Save Page
Petrus 5:5-11
5:5 Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." 5:6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. 5:10 Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. 5:11 Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Penjelasan:

* 1Ptr 5:5-7 - Demikian jugalah kamu hai orang-orang muda, tunduklah // rendahkanlah dirimu, // segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu
Demikian jugalah kamu hai orang-orang muda, tunduklah. Sikap para penatua haruslah penuh kasih dan menghormati orang lain. sebuah teladan yang mempermudah orang-orang yang lebih muda untuk mengikuti teladan mereka. Semua gembala diminta agar rendahkanlah dirimu, dan dengan demikian berarti mengharapkan kasih karunia Allah, yang adalah penyebab dan juga hasil dari kerendahan hati. Petrus mengutip Amsal 3:34 (LXX) untuk mendukung ajarannya ini (bdg. Yak. 4:6), dan mempertegas nasihatnya untuk merendahkan diri tersebut (bdg. Yak. 4:10). Orang-orang yang rendah hatilah yang dapat hidup tenang, dengan menyerahkan segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

* 1Ptr 5:8-9 - Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu ... berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya // Lawanlah dia // semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama // iman yang teguh
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu ... berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Nas ini sangat mungkin mengacu secara terselubung kepada Nero atau kepada gelanggang kecil penuh singa yang dimilikinya. Lawanlah dia. bandingkan dengan Yakobus 4:7. Ketegasan seorang Kristen menimbulkan kekuatan melawan yang ilahi. Dan pengetahuan bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama cenderung membuat orang-orang Kristen yang ditekan teras itu memperoleh iman yang teguh.

* 1Ptr 5:10 - Allah sumber segala kasih karunia // yang telah memanggil // dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal // sesudah kamu menderita seketika lamanya // akan melengkapi // meneguhkan // menguatkan dan mengokohkan kamu
Allah sumber segala kasih karunia. Petrus telah memerintahkan atas mereka segala karunia yang diperlukan sesuai dengan panggilan mereka. Kini dia menyerahkan mereka kepada Allah sumber segala kasih karunia yang telah memanggil mereka dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal. Disebutnya panggilan Allah pada akhir dari pernyataan ini mengingatkan kita akan pembahasan pembukaan tentang pemilihan mereka (1:2). Kemudian, kemuliaan tersebut akan mereka terima sesudah kamu menderita seketika lamanya. Kata-kata kerja selanjutnya adalah dalam bentuk simple future: akan melengkapi (menjadikan kamu sebagaimana seharusnya), meneguhkan (kata-kata Kristus kepada Petrus. "Kuatkanlah saudara-saudaramu," (Luk. 22:32), menguatkan dan mengokohkan kamu.

* 1Ptr 5:11 - Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya
Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya. Petrus mengakhiri pesan yang disampaikannya dengan sebuah ucapan berkat.

* Doa Rasul Petrus (5:10-14)
Rasul Petrus mengawali dengan doa yang amat penting, di dalamnya dia menyebut Allah sebagai Allah, sumber segala kasih karunia, pencipta dan penyempurna setiap karunia dan tabiat sorgawi dengan mengakui, atas nama mereka, bahwa Allah sudah memanggil mereka untuk mengambil bagian dalam kemuliaan kekal itu, sebab sebagai milik-Nya, Dia sudah menjanjikan dan mengokohkan hal itu bagi mereka, melalui jasa dan pengantaraan Yesus Kristus. Perhatikanlah,
            1. Apa yang didoakannya bagi mereka: bukan supaya mereka diluputkan dari penderitaan, tetapi supaya penderitaan mereka ringan dan sementara, dan, sesudah mereka menderita seketika lamanya, supaya Allah memulihkan mereka ke dalam keadaan yang kokoh dan damai, dan menyempurnakan pekerjaan-Nya di dalam mereka. Juga, supaya Dia meneguhkan mereka sehingga tidak goyah, baik dalam iman maupun dalam kewajiban, supaya Dia menguatkan mereka yang lemah, dan mengokohkan mereka di atas Kristus sebagai landasan, dengan begitu teguhnya sehingga persekutuan mereka dengan-Nya tidak terpisahkan dan kekal untuk selamanya. Ketahuilah,
                (1) Seluruh kasih karunia berasal dari Allah. Dialah yang mengekang, mengubah, menghiburkan, dan menyelamatkan manusia melalui kasih karunia-Nya.
                (2) Semua orang yang dipanggil untuk turut serta ke dalam keadaan penuh kasih karunia berarti dipanggil untuk turut mendapat bagian dalam kemuliaan dan kebahagiaan abadi.
                (3) Orang-orang yang dipanggil menjadi pewaris kehidupan kekal melalui Yesus Kristus harus menderita di dunia ini, tetapi penderitaan mereka hanya berlangsung sebentar saja.
                (4) Penyempurnaan, peneguhan, penguatan, dan pengokohan orang-orang benar dalam kasih karunia, juga ketabahan mereka di dalamnya, merupakan pekerjaan yang sungguh sulit, sehingga hanya Allah sumber segala kasih karunia sajalah yang dapat mengerjakannya. Karena itulah kita harus bersungguh-sungguh mencari-Nya melalui doa yang tidak putus-putus, dan bergantung pada janji-janji-Nya.
            2. Doksologinya (ay. 11). Dari doksologi ini kita bisa belajar bahwa orang-orang yang sudah memperoleh kasih karunia dari Allah sumber segala kasih karunia harus dan akan melayangkan kemuliaan, kuasa, dan wewenang, kepada Dia untuk selama-lamanya.


SBU

Selasa, 24 April 2018
HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Renungan Pagi
GB 114:1 -Berdoa
MELAYANI DENGAN PENGABDIAN
1 Petrus 5 : 1-4

"... dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapl dengan pengbadlan diri." (ay.2)

Surat I Petrus ditulis sebagai nasihat bagi jemaat-jemaat yang ada di Asia Kecil yang sedang mengalami tantangan dari para penguasa di Roma. Dalam menghadapi situasi seperti itu, Petrus memahami kepemimpinan (penggembalaan) yang baik bagi umat. Sebab bagaimana mereka dapat bertahan dalam iman, bila tidak ada kepemimpinan yang baik. Bagamana mereka kuat bila tidak ada pemimpin dan pelayanan yang berkualitas. Tugas penggembalaan (pastoral) bukan saja tugas para penatua. Tugas ini bukanlah tugas yang mudah, namun merupakan tugas yang mulia. Sarah satu hal penting yang ditekankan, bagaimana tugas ini dilaksanakan yakni : melayani bukan untuk mencari ke-untungan, tetapi sebagai pengabdian.

Kita hanya alat dalam ta-ngan Tuhan, karena itu semua yang kita lakukan harus dipersem-bahkan untuk Tuhan (bnd. Roma 11:36). ini tentu berhubungan dengan motivasi kita untuk melayani. Jangan merampas kemuliaan yang seharusnya kita persembahkan untuk Tuhan. Pelayanan Kristiani harus tampil sebagai wujud pengabdian. Itulah yang harus dilakukan dimanapun, dalam keadaan apapun dan kepada siapapun. Jika tidak, kita tidak akan pernah menjadi pelayan yang mengabdi. Kita cenderung mencari popularitas diri dan "memilih-miiih pelayanan". Bacaan kita mengatakan bahwa tugas ini harus dijalankan dengan sukarela sesuai kehendak Tuhan, bukan karena paksaan. Tugas pengabdian tidak akan berjalan, kalau dilaksanakan karena terpaksa. Tuhan memanggil kita, seba-gai sebuah "ajakan" untuk melayani.

Namun pekerjaan-Nya tidak tergantung pada kita kalau kita meniolak panggilan-Nya. Tugas pengabdian kita hendaknya dijalankan dengan menja-dikan hidup kita sebagai teladan dan bukan memerintah emenjadi otoriter"). Apapun tantangan yang kita hadapi, tidak perlu takut, Dia gembala Agung ada bersama semua orang yang melayani dengan pengabdian. Kepada-Nya kita kelak akan mempertanggung-jawabkan semua itu.

GB 114:3
Doa : (Buatlah kami menjadi pelayan-pelayan yang mengabdi).


Selasa, 24 April 2018
HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Renungan Malam
GB 227:1,2 -Berdoa
ALLAH SUMBER KEKUATAN
1 Petrus 5 : 5 - 11

"Dan Allah sumber kasih karunia….akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu..." (ay. 10)

Menghadapi penderitaan karena iman, bukanlah hai yang gam-pang. Namun bagi setiap yang sungguh menghayati penderitaan itu sebagai bagian kehidupannya bukanlah hal mengejutkan dan menakutkan. Bagi orang percaya, penderitaan kapana iman tidak akan membawa keputusasaan, j ustru mendatangkan sukacita. Penderitaan Kristen merupakan awai dari "kemuliaan" yang akan diterima oleh setiap orang percaya sesuai janji-Nya. Allah setia pada janji-Nya. Menghadapi kenyataan seperti ini kepada orang-orang muda Petrus menuliskan: "hendaknya menghormati orang-orang yang berwewenang" (ay.5a).

Semua orang yang percaya kepada Yesus harus hidup dalam kerendahan hati. Kerendahan hati merupakan panggilan hidup kristiani yang telah diteladankan Kristus bagi kita (ay.5b). Seluruh karya-Nya merupakan wujud kerendahan hati-Nya. Hidup dalam kesombongan bukanlah panggilan hidup Kristiani. Allah menentang orang yang sombong, tetapi sayang kepada orang yang rendah hati (ayat 5). Dalam Matius 11:28 Yesus berkata: "belajarlah kepada-Ku, ka-rena aku lemah lembut dan rendah hati". Tak dapat dipungkiri bahwa oleh ulah manusia yang arogan- sombong muncul banyak masalah yang menyebabkan penderitaan. Kita tidak periu terpengaruh oleh pola hidup arogan seperti ini, dengan merendahkan diri dibawah tangan Tuhan yang kuat, pada waktunya Allah akan meninggikan hidup kita (ay.6). Kita pun harus selalu waspada, karena lblis bagai-kan singa b

erjaian keliling untuk menelan, membawa penderitaan bahkan membinasakan para pengikut Yesus. Itulah realitas yang kita hadapi sampai saat ini. Kita harus melawannya dengan iman teguh (ay.8,9). Karena dengan iman kita dapat mengalahkan "dunia" (bnd. I Yoh 5:4b). Karena itu, jangan takut sebab Allah mengasihi dan peduli kepada anak-anak-Nya. la yang adalah "sumber ke-kuatan" akan "meneguhkan, menguatkan dan mengkokohkan hidup anak-anak-Nya. Kehidupan kita ada dalam kekuasaan-Nya, sebab D-ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya (ay 10-11).

GB 227:3
Doa : (Allah sumber kekuatan, buatlh kami murah hati seperti Engkau agar kami beroleh kemenangan)

Label:   1 Petrus 5:5-11 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 24 April 2018 - ALLAH SUMBER KEKUATAN - 1 Petrus 5:5-11 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 25 April 2018 - MENGASIHI DENGAN PERBUATAN - 1 Yohanes 3:16-18 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Khotbah Ibadah GPIB Senin, 23 April 2018 - MENDERITA SEBAGAI KRISTEN - 1 Petrus 4:12-19 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



JUMAT, 30 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 30 NOVEMBER 2018 - BELAJAR BUAK DARI KEHIDUPAN - 2 Timotius 2:1-7 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Hari ketujuh, Demikianlah riwayat langit dan bumi // TUHAN Allah, Ada kabut naik ke atas ... dan membasahi // kabut, Tuhan Allah membentuk // manusia itu dari debu tanah // membentuk // manusia itu dari debu tanah ... menghembuskan // napas hidup ke
RABU, 28 NOVEMBER 2018
RABU, 28 NOVEMBER 2018 - MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH - 1 Petrus 2:18-25 (SGDK) - MlNGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 27 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 27 NOVEMBER 2018 - MEMBERLAKUKAN APA YANG DIBERLAKUKAN TUHAN - 1 Petrus 2:7-10 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 26 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 26 NOVEMBER 2018 - HIDUP ADALAH UCAPAN SYUKUR - 1 Petrus 1:17-25 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Jika kamu menyebut-Nya Bapa // Hidup dalam ketakutan, Kamu telah ditebus ... bukan dengan barang yang fana // Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus // yang mahal, Rasul Petrus menasihati mereka supaya menjalin kasih persaudaraan, Sia-sianya Ma
MINGGU, 25 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 25 NOVEMBER 2018 - BERHIKMAT DALAM HIDUP - 1 Korintus 10:12-13 - HARI MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)



Minggu, 04 November 2018
Tata Ibadah Hari Minggu Syukur HUT ke-8 PKLU GPIB - Minggu, 04 November 2018

JUKLAK HUT KE-8 PKLU GPIB, PESAN MS GPIB HUT ke-8 PKLU, surat pengantar hut 8 pklu, TATA IBADAH PKLU GPIB HUT Ke-8 PKLU
7 OKTOBER 2018
KOREKSI LAGU DALAM TATA IBADAH 7 OKTOBER 2018 DAN PETUNJUK PELAKSANAAN IBADAH MINGGU SELAMA BULAN OKTOBER 2018


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL