Save Page

Yosua 4:14-24
4:14 Pada waktu itulah TUHAN membesarkan nama Yosua di mata seluruh orang Israel, sehingga mereka takut kepadanya, seperti mereka takut kepada Musa seumur hidupnya. 4:15 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua, demikian: 4:16 "Perintahkanlah para imam pengangkat tabut hukum Allah itu supaya naik dari sungai Yordan." 4:17 Maka Yosua memerintahkan kepada para imam itu, demikian: "Keluarlah dari sungai Yordan." 4:18 Ketika para imam, pengangkat tabut perjanjian TUHAN itu, keluar dari tengah-tengah sungai Yordan, dan baru saja kaki para imam itu dijejakkan di tanah yang kering, maka berbaliklah air sungai Yordan itu ke tempatnya dan mengalir seperti dahulu dengan meluap sepanjang tepinya. 4:19 Bangsa itu telah keluar dari sungai Yordan pada tanggal sepuluh bulan pertama dan mereka berkemah di Gilgal, di batas timur Yerikho. 4:20 Kedua belas batu yang diambil dari sungai Yordan itu ditegakkan oleh Yosua di Gilgal. 4:21 Dan berkatalah ia kepada orang Israel, demikian: "Apabila di kemudian hari anak-anakmu bertanya kepada ayahnya: Apakah arti batu-batu ini? 4:22 maka haruslah kamu beritahukan kepada anak-anakmu, begini: Israel telah menyeberangi sungai Yordan ini di tanah yang kering! -- 4:23 sebab TUHAN, Allahmu, telah mengeringkan di depan kamu air sungai Yordan, sampai kamu dapat menyeberang seperti yang telah dilakukan TUHAN, Allahmu, dengan Laut Teberau, yang telah dikeringkan-Nya di depan kita, sampai kita dapat menyeberang, 4:24 supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu."

Penjelasan:


* Yos 4:14 - Tuhan membesarkan nama Yosua
Tuhan membesarkan nama Yosua sebagai pemimpin pilihan-Nya dengan memberikan kemampuan kepadanya untuk menyeberangkan bangsa itu dengan aman (bdg. 1:5, 17; 3:7).

* Yos 4:15-18
Nas ini mengisahkan 4:11 lebih lengkap lagi. Terjemahkan 4:15 sebagai berikut: Sebab Tuhan telah berfirman kepada Yosua . . .

* Pendirian Monumen di Gilgal (4:19-5:1).
Perkemahan pertama orang Israel di Kanaan dan markas besar mereka untuk penaklukan negeri tersebut adalah Gilgal, yang letaknya dua atau tiga mil di sebelah timur Laut Yerikho, dekat Kirbet el Mefjir. Sebagaimana halnya di seberang lain dari sungai, di sini pun didirikan tumpukan batu peringatan yang setiap batunya terlalu kecil untuk dijadikan satu batu peringatan (masseba) tersendiri. Sekalipun demikian, nama Gilgal yang artinya lingkaran jelas sudah merupakan nama tempat itu sebab Musa rupanya mengenal tempat itu (Ul. 11:30). Mungkin untuk menandai suatu tempat penguburan dari suatu sistem penyembahan, orang Kanaan sebelumnya telah mendirikan tumpukan batu berpahat dalam bentuk lingkaran di dekat Gilgal itu (Hak. 3:19), sehingga orang Israel mendirikan batu peringatan untuk Yehova di situ untuk melawan kebiasaan menyembah berhala.

* Yos 4:19 - Pada tanggal 10 bulan pertama // memilih anak
Pada tanggal 10 bulan pertama. Bulan Abib (Kel. 13:4) atau Nisan (Neh. 2:1) atau bulan Maret - April 1407/6 sM. Mereka tiba di tempat perkemahan tepat pada waktunya untuk memilih anak domba Paskah (Kel. 12:3) yang akan disembelih pada tanggal 14 (bdg. Yos. 5:10), melalui pengaturan Allah tepat empat puluh tahun sesudah mereka meninggalkan negeri perbudakan mereka memasuki negeri yang dijanjikan.

* Yos 4:23 - Seperti yang telah dilakukan Tuhan, Allahmu, dengan Laut Teberau
Seperti yang telah dilakukan Tuhan, Allahmu, dengan Laut Teberau. Kedua peristiwa ini merupakan bukti puncak dari kuasa dan kemurahan Yehova di dalam sejarah Israel yang tidak pernah dilupakan oleh para pemazmur dan para nabi (Mzm. 66:6; 74:13, 15; 114:3, 5; Yes. 50:2; Hab. 3:8).

* Yos 4:24 - Supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan Tuhan
Supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan Tuhan. Tujuan dari semua peristiwa tersebut tergenapi secara menakjubkan begitu berbagai bangsa di Kanaan mendengar tentang peristiwa itu (5:1). Mungkin sebelumnya mereka mengandalkan Sungai Yordan yang sedang pasang itu sebagai penghalang sementara. Tetapi ketika mereka mengetahui bahwa sungai yang sedang pasang tersebut menjadi kering sama sekali, hilanglah seluruh semangat mereka melihat bukti yang demikian nyata bahwa Yehova yang disembah para penyerbu tersebut adalah Allah yang nyata, hidup dan perkasa.

* Perjanjian (6- 7, 21-23). Melalui monumen ini, perbuatan dan rencana besar Allah dapat terus dikisahkan. Bercerita adalah cara untuk menumbuhkembangkan karya-Nya dalam umat. Ketiga, agar karya Allah membuat takut semua bangsa yang telah menyaksikan perbuatan dahsyat-Nya memimpin umat-Nya ke Tanah Perjanjian (24).

Sama seperti Israel, gereja pun ada dalam bahaya lupa anugerah Allah. Oleh karena itu, Kristus memberikan perintah merayakan Perjamuan Kudus yang secara berkala mengingatkan kita akan karya Salib Kristus. Juga Baptisan Kudus yang merupakan pengakuan iman orang percaya akan karya Kristus yang teraplikasi pada dirinya. Keluarga memiliki peran penting mendidik anak-anak dalam iman. Seni bercerita isi Alkitab dan pengalaman rohani Kristen keluarga hendaknya kita kembangkan agar Allah dan perbuatan-perbuatan-Nya jadi pusat keluarga kita.


SBU


Senin, 16 April 2018
Renungan Pagi
GB 114:1 - Berdoa
PANGGILAN UNTUK BERJUANG BERSAMA
Yosua 4 : 11 - 13

"Juga bani Ruben, bani Gad dan suku Manasye yang setengah itu menyeberang..." (ay.12)

Persekutuan umat dapat diwujudkan karena Allah hadir. Tabut Perjanjian sebagai tanda kehadiran Allah mengharuskan setiap suku Israel membangun masa depan bersama di tanah Kanaan. Suku Ruben, Gad dan setengah Manasye mewakili Yusuf yang bungsu telah mendapat tanah di Timur sungai Yordan. Mereka turut berjuang bersama suku-suku yang belum mendapat warisan tanah perjanjian. Jumlah prajurit dari dua setengah suku itu adalah 40 ribu orang, dari keseluruhan jumlah laki-laki yang dipersiapkan untuk terjun ke dalam pertempuran adalah 110 ribu orang (BiI.26). Mobilisasi prajurit ini dipersiapkan untuk menghadapi penduduk tanah Kanaan. Tabut ada di tengah-tengah umat untuk memper-satukan dan menjam in kepemimpinan Allah. Dengan begitu umat berjuang keras untuk menampilkan nilai-nilai Kerajaan Allah di tengah masyarakat. Umat tidak hanya beribadah tetapi juga me-wujudkan kasih dan keadiian bagi sesama dan lingkungan hidup.

Persekutuan menjadi prasyarat untuk peiaksanaan tugas ke luar, yaitu pelayanan dan kesaksian di dalam masyarakat. Gereja dan keluarga kita harus hidup di dalarn persekutuan karena Yesus Kristus hadir dan mengikat kits. satu dengan yang lain. lkatan itu adalah kasih dan keadlian yang kita praktekkan setiap hari. Dengan begitu kita dapat hadir berjuang dengan sesama di dalam masya-rakat danpersekutuan kita menjadi contoh dalam membangun ke-bersamaan dengan sesama kita berdasarkan Kasih Kristus. Persekutuan kasih yang dimaksud harus dimulai dari keluarga dan kernudian diteruskan di dalam gereja dan lingkungan hidup yang lebih luas.

GB 114:2
Doa : (Baharuilah persekutuan kami untuk mengasihi satu dengan yang lain).


Senin, 16 April 2018
Renungan Malam
GB 300:1 -Berdoa
PEMIMPIN YANG DIKEHENDAKI TUHAN
Yosua 4 14 - 24

"TUHAN membesarkan nama Yosua (ay.14) Pengangkatan Yosua sebagai pemimpin Israel dilakukan Tuhan sendiri" (Yos.1:2).

Musa tidak mengangkat penggantinya tetapi Tuhan sendiri. Musa hanya mempersiapkan Yosua sebagai abdinya. Ayat 14 menyatakan bahwa Tuhan membesarkan nama Yosua. Artinya, Tuhan memberikan kewibawaan kepadanya se-bagai seorang pemimpin. Sehingga umat takut kepadanya seperti kepada Musa. Takut dalam anti tunduk, menghargai dan mengasihi-nya.

MengapaTuhan memilih Yosua? Karena is telah belajar me-layani sebagai abdi Musa kurang Iebih 40 tahun. Ia berjiwa melayani dan rendah hati. la juga jujur, tact dan mengandalkan Tuhan. Hidup-nya menggambarkan kehadiran Tuhan dan menerjemahkan perintah-Nya dengan konsekwen. Sebagai pemimpin, tanpa ragu-ragu iameneruskan perintah Allah. Ia mengandalkan kepemimpinan Tuhan sehingga tabut diusung dari tepi timur ke tepi barat sungai Yordan. 12 batu disusun di Gilgal tetapi 12 batu lagi dikumpulkan di dasar sungai Yordan. Pembangunan tugu-tugu itu sebagai peringatan terhadap pimpinan Tuhan yang membelah sungai Yordan seperti terjadi di Laut Teberau. Yosua adalah saksinya balk di Laut Teberau bersama Musa dan terakhir di Sungai Yordan bersama Kaleb. Melayani adalah memimpin dan sebaliknya memimpin adalah melayani. Teladan seperti ini nampak dalam diri Yesus Anak Allah (Markus 10:44,45). Gaya hidup seperti itu menjadi gaya hidup setiap pengikut Kristus yang di dalam gereja. Seperti "Yesus yang melayani dan bukan dilayani" itulah juga yang harus nampak di dalam hidup kita mulai dari dalam keluarga.


GB 300:2
Doa : (Ya Kristus, kuatkanlah kami agar kami mampu melayani di dalam keluarga kami)

Label:   Yosua 4:14-24 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 April 2018 - PASKAH SEBAGAI KEBANGKITAN UMAT - Yosua 5:7-12 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 April 2018 MEMBANGUN TUGU PERINGATAN - Yosua 4:8-10 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

Garis Besar Yosua





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
How I love You - Christy Nockels

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,   download mp3 lagu kristen arab,   download mp3 lagu kristen arab,   renungan rut 4,   download mp3 lagu kristen arab,   tuhan telah berjanji mp3,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   khotbah Mazmur 33:13-18,   donlod mp3 lagu kristen arab,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   Khotba amos 8:4-8,