Save Page
1 Petrus 4:12-19
Menderita sebagai Kristen
4:12 Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. 4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. 4:14 Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu. 4:15 Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau. 4:16 Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu. 4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah? 4:18 Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa? 4:19 Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.


Penjelasan:

*  1Ptr 4:12 - Janganlah kamu heran akan nyala api siksaan
Janganlah kamu heran akan nyala api siksaan. Petrus mengingatkan para pembacanya agar jangan terperanjat, kelihatannya menunjuk kepada ujian yang lebih keras daripada yang mereka alami selama ini. Ayat ini cukup cocok dengan penganiayaan di bawah perintah Nero ketika mana orang-orang Kristen dibakar pada malam hari sebagai alat penerangan di taman-taman kerajaan. Petrus, yang berada di Roma, khawatir peristiwa ini cepat menjalar ke semua propinsi.

*  1Ptr 4:13 - Bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus // Pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya
Bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus. Ini adalah ikut ambil bagian secara fisik dalam salib Kristus di mana pengalaman ambil bagian secara rohani (2:24) sebelumnya merupakan persiapan yang cukup. Nasihat untuk bersukacita mengingatkan kita akan kata-kata Yesus dalam Matius 5:12. Pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. Atau, pada waktu ia menyingkapkan (Yunani, apocalypsis) kemuliaan-Nya. Suatu "kebangkitan yang lebih baik" (lbr. 11:35) tersedia bagi mereka.

*  1Ptr 4:14 - Berbahagialah kamu jika kamu dinista karena nama Kristus // Roh Allah ada padamu
Berbahagialah kamu jika kamu dinista karena nama Kristus. Sebuah ucapan berkat yang lain lagi. Roh Allah ada padamu. Allah berdiri bersama-sama dengan orang-orang yang mati sebagai martir. Ingatlah akan pancaran kemuliaan Stefanus ketika ia mati (Kis. 6:15; 7:55). Sementara manusia menggertak dan menghujat, ketenangan seorang martir memuliakan Allahnya.

*  1Ptr 4:15 - Janganlah ada ... yang harus menderita sebagai pembunuh
Janganlah ada ... yang harus menderita sebagai pembunuh. Petrus mengingatkan tentang dosa yang meniadakan kesaksian di dalam penderitaan.

*  1Ptr 4:16 - Jika ... sebagai orang Kristen // Janganlah ia malu, hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu
Jika ... sebagai orang Kristen. Plini. yang menulis kemudian. berbicara mengenai hukuman sebab "nama itu sendiri" (mis. "Apakah Anda seorang Kristen?"). Di dalam situasi semacam itu, Petrus memerintahkan, Janganlah ia malu, hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

*  1Ptr 4:17-18 - Penghakiman dimulai ... pada rumah Allah
Penghakiman dimulai ... pada rumah Allah. Dengan mengacu mungkin kepada Yehezkiel 9:6. sang rasul menganggap semua penganiayaan ini sebagai penyucian orang-orang percaya yang diizinkan Allah, dan sebagai tanda awal dari hukuman mengerikan yang akan menimpa mereka yang tidak saleh (bdg. Luk. 23:28 dst.).

*  1Ptr 4:19 - Baiklah ... mereka yang harus menderita ... menyerahkan jiwanya
Baiklah ... mereka yang harus menderita ... menyerahkan jiwanya. Hendaknya mereka menyerahkan persoalan tersebut kepada sang Khalik, seperti halnya Kristus (2:23). Melakukan demikian menunjukkan ketenangan dari kasih yang ditanamkan oleh Tuhan yang menghapus ketakutan (bdg. I Yoh. 4:18).

* Tujuan penderitaan orang Kristen.
Bila Anda melihat tayangan fear factor (sesuatu yang menyebabkan ketakutan) di salah satu televisi swasta maka Anda akan menyaksikan bagaimana para peserta ditantang untuk melakukan berbagai kegiatan yang berbahaya, menakutkan bahkan menjijikkan. Mengapa mereka mau melakukannya? Karena ada hadiah sebesar $ 50.000 AS (empat ratus juta rupiah) yang diberikan kepada peserta yang juara. Dalam acara fear factor ini, para peserta rela menderita sesaat ketika mereka berlomba untuk mendapatkan hadiah uang $ 50.000 AS itu.
Penderitaan sesaat di dunia ini yang juga dialami oleh orang Kristen berbeda dengan perlombaan tersebut. Orang Kristen rela menjalani penderitaan sesaat ini bukan untuk mendapatkan sebuah pujian atau penghargaan dunia. Tentu saja penderitaan sesaat yang dimaksudkan di sini bukanlah hukuman akibat tindakan kejahatan (ayat 15). Sebab jika ini yang terjadi, penderitaan sesaat itu ialah hukuman atas dosa. Ada dua alasan mengapa orang Kristen mengalami penderitaan sesaat tersebut. Pertama, melalui penderitaan orang Kristen dapat ambil bagian dalam penderitaan yang telah dialami Kristus (ayat 13). Kedua, kalau orang Kristen menderita karena nama Kristus berarti hal ini bertujuan supaya Tuhan dimuliakan (ayat 14,16). Sejarah gereja mula-mula membuktikan bahwa justru melalui penderitaan nama Tuhan semakin dikenal di Yerusalem (Kis. 4:1-4).


SBU

Senin, 23 April 2018
HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Renungan Pagi
GB 234:1,2 -Berdoa
SALING MELAYANI SESUAI KARUNIA
1 Petrus 4 : 7-11

"Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia" (ay.10)

Jemaat-jemaat Tuhan yang ada di Asia kecil sedang mengalaml tantangan yang berat karena ulah para penguasa Romawi. Orang-orang Kristen mendapat tekanan yang berat dari para penguasa yang lalim karena iman mereka. Petrus mengirim surat ini bagr je-maat-jemaat yang ada di Asia kecil untuk menguatkan dan mene-guhkan iman mereka dalam tantangan itu. Mereka harus mengha-dapi situasi itu melalui kehidupan yang saling melayani. Artinya mereka harus saling membantu berdasarkan karunia yang ada pada mereka. Tidak bisa lagi mereka hidup sendiri-sendiri tanpa saling memperhatikan. Bagaimana pun juga, dalam menghadapi pergumulan, kebersamaan hidup yang terwujud dalam hidup saling membantu, menjadi hal yang penting, dari pada mengatasi sendiri. Panggilan ini tidak hanya dikalangan mereka sendiri. Tapi bagai-mana itu diwujudkan dengan mereka yang memusuhi dan mem-benci mereka sebagai suatu kesaksian iman. Inilah panggilan hidup kristiani. Bagaimana mereka melakukan itu? Pertama, mereka harus dapat menguasai diri, bersikap tenang supaya dapat berdoa (ay.7). Artinya jangan emosi, marah, membalas kejahatan yang dilakukan oleh mereka yang membenci. Jika tidak, mereka tidak dapat ber-doa. Padahal doa merupakan kekuatan dan sekaligus menjadi sen-jata yang arnpuh dalam menghadapi tantangan. Kedua, Mereka harus saimg mengasihi “dengan sungguh”.

Karena dengan me-ngash dengan sungguh menutup banyak dosa (ay.8). Artinya mereka harus dapat memaafkan, mengampuni kalau ada orang yang melakukan kesalahan. Tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Ketiga, mereka harus bersedia memberi tumpangan. Rumah mereka selalu terbuka kepada siapa saja yang membutuh-kan tumpangan (ay.9). Keempat, melayani berdasarkan karunia, talenta, potensi yang ada pada mereka (ay.10). Tujuannya hanya satu, supaya Allah dimuliakan. Tidaklah gampang melakukan se-mua itu ketika kita sedang mengalami berbagai penderitaan. Saat ini adalah kondisi dunia yang tidak bersahabat (berbagai kejahatan, permusuhan, kebencian,fitnah, berita-berita hoax, intoleransi). Sebagai gereja dan orang percaya, kita tetap dan terus dipanggil untuk saling melayani. Mari lakukan itu dalam pertolongan-Nya.

GB 234:3
Doa : (Ya Tuhan, tolong kami agar ditengah penderitaan kami mampu hidup saling melayani)


Senin, 23 April 2018
HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Renungan Malam
GB 241:1 -Berdoa
MENDERITA SEBAGAI KRISTEN
1 Petrus 4 : 12-19

"Tetapi, jika ia menderlta sebagal orang Kristen, maka janganlah ia malu" (ay.16a)

Tulisan Petrus, dalam surat I Petrus sangat dipengaruhi oieh kehidupan dan pengajaran Yesus. Diduga, ini terjadi karena Petrus benar-benar mau memberi nasihat yang memberi kekuatan kepada gereja-gereja di lima provinsi di Asia kecil yang sedang mengalami tantangan. Tantangan yang dimaksud adalah penganiayaan yang dilakukan oleh penguasa Romawi. Terhadap tantangan itu Petrus memberi nasihat antara lain: Per-tama, Penderitaan karena iman merupakan bagian dari kehidupan Kristen. Kristus telah menderita, maka penderitaan yang kita alami berada dalam kerangka penderitaan Kristus. Karena itu kita patut bersukacita (ay.13). Kedua, adalah suatu kebahagiaan, kalau kita dinista karena Kristus, karena Roh Allah ada didalam hidup kita (ay.14). Ketiga, Janganlah kita menderita karena melakukan kejahatan (ay.1 5) : hidup tidak jujur, berlaku tidak adil, hidup tidak benar dan tidak bertanggung jawab dan kejahatan lainnya. Ke-empat, Jangan malu kalau menderita sebagai orang Kristen, tetapi hendaklah‘,memuliakan Allah (ay.1 6).
Dengan demikian, kita memahami ketika mengikut Yesus tidak berarti semuanya beres. Ada orang-orang yang kemudian me-ninggalkan iman karena tidak mengerti tentang penderitaan yang demikian iru. Kita dipanggil bukan hanya untuk percaya, tapi juga untuk menderita karena Dia (Fil 1:21). Melalui penderitaan kehidup-an kristiani kita, diproses oleh Tuhan, supaya menjadi orang-orang Kristen yang tangguh dalam menghadapi tantangan. Tantangan yang kita hadapi ditengah masyarakat semakin nyata, jangan tinggalkan Tuhan, jangan pernah kompromikan iman, dan jangan menyangkal iman. Kemampuan kita menghadapi per-gumulan dan tantangan, tidak berasal dari diri kita, tetapi dalam persekutuan kita dengan Tuhan. Karena itu, kekuatan kita sangat ditentukan oleh cara hidup kita yang selalu bergantung pada Tuhan. Tidak perlu takut, sebab kita tidak sendiri, kita ada bersama Tuhan. “Hendaklah engkau setia sampai akhir, Aku akan mem-berikan kepadamu mahkota kehidupan” (Why 2:10).

GB 241:1
Doa : (Buatlah kami setia mengikutiMu sampai akhir kehidupan kami)

Label:   1 Petrus 4:12-19 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB Khotbah Ibadah GPIB Senin, 23 April 2018 - MENDERITA SEBAGAI KRISTEN - 1 Petrus 4:12-19 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 24 April 2018 - ALLAH SUMBER KEKUATAN - 1 Petrus 5:5-11 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 22 April 2018 - MENGASIHI YESUS SEUMUR HIDUP - Yohanes 21:20-23 - HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

Baca Garis Besar 1 Petrus

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan


Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns*, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI


1 Korintus 15:10-11 (1)
1 Petrus 4:12-19 (1)
1 Petrus 5:5-11 (1)
1 Raja-Raja 19:9-12 (1)
1 Tawarikh 22:1-13 (1)
1 Yohanes 1:8-10 (1)
1 Yohanes 2:3-6 (1)
1 Yohanes 3:16-18 (1)
1 Yohanes 4:7-21 (1)
1 Yohanes 5:3-5 (1)
2 Raja-Raja 23:15-23 (1)
2 Raja-Raja 5:8-14 (1)
2 Tawarikh 30:10-27 (1)
Amos 1:11-12 (1)
Ayub 21:1-15 (1)
Ayub 21:27-34 (1)
Bilangan 14:11-19 (1)
Efesus 4:25-32 (1)
Efesus 5:32-33 (1)
Filipi 1:12-26 (1)
Hakim-Hakim 4:11-24 (1)
Hakim-Hakim 5:24-31 (1)
Ibrani 10:23-25 (1)
Imamat 23:9-14 (1)
Kejadian 12:7-9 (1)
Kejadian 1:14-19 (1)
Kejadian 1:26-31 (1)
Kejadian 1:29-31 (1)
Kejadian 28:20-22 (1)
Kejadian 2:15-17 (1)
Kejadian 2:21-25 (1)
Kejadian 2:4b-7 (1)
Keluaran 13:11-16 (1)
Keluaran 13:17-22 (1)
Keluaran 14: 15 - 25 (1)
Keluaran 20:18-21 (1)
Keluaran 3:15-22 (1)
Kisah Para Rasul 1:12-14 (1)
Kolose 2:1-5 (1)
Lukas 23:44-49 (1)
Lukas 23:55-56a (1)
Lukas 9:51-56 (1)
Markaus 1:9-11 (1)
Markus 14:10-11 (1)
Markus 14:47-51 (1)
Markus 6:51-52 (1)
Matius 14:22-26 (1)
Matius 14:30-31 (1)
Mazmur 107:25-27 (1)
Mazmur 11 (1)
Mazmur 136:23-26 (1)
Mazmur 136:7-13 (1)
Mazmur 66:1-7 (1)
Mazmur 66:13-15 (1)
Mazmur 74:18-23 (1)
Mazmur 77:17-21 (1)
Mazmur 78:17-31 (1)
Mazmur 78:39-43 (1)
Nehemia 1:1-11 (1)
Nehemia 4:1-14 (1)
Nehemia 9:26-31 (1)
Pengkhotbah 9:7-12 (1)
Roma 1:18-32 (1)
Roma 2:12-16 (1)
Roma 5:1-5 (1)
Rut 2:1-7 (1)
Rut 4:13-17 (1)
Ruth 1:15-22 (1)
Titus 1:1-4 (1)
Titus 2:9-10 (1)
Wahyu 20:7-15 (1)
Yeremia 31:31-34 (1)
Yesaya 29:1-8 (1)
Yesaya 45:18-19 (1)
Yesaya 45:22-25 (1)
Yesaya 45:9-13 (1)
Yohanes 10:1-21 (1)
Yohanes 12:29-36 (1)
Yohanes 13:36-38 (1)
Yohanes 14:15-31 (1)
Yohanes 15:15-17 (1)
Yohanes 1:1-13 (1)
Yohanes 20:26-29 (1)
Yohanes 21:20-23 (1)
Yohanes 21:9-14 (1)
Yohanes 2:9-11 (1)
Yohanes 4:19-30 (1)
Yohanes 5:9b-18 (1)
Yohanes 8:33-36 (1)
Yohanes 9:8-11 (1)
Yosua 14:6-15 (1)
Yosua 18:8-10 (1)
Yosua 24:16-28 (1)
Yosua 4:14-24 (1)
Yosua 4:8-10 (1)
Yosua 5:7-12 (1)
Yunus 4:1-11 (1)


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke






Senin, 23 April 2018
KITA YANG HARUS BERUBAH


22 April 2018
MENCUKUPKAN DIRI


21 April 2018
Belajarlah taat kepada Tuhan


Jumat, 20 April 2018
Menabur Kebaikan


19 April 2018
Perjalanan Hidup




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)