Save Page
Yohanes 10:1-21
Gembala yang baik
10:1 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; 10:2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. 10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. 10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. 10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." 10:6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. 10:7 Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. 10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; 10:12 sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. 10:13 Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku 10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. 10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. 10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. 10:18 Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku." 10:19 Maka timbullah pula pertentangan di antara orang-orang Yahudi karena perkataan itu. Banyak di antara mereka berkata: 10:20 "Ia kerasukan setan dan gila; mengapa kamu mendengarkan Dia?" 10:21 Yang lain berkata: "Itu bukan perkataan orang yang kerasukan setan; dapatkah setan memelekkan mata orang-orang buta?"

Penjelasan:
* Yoh 10:1 - Kandang domba
Kandang domba. Sebuah kandang di mana domba dimasukkan pada malam hari, biasanya berhubungan dengan rumah. Kandang hanya mempunyai satu pintu. Orang yang ingin mencuri harus menaiki tembok.

* Yoh 10:2-3 - penjaga, // memanggil nama // Menuntunnya ke luar - // suaranya,
Orang yang bertugas untuk menjaga pintu disebut penjaga, yang berbeda dengan gembala, yaitu yang memperoleh izin masuk dari penjaga. Di sini hanya ada satu gembala. Kristus tidak mempunyai tandingan, sekalipun di dalam Gereja-Nya ada gembala bawahan. Perhatian-Nya terhadap para domba dibuktikan dengan memanggil nama (bdg. 1:43) masing-masing domba itu. Ada kesan hadirnya domba yang lain. Tidak semua orang yang terhitung umat Allah ketika itu dapat disebut domba-domba Tuhan. Menuntunnya ke luar - berbeda dengan tindakan orang-orang Farisi yang mengusir keluar orang yang lahir buta di atas. Kepercayaan kepada seorang gembala berlandaskan pada suaranya, yang menunjuk kepada si pemanggil (bdg. Kej. 27:22). Tidak ada orang asing yang dapat membuat domba-domba mengikuti dirinya, sekalipun dia berhasil masuk ke dalam kandang.

* Yoh 10:6
Para pendengar Yesus tidak dapat mendengar maksud dari ajaran-Nya (bdg. 9:41).

* Yoh 10:7-18
Tuhan menjelaskan kiasan tersebut dalam kaitan dengan diri-Nya dan misi-Nya sendiri.

Wycliffe: Yoh 10:7 - pintu
Kebenaran yang disampaikan lebih besar daripada bentuk-bentuk yang dipakai untuk menyampaikannya. Di dalam kehidupan nyata seorang gembala tidak dapat disamakan dengan pintu. Tetapi pengertian ini terlalu berharga untuk diabaikan (bdg. 14:6).

* Yoh 10:8 - Semua // datang sebelum Aku // Pencuri // Perampok // Domba-domba itu tidak mendengarkan mereka
Semua orang yang datang sebelum Aku. Yang dimaksudkan bukanlah orang-orang kudus zaman perjanjian lama, tetapi para pemimpin Yahudi yang sudah menguasai bangsa itu sebelum Dia sempat berbicara. Pencuri adalah orang yang hanya mencuri saja. Perampok adalah orang-orang yang melakukan kekerasan (bdg. Mat. 23:25). Domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Salah satu contohnya ialah orang yang buta sejak lahir itu, yang telah meninggalkan para pemimpin tersebut dengan rasa muak.

* Yoh 10:9 - masuk dan ke luar // barangsiapa - // ia akan selamat // selamat // masuk // keluar, // (menemukan padang rumput)
Apakah yang diacu oleh Yesus ialah para gembala sidang ataukah semua orang percaya? Yang cenderung mendukung pandangan pertama ialah kenyataan bahwa tindakan masuk ke dalam sudah dipergunakan untuk gembala (ay. 1, 2). Selanjutnya, masuk dan ke luar merupakan peristilahan Perjanjian Lama yang dikenal untuk kegiatan seorang pemimpin (I Sam. 18:16; II Sam. 3:25). Sekalipun demikian, luasnya pengertian bahaya - barangsiapa - dan kata-kata ia akan selamat mendukung pengertian yang inklusif. Dengan arti penebusan istilah selamat jarang muncul di dalam Injil ini (3:17; 5:34; 12:47). Kebebasan orang percaya, berbeda dengan situasinya di dalam Yudaisme, tampaknya disinggung dengan istilah masuk dan keluar, dan kepuasan barunya (menemukan padang rumput) merupakan perubahan yang sudah lama dinantikan dari kekeringan pengajaran yang selama ini ia alami.

* Yoh 10:10 - Hidup
Pekerjaan Gembala Yang Baik bersifat membangun. Hidup berarti sudah diselamatkan (ay. 9), dan kelimpahan berarti sudah menemukan padang rumput.

* Yoh 10:11 - gembala yang baik
Di sini inti pernyataan di dalam seluruh pola berpikir ini diberikan. Selaku gembala yang baik Yesus menggenapi penyajian Perjanjian Lama tentang Yehovah (Mzm. 23:1, Yes. 40:11), dan Dia juga menempatkan diri-Nya sebagai lawan para pemimpin yang melukai domba-domba sebab hati mereka jahat. Sebaliknya dari mengambil nyawa, gembala ini bersedia untuk menyerahkan nyawa-Nya demi domba-domba itu. Hal ini merupakan sebuah nubuat dan juga sebuah sikap (bdg. 9:17).

* Yoh 10:12 - orang upahan,
Jenis yang berbeda ialah orang upahan, yang tidak perduli akan domba-domba dan meninggalkan mereka ketika bahaya mengancam. Hingga taraf tertentu gambaran ini mencerminkan para gembala (pemimpin) yang tidak setia (pada) zaman Perjanjian Lama sebagaimana ditegur oleh para nabi (lihat khususnya Yeh. 34).

* Yoh 10:14
Perhatian sang Gembala berkaitan dengan hubungan antara pengenalan dan kasih sayang yang merupakan ciri khas hubungan antara diri-Nya dengan domba-domba-Nya,

* Yoh 10:15
Ikatan pengenalan juga terdapat di antara sang Gembala dengan Sang Bapa yang mengutus-Nya. Anak mengetahui kehendak Bapa (yang termasuk menyerahkan nyawa Sang Anak demi domba-domba), dan Bapa mengenal Anak, sehingga mengetahui bahwa Ia dapat mengandalkan ketaatan-Nya dalam melaksanakan misi yang mahal ini.

* Yoh 10:16 - Kandang // Ada ... pada-Ku domba-domba lain // Bukan dari kandang ini
Kandang. Kata yang sama diterjemahkan sebagai kandang domba dalam 10:1. Ada ... pada-Ku domba-domba lain. Bahasa yang dipakai aneh dan bersifat nubuat (bdg. Kis. 18:10). Bukan dari kandang ini. Apakah yang dimaksudkan ialah orang-orang Yahudi pada masa Perserakan? Nyaris mustahil sebab mereka pada dasarnya satu dengan orang-orang Yahudi Palestina. Yesus melihat orang-orang bukan Yahudi yang akan menerima Injil.

* Yoh 10:17-18 - tugas // harus
Bapa senantiasa mengasihi Anak (17:24). tetapi Dia secara khusus mengasihi Sang Anak karena ketaatan-Nya sampai mati. Kematian itu merupakan tugas dari Bapa (bdg. dengan harus dalam 3:14; Mat. 16:21). Tidak ada seorang pun yang dapat menyentuh Anak jika waktu-Nya belum tiba (19:11). Dia akan menyerahkan roh-Nya kepada Allah (19:30). Tetapi kematian bukan akhir. Dengan kedaulatan yang sama untuk memerintah, Sang Anak akan membalik hukuman mati dan mengambil lagi hidup-Nya. Dia dapat menubuatkan kebangkitan-Nya dengan penuh keyakinan.

* Yoh 10:19-21 - Banyak // oleh perkataan-Nya // orang buta
Untuk ketiga kalinya di dalam Injil ini ini kita membaca tentang pemisahan (schisma) yang diciptakan oleh Yesus di antara para pendengar-Nya (bdg. 7:43; 9:16). Banyak orang ingin mengusir Tuhan sebagai orang-orang yang kerasukan setan dan tidak layak didengar. Orang lain terkesan oleh perkataan-Nya (tidak diragukan lagi pengabdian-Nya bagi domba-domba-Nya) yang dipadukan dengan ikatan akan mukjizat yang telah dilakukan-Nya terhadap mata orang buta.

Label:   Yohanes 10:1-21 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB - Rabu, 14 Maret 2018 - JADILAH GEMBALA YANG SETIA DAN DOMA YANG BAIK - Yohanes 10:1-21 (SGDK)





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 15 Maret 2018 - DITARIK OLEH YESUS - Yohanes 12:29-36

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 11 MARET 2018 - MENYADARI KESALAHAN SENDIRI Bilangan 12:11-16 - HARI MINGGU III PRAPASKAH
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



JUMAT, 30 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 30 NOVEMBER 2018 - BELAJAR BUAK DARI KEHIDUPAN - 2 Timotius 2:1-7 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Hari ketujuh, Demikianlah riwayat langit dan bumi // TUHAN Allah, Ada kabut naik ke atas ... dan membasahi // kabut, Tuhan Allah membentuk // manusia itu dari debu tanah // membentuk // manusia itu dari debu tanah ... menghembuskan // napas hidup ke
RABU, 28 NOVEMBER 2018
RABU, 28 NOVEMBER 2018 - MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH - 1 Petrus 2:18-25 (SGDK) - MlNGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 27 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 27 NOVEMBER 2018 - MEMBERLAKUKAN APA YANG DIBERLAKUKAN TUHAN - 1 Petrus 2:7-10 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 26 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 26 NOVEMBER 2018 - HIDUP ADALAH UCAPAN SYUKUR - 1 Petrus 1:17-25 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Jika kamu menyebut-Nya Bapa // Hidup dalam ketakutan, Kamu telah ditebus ... bukan dengan barang yang fana // Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus // yang mahal, Rasul Petrus menasihati mereka supaya menjalin kasih persaudaraan, Sia-sianya Ma
MINGGU, 25 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 25 NOVEMBER 2018 - BERHIKMAT DALAM HIDUP - 1 Korintus 10:12-13 - HARI MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)



Minggu, 04 November 2018
Tata Ibadah Hari Minggu Syukur HUT ke-8 PKLU GPIB - Minggu, 04 November 2018

JUKLAK HUT KE-8 PKLU GPIB, PESAN MS GPIB HUT ke-8 PKLU, surat pengantar hut 8 pklu, TATA IBADAH PKLU GPIB HUT Ke-8 PKLU
7 OKTOBER 2018
KOREKSI LAGU DALAM TATA IBADAH 7 OKTOBER 2018 DAN PETUNJUK PELAKSANAAN IBADAH MINGGU SELAMA BULAN OKTOBER 2018


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL