Save Page
Minggu 19 Agustus 2018,
XII Dob Trinitas     
Kejadian 17:15-27    
17:15 Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya. 17:16 Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya." 17:17 Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya: "Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?" 17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!" 17:19 Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. 17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar. 17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga." 17:22 Setelah selesai berfirman kepada Abraham, naiklah Allah meninggalkan Abraham. 17:23 Setelah itu Abraham memanggil Ismael, anaknya, dan semua orang yang lahir di rumahnya, juga semua orang yang dibelinya dengan uang, yakni setiap laki-laki dari isi rumahnya, lalu ia mengerat kulit khatan mereka pada hari itu juga, seperti yang telah difirmankan Allah kepadanya. 17:24 Abraham berumur sembilan puluh sembilan tahun ketika dikerat kulit khatannya. 17:25 Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat kulit khatannya. 17:26 Pada hari itu juga Abraham dan Ismael, anaknya, disunat. 17:27 Dan semua orang dari isi rumah Abraham, baik yang lahir di rumahnya, maupun yang dibeli dengan uang dari orang asing, disunat bersama-sama dengan dia.

Penjelasan:


* Kej 17:15-16 - Sara
Sara. Nama Sarai telah disandang oleh istri Abraham selama bertahun-tahun. Kini Allah memerintahkan agar namanya diubah menjadi Sara, putri raja. Nama ini merupakan bentuk feminin dari kata Sar, "pangeran." Nama yang baru ini menekankan peranan dari istri Abraham pada masa depan, yaitu ibu dari berbagai bangsa. Abraham dipandang sebagai "Bapa Abraham" oleh orang Yahudi, Islam dan Kristen. Perlu diingat bahwa Sara juga memainkan peranan penting di dalam sejarah dunia ini.

* Kej 17:17-22 - tertunduklah Abraham // Ishak // Abraham ... tertawa // Ishak
Kembali tertunduklah Abraham di hadapan Tuhan. Allah menyatakan bahwa putra yang dinantikan selama ini akan dilahirkan oleh istrinya. Sekalipun Sara 'sudah berusia sembilan puluh tahun, dia masih akan menikmati sukacita menyambut kehadiran seorang anak laki-laki yang melaluinya janji-janji Allah akan digenapi. Abraham sudah memandang Ismael sebagai ahli warisnya dan percaya bahwa janji-janji Allah yang indah itu pasti digenapi melalui dia (bdg. ay. 18). Kini dia berhadapan dengan sabda yang tegas bahwa Ishak akan lahir sebagai anak yang dijanjikan. Abraham ... tertawa (ay. 17). Abraham dikuasai oleh sukacita yang meluap. Tidak ada kesan ketidakpercayaan di sini tetapi justru bukti mengenai kekaguman dan kegembiraan besar. Abraham hampir tidak dapat memahami pemberitaan yang demikian mengherankan. Kata Ibrani shhq berarti "tertawa." Kata ini merupakan akar kata kerja yang kemudian menjadi kata Ishak. Bandingkan tanggapan Sara dan tawanya di 13:12. Jelas terdapat perbedaan besar di antara kedua tawa ini.

* Kej 17:23-27
Abraham digerakkan oleh iman dan roh ketaatan untuk melaksanakan perintah Allah. Langsung dia memberlakukan upacara sunat kepada seluruh kawanannya. Ismael termasuk juga orang yang disunat. Abraham menaati Allah dan menjadikan keluarganya layak untuk menggenapi maksud-maksud ilahi. Rencana Tuhan untuk menjangkau dan memberkati semua bangsa di dunia bergerak menuju penggenapan.

*  Nama Sarai Menjadi Sara (Kejadian 17:15-22)

    Inilah,
        I. Janji yang dibuat kepada Abraham tentang seorang anak laki-laki dari Sarai, anak yang di dalam dia janji yang dibuat kepada Abraham akan digenapi, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa. Sebab ia juga akan menjadi ibu bangsa-bangsa; dan raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya (ay. 16). Perhatikanlah,
            1. Allah mengungkapkan tujuan-tujuan dari kehendak baik-Nya kepada umat-Nya secara bertahap. Allah telah memberi tahu Abraham jauh sebelumnya bahwa ia akan mempunyai anak, tetapi baru sekarang memberi tahu dia bahwa ia akan mempunyai anak dari Sarai.
            2. Berkat Tuhan menjadikan subur, dan tidak membawa serta kesedihan, tidak ada kesedihan seperti yang ada dalam kasus Hagar. Aku akan memberkati dia dengan berkat kesuburan, lalu engkau akan mempunyai seorang anak laki-laki dari dia.
            3. Pemerintahan dan tatanan masyarakat adalah berkat yang besar bagi jemaat. Dijanjikan bahwa bukan hanya bangsa melainkan juga raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari dia. Bukan segerombolan manusia banyak tanpa pemimpin, melainkan sebuah masyarakat yang tertata dan teratur dengan baik.
        II. Pengesahan terhadap janji ini adalah diubahnya nama Sarai menjadi Sara (ay. 15) atau Sarah (KJV), huruf yang sama yang ditambahkan kepada nama Abraham ini ditambahkan kepada namanya, dan untuk alasan-alasan yang sama. Sarai berarti tuan putriku, seolah-olah kehormatannya dibatasi hanya pada satu keluarga. Sarah berarti tuan putri, yaitu tuan putri atas rakyat banyak, atau nama itu menandakan bahwa dari dia akan datang Mesias Sang Pangeran, bahkan Pangeran atas segala raja di bumi.
        III. Sambutan Abraham yang penuh sukacita dan rasa syukur terhadap janji yang penuh rahmat ini (ay. 17). Dalam kesempatan ini ia mengungkapkan,
            1. Kerendahan hati yang besar: Ia bersujud. Perhatikanlah, semakin banyak kehormatan dan kebaikan yang dikaruniakan Allah kepada kita, semakin rendahlah seharusnya kita memandang diri sendiri, dan semakin hormat serta berserah di hadapan Allah.
            2. Sukacita yang besar: Ia tertawa. Itu adalah tawa karena senang, bukan karena tidak percaya. Perhatikanlah, bahkan janji-janji dari Allah yang kudus, dan juga pelaksanaan-pelaksanaannya oleh Dia, adalah sukacita bagi jiwa yang kudus. Ada sukacita karena iman seperti juga ada sukacita karena mendapatkan hasil. Sekaranglah Abraham bersukacita melihat hari Kristus. Sekarang ia melihat-Nya dan bersukacita (Yoh. 8:56). Sebab, sama seperti ia melihat sorga dalam janji tentang Kanaan, demikian pula ia melihat Kristus dalam janji tentang Ishak.
            3. Pemujaan yang besar: Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak? Ia di sini tidak berbicara tentang hal ini sebagai sesuatu yang sama sekali meragukan (sebab kita yakin bahwa ia tidak bimbang terhadap janji Allah [Rm. 4:20]), tetapi sebagai sesuatu yang sangat menakjubkan, dan yang tidak bisa dikerjakan kecuali dengan kekuatan Allah yang mahakuasa, sebagai sesuatu yang sangat baik, dan sebagai kebaikan yang semakin menyentuh dan menyenangkan lagi karena hal ini, bahwa itu merupakan peristiwa yang amat sangat mengejutkan (Mzm. 126:1-2).
        IV. Doa Abraham untuk Ismael: Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu! (ay. 18). Hal ini dikatakannya, bukan karena ia ingin agar Ismael lebih dipilih daripada anak yang akan dimilikinya dari Sara. Tetapi, karena ngeri kalau-kalau Ismael ditelantarkan dan ditinggalkan Allah, maka ia mengajukan permohonan ini atas nama Ismael. Karena sekarang Allah berbicara dengannya, ia berpikir bahwa ia mempunyai kesempatan yang sangat baik untuk mengatakan sesuatu yang baik bagi Ismael, dan ia tidak mau melewatkannya begitu saja. Perhatikanlah,
            1. Walaupun kita tidak boleh mengatur-atur Allah, Ia memberi kita izin, dalam doa, untuk secara rendah hati bersikap bebas dengan-Nya, dan terperinci dalam menyampaikan keinginan-keinginan kita (Flp. 4:6). Apa pun yang kita khawatirkan dan takutkan haruslah dibentangkan di hadapan Allah di dalam doa.
            2. Adalah kewajiban orangtua untuk berdoa bagi anak-anak mereka, bagi semua anak mereka, seperti Ayub, yang mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian (Ayb. 1:5). Abraham tidak ingin ada yang menyangka bahwa, setelah Allah menjanjikan kepadanya seorang anak laki-laki dari Sara, yang begitu amat diinginkannya, maka anaknya dari Hagar dilupakan. Tidak, ia masih menyimpan Ismael di dalam hatinya, dan menunjukkan kepedulian terhadapnya. Pengharapan akan kebaikan-kebaikan selanjutnya tidak boleh membuat kita melupakan kebaikan-kebaikan sebelumnya.
            3. Perkara besar yang harus kita inginkan dari Allah bagi anak-anak kita adalah agar mereka hidup di hadapan Dia, yaitu, agar mereka dijaga di dalam kovenan dengan-Nya, dan dapat memperoleh anugerah untuk hidup lurus di hadapan-Nya. Berkat-berkat rohani adalah berkat-berkat terbaik, dan berkat-berkat yang harus paling sungguh-sungguh kita harapkan dari Allah, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Orang-orang yang hidup sejahtera adalah mereka yang hidup di hadapan Allah.
        V.Jawaban Allah terhadap doanya. Dan itu adalah jawaban damai. Abraham tidak dapat berkata bahwa ia mencari wajah Allah dengan sia-sia.
            1. Berkat-berkat umum dijamin bagi Ismael (ay. 20): Tentang Ismael, yang begitu amat engkau pedulikan, Aku telah mendengarkan permintaanmu. Ia akan mendapat perkenananKu demi engkau. Ia akan Kuberkati (KJV: Aku telah memberkati dia), yaitu, Aku menyediakan banyak berkat baginya.
                (1) Keturunannya akan sangat banyak: Ia akan Kubuat beranak cucu dan sangat banyak, lebih daripada tetangga-tetangganya. Ini adalah buah dari berkat itu, seperti dalam pasal 1:28.
                (2) Mereka akan menjadi orang-orang besar: Ia akan memperanakkan dua belas raja. Di dalam kasih kita dapat berharap bahwa berkat-berkat rohani juga dikaruniakan kepada Ismael, meskipun jemaat yang kelihatan di bumi ini tidak dilahirkan dari keturunannya dan kovenan tidak ditetapkan di dalam keluarganya. Perhatikanlah, berlimpahnya kebaikan-kebaikan lahiriah sering kali diberikan kepada anak-anak menurut daging dari orangtua yang saleh, demi orangtua mereka.
            2. Berkat-berkat kovenan disimpan bagi Ishak, dan dipersiapkan khusus untuknya (ay. 19, 21). Jika Abraham, dalam doanya untuk Ismael, bermaksud bahwa ia ingin agar kovenan dibuat dengan Ismael, dan keturunan yang dijanjikan akan datang darinya, maka Allah tidak menjawabnya secara harfiah, tetapi dalam apa yang sepadan dengan itu, bahkan, apa yang dalam segala hal lebih baik.
                (1) Allah mengulangi kepadanya janji akan seorang anak laki-laki dari Sara: Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu. Perhatikanlah, bahkan orang-orang yang sungguh-sungguh percaya perlu diberi janji-janji Allah yang dilipatgandakan dan diulangi kepada mereka, agar mereka mendapat dorongan yang kuat (Ibr. 6:18). Dan lagi, anak-anak kovenan adalah anak-anak yang sesungguhnya.
                (2) Ia menamai anak itu, menamainya Ishak, tawa, karena Abraham bersukacita dalam hatinya ketika anak ini dijanjikan kepadanya. Perhatikanlah, apabila janji-janji Allah adalah sukacita kita, maka rahmat-rahmat-Nya akan menjadi sukacita kita yang tak terkira pada waktunya. Kristus akan menjadi tawa bagi orang-orang yang mencari Dia. Mereka yang sekarang bersukacita dalam pengharapan akan segera bersukacita dalam memperoleh apa yang mereka harapkan: ini bukanlah tawa orang gila.
                (3) Ia meneruskan kovenan dengan anak itu: Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia. Perhatikanlah, Allah mengajak siapa saja yang disenangi-Nya untuk mengikat kovenan dengan-Nya, sesuai dengan keputusan kehendak-Nya. Lihat Roma 9:8, 18. Begitulah kovenan ditetapkan antara Allah dan Abraham, beserta sejumlah batasan dan penerusnya, dan kemudian percakapan itu berakhir: Setelah selesai berfirman kepada Abraham, dan penglihatan itu menghilang, naiklah Allah meninggalkan Abraham. Perhatikanlah, persekutuan kita dengan Allah di sini terputus dan terganggu. Tetapi di sorga akan ada pesta yang berlangsung terus-menerus dan untuk selama-lamanya.

* Abraham Disunat (Kejadian 17:23-27)
    Dan semua orang dari isi rumah Abraham, baik yang lahir di rumahnya, maupun yang dibeli dengan uang dari orang asing, disunat bersama-sama dengan dia.Di sini kita mendapati ketaatan Abraham pada hukum sunat. Ia sendiri dan seluruh keluarganya disunat, dan dengan demikian menerima tanda kovenan dan membedakan diri mereka dari keluarga-keluarga lain, yang tidak mempunyai bagian atau hak dalam perkara ini.
        1. Ketaatan itu penuh: Ia melakukan seperti yang sudah dikatakan Allah kepadanya, dan tidak bertanya mengapa atau untuk apa. Kehendak Allah bukan saja merupakan hukum baginya, melainkan juga alasan. Ia melakukannya karena Allah menyuruhnya.
        2. Ketaatan itu cepat dilaksanakan: Pada hari itu juga (ay. 23, 26).Ketaatan yang tulus tidak akan ditunda-tunda (Mzm. 119:60). Selagi perintah masih terngiang di telinga kita, dan kesadaran untuk melaksanakan kewajiban masih segar, baiklah sekiranya bagi kita untuk menjalankannya dengan segera, supaya jangan kita menipu diri dengan menunda-nundanya sampai waktu yang lebih nyaman.
        3. Ketaatan itu diterapkan juga kepada seisi rumahnya: ia tidak menyunat keluarganya lalu ia sendiri berdalih untuk tidak mau disunat. Sebaliknya, ia memberi mereka teladan. Tidak pula ia mengambil penghiburan dari meterai kovenan itu hanya bagi dirinya sendiri, tetap ingin agar semua orang kepunyaannya turut berbagi bersama dia di dalamnya. Ini adalah contoh yang baik bagi para kepala keluarga. Mereka dan seisi rumah mereka harus melayani Tuhan. Meskipun kovenan Allah tidak ditetapkan dengan Ismael, ia disunat. Sebab anak-anak dari orangtua yang percaya, sebagai anak-anak mereka, berhak mendapat hak-hak istimewa dari jemaat lahiriah, dan dari meterai-meterai kovenan, bagaimanapun mereka jadinya setelah itu. Ismael diberkati, dan oleh sebab itu ia disunat.
        4. Abraham melakukan sunat ini meskipun banyak yang bisa diajukan sebagai keberatan untuk menentangnya. Meskipun sunat itu sakit, dan meskipun bagi orang dewasa sunat itu memalukan, serta meskipun selagi kesakitan dan tidak bisa berbuat apa-apa, musuh-musuh bisa memanfaatkan kesempatan untuk melawan, seperti yang dilakukan Simeon dan Lewi melawan orang-orang Sekhem, dan juga meskipun Abraham berumur sembilan puluh sembilan tahun, dan sudah dibenarkan dan diterima oleh Allah lama sebelumnya, serta meskipun hal yang demikian aneh yang dilakukan untuk tujuan ibadah mungkin akan berbalik dijadikan cela baginya oleh orang-orang Kanaan dan orang-orang Feris yang berdiam di negeri itu pada waktu itu, namun perintah Allah sudah cukup untuk menjawab semua keberatan ini dan seribu macam keberatan lain. Apa yang dituntut dari Allah haruslah kita lakukan, tanpa minta pertimbangan kepada manusia.


Label:   Kejadian 17:15-27 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

NEXT:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM - Minggu 26 Agustus 2018, X Dob Trinitas - Yohanes 17:20-23

PREV:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 12 Agustus 2018, XI Dob Trinitas - Kolose 3:12-14

Garis Besar Kejadian




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2018..

    songbatak.com- Top of JUDIKA

    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,