Save Page
Minggu 12 Agustus 2018,
XI Dob Trinitas     
Kolose 3:12-14     
3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Penjelasan:


* Kol 3:12-14 - pilihan, dikuduskan, dikasihi-Nya // Kristus, // kasih
Jemaat, yaitu Israel sejati, adalah pemilik dari semua nama yang diberikan kepada Israel Perjanjian Lama: pilihan, dikuduskan, dikasihi-Nya (bdg. Rm. 2:29; 9:6; Gal. 3:29; 6:16; Flp. 3:3). Kebajikan-kebajikan yang terdaftar di sini, yang menekankan berbagai hubungan orang Kristen di tengah-tengah situasi yang sarat perpecahan, mencerminkan watak Kristus, yang dikutip teladan-Nya (bdg. II Kor. 8:9; Mat. 6:12). Kebajikan yang merangkum, memberi makna kepada dan mengaitkan semua kebajikan lainnya adalah kasih (Rm. 13:9, 10).

* Anjuran mengenai Kasih (3:12-17)

    Rasul Paulus melanjutkan dengan nasihat supaya jemaat saling mengasihi dan berbelas kasihan. Karena itu, kenakanlah belas kasihan (ay. 12). Kita tidak hanya perlu menanggalkan marah dan geram (seperti di ay. 8), tetapi juga harus mengenakan belas kasihan dan kemurahan. Bukan hanya berhenti berbuat jahat, melainkan juga belajar untuk berbuat baik. Bukan hanya tidak menyakiti, melainkan juga sebisa mungkin melakukan apa yang baik kepada semua orang.
        I. Alasan yang dipakai di sini untuk menegaskan nasihat itu sangatlah menggugah. Sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah. Perhatikan,
            1. Orang-orang yang dikuduskan adalah orang-orang pilihan Allah. Dan orang-orang yang merupakan pilihan Allah, dan yang dikuduskan, mereka juga dikasihi-Nya, dikasihi oleh Allah, dan juga harus menjadi dikasihi oleh semua orang.
            2. Orang-orang yang menjadi pilihan Allah, yang dikuduskan dan dikasihi, harus berperilaku sesuai dengan keadaan mereka itu, supaya tidak kehilangan kekudusan mereka, dan juga penghiburan mereka sebagai orang-orang pilihan dan dikasihi. Barangsiapa kudus di hadapan Allah wajib merendahkan diri dan penuh kasih terhadap semua orang. Perhatikanlah apa khususnya yang harus kita kenakan.
                (1) Rasa iba terhadap orang-orang yang malang, yaitu belas kasihan yang terdalam. Orang-orang yang sangat berutang pada belas kasihan harus menunjukkan belas kasihan terhadap semua orang yang layak dikasihani. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati (Luk. 6:36).
                (2) Kemurahan kepada teman-teman kita, dan kepada mereka yang mengasihi kita. Orang-orang pilihan Allah harus menunjukkan sopan santun, karena tujuan Injil bukan hanya untuk melembutkan pikiran manusia, tetapi juga untuk memperindahnya, serta mempererat persahabatan di antara manusia selain juga memperdamaikan manusia dengan Allah.
                (3) Kerendahan hati, dengan menundukkan diri terhadap orang-orang yang lebih tinggi dari kita, dan membumi dengan orang-orang yang lebih rendah dari kita. Bukan hanya sikap kita yang harus rendah hati, tetapi pikiran juga harus rendah hati. Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati (Mat. 11:29).
                (4) Kelemahlembutan terhadap orang-orang yang telah membangkitkan kemarahan kita, atau dengan cara apa pun menyakiti kita. Kita tidak boleh terseret ke dalam sikap tidak pantas karena dihina dan diabaikan, tetapi justru harus dengan bijaksana membungkam amarah kita sendiri, dan sabar menanggung amarah orang lain.
                (5) Kesabaran terhadap orang-orang yang terus mengusik kita. Kasih itu sabar, dan kasih itu murah hati (1Kor. 13:4). Banyak orang mampu bersabar untuk sementara, tetapi tidak tahan jika harus berlama-lama melakukannya. Namun kita harus panjang sabar, baik ketika disakiti oleh manusia maupun ketika ditegur oleh Sang Pemelihara Ilahi. Jika Allah saja panjang sabar terhadap kita, sekalipun kita membangkitkan marah-Nya begitu rupa, maka kita juga harus bersabar terhadap orang lain dalam hal-hal serupa.
                (6) Bersabar satu sama lain, dengan mengingat kesalahan dan kelemahan masing-masing, sabarlah kamu seorang terhadap yang lain. Kita semua memiliki sesuatu dalam diri kita yang perlu dimaklumi, dan ini merupakan alasan yang baik mengapa kita perlu memaklumi orang lain dalam hal yang tidak kita sepakati. Kita memerlukan balasan yang sama dari orang lain sebagaimana yang harus kita tunjukkan kepada mereka.
                (7) Kesiapan untuk mengampuni ketika disakiti. Ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain. Selama kita hidup di dunia ini, di mana ada begitu banyak kebejatan di dalam hati kita, dan begitu banyak kemungkinan untuk terjadinya perbedaan dan percekcokan, terkadang pertengkaran bisa saja terjadi, bahkan di antara orang-orang pilihan Allah, yang dikuduskan dan dikasihi. Seperti halnya di antara Paulus dan Barnabas timbul perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah (Kis. 15:39), dan di antara Paulus dan Petrus (Gal. 2:14). Namun di dalam perkara-perkara semacam itu, kita wajib saling mengampuni. Bukan menyimpan dendam, melainkan menerima cercaan yang ada dan menganggapnya angin lalu. Sebabnya, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Dengan merenungkan betapa banyak kesalahan kita sudah diampuni oleh Kristus, itu menjadi alasan yang baik untuk mengampuni orang lain. Bahwa Kristus di dunia ini berkuasa mengampuni dosa menjelaskan keilahian-Nya, dan itu merupakan salah satu teladan-Nya yang harus kita ikuti apabila kita sendiri ingin diampuni. Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami (Mat. 6:12).
        II. Agar dapat melakukan semua ini, di sini kita diberi nasihat tentang beberapa hal, yaitu,
            1. Supaya kita menutupi diri kita dengan baju kasih (ay. 14). Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih. Epi pasi de toutois di atas segala sesuatu. Kiranya kasih menjadi pakaian, jubah, seragam, lambang kebesaran dan tanda pembeda kita. Atau, kiranya kasih menjadi yang utama dan yang tertinggi, sebagai keseluruhan dan rangkuman dari loh batu yang kedua. Tambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang (2Ptr. 1:5-7). Paulus meletakkan dasarnya pada iman, dan menaruh puncaknya pada kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan, sebagai semen dan pusat dari kumpulan orang-orang yang berbahagia. Persatuan Kristen terbentuk dari kesepakatan dan kasih satu sama lain.


Label:   Kolose 3:12-14 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

NEXT:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 19 Agustus 2018, XII Dob Trinitas - Kejadian 17:15-27

PREV:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 5 Agustus 2018, X Dob Trinitas - Keluaran 13:11-16

Garis Besar Kolose




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2018..

    songbatak.com- Top of JUDIKA

    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,