Save Page

Hakim-Hakim 4:11-24
4:11 Adapun Heber, orang Keni itu, telah memisahkan diri dari suku Keni, dari anak-anak Hobab ipar Musa, dan telah berpindah-pindah memasang kemahnya sampai ke pohon tarbantin di Zaanaim yang dekat Kedesh. 4:12 Setelah dikabarkan kepada Sisera, bahwa Barak bin Abinoam telah maju ke gunung Tabor, 4:13 dikerahkannyalah segala keretanya, sembilan ratus kereta besi, dan seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia, dari Haroset-Hagoyim ke sungai Kison. 4:14 Lalu berkatalah Debora kepada Barak: "Bersiaplah, sebab inilah harinya TUHAN menyerahkan Sisera ke dalam tanganmu. Bukankah TUHAN telah maju di depan engkau?" Lalu turunlah Barak dari gunung Tabor dan sepuluh ribu orang mengikuti dia, 4:15 dan TUHAN mengacaukan Sisera serta segala keretanya dan seluruh tentaranya oleh mata pedang di depan Barak, sehingga Sisera turun dari keretanya dan melarikan diri dengan berjalan kaki. 4:16 Lalu Barak mengejar kereta-kereta dan tentara itu sampai ke Haroset-Hagoyim, dan seluruh tentara Sisera tewas oleh mata pedang; tidak ada seorangpun yang tinggal hidup. 4:17 Tetapi Sisera dengan berjalan kaki melarikan diri ke kemah Yael, isteri Heber, orang Keni itu, sebab ada perhubungan baik antara Yabin, raja Hazor, dengan keluarga Heber, orang Keni itu. 4:18 Yael itupun keluar mendapatkan Sisera, dan berkata kepadanya: "Singgahlah, tuanku, silakan masuk. Jangan takut." Lalu singgahlah ia ke dalam kemah perempuan itu dan perempuan itu menutupi dia dengan selimut. 4:19 Kemudian berkatalah ia kepada perempuan itu: "Berilah kiranya aku minum air sedikit, aku haus." Lalu perempuan itu membuka kirbat susu, diberinyalah dia minum dan diselimutinya pula. 4:20 Lagi katanya kepada perempuan itu: "Berdirilah di depan pintu kemah dan apabila ada orang datang dan bertanya kepadamu: Ada orang di sini?, maka jawablah: Tidak ada." 4:21 Tetapi Yael, isteri Heber, mengambil patok kemah, diambilnya pula palu, mendekatinya diam-diam, lalu dilantaknyalah patok itu masuk ke dalam pelipisnya sampai tembus ke tanah -- sebab ia telah tidur nyenyak karena lelahnya -- maka matilah orang itu. 4:22 Pada waktu itu muncullah Barak yang mengejar Sisera. Keluarlah Yael mendapatkan dia dan berkata kepadanya: "Mari, aku akan menunjukkan kepadamu orang yang kaucari itu." Lalu masuklah Barak ke dalam dan tampaklah Sisera mati tergeletak dengan patok dalam pelipisnya. 4:23 Demikianlah Allah pada hari itu menundukkan Yabin, raja Kanaan, di depan orang Israel. 4:24 Dan kekuasaan orang Israel kian keras menekan Yabin, raja Kanaan, sampai mereka melenyapkan Yabin, raja Kanaan itu.

Penjelasan:



*  Hak 4:11 - Adapun Heber, orang Keni itu, telah memisahkan diri dari . . . anak-anak Hobab ipar Musa
Adapun Heber, orang Keni itu, telah memisahkan diri dari . . . anak-anak Hobab ipar Musa. Sang penulis sejarah suci memberikan latar belakang tentang orang Keni. Rupanya mereka adalah pandai besi pengembara yang pertama kali dijumpai Musa pada. saat dia tinggal di padang gurun sebelum menjadi pemimpin Eksodus. Heber telah memisahkan diri dari rombongan utama sukunya dan menetap di dekat Kedesy.

* Hak 4:12 - Dikabarkan kepada Sisera bahwa Barak bin Abinoam telah maju ke Gunung Tabor
Dikabarkan kepada Sisera bahwa Barak bin Abinoam telah maju ke Gunung Tabor. Setelah Sisera mengetahui gerakan Barak, dia mengumpulkan pasukannya, termasuk sembilan ratus kereta besi, lalu bergerak maju dari Haroset menuju ke Sungai Kison.

* Hak 4:14 - Lalu turunlah Barak dari Gunung Tabor dan sepuluh ribu orang mengikuti dia
Lalu turunlah Barak dari Gunung Tabor dan sepuluh ribu orang mengikuti dia. Setelah dipastikan oleh Debora bahwa Allah akan mendatangkan kemenangan besar kepada orang Israel, Barak dan sepuluh ribu anggota pasukannya bergerak maju menemui pasukan Kanaan tersebut di lembah.

* Hak 4:15 - Dan Tuhan mengacaukan Sisera serta segala keretanya
Dan Tuhan mengacaukan Sisera serta segala keretanya. Pasukan Kanaan menjadi panik. Serangan mendadak pasukan Israel dan badai yang menyebabkan Sungai Kison meluap (5:21) membuat pasukan Kanaan lari meninggalkan kereta mereka yang dibiarkan terperosok di lembah itu.

* Hak 4:17 - Sisera dengan berjalan kaki melarikan diri ke kemah Yael, Istri Heber, orang Keni itu // Sebab ada perhubungan baik antara Yabin, Raja Hazor, dengan keluarga Heber, orang Keni itu
Sisera dengan berjalan kaki melarikan diri ke kemah Yael, Istri Heber, orang Keni itu. Dengan sisa pasukan yang sudah tidak berdaya, tujuan utama dari Sisera adalah menyelamatkan dirinya sendiri. Sebab ada perhubungan baik antara Yabin, Raja Hazor, dengan keluarga Heber, orang Keni itu. Sisera memiliki alasan untuk berpikir bahwa dirinya akan selamat jika dia sudah berhasil mencapai rumah Heber. Jelaslah orang Kanaan tidak menindas orang Keni pengembara yang ada di tengah mereka, dan orang Keni itu tidak ikut terlibat di dalam pemberontakan orang Israel terhadap mereka.

* Hak 4:18 - Yael itu pun keluar mendapatkan Sisera dan berkata kepadanya, "Singgahlah tuanku, silakan masuk." // Perempuan itu menutupi dia dengan selimut // selimut
Yael itu pun keluar mendapatkan Sisera dan berkata kepadanya, "Singgahlah tuanku, silakan masuk." Yael memberikan kesediaan menerima tamu di kemahnya untuk Sisera yang sedang ketakutan. Apakah dia mengundang panglima tersebut ke dalam tendanya untuk membunuhnya merupakan masalah yang tidak dapat dipastikan. Perempuan itu menutupi dia dengan selimut. Arti sesungguhnya dari kata yang diterjemahkan menjadi selimut tidak jelas. Kata tersebut juga dapat diterjemahkan menjadi tirai tenda.

* Hak 4:19 - Lalu perempuan itu membuka kirbat susu, diberinyalah dia minum dan diselimutinya pula
Lalu perempuan itu membuka kirbat susu, diberinyalah dia minum dan diselimutinya pula. Sisera minta air, namun Yael membuka sebuah kantong yang terbuat dari kulit kambing atau domba yang dipakai untuk menyimpan susu dan memberinya minum susu secawan penuh.

* Hak 4:20 - Berdirilah di depan pintu kemah
Berdirilah di depan pintu kemah. Sisera memiliki alasan yang kuat untuk menduga bahwa pasukan Israel sedang mengejarnya. Dia meminta kepada Yael untuk mengatakan kepada pasukan tersebut bahwa dirinya tidak ada di situ. Tindakan Yael yang ramah itu membuat Sisera berpikir bahwa dia bisa mengandalkan perempuan tersebut.

* Hak 4:21 - Tetapi Yael, Istri Heber, mengambil patok kemah . . . lalu dilantakkannyalah patok itu masuk ke dalam pelipisnya ... maka matilah orang itu
Tetapi Yael, Istri Heber, mengambil patok kemah . . . lalu dilantakkannyalah patok itu masuk ke dalam pelipisnya ... maka matilah orang itu. Di antara orang Badui, memasang patok kemah merupakan tugas kaum perempuan dan hal ini mungkin sudah berlaku sejak zaman dulu. Patok kemah dan palu yang dipakai Yael mungkin terbuat dari kayu. Sisera yang sudah kelelahan karena harus meloloskan diri dengan sulit, sedang tertidur nyenyak, dan Yael menganggap inilah kesempatannya untuk membunuh musuh Israel itu. Beberapa penafsir berpendapat bahwa Yael tidak setuju dengan sikap netral suaminya (4:17), sehingga tindakannya terhadap Sisera itu merupakan ungkapan kesetiaannya kepada Israel. Apakah tindakannya itu sudah direncanakan sebelumnya atau tidak, bukanlah hal yang penting sepanjang yang menyangkut catatan Kitab Hakim-hakim. Dari sudut pandang Israel, Yael adalah pahlawan perempuan karena membunuh Sisera.

* Hak 4:22 - Pada waktu itu muncullah Barak yang mengejar Sisera. Keluarlah Yael mendapatkan dia
Pada waktu itu muncullah Barak yang mengejar Sisera. Keluarlah Yael mendapatkan dia. Yael menyampaikan berita baik itu kepada Barak bahwa panglima pasukan Kanaan tersebut telah tewas.

* Hak 4:23 - Demikianlah Allah pada hari itu menundukkan Yabin, Raja Kanaan, di depan orang Israel
Demikianlah Allah pada hari itu menundukkan Yabin, Raja Kanaan, di depan orang Israel. Alkitab tidak memisahkan Allah dari proses sejarah. Tindakan Yael tersebut dikemukakan, namun kemenangan itu tetap disebut sebagai kemenangan Allah. Sikap Alkitab terhadap sejarah senantiasa sama. Allah mengizinkan orang kafir untuk menghajar umat-Nya, dan Allah juga yang mengangkat seorang penolong untuk melepaskan mereka. Hubungan sebab akibat itu penting di dalam sejarah, namun Allah dilihat sebagai Kekuatan di balik segala sesuatu yang terjadi, baik atau tidak baik. Bahkan tindakan-tindakan yang paling jahat di dalam Alkitab dikemukakan sebagai melaksanakan maksud Allah (bdg. Kis. 2:23, 24; Mzm. 76:10).



SBU



HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH
Renungan Pagi
GB 288:1 -Berdoa
PEREMPUAN PENYELAMAT
Jumat, 20 April 2018
Hakim-Hakim 4 : 1 - 10

"...Debora, seorang nabiah, Istri Lapidot memerintah sebagai seorang"  (ay.4)

Tugas Hakim, sesungguhnya bukan se kadar juru lerai orang yang bertikai. Walau tugas itu juga dilaksanakan ketika mengadili perkara. la juga dapat disebut Kepala Suku secara internal, tetapi juga sebagai penyelamat bangsa. Masa hakim-hakim kurang lebih berlangsung 300 tahun. Sebagai penyelamat para hakim memiliki karunia khusus untuk melepaskan dan metindungi Israel. Hakim menjamin hak milik Allah atas tanah perjanjian dan hak milik Allah atas umat Israel. Jumlah seluruhnya 15 hakim, salah satu di antaranya adalah Debora (= lebah) yang dibantu oleh Barak (= halilintar).

Pasangan ini diangkat Tuhan untuk melepaskan umat dari penindasan kejam Yabin, Raja Kanaan. Panglima Raja Kanaan adalah Sisera yang memiliki 900 kereta besi. Untuk menghadapi Yabin, laki-laki kejam itu, Tuhan mengangkat Debora sebagai hakim. Debora biasanya duduk di bawah pohon kurma antara Rama dan Betel. Di tempat itu selain untuk berkomunikasi dengan Tuhan, is melayani sukunya yang meminta nasihat dan pertimbangan me-ngenai berbagai persoalan. Alkitab tidak sering menonjolkan perem-puan sebagai pemimpin. Hal ini disebabkan lingkungan masyarakat yang sangat mengedepankan laki-laki. Tetapi bila Alkitab men-ceriterakannya berarti peranan perempuan sebagai mitra laki-laki dalam berbagai perkara sangat penting. Hal ini disadari oleh Debora sehingga is memanggil Barak untuk turut melaksanakan perintah Tuhan membebaskan umat Israel dari penindasan. Kemitraan antara laki-laki dan perempuan dalam menghadapi berbagai penin-dasan menjadi tugas kita.

GB 288:2
Doa : (Ya Tuhan, kuatkanlah kami laki-laki dan perempuan mengandalkan Tuhan dalam memperjuangkan kebebasan)


Renungan Malam
HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH
Jumat, 20 April 2018
GB 329:1-2 -Berdoa
YAEL, SANG PEREMPUAN PEMBERANI
Hakim-Hakim 4 : 11 - 24

"Singgahlah, tuanku, silakan masuk. Jangan takut..." (ay.18)

Perternpuran tidak dapat dielakkan antara Raja Kanaan dan umat Israel. Peristiwa ini terjadi di sekitar danau Galilea. Hazor, ibu kota Kanaan di sebelah utara danau Galilea dan pasukan Barak ter-konsentrasi di gunung Tabor, di sebelah selatannya. Sementara itu pasukan panglima Kanaan, Sisera mengerahkan kereta besinya menuju Tabor dan di kalangan Israel, Debora mendampingi Barak panglima Israel. "Bersiaplah sebab inilah harinya Tuhan menyerahkan Sisera ke dalam tanganmu", demi kian tegas Debora kepada Barak. Cara Tuhan mengacaukan kereta besi Sisera digambarkan didalam pasal 5:20-23, yaitu dengan badai hujan yang menyerang kereta-kereta itu sehingga kuda-kudanya lari tunggang-langgang. Seluruh tentara Sisera terbunuh oleh tangan Barak dan pasukan Israel. Sisera sendiri melarikan diri. la tiba di kemah Yael, istri Heber, orang Keni itu yang berhubungan baik dengan Yabin raja Kanaan. Suku Keni bebas berhubungan dengan suku-suku lain karena pekerjaan mereka sebagai tukang patri. lpar istri Musa adalah orang Keni (Hakim-hakim 1:16). Sesuai nubuat Debora maka Tuhan menyerahkan Sisera ke tangan seorang perempuan yaitu Yael. Perempuan inilah yang membunuh Sisera di kemahnya. Sebelumnya Yael menyelimuti Sisera dengan 'kelambu penangkal lalat". Lalu, Yael memberinya minum dadih yang membawa efek sangat mengantuk.Sisera masih mengatur siasat untuk me-nyelamatkan diri. Tetapi ia segera tertidur dan terbuka kesempatan Yael menghabisi hidupnya.

Kekerasan memang dihadapi dengan kelembutan seorang perempuan. Lalu muncul "Tangan Tuhan" yang memakai ke-lembutan Yael untuk mengakhiri hidup seorang "penumpah darah".

GB 329:3
Doa : (Ya Tuhan, lengkapilah kami untuk membawa damai ditengah kekerasan dengan mengandalkan kasihMu)

Label:   Hakim-Hakim 4:11-24 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 21 April 2018 - MEMBERKATI PEREMPUAN YANG BERJASA - Hakim-Hakim 5:24-31 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 19 April 2018 - PEMIMPIN YANG MELAYANI DENGAN SABAR - Yosua 18:8-10 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

Garis Besar Hakim-hakim






Week number:46

Hari ini, 14 November - Yakobus 1,2<...

Hari ini, 14 November - Maz 119:171-...

Hari ini, 14 Nopember - Yohanes 11:1...

BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu doa syafaat,   lagu buat doa syafaat,   kristen kata pengantar persembahan,   2tesalonika3:6-13,   jamita filipi 4:10-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   lagu lagu pengakuan dosa,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   download lagu mp3 di mazmur 150,   kumpulan lagu gereja kristen maranatha indonesia pengajaran tabernakel,   renungan ulangan 24 17 22,   lagu persembahan gmim,   filipi 4:10-20,   download lagu mp3 di mazmur 150,   khotbah : Tetaplah Setia,   Filipi 4:10-20,   Filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   syair dan not lagu gereja pdf,   khotbah yohanes 5:19-29,   khotbah yohanes 5:19-29,   you rise me up versi paduan suara,   lagu untuk persembahan,   renungan harian yohanes 5:19-29,   partitur lagu natal,   jembatan lagu untuk persembahan,   ambilan gkps 17 november 2019,   meresponi panggilan tuhan Yosua 1:1-9,   khotbah ulangan 24:19-22,   khotbah ulangan 24:19-22,   liturgi ibadah persekutuan kaum pria bala keselamatan,   lagu bala keselamatan perjuangan,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   jamita filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24:19,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   lagu gereja kj 49,   khotbah pilipi 4:10-20 versi hkbp,   renungan yakobus 2:1-13,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Contoh renungan kotbah harian agama Kristen Protestan bulan November 2019,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Khlbh masmur 55:2-8,   renungan remaja kristen gmit,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   renungan kristen insani 13:20-21 dari gmit,   lagu persembahan,   Tafsiran alkitap 2 tesalonika 3;13-15,   khotbah yakobus 2 1-10,   ayat2 alkitab utk ajakan persembahan,   lagu kristen yang sesuai dengan nats matius 25:31-46,   tata ibadah unit gpm,   MEMANDANG ALLAH MELAMPAUI HIDUP INI Ayub 19: 23 - 27a,   kejadian 21:1-7renungan,   renungan Yosua 24:22-28,   khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   nyanyian rohani no.97,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   kalender liturgi katolik bulan nopember 2019,   khotbah keluaran 23;1-13,   forevermore gms mp3,   renungan Nahum 1 : 1-8,   ulangan 24:19-22 kotbah GPIB,    bagaimana menyusun kerangka kotbah ulangan 24:19-22,   kejadian 1:11-31 tidak sesuai dengan pengetahuan,   alangkah indah dalam rumah doamu beban ku terlepas ganti kelegaanku ,   download mp3 rohani,   khotbah minggu 15 desember 2019,   khotbah minggu 15 desember 2019,   kotbah roma 1 : 28--32,   khotbah mazmur 138,   khotbah mazmur 138,   MP3 tabuh gendang,   gereja salamat haru natal ,   kotbah partangiangan ulangan "24 19-22" melindungi sesama manusia,   kotbah kristen tentang melindungi sesama manusia ulangan "24 19-22",   bimbinagan menulis kerangka kotbah ulangan 24:19-22 ,   khotbah mini dari nats matius 22:34-40,   Nats khobat pada hari ini tanggal 10 november 2019 yang tertulis di Amsal 19: 20-29 dengan tema " me,   lewatlah malam yang gelap,   trio elexis,   ulangan 16:18-20 renungan di kaitkan dengan pemuda kristen,   Renungan Mazmur8:2,