Save Page
Yosua 4:14-24
4:14 Pada waktu itulah TUHAN membesarkan nama Yosua di mata seluruh orang Israel, sehingga mereka takut kepadanya, seperti mereka takut kepada Musa seumur hidupnya. 4:15 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua, demikian: 4:16 "Perintahkanlah para imam pengangkat tabut hukum Allah itu supaya naik dari sungai Yordan." 4:17 Maka Yosua memerintahkan kepada para imam itu, demikian: "Keluarlah dari sungai Yordan." 4:18 Ketika para imam, pengangkat tabut perjanjian TUHAN itu, keluar dari tengah-tengah sungai Yordan, dan baru saja kaki para imam itu dijejakkan di tanah yang kering, maka berbaliklah air sungai Yordan itu ke tempatnya dan mengalir seperti dahulu dengan meluap sepanjang tepinya. 4:19 Bangsa itu telah keluar dari sungai Yordan pada tanggal sepuluh bulan pertama dan mereka berkemah di Gilgal, di batas timur Yerikho. 4:20 Kedua belas batu yang diambil dari sungai Yordan itu ditegakkan oleh Yosua di Gilgal. 4:21 Dan berkatalah ia kepada orang Israel, demikian: "Apabila di kemudian hari anak-anakmu bertanya kepada ayahnya: Apakah arti batu-batu ini? 4:22 maka haruslah kamu beritahukan kepada anak-anakmu, begini: Israel telah menyeberangi sungai Yordan ini di tanah yang kering! -- 4:23 sebab TUHAN, Allahmu, telah mengeringkan di depan kamu air sungai Yordan, sampai kamu dapat menyeberang seperti yang telah dilakukan TUHAN, Allahmu, dengan Laut Teberau, yang telah dikeringkan-Nya di depan kita, sampai kita dapat menyeberang, 4:24 supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu."

Penjelasan:

* Yos 4:14 - Tuhan membesarkan nama Yosua
Tuhan membesarkan nama Yosua sebagai pemimpin pilihan-Nya dengan memberikan kemampuan kepadanya untuk menyeberangkan bangsa itu dengan aman (bdg. 1:5, 17; 3:7).

* Yos 4:15-18
Nas ini mengisahkan 4:11 lebih lengkap lagi. Terjemahkan 4:15 sebagai berikut: Sebab Tuhan telah berfirman kepada Yosua . . .

* Pendirian Monumen di Gilgal (4:19-5:1).
Perkemahan pertama orang Israel di Kanaan dan markas besar mereka untuk penaklukan negeri tersebut adalah Gilgal, yang letaknya dua atau tiga mil di sebelah timur Laut Yerikho, dekat Kirbet el Mefjir. Sebagaimana halnya di seberang lain dari sungai, di sini pun didirikan tumpukan batu peringatan yang setiap batunya terlalu kecil untuk dijadikan satu batu peringatan (masseba) tersendiri. Sekalipun demikian, nama Gilgal yang artinya lingkaran jelas sudah merupakan nama tempat itu sebab Musa rupanya mengenal tempat itu (Ul. 11:30). Mungkin untuk menandai suatu tempat penguburan dari suatu sistem penyembahan, orang Kanaan sebelumnya telah mendirikan tumpukan batu berpahat dalam bentuk lingkaran di dekat Gilgal itu (Hak. 3:19), sehingga orang Israel mendirikan batu peringatan untuk Yehova di situ untuk melawan kebiasaan menyembah berhala.

* Yos 4:19 - Pada tanggal 10 bulan pertama // memilih anak
Pada tanggal 10 bulan pertama. Bulan Abib (Kel. 13:4) atau Nisan (Neh. 2:1) atau bulan Maret - April 1407/6 sM. Mereka tiba di tempat perkemahan tepat pada waktunya untuk memilih anak domba Paskah (Kel. 12:3) yang akan disembelih pada tanggal 14 (bdg. Yos. 5:10), melalui pengaturan Allah tepat empat puluh tahun sesudah mereka meninggalkan negeri perbudakan mereka memasuki negeri yang dijanjikan.

* Yos 4:23 - Seperti yang telah dilakukan Tuhan, Allahmu, dengan Laut Teberau
Seperti yang telah dilakukan Tuhan, Allahmu, dengan Laut Teberau. Kedua peristiwa ini merupakan bukti puncak dari kuasa dan kemurahan Yehova di dalam sejarah Israel yang tidak pernah dilupakan oleh para pemazmur dan para nabi (Mzm. 66:6; 74:13, 15; 114:3, 5; Yes. 50:2; Hab. 3:8).

* Yos 4:24 - Supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan Tuhan
Supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan Tuhan. Tujuan dari semua peristiwa tersebut tergenapi secara menakjubkan begitu berbagai bangsa di Kanaan mendengar tentang peristiwa itu (5:1). Mungkin sebelumnya mereka mengandalkan Sungai Yordan yang sedang pasang itu sebagai penghalang sementara. Tetapi ketika mereka mengetahui bahwa sungai yang sedang pasang tersebut menjadi kering sama sekali, hilanglah seluruh semangat mereka melihat bukti yang demikian nyata bahwa Yehova yang disembah para penyerbu tersebut adalah Allah yang nyata, hidup dan perkasa.

* Perjanjian (6- 7, 21-23). Melalui monumen ini, perbuatan dan rencana besar Allah dapat terus dikisahkan. Bercerita adalah cara untuk menumbuhkembangkan karya-Nya dalam umat. Ketiga, agar karya Allah membuat takut semua bangsa yang telah menyaksikan perbuatan dahsyat-Nya memimpin umat-Nya ke Tanah Perjanjian (24).

Sama seperti Israel, gereja pun ada dalam bahaya lupa anugerah Allah. Oleh karena itu, Kristus memberikan perintah merayakan Perjamuan Kudus yang secara berkala mengingatkan kita akan karya Salib Kristus. Juga Baptisan Kudus yang merupakan pengakuan iman orang percaya akan karya Kristus yang teraplikasi pada dirinya. Keluarga memiliki peran penting mendidik anak-anak dalam iman. Seni bercerita isi Alkitab dan pengalaman rohani Kristen keluarga hendaknya kita kembangkan agar Allah dan perbuatan-perbuatan-Nya jadi pusat keluarga kita.


SBU

Senin, 16 April 2018
Renungan Pagi
GB 114:1 - Berdoa
PANGGILAN UNTUK BERJUANG BERSAMA
Yosua 4 : 11 - 13

"Juga bani Ruben, bani Gad dan suku Manasye yang setengah itu menyeberang..." (ay.12)

Persekutuan umat dapat diwujudkan karena Allah hadir. Tabut Perjanjian sebagai tanda kehadiran Allah mengharuskan setiap suku Israel membangun masa depan bersama di tanah Kanaan. Suku Ruben, Gad dan setengah Manasye mewakili Yusuf yang bungsu telah mendapat tanah di Timur sungai Yordan. Mereka turut berjuang bersama suku-suku yang belum mendapat warisan tanah perjanjian. Jumlah prajurit dari dua setengah suku itu adalah 40 ribu orang, dari keseluruhan jumlah laki-laki yang dipersiapkan untuk terjun ke dalam pertempuran adalah 110 ribu orang (BiI.26). Mobilisasi prajurit ini dipersiapkan untuk menghadapi penduduk tanah Kanaan. Tabut ada di tengah-tengah umat untuk memper-satukan dan menjam in kepemimpinan Allah. Dengan begitu umat berjuang keras untuk menampilkan nilai-nilai Kerajaan Allah di tengah masyarakat. Umat tidak hanya beribadah tetapi juga me-wujudkan kasih dan keadiian bagi sesama dan lingkungan hidup.

Persekutuan menjadi prasyarat untuk peiaksanaan tugas ke luar, yaitu pelayanan dan kesaksian di dalam masyarakat. Gereja dan keluarga kita harus hidup di dalarn persekutuan karena Yesus Kristus hadir dan mengikat kits. satu dengan yang lain. lkatan itu adalah kasih dan keadlian yang kita praktekkan setiap hari. Dengan begitu kita dapat hadir berjuang dengan sesama di dalam masya-rakat danpersekutuan kita menjadi contoh dalam membangun ke-bersamaan dengan sesama kita berdasarkan Kasih Kristus. Persekutuan kasih yang dimaksud harus dimulai dari keluarga dan kernudian diteruskan di dalam gereja dan lingkungan hidup yang lebih luas.

GB 114:2
Doa : (Baharuilah persekutuan kami untuk mengasihi satu dengan yang lain).


Senin, 16 April 2018
Renungan Malam
GB 300:1 -Berdoa
PEMIMPIN YANG DIKEHENDAKI TUHAN
Yosua 4 14 - 24

"TUHAN membesarkan nama Yosua (ay.14) Pengangkatan Yosua sebagai pemimpin Israel dilakukan Tuhan sendiri" (Yos.1:2).

Musa tidak mengangkat penggantinya tetapi Tuhan sendiri. Musa hanya mempersiapkan Yosua sebagai abdinya. Ayat 14 menyatakan bahwa Tuhan membesarkan nama Yosua. Artinya, Tuhan memberikan kewibawaan kepadanya se-bagai seorang pemimpin. Sehingga umat takut kepadanya seperti kepada Musa. Takut dalam anti tunduk, menghargai dan mengasihi-nya.

MengapaTuhan memilih Yosua? Karena is telah belajar me-layani sebagai abdi Musa kurang Iebih 40 tahun. Ia berjiwa melayani dan rendah hati. la juga jujur, tact dan mengandalkan Tuhan. Hidup-nya menggambarkan kehadiran Tuhan dan menerjemahkan perintah-Nya dengan konsekwen. Sebagai pemimpin, tanpa ragu-ragu iameneruskan perintah Allah. Ia mengandalkan kepemimpinan Tuhan sehingga tabut diusung dari tepi timur ke tepi barat sungai Yordan. 12 batu disusun di Gilgal tetapi 12 batu lagi dikumpulkan di dasar sungai Yordan. Pembangunan tugu-tugu itu sebagai peringatan terhadap pimpinan Tuhan yang membelah sungai Yordan seperti terjadi di Laut Teberau. Yosua adalah saksinya balk di Laut Teberau bersama Musa dan terakhir di Sungai Yordan bersama Kaleb. Melayani adalah memimpin dan sebaliknya memimpin adalah melayani. Teladan seperti ini nampak dalam diri Yesus Anak Allah (Markus 10:44,45). Gaya hidup seperti itu menjadi gaya hidup setiap pengikut Kristus yang di dalam gereja. Seperti “Yesus yang melayani dan bukan dilayani” itulah juga yang harus nampak di dalam hidup kita mulai dari dalam keluarga.


GB 300:2
Doa : (Ya Kristus, kuatkanlah kami agar kami mampu melayani di dalam keluarga kami)

Label:   Yosua 4:14-24 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 April 2018 PEMIMPIN YANG DIKEHENDAKI TUHAN - Yosua 4:14-24 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 April 2018 - PASKAH SEBAGAI KEBANGKITAN UMAT - Yosua 5:7-12 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 April 2018 MEMBANGUN TUGU PERINGATAN - Yosua 4:8-10 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



JUMAT, 30 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 30 NOVEMBER 2018 - BELAJAR BUAK DARI KEHIDUPAN - 2 Timotius 2:1-7 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Hari ketujuh, Demikianlah riwayat langit dan bumi // TUHAN Allah, Ada kabut naik ke atas ... dan membasahi // kabut, Tuhan Allah membentuk // manusia itu dari debu tanah // membentuk // manusia itu dari debu tanah ... menghembuskan // napas hidup ke
RABU, 28 NOVEMBER 2018
RABU, 28 NOVEMBER 2018 - MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH - 1 Petrus 2:18-25 (SGDK) - MlNGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 27 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 27 NOVEMBER 2018 - MEMBERLAKUKAN APA YANG DIBERLAKUKAN TUHAN - 1 Petrus 2:7-10 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 26 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 26 NOVEMBER 2018 - HIDUP ADALAH UCAPAN SYUKUR - 1 Petrus 1:17-25 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Jika kamu menyebut-Nya Bapa // Hidup dalam ketakutan, Kamu telah ditebus ... bukan dengan barang yang fana // Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus // yang mahal, Rasul Petrus menasihati mereka supaya menjalin kasih persaudaraan, Sia-sianya Ma
MINGGU, 25 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 25 NOVEMBER 2018 - BERHIKMAT DALAM HIDUP - 1 Korintus 10:12-13 - HARI MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)



Minggu, 04 November 2018
Tata Ibadah Hari Minggu Syukur HUT ke-8 PKLU GPIB - Minggu, 04 November 2018

JUKLAK HUT KE-8 PKLU GPIB, PESAN MS GPIB HUT ke-8 PKLU, surat pengantar hut 8 pklu, TATA IBADAH PKLU GPIB HUT Ke-8 PKLU
7 OKTOBER 2018
KOREKSI LAGU DALAM TATA IBADAH 7 OKTOBER 2018 DAN PETUNJUK PELAKSANAAN IBADAH MINGGU SELAMA BULAN OKTOBER 2018


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL