Save Page
Minggu 17 Juni 2018,
III Dob Trinitas    
2 Petrus 3:1-13     
Hari Tuhan
3:1 Saudara-saudara yang kekasih, ini sudah surat yang kedua, yang kutulis kepadamu. Di dalam kedua surat itu aku berusaha menghidupkan pengertian yang murni oleh peringatan-peringatan, 3:2 supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu. 3:3 Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. 3:4 Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan." 3:5 Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air, 3:6 dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah. 3:7 Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik. 3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. 3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup 3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya. 3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.


Penjelasan:


* 2Ptr 3:1 - Surat yang kedua // Aku berusaha menghidupkan pengertian yang murni // murni
Surat yang kedua. Paling wajar kalau dianggap sebagai acuan terhadap I Petrus. Aku berusaha menghidupkan pengertian yang murni. Secara harfiah, melalui pengingat aku berusaha menghidupkan pikiranmu yang murni. Kata yang diterjemahkan menjadi murni (Yunani. eilierines) yang sekalipun akar katanya dipersoalkan. mungkin artinya adalah "diperiksa oleh matahari," seakan-akan sebuah vas bunga yang tidak menunjukkan adanya keretakan ketika dilihat di dalam terang sinar matahari. Keretakan semacam itu sering kali dapat dihilangkan dengan mengoleskan lilin secara cermat. Di dalam Authorized Version kata ini di Filipi 1:10 diterjemahkan dengan "tidak bercacat." Beberapa orang penafsir beranggapan bahwa kata ini mengacu kepada pengirikan.

* 2Ptr 3:2 - Nabi-nabi kudus ... rasul-rasul
Nabi-nabi kudus ... rasul-rasul. Petrus mengakui adanya kesinambungan dan keselarasan dengan kesaksian Alkitab Perjanjian Lama. yaitu pembuktian keaslian yang utama bagi pembenaran pemberitaan kristiani pada zaman rasuli, dan juga kesaksian para rekan sesama rasulnya. Pengakuan akan kerasulan dirinya secara tidak langsung ini - seakan-akan penulis sadar bahwa kenyataan tersebut sudah. cukup diketahui oleh para pembacanya - merupakan bukti tambahan yang kuat bahwa Petrus adalah penulis surat ini.

* 2Ptr 3:3-4 - Akan tampil pengejek-pengejek ... Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu?
Akan tampil pengejek-pengejek ... Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Memang dapat dipersoalkan apakah para pengejek ini merupakan acuan selanjutnya terhadap para guru palsu dari pasal 2, atau sekedar persoalan yang timbul dari penundaan kedatangan Kristus kembali yang membuat banyak orang mulai meninggalkan bahkan mengejek pengharapan mulia gereja.

* 2Ptr 3:5-6 - Mereka sengaja tidak man tahu // Oleh Firman Allah // Oleh air itu bumi yang dahulu ... dimusnahkan // Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara
Mereka sengaja tidak man tahu. Secara harfiah. sengaja mereka tidak memperhatikan. Yang dimaksudkan ialah suatu kebutaan terhadap fakta sehingga tidak bisa mengambil kesimpulan. Mereka ini tidak menginginkan pengharapan tersebut menjadi kenyataan. Oleh Firman Allah. Petrus kembali pada sifat dapat diandalkan dan kemantapan Firman Allah sebagaimana ditunjukkan dalam penciptaan semesta alam. Secara harfiah, alam semesta itu ada oleh sabda Allah. Oleh air itu bumi yang dahulu ... dimusnahkan. Sabda Allah yang menghukum sifatnya sama dengan sabda yang mencipta, tidak bisa dibantah. 7. Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara. Janji Allah untuk menghukum berat orang-orang berdosa dan dunia hendaknya diterima dengan penuh hormat. Tulisan-tulisan apokrif yang ditulis sebelum mala Kristen cukup terinci membahas hal-hal ini. Tuhan kita, ketika di atas bumi, berbicara tentang nasib orang berdosa yang akan dibakar dalam api (misalnya Luk. 16:24).

* 2Ptr 3:8-9 - Di hadapan Tuhan ... satu hari // Supaya semua orang berbalik dan bertobat
Di hadapan Tuhan ... satu hari. Petrus sekarang tiba pada tujuan pembahasannya, yaitu bahwa penundaan kedatangan kembali Kristus yang menjadi bahan ejekan bukanlah dasar yang kuat untuk meragukan kedatangan-Nya. Hal ini sudah disinggung sekilas ketika membahas air bah di zaman Nuh. Peristiwa itu juga terjadi lama sesudah saat diberitakan sehingga dianggap orang waktu itu sebagai tidak masuk akal: tetapi penghakiman tersebut akhirnya tiba juga sebagaimana dikemukakan oleh Allah sebelumnya. Pembahasan ini merupakan penyebutan Nuh yang ketiga kali oleh Petrus (I Ptr. 3:20: II Ptr. 2:5), suatu petunjuk lain tentang kesatuan kedua surat ini. Pembandingan satu hari dengan seribu tahun di hadapan Allah merupakan suatu pernyataan yang indah tentang keabadian Allah, yaitu keunggulan-Nya alas keterbatasan dari ruang dan waktu (bdg. Mzm. 90:4). Menarik untuk dipikirkan bahwa konsep semacam itu membantu kita di dalam menantikan kedatangan-Nya kembali. Kita akan menyelesaikan tahun-tahun pengembaraan kita di bumi ini dengan cepat. Tetapi sesudah itu, "bersama dengan Tuhan dan dibebaskan dari segala keterbatasan ruang waktu, hanya sehari atau dua hari saja - ditinjau dari zaman rasuli sekalipun - sebelum saat kerajaan-Nya tiba dengan segenap kemuliaan. Supaya semua orang berbalik dan bertobat. Masa penantian Allah ini bertujuan untuk menebus orang: kehendak-Nya yang mendasar ialah agar semua orang dapat berbalik kepada diri-Nya.

* 2Ptr 3:10 - Hari Tuhan akan tiba seperti pencuri // Langit akan lenyap ... unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api
Hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Sekalipun tampaknya tertunda. Firman Allah kembali akan terbukti sebagai benar. Hari itu akan tiba. Kunjungan pencuri yang tiba-tiba, dan tidak terduga pada malam hari merupakan perumpamaan favorit Kristus, dan kini diangkat kembali oleh para rasul. Langit akan lenyap ... unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api. Mungkin di sini kembali kitab Enoch disinggung sedikit, sebab di dalamnya terdapat sebutan tentang "gunung-gunung dari tujuh logam" serta kehancurannya. Rupanya di kalangan Yahudi secara umum ada harapan bahwa bumi akan dibersihkan dengan api. Pengharapan ini tentu saja ada di luar acuan Alkitab tentang kerajaan seribu tahun.

* 2Ptr 3:11-12 - Betapa suci dan salehnya kamu harus hidup // Menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah // Mempercepat kedatangan hari Allah
Betapa suci dan salehnya kamu harus hidup. Sebagaimana di surat pertamanya (1:14-16) di sini Petrus memakai pengharapan apokaliptik Kristen sebagai suatu pendorong yang kuat untuk hidup suci. Menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Bukankah suatu gambaran yang indah bagi mereka "yang merindukan kedatangan-Nya"? (bdg. II Tim. 4:8). Berbeda dengan mereka yang takut menghadapi saat tersebut. yang ketika mengalaminya secara tiba-tiba bahkan memohon agar batu dan gunung roboh menimpa mereka (Why. 6:15-17), orang Kristen dengan penuh semangat menantikan saat itu. Mempercepat kedatangan hari Allah. Mereka yang ikut membantu di dalam karya penebusan Allah tentu dapat merasakan ikut serta dalam kesudahannya.

* 2Ptr 3:13 - Menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran // sesuai dengan janji-Nya
Menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran. Pokok ini telah merupakan pokok pembahasan dari para nabi (mis. Yes. 2:4; 11:6-9; Mik. 4:1-5): itu adalah sesuai dengan janji-Nya. Saat tersebut merupakan pengharapan dan visi yang dimiliki oleh Abraham dan para leluhur Israel lainnya (Ibr. 11:10). Itulah hal yang menjadikan orang Kristen sepanjang zaman sebagai "perantau dan pendatang." Bandingkan dengan apa yang dikatakan Paulus tentang hal ini di dalam Roma 8:19-25. Seperti halnya Lot di Sodom, seorang Kristen mau tidak mau akan meratap atas berkuasanya dosa serta segenap akibatnya. Nama yang diberikan kepada Yehovah oleh Israel kerajaan seribu tabun adalah Yehovah-Tsidkenu. "Tuhan kebenaranku."

Label:   2 Petrus 3:1-13 





NEXT:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 24 Juni 2018, IV Dob Trinitas - Mazmur 104:19-30

PREV:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 10 Juni 2018, II Dob Trinitas - Yesaya 41:14-20

Garis Besar 2 Petrus

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,