Save Page
Yohanes 4:19-30
4:19 Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi. 4:20 Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah." 4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." 4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau." 4:27 Pada waktu itu datanglah murid-murid-Nya dan mereka heran, bahwa Ia sedang bercakap-cakap dengan seorang perempuan. Tetapi tidak seorangpun yang berkata: "Apa yang Engkau kehendaki? Atau: Apa yang Engkau percakapkan dengan dia?" 4:28 Maka perempuan itu meninggalkan tempayannya di situ lalu pergi ke kota dan berkata kepada orang-orang yang di situ: 4:29 "Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?" 4:30 Maka merekapun pergi ke luar kota lalu datang kepada Yesus.

Penjelasan:
* Yoh 4:19-20 - Tuhan // seorang nabi
Bagi perempuan itu, Yesus pertama-tama merupakan seorang Yahudi, kemudian seorang yang layak dipanggil Tuhan (Tuan). dan kini seorang nabi. Dia telah membaca jiwa perempuan itu. Penyebutan soal ibadat di Gunung Gerizim, yang diadakan untuk menandingi ibadat orang Yahudi di Yerusalem, mungkin merupakan usaha untuk mengalihkan perhatian, tetapi yang lebih mungkin adalah bahwa itu merupakan petunjuk tentang hati yang rindu untuk mengenal jalan menuju Allah.

* Yoh 4:21-24 - Saatnya akan tiba // menyembah Bapa, // kamu // Keselamatan datang dari bangsa Yahudi // Saatnya ... sudah tiba sekarang // di dalam Roh dan kebenaran. Roh // kebenaran // Roh
Saatnya akan tiba. Di dalam tatanan baru yang dimulai dengan kedatangan Kristus, tempat penyembahan tidak sepenting Tokoh yang disembah. Hal yang penting ialah bahwa orang menyembah Bapa, yang sudah diberitakan melalui kedatangan Sang Anak. Dengan mempergunakan istilah kamu Yesus mungkin mengantisipasi pertobatan orang-orang Samaria. Ibadah orang Samaria merupakan hal yang kacau (bdg. II Raj. 17:33). Keselamatan datang dari bangsa Yahudi di dalam anti bahwa penyataan khusus tentang cara mendekati Allah dengan benar disampaikan kepada mereka: dan Yesus sendiri, sang Juruselamat, berasal dari bangsa ini (Rm. 9:5). Saatnya ... sudah tiba sekarang. Bahkan sebelum sistem keagamaan yang baru diresmikan dengan sifatnya yang universal, para penyembah sejati memperoleh kehormatan untuk menyembah Allah sebagai Bapa di dalam Roh dan kebenaran. Roh tampaknya menoleh ke belakang. ke Yerusalem dan penyembahan Yerusalem yang berdasarkan apa yang tersurat (hukum Taurat). Sedangkan kebenaran bertentangan dengan penyembahan orang Samaria yang tidak memadai dan palsu. Cara menyembah yang baru ini merupakan keharusan. sebab Allah itu Roh adanya (bukan sebuah Roh).

* Yoh 4:25-26 - memberitakan segala sesuatu // Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau
Gambaran perempuan itu tentang Mesias mungkin dilandaskan pada Ulangan 18:15-18, yang diterima sebagai Alkitab oleh orang Samaria. Sebagai nabi yang paling unggul, Mesias akan mampu memberitakan segala sesuatu. Pandangan ke depan yang muram ini tidak perlu. Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau. Akan sangat berbahaya bagi Yesus untuk memperkenalkan diri-Nya dengan cara ini kepada orang-orang Yahudi, di mana pengertian mereka tentang Mesias diwarnai politik. Di tempat ini rupanya Dia menganggap hal itu dapat dilakukan dengan aman. Benih telah ditanam, dan pada waktu yang tepat, sebab percakapan itu terhenti dengan kedatangan para murid.

* Yoh 4:27-30 - tempayan // orang
Para murid terheran bahwa Yesus melanggar kebiasaan dengan berbicara kepada perempuan itu (lihat tafsiran ay. 9). Tetapi rasa hormat kepada guru mereka membuat mereka tidak berani bertanya secara terang-terangan. Tanpa tempayan yang dibawanya. perempuan itu dengan cepat mengundurkan diri dan berlari ke kota, suatu tindakan yang menunjukkan bahwa dia nanti akan kembali dan memberitakan keputusannya untuk memiliki air hidup. Dia melakukan lebih daripada yang diminta oleh Yesus, dengan tidak pergi memanggil sate orang saja, tetapi memanggil orang-orang dari kota itu dan memberitakan pengalamannya yang menggetarkan. Dia tidak bermaksud mengajar mereka, tetapi dia membuat mereka berpikir dengan mengungkapkan pertanyaannya yang tidak lengkap: mungkinkah orang ini adalah sang Kristus? Orang-orang ternyata cukup terkesan untuk ikut bersama dengan dia ke sumur itu.


SBU
MINGGU SESUDAH EPIFANIASBU

SELASA, 16 JANUARI 2018
Renungan Pagi
KJ.18:1,3 -Berdoa
BERJUMPA TUHAN

Yohanes 4:1-18
Jawab Yesus kepadanya: “Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah....... (ay.10).

Sudahkah engkau berjumpa dengan Tuhan? Jangan katakan
sudah jika hidupmu tidak berubah. Karena perjumpaan dengan
Tuhan akan selalu mernbuat hidup kita berubah. Hidup yang kita
jalani sebagai orang percaya adalah hidup yang sudah mengenal
Tuhan dan melakukan apa yang dikehendaki-Nya. Perjumpaan
dengan Yesus akan selalu mendatangkan pembaharuan hidup dan
dapat mellhat kedepan kebaikan yang Tuhan karuniakan.

Seorang perampuan Samaria mengalami perubahan hidup se-
telah perjumpaannya dengan Yesus. Perjumpaan dengan Yesus
terjadl di sumur Yakub yang berada di kota Sikhar, daerah
Samaria. Dalam perjalanannya Yesus merasa letih dan duduk di
pinggir sumur Yakub. Yohanes mencatat bahwa waktu saat itu
kiira-kira pukul dua belas, jadi slang hari. Lalu datang seorang
perempuan Samaria untuk mengambil air ke sumur itu. Suatu
kebiasaan yang tidak biasa bahwa perempuan itu datang sendiri
untuk mengambil air ke sumur Yakub. 

Biasanya jika perempuan hendak mengambil air dl sumur itu maka mereka akan lakukan
berkelompok. Apakah inl mau mengatakan bahwa perempuan itu
tidak mempunyai teman? Atau apakah ia seorang yang dikucilkan?
Tetapi yang menarlk sebenarnya adalah dialog yang terjadi antara
Yesus dan perempuan Samaria itu.

Ia tahu bahwa Yesus adalah orang Yahudi dimana laki-laki
Yahudi tidak berbicara dengan perempuan Samaria. Karenanya
ketika Yesus meminta minum kepadanya, perempuan itu memper-
soalkan perbedaan yang ada. Perbedaan yang dihadirkan manusia
sehingga seringkaii menjadl penghalang utama untuk mengenal
kasih Allah dan melakukan kasih itu bagi orang lain. Yesus me-
ngajak perempuan itu untuk meninggalkan pemikiran dan Kehidupan
dunlawinya untuk mengenal Tuhan yang dapat memberikan kehi-
dupan yang sesungguhnya. Perjumpaan perempuan itu dengan
Tuhan, membuat ia menemukan arti kehidupannya.

KJ.18:4
Doa : (Tuhan, ajar kami mengerti kehendak-Mu dlsetlap
perjumpaan dengan Engkau)



MINGGU SESUDAH EPIFANIA
SELASA, 16 JANUARI 2018
Renungan Malam
KJ.427:1,2 -Berdoa
KUSAKSIKAN KEBESARAN TUHAN

Yohanes 4:19-30
Jawah perempuan itu kepada-Nya : ....Aku tahu bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Krlstus; apabila Ia datang, ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." (ay.25).

Perjumpaan dan percakapan dengan Yesus membawa perubahan besar dalam kehidupan seorang perempuan Samaria. Ia seorangperempuan berdosa tetapi memberi respon yang sedemikian mendaiam terhadap perkataan Yesus. Perkataannya, "Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi." (ayat 19). Pengakuan perempuan ini bukan pengakuan tanpa didahului dengan pengertian dan penerimaan akan perkataan Yesus. Roh Kudus
menolong perempuan itu untuk dapat mengerti perkataan Yesus kepada-Nya. Yesus memberi pengajaran kepadanya tentang apa yang harus diketahui oleh perempuan itu. Ketika perempuan itumengetahuinya dan mengerti maka ia menjadi percaya.

Yesus mengajak perempuan itu untuk meninggalkan hal-hal duniawi dan menerima kasih karunia ilahi untuk kehidupannya yang baik dan berkenan bagi Tuhan. Perempuan itu mendapatkan kasihkarunia Tuhan. Ia telah berjumpa dengan Yesus yang adalah Mesias, yang telah menyatakan segala sesuatu kepadanya, tentang apa yang hams didengar, dimengerti dan dipercayai. 

Perempuan Samaria yang telah mengalami kuasa Tuhan itu tidak berlalu demikian saja. Ia tidak menyimpan anugerah Tuhan yang ia alami hanya untuk diri sendiri. Perjumpaan itu telah mengubah hidupnya. Perubahan itulah yang kemudian ia wujudkan dalam kesaksian hidupnya. Pada ayat 28 dikatakan, "Maka perempuan itu rneninggaikan tempayannya di situ lalu pergi ke kota dan berkata kepada orang-orang yang di situ". Perempuan itu bersaksi. Ia manyampaikan kepada orang-orang yang diiumpainya tentang perjumpaannya dengan Yesus. Dan Ia menceritakan bagaimana ia mangalami kuasa dalam perjumpaannya itu, dalam hal ini Roh Kudus Tuhan yang bersaksi melalui perempuan itu, dan dari kesaksiannya banyak orang yang mandengar tentang Tuhan, menjadi percaya dan mengubah kehidupannya untuk meninggaikan kehidupan duniawi dan hidup di dalam Tuhan. 

Bagaimana dengan kesaksian hidup kiia? Apakah kita telah meninggaikan kehidupan lama kita yang iahat dan sekarang hidup di daiam Tuhan, supaya kesaksian kita tentang Dia adalah banar?

KJ 427:3,4
Doa : (Tuhan, Engkau Allah yang penuh kebaikan. Kami selalu mengalami kebaikanMu. Ajar kaml untuk menyaksikannya daiam kahidupan setlap hari).

Label:   Yohanes 4:19-30 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB - SELASA, 16 JANUARI 2018 - KUSAKSIKAN KEBESARAN TUHAN - Yohanes 4:19-30





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 17 Januari 2018 - TUHAN BEKERJA SIAPA YANG DAPAT MELARANG? - Yohanes 5:9b-18 (SGDK)

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - SENIN. 15 JANUARI 2018 - MUJIZAT TUHAN NYATA - Yohanes 2:9-11

Baca Garis Besar Yohanes

Baca Garis Besar 1 Yohanes

Baca Garis Besar 2 Yohanes

Baca Garis Besar 3 Yohanes

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan


Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns*, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI


1 Korintus 15:10-11 (1)
1 Petrus 3:18-22 (1)
1 Petrus 3:8-12 (1)
1 Petrus 4:12-19 (1)
1 Petrus 5:5-11 (1)
1 Raja-Raja 19:9-12 (1)
1 Samuel 1:19-28 (1)
1 Samuel 20:18-23 (1)
1 Samuel 20:35-42 (1)
1 Samuel 24:17-23 (1)
1 Tawarikh 22:1-13 (1)
1 Yohanes 1:8-10 (1)
1 Yohanes 2:3-6 (1)
1 Yohanes 3:16-18 (1)
1 Yohanes 4:7-21 (1)
1 Yohanes 5:3-5 (1)
2 Korintus 10:12-18 (1)
2 Korintus 3:7-11 (1)
2 Korintus 4:1-6 (1)
2 Korintus 4:13-15 (1)
2 Raja-Raja 19:4-7 (1)
2 Raja-Raja 22:12-20 (1)
2 Raja-Raja 23:15-23 (1)
2 Raja-Raja 4:25-37 (1)
2 Raja-Raja 4:44 (1)
2 Raja-Raja 4:8-24 (1)
2 Raja-Raja 5:8-14 (1)
2 Samuel 12:18-23 (1)
2 Tawarikh 30:10-27 (1)
2 Tesalonika 3:6-15 (1)
Amos 1:11-12 (1)
Amsal 17:8 (1)
Amsal 3:5-8 (1)
Ayub 21:1-15 (1)
Ayub 21:27-34 (1)
Ayub 22:27-30 (1)
Ayub 2:9-13 (1)
Ayub 40:1-9 (1)
Ayub 7:11-21 (1)
Bilangan 14:11-19 (1)
Bilangan 6:24-26 (1)
Daniel 3:28-30 (1)
Efesus 1:19-23 (1)
Efesus 4:25-32 (1)
Efesus 5:15-21 (1)
Efesus 5:32-33 (1)
Ester 5:1-8 (1)
Ester 6:12-13 (1)
Ezra 9:10-15 (1)
Filipi 1:12-26 (1)
Filipi 3:12-16 (1)
Filipi 4:2-9 (1)
Hakim-Hakim 4:11-24 (1)
Hakim-Hakim 5:24-31 (1)
Ibrani 10:23-25 (1)
Imamat 23:9-14 (1)
Kejadian 12:7-9 (1)
Kejadian 16:7-16 (1)
Kejadian 1:14-19 (1)
Kejadian 1:26-31 (1)
Kejadian 1:29-31 (1)
Kejadian 21:4-7 (1)
Kejadian 28:20-22 (1)
Kejadian 2:15-17 (1)
Kejadian 2:21-25 (1)
Kejadian 2:4b-7 (1)
Keluaran 13:11-16 (1)
Keluaran 13:17-22 (1)
Keluaran 14: 15 - 25 (1)
Keluaran 20:18-21 (1)
Keluaran 3:15-22 (1)
Kisah Para Rasul 17:16-21 (1)
Kisah Para Rasul 17:29-34 (1)
Kisah Para Rasul 18:9-17 (1)
Kisah Para Rasul 1:12-14 (1)
Kisah Para Rasul 9:25-31 (1)
Kolose 1:15-23 (1)
Kolose 2:1-5 (1)
Kolose 2:15-17 (1)
Lukas 23:44-49 (1)
Lukas 23:55-56a (1)
Lukas 7:41-50 (1)
Lukas 9:51-56 (1)
Markaus 1:9-11 (1)
Markus 14:10-11 (1)
Markus 14:47-51 (1)
Markus 2:13-17 (1)
Markus 5: 25-34 (1)
Markus 6:51-52 (1)
Matius 14:22-26 (1)
Matius 14:30-31 (1)
Matius 15:25-28 (1)
Matius 16:24-28 (1)
Matius 19:23-26 (1)
Matius 25:1-13 (1)
Matius 25:19-30 (1)
Matius 7:24-27 (1)
Mazmur 107:25-27 (1)
Mazmur 11 (1)
Mazmur 122:6-9 (1)
Mazmur 136:23-26 (1)
Mazmur 136:7-13 (1)
Mazmur 40:12-18 (1)
Mazmur 42:7-12 (1)
Mazmur 51:1-15 (1)
Mazmur 63:7-12 (2)
Mazmur 66:1-7 (1)
Mazmur 66:13-15 (1)
Mazmur 74:18-23 (1)
Mazmur 77:17-21 (1)
Mazmur 78:17-31 (1)
Mazmur 78:39-43 (1)
Mazmur 85:5-8 (1)
Nehemia 12:44-47 (1)
Nehemia 1:1-11 (1)
Nehemia 2:6-10 (1)
Nehemia 3:1-15 (1)
Nehemia 4:1-14 (1)
Nehemia 5:1-13 (1)
Nehemia 6:1-10 (1)
Nehemia 9:26-31 (1)
Pengkhotbah 9:7-12 (1)
Ratapan 1:10-14 (1)
Ratapan 1:18-22 (1)
Roma 12:19-21 (1)
Roma 14:13-23 (1)
Roma 1:18-32 (1)
Roma 2:12-16 (1)
Roma 5:1-5 (1)
Roma 8:26-35 (1)
Rut 2:1-7 (1)
Rut 4:1-6 (1)
Rut 4:13-17 (1)
Ruth 1:15-22 (1)
Titus 1:1-4 (1)
Titus 1:13-16 (1)
Titus 2:9-10 (1)
Titus 3:12-14 (1)
Titus 3:4-7 (1)
Wahyu 20:7-15 (1)
Yeremia 17:9-10 (1)
Yeremia 31:31-34 (1)
Yesaya 29:1-8 (1)
Yesaya 2:1-5 (1)
Yesaya 45:18-19 (1)
Yesaya 45:22-25 (1)
Yesaya 45:9-13 (1)
Yesaya 48:14-19 (1)
Yesaya 50:10-11 (1)
Yesaya 51:9-16 (1)
Yesaya 52:13-15 (1)
Yesaya 53:8-12 (1)
Yesaya 55:6-13 (1)
Yesaya 58:6-12 (1)
Yohanes 10:1-21 (1)
Yohanes 12:29-36 (1)
Yohanes 13:36-38 (1)
Yohanes 14:15-31 (1)
Yohanes 15:15-17 (1)
Yohanes 1:1-13 (1)
Yohanes 20:26-29 (1)
Yohanes 21:20-23 (1)
Yohanes 21:9-14 (1)
Yohanes 2:9-11 (1)
Yohanes 3:31-36 (1)
Yohanes 4:19-30 (1)
Yohanes 5:9b-18 (1)
Yohanes 8:33-36 (1)
Yohanes 9:8-11 (1)
Yosua 14:6-15 (1)
Yosua 18:8-10 (1)
Yosua 24:16-28 (1)
Yosua 4:14-24 (1)
Yosua 4:8-10 (1)
Yosua 5:7-12 (1)
Yunus 4:1-11 (1)


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke








Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)