Dilihat: 3677 x

Save Page

Ezra 6:6-12
6:6 "Oleh sebab itu, hai Tatnai, bupati daerah seberang sungai Efrat, dan Syetar-Boznai serta rekan-rekanmu, para punggawa daerah seberang sungai Efrat, hendaklah kamu menjauhkan diri dari sana. 6:7 Biarkanlah pekerjaan membangun rumah Allah itu. Bupati dan para tua-tua orang Yahudi boleh membangun rumah Allah itu di tempatnya yang semula. 6:8 Lagipula telah dikeluarkan perintah olehku tentang apa yang harus kamu perbuat terhadap para tua-tua orang Yahudi mengenai pembangunan rumah Allah itu, yakni dari pada penghasilan kerajaan, dari pada upeti daerah seberang sungai Efrat, haruslah dengan seksama dan dengan tidak bertangguh diberi biaya kepada orang-orang itu. 6:9 Dan apa yang diperlukan, yakni lembu jantan muda, domba jantan, anak domba untuk korban bakaran bagi Allah semesta langit, juga gandum, garam, anggur dan minyak, menurut petunjuk para imam yang di Yerusalem, semuanya itu harus diberikan kepada mereka hari demi hari tanpa kelalaian, 6:10 supaya mereka selalu mempersembahkan korban yang menyenangkan kepada Allah semesta langit dan mendoakan raja serta anak-anaknya. 6:11 Selanjutnya telah dikeluarkan perintah olehku, supaya setiap orang yang melanggar keputusan ini, akan dicabut sebatang tiang dari rumahnya, untuk menyulakannya pada ujung tiang itu dan supaya rumahnya dijadikan reruntuhan oleh karena hal itu. 6:12 Maka Allah, yang sudah membuat nama-Nya diam di sana, biarlah Ia merobohkan setiap raja dan setiap bangsa, yang mengacungkan tangan untuk melanggar keputusan ini dan membinasakan rumah Allah yang di Yerusalem itu. Aku, Darius, yang mengeluarkan perintah ini. Hendaklah itu dilakukan dengan seksama."

Penjelasan:


* Ketetapan Koresy dan Darius (6:1-12).
Darius bukan hanya berhasil menemukan ketetapan Koresy yang asli tentang orang-orang Yahudi dan bait Allah mereka, tetapi dia kemudian juga membuat ketetapan sendiri yang memerintahkan Tatnai untuk menolong orang Yahudi di dalam pekerjaan mereka dan mengancam siapa pun yang berani mengubah ketetapan tersebut.

* Ezr 6:8 - Lagi pula telah dikeluarkan perintah olehku // Dari pada upeti daerah seberang Sungai Efrat, haruslah dengan saksama dan dengan tidak bertangguh diberi biaya kepada orang-orang itu
Lagi pula telah dikeluarkan perintah olehku. Darius bukan hanya mengingatkan Tatnai untuk tidak mengusik orang Yahudi dengan alasan ketetapan Koresy, namun dia juga menambah lagi ketetapan itu dengan ketetapannya sendiri yang pasti telah mengejutkan Tatnai dan komplotannya. Dari pada upeti daerah seberang Sungai Efrat, haruslah dengan saksama dan dengan tidak bertangguh diberi biaya kepada orang-orang itu. Bandingkan 6:4. Perintah ini pastilah sangat memukul Tatnai sebab dia juga mengambil bagian dari upeti tersebut.

* Ezr 6:10 - Mempersembahkan kurban ... kepada Allah semesta langit dan mendoakan raja
Mempersembahkan kurban ... kepada Allah semesta langit dan mendoakan raja. Darius dapat mengatakan hal ini dengan mudah tanpa mengkhianati politeisme yang dianut olehnya. Mendoakan raja tersirat di dalam perintah Yeremia kepada orang-orang Yahudi yang dalam pembuangan (Yer. 29:7). Carl F. Keil (The Books of Ezra, Nehemia and Esther, hlm. 87) menunjukkan bahwa hal ini dilakukan juga pada abad-abad kemudian (I Makabe 7:33; 12:11; Yosefus, Antiquities, 12.2.5).

* Ezr 6:11 - Dicabut sebatang tiang ... untuk menyulakannya pada tiang itu // Rumahnya dijadikan reruntuhan
Dicabut sebatang tiang ... untuk menyulakannya pada tiang itu. Keil mengutip Herodotus (III.159) sebagai mengatakan bahwa Darius menggantung sekitar 3000 orang Babel sesudah ia menaklukkan kota mereka. Jadi, ucapan ini bukan ancaman kosong. Rumahnya dijadikan reruntuhan. Bandingkan Daniel 2:5; 3:29; II Raja-raja 9:37.


SBU


MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA
SABTU, 18 NOVEMBER 2017
Renungan Pagi
GB.69 : 1-Berdqa
SIKAP YANG KONSISTEN
Ezra 6:1-5

Dan juga perlengkapan emas dan perak rumah Allah yang diambil oleh Nebukadnezar dari bait suci yang di Yerusalem dan dibawa ke Babel itu haruslah dikembalikan, .... .. (ay.5)

Perikop ini merupalkan realisasi dari permintaan bupati Tatnai kepada raja Darius agar dilakukan penyelidikan kembau di dalam gedung perbendaraham di Babel apakah pernah raja Koresh meme-
rintahkan supaya oramg Israel kembali ke Yerusalem dan membangun kembali Bait Suci dan tembok-tembok Yerusalem ? Apakah ada perintah dari raja Koresh agar perlengkapan emas dan perak
rumah Allah yang dirampas harus dikembalikan dan ditempatkan ke tempatnya semula? Terrnyata dokumen tentang perintah raja Koresh itu tersimpan rapi dalarn gedung perbendaharaan di Babel.

Atas kenyataan itu raja Darius memerintahkan bupati Tatnai agar mematuhi perintahnya dan mengembalikan semua apa yang pernah diambil dari Bait Suci di Yerusalem. Sikap yang konsisten ditunjukkan oleh raja Darius terhacllap keputusan raja sebelumnya. Raja Darius tidak menggunakan keakuasaannya untuk membatalkan keputusan dari raja Koresh seperti yang dilakukan oleh raja Artahsasta.
Hal ini harus menjaldi catatan penting bagi kita GPIB yang pada setiap 5 tahun terjadi pemilihan penatua dan diaken. Maksudnya bahwa apa yang telah dilakukan oleh pendahulu itu jangan diabaikan. Jika sesuatu yang telah dilakukan dulu dipandang baik untuk pelayanan dan kesakssian di tengah-tengah persekutuan, harus dilanjutkan demi kesinambungan pelayanan itu,

Dari perikop ini kita diingatkan akan beberapa hal :
a) Semangat untuk tetap konsisten;
b) Kejujuran mengakui apa yang telah dilakukan oleh pendahulu kita;
c) Kiranya para pelayan secara administratif dapat memelih ara dokumen-dokumen gerejawi demi pela-
yanan kita terhadap walrga jemaat yang membutuhkan.

Sikap iri hati dan kelbencian seperti Tatnai, harus dijauhi dari persekutuan demi pelayarnan dan tugas panggilan di tengah jemaat. Marilah kita bersama belajar memiliki sikap yang konsisten dan berkesinambungan dalaam pelayanan yang dipercayakan.

GB.69: 2
Doa : (Tuhan. berilah kami sikap yang konsisten untuk melaksanakan amanat-Mu agar Engkaw diimuliakan di tengah-tengah persekutuan kami dan disaksikan kepada dunia sekitar kami)



MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA
SABTU, 18 NOVEMBER 2017
Renungan Malam
KJ.419 : 1-Berdoa
SURAT PERINTAH
Ezra 6:6-12

Supaya mereka selalu mempersembahkan korban yang menyenangkan kepada Allah semesta langit dan mendoakan raja serta anak-anaknya (ay.10)

Kepada bupati Tatnai, raja Darius meminta kepatuhannya untuk melaksanakan perintahnya agar tidak Iagi mengganggu pembangunan Bait Suci yang sementara dilaksanakan. Justru raja Darius meminta agar umat Israel yang sementara membangun Bait Suci itu dibantu. Sumber bantuannya dari kerajaan. Dua hal yang terkait dengan pembangunan Bait Suci ini menurut raja Darius yaitu: a) Supaya umat Israel dapat menyampaikan persembahan korbannya kepada Allah; b) Agar umat Israel dapat mendoakan raja dan anak-anaknya. Situasi umat Israel seperti ini meyakinkan kita bahwa Allah dalam kuasa-Nya dapat memakai siapa saja sebagai alat dalam tangan-Nya untuk menyatakan kasih-Nya. Dalam hal ini raja Darius dipakai Allah untuk menyelesaikan pembangunan Bait Suci.

Satu pelajaran berharga yang perlu kita teladani dari cara Darius memperlakukan bangsa Yahudi adalah dia tidak memandang suku bangsa atau agama, tetapi yang penting adalah rakyat yang harus diberi hak-haknya yakni kebebasan untuk berbakti kepada Tuhan. Dia tidak menghambat umat Israel untuk menyembah kepada Tuhannya. Yang terjadi di negeri kita adalah sementara orang beribadah atau hendak beribadah, justru dihentikan oleh sekelompok orang. Sangat disayangkan adalah hal seperti ini tidak dianggap sebagai suatu keadaan yang luar biasa. Justru dipandang biasa-biasa saja.

Apa yang kita Iakukan menanggapi situasi ini? Kita berdoa bagi para pemangku kekuasaan di negeri ini dari pusat sampai ke pelosok desa agar mereka berlaku seperti raja Darius. Tantangan yang datangnya dari Iuar telah begitu menekan dan merongrong, tetapi janganlah ditambah Iagi tantangan dari dalam persekutuan kita sendiri. Sebab jika hal ini terjadi dalam persekutuan, mungkin kita tidak punya waktu untuk berdoa.

KJ.419 : 2
Doa : (Tuhan, kami berdoa untuk pemerintah kami agar mereka tidak pandang bulu dalam melayani masyarakatnya)



Label:   Ezra 6:6-12 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - MINGGU, 19 NOVEMBER 2017 - MENDENGAR DAN MENGERTI HUKUM TUHAN - Nehemia 8:1-9 - HARI MINGGU XXIV SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - JUMAT, 17 NOVEMBER 2017 - TEGUH MENJAGA IDENTITAS SEBAGAI HAMBA ALLAH - Ezra 5:6-17 - MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Agustus - Mazmur 82; 2 Tawarikh 20; Mazmur 83


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2017..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 25 Agustus 2019
Made A Way - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
While I'm Waiting - Travis Greene feat. Chandler Moore

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing But The Blood - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Without Your Love - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Worship Rise - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Won't Let Go - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
We Labor Unto Glory - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
Little Things With Great Love - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
The Earth Shall Know - The Porter`s Gate feat. Urban Doxology, Casey J & Leslie Jordan

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing to Fear - The Porter`s Gate feat. Audrey Assad

Minggu, 25 Agustus 2019
Establish the Work of Our Hands (feat. Aaron Keyes & Urban Doxology) - The Porter`s Gate

Sabtu, 24 Agustus 2019
More Than I Can Bear - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
I Smile - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
Better - Pat Barrett

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   dari sinai beralih kesion,   maksud dari lukas 8 17,   renungan Roma 2 ayat 1 sampai 16,   lagu batak full album mp3,   lirik lagu rohani pembuka ibadah,   Tata Ibadah HUT Lansia GKI,   liturgi ulang tahun lansia,   Tata Ibadah Hari Ulang Tahun Orang Lanjut Usia (Kristen),   tata ibadah lansia gmim,   matius 6:5-15,   lagu satriaksih,   liturgi ibadah lansia,   Tata Ibadah HUT Lansia (Kristen),   lagu rohani kristen mp3 free download,   khotbah 1 tawarikh 6 : 31-54,   download lagu GMS,   great is thy faithfilness kpri,   kotbah kristen nehemia 13 : 25-31 kotbah Penta kosta,    sermon dari ayat matius 19 ayat 1-12,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   Lagu babtisan,   khotbah mazmur 147:1-6,   khotbah mazmur 147:1-6,   Kotbah bulan Agustus 2019,   renungan ibadah keluarga kejadian 3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   sabda bina umat agustus 2019,   download instrumen piano lagu agama aku berserah,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   Lirik tasbiih al rab,   kumpulan lagu rohani gpdi,   khotbah mazmur 147:1-6,    3 Musa 25:39-43 apa artinya,   buku pujian methodist,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   lagu rohani mazmur,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   tatacara ibadah gky,   lagu pengakuan dlsa,   lagu greja,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun hotbah ulang tahun,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   Lagu2 rohani indonesia timur,   khotbah kejadian 3,   maranatha tuhan datanglah lirik,   hotbah roma 13:1-7,   tafsiran 1 tawarikh 6:31-53,   ayat untuk persembahan,   AYAT ALKITAB TENTANG MEMBERI PERSEMBAHAN,   karismatik katolik lagu mp3,   doa persembahan kolekte,   3musa 25:39-43 batak toba,   3musa 25:39-43,   lagu batak gereja hkbp,   3 musa 25:39,   hotbah roma 13:1-7,   3 musa 25:39-43 batak,   tata ibadah gpib 25 agustus 2019,   kotbah dari imamat 25:39-43,   kj hkbp no 119,   www.renungan lukas 13 22 30,   renungan 1 tawarikh 6,   khotbah 1 tawarikh 6:31-53,   sabda bina umat agustus 2019,   sabda bina umat agustus 2019,   buku pujian methodist,   khotbah dari lukas 6:27-36,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,