusia, sebab ketika mereka sedang berada di luar selama waktu antara matahari terbit dan terbenam, sebagaimana yang biasa dilakukan para pelancong, mereka terhindar dari pertemuan dengan binatang-binatang buas, sebab binatang-binatang itu tidak berkeliaran di luar pada saat itu. Karena itu, para pemalas tidak punya dalih untuk tidak bekerja di siang hari dengan alasan bahwa ada singa di jalan. Oleh sebab itu, pada saat itu manusia pun keluarlah ke pekerjaannya. Binatang-binatang pemangsa bergerak dengan takut. Manusia maju dengan berani, sebagai orang yang berkuasa. Binatang-binatang bergerak untuk merusak dan berbuat jahat. Manusia maju untuk bekerja dan berbuat baik. Ada pekerjaan setiap hari, yang harus dikerjakan pada hari itu, yang harus ditekuni manusia setiap pagi (sebab terang disediakan bagi kita untuk bekerja, bukan bermain). Dan pekerjaan itu harus terus ditekuninya sampai senja hari. Akan ada cukup banyak waktu untuk beristirahat ketika malam tiba, ketika tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.


SBU



MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 19 OKTOBER 2017
Renungan Pagi
KJ.60 : 1,2 -Berdoa
ALLAH PENGUASA ALAM SEMESTA
Mazmur 104:1-18

Pujilah TUHAN, hai jiwakul TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak, (ay.1)

Ketika kita melihat alam semesta di sekitar kita dengan segala isinya, maka muncul kekaguman yang luar bisa. Ada pagi dan ada malam. Ada matahari dan ada bulan- bintang yang muncul sesuai dengan waktunya. Musim silih berganti, ada musim panas atau musim penghujan. Semua teratur dan rapi, tanpa campur tangan manusia. Tentu bagi orang yang tidak percaya kepada Allah, akan mengatakan,bahwa itu harus terjadi karena siklus yang harus berjalan secara alami. Bagi kita, umat-Nya berbeda, dan tentunya muncul pertanyaan selanjutnya adalah, siapa yang membuatnya? Allah, pastinya.

Begitu juga dengan pemazmur, sudah melihat dan mengalami segala sesuatu dengan kagum dan mengatakan Allah yang membuat semuanya. Karenanya ia memuji Allah karena perbuatan-Nya yang menyebabkan segenap alam berjalan teratur menuruti ekosistem yang rumit, namun tepat dan serasi. Selain
itu,mazmur mengingatkan bahwa karya penyelamatan Allah tidak bisa dipisahkan dari karya penciptaan Allah tentang alam semesta. Demikian juga tentang karya penyelamatan Allah untuk umat-Nya dengan kasih setia untuk selama-lamanya, harus dilihat dalam rangka Allah ingin memakai umat-Nya, umat yang telah mengalami kasih setia Allah untuk memelihara keutuhan segenap ciptaan-Nyamenjaga dan memeliharanya.

Keindahan dan kemegahan alam adalah tanda dari keagungan diri Allah. Keteraturan secara baik dan teratur di alam adalah pernyataan dari kuasa dan kebaikan Allah. Seluruh alam semesta ini adalah buatan tangan Allah sendiri yang menjadi bait kudus bagi-Nya. Pemahaman ini menghasilkan pemahaman yang
benar, bahwa di tangan Allah seluruh alam semesta dari tubir terdalam sampai langit tertinggi terpelihara teguh. Pujilah Tuhan yang menjadikan segala sesuatu yang diberikan-Nya untuk kita dan bersyukurlah.

KJ.60: 3
Doa : (Allah sang Pencipta menjadikan langit dan bumi, jadikan kami memelihara alam ciptaan-Mu)




MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 19 OKTOBER 2017
Renungan Malam
KJ.61 : 1,2-Berdoa
KEBESARAN ALLAH DALAM CIPTAAN-NYA
Mazmur 104:19-24

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu. (ay.24)

Dalam kepercayaan anismisme, terdapat penyembahan benda-benda alam yang dianggap mempunyai kekuatan dan menentukan kehidupan manusia. Ada penyembahan terhadap benda-benda yang ada di sekitar kita yang mempunyai kekuatan yang mempengaruhi hidup. Dua terpenting dari antaranya adalah
matahari dan bulan yang sangat dipuja. Mengapa begitu penting? Karena matahari dan bulan mempunyai kekuatan yang mengatur jalannya waktu: siang dan malam, serta mempengaruhi yang ada dalam dunia.

Bagi pemazmur penyembahan terhadap benda-benda alam, adalah tidak benar dan bertentangan dengan perlntah Allah. Mengapa karena pemazmur melihat, siapa yang menciptakan semuanya yaitu Allah yang dipuja dan disembah. Pujian kepada Allah dalam kebesaran-Nya menjadi penting, karena Dia yang menciptakan-Nya. Segala alam ciptaan-Nya dikaruniakan Allah untuk menunjang kebutuhan manusia di dunia. Jadi bukan untuk disembah manusia. Allah juga menjadlkan matahari dan bulan hanya sebagai pelayan-pelayan-Nya untuk memelihara kehidupan manusia dan dunia. Bukan untuk disembah. Mazmur ini berfungsi menolak penyembahan terhadap benda-benda langit. Segala sesuatu berasal dari Allah: langit, bumi, tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia - Allah menciptakan menjadikan semua itu dan menjadi bukti tentang kemahakuasaan Allah. Penciptaan Allah sekaligus menunjukkan Allah adalah pembangun dan pemelihara. Kekuasaan dan hikmat Allah begitu luar biasa mencengangkan dalam ciptaan-Nya, dan Ia masih terus bekerja untuk kebutuhan manusia sebagai umat-Nya. Pujilah Allah dalam kebesaran-Nya dan jangan menyembah kepada ciptaan. Pujilah Allah yang ada di dalam sorga, dan yang masih mencipta dan memelihara dunia serta isinya.

KJ.61: 4
Doa : (Tuhan biarlah pujian dan pujaan selalu untuk Engkau yang mencipta dunia ini)






Label:   Mazmur 104:19-24 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 20 OKTOBER 2017 - MEMUJI ALLAH SELAMANYA - Mazmur 104:31-35 - MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 18 OKTOBER 2017 - KASIH ALLAH UNTUK SELAMANYA - Mazmur 103:15-22 - MINGGU XIX SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Mazmur






November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 23 November - 1 Korintus 9-12

Hari ini, 23 November - Maz 129:1-7, Yeh 31-32, Yak 4, Ams 29:14-15

Hari ini, 23 Nopember - Yohanes 13:12-17, Yudas 1-7, Ayub 21:1-21, Daniel 7-8

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Contoh Tata Ibadah Natal Tahun Lalu
TATA IBADAH MALAM NATAL KELUARGA 24 DESEMBER, TATA IBADAH MALAM NATAL 24 DESEMBER, NATAL 25 DESEMBER, NATAL 26 DESEMBER, MALAM TH BARU 31 DESEMBER, TAHUN BARU 1 JANUARI, TATA IBADAH MALAM TAHUN BARU KELUARGA 31 DESEMBER, TATA IBADAH JAMUAN KASIH NATAL
Tata Ibadah HUT ke-37 Pelkat PT GPIB

Tata Ibadah Syukur HUT ke 71 GPIB - Minggu, 3 November 2019





New Submit

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah tentang kristuslah raja,   bahan khotbah rut 4 : 11-14,   lagu menyak sikan ku ber sama mu,   judul SBU 3 des 2019,   judul SBU 3 des 2019,   SBU 3 des 2019,   dalam segala perkara tuhan punya rencana mp3,   cerita sekolah minggu tentang Roma 3:1-8,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   eksposisi mazmur 16:11,   khotbah: merendahkan diri di bawah tangan allah yang kuat.,   Liturgi katolik 1 desember 2019 Liturgi katolik 1 desember 2019,   lirik lagu pelengkap kidung jemaat,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   Khotbah minggu tanggal 24 november 2019 habakuk 3:1-6,   lirik lagu hai muliakan rajamu,   Tema renungan hotbah 2019,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   khotbah 24 november 2019,   khotbah 24 November 2019,   tata ibadah natal sangihe,   lagu persekutuan,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   Renungan Katolik 24 november 2019,   tema natal terbaru,   Kotbah Pesta Kristus Raja Semesta Alam 2019,   natal pertama not angka,   KPPK Kasih Allah,   struktur organisasi persekutuan doa,   kotbah kristen gmim nahum 1:1-8,   renungan bilangan 2 34,   Download lagu rohani kristen masa epifania ,   contoh kehidupan Berita renungan nAHUM 1:1-8,   tafsiran kitab habakuk 3:1-6,   jesus ma bahenonmu goarna,   sabda gereja gpib,   renungan Habakuk 3:1-6,   Renungan Habakuk 3 : 1-6,   khotbah Habakuk 3 : 1-6,   Khotbah kristen dari kitab efesus 3:14-21,   doa persembahan syukur,   kalender liturgi katolik 2020,   doa persembahan syukur,   jamita partangiangan matius 6:47-50,   lagugereja.com,   khotbah kristen bulan november 2019,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   lagu jecklin celose mp3 arti kehadiranmu,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   lagu anak sekolah minggu terbaru 2019,   download liturgi gmit tanggal 24 november 2019,   sabda bina umat 22 november 2019 ,   lagu kemenangan iman,   gb 402c,   gita bakti pdf,   gita bakti pdf,   apa yg Tuhan kehendaki dalam kitab ibrani 11:1-6,   lagu kristen pantekosta,   renungan kitab nahum,   ilustrasi 2 tesalonika 3:1-15,   Kotba greja katolik minggu tgl 24 november 2019,   lirik lagu penyembahan kolekte,   free download mp3 kj 400 kudaki jalan mulia,   eksposisi lukas 23:33-43,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   Jamita epistel : mateus 13 : 47 - 50,   Khotbah ayub 7:7-10,   lagu persembahan rohani,   Khotbah Kristen Habakuk 3 ayat 1 - 19,   khotbah minggu 17 november 2019,   lirik lagu sukacita persembahan,   partitur lagu natal,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   Liturgi gereja katolik desember 2019-november 2020, tahun YA.,   Khotbah ayub 7:7-10,   2 tesalonika 3:6-13,   Kotbah Hari Minggu Pesta Raja Semesta Alam 2019,   khotbah natal dalam kitab matius pasal 2 ayat 1-12,   bukalah mata hatiku lirik,   lagu-lagu christmas carol,   lagu penutup ibadah,   jamita Habakuk 3 : 1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   renungan nahum 1:1-8,   kelender luturgi bulan november 2019,   renungan kristen tentang mazmur 82,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 48:17-19,   kotbah acwc 2019,   khotbah berkati dan lindungi kami perjanjian lama,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   materi khotbah mazmur 127:1 - 5, anak panah di tangan Tuhan,   di saat ini david graham chord,   lirik timor rohani rab,   sbu gpib Desember 2019,   khotbah. maleakhi. 4: 1-2a,   efesus 4 : 28,   khotbah habakuk 3:1-6,   lagu gereja 2019 kristen,   tata ibadah natal 25 Desember 2019,   lirik gita bakti 22,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   bahan khotbah UEM,   khotbah minggu 24 november 2019,   kc 140,    ucapan doa menabur persembahan,   kalender liturgi 2020,   lirik firman mu pelita,   partitur lagu kumbayah my lord,   KHotbah habakuk 3:1-6,   ayat alkitab angkat sidi,   kotbah roma1:18-25,   khotbah Hosea 8:1-14,   bahan kotbah roma 1:8-15,   Donload lagu lagu natal,   lagu yang berhubungan dengan bait allah,   nahum 1 : 2-8,